PENANGANAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR

DI PT ANTAM Tbk. UBPE Pongkor Laporan Ini di Ajukan Untuk Memenuhi Persyarata Untuk Mengikuti Uji Kopetensi dan Ujian Nasional.

Disusun Oleh : ♦. Asyudi ♦. M. Asep Abdullah ♦. Risna Yanti ♦. Rudini ♦. Siti Julhijah ( XI. Ap 2 ) ( XI. Ap 3 )

♦. Maulana Hasanudin ( XI. Ap 4 ) ( XI. Ap 4 ) ( XI. Ap 2 ) ( XI. Ap 1 )

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM TERPADU AL – MUAWANAH SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK GIRI TARUNA Jl. Raya Parung Sapi Km. 04 Jasinga Kab. Bogor Telp. ( 0251 ) 8687901. 2011

2

dan menambah pengalaman di PT ANTAM. Tbk.1 Latar Belakang. dan kinerja professional. Selain itu. wawasan.BAB I PENDAHULUAN Menyadari akan pentingnya pemerintah mengadakan Peraktek Kerja Industri / Instansi ( PERAKERIN ). dalam kurikulum 2004 bahwa Peraktek Kerja Industeri / Instansi ( PERAKERIN ) wajib di laksanakan oleh siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). UBPE ( Pongkor ) 1. yaitu pendidikan yang merupakan bekal hidup seseorang. dengan menambah wawasan sekaligus pengalaman siswa/i sebagai konstribusi secara langsung mengenal sistem kerja dengan kongkrit. Untuk menambah tuntutan kebutuhan tenaga kerja ahli. terutama dibidang kejuruan . maka dirasakan perlu mengadakan penyempurnaan dalam kegiatan pendidikan. Menghadapi persaingan di Eraglobalisasi ini manusia membutuhkan bekal hidup. Untuk mengaflikasikan teori – teori yang telah di pahami di sekolah dengan dunia kerja sebenarnyah. dibutuhkan pembimbing yang ahli dari instansi ataupn perusahaan untuk bersedia memberikan ilmu berupa pengalaman. Tujuan pelaksanaan Peraktek Kerja Industeri / Intansi ( PERAKERIN ) sehubingan dengan adanya peraturan Nomor 29 Tahun 1990 paasal 3 ayat 2 yang mengartikan bahwa tujuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) terutama menyiapkan siswa/i untuk memasuki dunia kerja dan membangu sikap yang profisional. Oleh karena itu. Sebagaimana di jelaskan di atas bahwa tujuan PERAKERIN adalah sebagai berikut : 1. Oleh karena itu. Sebagai faktor pendukung yang mendasari dibidang pendidikan untuk tujuan secara langsung dalasm dunia kerja. Dalam melaksanakan Peraktek Kerja Industeri / Instansi ( PERAKERINN ) penulis tertarik untuk mengembangkan wawasan. sangat kompetensi dimiliki olehsemua siswa/i agar menjadi tenaga kerja siap pakai. 1 3 .

1 Tujuan Umum Keahlian profesi adalah andalan utama menentukan keunggulan. 4. keahlian professional tenaga kerja yang terlibat dalam produksi Indonesia memerlukan tenaga kerja yang ahli dan profisional untuk menghadapi perkembangan ekonomi global di masa kini.2. d) Untu mengetahui kinerja siswa/i dalam melaksanakan Peraktek Kerja Industeri / Instansi ( PRAKERIN ). Untuk mengenal langsung ruang lingkup kantor dan segala permasalahannya. b) Sebagai salah satu persyaratan dalam mengikuti uji kompetensi. 1. c) Merupakan salah satu untuk bisa mengikuti Ujian Nasional ( UN ) di sekolah.2 Tujuan Pembuatan Laporan Dalam pembuatan laporan ini penyusun ingin menjelaskan tentang tujuan dari laporan yang penyusun buat yaitu : a) Sebagai tanda bukti bahwa peserta didik telah melaksanakan Peraktek Kerja Industeri / Instansi ( PRAKERIN ). dan pengetahuan mengenai dunia kerja nyata. f) Sebagai bahan penilaian. e) Sebagai bahan pertanggung Peraktek jawaban siswa/i / dalam Instansi melaksanakan Kerja Industeri ( PERAKERIN ). Untuk mengetahui perbedaan antara teori dengan peraktek di lapangan. 1. dan pengontrol / pengawasan tewrhadap siswa/i dalam melaksanakan Peraktek Kerja Industeri / Instansi ( PERAKERIN ). Maka mulai tahun 1994 di lakukan sistem 4 . Untuk menambah wawasan. Dengan mengikuti kebijakan tersebut dan mempelajari keadaan sekarang di Indonesia.2. 3.

b.magang yang merupakan pepaduan. ulet. perbedaan antara dunia usaha dengan dunia pendidikan yang telah kita dapat di lingkungan sekolah. Penyusun ingin mengetahui bagai mana cara menangani surat menyurat dengan baik dan benar.3 Alasan Pemilihan Judul Adapun alasan dalam melaksanakan penyusun melihat langsung kegiatan yang di lakukan di PT ANTAM Tbk. c. Sehingga menjadi salasatu modal pendidikan yang efektif mendekati kesesuaian antar Supply dan Demand ketenaga kerjaan tentang “LINK AND MATCH”. Sehingga menjadi alasan. 1. mengapa penyusun ini mengambil judul adalah sebagai berikut : a. c. pendidikan menengah kejuruan. perusahaan. dan produktif. Penyusun merasa judul tersebut cukup sederhana dan bermutu berkisar pada kegiatan yang di selesaikan. yaitu saling mengisi dan melengkapi antara pendidikan sekolah dan keahlian profesi yang di dapat melalui DU/DI. Penulis ingin mengetahui seberapa jauh perbedaan dan perbandingan antara teori dan praktek lapangan . d. Untuk menciptakan tenaga kerja yang tekun. b. Adapun tujuan pelaksanaan antar lain: Salah satu sarana pembinaan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjembatani kesenjangan antara lulus sekolah dan dunia kerja. Menciptakan pengalaman praktek kerja di lingkungan Dengan adanya kita dapat mengenal permasalahan dan aktif.2. 5 . 1. efisien.2 Tujuan Khusus Praktek Kerja Instansi ( PRAKERIN) menjadi salah satu bentuk menyelenggarakan a. trampil.

4 sistematika laporan 6 .1.

7 .

Aneka Tambang sebagai proyek Tambang emas pongkor resmi menjadi Unit Pertambangan Emas Pongkor. Survey pertama yang di lakukan pada tahun 1981 di daerah pongkor telah menemukan endapan urat kwarsa (quart vein) berksdsr 4 GPT Emas dan 126 GPT Perak. Karena pada saat itu aneka tambang sedang memfokuskan keghiatan ekplorasi area tambang ci kotok.058 Ha. sebagai pencapaian lain yang berhasil di peroleh Aneka Tambang sampai pada saat ini.5 Km pada tahun 1992.5 ton dan perluasan tambang Ciurug (mechanized Mine) dan pembangunan pabrik II sehingga kapasitas produksi menjadi 5 ton pertahun. PT Antam Tbk adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang pertambangan emas . Di lanjutkan dengan pembangunan jalan masuk ke pongkor sepanjang 12. Selain itu. 5 8 . Tahun 1991 Aneka Tambang memperoleh study kelayakan dan terbit kuasa pertambangan eksplorasi pertama KP. di lakuan pembangunan fisik pabrik pengolahan emas berkapasitas 2.BAB II URAIAN UMUM 1. Pada tahun 2001 di mulailah proses Sertifikat ISO 14000 yang berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan. Selain itu. maka kegiatan eksplporasi di daerah pongkor di hentikan dari tahun 1983-1988 dengan lebih sistematis dan lengkap.d 1997. Pada tahun 1993 s. UBPE Pongkor PT ANTAM UBPE Pongkor di dirikan pada tahun 1968 dari penggabungan dari penggabungan tujuh perusahaan dan produk tambang milik pemerintah Indonesias.d 1981. Sejarah keberadaan Tambang Emas Pongkor di mulai dengan di laksanakanya eksplorasi logam dasar (pb dan Zn) di bagian utara Gunung Pongkor oleh Geologiawan aneka Tambang pada tahun 1974 s. Sejarah singkat PT Antam Tbk. Pencapaian dan keberhasilan Aneka Tambang juga di buktikan dengan perolehannya sertifikat ISO 9002 yang berkaitan dengan Manajemen Mutu Pengolahan Emas. pada tanggal 14 Oktober 2002 Sertifikat ISO 14001 berhasil di raih oleh UBPE Pongkor.DU 893/jabar seluas 4.

Adapun deskripsi tugas dari masing-masing Departemen adalah sebagai berikut: 1.   Meningkatkan kesejahteraan karyawan. dan mineral  lain. sedangkan 2. Misinya  Menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi. yaitu nikel. Oleh karena itu 1. Dalam melaksanakan tugasnya setiap manajer departemen di bantu oleh asisten manajer.   Beroperasi secara efisien (berbiaya rendah).2. Visi PT ANTAM Tbk Menjadi perusahaan pertambangan berstandar internasional yang memiliki keunggulan Kompetitif di pasar global dan terdepan dalam industri pertambangan indonesia. 3. Selain itu. dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja serta memperhatikan kelestarian lingkungan. Visi dan Misi PT Aneka Tambang Tbk Suatu perusahaan tentu memiliki suatu visi dan misi karena visi dan misi sangat penting dan berguna untuk kelanjutan perkembangan perusahaan. Berpartisipasi didalam upaya mensejahterakan masyarakat di sekitar daerah operasi pertambangan. emas. Memaksimalkan shareholders dan stakeholders value (nilai pemegang saham). Senior Vice President 9 . SVP juga di bantu oleh dua orang pejabat pimpinan yaitu: Vice President (VP) of operation dan Vice President (VP) of finance and Human Resource yang di bantu oleh Managaer dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawbnya. STRUTUR ORGANISASI Perusahaan ini di pimpin langsung oleh senior vice president (SVP) yang bertanggung jawab langsung ke direksi perseroan.

2. Pengisian Ulang. 9 % Emas dan 1 % Kotoran ) Adapun difisi yang berada di bawah kepemimpinan. Supt. Perencanaan pengolahan.Vice president bertugas memimpin secara keseluruhan jalannya perusahaan dan bertanggung jawab terhadap seluruh aset perusahaan serta berhak mengambil keputusan untuk kepentingan perusahaan. Supt. Adapun dipisi yang berada di bawah kepemimpinan Mining Departement. yaitu Supt.b Process Plant Departement Process Plant Departemen bertugas mengolah bijih emas untuk di jadikan Bullion (90 % perak. Supt. engineering dan quality control guna mengadakan perbaikan kualitas. Operasi Tambang A. 2. Pengolahan Limbah. Vice President Of Operation Vice Oresident of Operation bertugas mengevaluasi dan mengkaji penerapan operasional di bidang penamabangan. pemeliharaan. Supt. 2. “Adapun gambar struktur intansi PT ANTAM Tbk. UBPE Pongjkor dapat di lihat di lembar lampiran “ 10 . pengolahan emas. Recovery dan Supt. Sarana Tambang dan Supt. Perencanaan Tambang. Sianidasi.a Minig Dpeartement Minig Departement bertanggung jawab atas terselenggaranya pengembangan dalam kegiatan penambangan bijih emas. Process Plant Departement Yaitu Supt.

Tujuan penulisan surat Adapun tujuan surat adalah sebagai berikut :  Menyampaikan informasi  Menyanpaikan maksud dan tujuan isi hati penulis  Menghemat waktu. dan media komunikasi dalam lingkungan internal maupun eksternal. biaya dan tenaga. bagian –bagian.2. jenis-jenis. 3. Pengertian Surat Secara umum surat adalah alat untuk menyampaikan suatu maksud secara tertulis karena surat dapat di pergunakan sebgai bukti. Antara lain sebagai berikut : a) Surat Masuk Surat Masuk adalah surat yang di terima oleh suatu organisasi atau perusahaan yang berasal dari seseorang atawu suatu organisasi b) Surat Keluar Surat Keluar adalah surat – surat yang di keluarkan atau di buat oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk di kirimkan kepada pihak lain. penggolongan . Dan adapun pengertian Surat Masuk dan Surat Keluar. 1. Jenis-Jenis Surat Adapun jenis-jenis surat adalah sebagai berikut : a) Surat Pribadi 11 .BAB III URAIAN KHUSUS 2. 2. bentuk surat dan fungsi surat. baik perseorangan maupun kelompok.1 Landasan Teori Dalam landasan teori ini kami akan menjelaskan pengertian tujuan.

 Surat Dinas Biasa Surat dinas biasa yaitu surat yang derajat kepentingannya di bawah surat penting dan isinya hal-hal biasa. Penggolongan Surat Menurut Dinas di antaranya :  Surat Dinas Penting / Mendesak Surat dinas penting adalah surat yang memerlukan tindakan segrera. B. bila isi surat di ketahui pihak lain maka akan merugikan instansi atau perusahaan itu sendiri. baik tunggal maupun kelompok.  Surat Dinas Rahasia Surat dinas rahasia yaitu surat yang hanya bisa di buka oleh orang yang di tuju. Penggolongan surat menurut wujudnya Penggolongan surat menurut wujudnya dapat di bedakan menjadi :  Surat Biasa Surat biasa yaitu surat yang penulisanya tidak menggunakan lembar khusus cukupkertas biasa dan pengirimannya tidak pada 12 . pantiasuhan dan pondok pesantren. baik yang merupakan produk hokum maupun surat biasa yang di buat atau di terima Surat Sosial c) Surat Sosial Surat Sosial adalah surat yang di buat oleh badan sosial misalnya sekolah. b) Surat Dinas Surat Dinas adalah alat komunikasi kedinasan dalam bentuk 8 dan corak apapun. 4. Macam-Macam Penggolongan Surat A.Surat pribadi adalah surat yang di tulis oleh seseorang yang isinya menyangkut masalah pribadi yang tidak dapat di ketahui oleh orang lain.

 Surat Rahasia Surat rahasi adalah surat yang berisi dokumen yang hanya boleh satu atau lebih dari beberapa orang pejabat tertentu dalam suatu instansi. C. Misalnya surat keluarga. Adapun bagian-bagian surat vadalah sebagai berilkut :  Kepala Surat  Nomor Surat Tanggal Surat  Lampiran  Hal/Perihal  Alamat Yang Di Tuju  Salam Pembuka 13 . yang di tandai dengan kode SRHS (Surat Sangat Rahasia). Penggolongan Surat Menurut Keamanan Isi Surat Penggolongan surat menurut keamanan isi surat dapat di nbedakan menjadi :  Surat Sangat Rahasia Surat sangat rahasia yaitu surat yang berisi dokumen yang berhubungan dengan rahasia kantor atau keamanan negara.  Surat Biasa Surat biasa adalah surat yang hanya di perlukan secara biasa. Bagian Surat Setiap surat apapun jenis dan bentuk nya pasti mempunyai bagianbagian surat dengan memahami bagianbagian surat tentunya akan memudahkan dalam pembuatan surat.kesempatan pertama karena tidak memakai biaya pengiriman.  Surat Memo ( Memorendum ) Surat memo yaitu surat yang di gunakan untuk komunikasi secara tertulis di lingkungan kantor atau organissasi itu sendiri dan sifatnya informal. 5.

Adapun beberapa bentuk surat dan dapat di bedakan menjadi : a. Isi Surat  Salam Penutup  Jabatan Penanda Tangan  Nama Penanda Tangan  NIP/NIK/RRP  Tembusan  Inisial Pengonsep Dan Pengetik 6. Bentuk Lurus Bentuk lurus di bedakan menjadi:  Bentuk Lurus (Block Style)  Bentuk Lurus Penuh (Full Block Style)  Bentuk Setengah Lurus(Semi Block Style) c. Bentuk Surat Resmi Bentuk surat resmi di bedakan menjadi :  Bentuk Resmi Indonesia Lama (Official Style)  Bentuk REsmi Indonesia Baru(New Official Style)  Bentuk REsmi Indonesia Usulan b. BEntuk Bertekuk Atau Lekuk  Bentuk Lekuk(Indented Style)  Bentuk Alinea Mnenggantung(Hanging Paragraph Style) 14 . Bentuk Surat Bentuk surat adalah susunan letak bagian-bagian surat pada umumnya perusahaan banyak yang memakai bentuk Block Style.

2 Saran 1.BAB IV PENUTUP 4. Guna meningkatkan kualitas siswa/siswi dalam praktek kerja industri ( PRAKERIN ) meningkatkan program-program pengayaan dengan di bantu alat peraga di harapkan para peserta praktek kerja industri kerja sama antara pimpinan dan karyawan PT ANTAM sangat baik 15 . Bisa di sebutkab bahwa penanganan surat menyurat di PT Antam sesuai dengan teori yang di dapatkan dari sekolah. pengoprasiannya atau pun pengirimannya sehingga surat tida mudah hilang 3. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan Peraktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) ahirnya penyusun dapat menyimpulkan bahwa 1. penulisannya. Berdasarkan dari pengalaman dari apa yang penyusun lihat dan praktekan secara langsung dan hasil perbandingan dari teori yang penyusun dapatkan dari sekolah. Saran Untuk Sekolah a.1 Kesimpulan Dalam hal penaganan surat menyurat khususnya di PT Antam. 4. 2. Bila pembuatan surat di lakukan dengan benar akan terasa sangat Pembuatan surat di PT ANTAM sangat baik menurut mudah dan cepat membantu perusahaan lain dalam pembuat surat. Untuk lebih memeudahkan siswa/siswi SMK GIRI TARUNA dalam melaksanakan praktek kerja industri ( PRAKERIN ) di harapkan pihak sekolah dapat menjalin hubungan lebih baik dengan pihak perusahaan atau instansi b.

Saran Untuk Perusahaan( Instansi )  Kedisiplinan lebih di tingkatkan dalam jam kerja 12  Pertahankanlah sikap rasa kekeluargaan  Agar tugas /pekerjaan tidak terbengkali akan lebih baik karyawan atau pegawai bias lebih menanamkan rasa cinta dan etos kerja terhadap tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing. UBPE Pongkor pada masa mendatang. 16 . Demikian dan saran-saran yang da penulis sampaikan baik kepada pihak sekolah maupun piahk perusahaan dengan harapan kiranya mendapat tanggapan yang positif demi meningkatkan kualitas pendidikan danmutu kerja di kantor di PT ANTAM Tbk. Diharapkan kepada guru pembimbing sekolah dapat lebih memperbanyak bimbingan atau binaan supaia para siswa/sisw tidak mengalami kesulitan dalam penulisan dan penyusun laporan 2.( PRAKERIN ) bias lebih menguasai alat-alat kantor yang biasa di pergunakan dalan program Administrasi Kantoran c.

DAFTAR PUSTAKA 17 .

SE NIK : 18 . Kepala PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Atas Nama Kepala Pembelajaran.LEMBAR PENGESAHAN DARI INSTANSI PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Laporan Ini Telah Di Periksa Dan Disetujui Pada Tanggal……. HANIDI. Bulan ……………Tahun Oleh : Pembimbing I Pembimbing II KAMSI. ST BOY M SIANTURI Mengetahui .

OLEH : Kepala Kompetensi Keahlian Pembimbing EVA FARIDA RAHMAWATI. S.. S.Pd.Sos.Pd Mengetahui. MM 19 .I FITRIYAH WARDAH.LEMBAR PENGESAHAN DARI SEKOLAH PRAKERIN SMK GIRI TARUNA Laporan ini telah di periksa dan di setujui Pada tanggal ……. Kepala SMK GIRI TARUNA IWAN DHARMAKURNIAWAN.. S. Tahun …….. Bulan …….

Muhammad Lukman. 5. 8. 2.Pd.Yang Telah memberikan Taufik dan Hidayah-Nya kepada kami sehinga kami dapat menyusun laporan ini yang berjudul “Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Di PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor” Pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam mengerjakan laporan PRAKERIN diantara nya : 1.i. S. 7.Drs. MM Selaku Kepala Sekolah SMK GIRI TARUNA Ibu Eva Farida R. Ibu Fitriyah Wardah.s. Selaku Kepala Pembelajaran dan Juga Pembimbing Lapangan Di PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Dewan Guru Beserta Staf SMK GIRI TARUNA Para Staf dan Karyawan yang terkait di PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Pembuatan laporan PRAKERIN ini. SE. Kepada Teman–teman Seperjuangan yang telah banyak membantu dalam 20 .KATA PENGANTAR Kami Ucapkan Puji Syukur kehadirat ALLAH SWT. Selaku Ketua Kopetensi Keahlian SMK GIRI TARUNA dan Selaku Pembimbing Internal. 3. 4. Ir. Iwan Dharma Kurniawan. 9. MM. Semoga Allah SWT memberikan perlindungan kepada kami serta kepada Pihak yang berkaitan dalam pembuatan laporan PRAKERIN.…………….2011 PENYUSUN 10.Pd.S. 6.H. S. baik secara moral maupun material Bpk . Bogor. Bpk. Wawan Herawan Selaku Kepala Pimpinan PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Bpk Hanidi.Sos.w. MSi selaku pemimpin Yayasan Pendidikan Islam Terpadu AL-Muawanah. Selaku Guru Pembimbing Dari Sekolah Bpk. Kepada Kedua Orang Tua kami yang telah memberikan dorongan dalam kegiatan Laporan PRAKERIN ini.

HANIDI.LEMBAR PENGESAHAN DARI INSTANSI PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Laporan Ini Telah Di Periksa Dan Disetujui Pada Tanggal……. Kepala PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Atas Nama Kepala Pembelajaran. ST NIK : BOY M SIANTURI NIK : Mengetahui . Bulan ……………Tahun Oleh : Pembimbing I Pembimbing II KAMSI. SE NIK : 21 .

S...Pd.I FITRIYAH WARDAH. S. Kepala SMK GIRI TARUNA IWAN DHARMAKURNIAWAN.LEMBAR PENGESAHAN DARI SEKOLAH PRAKERIN SMK GIRI TARUNA Laporan ini telah di periksa dan di setujui Pada tanggal …….. S. Bulan …….Pd Mengetahui. OLEH : Kepala Kompetensi Keahlian Pembimbing EVA FARIDA RAHMAWATI. MM 22 . Tahun …….Sos.

LEMBAR PENGESAHAN DARI INSTANSI PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Laporan Ini Telah Di Periksa Dan Disetujui Pada Tanggal……. HANIDI. NIK. 1695706617 Mengetahui . Kepala PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Atas Nama Kepala Pembelajaran. Bulan ……………Tahun Oleh : Pembimbing I Pembimbing II LATIFAH. SE NIK : 23 . 10091635774 HERDI HERYANA NIK. SE.

Tahun ……. OLEH : Kepala Kompetensi Keahlian Pembimbing EVA FARIDA RAHMAWATI. MM 24 . S. S.Sos.LEMBAR PENGESAHAN DARI SEKOLAH PRAKERIN SMK GIRI TARUNA Laporan ini telah di periksa dan di setujui Pada tanggal ……..Pd Mengetahui.. S..Pd. Bulan ……. Kepala SMK GIRI TARUNA IWAN DHARMAKURNIAWAN.I FITRIYAH WARDAH.

Bulan ……………Tahun Oleh : Pembimbing I Pembimbing II SOBIHAN NIK. 1096716539 Mengetahui .LEMBAR PENGESAHAN DARI INSTANSI PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Laporan Ini Telah Di Periksa Dan Disetujui Pada Tanggal……. Kepala PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor Atas Nama Kepala Pembelajaran. SE NIK. 069264 ANDREAS NIK. 1694666279 25 . HANIDI.

Sos..LEMBAR PENGESAHAN DARI SEKOLAH PRAKERIN SMK GIRI TARUNA Laporan ini telah di periksa dan di setujui Pada tanggal …….Pd Mengetahui. S..Pd. Bulan ……. OLEH : Kepala Kompetensi Keahlian Pembimbing EVA FARIDA RAHMAWATI. Kepala SMK GIRI TARUNA IWAN DHARMAKURNIAWAN. S. S.. Tahun …….I FITRIYAH WARDAH. MM 26 .

H. Bpk Hanidi.i. Kepada Teman–teman Seperjuangan yang telah banyak membantu dalam Pembuatan laporan PRAKERIN ini. Bpk. MM Selaku Kepala Sekolah SMK GIRI TARUNA 14. Bogor.Pd. Wawan Herawan Selaku Kepala Pimpinan PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor 17. Kepada Kedua Orang Tua kami yang telah memberikan dorongan dalam kegiatan Laporan PRAKERIN ini.s. 15. Bpk.Pd.S. S. baik secara moral maupun material 12. Selaku Ketua Kopetensi Keahlian SMK GIRI TARUNA dan Selaku Pembimbing Internal. S.Muhammad Lukman. Ibu Eva Farida R.……………. SE.Sos.KATA PENGANTAR Kami Ucapkan Puji Syukur kehadirat ALLAH SWT. Para Staf dan Karyawan yang terkait di PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor 20.Yang Telah memberikan Taufik dan Hidayah-Nya kepada kami sehinga kami dapat menyusun laporan ini yang berjudul “Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Di PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor” Pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam mengerjakan laporan PRAKERIN diantara nya : 11. Iwan Dharma Kurniawan. Dewan Guru Beserta Staf SMK GIRI TARUNA 19. 13. Selaku Kepala Pembelajaran dan Juga Pembimbing Lapangan Di PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor 18.Drs. Bpk .w. MM. Ibu Fitriyah Wardah. Selaku Guru Pembimbing Dari Sekolah 16. MSi selaku pemimpin Yayasan Pendidikan Islam Terpadu AL-Muawanah. Semoga Allah SWT memberikan perlindungan kepada kami serta kepada Pihak yang berkaitan dalam pembuatan laporan PRAKERIN.2011 PENYUSUN 27 . Ir.

28 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful