P. 1
Organ Pada Tumbuhan

Organ Pada Tumbuhan

|Views: 230|Likes:
Published by Helin Yovina

More info:

Published by: Helin Yovina on Jan 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/09/2014

pdf

text

original

Organ Pada Tumbuhan

A K A R 

Akar merupakan bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah, berwarna putih, dan bentuknya seringkali meruncing hingga lebih mudah menembus tanah. 

Fungsi Akar : - Penunjang dan memperkokoh tubuh tumbuhan - Menyimpan cadangan makanan - Menyerap air dan unsur-unsur hara yang terlarut - Alat Transportasi - Tempat tumbuhnya tunas

 Akar Lembaga atau calon akar sudah ada sewaktu calon tumbuhan berada dalam bentuk lembaga di dalam biji.  Saat biji berkecambah, akar lembaga memperlihatkan sistem perakaran yang berbeda antara tumbuhan dikotil dan monokotil. DIKOTIL Monokotil

Akar tunggang

Akar serabut

‡ Batang akar : Bagian akar yang terdapat di antara leher akar dan ujung akar ‡ Cabang akar : Bagian yang tidak langsung bersinambungan dengan pangkal batang tetapi keluar dari akar pokok.Bagian ² bagian Akar ‡ Leher akar : Bagian akar yang bersambungan dengan pangkal batang. ‡ Tudung akar : Bagian akar yang terletak paling ujung sebagai pelindung ujung akar muda . ‡ Rambut akar : Penonjolan sel-sel kulit luar yang sesungguhnya. ‡ Ujung akar : Bagian akar termuda yang terdiri dari dari jaringanjaringan yang masih dapat mengadakan pertumbuhan. ‡ Serabut akar : Cabang-cabang akar yang halus dan berbentuk serabut.

.

Bulu akar bertugas menyerap air dan garam-garam mineral terlarut .Terdiri atas satu lapis sel .Susunan akar tumbuhan ‡ Epidermis Akar .Semi Permeable .Bulu akar merupakan modifikasi dari sel epidermis akar .Susunan sel-selnya rapat .Memiliki bulu akar untuk memperluas bidang penyerapan .Berkutikula .

Terdapat : parenkim.Sel-selnya tidak tersusun rapat memiliki banyak ruang antar sel . .Letaknya di bawah epidermis . . dan sklerenkim. kolenkim.‡ Korteks Akar -Tersusun berlapis-lapis .Dinding sel tipis .Berfungsi sebagai cadangan makanan dan untuk pertukaran gas.

‡ Endodermis .Merupakan pemisah antara korteks dan stele.Fungsinya untuk mengatur masuknya air dan zat yang terletak kedalam silinder pusat . .

Fungsinya mencegah air masuk melintasi dinding sel. .Sel sel Endodermis mengalami penebalan dinding sel radial dan vertikalnya dengan penambahan materi suberin sehingga membentuk Pita Caspary. TAPI air bisa masuk melalui Endodermis yang dindingnya tidak menebal yang disebut sel penerus.‡ Pita Caspary .

‡ Perisikel / Perikambium .Terdiri dari xilem dan floem.Lapisan terluar dari stele. di antara xilem dan floem terdapat kambium.Bagian terdalam dari akar yang terletak di sebelah dalam lapisan endodermis. pada tumbuhan monokotil. di antara xilem dan floem tidak terdapat kambium.Jaringan parenkim yang terdapat di antara berkas vaskuler pada daerah stele. Lapisan ini bersifat meristematis. berkas vaskuler (pembuluh pengangkut). Letaknya langsung berada di sebelah dalam dari lapisan endodermis dan di sebelah luar dari berkas pengangkut. dan empulur. ‡ Berkas Vaskuler (pembuluh angkat) . Jaringan yang terdapat dalam stele adalah jaringan perisikel.‡ Stele / Silinder Pusat . Pada akar tumbuhan dikotil. ‡ Empulur . . fungsinya sebagai pembentukan akar cabang.

.

Imbibisi yaitu penyerapan molekul. .Osmosis yaitu perpindahan molekul. moleku yang menggunakan energi berupa ATP. . 11. .Transport aktif yaitu pengangkutan ion-ion.Difusi yaitu perpindahan molekul. . Terjadi pada Bryophyta. . garam mineral dan hasil fotosintesis melalui bagian sel tumbuhan yang hidup misalnya sitoplasma (plasmodesmata) dan vakuola. Intravasikuler yaitu transportasi yang melalui jaringan pengangkutan (JP).Transportasi pada akar 1.Simplas yaitu pengangkutan air. . zat dari daerah hipertonis menuju daerah hipotonis. zat dengan menggunakan kemampuan dinding sel dan plasma sel. . zat dari daerah hipertoni menuju daerah hipotonis melalui selaput semipermeabel.Apoplas yaitu pengangkutan air. Ekstravasikuler yaitu transportasi yang tidak melewati jaringan pengangkutan. garam mineral serta hasil fotosintesis melewati ruang antar sel karena adanya penebalan pad sel endodermis.

. ex : golongan Monokotil 5. Akar Gantung. ex : tanaman bakau 2. Akar Nafas. ex: Pandanus sp 4. Menghasilkan CO2 dan H2O untuk bahan fotosintesis. lenti sel.Macam Akar 1. ex : beringin. epidermis akar yang muda (bulu akar) atau seluruh permukaan tubuh (pada tumbuhan tingkat rendah). anggrek 3. Macammacam akar . Merupakan respirasi aerob 2.Akar Tunjang.Akar Serabut.Akar Tunggang.Respirasi pada akar . ex : golongan Dikoti .Repirasi pada Akar 1. Melalui stomata. 3.

.

 Fungsi Batang : -Memperluas bidang fotosintesis. -Jalan pengangkutan hasil fotosintesis dari bagian atas ke bagian bawah tumbuhan. Susunan bagian batang antara tumbuhan dikotil dan monokotil BERBEDA. Batang tumbuh dari batang lembaga yang terdapat di dalam biji. .B A T A N G  Batang merupakan bagian penting tumbuhan yang berada di permukaan tanah. -Merupakan jalan bagi pengangkutan air dan unsur-unsur hara dari bagian bawah ke bagian atas.

floem. prokambium xilem. Berfungsi melindungi jaringan di dalam batang setelah batang mengalami pertumbuhan sekunder. meristem dasar empulur dan korteks. Di tempat tertentu epidermis pecah dan diisi jaringan gabus. .Merupakan selapis sel pipih yang tersusun rapat.Susunan Batang Tumbuhan Dikotil ‡ Pada ujung bagian tumbuhan dikotil terdapat titik tumbuh berupa meristem apikal. Lapisan gabus ini disebut LENTISEL. Di belakang meristem apikal secara berurutan terdapat protoderm epidermis . dan kambium vaskuler. ‡ Epidermis .

parenkim korteks bagian tepi mengandung kloroplas. .Jaringan yang terutama tersusun oleh sel-sel parenkim sebagai jaringan dasarnya.‡ Korteks . Parenkim ini disebut klorenkim. .Pada beberapa tumbuhan. .Terdiri dari korteks luar dan korteks dalam (endodermis). sehingga mampu mengadakan proses fotosintesis.

Kemampuan meristematis inilah yang mengakibatkan batang tumbuhan dikotil dapat tumbuh besar.Kambium intervaskuler: Kambium terletak di antara dua berkas pengangkut . Sel-sel pada lapisan perikambium aktif membelah menghasilkan sel-sel yang baru. a) Perisikel atau perikambium Lapisan silinder pusat ini bersifat meristematis.‡ Stele -Bagian terdalam dari batang yang terletak di sebelah dalam korteks dalam. b) Kambium intravaskuler: Kambium terletak di antara xylem dan floem .

setiap lapis menunjukkan aktivitas pertumbuhan selama satu tahun. berkayu keras dan hidupnya menahun. tetapi hanya pada saat air dan zat hara tersedia cukup. . lapis-lapis lingkaran tersebut dinamakan Lingkaran Tahun. sedang pada musim kering tidak terjadi pertumbuhan sehingga pertumbuhan menebalnya pada batang tampak berlapis-lapis.Pada tumbuhan Dikotil. pertumbuhan menebal sekunder tidak berlangsung terus-menerus.

Epidermis dilengkapi dengan stomata dan bulu-bulu. . ‡ Korteks . Kulit batang berfungsi memperkuat dan mengeraskan bagian luar batang. bakal daun. ‡ Di bawah meristem apikal terdapat meristem perifer. -Berisi vaskuler yang tersebar pada empulur. Umumnya batas antara stele dan korteks tidak jelas. dan epidermis.Memiliki dinding sel yang lebih tebal. ‡ Epidermis . Umumnya terdiri dari sel-sel sklerenkim yang merupakan kulit batang. Meristem tersebut membentuk tunas aksiler. terkonsentrasi mendekati kulit batang.Berupa jaringan yang terdapat di bawah epidermis.Susunan Batang Tumbuhan Monokotil ‡ Meristem apikal berukuran relatif lebih kecil. ‡ Stele -Jaringan yang terdapat di bawah korteks.

Oleh karena itu tumbuhan monokotil tidak mengalami pertumbuhan sekunder. .‡ Tipe berkas vaskuler tumbuhan monokotil adalah kolateral tertutup (tidak berkambium). Umumnya hanya mengalami pertumbuhan primer memanjang.

.

Ex : Camara lantana. Ex : Amaranthus hybridus . karena lebih besar dan panjang dari cabangnya. Calamus/mendong yaitu batang yang seperti rumput tetapi ruanya lebih panjang. Calmus/rumput yaitu batang yang tidak keras dan tampak beruas-ruas. Lignosus yaitu batang yang berkayu keras dan kuat. Ex : Wlingi dan mendong. Simpodial yaitu percabangan dengan batang poko yangsama besar dengan cabang utam.BENTUK BATANG BERDASARKAN STRUKTUR 1. 2. 3. Ex : golongan pohon dan semak. Herbaceus yaitu batang yang lemah dan berair karena banyak mengandung zat selulose. Monopodial yaitu percabangan dengan batang pokok yang jelas. Ex : Oryza sativa. Ex : Achras zapota / Sapota achras / Manilakara achra atau sawo Manila. Ex : Golongan Pterydophyta. Dikotom yaitu percabangan yang selalu membentuk 2 cabang sama ebsar. krokot 2. . 4. MACAM PERCABANGAN 1. 3.

Pertumbuhan pada tumbuhan No Macam titik tumbuh Meristem Apikal Terdapat pada Efek 1 Ujung batang Tambah panjang 2 KuncupTerminal Ujung akar Tambah panjang 3 Kuncup lateral Kambium Tambah lebar .

Daerah pemanjangan (elongasi) terjadi pembesaran dan pemanjangan sel c.Pertumbuhan PRIMER Adanya pertumbuhan primer mengakibatkan tumbuhan menjadi tinggi/panjang. Daerah pembelahan (meristematik) terjadi pembentukan sel sel baru b. Daerah pendewasaan (maturasi) terjadi perubahan bentuk sel sel sesuai dengan fungsinya . -Terjadi pada ujung akar dan ujung batang yang diakibatkan oleh sel-sel jaringan meristem primer/apikal Daerah pertumbuhan primer pada tumbuhan : a.

Hanya dijumpai pada tumbuhan Gymnospermae dan tumbuhan dikotil.Pertumbuhan sekunder Pertumbuhan sekunder diakibatkan oleh aktivitas kambium yang mengakibatkan tumbuhan menjadi membesar. .

Tempat terjadinya transpirasi dan gutasi .Transpirasi dan pertukaran gas(pada stomata). .Penyimpanan cadangan makanan (pada vakuola amilum) .D A U N  Daun berasal dari meristem apikal yang tumbuh membentuk kuncup yang menonjol ke samping.Sebagai tempat fotosintesis. .  Fungsi Daun : .

.

Bagian ² bagian daun ‡ Epidermis -Terdapat pada permukaan atas daun (permukaan adaksial) dan terdapat pada permukaan bawah daun (permukaan abaksial) . .Lapisan epidermis dilapisi oleh kultikula .Berfungsi untuk mencegah penguapan yang terlalu besar .Lapisan pelindung pada seluruh sistem tajuk tumbuhan(bagian tumbuhan yang berada di atas tanah). ‡ Kultikula . Berfungsi untuk memperlambat kehilangan air dari proses transpirasi.Pada epidermis terdapat stoma/mulut daun berguna untuk tempat berlangsung pertukaran gas dari dan ke luar tumbuhan ‡ Stomata .Berfungsi sebagai tempat terjadinya pertukaran gas dan pertukaran air.

Memiliki banyak kloroplas sehingga pada jaringan terjadi proses fotosintesis.Terdapat kloroplas tetapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan kloroplas di jaringan palisade. ‡ Jaringan Spons .‡ Mesofil (jaringan dasar) -Terdapat parenkim palisade (jaringan tiang) dan parenkim spons (jaringan bunga karang). Jaringan Palisade tersusun sangat rapat. .Terdapat pembuluh pengangkut. ‡ Jaringan Palisade .

Berkas vaskuler daun yaitu floem dan xilemterdapat pada ibu tulang daun.‡ Tumbuhan MONOKOTIL tidak terdapat jaringan parenkim palisade. hanya ada jaringan parenkim spons. ‡ Berkas Vaskuler . . tulang-tulang cabang. dan urat-urat daun.

3. Organ Akar Monokotil Xilem primer dan floem primer letaknya berselang seling Dikotil Xilem primer terletak di pusat akar. floem primer terletak di luar xilem primer. Daun Tidak memiliki jaringan parenkim palisade . Berkambium. Batang Tidak berkambium. 1. anatomi batang muda serta tua sama. pada batang muda ditemukan empulur dan pada batang tua empulur telah menghilang Memiliki jaringan parenkim palisade 2.Perbedaan Anatomi Tumbuhan Monokotil dan Dikotil No.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->