RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Sekolah : SMA Kelas/Semester : XI/1 Mata Pelajaran : Biologi Alokasi Waktu : 1 x 45 menit Standar Kompetensi : Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,kelaianan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi, serta implikasinnya pada Salingtemas. Kompetensi Dasar : Menjelaskan keterkaitan antara struktur , fungsi, dan proses serta kelainan /penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia A. Indikator
a. b. Menyebutkan organ-organ sistem pencernaan makanan pada manusia Menjelaskan proses pencernaan makanan pada manusia

A. Tujuan Pembelajaran

III. Materi Pembelajaran Materi Pokok : Makanan dan sistem Pencernaan Makanan Sub materi :  Pengertian makanan sehat  Macam zat makanan dan fungsinya bagi tubuh  Sistem Pencernaan pada Manusia  Penyakit pada sistem Pencernaan

PERTEMUAN I IV. Pendekatan Pembelajaran Konsep, dan Salingtemas

eksperimen. Berapa perbandingan kalori yang dihasilkan antara sepiring nasi dengan satu sendok minyak  Menyampaikan kompetensi dasar. 1. contoh: Peserta didik  Mempersiapkan diri untuk mengikuti proses KBM. Langkah-Langkah Pembelajaran No. indikator serta tujuan pembelajaran 2 Kegiatan Inti  Membagi kelas menjadi 7  Duduk dalam kelompoknya  Mendengarkan penjelasan . dan ceramah. 1.Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok. V. Sebutkan kriteria makanan sehat 2.  Peserta didik menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.  Menulis kompetensi yang disampaikan guru. tanya jawab. Kegiatan Guru Kegiatan Awal  Menyapa siswa dan memeriksa kehadiran siswa  Motivasi dan apersepsi  Menarik perhatian dan minat siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan.

kelompok(terdiri dari 5 orang)  Memberikan ceramah tentang ulasan materi yang akan dipelajari  Menugaskan kepada peserta didik untuk melakukan percobaan uji bahan makanan(setiap kelompok melakukan uji yang berbeda)  Memerintahkan setiap kelompok untuk mendiskusikan hasil kerjanya  Mempersilahkan perwakilan kelompok untuk mempersentasikan hasil kerjanya di depan kelas  Membimbing jalanya diskusi sebagai fasilitator  Menanggapai hasil diskusi serta memberikan penguatan dengan menyampaikan jawaban yang benar  Memberikan reward kepada kelompok yang terbaik guru  Melakukan percobaan uji bahan makanan dengan tertib dan sesuai prosedur  Menganalisis kandungan bahan makanan dengan diskusi dalam kelompoknya  Setiap kelompok mendapatkan hasil percobaan uji bahan makanan  Setiap perwakilan kelompok mempersentasikan hasil percobaan  Peserta didik mengikuti jalanya diskusi dengan antusias  Mencatat jawaban yang benar 3 Kegiatan Akhir  Membimbing peserta didik untuk merangkum hasil  Mencatat rangkuman pembelajaran  Mengerjakan tugas dan .

1. dan JUKLAK praktikum Sumber Belajar :Oman karmana. observasi dan Tanya jawab . Alat dan bahan yang diperlukan untuk uji bahan makanan. Media Pembelajaran mengumpulkan dengan tepat waktu Alat/Bahan : : Alat tulis. infokus. mikroskop. Pendekatan Pembelajaran SALINGTEMAS Metode Pembelajaran Diskusi. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Guru Kegiatan Awal Peserta didik  Mempersiapkan diri untuk No.torso. Bandung: Grafindo Media Pratama VII. 2007. . V. Penilaian  Penilaian hasil diskusi percobaan Uji Bahan Makanan (Bio-lab 6-8)  Penilaian proses KBM (Keaktifan peserta didik pada saat diskusi)  Penilaian tugas individu Penyusunan Menu Seimbang(Bio-lab 6-4) PERTEMUAN II IV.diskusi  Memberikan tindak lanjut berupa tugas individu untuk membuat menu makanan yang seimbang (Biolab 6-4) VI. Biologi SMA kelas XI.

 Peserta didik menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru. contoh soal : 1.  Menulis topik yang akan dipelajari  Menulis kompetensi yang disampaikan guru.  Duduk dalam kelompoknya  Membaca materi yang ditugaskan  Peserta didik berkumpul sesuai dengan kelompoknya dan berdiskusi bersama anggota kelompoknya  perwakilan dari setiap kelompok mempersentasikan hasil diskusinya  Mencatat penguatan yang diberikan guru .penyakit apa saja yang akan muncul jika alat pencernaan terganggu?  Menyampaikan kompetensi dasar. Menyapa siswa dan memeriksa kehadiran siswa  Motivasi dan apersepsi  Dengan cara memberikan pretest. mengapa makanan yang kita makan dikeluarkan dalam bentuk feses? 3. indikator serta tujuan pembelajaran 2 Kegiatan Inti  Membagi kelas menjadi 5 kelompok dengan cakupan materi yang berbeda  Menugaskan kepada setiap anggota kelompok untuk memahami materi yang berbeda sesuai dengan kelompoknya  Memerintahkan anggota kelompok dengan materi yang sama untuk berkumpul dan menjelaskan ke anggota mengikuti proses KBM. Bagaimana tubuh kita mencerna makanan? 2.

hasil post-test  Penilaian proses KBM (Keaktifan waktu diskusi )  Mengerjakan tugas dan mengumpulkan dengan tepat waktu  Mencatat rangkuman pembelajaran .kelompok yang lain (dengan bantuan torso dan charta)  Mempersilahkan perwakilan kelompok untuk mempersentasikan hasil kerjanya di depan kelas  Menanggapi hasil diskusi serta memberikan penguatan dengan menyampaikan jawaban yang benar  Memberikan reward kepada kelompok yang terbaik. infokus. Penilaian  Evaluasi. VI. torso manusia dan hewan tertentu Sumber Belajar : Oman karmana. Media Pembelajaran Alat/Bahan : Alat tulis.carta. Bandung: Grafindo Media Pratama VII. Kegiatan Akhir  Membimbing peserta didik untuk merangkum hasil  diskusi 3  Memberikan tindak lanjut berupa tugas kelompok untuk melakukan observasi mengenai penyakit dan teknologi yang terkait. 2007. Biologi SMA kelas XI.

 Penilaian tugas kelompok dan tugas individu .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful