1

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS DR. SOETOMO – 2007/2009 – fs_tbs@yahoo,com
I. SISTEMATIKA PENULISAN SKRIPSI Secara umum naskah skripsi terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian awal, inti, dan akhir. A. BAGIAN AWAL Bagian awal skripsi meliputi halaman judul, halaman persetujuan, halaman pengesahan, halaman persembahan (bila ada), abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel (bila ada), daftar gambar/grafik (bila ada), daftar lampiran (bila ada), atau daftar lainnya, seperti lambang/simbol, dan huruf fonetis (bila ada). 1. Halaman Judul Halaman judul mencakup halaman sampul luar dan halaman sampul dalam. Pada sampul luar (cover), ditulis judul, kata SKRIPSI (THESIS), nama peneliti (mahasiswa), nomor induk mahasiswa, logo UNIVERSITAS, nama lembaga (nama universitas, fakultas dan jurusan), kota dan tahun. a. Judul skripsi diketik dengan huruf kapital semua. Judul skripsi singkat (maksimal 16 kata) dan menggambarkan dengan tepat hal-hal yang diteliti. Sampul dalam lihat contoh. b. Nama penyusun skripsi menggunakan huruf kecil, kecuali huruf pertama unsur nama menggunakan huruf kapital. Di bawah nama dituliskan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). c. Nama lembaga dituliskan dengan huruf kapital seluruhnya dan diatur secara simetris. d. Nama kota ditulis dengan huruf kapital dan tahun dituliskan dengan angka latin tanpa didahului kata tahun. Contoh Sampul Luar – Jarak Antar Elemen Harus Proporsional.
THE FIGURATIVE LANGUAGE AND THE INTENDED MEANING A LITERACY APPROACH WITH REFERENCE TO SOME MEMORABLE POEMS THESIS By Anita Wilujeng NIM 2002616456 (University Logo) DR. SOETOMO UNIVERSITY FACULTY OF LETTERS ENGLISH DEPARTMENT SURABAYA – 2007

BAHASA FIGURATIF DAN MAKNA TERSEMBUNYI PENDEKATAN LITERASI DENGAN REFERENSI SEJUMLAH PUISI SKRIPSI Oleh Anita Wilujeng NIM 2002616456 (Logo Universitas) UNIVERSITAS DR. SOETOMO FAKULTAS SASTRA JURUSAN SASTRA JEPANG SURABAYA – 2007

……. 1 Jika Pembimbing II tidak ada maka hanya satu pembimbing yang menandatangani lembar ini. Pada halaman ini dituliskan nama mahasiswa. Halaman persetujuan ini setelah skripsi diuji dan direvisi. has been approved by the thesis advisors for further approval by the Board of Examiners. Surabaya. nama pembimbing. Halaman Persetujuan (Approval Sheet) Isi halaman ini menunjukkan bahwa penulisan skripsi yang diajukan oleh mahasiswa telah disetujui oleh dosen pembimbing dan konsultan (bila ada) untuk diajukan pada Dekan dan dinyatakan bahwa skripsi siap diuji.Soetomo University in partial fulfillment of the requirement for the degree of Sarjana in English Literature By Anita Wilujeng NIM 2002616456 DR. . Dengan kata lain pada versi akhir skripsi halaman persetujuan ini tidak ada dan diganti dengan halaman pernyataan berisi penjelasan siapa pembimbing skripsi ini Contoh Lembar Persetujuan oleh Pembimbing1 untuk Mengikuti Ujian APPROVAL SHEET This is to certify that the Sarjana’s thesis of …………. Soetomo untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program Sarjana Sastra Oleh Anita Wilujeng NIM 2002616456 UNIVERSITAS DR.. SOETOMO UNIVERSITY FACULTY OF LETTERS ENGLISH DEPARTMENT SURABAYA – 2007 BAHASA FIGURATIF DAN MAKNA TERSEMBUNYI PENDEKATAN LITERASI DENGAN REFERENSI SEJUMLAH PUISI SKRIPSI Diajukan kepada Universitas Dr. ……… Advisor II (Full Name) NIDN.2 Contoh Halaman Lembar Kedua THE FIGURATIVE LANGUAGE AND THE INTENDED MEANING A LITERACY APPROACH WITH REFERENCE TO SOME MEMORABLE POEMS THESIS Presented to Dr. tidak disertakan. Advisor I (Full Name) NIDN. judul skripsi. SOETOMO FAKULTAS SASTRA JURUSAN SASTRA JEPANG SURABAYA – 2007 2. …. dan tanggal persetujuan..

Surabaya. ……. …. Halaman Pengesahan (Approval Sheet) Halaman pengesahan berisi pernyataan oleh Tim Penguji setelah skripsi diuji dan dinyatakan lulus serta diperbaiki dan dijilid sesuai dengan ketentuan.. ini telah diperiksa dan disetujui untuk diuji.. ……. 3. ……... Surabaya. Surabaya. Contoh Lembar Pernyataan oleh Pembimbing setelah Skripsi Diuji dan Direvisi STATEMENT SHEET This is to certify that the Sarjana’s thesis of ………….3 LEMBAR PERSETUJUAN Skripsi oleh ……………. . ……… Advisor II (Full Name) NIDN. ……… Pembimbing II (Nama Lengkap) NIDN. Pembimbing I (Nama Lengkap) NIDN. Advisor I (Full Name) NIDN. ini dibimbing oleh pembimbing yang bertanda tangan di bawah ini. ……… Pembimbing II (Nama Lengkap) NIDN. LEMBAR PERNYATAAN Skripsi oleh ……………. is supervised by the thesis advisor(s) who signs below. Pembimbing I (Nama Lengkap) NIDN. Ketua Jurusan dan Dekan membubuhkan tanda tangan pengesahan pada lembar ini.

Ini telah dipertahankan di depan dewan penguji sebagai persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana dalam bidang Sastra Jepang pada tanggal …………. Anggota Mengetahui Ketua Jurusan Sastra Jepang (Nama Lengkap) NIDN.. . Dr. Faculty of Letters. Member (Full Name) Acknowledged by Head.. Abstrak berisi penjelasan singkat hal-hal penting yang ada dalam karya tulis Contoh Penulisan Abstrak ABSTRACT Wilujeng. Untuk jurusan Sastra Jepang abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jepang. Chair (Full Name) …………………………. Faculty of Letters (Full Name) NIDN . Hartanto Soekmono. Soetomo University. 2007. Dewan Penguji ……………………………. Anggota Dewan Penguji ……………………………. The Figurative Language and the Intended Meaning: A Literacy Approach with Reference to Some Memorable Poems. (June 24th. 4.has been approved by the Board of Examiners as the requirement for the degree of Sarjana in English Literature on …. Anita... Mengesahkan Dekan Fakultas Sastra (Nama Lengkap) NIDN.4 Contoh Lembar Pengesahan Setelah Lulus Ujian Skripsi APPROVAL SHEET This is to certify that the Sarjana’s thesis of ……. ……………………… LEMBAR PENGESAHAN Skripsi oleh ………………. A Thesis.. Ketua Dewan Penguji ……………………………. 2007) …………………………. English Department. yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak skripsi paling banyak 2 halaman dan diketik 1 spasi. 5. English Department (Full Name) NIDN …………………… Approved by Dean. Member (Full Name) …………………………. Advisor: DR. Halaman Persembahan (Dedication Sheet) (jika ada) – Isinya hal-hal yang bersifat pribadi yang ingin dikemukakan oleh penulis pada seseorang atau sejumlah orang . Abstrak (Abstract) Untuk jurusan Sastra Inggris abtrak skripsi ditulis dalam dua bahasa..

BAB PENDAHULUAN Pendahuluan pada umumnya meliputi hal-hal seperti berikut: a. kata depan. judul dan halaman: 9. judul dan halaman: 10. Judul bab ditulis dengan huruf besar. Latar Belakang Masalah Latar belakang masalah menguraikan alasan-alasan mengapa masalah dan/atau pertanyaan penelitian serta tujuan penelitian menjadi fokus penelitian. Daftar tabel ditulis sebagai berikut nomor..5 Key Words: pragmatics. figures of speech. Skripsi. …. Latar Belakang Masalah (Background of the Study) B. Anita. Daftar Gambar/Grafik (List of Figures/Graphics) (bila ada). Daftar Lampiran (Appendices) (bila ada) B. Pembimbing: DR. Ruang Lingkup dan Batasan (Scope and Limitation of the Study) F. Universitas Dr. Jurusan Sastra Inggris. speech acts. Sub-bab ditulis dengan ketentuan hanya huruf awal kata yang ditulis dengan huruf besar kecuali kata-kata yang tergolong function words seperti artikel. Masalah Penelitian (Statement of the Problems) C. Soetomo. (Isi Abstrak) 6. Daftar Tabel (List of Tables) (jika ada). kata sambung. The Figurative Language and the Intended Meaning: A Literacy Approach with Reference to Some Memorable Poems. Kata Pengantar (Acknowledgments) Isi kata pengantar mencakup antara lain pernyataan syukur bahwa proses penulisan skripsi telah dapat diselesaikan dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu kelancaran penulisan skripsi. and hidden meaning. Sistematika Penulisan (Organization of the Thesis) BAB II LANDASAN TEORI (THEORETICAL BACKGROUND) BAB III METODE PENELITIAN (RESEARCH METHODOLOGY) BAB IV ANALISIS (ANALYSIS) BAB V SIMPULAN (CONCLUSION) DAFTAR PUSTAKA (BIBLIOGRAPHY) LAMPIRAN (APPENDICES) 1. Daftar gambar/grafik ditulis sebagai berikut nomor. allusion. dan sebagainya. BAGIAN INTI Bagian inti penulisan skripsi mencakup beberapa bab dan subbab dengan sistematika sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN (INTRODUCTION) A. Hartanto Soekmono. literary pragmatics. Kata Kunci: pragmatics. speech acts. 2007. 7. Fakultas Sastra. sedangkan jarak antar subbab dalam bab 1 (satu) spasi. 8. and hidden meaning. figures of speech. Daftar Isi (Table of Contents) Jarak penulisan daftar isi antar bab 2 (dua) spasi. allusion. Tujuan Penelitian (Objectives of the Study) D. literary pragmatics. Definisi Istilah Kunci (Definition of Key Terms) G. Dalam latar belakang masalah secara tersurat harus jelas subtansi permasalahan (akar permasalahan) yang dikaji dalam . (Abstract Content) ABSTRAK Wilujeng. Manfaat Penelitian (Significance of the Study) E. ….

BAB LANDASAN TEORI Landasan teori berisi kajian dan/atau analisis teoretis untuk menyusun kerangka pemikiran teoretis dalam upaya pemecahan masalah penelitian dan/atau menjawab pertanyaanpertanyaan penelitian serta pencapaian tujuan penelitian. Peran referensi (buku-buku teks) hendaknya dikedepankan. Masalah Penelitian Pada umumnya masalah penelitian disajikan secara terpisah dengan latar belakang masalah. 3. 2) beberapa bukti bahwa masalah yang diajukan belum ada jawaban atau pemecahan yang memuaskan. c. baik kehidupan dalam bidang kerja atau masyarakat. 3) Kedudukan masalah yang diteliti dalan konteks permasalahan yang lebih luas dengan memperhatikan perkembangan bidang yang dikaji. dan jika ini merupakan penelitian ulang (replikasi) harus dijelaskan alasannya mengapa hal itu dilakukan. e. yang akan dilakukan untuk menyiapkan skripsi. f. Pokok isi uraian latar belakang masalah hendaknya mampu meyakinkan pihak lain. Secara operasional permasalahan penelitian yang dimaksud harus gayut (relevan) dengan rumusan masalah dan/atau pertanyaan penelitian yang diajukan. Pada penelitian untuk skripsi masalah dapat dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya. Definisi Istilah Kunci Istilah-istilah penting yang akan digunakan dalam penelitian dimasukkan ke bagian ini sehingga kerancuan dapat dihindari. 2. Ruang Lingkup dan Batasan Pada bagian ini ruang lingkup kajian/analisis dituliskan secara jelas agar penelitian lebih terfokus dan tidak melebar ke mana-mana. Harus dijelaskan bahwa masalah yang diajukan/diteliti belum pernah diteliti oleh siapapun. Masalah dan/atau pertanyaan-pertanyaan penelitian mempunyai peran penting dalam sebuah penelitian. d. Rancangan bagian ini berbeda berdasarkan jenis penelitiannya. g. Dengan kata lain. b. Manfaat Penelitian Rumusan manfaat penelitian hendaknya mampu memberikan gambaran bahwa hasil penelitian yang akan dicapai itu memiliki kontribusi terhadap perkembangan keilmuan atau kesenian sesuai dengan lingkup bidang ilmu yang dikaji dan/atau memberikan jalan ke luar pemecahan permasalahan kehidupan nyata. yang memerlukan pemikiran bidang ilmu yang dikaji. Tujuan Penelitian Rumusan tujuan penelitian yang diajukan hendaknya mampu memberikan gambaran tentang apa yang akan dicapai setelah penelitian tersebut selesai dilakukan. unsur yang perlu diketengahkan dalam latar belakang masalah penelitian sekurang-kurangnya memuat hal-hal berikut: 1) penjelasan dan/atau alasan mengapa masalah dan/atau pertanyaan penelitian yang diteliti itu penting dan menarik untuk diteliti. Dengan rumusan masalah dapat diketahui kesiapan akademik mahasiswa dalam penyusunan rancangan penelitian.6 penelitian atau hal yang menimbulkan pertanyaan penelitian. Sistematika Penulisan Isinya merangkum penjelasan singkat semua bab. terutama pembimbing dan penguji. METODE PENELITIAN Dalam bab metode penelitian dapat diuraikan secara eksplisit semua hal yang berkaitan dengan elemen-elemen yang ada atau boleh ada sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih. Ruang lingkup biasanya membicarakan dan membatasi teori apa saja yang digunakan sedangkan pada batasan yang dibicarakan dan dibatasi adalah sumber data dan data. .

5.7 Penelitian Kualitatif Qualitative Research A. Teknik Analisis Data (Technique of Data Analysis) Penjelasan singkat untuk masing-masing bagian adalah sebagai berikut Penelitian Kualitatif A. bagian ini dapat dihilangkan. 1. Prosedur Pengumpulan Data Prosedur yang digunakan dan waktu yang diperlukan diuraikan secara jelas. Daftar Pustaka Untuk penelitian kualitatif yang hanya menggunakan bahan pustaka. Penelitian Kuantitatif A. Prosedur Pengumpulan Data (Procedure of Data Collecting) E. Teknik Pengumpulan Data Teknik yang digunakan dan waktu yang diperlukan diuraikan secara jelas. Apakah data dikumpulkan melalui kegiatan penelaahan dokumen. Pendekatan Penelitian Deskripsikan secara singkat alasan pemilihan pendekatan yang digunakan disertai dengan spesifikasi penelitian dan orientasi teoritik yang digunakan. ANALISIS Dalam bab ini semua hal yang telah disampaikan dalam metode penelitian digunakan untuk mengeksplorasi data yang diperoleh sehingga semua permasalahan yang disampaikan dalam rumusan masalah dapat ditemukan jawaban atau solusinya. C. Instrumen Penelitian (Research Instrument) D. E. Prosedur Analisis Data Semua hal yang berkaitan dengan kegiatan memilah-milah dan menganalisis data dijelaskan dalam bagian ini. variabel dan tujuan penelitian. wawancara pengetesan dan lain sebagainya juga dijelaskan pada bagian ini. 2 BAGIAN AKHIR Bagian akhir skripsi berisi daftar pustaka dan lampiran. SIMPULAN Bab ini berisi dua hal yakni simpulan dan saran. B. . 4. Rancangan Penelitian Deskripsikan rancangan dan strategi penelitian yang dimaksudkan untuk memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik hipotesis. Teknik Pengumpulan Data (Technique of Data Collecting) E. pengetesan dan lain sebagainya juga dijelaskan pada bagian ini. observasi. E. observasi. C. B. Lokasi Penelitian2 (Research Location) C. D. Karakterisitik populasi menentukan besarnya sampel yang diperlukan dan cara pengambilan yang tepat. Prosedur Analisis Data (Procedure of Data Analysis) Penelitian Kuantitatif Quantitative Research A. Simpulan biasanya berisi rangkuman temuan yang merupakan jawaban permasalahan Saran yang diajukan harus operasional dan relevan dengan simpulan atau temuan penelitian. Sumber Data Sumber data dan jenis data diuraikan secara singkat untuk menunjukkan bahwa data yang digunakan keabsahannya dapat dipertanggungjawabkan. Teknik Analisis Data Jenis analisis data ditentukan oleh jenis data yang dikumpulkan. Instrumen Penelitian Semua instrumen yang digunakan harus dideskripsikan secara rinci untuk memperlihatkan bahwa instrumen tersebut memang tepat dan sesuai penggunaannya. Apakah data dikumpulkan melalui kegiatan penelaahan dokumen. Lokasi Penelitian Uraikan lokasi penelitian dan alasan pemilihannya serta metode kerjanya sehingga dapat dilihat hubungannya dengan topik yang dipilih. C. Jelaskan teknik analisis yang dilakukan untuk jenis data yang berbeda. Sumber Data (Source of Data) D. Rancangan Penelitian (Research Design) B. Populasi dan Sampel Identifikasi batasan-batasan populasi dan sampel. wawancara. D. Pendekatan Penelitian (Research Approach) B. Populasi dan Sampel (Population and Sample) C.

Kertas yang digunakan untuk tabel. 1. b. TATA CARA PENULISAN 1. baik untuk kepentingan uji coba maupun untuk analisis data hasil penelitian (jika ada). foto dan semacamnya (jika ada). pias bawah : 3 cm atau gunakan format A4 pada page setup dengan margin standar pada komputer. sumber data pendek seperti lirik lagu. Pias Pengetikan Format kertas yang diketik menggunakan ukuran pias kurang lebih seperti berikut : a. DAN TATA CARA PENULISAN A. FORMAT 1. b. pias kiri : 4 cm b. jurnal. Rujukan dari internet termasuk daftar pustaka dengan menyebutkan penulis dan homepage sumber internet yang diacu. c. II. majalah ilmiah. . d. Penomoran Halaman Penomoran halaman pada skripsi mengikuti aturan berikut. dan sinopsis. (jika ada). transkrip hasil wawancara (jika ada). a. huruf. Kertas yang digunakan untuk naskah skripsi adalah kertas HVS 70 gram. atau dokumen yang lain dirujuk dalam mempersiapan penelitian dan penulisan skripsi disajikan dalam bentuk daftar pustaka.. b. Spasi dan Jenis Huruf Jarak pengetikan (spasi) dan ukuran huruf untuk penulisan skripsi adalah sebagai berikut: a. d. gambar (termasuk foto). dsb. lembar tanda tangan dosen pembimbing dan penguji hendaknya menggunakan kertas berwarna biru muda dan berlogo universitas. dan jenis huruf yang digunakan adalah TIMES NEW ROMAN dan seluruh naskah skripsi menggunakan jenis (tipe) huruf yang sama. Skripsi diketik dengan jarak 2 (dua) spasi dan tidak bolak balik. Tata cara penulisan daftar pustaka (termasuk yang diambil dari internet) dijelaskan setelah ini. pias atas : 4 cm c. C. Lambang. 2. BAHAN. f. 3. c. 4. Semua buku. Alinea (paragraf) diketik masuk ke dalam menggunakan ‘tab’. tanda-tanda dan gambar yang tidak dapat dikerjakan dengan komputer. puisi. FORMAT. dan tinta yang digunakan adalah tinta hitam.8 Daftar pustaka merupakan daftar buku atau referensi yang dirujuk dalam mempersiapkan penelitian dan penulisan skripsi. Lampiran Hal-hal yang dilampirkan dalam skripsi antara lain: surat-surat yang berkaitan dengan penelitian. Huruf yang digunakan berukuran 12 pt. berwarna putih. Setiap bab dimulai dengan halaman baru (halaman berikutnya) dan nomor halamannya diketik di tengah-tengah bagian bawah. a. Sampul luar tesis berupa karton dilapis dengan kertas berwarna putih (hard cover) dilengkapi dengan logo universitas. e. latar belakang pengarang. surat jawaban dari pimpinan instansi/daerah yang diteliti (jika ada). perhitungan statistik. Nomor halaman naskah skripsi diketik dengan angka latin di sudut kanan atas. dibuat/ditulis tangan dengan rapi menggunakan tinta hitam (tinta cina). 2. seperti surat izin. BAHAN Bahan kertas dan tinta yang digunakan untuk skripsi diatur sebagai berikut. 2. jika ada.70 cm). sama dengan naskah skripsi. B. ukuran A4 (21x29. pias kanan : 3 cm d. Lembar pengesahan. gambar yang penting tetapi tidak disajikan dalam naskah skripsi (jika ada).

Untuk nomor bab digunakan huruf/angka romawi besar.2 dan seterusnya. Judul subbab (A. c.) diketik mulai dari tepi (margin) kiri. ------B.B.C dst. -------Anak dari anak sub-subbab 1) -------2) -------Jika masih ada tingkatan yang lebih kecil lagi digunakan a) -----b) -----(1) -----(2) -----(a) ------(b) ------4. dan anak sub-subbab digunakan huruf kecil a. b. subbab. sub-subbab menggunakan angka latin dengan titik. misalnya tabel pada bab I diberi nomor Tabel 1. dan seterusnya. Lebar tabel.C. grafik.1. di tengah-tengah bagian bawah. Misalnya. dan tabel pada bab II diberi nomor Tabel 2. -------Anak sub-subbab -------a. Halaman judul dalam tidak perlu diberi halaman. Tabel 2. grafik. karena setiap pemecahan isi subbab ke sub-subbab tidak sama. Secara keseluruhan pola umum penomorannya seperti di bawah ini. a. sub-subbab. ------Sub-subbab 1.B. penomoran tabel dibuat sesuai dengan bab. a.2. dan seterusnya digunakan ketentuan berikut: a. dan subbab menyesuaikan. Bab . -------b.9 c. Bagian awal naskah skripsi diberi halaman dengan angka romawi kecil. digunakan nomor campuran angka dan huruf. c. Judul bab dituliskan secara simetris dengan huruf kapital seluruhnya. d. -------2. b. 2. Penomoran gambar dan grafik sama dengan penomoran tabel. Pengetikan nomor halaman tidak dibenarkan diberi tanda apapun. Gambar. subbab menggunakan huruf besar A. 3. nomor tabel digunakan angka latin. Penulisan Tabel. Judul tabel diketik di atas tabel. cukup angka/nomor halaman yang dimaksud. kata bab I ditulis pada baris pertama. Sistematika Pembagian Bab Sistem pembagian bab sesuai dengan tingkatan bab. tetapi nomor urutan halamannya diperhitungkan. Tabel 1. I II Subbab A. Apabila dalam naskah skripsi yang ditulis tersebut cukup banyak tabel di setiap bab. b. gambar. dan seterusnya dan diakhiri dengan titik. Jika masih terdapat pembagian yang lebih kecil lagi digunakan angka latin dengan tanda kurung tutup dan seterusnya huruf kecil dengan tanda kurung tutup. b. dan nomornya diketik di bawah gambar/grafik. dan Semacamnya Penulisan tabel. sedangkan pendahuluan ditulis pada baris bawahnya. Judul/nama gambar. gambar harus sama dengan lebar halaman sesuai dengan format ketikan. atau lainnya mengikuti aturan berikut.1. Penggunaan Huruf Penggunaan huruf dalam skripsi diatur sebagai berikut.

Facis and Quesses.. d. kota penerbit. New Jersey: Educational Technology.J. Dubin.. 1971b. 1996. 1966. Berikut adalah contoh lengkap semua variasi sumber daftar pustaka yang mungkin digunakan dan tata cara penulisannya mengikuti aturan sebagai berikut. David. Designing Tasks for the Communicative Classroom. Beverlly Hills. and Dustin Doff. Mosby Co. tahun penerbitan. 5. 1971a. judul buku (diketik miring). judul tulisan (dalam tanda petik). seperti dan..). Gelar kesarjanaan penulis buku tidak disertakan. judul buku (diketik miring).1988. Simulated International Processes: Theories and Research in Global Modeling.J. (Eds. Cambridge: Porpoise Books e. nama editor. Junaida. Jakarta: PPST b. dituliskan dengan huruf kecil semua. semua nama penulis ditulis lengkap. W. Buku dengan Editor Guetzknow. Briggs (Ed. Penulis kedua dan seterusnya ditulis tanpa adanya pembalikan Klafs. a. kecuali pada kata-kata tugas. Analisis Statistik. Penulisan Daftar Pustaka Semua daftar pustaka ditulis dengan menggunakan spasi tunggal dimulai dari margin kiri normal dan diakhiri pada margin kanan yang juga normal. 1971c. Cambridge: Porpoise Books Gordon. Buku kumpulan tulisan dengan editor ditulis dengan urutan: nama penulis. W. St. 24-46. The Art of the Possible. 1981. 1989. dan nama penerbit. dan Rachmat Sandira. In Leslie J. Burton.J.. Ketentuan rata kiri dan rata kanan harus diaplikasikan. and Merrill Johnson. Washington.10 Judul ini ditulis dengan huruf kapital hanya pada bagian awal masing-masing kata. Donald Kemp.J.). tahun penerbitan. Cambridge: Porpoise Books Gordon. Rahmat. Needs. disajikan dalam urutan penulisan (diketik dengan pendahuluan nama marga atau second name/last name. kota penerbit. untuk nama orang Indonesia yang tidak bermarga. Dua buku atau lebih dengan seorang penulis dan tahun penerbitan sama Gordon. Liang Gie. Yogyakarta: Kanisius Santoso. Fraida. . Course Design – Developing Programs and Materials for Language Learning. bagi. nama penulis Cina diketik seperti apa adanya (tidak dibalik). Gloria Daft. W. and Priorities“. H.J. jika nama terdiri atas dua suku kata harus juga dibalik. Buku dengan dua penulis atau lebih. untuk. Equality of Educational Opportunity. 1997. Ron. and Proze Stubborn. and Proze Stubborn. J. New York: Cambridge University Press Nunan. dan nama penerbit. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama c. The Basic Course in Sinectics.K. “Need Assesment: Goals. 2002. California: Sage Publications. Rujukan berbentuk buku.E. Determinasi Politik Kekuasaan. C. Perspektif Imajinatif. and Gunther Valdes. Modern Principles of Athletic Training.Louis: The Cv. 2003.. Instructional Design: Principles and Application. and Robert Power.. Steiger. 2001.J. DC: Government Printing Office Samadi. Cambridge: Cambridge University Press The. and Proze Stubborn. and Elite Olshtain.

1990. 1981. nama artikel. The Figurative Language. Kurikulum Pendidikan MIPA LPTK Program Strata-1 (S1). 1981. Buku Tanpa Pengarang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Smith. 5-12 Darman. 30 Desember 2005. T. 2006. tahun. Disertasi Doktor.E. “The Contribution of Coaching to Transfer of Training: An Extention Study“. Gejolak Harga Minyak Dunia.G. Vol. hlm. 21-29 h. pp. “Minority Participation in Secondary Education: A Graned Descriptive Methodology“. Los Angeles Kardi. Jurnal dan/atau Majalah Ilmiah ditulis dengan urutan: nama penulis. “Pelaksanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Guru MIPA di IKIP Surabaya“. 78-80 k.11 f. and Lionel Garret. Internet Rujukan dari internet tetap mengikuti ketentuan seperti rujukan-rujukan lainnya dalam artian nama pengarangnya harus ada.edu/com. j. (http://wikpedia. 2. R. 1991. (Online). Dunia Usaha List. Makalah disajikan pada Seminar Lokakarya Pendidikan MIPA se-Indonesia. pp. J. University of Oregon Sunaryo. 14. Koran dan Majalah Sastrio. Vol 3 No. IKIP Yogyakarta i. Paper presented at the annual meeting of American Educational Research Association. pp. Tesis dan Disertasi Baker. g.53 No. . judul artikel (diketik di antara tanda petik). “Effect of Activity–based Elementary Science on Student Outcomes: A Quantitative Synthesis”. 2 Summer 1991. 1994. accessed on February 12. alamat web. Skripsi. 2001. S. Educational Evaluation and Policy Analysis. Open Dictionary Wikipedia. B. Denpasar. Bali. 2006) Martodiarjo. dan nomor halaman artikel itu dimuat. hlm. Makalah Joyce. Kompas.edu. “Pengembangan Model Pengukuran Produktivitas Perguruan Tinggi di Indonesia“. Doctoral Dissertation. diakses 13 Maret 2006) Rujukan dari internet yang tidak memenuhi kriteria dan elemen seperti yang disebutkan di atas tidak boleh dirujuk karena kurang dapat dipertanggungjawabkan. “Makna Tersembunyi Metafora”. Gordimer. 1983.139-157 Bredderman. Kata Vol 8 No. dan tanggal akses dilakukan. tahun penerbitan. B.R. Review of Educational Research. (Online). (gnu@ussn. Depdikbud. 2005. 1984. Paquette. and Showers. Sartono. 2006. Alfred. nama jurnal/majalah ilmiah (diketik miring) lengkap dengan nomor volume dan bulan. Kecap Nomor Tiga. Carr. Sayogo. Do Babies Sing? Psychology Today. 4. Jakarta: Depdikbud. “Teacher Training Research: Working Hypothesis for Program Design and Directions for Further Study“. Tri Budhi. tahun penerbitan jurnal.

dan halaman harus ada. analisis dan simpulan sebagai substansi sebuah karya ilmiah.)’. Jika di dalam tulisan (naskah) terdapat istilah atau kalimat yang dianggap penting. Meskipun hanya satu baris dapat ditulis tersendiri dengan mengikuti ketentuan kutipan. Khusus kutipan yang bersifat ‘data’ dan berasal dari ‘sumber data’ puisi/lirik lagu/karya sastra sejenis lainnya. masuk sejajar/sama dengan alinea. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Pedoman ini bersifat umum dan terbuka. seperti berikut. Penggunaan pedoman tetap harus menunjukan komitmen dan konsistensi yang tinggi sebagai karya tulis ilmiah yang berbobot. Negara Teater. sastra/budaya. Dawson (2000: 138) – Rujukan dari tulisan Dawson tahun 2000 Menurut Gagne (dalam Briggs. sedang margin kanan lebih menjorok ke dalam (kurang lebih 5 ketuk). sedang kutipan yang lebih dari 3 baris diketik dalam format tersendiri berspasi tumggal. di dalam kurung. dalam artian format tulisan dan teknik pengetikan seluruh naskah skripsi menggunakan aturan yang mendekati sama tanpa mengabaikan arti penting metode. 2000. Rujukan dan Kutipan 1) Rujukan tidak menggunakan sistem catatan kaki (footnote). l. mis. diketik dengan menggunakan huruf miring dan tidak ditebalkan. 2000. penggunaan catatan kaki masih dimungkinkan asal tetap taat azas. “rame” ditulis ‘ramai (pen. 2) 3) 4) 5) 6) LAIN – LAIN Bahasa yang digunakan dalam penulisan skripsi adalah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Bahasa asing dan bahasa daerah yang digunakan di dalam naskah yang berbahasa Indonesia. Clifford. Ali. Rujukan berupa Karya Terjemahan Geertz. tahun. atau bahasa Indonesia dan bahasa lainnya dalam naskah berbahasa Inggris. kata atau kalimat itu digarisbawahi dan tidak diketik miring atau tidak ditebalkan. According to Gagne (in Briggs. Jika kutipan ini hendak dialihbahasakan maka terjemahannya ditulis di bawahnya dengan teknik penulisan yang sama dengan kutipan itu sendiri. Terjemahan oleh Hartono Hadikusumo. Rujukan langsung disajikan nama pengarang. 1980. 1977: 227) dan seterusnya. dkk. Kutipan langsung sampai dengan 3 baris diketik langsung dalam naskah di antara tanda petik. tahun penerbitan dan nomor halaman di dalam naskah (teks). dalam artian nama penulis.12 Ketentuan penulisan kutipan dari internet harus mengikuti ketentuan penulisan kutipan dari buku. Malang: Universitas Negeri Malang . DAFTAR PUSTAKA Saukah. Jika terjemahan tersebut dikerjakan oleh orang yang bukan penulis skripsi maka nama penerjemah harus dicantumkan. tidak mengikuti ketentuan pada poin 2). Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya m. Suatu istilah (kata) dalam suatu kutipan yang pemakaiannya dianggap tidak tepat oleh penulis/peneliti dan kata itu diganti oleh penulis/peneliti maka di belakang kata pengganti itu ditulis pen. kecuali dalam bidang tertentu seperti sejarah. Rujukan ini bermakna bahwa pendapat Gagne ditulis dalam (atau dikutip dari) buku Briggs terbit tahun 1977 di halaman 227 Kutipan dari suatu naskah atau buku harus sesuai dengan aslinya. 1977: 227) that …. 1977: 227) and so on Gagne states (in Briggs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful