P. 1
Anak Yang Suka Mencontek

Anak Yang Suka Mencontek

|Views: 41|Likes:
Published by Ria W. Sayekti

More info:

Published by: Ria W. Sayekti on Jan 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2012

pdf

text

original

MENGKAJI ANAK YANG CUEK, PEMALU, DIKUCILKAN, DAN SUKA MENCARI PERHATIAN

 ANAK YANG SUKA MENCONTEK 1. Pengertian Mencontek adalah meniru pekerjaan orang lain tidak sesuai aturan atau bertindak tidak jujur. Contoh perilaku mencontek yaitu siswa menyalin dari siswa lain, menggunakan catatan yang tidak sah ketika ujian, menjiplak, memegang tugas-tugas yang bukan milik mereka sendiri, dan sebagainya. 2. Gejala

3. Implikasi 4. Faktor penyebab 5. Usaha yang dilakukan oleh guru 

ANAK YANG SUKA BERBOHONG 1. Pengertian Berbohong itu membuat pernyataan diketahui atau diyakini tidak benar untuk tujuan menyesatkan seseorang. Beberapa siswa membesar-besarkan atau meregangkan fakta untuk mendapatkan perhatian. 2. Gejala Gejala anak yang suka berbohong adalah: siswa membuat pernyataan yang bertentangan dengan fakta-fakta siswa sering ³meregangkan´ fakta siswa membuat orang lain tidak yakin tentang pernyataannya agar dipercaya

3. Implikasi Berbohong dapat memiliki konsekuensi serius bagi siswa, seperti hilangnya persahabatan dan mengurangi rasa kepercayaan antara siswa dan lain-lain. Karena berbohong itu sulit untuk di konfirmasi dan sering diperkuat, mungkin akan sulit untuk berhenti

berbohong dengan penguatan positif. Faktor Penyebab Berbohong dalam hal ini adalah penguatan negatif. bahkan jika Anda cukup yakin bahwa dia berbohong. Hindari konfrontasi langsung. Beberapa kebohongan terjadi karena telah diikuti oleh peningkatan perhatian atau dengan merasa penting dan dihargai oleh teman sebaya atau orang dewasa. Penguat Perilaku Alternatif (DRA). Usaha yang dilakukan guru Menganalisis situasi. berbohong mungkin menunjukkan adanya masalah serius dalam sosial atau pengembangan karakter. Dalam hal ini. Ketika Anda melihat bahwa siswa tersebut bertindak dengan benar. Hadiah ini dapat menjadi pernyataan lisan yang sederhana." Pendekatan ini dapat jauh lebih membangun rasa percaya diri dan perasaan sukses . Saran ini dilakukan karena siswa cenderung menanggapi untuk membela diri. konfrontasi bisa membuat orang merasa tidak aman atau bahkan lebih aman. Cobalah untuk menentukan penyebab siswa berbohong. mungkin masalahnya ada dalam struktur kelas. temukan cara-cara untuk memberikan penghargaan kepada siswa untuk tindakan yang tepat. Jika berbohong tampaknya secara positif diperkuat oleh teman sebaya atau orang lain.4. Sesekali berbohong mungkin hanya sedikit lebih dari pemenuhan keinginan imajinatif. 5. Hindari konfrontasi langsung dengan siswa. seperti "Saya senang melihat kamu bekerja begitu keras pada buku kerjamu. Jika berbohong dimotivasi oleh penghindaran dari hukuman. pastikan Anda memberikan hadiah kepadanya. Salah satu dari kemungkinan ini dapat merusak hubungan Anda dengan siswa. Mungkin perlu untuk mengurangi jumlah hukuman serta jumlah ancaman yang Anda buat.

Bicara pada murid secara pribadi dan serius tentang perilakunya. Gejala Secara umum gejala yang dapat diamati dari anak yang suka mencuri adalah: Murid memiliki barang yang tidak dapat dibuktikan bahwa itu miliknya Murid mengklaim bahwa dia menemukan barang yang tidak ada pemiliknya Murid mengklaim barang yang tidak ada pemiliknya tersebut diberikan padanya Murid berada dalam situasi di mana terdapat laporan barang hilang 3. 2. pindahlah posisi murid ini. atau kertas untuk melengkapi tugas sekolah. Perubahan Situasi. Beberapa murid mencuri agar diterima temannya dengan memberikan barang yanag berhasil ia curi (´lihat apa yang aku berikan padamu´). 5. ANAK YANG SUKA MENCURI 1. Implikasi Mencuri mungkin sulit utuk diubah karena sulit untuk benar-benar mengetahui bahwa sesuatu telah dicuri. tawarkan bantuan untuk membantu murid mendapatkan pekerjaan . Pastikan bahwa murid tersebut pasti juga tidak mau jika barangnya dicuri orang. jika memungkinkan. Usaha yang dilakukan oleh guru Pembicaraan pribadi. Seorang murid mungkin saja mengambil sesuatu dengan sedikit atau tanpa rencana sebelumnya. Ajarkan padanya perbedaan antara memerlukan dan menginginkan sesuatu. Sementara yang lain terdorong untuk mencuri karena pengaruh teman atau kawan sebaya. Murid mungkin mengatakan ´temanku memberikan jam tangan ini´ atau ´Aku menemukan jam tangan ini di gedung´. Jika pencurian sering terjadi setelah pelajaran selesai atau selama waktu luang. pensil. Pengertian Mencuri adalah mengambil barang orang lain tanpa izin. 4. Jika godaan diketahui. seperti uang makan siang. Beberapa murid mencuri karena mereka percaya mencuri adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan apa yang mereka perlukan. Faktor Penyebab Mencuri itu muncul kurang lebih karena adanya dorongan hati yang kuat.

MENGKAJI ANAK YANG CUEK. Sering memberi pujian di depan publik sangatlah berarti. bahkan berpikir ia dapat mengetahui jawaban. Meningkatkan penguatan. Dia jarang dipilih untuk berpartisipasi dalam pertandingan grup. Dorong partisipasi dalam kegiatan yang membawa perhatian dari teman lainnya. ia selalu menghindari menjadi sukarelawan atau mengangkat tangannya selama diskusi. atau aktivitas seusai sekolah. Beberapa siswa pemalu tampaknya tidak bahagia. Anda mungkin dapat membuat daftar di papan tulis tentang siapa saja yang telah melakukan pekerjaannya dengan baik selam satu hari atau seminggu. Siswa lain ada untuk menikmati kegiatan di kelas. sementara dia menjaga jarak. Pengertian Siswa yang pemalu sering memiliki kesulitan menyatakan dirinya sendiri. Misalnya. DAN SUKA MENCARI PERHATIAN  ANAK YANG PEMALU 1. dan ia dapat menyerahkan surat-surat yang tidak benar karena dia tidak berusaha untuk memperjelas arah dalam penugasan. PEMALU.paro-waktu tapi sarankan untuk bergabung dengan beberapa organisasi. Gejala Gejala siswa pemalu yang dapat diamati antara lain: Siswa biasanya sendirian Siswa jarang menjadi sukarelawan untuk kegiatan-kegiatan Siswa memiliki kesulitan untuk menyatakan yang menjadi hak-hak dan berkomunikasi dengan perasaannya Siswa jarang dipilih oleh rekan Siswa terlalu peka terhadap kritik dan berkecil hati Siswa berbicara dengan kata-kata dalam nada rendah . 2. DIKUCILKAN. sponsor sekolah.

Misalnya. 4. Implikasi yang paling penting dari perilaku pemalu atau mengasingkan diri adalah isolasi sosial. siswa yang pemalu dapat belajar untuk menikmati hubungan sosial yang tepat melalui sebuah rencana yang dirancang dengan baik untuk perubahan perilaku. Usaha yang dilakukan Guru Mengamati secara umum Setelah Anda membuat pengamatan. meminta semua siswa secara pribadi untuk menanggapi pertanyaan seperti: ³Pilih 3 murid yang akan kamu ajak untuk melayani di sebuah komite. dan terus menerus merasa rendah diri. Faktor Penyebab Beberapa siswa pemalu tidak belajar keterampilan sosial dasar untuk bergaul dengan orang lain. cobalah memberi perhatian khusus terhadap kejadian anteseden dan konsekuen. Pengasingan yang parah terkait dengan gangguan perilaku yang serius. depresi. Siswa pemalu menghindari teman-temannya karena hubungan sosial yang menimbulkan kecemasan ditambah dengan menghindari orang lain. Siswa yang pemalu sering berkeinginan berhubungan dengan orang lain tapi mengalami kesulitan menjalin hubungan baik. Membujuk mungkin hanya melayani untuk menghargai perilaku penghindaran atau untuk memberitahukan kepada siswa bahwa ia adalah aneh atau berbeda. Anda harus memerlukan bantuan dalam mendeteksi penarikan sosial.- Siswa selalu menghindari kontak mata 3. Dalam banyak kasus. Bicara secara pribadi Cobalah membahas keengganan siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial. atau menghindari keterlibatan sosial. Upaya untuk menentukan apakah pengasingan ini terutama dikendalikan oleh kurangnya keterampilan sosial. 5. Implikasi Para siswa yang menarik diri tampaknya hilang ketika ia terlibat dalam kegiatankegiatan soliter tapi tidak produktif." Analisis respon mereka . pertimbangkan untuk menggunakan ukuran sosiometri. Siswa kurang pengetahuan tentang hak-hak dasar mereka dalam situasi sosial. kurangnya penguatan karena jarang keterlibatan sosial.

Pelatihan dalam ketegasan menyiratkan bahwa siswa belajar untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan jujur dan dalam cara yang dapat diterima secara sosial. minat. tingkah laku. Sering kali dia tidak tahu mengapa dia tidak mempunyai teman. Siswa yang dikucilkan biasanya menjadi pilihan terakhir dalam tim atau permainan. Dia biasanya menyendiri ketika orang lain sedang menikmati hubungan dengan rekan. Siswa yang dikucilkan cenderung berbeda dari rekan dalam berpakaian. Mengajar seseorang untuk menyatakan dirinya kemungkinan akan menimbulkan berbagai penghargaan sosial dan peningkatan dalam satu rasa kesejahteraan. hal ini akan menghasilkan informasi tentang klik dan persahabatan di antara siswa. Pengertian Dikucilkan oleh teman suatu keadaan yang terjadi pada anak ketika teman-teman sebaya dan orang lain tidak memilihnya untuk bergabung dengan kelompok. Implikasi Pengucilan berhubungan dengan menurunkan nilai diri. 3. Pelatihan keterampilan sosial Anda mungkin perlu untuk mengajarkan siswa untuk menjadi lebih tegas. Beberapa siswa bahkan mulai berperilaku menjengkelkan dalam .terhadap pertanyaan semacam itu.  ANAK YANG DIKUCILKAN OLEH TEMAN 1. perawatan. minat dan sebagainya. siswa yang dikucilkan mulai mempertanyakan nilai dirinya sebagai manusia dan untuk menilai dirinya dengan istilah negatif. Gejala Gejala-gejala dari anak yang dikucilkan oleh teman antara lain: Siswa tidak diterima oleh teman sebayanya Siswa terbiasa menyendiri Siswa dipilih terakhir untuk masuk kedalam kelompok Siswa sering keluar dari langkah dengan rekan-rekan dalam berpakaian. Orang yang bertindak tegas berdiri untuk hak-haknya tetapi tidak dengan mengorbankan orang lain. Pada titik tertentu. 2.

sementara temannya mengolok-olok di belakang. gaya perilaku seseorang mengarah ke penolakan (misalnya. Sebagai contoh. atletik. Set up tim. Di lingkungan teman-teman barunya. Usaha yang dilakukan oleh guru Rencana Tim dan kelompok. Cobalah untuk mengusulkan beberapa perubahan situasional yang mungkin membantu siswa mendapatkan dukungan . siswa perlu didekati dengan hati-hati dan pengertian. pidato perangai. siswa yang dikucilkan menemukan penerimaan dalam kelompok dan guru menganggap hal itu sebagai pengaruh buruk atau "orangorang yang salah". Yang menjadi perhatian utama dari guru adalah memberi pelatihan keterampilan sosial pada anak yang dikucilkan 5. Mengenali anggota masing-masing tim di depan seluruh kelas. debat. gaya rambut. Pastikan untuk hadiah timnya upaya kelompok mereka. melucu untuk perhatian).usaha dan persetujuan. dan kelompok akademis tertentu dan kegiatan sosial. Anda mungkin meminta siswa bercerita bagaimana siswa menghabiskan waktu setelah sekolah atau siapa saja temannya. Faktor penyebab Dikucilkan oleh teman merupakan konsekuensi dari perilaku fisik dan atribut yang lain merasa tidak menarik (misalnya. pakaian. ia tampaknya diterima. Kadang-kadang siswa yang menjadi terlibat dengan pergaulan yang salah memiliki persepsi yang tidak akurat tentang situasi: ia populer di benaknya sendiri. Mendorong Interaksi. Anda akan menyarankan kegiatan yang menyenangkan pada siswa. Dalam beberapa kasus. jurnalisme dan segera. musik. Seperti drama. hanya untuk menemukan bahwa tingkat penolakan meningkat. mungkin karena ia bisa dipermainkani dengan cara tertentu. fitur wajah): di lain waktu. Mendorong siswa yang dikucilkan untuk mengambil kegiatan yang menarik bagi teman-temannya. Pengucilan membuat siswa murung 4. Sertakan siswa yang terisolasi dengan orang lain yang akan menerima dia. Pembicaraan pribadi. Menjadi dikucilkan membuat anak menjadi sangat sensitif.

.teman-teman. perawatan dan sebagainya. Anda mungkin harus menemukan cara-cara halus untuk membantu siswa mengubah kebiasaan berpakaian.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->