P. 1
Sistem Organ Yang Menyusun Tubuh Manusia

Sistem Organ Yang Menyusun Tubuh Manusia

|Views: 3,157|Likes:
Published by Yudi Rahmanda

More info:

Published by: Yudi Rahmanda on Jan 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

SISTEM ORGAN YANG MENYUSUN TUBUH MANUSIA

Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Pada hewan berkaki empat, sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk membawa udara ke dalam paru-paru di mana terjadi pertukaran gas. Diafragmamenarik udara masuk dan juga mengeluarkannya. Berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup. Bahkanpohon pun memiliki sistem pernapasan.

ORGAN PENYUSUN SISTEM PERNAPASAN. Secara sistematis sistem pernapasan dibagi menjadi saluran pernapasan atas dan saluran pernapasan bawah. Organ saluran pernapasan atas terletak di luar toraks, atau rongga dada, sementara saluran pernapasan bawah terletak hampir seluruhnya di dalam toraks . Bagian Konduksi terdiri dari : Hidung - Di lapisi oleh 2 mukosa yaitu Mukosa Respiratorius ( epitel bersilia ), dan Mukosa Olfaktoris ( ujung saraf bebas ). - Di kelilingi oleh Sinus Paranalis ( yang di lapisi oleh mucus respiratorius ). Contoh sinusnya yaitu: 1. Sinus Maxilaris 2. Sinus Prontalis 3. Sinus Ethmoldalis 4. Sinus Sphenoldalis - Perdarahaan Hidung ª di darahi oleh arteri: 1. Arteri Sphenopalatina 2. Arteri Maxilaris 3. Cabang Arteri Facialis - Persarafan Hidung ª Olfaktorius ( aferen viceral ), Maxillaris ( serabut sensoris ). - Fungsi Hidung : 1. Jalan keluar masuknya udara 2. Penyaring 3. Melembabkan dan menghangatkan udara Sel Goblet dan kelenjar serous berfungsi melembabkan udara yang

2. pembuluh darah yang berfungsi menghangatkan udara. Lamina propia : terdiri dari jaringan ikat kendor yang mengandung kelenjar dan banyak sabut-sabut elastis. Laringofaring ª Perbatasan dengan laring. Kartilago Tiroid : terletak di bagian proksimal kelenjar tiroid. Nasofaring ( 2 tuba estachii. Pembuluh darah : menghangatkan 3. terdiri dari otot skeletal untuk penelanan. Reseptor pembau Farink Adalah Rongga yang berbentuk pipih dan di leawti oleh udara dan makanan. Tonsillae Palatina : terletak di perbatasan rongga mulut dan oroparing kanan. Tonsillae Pharygica : letaknya di belakang nasopharing 2. 2. Berukuran lebih besar dan lebih menonjol pada laki-laki akibat hormon yang disekresi saat pubertas. 4. terletak di bawah kartilago tiroid. c. Kartilago Krikoid : cincin anterior yang lebih kecil dan lebih tebal. 3. 3. Epiglotis : Katup kartilago elastis yang melekat pada tepian anterior kartilago tiroid. . b. 4.masuk. Terdapat glottis yang berfungsi menutup saluran napas apabila ada makanan yang akan melewati farink.Tabung pendek berbentuk seperti kotak tringular dan di topang oleh sembilan kartilago: tiga berpasangan dan tiga tidak berpasangan: 1. Tonsillae Tubaria : terletak di sekitar muara Tuba Eustachi Larink . Orofaring ( uvula ) ª Jalan makanan dan napas. Kartilago tidak berpasangan a. 2.Terdiri dari : 1. saat menelan. Epitel Mukosa Respiratoria ª epitel berderet slindris dengan 2 tipe : a. Sel bersilia : silia akan bergerak untuk mendorong mucus keluar. Kartilago Aritenoid : melekat pada pita suara sejati. Terdapat lapisan-lapisan yaitu : 1. Kartilago berpasangan a. adenoid )ª Jalan napas. epiglotis secara otomatis menutup mulut laring untuk mencegah masuknya makanan dan cairan. Tunika Sub Mukosa : mengandung jaringan ikat kendor yang mempunyai banyak jaringan limfoid. Tonsillae Lingialis : terletak pada akar lidah 4. Sel Goblet : sel yang akan mensekresi mucus yang akan menangkap bahanbahan kotoran dari luar. b.Jaringan limfoid yaitu : 1. yaitu lipatan berpasangan .

Panjangnya 9-11 cm dan di belakang terdiri dari jaringan ikat yang di lapisi oleh otot polos yang memisahkan trakea menjadi bronkus kiri dan kanan yang disebut karina. terdiri dari 6-8 cincin. yaitu saluran udara terkecil yang tidakmengandung alveoli. . Lipatan ventrikular : di sebut juga pita suara palsu yang dapat merapat untuk menahan napas sewaktu menggendan. Sel goblet 3. Dalam ruang d antara sebaran alveoli terdapat jaringan ikat elastis yang penting untuk ekhalasi. yaitu: 1.Suatu sel pipih alveolar tipe 1 yang menyusun dinding alveoli adalah selapis epitel gepeng. Trakea Terbagi menjadi dua cabang utama. Kartilago Kuneiform : berupa batang-batang kecil yang membantu menopang jaringn lunak.12 cicncin mempunyai 2 cabang. sehingga terbentuklah suara. b. terdapat dua buah otot .. mempunyai 3 cabang. . terdi dari 9. oleh gerakkan otot ini maka pita suara dapat bergetar dengan demikian pita suara dapat melebar dan mengecil. Paru-Paru . Sel slindris dengan striated border ( sel penyikat ) 4.Bronkus terminalis terdapat asinus yang merupakan unit fungsional paruparu.Alveolus di lapisi oleh zat lipoprotein yang di namakan surfaktan. 2. bronkus kanan dan kiri yang masingmasing masuk ke paru kanan dan kiri. makrofag Bronkus Bronkus terbagi 2 : kanan dan kiri. Sakus alveolaris terminalis Alveoli . Bronkiolus respiratoris 2. Duktus alveolaris 3.Cabang utama bronkus kanan dan kiri bercabang lagi menjadi bronkiolus lobaris dan bronkus segmentalis. Kartilago Korinulata : melekat pada bagian ujung kartilago aritenoid.Memiliki 2 pasang lipatan mukosa yang membagi laring: 1. c. . Percabangan ini berjalan terus menerus menjadi bronkus yang ukurannya semakin kecil menjadi bronkus terminalis. . Kanan lebih pendek dan lebih lebar. Lipatan Vokalaris : di sebut pita suara sejati yang membentuk suara. Sel lymfosit.Terdapat epitel yang terdiri dari : 1. . Seel silindris bersilia 2. Kiri lebih panjang dan ramping dari yang kanan.dari epitelium skuamosa bertingkat.

ovarium dan bagian alat kelamin lainnya.Pleura di bagi menjadi dua. 4. Terdiri atas ginjal.Terletak di rongga dada tepat di sekat diafragma. . yaitu : sselaput yang melapisi rongga dada sebelah luar SISTEM ORGAN YANG TERDAPAT PADA TUBUH MANUSIA 1. 6. 2. Sistem Peredaran / Transportasi Sistem peredaran atau sistem transportasi adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit. Terdiri dari testis.. Sistem Pernapasan / Sistem Pernafasan Sistem pernapasan adalah sistem yang memiliki fungsi untuk mengambil oksigen. rektum. 5. pembuluh getah bening (limfatik) dan kelenjar limfe. Terdiri dari hidung. Sistem Otot . trakea / trakhea. pembuluh arteri. faring. Pleura parietal. menyebar sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh serta mengangkut zat-zat sisa ke luar tubuh. bronki dan paru-paru. hati dan pankreas. Terdiri dari mulut. pembuluh vena. . yaitu : 1. lambung. Terdiri atas jantung. Sistem Pencernaan Sistem perncernaan adalah sistem yang berfungsi untuk melakukan proses makanan sehingga dapat diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh secara fisika maupun secara kimia. menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh.Paru di bungkus oleh dua lapis seraput paru-paru yang di sebut pleura . laring. Sistem Ekskresi Sistem ekskresi berfungsi untuk memindahkan hasil metabolisme yang sudah tidak diperlukan ke luar tubuh sehingga sel-sel tubuh dapat menjaga keseimbangannya terhadap lingkungan. Sistem Reproduksi Sistem reproduksi adalah sistem yang berfungsi untuk berkembang biak. Pleura visceral. paru-paru (karbon dioksida). hati (racun) dan kulit (keringat).Paru-paru terdiri dari 2 bagian: Kanan memiliki 3 lobus dan Kiri memiliki 2 lobus. yaitu : selaput paru yang langsung membungkus paru. kerongkongan. 3. 2. pembuluh kapiler.

kelenjar suprarenal. Sistem Syaraf/ Sistem Saraf Sistem saraf adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menerima dan merespon rangsangan. kelenjar hipofisa/putuitari. tulang rusuk. Sistem Rangka Sistem adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menyimpan bahan mineral. tulang belakang. tempat pembentukan sel darah. rangka penopang tulang bahu. Terdiri dari tengkorak. 7. saraf tulang belakang. otot jantung dan otot rangka. menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. 9. kelenjar paratiroid dan kelenjar buntu. Terdiri atas otot polos. Terdiri dari otak. kelenjar pankreas. 8. simpul-simpul syaraf dan serabut syaraf. Terdiri atas kelenjar tiroid. tulang angota badan atas dan bawah. tempat melekatnya otot rangka. kelenjar kelamin. rangka penopang tulang pinggul. Sistem Endoktrin Sistem endoktrin adalah sistem yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur aktivitas tubuh. Hubungan antara system organ yang satu dengan yang lain : .Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fugnsi seperti untuk alat gerak. melindungi tubuh yang lunak dan menunjang tubuh.

Pada tumbuhan. Inspirasi adalah pemasukan udara luar ke dalam tubuh melalui alat pernapasan. Oleh karena itu.Suatu organ di dalam tubuh tidak akan mampu melaksanakan fungsi hidup dengan baik tanpa bekerjasama dengan organ lain. pangkal batang tenggorokan tenggorok (pulmo). cabang batang tenggorokan (laring). sistem organ adalah kumpulan dari beberapa organ yg saling bekerjasama melakukan fungsi tertentu (trakea). Ekspirasi adalah pengeluaran udara pernapasan dari alat pernapasan. Namun diantara ketiganya. diantaranya adalah sistem pencernaan. terjadi hubungan yang erat antara berbagai jaringan penyusun tubuhnya. yaitu akar. sistem hormon. tumbuhan memiliki sistem organ yang tidak sekompleks seperti yang ada pada hewan. sistem saraf. KESIMPULAN Manusia bernapas untuk mengambil oksigen dan melepaskan karbon dioksida. sistem peredaran darah. faring. sistem pengeluaran. Alat pernapasan manusia terdiri dari hidung. dan paru-paru . Pada manusia terdapat banyak sistem organ. sistem rangka dan sistem gerak. Pernapasan manusia meliputi proses inspirasi dan ekspirasi. sistem pernafasan. sistem organnya lebih sederhana karena organ pokoknya hanya ada tiga. sistem indera. batang (bronkus). batang dan daun.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->