Dara Tahnia Shabrina XII IPS 1 Tugas Kewarganegaraan Globalisasi

dan komunikasi antarbangsa dan negara seolah olah tidak ada jaraknya karena iptek yang sangat canggih. Yaitu arus keterbukaan. dan transportasi.Pengertian secara umum Globalisasi adalah berasal dari kata globe artinya peta dunia atau bola dunia. Pengertian menurut Emmanuel Ritcther Jaringan global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar dan terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. . komunikasi.

Terjadinya perubahan lembaga negara c. d. a. Munculnya partai-partai politik baru Makin meningkatnya kesadaran politik masyarakat Munculnya sikap arogansi politik. b. Bidang Politik Aspek Positif : a. Adanya money politik dalam kehidupan masyarakat Aspek Negatif : .Aspek dari Globalisasi 1. Terjadinya sistem ketatanegaraan pada suatu negara. b.

Upah kerja yang belum profesional atau masih rendah. d. e. Jumlah angka pengangguran masih tinggi . Mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nnasional Membuka lapangan kerja yang memiliki keterampilan kerja Suku bank rendah Aspek negatif : a. Munculnya kebijaksanaan pemerintah yang tidak menguntungkan petani c. Matinya usaha kecil yang tidak kompetitif b. Rakyat secara mudah memperoleh barang komsumtif yang diperlukan b. d. Mempermudah proses pembangunan industri c.2. Bidang Ekonomi Aspek Positif : a.

. Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi. Mudahnya memperoleh barang baran ilegal c. Bidang Sosial dan Budaya Aspek Positif : a. Mempercepat perubahan pola kehidupan b. Aspek Negatif : a. Terjadinya pergeseran nilai kehidupan dalam masyarakat c. Pudarnya rasa kebersamaan menjadi kehidupan individualis. Kesulitan pengendalian dan seleksi masuknya budaya asing b.3.

Terbukanya sistem perekonomian negara 3. Liberalisme keuangan internasional 4.Mengevaluasi Pengaruh Globalisasi terhadap Kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia 1. Meningkatnya keinginan orang untuk berpindah Negara . Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 2.

SEKIAN By : dara .