P. 1
AGAMA KRISTEN PROTESTAN 1

AGAMA KRISTEN PROTESTAN 1

|Views: 1,402|Likes:
Published by Jepri Sitorus

More info:

Published by: Jepri Sitorus on Jan 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

TUGAS MAKALAH AGAMA KRISTEN PROTESTAN

³ TINJAUAN ETIKA KRISTEEN TENTANG GEP ANTARA GENERASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK ³

DISUSUN OLEH : JEPRI SITORUS / 11208040 RONY SANDRO GULTOM / 11208033 ERICH CAVRIL PURBA / 11208018

TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI MEDAN 2011

di mana semuanya mengarah pada satu tujuan yang sama. tapi situasi yang kompleks dan berbahaya dalam yang hidup kita sekarang membuat jelas diatur dalam cara yang mengejutkan dan tragis di beberapa titik. Ada klasik masa lalu. kehidupan Kristen adalah penting untuk zaman kita. dikuatkan melalui berabad-abad pengalaman Kristen. Di antara adalah filsafat moral yang alkitabiah dan teologi berbagai juga bervariasi. Cahaya yang dapat dilemparkan pada masalah keputusan manusia harus ditumpahkan . "di mana tidak ada visi. yang besar buku untuk siswa yang serius tetapi yang tidak tepat untuk secara luas dipahami atau dibaca oleh biasa orang yang mencari cahaya pada tugas sehari-hari.. atau masalah etis lainnya. tetapi tanpa komprehensif kerangka acuan.KATA PENGANTAR Masalah Pendidikan Agama Kristen sebagai upaya pembinaan warga jemaat akhir-akhir ini banyak digalakkan dan dihidupkan ulang di kalangan umat kristiani. atau dalam adegan sosial yang lebih besar. dan untungnya beberapa saat ini. Tidak ada kode tetap atau tidak fleksibel moralitas Kristen. tidak ada cara singletrack untuk penemuan dari kehendak Allah bagi setiap keputusan beton. yaitu pembinaan warga jemaat. Ada buku tentang filsafat moral dan buku-buku tentang teologi alkitabiah. Selanjutnya. Juga. Ada rak pada rak-rak buku yang berhubungan dengan ini. Hal ini nampak dari bermacam-macam kegiatan yang mewarnai denyut jantung kehidupan di berbagai gereja maupun persekutuanpersekutuan. Apakah dalam hubungan langsung keluarga. tidak banyak yang melakukan apa ini salah satu upaya. Setiap etika Kristen untuk menjadi berlaku harus mengambil titik awal dari wahyu alam dan kehendak Allah karena hal ini telah datang kepada kita dalam Yesus Kristus. yang rakyat binasa "(KJV) ini selalu benar. pekerjaan atau kontak pribadi lainnya.dan cahaya yang bersinar dari Injil Kristen adalah sumber melampaui semua yang lain. meskipun kebanyakan buku tentang etika Kristen. dan disaksikan oleh Roh Kudus dalam kita sendiri tertinggi Kristen wawasan. ada buku-buku yang terlalu sederhana. Di tempat pertama. kita memiliki dasar diandalkan dan memadai . Namun demikian. itu. Buku ini telah dilakukan karena saya belum menemukan apapun yang mengatakan hanya apa yang saya pikir perlu dikatakan! Sebuah kata adalah dalam rangka untuk sudut pandang dari mana buku ini ditulis. Ini wahyu kita tahu melalui apa yang dicatat dalam Alkitab.

" Adapun bentuk usaha pembinaan ini beraneka ragam manifestasinya. Dalam terang pemahaman di atas. Selamat Hari Paskah dan terima kasih atas dukungan doa dan dana yang telah saudara salurkan demi kelancaran terbitnya majalah Pelita Zaman ini. Kedua. dan supaya mereka sanggup mewartakan berita Injil itu dengan jelas dan penuh kegiatan kepada yang belum mengenal Tuhan Yesus Kristus. yang Anda miliki di Kristus Yesus. Mengapa upaya pembinaan warga jemaat ini menjadi masalah yang mendesak untuk dikerjakan? Mengapa para pemimpin Kristen begitu banyak mencurahkan waktu dan perhatiannya dalam masalah ini? Pertama. Maksud kami. dsb. dengan mengetengahkan pokok-pokok bahasan yang berkaitan dengan upaya pembinaan adalah: bersama dengan para pemimpin Kristen yang lain. Namanya pun bervariasi. kami mau turut berperan serta dalam upaya pendewasaan kehidupan warga jemaat. Ada Kelompok Tumbuh Bersama yang populer di kalangan persekutuan siswa dan mahasiswa. agar mereka dapat mempertahankan kepercayaannya sendiri. . Seminar-Seminar." begitu comparably yang dasar dari etika Kristen adalah dicontohkan dalam "Apakah pikiran ini antara kamu. umat kristiani yang merupakan golongan minoritas di tengah-tengah masyarakat yang berideologi dan beragama lain. 4 ini mengetengahkan berbagai artikel yang bersangkut paut dengan masalah Pendidikan Agama Kristen. Ada Sekolah Alkitab Malam. Sebagai kebenaran besar penebusan Kristen diungkapkan dalam kata-kata "Allah dalam Kristus mendamaikan dunia dengan dirinya sendiri. adanya suatu kesadaran bahwa surutnya pengaruh umat kristiani dalam masyarakat modern dan berkurangnya semangat Kristen sejati dalam lingkungannya sendiri. antara lain disebabkan oleh kelemahan dalam hal mendidik jemaat secara memadai. Pelita Zaman edisi No. perlu memiliki pengertian dan pengetahuan yang luas dan dalam tentang Injil Yesus Kristus. Ada Kelompok-Kelompok Sel yang coba diterapkan di berbagai gereja.penghakiman di apa yang Allah telah memberi kita mengenal Yesus. Ada Training-Training. Masing-masing memiliki ciri khas.

dan manusia menjadi makhluk yang hidup" (Kejadian 2:7). Jadi TUHAN Allah membuat manusia itu tidur mendalam untuk datang ke orang itu. aku akan membuatnya cocok penolong baginya '"(Kejadian 2:18).2 Keluarga Ilahi Apakah di Tujuan. dan ia tidur. Tuhan menciptakan manusia sehingga kebutuhan dan menemukan kepuasan dalam persahabatan manusia. krisis dalam peran. Alkitab mengajarkan bahwa institusi keluarga adalah asal dan tujuan ilahi. Dia menciptakan mereka laki-laki dan perempuan "(Kejadian 1:26 -27). "Lalu TUHAN Allah berkata.PENDAHULUAN Kehidupan keluarga saat ini berada di bawah pengepungan. ketidakhadiran orang tua. "Lalu Tuhan Allah membentuk manusia dari debu tanah." Tidak baik manusia itu seorang diri saja.. dan sejumlah masalah lain. menurut rupa Kita" . Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya dan menutup daging di tempat itu. keasyikan dengan hal-hal. "Tuhan berkata. Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya sendiri. Setelah tujuanNya untuk pernikahan dan kehidupan keluarga memberi kita kesempatan terbaik untuk pemenuhan keluarga." Tidak baik. 1. . 3. Allah memulai unit keluarga pertama. Alkitab juga memberikan panduan untuk hubungan baik dalam keluarga. "Kemudian Allah berkata.I Keluarga Ilahi Apakah di Negara Asal. Keluarga dilanda oleh perceraian. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya. waktu yang tidak memadai bersama-sama. Aku akan membuat penolong yang seperti dia '"(Kejadian 2:18).I. kalau manusia seorang diri saja. Dia menciptakan dia dalam gambar Allah. Sebuah komitmen dengan ajaran Alkitab dan prinsip-prinsip memberikan harapan terbaik hari ini untuk pemulihan kehidupan keluarga. 'Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar Kita. I. I. Persahabatan adalah tujuan dasar Allah untuk pernikahan dan kehidupan keluarga. rincian dari otoritas.. dan Dia memiliki tujuan ilahi untuk itu. tekanan keuangan. 4. Allah menciptakan keluarga. 2. dan meniupkan ke dalam lubang hidungnya napas kehidupan. Seks adalah Allah ditahbiskan cara mengatasi kesepian penting dari eksistensi manusia. Lalu TUHAN Allah membuat Dia rusuk yang diambil dari pria menjadi wanita dan membawanya ke manusia "(Kejadian 2:21-22).

. memenuhi bumi . Prokreasi merupakan tujuan dasar dari Tuhan untuk keluarga. 6. Dan Anda melakukan banyak hal lain yang serupa "(Markus 7:9-13) '. Oleh karena itu apa yang Allah telah bergabung bersama-sama. dan terutama untuk rumah tangga."Inilah sebabnya mengapa seorang laki-laki meninggalkan ayah dan ibunya dan obligasi dengan istrinya. hadiah . berkembang biak. Anda mencabut firman Tuhan dengan tradisi Anda bahwa Anda telah diturunkan. Happy adalah orang yang telah memenuhi bergetar dengan mereka" (Mazmur 127:3-5).. "'Tidakkah kamu baca. 5. "Dia juga berkata kepada mereka." Dia [Yesus] menjawab.. demikianlah anak-anak . Barangsiapa mengutuki ayahnya atau ibunya harus dihukum mati. "Jika seorang pria mengatakan kepada ayah atau ibunya: Apapun menguntungkan Anda mungkin telah menerima dari saya adalah Corban" '(yaitu. "Sekarang jika orang tidak memeliharakan sanak sendiri.. Pemeliharaan masih satu tujuan dasar dari Tuhan untuk keluarga. tetapi mereka belum berubah. melainkan satu daging. Mengirimkan satu sama lain dalam takut akan Kristus" (Efesus 5:21). Dalam Alkitab. 'Anda benar-benar membatalkan perintah Allah untuk menjaga tradisi Anda! Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu.. Panggilan Alkitab untuk hubungan pernikahan akan ditandai dengan penyerahan bersama dan sukarela dalam saling menghormati dan kepercayaan. dan..' Anda tidak lagi membiarkan dia melakukan apapun untuk nya ayah atau ibu. dan dua akan menjadi satu daging? Jadi mereka bukan lagi dua. .' bahwa Dia yang menciptakan mereka pada awalnya membuat mereka laki-laki dan perempuan. Alkitab menyebut untuk pemenuhan timbal balik dalam hubungan seksual dalam hubungan pernikahan.. dan mereka menjadi satu daging" (Kejadian 2:24). anak-anak. Tuhan memberikan prinsip-prinsip dan kekuatan dengan mana tujuan-Nya untuk keluarga bisa terpenuhi. Tetapi kamu berkata.. "Anak-anak memang warisan dari Tuhan. hadiah [berkomitmen untuk kuil]).3 Alkitab Berisi Prinsip Ilahi untuk Hubungan Keluarga Baik. I. dan Allah berkata kepada mereka. 8. manusia tidak harus memisahkan '"(Matius 19:4-6). "Allah memberkati mereka." Jadilah berbuah. "(Kejadian 1:28). Hubungan suami-istri: 7. Tujuan Tuhan bagi keluarga telah ditantang. dan Dia juga mengatakan: Untuk alasan ini seorang pria akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bergabung dengan istrinya. ". Seperti anak panah di tangan pahlawan. dia telah murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman" (1 Timotius 5:8).

karena suami adalah kepala istri seperti juga Kristus adalah kepala gereja. tetapi istrinya tidak "(1 Korintus 7:3-4). ketika mereka mengamati murni Anda. Bagian ini. tetapi suaminya tidak."Seorang suami harus memenuhi kewajiban perkawinannya kepada istrinya. . dengan cara yang sama. Dia adalah Juruselamat tubuh. 10.5). tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan. sehingga pesan Tuhan tidak akan difitnah" (Titus 2:03 . 9. karena Allah akan menghakimi orang tidak bermoral dan pezinah" (Ibrani 13:4). Dia adalah mencintainya. Allah memerintahkan bahwa istri-apakah menikah dengan orang percaya atau non-percaya-harus berusaha untuk menghormati kepemimpinan suami mereka. a.. dan juga seorang istri kepada suaminya. bahkan jika beberapa tidak mematuhi [Kristen] pesan. mengajukan diri untuk suami Anda sendiri sehingga. bagaimanapun... kehidupan hormat "(1 Petrus 3:1-2). mendorong wanita muda untuk mengasihi suami mereka . Hubungan istri kepada suami. Alkitab panggilan untuk kesetiaan timbal balik dalam hubungan monogami. suami tidak memiliki otoritas atas tubuhnya sendiri. Wanita yang lebih tua adalah untuk . "Jangan berzinah" (Keluaran 20:14). Sekarang sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus. dan ranjang pernikahan tetap bersih. Bagian ini menunjukkan bahwa hidup yang patut diteladani istri 'dapat menyebabkan suami mereka yang tidak percaya untuk datang mengenal Kristus secara pribadi. "Istri.. "Istri. Dia harus responsif terhadap kepemimpinannya. Sama. tidak menunjukkan bahwa istri harus mematuhi suaminya ketika tindakan seperti itu akan membatalkan atau kompromi kesaksian Kristen nya.. Seorang istri tidak memiliki otoritas atas tubuhnya sendiri. ". "Pernikahan harus dihormati oleh semua.. mereka mungkin dimenangkan tanpa pesan dengan cara hidup istri-istri mereka. b. Sebuah hidup yang dipenuhi Roh dapat menghukum dan juga menyediakan sebuah platform untuk berbagi Injil. sehingga istri-istri harus [menyerahkan] kepada suami dalam segala sesuatu "(Efesus 5:22-24).

Dalam cara yang sama. ". "Suami. maka di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin ada di dalam kamu juga" (2 Timotius 1:5). Ulangi mereka untuk anak-anak Anda.. kasihilah istrimu. suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri . jangan membangkitkan amarah pada anak-anak Anda. Anak-anak membutuhkan contoh yang layak. sama seperti juga Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri baginya . Dia menghormatinya. . 28. Jelas mengingat iman yang tulus Anda yang pertama hidup di dalam nenekmu Lois... . Anak-anak membutuhkan disiplin yang penuh kasih. "Untuk alasan ini seorang pria akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya. ". masing-masing dari Anda adalah untuk mengasihi istrinya seperti dirinya sendiri .. Ia menjadi perhatian dari dirinya.." (Efesus 5:25.c. "Mengajarkan seorang pemuda tentang cara ia harus pergi. Hubungan orang tua untuk anak-anak mereka: Orangtua bertanggung jawab untuk mengajar anak-anak mereka. Istri adalah menghormati suaminya" (Efesus 5:33).. bahkan ketika ia sudah tua ia tidak akan menyimpang dari itu" (Amsal 22:6). dengan cara yang sama. Bicara tentang mereka ketika Anda duduk di rumah Anda dan ketika Anda berjalan di sepanjang jalan. a. "Dan ayah.. Orang tua harus melatih anak-anak. "Kata-kata bahwa saya memberi Anda saat ini berada di hati Anda. ketika Anda berbaring dan saat Anda bangun "(Ulangan 6:6-7). Ia harus berkomitmen untuk itu. sehingga doa-doa Anda tidak akan terhalang" (1 Petrus 3:7). dan dua akan menjadi satu daging" (Efesus 5:31).. 33). Hubungan suami untuk istri. "Hai suami. Dia adalah untuk mencintainya.. tetapi didiklah mereka dalam pelatihan dan pengajaran Tuhan" (Efesus 6:4). hidup dengan istri Anda dengan pemahaman sifat lemah mereka belum menunjukkan mereka menghormati sebagai co-pewaris dari kasih karunia kehidupan. b..

Hal itu menjadi tantangan untuk pendidikan anak-anak agar orang tua menggali. "Anak-anak. ayahnya telah dilakukan" (2 Tawarikh 26:3-4).. Banyak anak mengalami frustrasi dalam perkembangannya karena diberi cap tertentu oleh orang tuanya. Tekanan itu dapat membentuk jiwa pemberontak. dan jangan menolak ajaran ibumu" (Amsal 1:8). Allahmu. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam hubungan antara orang tua dan anak. untuk instruksi ayahmu. dan mengembangkan setiap bakat anak. dan mempunyai kekayaan kepribadian tersendiri. Anak-anak belajar dari orangtua mereka. "Tetapi jika ada janda memiliki anak atau cucu.."Uzia . "Dengar. anak saya. karena ini menyenangkan di dalam Tuhan" (Kolose 3:20). sehingga harga diri tertekan. karena ini adalah benar" (Efesus 6:1). dan para tuan dan para hamba diperingatkan bahwa Tuhan mereka adalah Tuhan yang ³tidak memandang muka´ (Roma 2:11. Dengan demikian setiap orang tua Kristen harus mengasihi anak-anaknya tanpa Pilih kasih. Anak-anak harus menaati orang tua mereka. . taatilah orang tuamu di dalam Tuhan. Mereka terus dibandingkan dengan kakak atau adiknya. menghargai. 1. Hubungan anak-anak kepada orang tua mereka: Anak-anak untuk menghormati orangtua mereka. kepadamu" (Keluaran 20:12). melakukan apa yang benar di mata Tuhan sebagai Amazia. Anak-anak untuk menyediakan bagi orang tua yang membutuhkan mereka. Akibat kasih yang tidak merata dan tidak adanya kesatuan antara kedua orang tua maka akibatnya akan dipanen pada masa mendatang (contoh Ishak dan Ribka) Alkitab mengajarkan bahwa ³Allah tidak memandang bulu´. Efesus 6:9). mereka harus belajar untuk mempraktekkan agama mereka terhadap keluarga mereka sendiri pertama dan untuk membayar orang tua mereka. "Anak-anak. untuk ini menyenangkan Tuhan" (1 Timotius 5:4). taatilah orang tuamu dalam segala hal. Anak merupakan berkat khusus yang Tuhan percayakan kepada sebuah keluarga. Kasih yang merata Setiap manusia merupakan µgambar Allah¶. "Hormatilah ayahmu dan ibumu sehingga Anda mungkin memiliki umur yang panjang di tanah yang diberikan TUHAN.

hal tersebut menjadi titik tolak yang menentukan dalam pendidikan orang tua terhadap anak dan juga menentukan dalam perkembangan anak itu sendiri (contoh Yusuf). Orang tua dituntut dalam seluruh kepribadiannya. Menerima kehadiran anak dengan sukacita Suami dan istri harus menerima kehadiran anak dengan rasa sukacita. Orang tua harus menyadari bahwa di balik segala penolakan terhadap perkara-perkara rohani.D. membicarakan firman Allah "apabila duduk di rumahmu.2. demikian sebaliknya. Dalam keadaan yang wajar. ³orang tuaku tidak mengerti aku. Bagaimana jika orang tua bekerja? Orang tua harus berdoa bersama dan bertanya kepada Tuhan dengan membentangkan situasi keluarga di hadapan Tuhan. 3. mereka akan mendapat dari Tuhan sejahtera untuk hal itu. Menjaga Komunikasi Tantangan yang dihadapi oleh orang tua dalam pendidikan anak. mengambil kesempatan bercakap-cakap bila kesempatan itu muncul. tidak ada orang lain yang mempunyai keintiman hubungan dengan seorang anak seperti orang tuanya. Mereka harus bertanggung jawab atas keberhasilan dan kegagalan pendidikan anak-anak. yang sebenarnya sangat merindukan Tuhan. Orang tua harus terjun dalam minat dan alam pikiran mereka. apabila berbaring dan apabila engkau bangun". meskipun kurang baik dalam pengertian kita. perintah Allah pada orang tua untuk mendidik dan mengajarkan pada anak mereka prinsip-prinsip hidup beriman. Kedua hal ini menyebabkan peranan unik orang tua dalam pendidikan Kristen di keluarga. Prinsipnya anak-anak harus tetap diperhatikan. Mereka harus bertanggung jawab atas keadaan anak-anaknya. dapat dilakukan. bahkan keadaan rohaninya diuji. khususnya anak yang memasuki masa remaja adalah jurang komunikasi (contoh Yusuf dan Maria). hiduplah jiwa anak yang kosong dan kacau. Juga tidak ada orang lain yang mempunyai banyak kesempatan dan waktu untuk berhubungan dengan anak seperti orang tuanya. tidak mempunyai kesempatan untuk mempengaruhi anak itu . Memang wajarlah anak-anak remaja dalam pergumulan pertumbuhan jiwa dan tubuhnya mengalami fase di mana mereka berkata. Karena adanya keunikan seperti ini. maka perintah Allah untuk "mengajar berulang-ulang". Dan orang tua harus tetap dalam kesadaran bahwa menikah adalah suatu panggilan dan tanggung jawab di hadapan Tuhan yang tidak boleh dilalaikan atau digampangkan. (contoh Yusuf dan Maria) 4. 5. apakah Tuhan menghendaki mereka berdua bekerja atau salah satu saja yang bekerja. yang bertemu 5 jam sehari dengan seorang anak. bahkan aku tidak mengerti diriku sendiri. KEUNIKAN PERAN ORANG TUA DI DALAM PENDIDIKAN KRISTEN Dari Ulangan 6: 4-9 kita mendapatkan secara jelas. bilamana mereka makin lama makin menyadari bahwa kehadiran mereka sebenarnya tidak diinginkan oleh orang tuanya. Mereka haus akan kasih dan mencari kompensasi kasih di luar rumahnya. Para ayah tidak boleh menyerahkan masalah pendidikan kepada para ibu saja. Banyak anak mengalami komplikasi jiwa. menghargai dan menampung pikiran dan pandangan mereka. Anak-anak membutuhkan waktu dan perhatian kedua orang tuanya.´ Sebab itu sangat perlu bagi orang tua menjembatani jurang itu. Mendidik anak secara bersama Mendidik anak bukanlah sesuatu yang mudah. Guru pendidikan umum (misalnya S.). dan terutama mengajak mereka secara informal membaca Alkitab dan berdoa.

Bila setelah meninggalkan masa kanak-kanak seorang berkepribadian tidak sehat. Untuk ini kita sangat diingatkan pada Amsal 22:6. bayi. sikap hidup. Psikologi juga sadar akan masa kritis pembentukan kepribadian seorang sebelum ia mencapai umur kira-kira delapan tahun. PEMBENTUKAN KEPERIBADIAN ANAK HIDUP DALAM SUASANA KEHADIRAN KRISTUS FAMILY ALTAR I. Kasih Allah (Agape) yang tanpa syarat (lihat Unconditional Love ini dalam Roma 5:6. 8. Setelah anak itu lahir dan mulai dibesarkan. Pembentukan dan penularan kepribadian terjadi pada seorang terutama pada masa mudanya.akan memberikan pengaruh yang negatif pada kepribadian anaknya). nasihat atau wejangan. 13:34 menjadi dasar perlakuan kita pada . Di samping melalui mulut. Artikel ini membahas peranan orang tua dalam pendidikan Kristen dari tiga segi. Jadi terdapat pengaruh psikis di samping tentunya pengaruh fisik. ibu yang pemarah dan suka berteriak-teriak pada bulan-bulan akhir kandungannya . 10) seperti diperintahkan dalam Yoh. anak tidak dipelihara kakek nenek atau di"serahkan" pada pembantu rumah tangga). nilai-nilai dan cara berpikirnya (yang dikiaskan dengan "tanda pada tanganmu" dan "lambang di dahimu"). PEMBENTUKAN KEPERIBADIAN ANAK Dalam keadaan wajar (misalnya anak bukan yatim piatu. Faktor-faktor apakah yang perlu diperhatikan dalam pembentukan kepribadian sehat itu? A. bahkan pada waktu ia masih janin di dalam kandungan. orang tua merupakan orang yang paling penting dalam pembentukan kepribadian seseorang. Agape sebagai dasar Dalam mendidik anak. dan keadaan emosinya.misalnya karena suaminya menyeleweng pada waktu itu .sebanyak orang tuanya. III. dan (III) Family Altar. Rumah (dan bahkan kalau mungkin kota/negara) kita haruslah disaturasi (saturated) dengan Firman Allah itu. sikap. Yang dimaksudkan masa muda di sini bukan saja pada masa kanak-kanak. rokok yang dihisapnya. II. Beberapa minggu sebelum seorang dilahirkan pun proses pembentukan kepribadiannya sudah dimulai. Gereja Roma Katolik sadar akan pentingnya pendidikan pada masa muda ini hingga mereka menginvestasikan banyak dana dan usaha dalam pendidikan anak. orang tua juga harus mengajarkan firman Allah melalui tingkah laku. I. tingkah laku dan pendapat orang tuanya padanya membentuk kepribadian dasarnya. yaitu (I) Pembentukan Kepribadian Anak. apalagi guru Sekolah Minggunya (hanya sejam atau dua jam seminggu). akan mempengaruhi kepribadian anaknya meskipun ia masih janin (ibu yang perokok berat. kita mencontoh Kristus yang mengubahkan dan mendewasakan kepribadian kita. tetapi juga pada waktu seorang masih balita. Pengaruh iman Kristen ini bukan saja diberikan dalam bentuk kata-kata. Obat-obatan yang dimakan si ibu. (II) Hidup Dalam Suasana Kehadiran Kristus. sangat sukar mengubahnya menjadi berkepribadian sehat kelak.

hanyalah Kristus yang dapat memperbaiki hidup dan kepribadiannya. memperhatikannya. dimaki-maki. Disiplin dan Tanggung Jawab Seorang harus hidup berdisiplin dan bertanggung jawab agar berbahagia. Kasih agape secara mutlak harus tetap ada dan aktif. diacuhkan. Dalam menanamkan disiplin dan tanggung jawab pada anak." Kasih Agape inilah yang dapat menyebabkan basic trust (rasa aman dasar) tumbuh dengan subur dalam diri anak kita. Dalam menghukum anak kita. yang kita benci dan serang adalah tindakan dan sikapnya yang berdosa. Dalam hubungan kita dengan anak kita. mati saja kau!" tetapi "Papa tidak senang Andi berbohong seperti itu. kita juga ingat dan berusaha terus menerapkan definisi Agape . kita tetap mengasihi anak kita apapun sikap dan. ia akan mempunyai kecemasan yang tinggi. seorang akan mengalami banyak problema dalam hidupnya. Banyak ahli pendidik tidak menyetujui sama sekali penggunaan pukulan."menghendaki. Ia tidak akan "kerasan" hidup dalam dunia ini. kita ingat bahwa Alkitab mengajarkan dan memerintahkan kita untuk juga menggunakan hajaran (bukan ajaran saja) bila seorang kanak-kanak memerlukannya (Amsal 13:24. serta selalu menghargai dan respek terhadap ciptaan dan peta Allah ini. 23:13. dan melakukan yang baik bagi kekasih kita (dalam hal ini anak kita). ia akan "melukai" orang lain agar tidak "dilukai" lebih dulu. Agape yang menumbuhkan basic trust ini mengharuskan kita hangat pada anak kita.") Sama seperti Allah membenci dosa kita tetapi mengasihi kita orang berdosa. ia tidak tahan dan takut pada stress yang wajar hingga tidak dapat sungguh-sungguh hidup efektif dan berprestasi.dan kelak korupsi . ia akan memusuhi dan memandang manusia lainnya dengan curiga atau takut. bahwa menghadapi lampu merah ia harus berhenti. Efesus 6:4). Bila ini terjadi pada seorang. 22:15.tidak boleh dilakukan. Ada juga batasan ketika menggunakan hajaran untuk mendidik. 14. kita memeluknya. seorang tidak akan "yakin" bahwa nyontek . Segera setelah kita menghukumnya. tidak bila anak kita "nakal" kreatif tetapi bila ia nakal memberontak dan pemalas). Ibrani 12:5-10). perbuatan dosanya. tetapi kehendak Allah jelas dalam hal ini. bahwa PR harus dikerjakan. Tentunya kita harus bijaksana dalam menggunakan hajaran (misalnya. Kita selalu menerimanya penuh dan tanpa syarat. Kita tidak boleh menginginkan kecelakaan dan "kerusakan" anak kita itu (Amsal 19:18) tetapi selalu menghendaki dan bertindak demi kebaikan anak kita itu (lihat definisi agape di atas). bukan anak kita itu (kits tidak berkata: "Anak. merencanakan. B. misalnya tidak menghajar sebagai pelampiasan emosi karena kita sedang frustrasi atau marah. bahwa hutang harus dibayar. dan bahwa meja . 29:15. Seorang anak balita yang selalu dipukul. brengsek. pendusta. Disiplin ini paling mudah ditanamkan dan melekat pada masa kanak-kanak. tidak akan mempunyai basic trust yang memadai. ia akan merasa tidak berharga (dengan segala macam problema yang mengikuti "minder" ini) dan menjadi musuh bagi dirinya sendiri. Agape ini akan menghindarkan sakit hati dalam diri anak pada waktu kita menghajarnya (Kolose 3:21. dan dihina. banyak menjamah dan memeluknya pada masa kanak-kanaknya. Kepribadiannya akan menjadi parah.anak kita. Tanpa hajaran dalam agape pada masa kanak-kanak. Tanpa adanya dan berkembangnya basic trust yang memadai pada masa pembentukan kepribadiannya.

II. kehadiran Kristus dalam hidup kita adalah suatu fakta (Matius 1:23. Entah kita merasakan hadirat-Nya atau tidak. Persekutuan ini terjadi baik di gereja bila kita berbakti. sifat pembohong ini akan diserap anak mereka. perasaan dan pandangan-Nya. waktu kita berdoa. membaca Alkitab dan bersaat teduh. Seorang anak menyerap nilai. 28:20). sebagai orang tua kita sendiri harus mempunyai kepribadian yang sehat dan dewasa. Sama seperti rasul Paulus kemudian kita berkata pada anak kita "Jadilah pengikutku sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus" (I Kor.) .atasan tidak boleh di gebrak balik. anak kita makin hari makin dibentuk kepribadiannya menjadi seperti Kristus melalui penyerapan juga. Suatu pertanyaan penting yang akan mengubah kepribadian dan sikap kita sehari-hari ialah: Apakah kita memperlakukan Kristus serta bertindak. Di samping melalui pengajaran "formal" (di Sekolah Minggu. Anak kita perlu merasakan kehadiran Kristus di mana-mana dalam hidupnya sehari-hari melalui orang tuanya. Kemahahadiran Allah kita ajarkan pada anak kita bila kita sering berbicara dengan Allah di segala tempat (bukan hanya dalam doa yang disertai tekuk lutut dan kata-kata indah. sikap. tetapi juga . mereka tidak perlu berkata. 11: 1). berbicara dan berpikir dengan kesadaran (awareness) bahwa Ia. Dalam memperkenalkan siapa Kristus itu kepada anak kita. ataukah kita menganggap-Nya sebagai angin saja. bila kita Hidup Dalam Suasana Kehadiran Kristus. Contoh (a).dan yang terutama . Yang Mahakudus." Karena hal itulah. Kalau mereka tidak jujur. HIDUP DALAM SUASANA KEHADIRAN KRISTUS Kepribadian orang tua ditularkan pada anak melalui penyerapan lebih daripada melalui katakata. Hidup dengan kesadaran kuat bahwa Kristus berdiri di camping kita tiap saat ini saga sebut HIDUP DALAM SUASANA KEHADIRAN KRISTUS. Kita sendiri akan diubahkan menjadi seperti Kristus (Roma 8:29. pada waktu kita bersaat teduh dengannya dan waktu menceritakan cerita-cerita Alkitab padanya). bersikap. Perubahan kepribadian kita untuk menjadi dewasa seperti Kristus juga kita peroleh dengan "menyerap" sifat-sifat Kristus waktu kita bersekutu dengan-Nya. Filipi 2:5. dengan sangat efektif kita dapat mengajarkan sifat-sifat Allah. nilai-nilai Kristus. dan mengacuhkanNya. Hati nuraninya juga tidak akan terbentuk secara peka dan lengkap. serta respons kita seharusnya pada-Nya. Efesus 4:13). Kita berbicara dengan Allah seperti kita berbicara dengan isteri yang berdiri di samping kita. Anak kita menyerapnya dari kita sementara kita menyerapnya dari Kristus. keadaan ini akan mendarah daging dan menjadi bagian dari kepribadian kita. sikap dan pandangan orang tuanya dan menjadikannya miliknya. tetapi dalam segala situasi dan posisi dengan kata-kata sederhana. Sering penularan ini terjadi tanpa disadari orang tuanya karena banyak aspek kepribadian orang tua dipancarkan tanpa mereka sadari. ada di samping kita setiap saat. Jikalau kita menerapkan secara konsisten dan terus menerus Hidup Dalam Suasana Kehadiran Kristus.dalam hidup sehari-hari kita. "Jadilah seorang pembohong.

Di tiap buku Alkitab diminta dan diperintahkan perubahan kelakuan. FAMILY ALTAR Di samping hidup dalam suasana kehadiran Kristus. pikiran dan iman) diri dan anak kita. Dalam buku terkenal "In His Steps." penduduk suatu tempat. iman. agar kita tidak menularkan ke"parisi"an kepada anak kita. pandangan. Kepasrahan pada Allah kita ajarkan pada anak kita dengan sikap iman dan keteguhan (bukan kecemasan dan ketakutan) pada masa krisis dan kritis. Sekali lagi yang saya maksudkan bukan saja waktu kita berdoa dengan bertekuk lutut dan melipat tangan. kecemasan. nilai-nilai. Jadi kita tidak hanya mengarah pada pembentukan tingkah laku tetapi seluruh kepribadian (perbuatan. sikap. damai Kristus (yang menyebabkanNya dapat tidur lelap di buritan perahu di tengah badai) karena sadar (aware) akan kehadiran Kristus di sisi kita. bertekad untuk selalu bertindak seperti Kristus. Kita bukan saja bertindak seperti Kristus tetapi juga merasakan pengharapan. Hidup dalam suasana kehadiran Kristus ini lebih dari hanya menanyakan pertanyaan itu. Yesus.(b). Tesis Alkitab justru menyatakan bahwa di dalam Kristusada perubahan." bukannya sebagai suatu keharusan karena yang lain . menghindari segala macam dusta (termasuk dusta-dusta kecil atau dosa-dosa putih). tetapi dalam suasana biasa kita berkata: "Terima kasih. Kepekaan terhadap kebenaran kita tularkan pada anak kita jika kita sendiri sangat sensitif terhadap dusta dan bohong. (e). bertambah lama bertambah dewasa seperti Kristus. Mereka selalu bertanya "Apa yang akan dilakukan Kristus bila Ia ada di tempatku?" apabila harus bertindak atau memutuskan sesuatu. Kemahakuasaan Allah serta Allah sebagai sumber pertolongan kita ajarkan bila kita membiasakan diri sering memohon pertolongan Allah seperti kita minta tolong suami kita melakukan sesuatu. III. (c). Kristuslah yang merubah hidup kita. 4:15). bukan saja perubahan tingkah laku tetapi juga perubahan kepribadian. bukannya suatu kebaktian dan penyembahan yang "dalam. sikap. Dalam hal ini tentunya perlu diterapkan terus "kebenaran di dalam kasih" (Ef. perasaan. Di sini letak salah satu perbedaan antara theologi dan psikologi. putus asa yang banyak merongrong kepribadian kita. iman. dan bila diperlukan perubahan. Perlu ada Family Altar. Lenyaplah ketakutan. bukan usaha manusia itu sendiri. Tentunya perubahan ini adalah karya dan anugerah Allah dalam hidup manusia. Psikologi tidak terlalu optimis terhadap kemungkinan perubahan kepribadian seorang (bahkan ada psikologpsikolog yang berpendapat bahwa setelah kepribadian terbentuk. Perubahan total terjadi pada waktu lahir baru dan setelah itu tiap hari kita harus berubah. tidak akan dapat diubah lagi). perlu ada saat-saat tertentu kita bersekutu dengan Allah sebagai satu keluarga." Bukankah kita juga mengajar anak-anak kita untuk berterima kasih bila diberi sesuatu? (d). Hati yang bersyukur akan menjadi bagian dalam hidup anak kita bila ia tahu sehariharinya kita sering berterima kasih pada Kristus. Tujuan utama Family Altar bukan mengajarkan isi Alkitab.

bukan untuk menenangkan rasa bersalah pada orang tua. ada yang pada waktu makan pagi atau malam. Evaluasi dari ajaran yang dibaca waktu Family Altar tambah lama tambah dapat dibahas. Kita juga mengharapkan adanya pembentukan kepribadian yang sehat melalui Family Altar tetapi kita harus berhati-hati agar tidak timbul kesan adanya "pesan sponsor" (etika) yang . ataupun langsung dari Alkitab. Pada waktu anak kita masih kecil. Arti dari materi ajaran juga dapat ditanyakan. Anak tidak boleh ditertawakan waktu menyatakan pendapatnya. Ada keluarga yang senang berkumpul bersama setiap pagi setelah membersihkan diri. Unsur-unsur ini bukan suatu yang mutlak harus ada pada tiap Family Altar tetapi hanya sebagai patokan: (1) Ajaran. setelah mulai dewasa sekali-kali dapat diadakan diskusi sederhana di mana ia dapat mulai menyatakan pendapatnya. interest anggota keluarga. Kita tidak perlu secara ketat mengikuti suatu program saat teduh yang sering menyebabkan ketegangan dan kekakuan.melakukannya. Secara sederhana. (3) Doa. Kejujuran dan ketulusan adalah sangat penting. Di sini dapat dipakai cerita Alkitab bagi kanak-kanak. (2) Pujian. syafaat keluarga dan permohonan bagi orang lain. Kita tidak dapat berpurapura di hadapan mereka. usia. Dalam doa. Anak kecil mungkin belum dapat memimpin doa. Family Altar sebaiknya merupakan saat yang menyenangkan bagi tiap anggota keluarga hingga tidak akan menyebabkan suatu beban. buku-buku rohani lainnya. Tentang sulitnya bahan atau materi yang dipakai tentunya harus disesuaikan dengan keadaan anak. bukannya suatu ritus yang harus tiap hari dilakukan. termasuk yang masih kanak-kanak. buku penuntun saat teduh. ada yang sore hari ataupun sebelum tidur. hangat dan menyenangkan. Bahasa yang digunakan juga tidak perlu muluk-muluk. Pendapat ini harus dihargai dan tidak boleh diremehkan. tujuan utama Family Altar ialah persekutuan keluarga dengan Kristus. Kelak aplikasi juga diminta untuk diterapkan keluarga. tidak boleh kaku. betapa pun sepele rasanya pendapat itu bagi orang dewasa. Perubahan harus dapat terjadi disesuaikan dengan perubahan jadwal. tetapi ia dapat memilih nomor lagu. Program yang dipakai Ada tiga unsur utama dalam Family Altar. Tambah dewasa anak kita. Perlu juga diusahakan agar waktu untuk Family Altar tidak terdesak oleh kesibukankesibukan lain. doa yang dinaikkan lebih bersifat komunikasi terbuka (tidak doa-doa yang terstruktur saja). dinaikkan ucapan syukur keluarga. Pengetahuan Alkitab yang bertambah. Suatu syarat penting demi berhasilnya Family Altar ialah adanya suasana yang rileks. Format Family Altar harus fleksibel. Satu atau dua lagu dapat dinyanyikan pada waktu Family Altar. Kemunafikan akan menyebabkan mereka segan berpartisipasi dalam Family Altar. adalah hasil sampingan. Anggota keluarga'kita sangat tahu akan keadaan kita sehari-hari. Perlu diusahakan agar tiap anggota merasa bahwa ia ikut memiliki Family Altar ini. fakta dari pelajaran yang dibaca dapat ditanyakan. Tiap anggota keluarga harus ikut mengambil bagian dalam Family Altar ini. dan kadangkadang adanya penyembahan yang dalam.

beliau mempunyai seorang putra dan seorang putri. Bethany Nazarene College. Jonathan A. Div.A. Beliau juga mengajar di Lembaga Pendidikan Theologia Bethel Jakarta. Kita puas bila melalui Family Altar tiap anggota tiap hari.Pernikahan Kristen suatu usaha dalam Kristus .Konseling Pra Nikah . M. pujian dan ucapan syukur. Min. Dengan istrinya.harus jelas dan harus ada tiap kali. Tidak boleh ada kesan bahwa Family Altar adalah kesempatan dan alat orang tua mengkhotbahi anak mereka tiap hari.. Buku-buku oleh Dr. Oklahoma City Southwestern College) adalah seorang konselor dan Pendeta Gereja Bethel Indonesia. Trisna (D.. Jonathan A.. Dr. Philips University.A. M. betapapun sedikitnya. datang pada Kristus dalam doa. Harjanti. Nazarene Theological Seminary. B..Berpacaran dan Memilih Teman Hidup . Persekutuan dengan Kristus harus selalu menjadi tujuan utama. Trisna: .

"Siapa pun yang menyerang ayahnya atau ibunya harus dihukum mati." (NIV) Amsal 23:25 . tetapi anak bodoh kesedihan ibunya.". semoga dia yang memberi Anda lahir bersukacita!" (NIV) . karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya. kepadamu" (NIV) Keluaran 21:15 ." (NIV) Amsal 10:01 ."Bapa." (NIV) Amsal 3:11-12 .. atau mereka akan menjadi kecewa. janganlah anggap rendah disiplin TUHAN dan tidak membenci hardik-Nya." Mantra adalah menipu."Dengar. Allahmu."The amsal Salomo: Anak yang bijak mendatangkan sukacita kepada ayahnya.Kesimpulan Alkitab berisi rencana Tuhan untuk mencapai kualitas dan kesehatan dalam kehidupan keluarga. suaminya juga." . Kristen dibatasi untuk mengambil sangat serius Firman Allah yang berkaitan dIngin tahu apa yang Alkitab katakan tentang bergaul dengan orang tua Anda ? Berikut adalah beberapa ayat Alkitab yang membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang apa yang Tuhan harapkan dari remaja Kristen dan orang tua mereka: Keluaran 20:12 . tetapi seorang wanita yang takut akan TUHAN adalah menjadi dipuji Berikan hadiah dia telah mendapatkan gelar. dan instruksi yang setia di lidahnya Dia mengawasi urusan rumah tangga dan tidak makan roti kemalasan anak-anaknya muncul dan memanggil memberkatinya. Hormatilah ayahmu dan ibumu supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN."Sebagai seorang ayah memiliki belas kasih pada anak-anaknya."Semoga ayah dan ibu Anda senang. dia bekerja membawa memuji dia di pintu gerbang kota ". sebagai seorang ayah [a] putra yang nikmat masuk (NIV) Amsal 23:24 . dan biarkan."Hai anakku. sehingga TUHAN menaruh belas kasihan pada orang-orang yang takut akan Dia. Amsal 31:26-31 . tetapi Anda melebihi mereka semua. jangan memahitkan anak-anak Anda. dan keindahan cepat berlalu."Ayah dari orang benar memiliki sukacita yang besar." (NIV) Amsal 01:08 ." (NIV) Kolose 3:21 ."Dia berbicara dengan hikmat. untuk instruksi ayahmu dan tidak meninggalkan ajaran ibumu. ia yang memiliki seorang putra yang bijaksana senang dalam dirinya. dan dia memuji dia: "Banyak perempuan melakukan hal-hal mulia. anak saya. (NIV) Mazmur 103:13 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->