P. 1
Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam

|Views: 89|Likes:
Published by hendika_y

More info:

Published by: hendika_y on Jan 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2012

pdf

text

original

Pendidikan Agama Islam

Perilaku Terpuji
created by hendika

Rela Berkorban
Rela berarti bersedia dengan ikhlas hati, tidak mengharapkan imbalan atau dengan kemaun sendiri. Berkorban berarti memiliki sesuatu yang dimiliki sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya sendiri. Rela berkorban dalam kehidupan masyarakat berarti bersedia dengan ikhlas memberikan sesuatu (tenaga, harta, atau pemikiran) untuk kepentingan orang lain atau masyarakat. Walaupun dengan berkorban akan menimbulkan cobaan penderitaan bagi created by hendika dirinya sendiri.

Jenis-jenis Rela Berkorban
1. Rela berkorban dalam lingkungan keluarga ; } Biaya untuk sekolah yang diberikan orang tua kepada anak-anaknya } Keikhlasan orang tua dalam memelihara, mengasuh, dan mendidik anak-anaknya 2. Rela berkorban dalam lingkungan kehidupan sekolah : } Pemberian dari siswa berupa sumbangan pohon, tanaman dan bunga untuk halaman sekolah } Para siswa dan guru mengumpulkan sumbangan pakaian layak pakai untuk meringankan beban warga yang tertimpa bencana. created by hendika

3. Rela berkorban dalam lingkungan kehidupan masyarakat : } Warga masyarakat bergotong royong meperbaiki jembatan yang rusak karena longsor } Warga masyarakat yang mampu menjadi guru sukarelawan bagi anak-anak yang terlantar putus sekolah dan tidak mampu 4. Rela berkorban dalan lingkungan kehidupan berbangsa dan bernegara : } Para warga negara atau masyarakat membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti pajak kendaraan bermotor, pajak bumi dan bangunan } Warga masyarakat merelakan sebagian tanahnya untuk pembangunan irigasi dengan memperoleh created by hendika penggantian yang layak

Firman Allah:
Q.S. Al Hujarat : 9

created by hendika

Artinya«
Artinya:µDan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. kalau dia Telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.µ (QS. Al-Hujurat:9)

created by hendika

Tata Krama Terhadap Makhluk Allah
1. 2. 3. 4.

Akhlak terhadap lingkungan hidup Akhlak terhadap tumbuh-tumbuhan Akhlak terhadap binatang Akhlak terhadap makhluk hidup

created by hendika

1. Akhlak Terhadap Lingkungan Hidup
Berakhlak kepada lingkungan hidup adalah menjalin dan mengembangkan hubungan yang harmonis dengan alam sekitar. Allah menyediakan bumi yang subur ini untuk diolah manusia dengan kerja keras dan dipelihara sehingga mampu melahirkan nilai yang tinggi. Alam yang terkelola dengan baik dapat memberi manfaat yang berlipat-lipat. Sebaliknya alam yang digunakan hanya diambil manfaatnya, akan mendatangkan malapetaka.
created by hendika

Firman Allah:
}

Ar rum ayat 41

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
created by hendika

2. Akhlak Terhadap Tumbuhtumbuhan
Manusia perlu menyayangi tumbuh-tumbuhan karena sebagian pemenuhan keperluan hidup manusia berasal dari tumbuh-tumbuhan, baik tumbuh-tumbuhan yang dapat dimakan seperti daunnya, maupun tumbuh-tumbuhn yang batang dan bunganya dapat diambil manfaatnya dan berfungsi membersihkan udara. Demikian pula dengan dengan makanan hewan ternak.
created by hendika

Firman Allah:
} Q.S.

Taha 20: 53

created by hendika

Artinya«
´(Tuhan) yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu, dan menjadikan jalan-jalan di atasnya bagimu, dan yang menurunkan air (hujan) dari langit.µ Kemudian Kami tumbuhkan dengannya (air hujan itu) berjenis-jenis aneka macam tumbuhtumbuhan.µ
created by hendika

3. Akhlak Terhadap Binatang
Kita harus memiliki akhlak terpuji terhadap binatang. Alam hewani sengaja diciptakan oleh Allah bagi kepentingan makhluk hidup lainnya, khususnya manusia. Manusia juga dapat belajar mengenai bermacam hal dari hewan-hewan tersebut. Hewan ada yang bersifat liar, jinak, atau hewan peliharaan. Ada juga hewan yang terbang di angkasa, berenang di air, tetapi semua itu adalah jenis makhluk yang memiliki banyak persamaannya dengan manusia yang merasakan lapar, haus, berkelamin, hidup berkelompok, dan sebagaimana kehidupan manusia.
created by hendika

Binatang ternak atau peliharaan apa pun jenisnya yang dipelihara perlu disayangi. Caranya dengan memberi makan, menyediakan tempat (kandang), memelihara kesehatan, dan lain-lain. Binatang ternak yang akan dimakan tentu harus disembelih terlebih dahulu. Cara menyembelihnya harus memakai alat yang tajam, dan sebelum disembelih binatang tersebut harus diberi makan sampai kenyang. Meski begitu, ada juga binatang yang boleh dibunuh karena membahayakan atau merugikan. Yaitu hewan-hewan pengganggu atau hama. Bunuhlah binatang tersebut dengan alat yang menyebabkan ia langsung mati sehingga tidak created by hendika merasa tersiksa.

Firman Allah:
} Al

An-nam ayat 38

}

Dan tiadalah bintang-bintang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat-umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun di dalam Al Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.
created by hendika

4. Akhlak Terhadap Makhluk Ghaib
Jin merupakan makhluk gaib yang harus kita imani. Setiap muslim dan mukmin wajib mengetahui dan meyakini adanya iblis atau setan yang memiliki sifat-sifat buruk dan setiap sat menggoda hati manusia untuk tidak patuh dan taat terhadap perintah Allah. Adapun sifat kerja setiap iblis atau setan: a. Iblis atau setan besifat ghaib, tetapi terlihat nyata keberadaannya setelah masuk ke dalam hati manusia yang menghasilkan gerak jasad untuk berbuat zalim, jahat, ingkar, dan maksiat. b. Iblis selalu bersemayam di hati atau kalbu manusia dengan siifat-sifatnya yang merugikan seperti created by hendika kecewa, mudah tersinggung, sakit hati, cemburu, dll.

Firman Allah:
Az- Zariyat ayat 56

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.

created by hendika

Oleh karena itu, cara menyikapi adanya jin, iblis dan setan adalah: 1. Jangan menuruti langkah-langkah setan (Q.S. AlBaqarah : 208) 2. Tidak terganggu dan terjebak dalam kehidupan jin, iblis, ataupun setan (Q.S. Al-Hijr: 39-40) 3. Berupaya keras dan sungguh-sungguh untuk menjadi orang ikhlas (Q.S. Al-Baqarah: 152-153) 4. Mohon perlindungan kepada Allah dari segala godaan iblis dan setan yang terkutuk sebelum memulai pelajaran (Q.S. An-Nahl: 98, Q.S. Fussilat: 36) 5. Mengingat Allah SWT (berzikir) setiap saat dalam hati tanpa mengundang ria serta selalu ingat akan sifat-sifat iblis (Q.S. Al-Araf: 201, Q.S. Al-Baqarah: 152created by hendika 153)

Thanks for your attention« See you..
Wassalamua·laikum wr. Wb.

created by hendika

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->