ETIKA PROFESI

Mengapa bangsa ini korup?

Kelompok 6 1. Agastyawan Nugraha (1) 2. Ahmad Fauzi (2) 3. Aldy Anindita Wirmadi (3) 4. Muhammad Zakiyudin (18) 5. Resna Tazkiyatunnafs (24)

3K Akuntansi Pemerintahan

Namun jika ditilik ulang secara seksama tentu semua setuju bahwa ada masalah besar yang telah menjadi penyakit kronis bagi bangsa ini. Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Sebagai pendukung pernyataan ini. Pun demikian. Kesuburan tanah air Indonesia memang benar adanya. Banyak problem adanya. Survei tahun 2003 mencakup 133 negara. Karena korupsi selalu bersifat tersembunyi. seperti eksploitasi lebih dikuasai pihak asing. Namun tidak demikian dengan kesejahteraan bangsanya. maka mustahil untuk mengukur secara langsung dan memberikannya indeks. Dari dulu sampai saat ini masalah ini sulit untuk di atasi apalagi diberantas total dari hulu sampai hilir. Transparansi Internasional telah menerbitkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) setiap tahun yang mengurutkan negara-negara di dunia berdasarkan persepsi (anggapan) publik terhadap korupsi di jabatan publik dan politis sejak tahun 1995 hingga sekarang. karena berdasarkan survei. Walaupun sudah banyak cara-cara dalam segala bentuk yang dilakukan oleh pemerintah dan presiden untuk mengatasi masalah yang bernama korupsi ini. yaitu korupsi. adalah di antaranya. Begitulah kalimat yang didengungdengungkan nenek moyang hingga masyarakat kita era sekarang. Pada 2007 survei mencakup 180 negara Indonesia berada pada peringkat 145 dari 180 negara tersebut dengan nilai indeks .4. atau kedunguan bangsa ini untuk mengolah bahan mentah yang ada.Alasan Bangsa Indonesia Korupsi Pendahuluan Indonesia adalah negara yang kaya. hasilnya tidak bisa dihindarkan dari bersifat subyektif. subur. Berlimpahnya kekayaan alam ini pada akhirnya tidak sanggup memakmurkan rakyatnya. Kekayaan Indonesia memang masih ada. Hasilnya menunjukan tujuh dari setiap sepuluh negara (dan sembilan dari setiap sepuluh negara berkembang) memiliki indeks 5 poin dari 10. Pada 2006 survei mencakup 163 negara. ukuran secara umum peringkat korupsi negara-negara di dunia ini masih layak diperhatikan. Nilai dari indeks ini memang masih diperdebatkan. nampaknya istilah gemah ripah loh jinawi tata tentrem kertaraharja belum akan lepas dari atribut negeri ini. Korupsi di Indonesia bahkan sudah seperti layaknya tradisi karena sudah terlalu sering dan banyak sekali kasus dalam korupsi. Negara yang besar didukung kebudayaan yang megah dan sumber daya alam yang melimpah adalah gelar Indonesia yang beredar di internasional sejak dulu kala. Sedangkan Indonesia berada pada peringkat 130 dari 163 negara tersebut dengan nilai indeks 2. Meski begitu. dan makmur.

Hal ini lah yang menunjukkan pemberantasan korupsi di Indonesia masih belum efektif dan efisien. Begitulah kata . Memang. dan pada 2011 naik menjadi peringkat 100 dari 182 negara dengan nilai index 3. dan di segala pelosok. Namun. menyogok). kata korupsi (yang umum bersanding dengan kolusi dan nepotisme) sudah dikenal rakyat dari segala usia. memutarbalik. Meski sisi positifnya Indonesia masih berada dalam jalur yang benar dalam pemberantasan korupsi (terlihat dari konsistensi kenaikan CPI) namun kenaikan CPI tersebut tidak dapat secara signifikan.2. Pengertian dan Ruang Lingkup Korupsi Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang korupsi di Indonesia dan penyebabnya. apa sih pengertian korupsi itu sendiri? Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk. menggoyahkan. Secara harfiah.5 1 0. Lihat juga grafik di bawah ini! 3.5 3 Indeks Persepsi Korupsi 2. korupsi adalah perilaku pejabat publik. Pada tahun 2010 survei mencakup 178 negara Indonesia berada pada peringkat 110 dengan nilai indeks 2. rusak.5 2 1.5 0 2001 2002 2003 2004 2005 2006 2007 2008 2010 2011 Tahun Grafik Corruption Perception Index Indonesia tahun 201-2008 dan 2010-2011 Berdasarkan grafik ini terlihat jelas bahwa indeks korupsi negara kita tercinta ini berada di level bawah dan itu tergambar dari peringkat Indonesia yang selalu berada di peringkat 100 lebih di antara 180an negara. yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya. segala level pendidikan.3.0. tentu kurang bijak jika kita melupakan hal dasar tentang pengertian korupsi. baik politikus|politisi maupun pegawai negeri. dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.8.

dan Nepotisme ada banyak macamnya namun secara umum berikut contoh di antaranya: y y y y y memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan). menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara). namun bukanlah kebenaran juga. korupsi telah mengakar di pelosok bumi Indonesia. siapapun orangnya. khususnya kuasa memegang uang rakyat. menjajakan kembalian belanja atau uang pembayaran tertentu dari orang tua tanpa izin. Pengertian yang selalu menggarisbawahi penyalahgunaan kekuasaan publik inilah yang nampaknya diamini masyarakat kita. Jika kita cerdas dan peka. Sedangkan pengertian korupsi sendiri menurut Undang-Undang Tipikor (UU No. karena ironisnya hal-hal kecil itu pun telah termasuk korupsi. UU No. dan kapanpun waktunya. kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Sebagai mahasiswa hal kecil pun yang menjadi kebiasaan pun adalah korupsi. Faktor Penyebab Bangsa Indonesia Korupsi Seperti telah dibahas di atas. pertanyaan apakah anda pernah korupsi? tentu akan mengena di hati kita. Beberapa poin berikut inilah yang menjadi sumber permasalahan korupsi. menyontek saat ujian atau menjiplak karya dan tugas orang lain. menyalahgunakan kewenangan. pantaslah jika ada yang menyebut bahwa korupsi telah menjadi budaya di Indonesia. Korupsi. . dimanapun tempatnya. Bahkan kalau pakar definisi tidak memprotes. korupsi hampir pasti pernah dilakukan setiap elemen bangsa ini. Hal demikian kita tahu bukan hal yang salah. kira-kira apa yang menyebabkan meraja lelanya korupsi di Indonesia. Namun jangan pernah meremehkan hal-hal kecil. 20 Tahun 2001) Pasal 2 ayat 1 menyebutkan pengertian korupsi sebagai berikut: Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.Wikipedia. Sedangkan di pasal 3 ayat 1 disebutkan ruang lingkup lain dari korupsi adalah: Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi. 31 Tahun 1999 jo. Kita pikir bersama sejenak. dan akan terus berpengaruh dalam hidup kita kelak. apapun bentuknya. Kolusi. ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara). Korupsi selalu dilakukan oleh pejabat atau orang yang mempunyai wewenang. penggelapan dalam jabatan. Ya. dan masih banyak kebiasaan kecil yang termasuk korupsi. pemerasan dalam jabatan. di antaranya korupsi waktu dengan sering telat saat kuliah atau menambah waktu saat seharusnya sudah selesai.

Kebiasaan tidak enak untuk melaporkan teman atau atasan yang jelas-jelas korupsi di depan kita adalah hal biasa di Indonesia. adat. dan pada intinya mereka sama mengeksploitasi SDA tanpa mengembangkan SDM. Saling memberikan hadiah sesama teman. 2) Kebiasaan. namun aliansi pengusaha bernama VOC. Setelah VOC pun berbagai negara menjajah kita. Namun sekali lagi masalah muncul ada pada individu pelakunya. banyak di antara pemegang amanah pemungut pajak tersebut yang menyalahgunakan wewenangnya dengan menarik lebih dari seharusnya dan menyetor kurang dari seharusnya. korupsi masal Indonesia bermula pada masa akhir Kerajaan Majapahit.1) Faktor sejarah Ya. Masih ada beberapa contoh lagi korupsi di era kerajaan dan menurut Babad Tanah Jawa. paradigma masyarakat yang telah terbiasa dengan korupsi adalah hal fatal yang harus segera diubah. Selain itu. dan orang tidak tahu malu lainnya. sejarah sangat berperan besar dalam memberikan kontribusinya terhadap pelestarian korupsi di Indonesia. tetap saja hal seperti itu lah yang bisa menjadi akar nepotisme. Hal yang paling sederhana adalah pengangkatan pemimpin rakyat yang pasti adalah anggota keluarga raja. Selanjutnya adalah pemberian upeti dari daerah ke pusat. Dengan begitu mereka dapat pekerja yang murah dan bodoh karena tidak memprotes kebijakan penjajah. hal seperti itu juga terbawa hingga sekarang. bos preman. Kita semua tahu bahwa penjajah pertama kali yang paling lama berkuasa di Indonesia bukanlah negara manapun. Di tahun-tahun pertengahan pun VOC hampir bubar kalau tidak ditolong kerajaan Belanda karena korupsi. dan penegakan hukum Bukan bermaksud menyalahkan sistem dan hukum. Sejak era kerajaan (bahkan kalau kita pelajari lagi sebelum era ada kerajaan) Indonesia telah terbiasa dengan korupsi. Sistem dan peraturan yang ada di Indonesia untuk mencegah dan memberantas korupsi di Indonesia telah mencapai tahap lebih dari cukup. Masyarakat yang saking seringnya mendengar berita korupsi (atau kriminal lainnya) akan sampai pada titik jenuh dimana kepedulian akan suatu kasus akan sangat minimal. kalau manusia pelaksananya mau mencari lobang tentu akan selalu muncul adalnya cara menyeleweng atau merekayasanya. atau memberikan hadiah kepada atasan untuk menghormati dapat memunculkan gratifikasi. . meski hal itu tak terhindarkan dari sistem kenegaraan berbentuk kerajaan. Kerajaan belum usai hadirlah penjajah. Sebagus apapun suatu sistem dan selengkap apapun produk hukum. Karena pada umumnya prinsip PNS di Indonesia (yang baik-baik) adalah tidak mau cari masalah. pengendalian internal. seperti cracker. 3) Lemahnya pengawasan. dan paradigma Kebiasaan tata krama ewuh pakewuh bangsa Indonesia yang terkenal sopan dan mencerminkan adat ketimuran kalau dipakai di jalan yang salah akan menimbulkan korupsi masal atau biasa dinamakan kolusi. yang penting tidak ikut melakukan. Bahkan ada berbagai kalangan tertentu yang dengan bangganya menyebut dirinya melakukan tindakan tidak benar.

Bahkan orang miskin seperti pengemis pun sering terlihat minum softdrink atau punya gadget yang umum beredar di pasaran. Belum lagi sejarah kerajaan Indonesia. tentu melaksanakan korupsi bisa jadi pekerjaan utama pejabat. dan nilai bagaikan legenda dan cerita orang tua saja. Orang kaya membeli banyak mobil hanya untuk mainan dan koleksi. Agama tidak lebih dari identitas dan perayaan hari besar saja. Contoh kasus korupsi terbaru Kasus berikut ini bersumber dari sebuah milis alumni. terdakwa kasus 'pemalsuan SPM' yang merugikan keuangan negara). kebudayaan daerah. Hal yang dilakukan berulang-ulang biasanya adalah hal yang enak. pendidikan yang rendah. meskipun hati tidak tenang saat melakukan korupsi. sangat sulit untuk mendapat penghasilan lain selain gaji tersebut karena fokus mereka memang pada satu pekerjaan. berikut kisah selengkapnya: "Semua pegawai KPPN. Dan kemarin sore (9 Januari 2011). Hal ini diperburuk dengan dengan mental yang semakin parah di zaman edan ini. Anak zaman sekarang sudah pandai dengan komputer dan fasih bahasa Inggris namun bagusnya tidak hapal lima hal bernama Pancasila dan lagu-lagu indah yang disebut lagu nasional. Dengan begitu.5 tahun dan denda Rp100 juta atau subsidaire 3 bulan kurungan. Sementara itu. Kode etik. Tuhan Maha Melihat dijadikan pengetahuan saja. kurikulum tersebut hanya mendukung pengajaran saja bukan pendidikan.4) Penghasilan kecil sekaligus pengeluaran besar Pegawai Negeri Indonesia sejak era baru telah diseting mendapat gaji kecil. Terpidana EIS selaku penandatangan SP2D divonis bersalah 1. Diperparah dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang super konsumtif. Sementara itu pendidikan formal di Indonesia sangatlah lemah. dan moral yang terpuruk Hal ini boleh dijadikan bahan bercandaan. Meskipun kurikulum di Indonesia katanya menuju persaingan dunia dan Indonesia memiliki banyak sarjana yang memiliki otak luar biasa namun jika diperhatikan lagi. saking terbiasanya ditambah hati yang telah mati tidak ada halangan lagi untuk melakukan korupsi. norma. 5) Korupsi itu enak."(Pembelaan EIS. pahlawan-pahlawan Indonesia. sedangkan ES selaku petugas FO divonis 1 tahun dan denda Rp100 juta atau subsidaire 3 bulan kurungan. dan hal-hal sepele lainnya yang kurang diperhatikan bahkan di sekolah berlabel Negeri. kembali terdengar kabar tidak sedap karena dua orang pegawai negeri sipil (PNS) lingkup kementerian keuangan divonis bersalah oleh majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR). tata krama dan etika. namun benar adanya. Kasus ini bermula dari penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) yang diduga asli tapi palsu (ASPAL)bernomor 00155/440372/XI/2008 tanggal 19 November 2008 yang ditandatangani SUP selaku pejabat penandatangan SPM pada Satker (SNVT) lingkup Ditjen Bina Marga Departemen Pekerjaan . Dengan lemahnya pengawasan yang ada dan kenikmatan yang diperoleh setelah korupsi. ada rasa sanksi atas penegakan hukum yang masih jauh dari rasa keadilan di negeri ini. khususnya front office (FO) dan seksi-seksi tertentu akan mengundurkan diri daripada tertimpa musibah dalam bentuk menanggung dosa yang tidak pernah mereka lakukan.Terus terang.

SPM tadi ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) bernomor 928710J tertanggal 21 November 2008 oleh EIS selaku Kepala Seksi sebesar Rp8.95 miliar atas nama PT. (Sumber : http://www.824. Sesuai prosedur kerja.com/read/2011/03/01/207079/7/5/Polisi-Tahan-Dua-Pegawai-PelayananPerbendaharaan-NegaraJaksa) Penuntut Umum (JPU) pada persidangan tanggal 6 September 2011 menuntut terdakwa EIS dan ES dengan dakwaan primer dan sekunder karena diyakini tidak melakukan penelitian yang mendalam terhadap SPM Nomor 00155/440372/XI/2008 dan memprosesnya menjadi SP2D. (Sumber dipotong pajak) oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dalam hal ini ditandatangani Perbendaharaan :http://www.com/) Selain itu.Anggaran. CSC yang belakangan diketahui fiktif. kecuali sekadar membaca pasal demi pasal dan menafsirkan menurut pendapatnya sendiri.221. JPU mendakwa EIS dan ES "sebagai orang yang melakukan atau turut serta melakukan perbuatan secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara." ((Pasal 3 ayat 1 UU Nomor 31 Tahun 1999 jo.id/new/index. Dian Puji Simatupang yang ternyata belakangan diketahui bukan pakarHukum Keuangan Negara tetapi Hukum Administrasi Negara dari curriculum vitaenya (CV/Riwayat Hidup). Sedangkan dakwaan sekunder. CSC (Penerima dana) dan SUP (selaku pejabat penerbit SPM) tidak diseret juga ke pengadilan TIPIKOR karena jelas-jelas yang bersangkutan sendiri yang menandatangani 60 lembar blangko SPM kosong sesaat sebelum yang bersangkutan berangkat menunaikan ibadah haji? (Sumber :http://www. Terdakwa mengungkapkan rasa heran dan bingung mengapa Direktur PT. keduanya didakwa "sebagai orang yang melakukan atau turut sertamelakukan perbuatan yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi.keuanganpublik. Menarik sekali menyimak pleidoi (nota pembelaan) yang dibacakan langsung oleh EIS.mediaindonesia.00 (setelah KPPN Jakarta II. UU Nomor 20 Tahun 2011 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi).Dipals ukan). kesempatan.go. Menteri Teknis sebagai Pengguna Anggaran (PA).com/read/2010/02/02/16184379/Wah. tidak memiliki latar pendidikan yang mamadai di bidang hukum Keuangan Negara dan tidak memahami masalahmasalah perbendaharaan negara. Terdakwa mensinyalir saksi ahli yang diajukan JPU tersebut. Karenanya.kompas.perbendaharaan. menyalahgunakan wewenang. JPU mendakwa keduanya tidak mematuhi Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-66/PB/2005 dan melanggar Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor KEP-297/PB/2007.Umum senilai Rp9." (Pasal 2 ayat 1 UU Nomor 31 Tahun 1999 jo. kewenangan Menteri Teknis dalam pengelolaan keuangan di masing-masing Kementeriannya lebih dominan dibandingkan Menteri Keuangan. UU Nomor 20 Tahun 2011 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi). EIS juga menyatakan keheranan terhadap kredibilitas dan kompetensi dari Saksi Ahli yang diajukan oleh JPU yakni Dr. dan semua satker jajarannya .Pun. atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.Dokumen. (Sumber : http://bisniskeuangan.000.php?pilih=news&aksi=lihat&id=2698) Dalam dakwaan primernya. Sesuai ketentuan dalam UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan kemudian diatur lebih lanjut dalam UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.

Siapa juga yang mau menerima resiko. dari lubuk hati terdalam. Merujuk pendapat hukum Drs. Beliau saksi ahli dalam kasus ini menjelaskan bahwa pembagian kewenangan tersebut (Otorisator. Tentu saja. berpendapat "Menteri Teknis merupakan lastgevers (pemberi mandate/ perintah) yang memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan Menteri Keuangan yang merupakan lasthebbers (penerima mandate/ perintah). . Muhsan. Kalaupun pihak Kementerian keuangan (dhi. Prof. Dr. "Merujuk keterangan Saksi Ahli yang diajukan terdakwa yakni Prof. sepanjang sesuai persyaratan administratif yang ditentukan. harus dilakukan karena semua tanggungjawab terhadap keputusan yang dilakukan merupakan tanggungjawab Kementerian Teknis/ satker yang bersangkutan. Muhsan mengemukakan pendapat hukumnya. khususnya penyerapan APBN di tahun anggaran 2012. hanya memiliki kewenangan Comptabel (Bendahara Umum Negara). Pendamping Ahli Tim Penyusunan paket UU Bidang Keuangan Negara)."Terlepas dari pertimbangan majelis hakim dalam memutus perkara itu. semua perintah Menteri Teknis beserta jajarannya dalam hal pengeluaran Negara yang diwujudkan dalam bentuk surat perintah membayar (SPM). Perlu kiranya majelis hakim lebih membuka mata hatinya untuk mendengar suara hati. hakekatnya menyatakan "anggaran yang diajukan/diminta oleh Kementerian Teknis. penulis meminta dengan sangat agar diberikan rasa aman dan kepastian hukum kepada para pegawai dengan terusmenyempurnakan sistem dan prosedur kerja (SOP) dan perlindungan hukum sehingga musibah yang menimpa rekan kami tidak terulang kembali. proses penerbitan SP2D menjadi berbelit-belit dan butuh waktu lama hingga betul-betul diyakini SPM yang diajukan tepat jumlah. karena vonis yang diputuskan kemarin akan berimplikasi besar terhadap perekonomian negara. "Oleh sebab itu. para pegawai KPPN (khususnya petugas seksi pencairan dana) sebagai ujung tombak dalam pencairan dana APBN mesti akan bertindak ekstra hati-hati dalam meneliti SPM yang diajukan Satker-Satker yang berada di wilayah kantor bayarnya. yang turut dihadirkan prinsip let's the manager sebagai manage. KPPN) harus melakukan pengujian hanyalah pengujian administrative dan bersifat pengulangan (rechek). divonis bersalah (hukuman penjara dan denda ratusan juta rupiah) atas tindakan yang belum tentu dilakukannya? Siapa pula yang rela mendapat stigma (dicap) sebagai seorang koruptor atas dosa/kesalahan yang belum tentu diperbuatnya? Khusus kepada pucuk pimpinan yang berkantor di kawasan Lapangan Banteng. Siswo Sujanto. diberikan oleh DPR kepada Menteri Teknis untuk membiayai kegiatan yang diusulkan. Bukan bersifat pengujian materiil (substantif). beserta jajarannya. (Mantan Hakim Agung. "Selanjutnya. tepat penerima pembayarannya dan tepat pula peruntukannya. penulismenyatakan turut prihatin dan bersimpati atas musibah yang menimpa Korps Lapangan Banteng. dan Comptabel) didasarkan mengemukakan dalam persidangan bahwa prinsip tersebut. Professor Hukum Administrasi Negara.sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).H. Hal ini. petugas tidak akan menolerir kesalahan dalam dokumen SPM sekalipun itu kesalahan kecil (misalnya kesalahan ketik/redaksional) sehingga tingkat pengembalian SPM (SPM tidak dapat diproses menjadi SP2D) akan meningkat pesat. Dikhawatirkan. diputuskan penggunaannya dan dilaksanakan sendiri oleh Menteri Teknis yang bersangkutan. dan konsekuensinya harus dipertanggungjawabkan pula oleh Menteri Teknis. Sedangkan Menteri Keuangan. memiliki kewenangan sebagai Otorisator (melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan adanya pengeluaran dan/atau penerimaan negara) dan sekaligus sebagai Ordonatur(melakukan pengujian atas tindakan yang dilakukan oleh Otorisator dan memerintahkan pembayaran kepada comptabel) bagi anggarannya masing-masing. S. Ordonator. Perlu disadari. DEA (Ketua TimKecil Penyusunan Paket UU Bidang Keuangan pada Negara). saking hati-hatinya. harus dilaksanakan pencairan dananya.

Daftar pustaka : http://id. BPKP. taman yang indah.id/dmdocuments/UU%20PNS. jalan di tempat mungkin akan menggeser posisi kita sedikit demi sedikit maju ke depan daripada kita diam saja. etos kerja. KPK. Sekalipun demikian.deptan.pdf http://www.anneahira.pdf http://sosbud.com/2009/12/10/korupsi-dan-persepsi-masyarakat/ http://hamdanzoelva. #santorry saad# Analisis Korupsi di Indonesia Saat ini telah ada berbagai badan yang mengawasi. sekadar untuk mencurahkan isi hati sekaligus solidaritas untuk senior dan junior yang nasibnya kini ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula. dan kejujuran harus dikedepankan karena hal seperti itu lebih penting dibanding ilmu sains dan sosial bidang apapun.Demikian. BPK. Selain itu pendidikan Indonesia harus diperbaiki. RASA AMAN.com/2008/08/11/fenomena-korupsi-dari-sudut-pandangfilsafat-ilmu/ http://www.com/kasus-kasus-korupsi.kompas. itu lebih baik dibanding tidak melakukan apa-apa.htm . Kepolisian. Diperparah dengan moral dan nilai yang semakin tidak diperhatikan menjadikan pemberantasan korupsi di Indonesia seperti jalan di tempat. dan peralatan kerja yang lengkap. Terima kasih.kompasiana. IBI. Kebiasaan korupsi dari ratusan tahun lalu yang menyebabkan stigma masyarakat terbentuk sedemikian rupa sehingga korupsi menjadi biasa adalah hal yang sulit diubah.go. motor penggerak utama memang seharusnya pemerintah sebagai regulator dari level atas hingga bawah.kpu.org/wiki/Indeks_Persepsi_Korupsi http://www. rasa kekeluargaan dan solidaritas korps yang sepertinya mulai luntur di tengah tantangan tugas ke depan yang semakin berat.go. hingga memberantas korupsi di Indonesia. tapi yang lebih kami butuhkan adalah rasa kebersamaan. Dan memang.wordpress.org/wiki/Komisi_Pemberantasan_Korupsi http://nasional. Hal ini tergambar dari indeks persepsi korupsi Indonesia yang terus membaik tiap tahun. postingan pertama di tahun 2012 ini. BPK. Pemerintah harus terus menggalakan pemberantasan korupsi dan melakukan sosialisasi dan penyuluhan berkesinambungan.id/itjen/berkas_upload/uu%20nomor%2020%20tahun%202001. disiplin. Peningkatan moral. Kejaksaan. Sebagaimana disebutkan di atas ada beberapa hal yang menyebabkan korupsi menjadi abadi. Mulai dari ICW.Bukan kami tak butuh gedung yang megah. Hal ini menunjukkan kita bisa memberantas korupsi! Meskipun misal kita bisa menge-nol-kan korupsi 350 tahun lagi. mencegah.wikipedia.wikipedia. sampai Kehakiman.com/read/2011/12/01/17515759 http://id. Karena menyerah pada korupsi berarti penghancuran negara dalam jangka panjang. Namun tetap saja korupsi merajalela di Indonesia.

id/modules/edito/doc/kumpulan_uu.http://hukum.blogspot.html http://www.com/2012/01/tragedi-pegawai-kppn.kpk.kompasiana.com/2011/12/12/mengapa-indonesia-korupsi/ http://kuwatslamet.go.pdf .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful