P. 1
PRIVATISASI BUMN

PRIVATISASI BUMN

|Views: 305|Likes:
Published by Wendi_Remoza_5667

More info:

Published by: Wendi_Remoza_5667 on Jan 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/16/2014

pdf

text

original

RESTRUKTURISASI DAN PRIVATISASI BUMN KELOMPOK 7 : WENDI REMOZA (0910112126) HABIBUL RAKHMAN (0910112116) ARIF FIRMAN D (0910112112) RENDY ARMEN (0910112111) RAFLES H ARITONANG (0910112080) HASANUL ARIFIN MARES (0910112122) FARID MIFTAHUL RAMDHAN (0910112120) .

RESTRUKTURISASI DEFINISI : RESTRUKTURISASI BUMN adalah upaya peningkatan kesehatan BUMN / perusahaan dan pengembangan kinerja usaha melalui sistem baku yang biasa berlaku dalam dunia korporasi. .

TUJUAN RESTRUKTURISASI ‡ Meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan ‡ Memberikan manfaat berupa dividen dan pajak kepada negara ‡ Menghasilkan produk dan layanan dengan harga yang kompetitif kepada konsumen ‡ Memudahkan pelaksanaan privatisasi .

sistem.RUANG LINGKUP RESTRUKTURISASI ‡ Restrukturisasi sektoral yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kebijakan sektor dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan ‡ Restrukturisasi perusahaan/korporasi yang meliputi : ± peningkatan intensitas persaingan usaha ± penataan hubungan fungsional antara pemerintah selaku regulator dan BUMN selaku badan usaha ± restrukturisasi internal yang mencakup keuangan. operasional. . dan prosedur. organisasi/ manajemen.

serta memperluas saham oleh masyarakat. memperbesar manfaat bagi negara dan masyarakat.DEFINISI PRIVATISASI BUMN Definisi Privatisasi ( Menurut UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN ) adalah penjualan saham Persero (Perusahaan Perseroan). kepada pihak lain dalam rangka meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan. baik sebagian maupun seluruhnya. .

sekaligus membantu sumber pendanaan pemerintah (divestasi). ‡ Sebagai flag-carrier (pembawa bendera) dalam mengarungi pasar global. .Privatisasi dilakukan pada umumnya didasarkan kepada berbagai pertimbangan antara lain sebagai berikut : ‡ Mengurangi beban keuangan pemerintah. ‡ Meningkatkan efisiensi pengelolaan perusahaan. ‡ Meningkatkan profesionalitas pengelolaan perusahaan ‡ Mengurangi campur tangan birokrasi / pemerintah terhadap pengelolaan perusahaan. ‡ Mendukung pengembangan pasar modal dalam negeri.

ekonomi makro. dan kapasitas pasar .Privatisasi dilakukan dengan maksud : ‡ Memperluas kepemilikan masyarakat atas Persero ‡ Meningkatkan efisiensindan produktivitas perusahaan ‡ Menciptakan struktur keungan dan manajemen keuangan yang baik/kuat ‡ Menciptakan struktur industri yang sehat dan kompetitif ‡ Menciptakan persero yang berdaya saing dan berorientasi global ‡ Menumbuhkan iklim usaha.

Prisip Privatisasi : ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Transparansi Kemandirian Akuntabilitas Pertanggung jawaban Kewajaran .

Kriteria Persero yang dapat diprivatisasi : ‡ Industri/sektor usahanya kompetitif ‡ industri/sektor usahanya yang unsur teknologinya cepat berubah .

Persero yang tidak dapat diprivatisasi : ‡ Persero yang bidang usahanya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan hanya boleh dikelola oleh BUMN ‡ Persero yang bergerak di sektor usaha yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan negara ‡ Persero yang bergerak disektor tertentu yang oleh pemerintah diberikan tugas khusus untuk melaksanakan kegiatan tertentu yang berkaitan dengan kepentingan masyrakat ‡ Persero yang bergerak dibidang usaha sumber daya alam yang secara tegas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dilarang untuk di privatisasi .

Pelaksanaan Privatisasi : ‡ Penjualan saham berdasarkan ketentuan pasar modal ‡ Penjualan saham langsung kepada investor ‡ Penjualan saham kepada manajemen dan/atau karyawan yang bersangkutan .

setelah mendapat rekomendasi dari Menteri Keuangan. .TATA CARA PRIVATISASI ‡ Privatisasi harus didahului dengan tindakan seleksi atas perusahaan-perusahaan dan mendasarkan pada kriteria yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah. ‡ Terhadap perusahaan yang telah diseleksi dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. selanjutnya disosialisasikan kepada masyarakat serta dikonsultasikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

SELESAI .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->