MAKALAH TEKNOLOGI CHASIS

“Poros Aksel dan Diferensial”

Rifky Hernando (095524080)

JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

. kita dapat menyimpulkan bahwa kendaraan dapat bergerak karena adanya tenaga yang dihasilkan oleh mesin dan diteruskan sistim pemindah daya Yaitu: kopling. engine. Pada makalah ini yang dibahas hanya meliputi diferensial dan poros penggerak aksel.Pendahuluan Perkembagan teknologi khususnya dibidang otomotif. diferensial. sistim kelistrikan dan chassis pemindah tenaganya. Dalam uraian ini saya mencoba membahas tentang chassis dan pemindah tenaga. 2) Rangka pada kendaraan. poros propeller. poros penggerak aksel dan ke roda. maka secara garis besar bagian-bagian kendaraan terbagi: 1) Power Train. 4) Front Wheel Alignment (FWA) 5) Sistim Kemudi. 3) Sistim Suspensi. semakin hari semakin meningkat baik dibidang desain body. serta fungsi yang meliputinya juga cara kerja dari sistem tersebut. Dari uraian di atas. Jika kita berbicara tentang chassis dan pemindah tenaga. transmisi.

Differensial Fungsi Diferensial adalah Menyesuiakan putaran roda kiri dan kanan (roda penggerak) pada saat membelok atau beban roda kanan dan kiri tidak sama ( missal salah satu roda jalan di lumpur). dan berfungsi untuk memperbesar momen dan mengubah arah putaran sebesar 90o. a. yaitu: 1. Final Gear Terdiri dari drive pinion dan ring gear.A. Difensial di bagi menjadi dua bagian utama. Hypoid bevel gear .

yang menyebabkan ban akan cepat aus.Tipe ini digunakan pada kendaraan penggerak roda belakang. Keuntungannya bunyi lebih halus. Bila roda – roda berputar dengan putaran yang sama. 2. b. Differantial Gear Saat kendaraan membelok. maka salah satu ban akan slip. Helical Gear Tipe ini digunakan pada kendaraan penggerak roda depan. dengan demikian roda bagian luar harus berputar lebih cepat dari roda bagian dalam. jarak tempuh roda bagian dalam (A) lebih kecil dari jarak tempuh roda bagian luar (B). Mempunyai keuntungan bunyi dan getaran lebih kecil dan momen dapat dipindahkan dengan lembut. Untuk mengatasi hal ini diperlukan . dimana drive pinion terpasang offset dengan garis tengah ring gear.

Tetapi bila beban yang lebih besar diletakkan pada rak sebelah kanan dan shackle ditarik ke atas. maka ketika shackle ditarik ke atas akan menyebabkan kedua rak terangkat pada jarak yang sama karena tahanan sama dan pinion gear tidak berputar. Dan ini mengakibatkan rak yang mendapat beban lebih kecil akan terangkat. maka pinion gear akan berputar sepanjang gerigi rak yang mendapat beban lebih berat disebabkan adanya perbedaan tahanan. Jarak A > Jarak B Rpm roda bagian dalam < Rpm roda bagian luar Prinsip Dasar Differensial Gear Bila kedua rak diberi beban yang sama. Konstruksi Differensial .differential gear dengan tujuan untuk membedakan putaran roda.

Tutup Bantalan 7. Roda Gigi Korona 12. Roda Gigi pinion 16. Poros Roda Gigi Pinion 13. Gasket 17. Bantalan poros Pinion 15. Pipa Pembatas 8. Rumah Penggerak aksel 6. Ring Roda Gigi Samping 18. Poros Pinion 9. Mur 2. Ring Roda Gigi Pinion Cara Kerja differensial . Rumah Diferensial 11.Keterangan : 1. Sil Poros Pinion 4. Bantalan Rumah Diferensial 10. Bantalan Poros Pinion 5. Roda Gigi Samnping 14. Penghubung 3.

a) Jalan Lurus Drive pinion memutarkan ring gear. b) Belok Kanan Drive pinion memutarkan ring gear. ring gear memutarkan differential case. ( RPM A > B ). defferential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan dengan rpm yang sama karena tahanan roda kiri dan kanan sama. ( RPM A = B ). ring gear memutarkan differential case. sehingga menyebabkan putaran roda kiri dan kanan sama. differential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri mengitari side gear kanan karena tahanan roda kanan lebih besar. c) Belok Kiri . sehingga menyebabkan putaran roda kiri lebih besar dari roda kanan.

differential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kanan mengitari side gear kiri karena tahanan roda kiri lebih besar.Drive pinion memutarkan ring gear. ( RPM A < B ). d) Salah satu roda masuk lumpur Saat salah satu roda masuk Lumpur. Poros Penggerak Axel Dari bentuk rumah penggerak aksel dapat dibedakan tiga macam : 1. B. Aksel Banjo . dan menyebabkan sulitnya mengeluarkan roda dari Lumpur. maka roda masuk Lumpur tersebut mempunyai tahanan yang besar. ring gear memutarkan differential case. sehingga menyebabkan putaran roda kanan lebih besar dari roda kiri.

2.Rumah bantalan lebih kuat menahan gaya ke samping / aksial roda korona kurang kuat. biasa digunakan pada kendaraan sedan. 3. Aksel Spicer Rumah bantalan lebih kuat menahan gaya ke samping / aksial roda korona jenis ini sering digunakan pada kendaraan sedan. station dan jeep. station dan jeep. Aksel Terompet .

Rumah bantalan merupakan satu kesatuan yang kokoh dengan rumah aksel. Penyetel sulit. karena : • • • Konstruksi rumit. . jenis ini paling kuat menahan gaya ke samping / aksial roda korona biasanya digunakan pada jenis kendaraan berat. Harga mahal. Jarang lagi digunakan pada kendaraan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful