P. 1
Pengertian Seni

Pengertian Seni

|Views: 438|Likes:

More info:

Published by: Aliva Nabila Farinisa on Jan 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN SENI

SENI RUPA
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni atau seni murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi. Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine artmenjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasanvisual arts.

Bidang seni rupa
Seni rupa murni

Patung Pieta oleh Michaelangelo

         

Seni lukis Seni grafis Seni patung Seni instalasi Seni pertunjukan Seni keramik Seni film Seni koreografi Seni fotografi Arsitektur

Desain

    

Desain grafis Desain komunikasi visual Desain interior Desain busana Desain produk

Kriya

Kursi rotan sebagai hasil karya kriya

   

Kriya tekstil Kriya kayu Kriya keramik Kriya rotan

[sunting]Lihat

pula

   

Seni rupa Islam Seni Visual arts Seni kontemporer

Seni patung
Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan)

Seni patung di Asia
Berbagai macam jenis patung terdapat di banyak wilayah yang berbeda di Asia, biasanya dipengaruhi oleh agama Hindu dan Buddha. Sejumlah besar patung Hindu di Kamboja dijaga kelestariannya di Angkor, akan tetapi penjarahan terorganisir yang terjadi berdampak besar pada banyak situs peninggalan di negara itu. Lihat juga Angkor Wat. Di Thailand, kebanyakan patung dikhususkan pada bentuk Buddha. Di Indonesia, patung-patung yang dipengaruhi agama Hindu banyak ditemui di situsCandi Prambanan dan berbagai tempat di pulau Bali. Sedangkan pengaruh agama Buddha ditemui di situs Candi Borobudur.

Di India, karya patung pertama kali ditemukan di peradaban Lembah Indus (3300-1700) SM. Ini adalah salah satu contoh awal karya patung di dunia. Kemudian, setelah Hinduisme, Buddhisme dan Jainisme berkembang lebih jauh, India menciptakan patung-patung tembaga serta pahatan batu dengan tingkat kerumitan yang besar, seperti yang terdapat pada hiasan-hiasan kuil Hindu, Jain dan Buddha. Artifak-artifak yang ditemukan di Republik Rakyat Cina berasal dari sekitar tahun 10.000 SM. Kebanyakan karya patung Tiongkok yang dipajang di museum berasal dari beberapa periode sejarah, Dinasti Zhou (1066-221 SM) menghasilkan bermacam-macam jenis bejana perunggu cetak dengan hiasan yang rumit. Dinasti Qin (221-206 SM) yang terkenal dengan patung barisan tentara yang dibuat dari terracota.Dinasti Han (206 SM - 220AD) dengan patung-patung figur yang mengesankan kekuatan. Patung Buddha pertama ditemui pada periode Tiga Kerajaan (abad ketiga). Yang dianggap sebagai zaman keemasan Tiongkok adalah periode Dinasti Tang, pada saat perang saudara, patungpatung figur dekoratif dibuat dalam jumlah banyak dan diekspor untuk dana peperangan. Kemudian setelah akhir Dinasti Ming (akhir abad 17) hampir tidak ada patung yang dikoleksi museum, lebih banyak berupa perhiasan, batu mulia, atau gerabah--dan pada abad 20 yang gegap gempita sama sekali tidak ada karya yang dikenali sebagai karya patung, meskipun saat itu terdapat sekolah patung yang bercorak sosial realis pengaruh Soviet di awal dekade rezim komunis, dan pada pergantian abad, para pengrajin Tiongkok mulai mendominasi genre karya patung komersial (patung figur miniatur, mainan dsb) dan seniman garda depan Tiongkok mulai berpartisipasi dalam seni kontemporer Eropa Amerika. Di Jepang, karya patung dan lukisan yang tak terhitung banyaknya, seringkali di bawah sponsor pemerintah. Kebanyakan patung di Jepang dikaitkan dengan agama, dan seiring dengan berkurangnya peran tradisi Buddhisme, jenis penggunaan bahannya juga berkurang. Selama periode Kofun (abad ketiga), patung tanah liat yang disebut haniwa didirikan di luar makam. Di dalam Kondo yang berada di Horyu-ji terdapat Trinitas Shaka (623), patung Buddha yang berupa dua bodhisattva serta patung yang disebut dengan Para Raja Pengawal Empat Arah. Patung kayu (abad 9) mengambarkan Shakyamuni, salah satu bentuk Buddha, yang menghiasi bangunan sekunder di Muro-ji, adalah ciri khas dari patung awal periode Heian, dengan tubuh berat, dibalut lipatan draperi tebal yang dipahat dengan gaya hompashiki (ombak bergulung), serta ekspresi wajah yang terkesan serius dan menarik diri. Sekolah seni patung Kei, menciptakan gaya patung baru dan lebih realistik.

Seni patung di Eropa
Romawi Yunani Klasik
Seni patung klasik Eropa merujuk pada seni patung dari zaman Yunani Kuno, Romawi kuno serta peradaban Helenisasi dan Romanisasiatau pengaruh mereka dari sekitar tahun 500 SM sampai dengan kejatuhan Roma di tahun 476 AD, istilah patung klasik juga dipakai untuk patung modern yang dibuat dengan gaya klasik. Patung-patung klasik Eropa memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1. Figur badan penuh: berupa laki-laki muda atletis atau wanita telanjang.

2. Portrait: menunjukkan tanda-tanda usia atau karakter yang kuat.
3. Memakai kostum serta atribut dewa-dewi klasik 4. Peduli dengan naturalisme didasari dengan observasi, seringkali memakai model sungguhan. Bentuk patung telanjang biasanya diterima secara luas oleh masyarakat, didasari pada lamanya tradisi yang mendukungnya. Tapi adakalanya, ada yang berkeberatan dengan tema ketelanjangan ini, biasanya

Instalasi dan Pop art. terdapat di Cathedral Bamberg dari tahun 1225. seperti yang terdapat pada mimbar Baptistery di Pisa serta di Siena. Contohnya.dari kalangan fundamentalis moral dan relijius. dengan karya patung perunggunya. gerakan kebudayaan atau hal lain. beberapa patung Yunani koleksi Vatikan dihilangkan penisnya. Gerakan modernis dalam karya seni patung menghasilkan karya Kubisme. masih dipengaruh bentuk-bentuk zaman klasik. Periode Gothik Mata rantai yang menghubungkan seni. baroque dan neo klasik. demikian juga pada irama volume dan ruang. Seni patung kontemporer Patung domba . Salah satu tokoh penting dalam masa ini adalah Donatello. 1145) di Perancis merupakan karya patung awal zaman Gothik. Renaisans Pada zaman renaisans. karya patung hanya terbatas pada yang dipakai pada batu nisan serta dekorasi non figur (sebagian ini disebabkan karena ikonoklasme Cistercian). yaitu periode mannerisme. stilisasi abstrak (Henry Moore. Seiring dengan perkembangan waktu. Ini merupakan karya patung awal zaman Renaisans. Carl Milles). David (jangan keliru dengan David-nya Michelangelo). juga membuat Pietà. gaya ini berubah menjadi bersifat dekoratif/art deco (Paul Manship. Patung David dari Michelangelo merupakan satu contoh gaya kontraposto dalam menggambarkan figur manusia. Minimalisme. bahkan dalam beberapa kasus lebih dulu dibandingkan dengan karya seni lain. dalam hal ini adalah arsitektur. Sementara di kawasan Eropa lain. Di Inggris. gaya seni patung modern klasik kemudian diadopsi oleh dua penguasa totalitarian Eropa: Nazi Jerman dan Uni Soviet. Ia seringkali disebut sebagai seniman patung Impresionis. Eropa zaman pertengahan (Gothik) dengan seni arsitektur Romawi disebut dengan periode Romanesque. seni patung juga turut dihidupkan kembali. Karya dgseni patung Gothik awal adalah dari pengaruh agama Kristen. Futurisme. Masih ada beberapa periode dari zaman renaisans ke modernisme yang dipengaruhi oleh perubahan politik. serta lahir dari dinding gereja dan biara. Alberto Giacometti) atau lebih ekspresif. Di Italia. detail anatomi atau kostum dan lebih tertarik pada stilisasi bentuk. Seni patung modern klasik kurang berminat pada naturalisme. Demikian juga dengan Michelangelo yang selain membuat patung David. Patung yang terdapat di Chartres Cathedral (sekitar th. Modernisme Auguste Rodin merupakan salah satu pematung Eropa terkenal dari awal abad 20. Di Jerman.

lalu menyemburnya dengan kunyahan dedaunan atau batu mineral berwarna. kertas. Salah satu teknik terkenal gambar prasejarah yang dilakukan orang-orang gua adalah dengan menempelkan tangan di dinding gua. Swedia dan Rusia diadakan festival patung es yang diselenggarakan secara berkala. Seperti gambar. Sejarah umum seni lukis Zaman prasejarah Secara historis. Hasilnya adalah jiplakan tangan berwana-warni di dinding-dinding gua yang masih bisa dilihat hingga saat ini. patung bisa menjadi semacam 'seni pertunjukan'.sendiri. sifat ini disebut juga dengan dwimatra (dua dimensi. Sebuah lukisan atau gambar bisa dibuat hanya dengan menggunakan materi yang sederhana seperti arang. Misalnya di beberapa tempat seperti Tiongkok. Kanada. Bentuk dari objek yang digambar tidak selalu serupa dengan aslinya. kertas. dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. gunung. binatang. kapur. atau kanvas. Mediumlukisan bisa berbentuk apa saja. Alexander Calder.Di zaman sekarang dimana seni kontemporer mulai berkembang pesat. Seni patung di Indonesia Seni patung di Indonesia adalah seni yang diciptaan dengan fungsinya sendiri . Jepang. papan. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. seperti kanvas. Dalam pendidikan seni rupa modern di Indonesia. lukisan kebanyakan dibuat di atas bidang datar seperti dinding.sungai. Objek yang sering muncul dalam karya-karya purbakala adalah manusia. dimensi datar). gambar seekor banteng dibuat dengan proporsi tanduk yang luar biasa besar dibandingkan dengan ukuran tanduk asli. Misalnya. seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Kemudahan ini memungkinkan gambar (dan selanjutnya lukisan) untuk berkembang lebih cepat daripada cabang seni rupa lain seperti seni patung dan seni keramik. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam. dan laut. contohnya di Bali patung digunakan untuk bersembahyang berbeda dengan daerah lain. dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan. Seni lukis Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. nenek moyang manusia telah mulai membuat gambar pada dinding-dinding gua untuk mencitrakan bagian-bagian penting dari kehidupan. . citra mengenai satu macam objek menjadi berbeda-beda tergantung dari pemahamanbudaya masyarakat di daerahnya. Pencitraan ini dipengaruhi oleh pemahaman si pelukis yang menganggap tanduk adalah bagian paling mengesankan dari seekor banteng. Istilah patung kinetik dipakai untuk patung yang dirancang untuk bisa bergerak. bukit. seni lukis sangat terkait dengan gambar. atau bahan lainnya. Peninggalan-peninggalan prasejarah memperlihatkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu. dan objek-objek alam lain seperti pohon. Karena itu. Ini disebut citra dan itu sangat dipengaruhi oleh pemahaman si pelukis terhadap objeknya. lantai. Beberapa seniman yang membuat karya patung kinetik adalah: Marcel Duchamp. George Rickey danAndy Warhol. Dengan dasar pengertian yang sama.

Mereka mulai mahir membuat gambar dan mulai menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu. bukan realisme. banyak sekali ilmuwan dan budayawan (termasuk pelukis) yang menyingkir dariBizantium menuju daerah semenanjung Italia sekarang. Seni lukis zaman Renaissance Berawal dari kota Firenze. akan nampak lebih menarik untuk dilihat daripada biasanya. Kebanyakan lukisan di zaman ini lebih berupa simbolisme. Dukungan dari keluarga deMedici yang menguasai kota Firenze terhadap ilmu pengetahuan modern dan seni membuat sinergi keduanya menghasilkan banyak sumbangan terhadap kebudayaan baru Eropa. Sains di kota ini tidak lagi dianggap sihir. Tokoh yang banyak dikenal dari masa ini adalah:      Tomassi Donatello Leonardo da Vinci Michaelangelo Raphael Art nouveau .  Di zaman ini lukisan dimaksudkan untuk meniru semirip mungkin bentuk-bentuk yang ada di alam. Akibatnya. Lukisan pada masa ini digunakan untuk alat propaganda dan religi. ada orang-orang tertentu dalam satu kelompok masyarakat prasejarah yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggambar daripada mencari makanan.Pada satu titik. Setelah kekalahan dari Turki. bila diatur sedemikian rupa. Hal ini sebagai akibat berkembangnya ilmu pengetahuan dan dimulainya kesadaran bahwa seni lukis mampu berkomunikasi lebih baik daripada kata-kata dalam banyak hal. Sehingga sulit sekali untuk menemukan lukisan yang bisa dikategorikan "bagus". Mereka mulai menemukan semacam citarasa keindahan dalam kegiatannya dan terus melakukan hal itu sehingga mereka menjadi semakin ahli. Seni lukis zaman pertengahan Sebagai akibat terlalu kuatnya pengaruh agama di zaman pertengahan. seni lukis mengalami penjauhan dari ilmu pengetahuan. Seni rupa menemukan jiwa barunya dalam kelahiran kembali seni zaman klasik. namun sebagai alat baru untuk merebut kembali kekuasaan yang dirampas oleh Turki. seni lukis pun tidak lagi bisa sejalan dengan realitas. Mereka adalah seniman-seniman yang pertama di muka bumi dan pada saat itulah kegiatan menggambar dan melukis mulai condong menjadi kegiatan seni. Seni lukis zaman klasik Seni lukis zaman klasik kebanyakan dimaksudkan untuk tujuan:  Mistisme (sebagai akibat belum berkembangnya agama) Propaganda (sebagai contoh grafiti di reruntuhan kota Pompeii). Ilmu pengetahuan dianggap sebagai sihir yang bisa menjauhkan manusia dari pengabdian kepada Tuhan. Beberapa agama yang melarang penggambaran hewan dan manusia mendorong perkembangan abstrakisme (pemisahan unsur bentuk yang "benar" dari benda). pengaruh seni di kota Firenze menyebar ke seluruh Eropa hingga Eropa Timur. Pada akhirnya.

Raden Saleh Syarif Bustaman adalah salah seorang asisten yang cukup beruntung bisa mempelajari melukis gaya Eropa yang dipraktekkan pelukis Belanda. Kecenderungan seni rupa Eropa Barat pada zaman itu ke aliran romantisme membuat banyak pelukis Indonesia ikut mengembangkan aliran ini. dan “Performance Art”. Perjalanan seni lukis Indonesia sejak perintisan R. Kemapanan seni lukis Indonesia yang belum mencapai tataran keberhasilan sudah diporak-porandakan oleh gagasan modernisme yang membuahkan seni alternatif atau seni kontemporer. karya-karya seni rupa. Sejarah seni lukis di Indonesia Seni lukis modern Indonesia dimulai dengan masuknya penjajahan Belanda di Indonesia. Era revolusi di Indonesia membuat banyak pelukis Indonesia beralih dari tema-tema romantisme menjadi cenderung ke arah "kerakyatan". Sebagai dampaknya. dan kriya diarahkan kepada kurva-kurva halus yang kebanyakan terinspirasi dari keindahan garisgaris tumbuhan di alam. sehingga era ekspresionisme dimulai. Gerakan Manifesto Kebudayaan yang bertujuan untuk melawan pemaksaan ideologi komunisme membuat pelukis pada masa 1950an lebih memilih membebaskan karya seni mereka dari kepentingan politik tertentu. biaya pembuatannya akan menjadi sangat mahal). keahlian tangan seorang seniman tidak lagi begitu dihargai karena telah digantikan kehalusan buatan mesin. Salah satu tokoh yang populer dalam aliran ini adalah Salvador Dali . Namun seni lukis Indonesia tidak melalui perkembangan yang sama seperti zaman renaisans Eropa. sehingga berhasil menjadi seorang pelukis Indonesia yang disegani dan menjadi pelukis istana di beberapa negera Eropa. Lukisan.Revolusi Industri di Inggris telah menyebabkan mekanisasi di dalam banyak hal. Lukisan tidak lagi dianggap sebagai penyampai pesan dan alat propaganda. dengan munculnya seni konsep (conceptual art): “Installation Art”. yang bukan lagi sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat. seniman beralih ke bentuk-bentuk yang tidak mungkin dicapai oleh produksi massal (atau jika bisa. Sebagai jawabannya. yang pernah menjamur di pelosok kampus perguruan tinggi seni sekitar 1993-1996. Saleh sampai awal abad XXI ini. Objek yang berhubungan dengan keindahan alam Indonesia dianggap sebagai tema yang mengkhianati bangsa. Kemudian muncul berbagai alternatif semacam “kolaborasi” sebagai mode 1996/1997. sehingga perkembangannya pun tidak melalui tahapan yang sama. terasa masih terombang-ambing oleh berbagai benturan konsepsi. alat lukis seperti cat dan kanvas yang semakin sulit didapat membuat lukisan Indonesia cenderung ke bentuk-bentuk yang lebih sederhana. Bersama itu pula seni lukis konvensional dengan berbagai gaya menghiasi galeri-galeri. Pelukis berusaha untuk membebaskan fikirannya dari bentuk fikiran logis kemudian menuangkan setiap bagian dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Raden Saleh kemudian melanjutkan belajar melukis ke Belanda. sehingga melahirkan abstraksi. sebab dianggap menjilat kepada kaum kapitalis yang menjadi musuh ideologi komunisme yang populer pada masa itu. tetapi merupakan bisnis alternatif investasi. Aliran seni lukis Surrealisme Lukisan aliran surrealisme ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi dan sebenarnya bentuk dari gudang fikiran bawah sadar manusia. Barang-barang dibuat dengan sistem produksi massal dengan ketelitian tinggi. Selain itu.

Romantisme Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia.com Aliran lain        Ekspresionisme Dadaisme Fauvisme Neo-Impresionisme Realisme Naturalisme De Stijl Abstraksi Adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Plural painting Adalah sebuah proses beraktivitas seni melalui semacam meditasi atau pengembaraan intuisi untuk menangkap dan menterjemahkan gerak hidup dari naluri kehidupan ke dalam bahasa visual. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya. Abstraksi disebut juga sebagai salah satu aliran yang terdapat di dalam seni lukis. Bahasa visual yang digunakan berpijak pada konsep PLURAL PAINTING. Seni lukis ini memanfaatkan sampah daun tumbuh-tumbuhan. Pelukis terkenal Indonesia  Affandi . Artinya. dimana lukisan tersebut menggunakan daun tumbuh-tumbuhan.Kubisme Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Seni lukis daun Adalah aliran seni lukis kontemporer. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Teknik abstraksi yang berkembang pesat seiring merebaknya seni kontemporer saat ini berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso. Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. dimana daun memiliki warna khas dan tidak busuk jika ditangani dengan benar. atau multi-style. untuk menampilkan idiomidiom agar relatif bisa mencapai ketepatan dengan apa yang telah tertangkap oleh intuisi mempergunakan idiom-idiom yang bersifat: multi-etnis. multi-teknik. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan. senidaun.wordpress. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh. yang diberi warna atau tanpa pewarna.

Selain itu kaya seni rupa terapan juga dibedakan menjadi 3. yaitu hasil karya ukiran. hasil karya patung.                      Agus Djaya Bagong Kussudiardja Barli Sasmitawinata Basuki Abdullah Djoko Pekik Dullah Ferry Gabriel Hendra Gunawan Herry Dim Jeihan Kartika Affandi Lee Man Fong Mario Blanco Otto Djaya Popo Iskandar Raden Saleh S.dan benda hias. . kursi ukir. Fungsi praktis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan benda pakai. Fungsi karya seni rupa dapat dibedakan menjadi dua. Darpo. Fungsi estetis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tentang rasa keindahan. Misalnya lukisan. dan bingkai foto. Misalnya vas bunga. dan hasil karya batik. patung. Sudjojono Srihadi Sri Warso Wahono Trubus Atim Pekok E.S Seni rupa terapan Seni rupa terapan adalah hasil karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mempunyai fungsi atau manfaat. yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis.

gorden. budaya bersifat kompleks. [1] Bahasa. kain.[2] Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya:Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri. dll . membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. sebagaimana juga budaya. Seni Budaya Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah. bahasa. Menurut hasil karya batik. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. abstrak. pakaian. yang berasal dari kata Latin Colere. Dalam bahasa Inggris. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya. contoh benda-bendanya adalah baju.bangunan. Dengan demikian. adat istiadat. patung batu Pangeran Diponegoro. Kata culturejuga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.[1] Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. dan Patung kayu dari Bali. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain. contoh benda-bendanya adalah ukiran kayu dari Jepara dan ukiran kayu dari Bali. dan karya seni. yaitu mengolah atau mengerjakan.[1] Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit. kebudayaan disebut culture. Pengertian kebudayaan . Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggotaanggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka. sprei. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. perkakas. contoh benda-bendanya adalah patung kayu dari suku Asmat."Citra yang memaksa" itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti "individualisme kasar" di Amerika. Menurut hasil karya patung. merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.   Menurut hasil karya ukiran. dan luas. termasuk sistem agama dan politik. Definisi Budaya Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. "keselarasan individu dengan alam" d Jepang dan "kepatuhan kolektif" di Cina.

sehingga dalam kehidupan sehari-hari. dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia.Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. peralatan hidup. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi. religi. antara lain sebagai berikut: 1. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok. kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks. kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya. misalnya pola-pola perilaku. Melville J. yaitu:     alat-alat teknologi sistem ekonomi keluarga kekuasaan politik 2. religius. Dari berbagai definisi tersebut. berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata. dan lain-lain. Menurut Andreas Eppink. bahasa. Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:  sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya   organisasi ekonomi alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama) . yang kemudian disebut sebagai superorganic. yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial. kesenian. seni. kebudayaan adalah sarana hasil karya. moral. tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. hukum. dan lain-lain. Melville J. dan kemampuankemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. kepercayaan. dan cipta masyarakat. Menurut Edward Burnett Tylor. yang di dalamnya terkandung pengetahuan. adat istiadat. organisasi sosial. kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. Unsur-Unsur Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah CulturalDeterminism.norma sosial. rasa.

norma-norma. antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Aktivitas (tindakan) Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. cerita rakyat. Sistem social yang terbantuk dalam suatu Negara akan menjadi dasar dan konsep yang berlaku pada tatanan social masyarakat. dan dapat diamati dan didokumentasikan. misalnya berupa dongeng. organisasi kekuatan (politik) Wujud dan komponen Wujud Menurut J.   Komponen Berdasarkan wujudnya tersebut. seperti televisi. terjadi dalam kehidupan sehari-hari. maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut. serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Lembaga social Lembaga social dan pendidikan memberikan peran yang banyak dalam kontek berhubungan dan berkomunikasi di alam masyarakat. yaitu :  Kebudayaan material Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata. pesawat terbang. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi: mangkuk tanah liat. senjata. aktivitas. nilainilai. dan seterusnya. wanita tidak perlu sekolah yang tinggi apalagi bekerja pada satu instansi   .  Gagasan (Wujud ideal) Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide. perhisalan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat. dan mesin cuci. mengadakan kontak. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Artefak (karya) Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas. Sifatnya konkret. dan lagu atau tarian tradisional. perbuatan. dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba. gagasan. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi. dan artefak. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia. dilihat. dan sebagainya yang sifatnya abstrak. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan. Budaya memiliki beberapa elemen atau komponen. Contoh Di Indonesia pada kota dan desa dibeberapa wilayah. stadion olahraga. Hoenigman. tidak dapat diraba atau disentuh. Kebudayaan material juga mencakup barang-barang. menurut ahli antropologi Cateora. wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial.J. konkret. pakaian. gedung pencakar langit. Kebudayaan nonmaterial Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi. peraturan. dan didokumentasikan.

Seperti di Indonesia setiap masyarakatnya memiliki nilai estetika sendiri. Nilai estetika ini perlu dipahami dalam segala peran. yang hanya dapat dimengerti oleh pengguna bahasa tersebu. Misalkan di beberapa wilayah dan bersifat kedaerah. serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. bagian dan Negara memiliki perbedaan yang sangat komplek. Estetika Berhubungan dengan seni dan kesenian. Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi. Bahasa memiliki sidat unik dan komplek. sebagai symbol yang arti disetiap derah berbeda. memakai. atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian. setiap akan membangu bagunan jenis apa saj harus meletakan janur kuning dan buah – buahan. bagaimana memandang hidup dan kehidupan. music. . hal ini akan mempengaruhi system penilaian yang ada dalam masyarakat.   Hubungan Antara Unsur-Unsur Kebudayaan Komponen-komponen atau unsur-unsur utama dari kebudayaan antara lain: Peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi) Teknologi merupakan salah satu komponen kebudayaan. Bahasa Bahasa merupakan alat pengatar dalam berkomunikasi. cerita. Teknologi muncul dalam cara-cara manusia mengorganisasikan masyarakat. Dalam ilmu komunikasi bahasa merupakan komponen komunikasi yang sulit dipahami. yang berlaku dan berkembang dalam masyarakat. sampai dengan cara bagaimana berkomunikasi. agar pesan yang akan kita sampaikan dapat mencapai tujuan dan efektif. bahasa untuk setiap walayah. drama dan tari –tarian. Sistem keyakinan ini akan mempengaruhi dalam kebiasaan.atau perusahaan. wajar seorang wanita memilik karier  Sistem kepercayaan Bagaimana masyarakat mengembangkan dan membangun system kepercayaan atau keyakinan terhadap sesuatu. cara mereka berkonsumsi. hikayat. dalam cara-cara mengekspresikan rasa keindahan. dongeng. Tetapi di kota besar seperti Jakarta jarang mungkin tidak terlihat masyarakatnya menggunakan cara tersebut. Jadi keunikan dan kekomplekan bahasa ini harus dipelajari dan dipahami agar komunikasi lebih baik dan efektif dengan memperoleh nilai empati dan simpati dari orang lain. Tetapi di kota – kota besar hal tersebut terbalik.

paman. manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri. dan paroh masyarakat. organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat. Meyer Fortes mengemukakan bahwa sistem kekerabatan suatu masyarakat dapat dipergunakan untuk menggambarkan struktur sosial dari masyarakat yang bersangkutan. ataupun gerakan (bahasa isyarat). kakek. manusia dapat . Sebagai makhluk yang selalu hidup bersamasama.Masyarakat kecil yang berpindah-pindah atau masyarakat pedesaan yang hidup dari pertanian paling sedikit mengenal delapan macam teknologi tradisional (disebut juga sistem peralatan dan unsur kebudayaan fisik). Sementara itu. Bahasa Bahasa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan. Melalui bahasa. baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum. keluarga luas. kakak. fatri. bibi. klan. anak. Dalam kajian sosiologi-antropologi. lisan. dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. baik lewat tulisan. yaitu:  alat-alat produktif senjata wadah alat-alat menyalakan api makanan pakaian tempat berlindung dan perumahan alat-alat transportasi        Sistem mata pencaharian Perhatian para ilmuwan pada sistem mata pencaharian ini terfokus pada masalah-masalah mata pencaharian tradisional saja. menantu. yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. keluarga bilateral. Kekerabatan adalah unit-unit sosial yang terdiri dari beberapa keluarga yang memiliki hubungan darah atau hubungan perkawinan. nenek dan seterusnya. ada beberapa macam kelompok kekerabatan dari yang jumlahnya relatif kecil hingga besar sepertikeluarga ambilineal. Di masyarakat umum kita juga mengenal kelompok kekerabatan lain seperti keluarga inti. cucu. dan keluarga unilateral. adik. di antaranya:     Berburu dan meramu Beternak Bercocok tanam di ladang Menangkap ikan Sistem kekerabatan dan organisasi sosial Sistem kekerabatan merupakan bagian yang sangat penting dalam struktur sosial. ibu. Anggota kekerabatan terdiri atas ayah.

Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat untuk berekspresi. pemahaman. mempelajari naskahnaskah kuno.menyesuaikan diri dengan adat istiadat. yang juga mengendalikan manusia sebagai salah satu bagian jagad raya. sebuah institusi dengan keanggotaan yang diakui dan biasa berkumpul bersama untuk beribadah. Bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi fungsi umum dan fungsi khusus. dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat. berkomunikasi. muncul keyakinan akan adanya penguasa tertinggi dari sistem jagad raya ini. Sedangkan fungsi bahasa secara khusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari.. dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial. tata krama masyarakat. adalah sebuah unsur kebudayaan yang penting dalam sejarah umat manusia. yang berarti "menambatkan"). yang berasar daribahasa Latin religare. dan daya tahan fisik manusia dalam menguasai dan mengungkap rahasia-rahasia alam sangat terbatas. manusia tidak dapat dilepaskan dari religi atau sistem kepercayaan kepada penguasa alam semesta. dan menerima sebuah paket doktrin yang menawarkan hal yang terkait dengan sikap yang harus diambil oleh individu untuk mendapatkan kebahagiaan sejati. Dictionary of Philosophy and Religion (Kamus Filosofi dan Agama) mendefinisikan Agama sebagai berikut: . Kesenian Karya seni dari peradaban Mesir kuno. tingkah laku. manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana hingga perwujudan kesenian yang kompleks.[3] . Agama (bahasa Inggris: Religion. Secara bersamaan. Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga. dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi. baik secara individual maupun hidup bermasyarakat. Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi. Sistem Kepercayaan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Agama Ada kalanya pengetahuan. mewujudkan seni (sastra).. Agama dan sistem kepercayaan lainnya seringkali terintegrasi dengan kebudayaan. Sehubungan dengan itu.

Saat ini terdapat lebih dari 1. Thomas Aquinas dan Erasmus. cabang Mahāyāna yang menyebar di sepanjang utara dan timur Indiasampai Tibet. adalah agama monotheistik dan salah satu agama tertua yang masih ada sampai sekarang. Agama juga memengaruhi kesenian. seperti Kristen dan Islam. yang jika tidak disebut sebagai yang pertama.5 s. Mongolia. Kristen dan Islam. Saat ini umat Yahudi berjumlah lebih dari 13 juta jiwa.[7] Islam memiliki nilai-nilai dan norma agama yang banyak memengaruhi kebudayaan Timur Tengah dan Afrika Utara. Kadang-kadang agama dilibatkan dalam sistem pemerintahan. dan menyebar di sepanjang benua Asia melalui difusi kebudayaan danmigrasi. dewa api agama Hindu Artikel utama untuk bagian ini adalah: Agama dari timur dan Filosofi Timur Agama dan filosofi seringkali saling terkait satu sama lain pada kebudayaan Asia.5 milyar pemeluk agama Islam di dunia. Ketiganya telah memberikan pengaruh yang besar dalam kebudayaan manusia di berbagai belahan dunia. sering dikelompokkan sebagai agama Samawi[4] atau agama Abrahamik.[6] Kristen (Protestan dan Katolik) adalah agama yang banyak mengubah wajah kebudayaan Eropa dalam 1. Saat ini diperkirakan terdapat antara 1. seperti misalnya dalam sistem teokrasi.1 milyar pemeluk agama Kristen di seluruh dunia. Terdapat nilai-nilai dan sejarah umat Yahudi yang juga direferensikan dalam agama Abrahamik lainnya.700 tahun terakhir.Agama biasanya memiliki suatu prinsip.[5] Ketiga agama tersebut memiliki sejumlah tradisi yang sama namun juga perbedaanperbedaan yang mendasar dalam inti ajarannya. Agama Samawi Tiga agama besar. seperti "10 Firman" dalam agama Kristen atau "5 rukun Islam" dalam agama Islam. Hinduisme adalah sumber dari Buddhisme. 2. dan sebagian wilayahAsia Tenggara. Pemikiran para filsuf modern pun banyak terpengaruh oleh para filsuf Kristen semacam St. Agama dan filosofi di Asia kebanyakan berasal dari India dan China. Jepang dan Korea dan China selatan sampai .[8] Agama dan filsafat dari Timur Agni. Yahudi. China.d. Yahudi adalah salah satu agama.

Pada abad ke-20. tertimpa musibah. mengajarkan pentingnya elemen nonmateri sementara sebuah pemikiran India lainnya. "cahaya untuk negara-negara" ("a light unto the nations"). gereja biasanya memasukkan acara pengucapan janji pernikahan di hadapan tamu. inti dari kepercayaan Hindu maupun Jaina.Carvaka. Sistem ilmu dan pengetahuan Secara sederhana. pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia tentang benda. sifat. politik. namun memperbolehkannya. Pada periode yang sama. di kedua negara berpenduduk paling padat se-Asia. American Dream" American Dream. Afrika. melalui kerja keras. dua aliran filosofi politik tercipta. danAmerika. Pernikahan Agama sering kali mempengaruhi pernikahan dan perilaku seksual. agama tradisional menjawab kebutuhan rohani manusia akan ketentraman hati di saat bermasalah. seseorang dapat mendapatkan kehidupan yang lebih baik. seni.Pengetahuan dimiliki oleh semua suku bangsa di dunia. Theravāda Buddhisme menyebar di sekitar Asia Tenggara. Mereka . dianut oleh sebagian suku pedalaman di Asia. dan orang yang bercerai tidak dapat dinikahkan kembali di gereja. tertimpa musibah dan menyediakan ritual yang ditujukan untuk kebahagiaan manusia itu sendiri. keadaan. memengaruhi baik religi. yang dipercayai oleh banyak orang diAmerika Serikat.Vietnam. Agama tradisional Artikel utama untuk bagian ini adalah: Agama tradisional Agama tradisional. mungkin bisa dianggap telah menyerap kedalam kebudayaan atau bahkan menjadi agama negara. maupun tradisi filosofi di seluruh Asia. Sementara Agama Islam memandang pernikahan sebagai suatu kewajiban. Seperti kebanyakan agama lainnya. tanpa memedulikan status sosial. sebagai bukti bahwa komunitas tersebut menerima pernikahan mereka. adalah sebuah kepercayaan. Mereka percaya. Kebanyakan gereja Kristen memberikan pemberkatan kepada pasangan yang menikah. Konghucu dan Taoisme. Myanmar. dua filosofi yang berasal dari Cina. Pengaruh bereka cukup besar. dan harapan-harapan. filosofi komunisme Mao Zedong menjadi sistem kepercayaan sekuler yang sangat kuat di China. atau kadang-kadang disebut sebagai "agama nenek moyang". termasuk Sri Lanka. dan kebulatan tekad. seperti misalnya agama Shinto. [9] Gagasan ini berakar dari sebuah keyakinan bahwa Amerika Serikat adalah sebuah "kota di atas bukit" (atau city upon a hill"). Laos. Gereja Katolik Roma mempercayai bahwa sebuah perceraian adalah salah. Umat Kristen juga melihat hubungan antara Yesus Kristus dengan gerejanya. pengorbanan. bagian barat laut China. atau "mimpi orang Amerika" dalam bahasa Indonesia. Mahatma Gandhi memberikan pengertian baru tentang Ahimsa. Agama Hindu dari India. dan memberikan definisi baru tentang konsep antikekerasan dan antiperang. Kamboja. menekankan untuk mencari kenikmatan di dunia. Islam menganjurkan untuk tidak melakukan perceraian. dan Thailand.[10] yang memiliki nilai dan kekayaan yang telah ada sejak kedatangan para penjelajah Eropa sampai generasi berikutnya.

memperoleh pengetahuan melalui pengalaman. Sebagai contoh. dan kemudian memancing inovasi-inovasi baru lainnya dalam kebudayaan. intuisi. Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. perubahan lingkungan alam. keefektifan komunikasi 3. Sistem pengetahuan tersebut dikelompokkan menjadi:     pengetahuan tentang alam pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan dan hewan di sekitarnya pengetahuan tentang tubuh manusia. Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi perubahan sosial: 1.[11] Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat. wahyu. pengetahuan tentang sifat dan tingkah laku sesama manusia pengetahuan tentang ruang dan waktu Perubahan sosial budaya Artikel utama untuk bagian ini adalah: Perubahan sosial budaya Perubahan sosial budaya dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing. penemuan baru. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan. atau percobaan-percobaan yang bersifat empiris (trial and error). dan berpikir menurut logika. berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian. . tekanan kerja dalam masyarakat 2. dan kontak dengan kebudayaan lain. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.

Misalnya. Contohnya. Gagasan tentang "budaya" ini merefleksikan adanya ketidakseimbangan antara kekuatan Eropa dan kekuatan daerah-daerah yang dijajahnya. masuknya pengaruh kebudayaan Hindu dan Islam ke Indonesia[rujukan?]. Penetrasi kebudayaan dapat terjadi dengan dua cara: Penetrasi damai (penetration pasifique) Masuknya sebuah kebudayaan dengan jalan damai. Cara pandang terhadap kebudayaan Kebudayaan sebagai peradaban Saat ini. masuknya kebudayaan Barat ke Indonesia pada zaman penjajahan disertai dengan kekerasan sehingga menimbulkan goncangan-goncangan yang merusak keseimbangan dalam masyarakat[rujukan?]. kebudayaan satu dengan kebudayaan lain dapat diperbandingkan. bentuk bangunan Candi Borobudur yang merupakan perpaduan antara kebudayaan asli Indonesia dan kebudayaan India. kebanyakan orang memahami gagasan "budaya" yang dikembangkan di Eropa pada abad ke-18 dan awal abad ke-19.[sunting]Penetrasi kebudayaan Yang dimaksud dengan penetrasi kebudayaan adalah masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke kebudayaan lainnya. Penyebaran kebudayaan secara damai akan menghasilkan Akulturasi. Sedangkan Sintesis adalah bercampurnya dua kebudayaan yang berakibat pada terbentuknya sebuah kebudayaan baru yang sangat berbeda dengan kebudayaan asli. Menurut cara pikir ini. salah satu kebudayaan pasti lebih tinggi dari kebudayaan lainnya.Asimilasi adalah bercampurnya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru. Asimilasi. Pengaruh kedua kebudayaan ini pun tidak mengakibatkan hilangnya unsur-unsur asli budaya masyarakat. atau Sintesis. . Wujud budaya dunia barat antara lain adalah budaya dari Belanda yang menjajah selama 350 tahun lamanya. Budaya warisan Belanda masih melekat di Indonesia antara lain pada sistem pemerintahan Indonesia. Penetrasi kekerasan (penetration violante) Masuknya sebuah kebudayaan dengan cara memaksa dan merusak. Mereka menganggap 'kebudayaan' sebagai "peradaban" sebagai lawan kata dari "alam". Penerimaan kedua macam kebudayaan tersebut tidak mengakibatkan konflik. Akulturasi adalah bersatunya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru tanpa menghilangkan unsur kebudayaan asli. tetapi memperkaya khasanah budaya masyarakat setempat. Contohnya.

mereka percaya bahwa kebudayaan hanya ada satu dan menjadi tolak ukur norma dan nilai di seluruh dunia. dari aktivitas-aktivitas di atas. dan musik klasik sebagai suatu kemunduran dan kemerosotan. maka timbul anggapan bahwa ia adalah orang yang sudah "berkebudayaan". . seseorang yang memiliki kebiasaan yang berbeda dengan mereka yang "berkebudayaan" disebut sebagai orang yang "tidak berkebudayaan". atau mendengarkan musik klasik. fine art. jika seseorang berpendendapat bahwa musik klasik adalah musik yang "berkelas". Sebagai contoh.dapat menekan interpretasi perbaikan dan interpretasi pengalaman sebagai perkembangan yang merusak dan "tidak alami" yang mengaburkan dan menyimpangkan sifat dasar manusia. dan bercita rasa seni. Menurut cara pandang ini.Artefak tentang "kebudayaan tingkat tinggi" (High Culture) oleh Edgar Degas. Pada prakteknya. Orang yang menggunakan kata "kebudayaan" dengan cara ini tidak percaya ada kebudayaan lain yang eksis. Dalam hal ini. kata kebudayaan merujuk pada benda-benda dan aktivitas yang "elit" seperti misalnya memakai baju yang berkelas. Mereka menganggap bahwa kebudayaan yang sebelumnya dianggap "tidak elit" dan "kebudayaan elit" adalah sama masing-masing masyarakat memiliki kebudayaan yang tidak dapat diperbandingkan." Orang yang "tidak berkebudayaan" dikatakan lebih "alam. beberapa kritik sosial telah menerima adanya perbedaan antara berkebudayaan dan tidak berkebudayaan. musik tradisional (yang diciptakan oleh masyarakat kelas pekerja) dianggap mengekspresikan "jalan hidup yang alami" (natural way of life). sementara musik tradisional dianggap sebagai musik yang kampungan dan ketinggalan zaman. bukan sebagai orang "dari kebudayaan yang lain." dan para pengamat seringkali mempertahankan elemen dari kebudayaan tingkat tinggi (high culture) untuk menekan pemikiran "manusia alami" (human nature) Sejak abad ke-18. tetapi perbandingan itu -berkebudayaan dan tidak berkebudayaan. Saat ini kebanyak ilmuwan sosial menolak untuk memperbandingkan antara kebudayaan dengan alam dan konsep monadik yang pernah berlaku. sementara kata berkebudayaandigunakan untuk menggambarkan orang yang mengetahui. dan mengambil bagian. elit.

budaya tidak dapat diperbandingkan. khususnya mereka yang peduli terhadap gerakan nasionalisme . seberapa banyak imigran yang datang. yang berarti barang atau aktivitas yang diproduksi dan dikonsumsi oleh banyak orang. atau biasa disebut dengan tribalisme. Dalam Leitkultur. Cara yang dipilih masyarakat tergantung pada seberapa besar perbedaan kebudayaan induk dengan kebudayaan minoritas. Pemikiran ini menganggap suatu budaya dengan budaya lainnya memiliki perbedaan dan kekhasan masing-masing. Kebudayaan sebagai "sudut pandang umum" Selama Era Romantis. ras. terjadi popularisasi ide kebudayaan perusahaan .mulai dijadikan subyek penelitian oleh para ahli sosiologi. Leitkultur (kebudayaan inti): Sebuah model yang dikembangkan oleh Bassam Tibi di Jerman. Karenanya. yaitu sebuah kebudayaan yang memiliki sedikit perbedaan dalam hal perilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. keefektifan dan keintensifan komunikasi antar budaya. subkebudayaan . watak dari penduduk asli. pandangan politik dan gender. Munculnya sub-kultur disebabkan oleh beberapa hal. Bertolak dari teori evolusi. Kebudayaan sebagai mekanisme stabilisasi Teori-teori yang ada saat ini menganggap bahwa (suatu) kebudayaan adalah sebuah produk dari stabilisasi yang melekat dalam tekanan evolusi menuju kebersamaan dan kesadaran bersama dalam suatu masyarakat. Meskipun begitu.seperti misalnya perjuangan nasionalis untuk menyatukan Jerman. dan dari evolusi itulah tercipta kebudayaan. kelas. gagasan ini masih mengakui adanya pemisahan antara "berkebudayaan" dengan "tidak berkebudayaan" atau kebudayaan "primitif. pekerjaan. tanpa bertentangan dengan kebudayaan induk yang ada dalam masyarakat asli." Pada akhir abad ke-19. Kebudayaan di antara masyarakat Sebuah kebudayaan besar biasanya memiliki sub-kebudayaan (atau biasa disebut sub-kultur).kelompok dengan perilaku yang sedikit berbeda dari kebudayaan induknya . agama. dan perjuangan nasionalis dari etnis minoritas melawan Kekaisaran Austria-Hongaria mengembangkan sebuah gagasan kebudayaan dalam "sudut pandang umum". para cendekiawan di Jerman. dan tipe pemerintahan yang berkuasa.perbedaan dan bakat dalam konteks pekerja organisasi atau tempat bekerja. Pada tahun 50-an. Pada abad ini pula. mereka mengasumsikan bahwa setiap manusia tumbuh dan berevolusi bersama. Ada beberapa cara yang dilakukan masyarakat ketika berhadapan dengan imigran dan kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan asli. aesthetik. para ahli antropologi telah memakai kata kebudayaan dengan definisi yang lebih luas.Pengamat sosial membedakan beberapa kebudayaan sebagai kultur populer (popular culture) atau pop kultur. kelompok minoritas dapat menjaga dan mengembangkan kebudayaannya sendiri. di antaranya karena perbedaan umur. .   Monokulturalisme: Pemerintah mengusahakan terjadinya asimilasi kebudayaan sehingga masyarakat yang berbeda kebudayaan menjadi satu dan saling bekerja sama. etnisitas.

Asia Asia memiliki berbagai kebudayaan yang berbeda satu sama lain. seperti misalnya pengaruh kebudayaan Tiongkok kepada kebudayaan Jepang. Jerman. dan para imigran Eropa terutama Spanyol. meskipun begitu. Kebudayaan menurut wilayah Artikel utama untuk bagian ini adalah: Kebudayaan menurut wilayah Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi.  Melting Pot: Kebudayaan imigran/asing berbaur dan bergabung dengan kebudayaan asli tanpa campur tangan pemerintah. Selain kedua Agama tersebut. Selain kemajuan teknologi dan informasi. orang-orang dari Afrika (terutama di Amerika Serikat). Portugis. Korea. migrasi. norma dan nilai Agama Islam juga turut memengaruhi kebudayaan terutama di wilayahAsia Selatan dan tenggara. Sementara itu. . Dalam bidang agama. Perancis. agama Budha dan Taoisme banyak memengaruhi kebudayaan di Asia Timur. Inggris. Amerika Kebudayaan di benua Amerika dipengaruhi oleh suku-suku Asli benua Amerika. hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor ekonomi. Afrika Beberapa kebudayaan di benua Afrika terbentuk melalui penjajahan Eropa. dan Vietnam. beberapa dari kebudayaan tersebut memiliki pengaruh yang menonjol terhadap kebudayaan lain. Multikulturalisme: Sebuah kebijakan yang mengharuskan imigran dan kelompok minoritas untuk menjaga kebudayaan mereka masing-masing dan berinteraksi secara damai dengan kebudayaan induk. wilayah Afrika Utara lebih banyak terpengaruh oleh kebudayaan Arab dan Islam. seperti kebudayaan Sub-Sahara. hubungan dan saling keterkaitan kebudayaan-kebudayaan di dunia saat ini sangat tinggi. Orang Hopi yang sedang menenun dengan alat tradisional di Amerika Serikat. dan agama. dan Belanda.

lembaran linoleum atau batu litografi. prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak. Selain dipengaruhi oleh kebudayaan negara yang pernah dijajah. papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Kebudayaan ini dikenal juga dengan sebutan "kebudayaan barat". biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa. serta diintegrasikan dengan kebudayaan penduduk asli benua Australia. dan pigmen padat yang larut dalam air seperti crayon Caran D'Ache. di sisi lain. secara teknis disebut dengan matrix. Romawi kuno. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan . biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. meskipun tidak hanya agama Islam yang berkembang di daerah ini. pastel minyak. menciptakan karya seni orisinil yang unik. cat air. Media Seniman grafis berkarya menggunakan berbagai macam media dari yang tradisional sampai kontemporer. Kebudayaan Eropa dan Amerika tersebut kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan lingkungan benua Australia. meskipun kepercayaan akan agama banyak mengalami kemunduran beberapa tahun ini. Warna . Aborigin. kebudayaan ini juga dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani kuno. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi. Teknik lain yang disebut dengan serigrafi atau cetak saring (screen-printing) menggunakan lembaran kain berpori yang direntangkan pada sebuah kerangka. termasuk tinta ber-basis air. tinta ber-basis minyak. dan agama Kristen. Seni grafis Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak. Lukisan ataudrawing. hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna bahasa Inggris dan bahasa Eropa lainnya di seluruh dunia. Tiap salinan karya dikenal sebagai 'impression'. Permukaan atau matrix yang dipakai dalam menciptakan karya grafis meliputi papan kayu. Cetakan kecil bahkan bisa dibuat dengan menggunakan permukaan kentang atau ketela. Matrix yang umum digunakan adalah: plat logam. Karya seni grafis diciptakan di atas permukaan yang disebut dengan plat. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil. lembaran kaca akrilik. disebut dengan screen. Teknik dengan menggunakan metode digital menjadi semakin populer saat ini.Australia Kebanyakan budaya di Australia masa kini berakar dari kebudayaan Eropa dan Amerika. pada masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas. Kebudayaan ini telah diserap oleh banyak kebudayaan. ini yang disebut dengan proses cetak. Eropa Kebudayaan Eropa banyak terpengaruh oleh kebudayaan negara-negara yang pernah dijajahnya. batu digunakan untuk litografi. bukan sebuah salinan. plat logam. Timur Tengah dan Afrika Utara Kebudayaan didaerah Timur Tengah dan Afrika Utara saat ini kebanyakan sangat dipengaruhi oleh nilai dan norma agama Islam.

dan cukil logam/metalcut. Seringkali pewarnaannya -. Kemungkinan pertama kali . Biasanya warna yang paling terang diterapkan lebih dulu kemudian ke warna yang lebih gelap. Tiap plat. hanya mendapat perlakuan khusus pada bagian tertentu untuk menciptakan image/gambar. cukillinoleum/linocut. planografi di mana matrix permukaannya tetap. tinta berada di bawah permukaan matrix. dan bahkan kadang-kadang tidak ada etsa-nya sama sekali. Dalam teknik pewarnaan multi-plat. pegrafis kadang-kadang hanya mengecat warna seperti pelukis kemudian dicetak. karya cetak Rembrandt biasanya secara mudah disebut dengan "etsa". Teknik Tinjauan Umum Teknik seni grafis dapat dibagi dalam kategori dasar sebagai berikut:     Cetak relief. tapi adakalanya seorang seniman grafis menggunakan sampai dengan tujuh plat. screen atau papan yang terpisah akan diberi tinta dengan warna berbeda kemudian diterapkan pada tahap tertentu untuk menghasilkan keseluruhan gambar. teknik relief meliputi: cukil kayu. di mana tinta berada pada permukaan asli dari matrix. Cukil Kayu Artikel utama untuk bagian ini adalah: cukil kayu Cukil kayu . cukil kayu serta linocut -. teknik ini meliputi: litografi.Pembuat karya grafis memberi warna pada cetakan mereka dengan banyak cara. jadi sebelumnya perlu dipikirkan pemisahan warna. screen atau papan. merupakan teknik seni grafis paling awal. Misalnya. monotype dan teknik digital stensil. engraving kayu. mezzotint.diterapkan dengan menggunakan plat. Tiap penerapan warna akan berinteraksi dengan warna lain yang telah diterapkan pada kertas. chine-collé dan drypoint.dalam etsa. di dalam software vektorial misalnya Macromedia Freehand. terdapat sejumlah plat. Bagian lino atau kayu yang dicukil akan mengekspos (tidak menimpa) warna yang telah tercetak sebelumnya. Pendekatan reduksionis untuk menghasilkan warna dimulai dengan papan kayu atau lino yang kosong atau dengan goresan sederhana. Konsep warna subtraktif yang juga digunakan dalam cetak offset atau cetak digital. termasuk cetak saring dan pochoir. aquatint. teknik ini meliputi: engraving. papan atau screen yang terpisah atau dengan menggunakan pendekatan reduksionis. dan merupakan satu-satunya yang dipakai secara tradisional di Asia Timur. medium fotografi serta kombinasi proses digital dan konvensional. yang masing-masing menghasilkan warna yang berbeda. CorelDraw atau Adobe Ilustrator atau bitmap ditampilkan dalam CMYK atau ruang warna lain. adalah salah satu teknik cetak relief. proses digital termasuk giclée. khususnya yang berada dalam kategori sama. Intaglio. memberi warna lain dan mencetaknya lagi. Rata-rata digunakan 3 sampai 4 plat. Pada teknik grafis seperti chine-collé atau monotype. etsa. Kebanyakan dari teknik di atas bisa juga dikombinasikan. tapi seringkali dipakai juga teknik engraving dan drypoint. Teknik lain dalam seni grafis yang tidak temasuk dalam kelompok ini adalah 'kolografi' (teknik cetak menggunakan kolase). cetak saring. Kemudian seniman mencukilnya lebih lanjut.

lalu lembaran kertas. yang mungkin sedikit lembap.Hokusai. Hiroshige. Seniman yang menggunakan teknik ini: Albrecht Dürer. Pembuat engraving memakai alat dari logam yang diperkeras yang disebut dengan burin untuk mengukir desain ke permukaan logam. Jika memakai beberapa warna. teknik cukil kayu banyak digunakan untuk proses membuat gambar tanpa teks. tradisionalnya memakai plat tembaga. yang menggunakan peralatan tajam untuk mencukil bagian papan yang tidak akan terkena tinta.dikembangkan sebagai alat untuk menciptakan pola cetak pada kain. Werner Drewes. papan yang terpisah dipakai untuk tiap warna. Di dua tempat ini. Seniman membuat skets terlebih dulu pada sebidang papan kayu. Tradisionalnya. . Bagian permukaan tinggi dari papan kemudian diberi tinta dengan menggunakan roller. penggunaan alat yang disebut dengan burin merupakan ketrampilan yang rumit. seniman kemudian menyerahkan rancangannya ke ahli cukil khusus. salah seorang seniman grafis. Teknik cukil kayu di atas kertas dikembangkan sekitar tahun 1400 di Eropa. atau di kertas yang kemudian ditransfer ke papan kayu. engraving karya Albrecht Dürer. dan pada abad ke-5 dipakai di Tiongkok untuk mencetak teks dan gambar pada kertas. Kemudian papan digosok dengan baren (alat yang digunakan di Jepang) atau sendok. Alat ukir tersebut memiliki bermacam-macam bentuk dan ukuran menghasilkan jenis garis yang berbeda-beda. dan beberapa waktu kemudian di Jepang. atau melalui alat press. "Melancholia I". ditaruh di bawah papan. Engraving Artikel utama untuk bagian ini adalah: Engraving Proses ini dikembangkan di Jerman sekitar tahun 1430 dari engraving (ukiran halus) yang digunakan oleh para tukang emas untuk mendekorasi karya mereka.

tidak seperti engraving yang memerlukan ketrampilan khusus dalam pertukangan logam. yang mendekorasi baju besinya dengan teknik ini. Teknik etsa berlawanan dengan teknik cukil kayu. Hasil cetakan etsa umumnya bersifat linear dan seringkali memiliki detail dan kontur halus. pada etsa bagian permukaan tinggi bebas tinta. yang tertinggal hanya tinta yang berada di garis yang diukir. Kertas kemudian mengambil tinta dari garis engraving (bagian yang diukir). Kemudian seniman menggores lapisan tersebut dengan jarum etsa yang runcing. etsa relatif mudah dipelajari oleh seniman yang terbiasa menggambar. Garisbervariasi dari halus sampai kasar. Kelebihannya adalah. sehingga bagian logamnya terbuka. Etsa kemudian menjadi tandingan engraving sebagai medium seni grafis yang populer. menghasilkan karya cetak. Jerman. drypoint. Asam akan . Etsa "Tidurnya Pikiran menciptakan monster-monster" etsa dan aquatint karya Francisco Goya Artikel utama untuk bagian ini adalah: Etsa Etsa adalah bagian dari kelompok teknik intaglio bersama dengan engraving. Mula-mula selembar plat logam (biasanya tembaga. Plat tersebut lalu dicelupkan dalam larutan asam atau larutan asam disapukan di atasnya. mezzotint dan aquatint. Proses ini diyakini bahwa penemunya adalah Daniel Hopfer (sekitar 1470-1536) dari Augsburg. seng atau baja) ditutup dengan lapisan semacam lilin. bagian permukaan rendah menahan tinta.Seluruh permukaan plat diberi tinta. kemudian tinta dibersihkan dari permukaan. Kemudian plat ditaruh pada alat press bertekanan tinggi bersama dengan lembaran kertas (seringkali dibasahi untuk melunakkan).

Käthe Kollwitz. Rembrandt. kedua.Mauricio Lasansky. Proses ini dipakai secara luas di Inggris mulai pertengahan abad delapanbelas. menghasilkan warna cetak yang solid. Francisco Goya. Mungkin juga menciptakan gambar hanya dengan mengkasarkan bagian tertentu saja. Einar Hakonarson. karena proses penghalusan tekstur dengan menggunakan burin. Paul Klee. gambar dihasilkan dengan mengerok halus permukaan. karena permukaan yang dikasarkan secara merata menahan banyak tinta. dan proses pencetakan selanjutnya sama dengan proses pada engraving. Tiga Salib. Brice Marden. James Ensor.Whistler. Jim Dine. . Otto Dix. etsa karya Rembrandt Seniman yang menggunakan teknik ini: Albrecht Dürer. lapisan yang tersisa dibersihkan dari plat. atau alat lain menghasilkan gradasi halus untuk mengembangkan tone.mengikis bagian plat yang digores (bagian logam yang terbuka/tak terlapisi). Henri Matisse. Setelah itu. bekerja dari warna terang ke gelap.Edward Hopper. untuk mereproduksi foto dan lukisan. Giorgio Morandi. menciptakan gambar yang dibuat dari gelap ke terang. Paula Rego and Cy Twombly. Mezzotint dikenal karena kualitas tone-nya yang kaya: pertama.Lucian Freud. Peter Milton. Mezzotint Artikel utama untuk bagian ini adalah: Mezzotint Salah satu cara lain dalam teknik intaglio di mana plat logam terlebih dahulu dibuat kasar permukaannya secara merata. Pablo Picasso. Metode mezzotint ditemukan oleh Ludwig von Siegen (1609-1680). Horst Janssen.

tapi biasanya digabungkan etsa dan engraving.Aquatint Artikel utama untuk bagian ini adalah: Aquatint Adalah variasi dari etsa. Seperti etsa. Rembrandt sering menggunakannya. penggunaan electro-plating (pelapisan secara elektrik dengan bahan logam lain) telah dilakukan sejak abad sembilanbelas untuk mengeraskan permukaan plat. Teknik ini kelihatannya ditemukan oleh seorang seniman Jerman selatan abad limabelas yang memiliki julukan Housebook Master. pada drypoint. bukan dengan alat burin berbentuk "v". Litografi Artikel utama untuk bagian ini adalah: Litografi . Di antara seniman old master print yang menggunakan teknik ini: Albrecht Dürer memproduksi 3 karya drypoint sebelum akhirnya berhenti menggunakannya. dikerjakan dengan alat runcing. Kebanyakan karya-karya grafis Goya menggunakan teknik aquatint. Untuk mengatasi ini. Sementara garis pada engraving sangat halus dan bertepi tajam. dan kadang-kadang berkesan kabur. di mana semua karya-karyanya menggunakan drypoint. aquatint menggunakan serbuk resin yang tahan asam untuk menciptakan efek tonal. Pada teknik etsa digunakan jarum untuk menciptakan garis yang akan menjadi warna tinta pekat. goresan drypoint meninggalkan kesan kasar pada tepi garis. Kesan ini memberi ciri kualitas garis yang lunak. drypoint hanya berguna untuk jumlah edisi yang sangat kecil. Karena tekanan alat press dengan cepat merusak kesan tersebut. aquatint menggunakan asam untuk membuat gambar cetakan pada plat logam. Drypoint Artikel utama untuk bagian ini adalah: Drypoint Merupakan variasi dari engraving. sekitar sepuluh sampai duapuluh karya.

Robert Rauschenberg. M. air akan berada pada bagian permukaan yang tidak tertutup medium gambar berbasis minyak tadi. dan Andy Warhol.La Goulue. Variasi dari teknik ini adalah foto-litografi. Seniman yang menggunakan teknik ini: George Bellows. untuk mentransfer minyak ke batu. Sebuah rakel dari karet digunakan untuk meratakan tinta melintasi screen. Bridget Riley. Kemudian screen diletakkan di atas kertas kering atau kain. Kemudian dilakukan pengasaman . Poster litografi karyaToulouse-Lautrec. Pablo Picasso. Honoré Daumier. Edvard Munch. Emil Nolde. Teknik litografi dikenal dengan kemampuannya menangkap gradasi halus dan detail yang sangat kecil. dan menuju ke kertas atau kain. Chuck Close. sehingga gambar 'terbakar' pada permukaan. Lalu dilapisi gum arab. Willem de Kooning. Joan Miró.Robert Indiana. Batu lantas dibasahi. Ellsworth Kelly. Tinta dituangkan di sisi dalam screen. Litografi adalah teknik yang ditemukan pada tahun 1798 oleh Alois Senefelder dan didasari pada sifat kimiawi minyak dan air yang tak bisa bercampur. di atas stensil. Screen diangkat ketika gambar sudah ditransfer ke kertas/kain. Seniman yang menggunakan teknik ini: Josef Albers. Julian Opie. Henri de ToulouseLautrec and Stow Wengenroth Cetak Saring Artikel utama untuk bagian ini adalah: Cetak saring Cetak saring dikenal juga dengan sablon atau serigrafi menciptakan warna padat dengan menggunakan teknik stensil.) Sebuah screen dibuat dari selembar kain (asalnya dulu menggunakan sutra) yang direntangkan pada rangka kayu. selanjutnya batu di-roll dengan tinta berbasis minyak ke seluruh permukaan. (Bagian yang berlubang adalah bagian yang akan diwarnai. Selanjutnya stensil ditempelkan pada screen. biasanya sejenis batu yang disebut limestone/batu kapur. image/gambar ditransfer ke kertas dengan menggunakan alat press.C. kemudian pencetakan dilakukan dengan cara yang sama. menutupi permukaan batu yang tidak tertutupi medium gambar (yang berbasis minyak). Tiap warna memerlukan stensil yang terpisah. . gambar dibuat pada permukaan batu dengan medium berminyak. Digunakan permukaan berpori. Kemudian selembar kertas lembap diletakkan pada permukaan. Mula-mula seniman menggambar berkas pada selembar kertas atau plastik (kadangkadang dipakai juga film. Screen bisa dipakai lagi setelah dibersihkan.) Gambar kemudian dilubangi untuk menciptakan stensil. Edward Ruscha. Roy Lichtenstein. Ralston Crawford. Escher. bahan yang larut air. Odilon Redon. Pierre Bonnard. di mana gambar ditangkap lewat proses fotografis padaplat logam. karena air menolak sifat minyak pada tinta maka tinta hanya menempel pada bagian gambar yang berminyak.

Sosiolog Jean Baudrillard memiliki pengaruh besar dalam seni grafis digital lewat teori yang diuraikannya dalam Simulacra and Simulation.Cetak Digital Cetak digital merujuk pada image/citra yang diciptakan dengan komputer menggunakan gambar. Teater Tradisional 2. Reproduksi warna yang akurat merupakan kunci yang membedakan antara digital print berkualitas tinggi dengan yang berkualitas rendah. jenis-jenis pertunjukan. Seni Teater Indonesia kaya akan seni. Cetak digital bisa dicetak pada kertas printer desktop standar dan kemudian ditransfer ke art paper tradisional (misalnya. Warna metalik (emas. foto. Seni Teateradalah seni yang kompleks. Karya seni dapat dilihat dari bentuk pakaian dan rias. sosial masyarakat dan struktur geografis masing-masing daerah. Teater Modern Teater Tradisional Teater Tradisional adalah bentuk pertunjukan yang pesertanya dari daerah setempat karena terkondisi dengan adat istiadat. Salah satunya adalah sebi pertunjukan yaitu bentuk teater. dan lain-lain. Salah satu cara mentransfer berkas adalah dengan meletakkan hasil cetakan menghadap permukaan. jenis makanan dan hidangan. Citra tersebut bisa dicetak pada bahan yang bervariasi termasuk pada kertas. Velin Arch atau Stonehenge 200gsm).Seni merupakan unsur kebudayaan yang tumbuh dan berkembang sejajar perkembangan manusia sebagai pencipta dan penikmat karya seni. artinya dapat bekerjasama dengan cabang seni lainnya. kemudian dipress. diataranya adalah : 1. kain atau kanvas plastik. dan sebagainya. perak) sulit untuk direproduksi secara akurat karena akan memantul-balikkan sinar pada scanner digital. teknik cetak lain. art paper kemudian diolesi dengan Wintergreen oil di belakang cetakan. light pen serta tablet. Di Indonesia mempunyai dua teater. Cetak digital berkualitas tinggi biasanya direproduksi dengan menggunakan file data berresolusi sangat tinggi dengan printer ber-presisi tinggi. berbagai upacara adat dan prosesinya.[6] .

Gambar ini merupakan Museum Wayang . sinetron d. 3. drama b. Teater Modern Teater Modern adalah cerita yang bahannya dari kejadian-kejadian sehari-hari. Pementasan panggung terbuka (lapangan. Ceritanya turun temurun. Pementasan sederhana.Ketoprak dari Yogyakarta . teater c. contoh Teater Modern : a. film Ciri-ciri Teater Modern . atau karya sastra.Panggunga tertata .Lenong dan Topeng Blantik dari Betawi Ciri-ciri Teater Tradisional Teater Tradisional mempunyai ciri-ciri sebagai berikut 1.Wayang Orang dari Jawa Tengah/Yogyakarta .Ludruk dari Surabaya . 2. halaman rumah).

Pemain/Pemeran/Tokoh Pemain merupakan orang yang memeragakan tokoh tertentu pada film/sinetron biasa disebut aktris/aktor. 2. Naskah/Skenenario Naskah/Skenario berisi kisah dengan nama tokoh dan diaolog yang duicapkan. dekorasi. Tata Busana Tata Busana adalah pengaturan pakaina pemain agar mendukung keadaan yang menghendaki. dan lain-lain 6. robot. 5. Contohnya : kursi.. Skenario mana saya tahuuuuuuu aku bukan anak ug pinterrr :b 3. Peran Pembantu Peran Pembantu Yaitu peran yang tidak menjadi pusat perhatian c. Sutradara Sutradara merupakan orang yang memimpin dan mengatur sebuah teknik pembuatan atau pementasan teater/drama/film/sinetron. Peran Tambahan/Figuran Figuran Yaitu peran yang diciptakan untuk memperkuat gambar suasana 4. Penataan Seluruh pekerja yang terkait dengan pendukung pementasan teater. antara lain[15]: a. hiasan ruang.Ada pengaturan jalan cerita . Peran Utama Peran Utama Yaitu peran yang menjadi pusat perhatian penonton dalam suatu kisah b. Macam-macam peran a. meja.tempat panggung tertutup Kelompok dan sutradara Unsur-unsur seni teater Unsur-unsur dalam teater antara lain 1. Contohnya : pakaian sekolah lain dengan pakaian harian . Tata Rias Tata Rias adalah cara mendadndani pemain dalam memerankan tokoh teater agar lebih meyakinkan b. Properti Properti merupakan sebuah perlengkapan yang diperlukan dalam pementasan drama atau film.

Tata Lampu Tata Lampu adalah pencahayaan dipanggung d.c. Penonton menonton untuk menghibur hatinya dan bagi senimannya bisa sebagaievaluator dari karyanya. Pada setiap pementasan seni pasti ada penonton. . Tata Suara Tata Suara adalah pengaturan pengeras suara 7. Penonton sebagai evaluator yang mengapresiasi dan menilai hasil karya seni yang dipentaskan. Penonton Penonton adalah undur dalam pementasan drama/teater/sandiwara atau film karena sebagai saksi dari hasil akhir kerabat kerja. Bentuk karya seni akan sia-sia jika tidak memiliki penikmat karya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->