PEMANFAATAN KAOS KAKI BEKAS UNTUK MENGASAH KREATIVITAS

Disusun Oleh : Linda Ayu Mustika Sari Nis : 3883

Kelas : XI IPA III

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SMA Negeri 1 Sambungmacan Tahun Pelajaran 2010/2011

S.Pd.PENGESAHAN Karya tulis yang berjudul “PEMANFAATAN KAOS KAKI BEKAS UNTUK MENGASAH KREATIVITAS” yang ditulis oleh Linda Ayu Mustika Sari disahkan pada: Hari Tanggal : Selasa : 23 November 2010 Kepala sekolah. S. Pembimbing. . Eny Rahayu.Pd. Sugiyatno.

2. Penulis 2010 . penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. oleh sebab itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan. 3. Karya tulis ini dapat selesai berkat bantuan berbagai pihak yang sangat berguna bagi penulis. S. Penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini jauh dari sempurna. Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semua pihak. kepala sekolah SMAN 1 Sambungmacan yang telah memberi kesempatan untuk belajar di SMAN 1 Sambungmacan. Mantingan. S. berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “PEMANFAATAN KAOS KAKI BEKAS UNTUK MENGASAH KREATIVITAS” dengan baik. Semua pihak yang membantu penulis untuk menulis karya ilmiah ini yang tidak mungkin penulis sebutkan satu per satu. pembimbing dalam penulisan karya ilmiah ini. Karya tulis ini disusun untuk memberitahukan kepada pembaca cara memanfaatkan kaos kaki bekas yang sudah tidak digunakan kembali agar menjadi suatu benda bermanfaat secara teoritis dan praktis.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat ALLAH SWT. Oleh sebab itu.Pd. Sugiyatno. Eni Rahayu.Pd.

DAFTAR ISI .

.

Penampilan dapat mempengaruhi proses belajar. guru. karakteristik dan watak seseorang. Mereka akan lebih percaya diri dalam menghadapi pelajaran dan permasalahan di sekolah. SMP. Setiap orang akan menilai seseorang dari kerapihan dan cara berpakaian. mempunyai cara tersendiri dalam berpenampilan. Seseorang dapat menilai orang dari penampilan yang ditunjukan oleh orang tersebut. Perguruan tinggi. pandangan hidup. Dari penampilan juga dapat menunjukan sikap. Namun tidak semua bisa dilihat dari penampilan. orang yang melihatnya secara tidak langsung akan merasa nyaman berada didekatnya. teman. baik pelajar SD. SMA. Pelajar dalam berpenampilan. Penampilan juga berpengaruh pada saat proses pembelajaran dan kepercayaan diri pada saat berbicara di hadapan umum. Ada . Jika dengan penampilan mereka.BAB I PENDAHULUAN A. merasa nyaman maka mereka akan nyaman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Latar Belakang Masalah Penampilan adalah sesuatu hal yang secara kasat mata dapat dilihat secara langsung dan dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dalam melakukan sesuatu. Untuk seorang pelajar penampilan itu penting. Apabila seseorang berpenampilan rapi maka.

Untuk mengetahui cara memanfaatkan kaos kaki bekas . tujuan yang ingin dicapai penulis adalah: 1. Kaos kaki bekas dapat dijadikan apa saja? C. Bagaimana memanfaatkan kaos kaki bekas agar menjadi barang yang berguna? 3. Untuk mengetahui manfaat dari kaos kaki bekas 2.pelajar yang memperhatikan penampilannya. penulis mencari cara untuk memanfaatkan agar kaos kaki bekas dapat dijadikan suatu yang dapat berguna. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian di atas dapat dikemukakan pemasalahan yang akan dibahas dalam karya tulis ini: 1. Karena kaos kaki yang sudah tidak digunakan kembali dan menjadi barang yang disimpan di almari dan tidak bermanfaat maka dari itu. Adakah manfaat dari kaos kaki bekas 2. kaos kaki biasanya menjadi barang yang sudah tidak berguna jika sudah tidak dipergunakan lagi. Tujuan Dari permasalahn di atas. Kaos kaki yang sudah hilang pasangannya juga sudah tidak dipergunakan lagi. B. Pelajar yang biasanya memperhatikan penampilannya mulai dari pakaian yang dikenanakan pada saat ke sekolah juga diperhatikan. ada pelajar yang tidak memperhatikan penampilanya.

D. Dari permasalahan ini penulis mengajukan hipotesis . Untuk mengurangi penumpukan kaos kai di tempat penyimpanan misal. misal. E. Macam-macam kaos kaki a) Kaos kaki untuk bayi b) Kaos kaki untuk anak-anak c) Kaos kaki untuk dewasa d) Kaos kaki sekolah e) Kaos kaki olahraga F. maka kaos kaki itu disimpan ditempat penyimpanan. 1. 4. Landasan Teori Kaos kaki bekas merupakan barang yang sudah tidak digunakan apabila sudah berlubang. berubah warna. Ruang Lingkup Memanfaatkan kaos kaki bekas sehingga dapat dijadikan barang atau kerajinan yang tepat guna. Hipotesis Hipotesis merupakan kesimpulan sementara yang dapat disimpulkan dari suatu penelitian atau permasalahan yang kebenarannya perlu diuji kembali.karena sudah tidak dapat digunakan kembali. dan laci.3. Untuk mengasah kreativitas dengan barang-barang bekas. almari dan laci. robek. atau yang satu hilang. almari.

