Fungsi ALU unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angkadan logika, seperti

data matematika dan statistika. ALU terdiri dariregister-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika(matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALUini disebut denganadder karena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas laindari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaituoperasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemenlogika dengan menggunakan operator logika, yaitu

Bila hasil akhir bernilai negatif, maka nilainya harus dikomplemen lagi (Berlaku untuk komplemen-2 dan komplemen-1).Jika komplemen-2, maka hasil akhir setelah dikomplemen harus ditambah 1.Jikakomplemen1, hasil akhirnya merupakan hasil sebenarnya (tidak perlu ditambah 1).Contoh :

.

P erkalian .

.Pada Teknik Komputer.Register P untuk menyimpan hasil perkalian.Perkalian antara bilangan biner adalah perkalian yang paling mudah diantara sistem bilangan lainnya. perkalian dilakukan menggunakan register geser kanan ( Shift Right Regi s ter ).Register B untuk menyimpan data pengali ( M u ltiplier ). Perhatikan contoh berikut : Register A untuk menyimpan data yang akan dikalikan ( M u ltiplicand ).

.

Dan proses ini juga dapat dilakukan pada rangkaian logika dengancara pengurangan dan penggeseran ke kiri (menggunakan shiftleft register). B ila h a s ilnya 1 .P embagian Kebalikan dari perkalian. pembagian (Division) adalah suatu bentuk dari pengurangan yangdilakukan berulangulang. Berikut adalahaturan dari pembagian:Kurangkan bilangan pembagi (Divisor) dari MSB bilangan yang akan dibagi (Dividend). lihathasil pengurangan.

dan dimulai lagi pengurangan oleh bilangan pembagi (Divisor). Dalam hal ini sebelum digeser ke kiri .atau po s itif : Berarti hasil pembagian (Product) adalah 1. B ila h a s ilnya 0 atau negatif : Berarti hasil pembagian (Product) adalah 0. Setelah itu hasil pengurangan digeser kekiri satu bit.

maka digit yang dihasilkansetelah itu adalah digit pecahan.Perhatikan contoh berikut :1010 : 410 = 10102 : 1004Catatan : Karena ada hasil pengurangan yang negatif.510 . sehingga hasil yang benar 10. dimulai lagi proses pengurangan oleh bilangan pembagi. maka carry tersebut diabaikan.12 atau 2.harus ditambah dulu dengan bilangan pembagi (Divisor). Setelah digeser ke kiri satu bit.Bila dalam penjumlahan tersebut terdapat pindahan (Carry). Pengurangan oleh bilangan pembagi dilakukan dengan penjumlahan komplemen2.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.