L.

SALUSINUS
PENJELASAN & LATIHAN PRAKTIK DALAM MODUL PEMBELAJARAN

MODUL PEMBELAJARAN MODUL PEMBELAJARAN

‡ ‡ ‡ ‡

KBK SOFT SKILL AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

MASALAH: MENGAPA MINAT MASUK RENDAH? .

PROSES PENDIDIKAN/PENGAJARAN Incoming Students Graduates Teaching-Learning Procces ASUMSI: Masyarakat sudah pintar memilih PTS Pasar Kerja .

5.1. (1) Judul/ Modul (3) Jam Pelaksanaan (4) Tempat/Lokasi Praktikum/ Praktek (5) .4 Tuliskan substansi praktikum/praktek yang mandiri ataupun yang merupakan bagian dari mata kuliah tertentu. dengan mengikuti format di bawah ini: Nama Praktikum/ Praktek (2) Isi Praktikum/Praktek No.

Laboratorium dan kunjungan lapangan 18 jam perminggu Kelas.1. KDPK 2 ASKEB I Menggunakan sarung tangan Posisi fowler Posisi SIM Posisi Trendelenburg Posisi Litotomi Posisi Genu Pectoral Mengukur Tanda ± Tanda Vital Pemberian Oksigen Pemberian Nutrisi Pemberian Cairan Eliminasi Personal Higyene Pemberian Obat Perawatan Luka Bedah Kebidanan Ambulasi Menjahit Luka Bedah Kebidanan Mengangkat Jahitan Persiapan pemeriksaan diagnostic Pemeriksaan antenatal Pemeriksaan Laboratorium Imunisasi TT antenatal Perawatan payudara pada masa prenatal 12 Jam per minggu Kelas.4 Tuliskan substansi praktikum/praktek yang mandiri ataupun yang merupakan bagian dari mata kuliah tertentu.5. dengan mengikuti format di bawah ini: No. (1) Nama Praktikum/Praktek (2) Isi Praktikum/Praktek Judul/Modul (3) Jam Pelaksanaan (4) Tempat/Lokasi Praktikum/ Praktek (5) 1. Laboratorium dan kunjungan lapangan .

.6 Upaya Perbaikan Pembelajaran Uraikan upaya perbaikan pembelajaran serta hasil yang telah dilakukan dan dicapai dalam tiga tahun terakhir dan hasilnya. Butir (1) Upaya Perbaikan Tindakan (2) Hasil (3) Materi Metode Pembelajaran Penggunaan Teknologi Pembelajaran Cara-cara evaluasi «.5. .

5. internet mandiri. Mahasiswa menjadi computer. belajar sendiri Dosen menyiapkan modul/bahan ajar Ujian Lisan /Tulis Mahasiswa lebih mengerti Ujian Praktek demonstrasi/ dan memahami materi peragaan yang diberikan Praktek klinik di rumah Mahasiswa lebih sakit .6 Upaya Perbaikan Pembelajaran Uraikan upaya perbaikan pembelajaran serta hasil yang telah dilakukan dan dicapai dalam tiga tahun terakhir dan hasilnya. puskesmas dan mengenal dunia kerja desa-desa langsung Metode Pembelajaran Penggunaan Teknologi Pembelajaran Cara-cara evaluasi Lainnya . dikombinasikan dengan terstruktur dan mandiri diskusi dan presentasi tugastugas kelompok/ individual Menyediakan LCD. Butir (1) Materi Upaya Perbaikan Tindakan Hasil (2) (3) Perbaikan SAP/Buku Tersedia Buku ajar/modul Ajar/Modul yang yang sesuai Metode ceramah Mahasiswa menjadi aktif.

Daftar Pustaka . Petunjuk jawaban latihan/pertanyaan 3.PENJELASAN & LATIHAN PRAKTIK 1. Rangkuman per pokok bahasan 4. Tes Formatif 5. Rancangan Latihan (Soal-soal) 2. Kunci Jawaban Tes Formatif 6.

Dan lainnya .Umpan Balik dan Tindak Lanjut .Latihan .Pengantar .Rangkuman .Dan lainnya 2. Pembahasan Uraian dan Contoh 3. Pendahuluan .TIU/TIK .SUSUNAN MODUL 1. Penutup .Tes Formatif .Daftar Pustaka .

Membandingkan poses pembelajaran yang dilaksanakan dengan standar proses b. karena kita akan menemukan kelebihan dan kekurangan dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. dan penilaian hasil pembelajaran. Evaluasi proses pembelajaran diselenggarakan dengan cara: a.LATIHAN Latihan identik dengan Evaluasi Evaluasi proses pembelajaran merupakan tahap yang perlu dilakukan oleh Dosen untuk menentukan kualitas pembelajaran. pelaksanaan proses pembelajaran. Dalam Permen No. mencakup tahap perencanaan poses pembelajaran. Kegiatan ini sering disebut juga sebagai refleksi proses pembelajaran. Mengidentifikasi kinerja Dosen dalam proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi nya . 41 tahun 2007 tentang Standar proses dinyatakan bahwa evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk menentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

3. 2. Mendemonstrasikan. Mengulangi 6. 5. Memberi tanda setelah mengerti.MANFAAT LATIHAN 1. Memperoleh pengalaman umum. Menghayati dalam kehidupan . 4. Menumbuhkan minat.

Refleksi Bagi Dosen Apa yang saya ajarkan hari ini? Apa yang masih membingungkan bagi mahasiswa? Apakah saya menemukan masalah dan issu yang tidak diharapkan? Apa jenis pembelajaran tingkat tinggi yang saya sampaikan? Apa jenis pembelajaran tingkat rendah yang saya sampaikan? Apakah mahasiswa saya dapat menerima materi yang saya ajarkan? Apakah saya telah membelajarkan siswa? Bagaimana saya memperbaiki tehnik pembelajaran? Apa yang ingin dan perlu kuketahui lebih banyak lagi? Apa sumber belajar yang memberi ilham dan menyenangkan saya (photo. dll)? Apakah tujuan pembelajaran dapat tercapai? . websites.

.Langkah-langkah Desain soal ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ analisis. evaluasi implementasi. pengembangan. desain.

RANGKUMAN .

bergantung kepada tugas-tugas belajar (learning tasks) dalam program pengajaran yang akan dinilai. . Soal-soal tes formatif ada yang mudah dan ada pula yang sukar.TEST FORMATIF ‡ Tes formatif dimaksudkan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung. sehingga hasil belajar-mengajar menjadi lebih baik. serta untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang memerlukan perbaikan. untuk memberikan balikan (feed back) bagi penyempurnaan program belajarmengajar.

TUJUAN TEST FORMATIF ‡ Tujuan utama tes formatif adalah untuk memperbaiki proses belajar. sebab datadata yang diperoleh akhirnya digunakan untuk menentukan tingkat hasil belajar siswa. yaitu pada saat penyusunan program tahun berikutnya . bukan untuk menentukan tingkat kemampuan anak. Jika dimaksudkan untuk perbaikan proses belajar. Tes formatif sesungguhnya merupakan criterion-referenced test. maka maksud itu baru terlaksana pada jangka panjang. Tes formatif yang diberikan pada akhir satuan pelajaran sesungguhnya bukan sebagai tes formatif lagi. Tes tersebut lebih tepat disebut sebagai subtes sumatif.

TEST FORMATIF ‡ Kegiatan test yang memungkinkan mahasiswa dapat menyerap (absorb) informasi/pengetahuan. ‡ merefleksikan apa yang telah dipelajari. ‡ melakukan keterampilan. . ‡ berinteraksi memperdalam pengetahuan dan keterampilan.

Test Formatif > Test Sumatif perbedaan antara formatif dan sumatif : apabila juru masak mencicipi sup . hal tersebut formatif . apabila para tamu mencicipi sup tersebut . . hal tersebut sumatif.

atau dengan kata lain sebagai sarana korektif terhadap kemajuan belajar siswa itu sendiri. baik bagi siswa maupun bagi guru.UMPAN BALIK Umpan balik mempunyai peranan yang penting. Pengertian umpan balik dalam kajian ini adalah pemberian informasi mengenai benar atau tidaknya jawaban siswa atas soal/pertanyaan yang diberikan. disertai dengan informasi tambahan berupa penjelasan letak kesalahan atau pemberian motivasi verbal/tertulis. seorang siswa dapat mengetahui sejauh mana bahan yang telah diajarkan dapat dikuasainya. . Dengan umpan balik itu pula siswa dapat mengoresi kemampuan diri sendiri. Melalui umpan balik ini.

menyusun neraca saldo.Pengertian dan penyusunan kode akun .Arus data akuntansi mulai dari transaksi sampai penyampaian informasi keuangan dalam laporan keuangan . neraca lajur. memindahkan dalam buku besar.Metode pengkodean akun mbuku besar .KOMPETENSI Kompetensi : Mengerjakan Siklus Akuntansi Sub Kompetensi : Mengerjakan Prosedur Pengiktisaran dan Pelaporan Dalam Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa SUB KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA LINGKUP BELAJAR sikap Pengetahuan Keterampilan Mengerjakan siklus akuntansi perusahaan jasa * Mampu menjelaskan karakteristik dan siklus akuntansi dalam perusahaan jasa * Mampu mengidentifikasi dan mencatat transaksi dalam perusahaan jasa * Mampu menyelesaikan siklus sampai menyusun laporan keuangan -Karakteristik dan siklus akuntansi perusahaan jasa -Menerapkan metode pengkodean akun buku besar -Konsep double entry bookkeeping .Arus data akuntansi mulai dari transaksi sampai penyampaian informasi keuangan dalam laporan keuangan - Jujur Teliti .Cermat Mencatat transaksi dalam jurnal. jurnal penyesuaian. dan menyusun laporan keuangan Untuk perusahaan jasa .

.Makna Umpan Bagi Dosen Untuk dapat mengetahui serta nilai sejauh mana materi yang diajarkannya telah dikuasai oleh siswa "Berikanlah umpan balik kepada siswa dengan cara memberikan jawaban soal kepada mahasiswa. dapat pula ditunjukkan kesalahankesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa pada saat mengoreksi tugas-tugasnya".

69% = kurang TINDAK LANJUT Kalau Mahasiswa mencapati tingkat penguasaan 80% ke atas.x 100% Jumlah Butir Soal Arti tingkat peguasaan yang Mahasiswa capai: 90% .89% = baik 70% .100% = baik sekali 80% . .Rumus Jumlah jawaban Mhs yang benar Tingkat penguasaan = ----------------------------------------------. Kurang dari 80 % Mahasiswa harus mengulangi Kegiatan Belajar tersebut terutama yang belum Mahasiswa kuasai.79% = Sedang . Mahasiswa dapat meneruskan dengan Kegiatan Belajar selanjutnya .

. utang di kredit. . penghapus. yaitu buku catatan. pendapatan di kredit dan akun beban di debet 2) akun kontra harta dipindahkan kredit neraca saldo disesuaikan dan neraca 3) akun pedapatan dipindahkan ke kredit neraca saldo disesuaikan dan ikhtisar laba/rugi.Kalkulator. (a) (c) Langkah-langkah Mengerjakan Neraca Lajur 1) menyusun neraca saldo yaitu harta di catat di debet. penggaris. ekuitas kredit. (b) Bahan-bahan .Alat-alat tulis.Buku harian (Jurnal).KESIAPAN Peralatan .Buku literatur akuntansi keuangan yang relevan. pensil. 4) akun beban dipindahkan ke debet neraca saldo disesuaikan dan ikhtisar laba/rugi. . ballpoint.