2. hipotesisi. gantungan kunci. halaman pengesahan. lantasan teori. I. Metode dan Teknik Dalam penulisan karya tulis ini digunakan internet sebagai sarana mencari informasi. internet. kata pengantar. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan karya tulis ini ada tiga bagian yaitu 1. rumusan masalah. G. . dan buku. halaman judul. pengalaman dan kreativitas dalam pembuatan barang dari kaos kaki bekas. Sumber Data Data yang diperoleh oleh penulis dari pengalaman. daftar gambar. H. ruang lingkup.tentang pemanfaatan kaos kaki bekas yaitu kaos kaki bekas dapat dijadikan boneka. metode dan teknik. tujuan. artikel. Bagian isi a) Bab Pendahuluan Bagian ini berisi tentang latar belakang. tempat handphone. Bagian pembuka Bagian pembuka berisi sampul. sistematika penulisan karya ilmiah b) Bab Analisis atau pembahasan Bagian ini berisi tentang pembahasan dari pemanfaatan kaos kaki bekas. sumber data.

3.c) Bab kesimpulan dan saran Bagian ini berisi tentang kesimpulan dan saran. Bagian penutup Bagian ini berisi tentang daftar pustaka dan lampiran. .

Cara Pemanfaatan Kaos kaki bekas dapat dijadikan berbagai macam kerajinan yang tepat guna seperti boneka. B. tempat handphone. kancing baju(mata boneka) 7. Kaos kaki bekas biasanya hanya disimpan di dalam almari. tempat handphone. kaos kaki bekas 6. kain perca • Cara membuat 1. kertas karton 5. dan gantungan kunci. Boneka dari kaos kaki bekas • Alat dan Bahan 1. a.benang pakaian 4.BAB II PEMBAHASAN A. Gunting 2. Kaos kaki bekas dapat dijadikan berbagai kerajinan tangan. jarum 3. Manfaat kaos kaki Kaos kaki bekas adalah barang yang sudah tidak digunakan kembali. Memasukkan kain perca kedalam kaos kaki bekas . 2. Menyiapkan alat dan bahan. dan gantungan kunci. misalnya boneka.

lalu memasukkan kain perca untuk membentuk bagian tubuh. Benang • Cara Membuat 4. Gunting 2. Menjahit tangan dan kaki yang sudah dibentuk. 4. lalu memasang kaki dan tangan di bagian tubuh. b. Menjahit bagian bawah setelah bagian tubuh terbentuk. 6. mata bisa mata untuk boneka atau mata dari kancing baju. Jarum 3. membentuk kepala dengan cara memasukkan kain perca ke dalam kaos kaki setelah membentuk kepala bagian bawah di ikat dengan pita. hidung dan mulut dari kain perca. 5. Misal membuat boneka pinguin. 7. Membentuk tangan dan kaki dengan cara mengambar di kertas karton terlebih dahulu lalu memotong kaos kaki sesuai dengan gambar.3. Tempat handphone dari kaos kaki bekas • Alat dan Bahan 1. kerutan . Memasang mata.

gantungan kunci dari kaos kaki bekas • Alat dan Bahan 1. c. namun kaos kaki yang digunakan adalah kaos kaki yang kecil.benang pakaian 4. kaos kaki bekas 6. Menyiapkan alat dan bahan 2. Memasang pernak-pernik pada kaos kaki agar terlihat lebih menarik. Memasang kerutan pada bagian kaos kaki yang dipotong tadi. 3. kancing baju(mata boneka) 7. Menyiapkan alat dan bahan 2. jarum 3. Gunting 2. 1. Misal membuat boneka doraemon .1. 4. Memasukkan kain perca kedalam kaos kaki bekas 3. besi gantungan kunci • Cara Membuat Cara pembuatan gantungan kunci hampir sama dengan cara pembuatan boneka. Memotong kaos kaki bekas pada bagian atas atau apabila kaos kaki yang digunakan kecil tidak perlu dipotong. kertas karton 5. membentuk kepala dengan cara memasukkan kain perca . kain perca 8.

lalu memasukkan kain perca untuk membentuk bagian tubuh.ke dalam kaos kaki setelah membentuk kepala bagian bawah di ikat dengan pita. . lalu memasang kaki dan tangan di bagian tubuh. Membentuk tangan dan kaki dengan cara mengambar di kertas karton terlebih dahulu lalu memotong kaos kaki sesuai dengan gambar. 4. hidung dan mulut dari kain perca. Memasang besi gantungan kunci pada kepala Boneka. Menjahit tangan dan kaki yang sudah dibentuk. Menjahit bagian bawah setelah bagian tubuh terbentuk. Memasang mata. 5. 7. 6. mata bisa mata untuk boneka atau mata dari kancing baju. 8.

.

Kesimpulan Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan. Saran Saran yang dapat diambil berdasarkan pembahasan dan simpulan diatas hendaknya lebih berfikir kritis dengan lingkungan sekitar tempat tinggal kita. dan dapat mengasah kreativitas asalkan terus mencoba. bahwa kaos kaki bekas dapat dijadikan suatu barang yang berguna. agar bahan yang sudah tidak dapat digunakan dapat dijadikan barang yang tepat guna. B.BAB III PENUTUP A. Sering melatih kreativitas atau mencoba hal yang baru. .

DAFTAR PUSTAKA Dokumen pribadi http://www.rajawalikecil.com .

Lampiran .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful