ANALISIS DAN DESAIN SISTEM KRS MAHASISWA TPL UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN

Oleh : Dewi Sara K (1412090107) Titik Khomsiyah (1412090170) Murniasih (1412090135)

PROGRAM STUDI TEKNIK PERANGKAT LUNAK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN 2012

Rencana Studi .1 LATAR BELAKANG Pada saat itu kualitas sebuah sistem kehidupan tertentu. Saat ini. Sejalan dengan perubahan tersebut proses belajar mengajar tidak sesuai dengan apa yang diharapkan . misalnya pembuatan Kartu Hasil Studi yang mengalami keterlambatan. sulitnya mengontrol mata kuliah yang diambil mahasiswa. yang secara khusus pula berarti kemampuannya dalam memiliki teknologi komputer yang terbaik. . selama ini menggunakan cara manual dan belum memanfaatkan fungsi komputer secara optimal. Ketidakakuratan data mengakibatkan pekerjaan lain juga terganggu.Pengolahan data tersebut antara lain berupa pembuatan Biodata Mahasiswa. sehingga masih terdapat kelemahan-kelemahan yang muncul. akan ditentukan oleh kemampuannya mengolah komunikasi tersebut. Nilai Ujian dan akan menghasilkan Kartu Hasil Studi. Semakin besar atau semakin rumit sebuah sistem akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menjalankannya (melakukan proses-proses didalamnya) Sedang perkembangan sebuah sistem.BAB I PENDAHULUAN 1. Dalam pemprosesan ini sering dijumpai adanya kendala kendala seperti keterlambatan mahasiswa dalam mengisi Kartu Rencana Studi. Beberapa hal yang dimiliki teknologi komputer sehingga masa depan sangat tergantung kepadanya adalah : Kecepatan proses (kerja). berarti penambahan faktor kerumitan/proses di dalamnya. Untuk itu kecepatan proses pengerjaan menjadi sangat penting artinya untuk sebuah sistem yang terus berkembang. Dalam proses penyelenggaraan kegiatan akademik. komputer dapat melakukan milyaran proses dalam satu detik. Sebuah sistem yang besar dan semakin kompleks akan memiliki data-data dan arsip yang sangat besar. Kemampuan penyimpanan data yang sangat besar dan terjamin. dituntut adanya suatu kecepatan dan keakuratan dalam pengolahan data mahasiswa. sehingga pemberian data/informasi pada bagian lain menjadi tidak sempurna.

Kesulitan dalam melakukan pencarian data yang diperlukan mengenai data nilai mahasiswa. 4. sehingga memerlukan waktu yang relatif lama. sehingga memerlukan waktu yang relatif 2. Pembuatan laporan masih menggunakan sistem manual. 3. atau Lembar KRS dari Dosen hilang . Sering terjadi data yang telah diberikan oleh Mahasiswa.2 IDENTIFIKASI MASALAH Permasalahan yang terjadi pada antara lain yaitu : 1. Pencatatan Mata Kuliah masih dilakukan secara manual.1.

menentukan tujuan sistem. menyetujui atau menolak penelitian proyek.kelas dan angkatan dengan set visible = false ) Proses pemilihan semester dan mata kuliah Tampil form KRS yang berisi mata kuliah semester 1 hingga akhir Menuju form pengisian KRS Tampil data mahasiswa dan data KRS yang telah dipilih Gambar 2. membuat studi kelayakan.1 : Cetak sebagai KRS (output) perencanaan sistem pengisian KRS .BAB II PERENCANAAN DESAIN SYSTEM 2. 2. Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan antara lain adalah Menyadari masalah.1 TAHAP PERENCANAAN Dalam tahap perencanaan merupakan tahapan awal yang dilakukan dalam proses perancangan suatu sistem. mengidentifikasi kendala-kendala sistem.2 PERENCANAAN SISTEM PENGISIAN KRS inputkan NPM Mahasiswa terjadi proses pencarian data mahasiswa Tampil data mahasiswa ( NPM.nama. menetapkan mekanisme pengendalian. mempersiapkan usulan penelitian sistem. mendefinisikan masalah.

Inputkan NPM mahasiswa untuk pencarian data mahasiswa yang terhubung dengan data base. . Kemudian setelah pencarian berhasil maka data Mahasiswa akan ditampilkan dengan set fisible = false sehingga tidak dapat di edit datanya oleh orang yang tidak berwenang. User harus memilih semerter yang akan dijalani dan paket matakuliah apasaja yang harus diambil lengkap bersama dengan SKS nya.setelah data mahasiswa tampil maka user akan diarahkan pada form pengisian KRS pada form KRS akan tampil mata kuliah untuk semester 1 hingga semester akhir. Kemudian akan dicetak dalam bentuk print out. Setelah proses pengisian KRS selesai maka tampil data Mahasiswa beserta hasil KRS yang telah di isi.

1. menyiapkan usulan rancangan. khususnya teori tentang algoritma RSA. mendefinisikan kebutuhan informasi. Teknik penelitian yang digunakan pada pembuatan sistem informasi ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu : 3.BAB III ANALISIS SYSTEM Pada saat perencanaan telah selesai. Metode pengumpulan data terdiri dari : 1. mendefinisikan kriteria kinerja sistem. mengorganisasikan tim proyek. Yaitu dengan melakukan percobaan-percobaan terhadap program yang dibuat. Observasi atau pengamatan terhadap proses mekanisme Sistem Informasi yang sedang berjalan di UNIROW. Analisis sistem adalah penelitian atas sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merencanakan sistem yang baru atau diperbarui. menyetujui atau menolak rancangan proyek. Studi Literatur Yaitu dengan mengumpulkan referensi-referensi yang berasal dari buku-buku panduan ataupun dari internet yang berhubungan dengan kriptografi. 3. 2. Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah Mengumumkan penelitian sistem. penulis melaksanakan observasi secara langsung dengan mengamati bentuk-bentuk penerapan dan . 3. tahap selanjutnya beralih pada analisis dari sistem yang telah ada.1 Metode Penelitian Bagian ini membahas tentang cara-cara yang digunakan dalam mengumpulkan. Eksperimen. Pada penelitian ini.1 Metode Penelitian Dalam pembangunan perangkat lunak ini. hal yang perlu diperhatikan adalah urutan atau tahapan-tahapan dalam pembangunan perangkat lunak tersebut. Tahapan pembangunan perangkat lunak dapat dilakukan dengan memperhatikan paradigma pembangunan perangkat lunak yang sesuai.

. Analisis dan Perencanaan Perancangan Sistem informasi 2. Analisis Kebutuhan Informasi 5.pemanfaatan Sistem Informasi yang telah dilaksanakan pada sistem berjalan. Analisi sasaran dan masalah 4. Berikut adalah beberapa rencana tahap analisis yang akan di lakukan untuk membangun Sistem Informasi KRS untuk mahasiswa TPL di Universitas PGRI Ronggolawe Tuban : 1. 4. Kegiatannya berupa tanya jawab maupun diskusi baik dengan pihak intem maupun ekstem terkait dengan materi penulisan agar diperoleh informasi yang akurat sehingga diharapkan dapat menjadi bahan masukkan maupun pertimbangan dalam proses penelitian. Analisis Data (DFD) melakukan pengujian perubahan sistem Kebutuhan USER design tambahan masih ada error Perencanaan (Planning) Design Pengkodean (Coding) Testing & Implementasi Pengumpulan Data Arsitektur Sistem Gambar 3. Wawancara dengan personil yang terkait dalam proses mekanisme Sistem Informasi saat ini. Analisi situasi dan kondisi 3.1 : Alur proses penelitian .

2 : Diagram Alir Penelitian .Diagram metodologi penelitian pada tugas akhir ini dapat digambarkan sebagai berikut: Gambar 3.

1.3 : Alur Proses pengisian KRS manual .2 DIAGRAM TAHAPAN PENELITIAN Diagram pengisian KRS manual: Gambar 3.3.

Sistem yang dikembangkan dapat menghasilkan print out berupa lembaran KRS yang telah diproses. Sistem yang dikembangkan berhubungan dengan pencatatan data mahasiswa. Batasan Perancangan dari sistem ini yaitu meliputi : 1.2 PERANCANGAN DFD DFD LEVEL 0 SISTEM PENGISIAN KRS .dengan Batasan system hanya pada ruang lingkup pengisian KRS untuk Mahasiswa Fakultas Teknik dengan Prodi Teknik Perangkat Lunak saja.BAB IV PERANCANGAN SISTEM 4. 4. Dalam perancangan ini. ada beberapa batasan yang dikembangkan bedasarkan identifikasi kebutuhan system. 2. pemilihan semester dan pengisian data KRS. pencarian data mahasiswa dengan inputan NPM. untuk kemudian di validasi oleh Dosen wali.1 Rancangan Sistem sistem yang dirancang adalah system KRS Mahasiswa TPL di Unirow Tuban. sehingga identifikasi sistem ini menjadi semakin baik.

Gambar 4.1 : DFD level 0 .

2 : DFD level 1 .DFD LEVEL 1 SISTEM PENGISIAN KRS Gambar 4.

cash register atau kalkulator). Dengan kata lain. Berikut adalah flowchart sistem pada Sistem Pengisian KRS di Unirow Tuban : . 4. Flowchart Sistem terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data itu.3 Pembuatan Flowchart Sistem Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut urutan prosedur dari suatu program. flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem. Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.1 Flowchart Sistem Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. misalnya mesin tik. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.4. Data dan proses dalam flowchart sistem dapat digambarkan secara online (dihubungkan langsung dengan komputer) atau offline (tidak dihubungkan langsung dengan komputer.3.

