MAKALAH SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MULTIMEDIA

Disusun Oleh: Karisma Putra C1157201098

JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2011-2012

KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat yang diberikan kepada penulis pada saat penulisan makalah yang berjudul ³Sejarah dan Perkembangan Multimedia´ sehingga pengerjaan makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah pengetahuan pembaca. apabila ada kata. kendala dan kesulitan tersebut dapat diatasi. 03 January 2012 Karisma Putra Penulis i . Palangka Raya. penulis banyak sekali menemukan kendala dan kesulitan dalam mendapatkan data. Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penyajian data dalam makalah ini. Dalam proses penulisan makalah ini. penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Demikian makalah ini penulis susun. namun dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini. penulis mohon maaf yang sebesarbesarnya. Oleh karena itu.kata yang kurang berkenan dan banyak terdapat kekurangan.

.................... 3 B.............................................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ............................... Latar Belakang ........................................................................................... 1 C.............................................................................................................. 1 A...................... ii BAB I PENDAHULUAN ............................................................................... 3 A............ Metoda Penulisan .......................................................................... i DAFTAR ISI ...................... Kesimpulan .................................................................. 4 C...... 2 BAB II PEMBAHASAN ................................................. Saran ± Saran ..................... Batasan Masalah ..................... Manfaat Dan Kegunaan Multimedia ................................. 6 A............................. Definisi Multimedia ........................................................................... 2 D................................................................................................. Maksud Dan Tujuan .......................... 1 B................................................................................. 6 DAFTAR PUSTAKA ii ....... 6 B............................... Sejarah Dan Perkembangan Multimedia ........................................................... 4 BAB III PENUTUP .....

video digunakan secara luas dalam sistem multimedia. Pada kenyataannya sumber daya manusia kita belum banyak yang mengetahui bagaimana sistem teknologi informasi dan komunikasi tersebut secara global dan menyeluruh. Hal ini ditandai dengan merebaknya akses internet di mall. sehingga para peserta seolah-oleh bertemu langsung dalam suatu konferensi. Latar Belakang Di era globalisasi seperti sekarang ini perkembangan Sistem Informasi berkembang dengan pesatnya. teknologi komputer memegang peranan yang sangat penting dalam melakukan hubungan komunikasi melalui jaringan internet dan intranet secara efisien dan optimal. Pada dunia pendidikan. B. Video juga merupakan komponen penting dalam distance learning. 1 .begitu juga dengan internet. Sekarang sumber informasi tidak hanya berasal dari media cetak maupun media elektronik karena dengan munculnya internet yang mempunyai jangkauan yang luas dan tidak ada batas dapat dijadikan sumber daya informasi yang efektif dan cepat.BAB I PENDAHULUAN A. Dan salah satu konsep/bentuk penyampaian informasi adalah Multimedia Dalam menghadapi era global dan memasuki pasar bebas di dunia internasional. Maksud dan Tujuan Penulisan makalah ini pada dasarnya bertujuan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan dan juga untuk member pengetahuan kepada para pembaca tentang pentingnya peranan multimedia dalam berbagai aspek kehidupan serta perkembangan multimedia dari tahun ke tahun. suatu metode pengajaran yang tidak lagi terikat oleh ruang dan waktu. kampus maupun sekolah-sekolah. Video conference memungkinkan kita untuk mengadakan konfrensi jarak jauh secara visual.

C. Sejarah dan Perkembangan Multimedia 2 . Batasan Masalah Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini hanya terbatas kepada : 1. Yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan sejarah dan perkembangan multimedia. baik berupa buku maupun informasi di internet. D. Metoda Penulisan Metode penulisan yang digunakan dalam penulisa makalah ini ialah Metode Pustaka. Manfaat dan Kegunaan Multimedia 3. Definisi Multimedia 2.

yaitu suara. Suyanto (2003:19) menyatakan bahwa istilah multimedia berawal dari teater. 2002) atau multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks. audio. audio dan gambar video (Robin dan Linda. gambar dan teks (McCormick. grafik. grafik. 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data. animasi. grafik dan teks dalam suatu produksi bertingkat berbasis komputer yang dapat dialami secara interaktif atau menurut McCormick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara. grafik dan gambar (Turban dkk.ac. animasi.id/anton/download/multimedia2. audio.ukdw. musik). 2001). yaitu dengan menempatkan dalam konteks. media ini dapat audio (suara. animasi. video.BAB II PEMBAHASAN A. teks. berinteraksi. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering kali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia mencakup monitor video dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan. Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch. multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks. bukan komputer. gambar dan teks atau menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks. 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen. Pada tahun 1994 diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran. gambar bergerak dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi. seperti yang dilakukan oleh Hofstetter (2001). Definisi Multimedia Menurut IBM.pdf). Dalam industri elektronika menurut Suyanto (2003:20). audio dan gambar video dalam tulisannya (http://lecturer. multimedia adalah gabungan video. Definisi yang lain dari multimedia. sejak permulaan tersebut hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. 3 . berkreasi dan berkomunikasi. grafik. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an.

dan interaktif. Manfaat dan Kegunaan Multimedia Ada banyak sekali manfaat yang didapat dari multimedia.  1987 : Video Works II (colour). dan grafik. 3. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara. Sejarah dan Perkembangan Multimedia Multimedia memiliki sejarah dan perkembangan yang sangat cepat jika dibandingkan dengan satu media. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif 2. C. Marc Pierce).  1985 : Video Works for ³Guide Tour´ to Apple Machintosh OS. video. semua itu tergantung pada sektor mana multimedia itu digunakan. informatif. animasi. 4 . namun secara luas multimedia bermanfaat untuk membuat komunikasi semakin baik. Marc Carter. Berikut ini timeline perkembangan multimedia dari tahun ke tahun :  1984 : Macromind (Jamie Fenton. Komunikasi antara pemakai dan komputer yaitu :  Manusia dan manusia (menggunakan media komputer)  Manusia dan komputer  Komputer dan manusia  Komputer dan komputer Multimedia juga dapat digunakan dalam: 1. dinamakan Director.B. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik. teks.  1991 : Tim Banners-lee memperkenalkan WWW (World Wide Web) yang menggunakan jaringan internet sebagai media untuk menyampaikan halaman ± halaman informasi.  1988 : Video Works interactive.

 2000 : Macromedia memberikan µdorongan¶ yang kuat pada platform Flash.  2004 : Director MX 2004 mendukung sintaks Java Script sebagai alternatif  2006 : Adobe masih menjual Director MX 2004.0 dalam web pengguna jaringan sosial (Social Network) 5 .  1997 : Terutama digunakan untuk multimedia CD_ROMS  1998 : Director sebagai bagian dari ³Shockwave Internet Studio´.  1995 : Internet berkembang secara pesat. text.  2007 : Pengguaan Web 2. 1993 : Mosaic menjadi web browser pertama yang mampu menampilkan gambar. video.  1999 : Napster memperkenalakan jaringan peer to peer yang mempermudah sharing file secara massal.

BAB III PENUTUP A. pesatnya perkembangan teknologi multimedia dan internet merupakan satu fenomena yang banyak mempengaruhi dan digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Kesimpulan Seperti yang kita ketahui. Perlunya sosialisasi kepada masyarakat oleh pihak yang berkompeten dibidangnya tentang kegunaan multimedia yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam menunjang berbagai aspek kehidupan. 6 . Saran Melihat pesatnya perkembangan teknologi multimedia saat ini. penulis ingin menyampaikan saran sebagai berikut : 1. Perlu diadakan seminar ± seminar yang dapat membuka wawasan masyarakat agar dapat mengimbangi perkembangan teknologi yang begitu pesat. B. 2.

org/wp-content/uploads/2009/07/juhaeri- multimedia_bagian1. Makalah Dalam Seminar dan Lokakarya Pengajaran Multimedia di Lingkungan FPBS UPI. A History Of Multimedia. . From http://ilmukomputer. Tri Indri. Pengantar Multimedia Untuk Media Pembelajaran Bagian 1.xtimeline. From http://www.pdf. 13 Juli 2006.com/timeline/Ahistory-of-multimedia. 05 January 2012. 05 January 2012.DAFTAR PUSTAKA Hardini.: E-Learning (Pembelajaran Elektronik): Alternative Pembelajaran Bahasa Berbasis Konsep Multimedia. Jauhari Susanto (2006). Jtrav (2007).