Berikut field-field yang dibutuhkan dalam sistem basis data KRS. • Tabel Fakultas  Fak_id .4 Perancangan Basis Data Dalam dunia basis data.Entry Pegawai Entry Dosen Entry Kelas Entry Mata_kuliah Entry Prodi Entry Fakultas Proses Manipulasi Pegawai Proses Manipulasi Dosen Proses Manipulasi Kelas Proses Manipulasi Mata_kuliah Proses Manipulasi Prodi Proses Manipulasi Fakultas Data Pegawai Data Dosen Data Kelas Data Mata Kuliah Data Prodi Data Fakultas Entry Mahasiswa Entry MK_Prodi Proses Manipulasi Mahasiswa Entry KRS Entry MK_Periode_Akad Proses Pengisian KRS Data Mahasiswa Proses Manipulasi MK_Periode_Akad Proses Manipulasi MK_Prodi Data MK_Prodi Data KRS Data MK_Periode_A kad Entry Periode_Akad Proses Periode_Akad Permintaan Data KRS Gambar 4.6 : Flowchart Sistem Pengisian KRS Data Periode_Akad Display Lembaran KRS 4.informasi diimplementasikan dalam sebuah field atau record (kumpulan field). informasi.

 Fak_Name • Tabel Mata_kuliah  MK_id  MK_Name  SKS  Semester • Tabel Prodi  Fak_id  Prodi_id • Tabel Mahasiswa  NPM  MHS_Name  Kelas  Jenis_kel  Tmp_Lahir  Tgl_Lahir  Alamat  Telepon  Nip_Wali • Tabel MK_Prodi  Prodi_id  MK_id • Tabel Periode_Akademik  Periode_id  Periode_Name  Periode_Waktu • Tabel MK_Periode_Akademik  MK_id .

 Periode_id • Tabel Pegawai  Nip_Pegawai  Nama_Pegawai  Alamat  No-Telpon  Password • Tabel Kelas  Id_Kelas  Nama_Kelas • Tabel Dosen  Nip_Dosen  Nama_depan • Tabel KRS  MHS_id  MK_id  Periode_id  Nip_Pegawai Keterangan : attribut yang di cetak tebal dan bergaris bawah merupakan kunci utama (Primery Key). .

yaitu : • Penangkapan data (data capture) yaitu proses mencatat kejadian nyata yang terjadi akibat transaksi yang dilakukan oleh organisasi ke dalam dokumen dasar. mouse. Desain input disesuaikan dengan proses input secara langsung yang terdiri dari dua atau tiga tahapan utama. Secara umum alat-alat yang digunakan adalah keyboard. Untuk proses ini diperlukan perancangan form. dan sebagainya. • Pemasukan data (data entry) yaitu proses membacakan atau memasukkan data ke dalam komputer. Untuk tahap desain input secara umum.Berikut adalah ERD dari Sistem Pengisian KRS : MK_PERIODE_AKADEMIK PK I1 MK_ID PERIODE_ID KRS PK I1 I2 I3 KRS_ID NPM MK_ID PERIODE_ID NIP_PEGAWAI PK FAKULTAS FAK_ID FAK_NAME PERIODE_AKADEMIK PK PERIODE_ID PERIODE_NAME PERIODE_WAKTU PK PRODI FAK_ID PRODI_ID PRODI_NAME MAHASISWA PK NPM MHS_NAME KELAS JENIS_KEL TMP_LAHIR TGL_LAHIR ALAMAT TELEPON NIP_WALI MATA_KULIAH PK MK_ID MK_NAME SKS SEMESTER PK PEGAWAI NIP_PEGAWAI NAMA_PEGAWAI ALAMAT NO_TELPON PASSWORD I1 MK_PRODI PK I1 PRODI_ID MK_ID DOSEN PK NIP_DOSEN NAMA_DOSEN 4.5 Perancangan Input KELAS Untuk memasukkan NAMA_KELAS PK ID_KELAS data ke dalam sistem informasi baru yang terkomputerisasi. diperlukan alat-alat input. analis perlu menentukan kebutuhan input dari sistem. Data inputan adalah sesuai dengan field yang ada dalam basis data untuk kemudian di tampilkan dengan interface .

kumpulan instruksi dan dialog pertanyaan/jawaban.6 Perancangan Output Output adalah produk dari sistem informasi yang dapat dilihat. diantaranya : menu. Dialog ini terdiri dari proses memasukkan data ke dalam input. Menu berisi beberapa alternatif atau pilihan yang disajikan kepada pengguna. 4. Dengan printout kertas yang berisikan informasi-informasi penting. 4. Format dari output dapat berupa keterangan-keterangan. Output dapat berupa hasil di media keras (kertas) maupun hasil di media lunak (berupa tampilan di layar monitor). tabel maupun grafik atau bagan.7 Perancangan Interface Rancangan antar muka (dialog layar terminal interface) merupakan rancang bangun dari percakapan antar pemakai sistem dengan komputer. menampilkan keluaran (output) informasi dan atau dapat keduanya.8 Tahap Report (Pelaporan) Pelaporan dimaksudkan agar entri data yang telah dilakukan pada satu periode tertentu untuk dicetak dan bisa digunakan untuk bahan kearsiapan. Menu banyak digunakan dalam rancangan antar muka karena mudah digunakan. Output dari sistem informasi ini adalah berupa printout yang menampilkan data mata kuliah apa saja yang diambil oleh Mahasiswa tersebut. . Terdapat beberapa strategi dalam membuat rancangan antar muka.yang lebih menarik 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful