Hutan Lindung Hutan ialah sebuah masyarakat tumbuhan yang tumbuh rapat bersama, terdiri atas pohon-pohon

dan vagetasi kayu lainnya. Hutan merupakan bagian dari lingkungan fisik yang sering dijadikan ajang hidup bagi manusia, sehingga mengalami perubahan bentuk, wujud dan fungsi sebagai akibat campur tangan manusia. Hutan memang dapat membanggakan kalau pepohonan tersebut tumbuh subur, hijau menyejukkan, namun bisa juga mencemaskan bila dirusak tangantangan manusia. Ceritanya akan lain lagi jika tidak ada upaya untuk menanam kembali hutan itu. Kehutanan erat kaitannya dengan iklim, terutama keadaan curah hujan, kerena daerah-daerah Indonesia memperoleh rata-rata banyak hujan, lebih-lebih di Indonesia bagian barat maka banyak terdapat hutan seperti di Pulau Kalimantan 80%, di Pulau Sumatra 75% , dan Pulau Jawa 20%. Di antara macam hutan tersebut di atas, ada yang disebut hutan lindung, ialah hutan yang mempunyai fungsi dan pengaruh yang baik terhadap tanah atau alam sekelilingnya. Hutan lindung umumnya terdapat di puncak pegunungan, juga di pinggir pantai. Misalnya hutan bakau sebagai pelindung terhadap erosi laut dan sebagai habitat biota yang hidup di pantai. Luas hutan lindung yang ideal lebih kurang 30% dari luasdaratan.faktor yangmempengaruhi adalah tinggi daripermukaan laut, kemiringan lereng, keadaan atau sifat tanah iklim, terutama curah hujan. Guna hutan lindunglainnya ialah: mencegah longsornya tanah di lereng-lereng pegunungan yangdapat menutupi darah-daerah persawahan dan menutupi jalan raya, mencegah penyebaran pasir dari tepi pantai yang dapat menutupi daerah-daerah pertanian, membentuk tanah-tanah humus baru yang dapat memperkuat tanah humus tersebut, mempercepat turun hujan karena daun-daun mengeluarkan uap air,pelindung dunia hewan karena habitatnya tidak terganggu,menyegarkan udara dan sangat baik untuk tempat peristirahatan atau rimah sakit. 1. sesuai dengan wacana di atas, salah satu fungsi hutan lindungadalah … a. menaikkan permukaan laut b. mempercepat kemiringasn tanah c. mencegah turunnya hujan d. menyegarkan udara di sekitarnya 2. sesuai dengan isi paragraf kedua, curah hujan di Pulau Sumatra rata-rata lebih tinggi curah hujan di … a. Pulau Jawa b. Pulau Irian

... banyaknya curah hujan di Indonesia b.. Konjungsi (kata penghubung) yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … a. daripada 7. Hutan lindung di Indonesia b. dengan demikian b. Pulau Silawesi d.. Di manakah biasanya terdapat hutan lindung? c.... Hutan lindung beserta fungsinya d. … .. Bacalah kutipan di bawah ini dengan cermat ! Sebaiknya hal-hal yang masih menjadi pertentangan dibicarakan dengan baik lewat musyawarah. hutan heterogen dan homogen di Indonesia d. Seberapapentingkah hutan bagi kehidupan manusia? 5. Pulau Kalimantan 3. baik lebih rendah maupun lebih tinggi tidak bisa otomatis dinilai ada kelainan. 4.. jenis hutan yang terdapat di Indonesia. namun . 6.. Hutan lindung dan curah hujan di Indonesia. rentang pada kurva pertumbuhan mulai dari 5% sampai 95%. Pertanyaan yang tepat yang sesuai dengan paragraph keempat adalah … a.. apakah fungsi hutan? b.. jadi d. andaikan.. Konjungsi (kata penghubung) yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah … a. akan tetapi c. tetapi b.. bila.. karena. . maksud dari bacaan di atas adalah … a. ketika. Kehidupan pun akan menjadi normal dan tidak ada gangguan yang merugikan. Apakah yang dimaksudkan dengan hutan lindung? d. Secara umum.. Ide pokok paragraph ketiga dalam bacaan di atas adalah … a. hutan asli dan buatan di Indonesia c. bila berada di luar kurva. Hutan sangat perlu di lindungi c. namun c... Bayi masih dikatakan normal … bayi berada dalam kurva tersebut. Bacalah paragraf berikut dengan saksama ! Pola pertumbuhan berat badan bayi dan panjang badan bayi digambarkan dalam kurva pertumbuhan atau weight chart . tidak akan timbul konflik yang berkepanjangan.c.

Perbaikan penulisan kata yang bercetak miring tersebut a.moderen d. favorite. sistimatis d. sistematis b. dan mempertahankan pendapatnya bahwa hukum alamiah akan mempengaruhi pertumbuhan penduduk Penulisan kata yang baku dari kutipan di atas adalah…. favourite. aktivitas. kwalitas. Akhli politik dan pendeta ini berasal dari Inggris. ia minta kuitansi. Bacalah kutipan artikel berikut dengan cermat ! Orang pertama yang menulis secara sistematis tentang bahaya pertumbuhan penduduk adalah Thomas Maltus. kita dituntut mempunyai kreatifitas yang tinggi dan tidak gagap tekhnologi modern. d. – globalisasi . – globalisasi -teknologi -kreatifitas -modern 11. analisa c.d. favorit. Uraian di atas merupakan jawaban dari pertanyaan wawancara … .Bacalah kutipan berikut dengan cermat ! Pada era globalisasi.kreativitas . a. c. Presiden Amerika Serikat (AS).teknologi . quality.kreatifitas . Mir. b. favorite. kualitas. sistematik 10. Cermati kata-kata bergaris bawah dalam paragraph berikut! Salah satu aktifitas faforit saya di Bali adalah berjalan kaki di sepanjang jalan Monkey Forest atau wahana Wanara di Ubud. aktifitas. Keluar masuk toko yang memajang barang-barang dengan kwalitas eksport. export d. Bush gagal meredam kemarahan dunia Arab.Kalimat yang menggunakan kata tidak baku di bawah ini adalah … a.modern c. Dia sangat terkesan dengan kotbah itu. Sistem pelayanan rumah sakit itu baik. ekspor 9. Bush tidak menyampaikan permintaan maaf atas kekerasan dan pelecehan tentara AS terhadap tahanan di Irak. aktivitas. belikan obat di apotek. Ia menerbitkan buku Analis kependudukan.teknologi . kwalitas. George W.. 12. bahwa 8. . ekspor b. eksport c.globalisasi . Penulisan kata-kata bergaris bawah pada paragraf di atas yang sesuai dengan kaidah penulisan kata baku adalah … a. .modern b. Tolong.globalisasi .tehnologi . Setelah Reysa melunasi biaya perawatan. aktivitas.kreativitas .

4 15. “Yunan. tetapi Yunan marah. 2 c. Pewawancara : Selama ini Kak Alford sebagai magician atau pesilap. c. Mungkin Bapak bisa menjelaskan bagaimana kisah perang gerilya pada saat itu Pertanyaan yang tepat untuk diajukan kepada seorang mantan pejuang nasional yaitu nomor . apakah itu kebersihan? c.” Perubahan teks percakapan di atas menjadi teks naratif yangtepat adalah … a.” c. Urus dirimu saja. 14. Apakah Bapak bertanggung jawab ataskebersihan di sini? d.apa yang kau peroleh dari kegiatan itu? Pulanglah!” “Sudahlah. Robin. d. Menurut Bapak. Apakah Bapak dan Ibu merasa terganggu dengan kehadiran saya di sini ? 4. Ngomongngomong Kak Alford belajar dari siapa? Narasumber : Kakak Belajar dari Mr. 1 b. b. karena mereka berdua berbeda pendirian. Apakah Bapak tahu tentang kebersihan? b. Waktu itu kakak baru didik di bangku kelas lima SD. Seorang siswa sedang mewawancarai Bapak Ketua RT tentang kebersihan di lingkungannya. 3 d.. Bagaimana kiat Saudara dalam menanggulangi masalah kebersihan di lingkungan ini ? 2. “Yunan. Jangan sok usil.. dan menyuruh Danar tidak usil. d. jangan kau campuri urusanku.. Bagaimana cara Bapak membina warga untuk menjaga kebersihan? 16.a. Danar : “Apa yang kamu peroleh dari kegiatan itu? Pulanglah !” Yunan : “Kau tak perlu mencampuri urusanku. Danar meminta Yunan pulang. uruslah dirimu. Pertanyaan yang tepat untuk wawancara tentang topic tersebut adalah… a. Bacalah dengan cermat ! 1. Apakah anda mempunyai cara-cara tersendiri dalam mengatasi masyarakat di sini ? 3. Kakak diberi kesempatanm untuk belajar sulap sebagai kado ulang tahun kakak yang . siapa presiden Amerika Serikat itu? Kapan presiden AS menyampaikan pidatonya? Apakah Bush menyampaikan permintaan maaf? Mengapa Bush gagal meredam kemarahan dunia Arab? 13. a. apa yang kau peroleh dari kegiatan itu?” kata Danar b. Danar dan Yunan berselisih paham.

keadaan keluarga orang terkenal c. Narasumber mendapat dukungan dari mama dan keluarganya. dong. Bacalah penggalan wawancara berikut dengan cermat ! Pewawancara : apa yang dilakukan tentara Amerika di Irak? Narasumber : tentara Amerika bertindak brutal. Kakak senang sekali. Narasumber berbicara tentang … a. seseorang yang sedang populer d. Kak Alford belajar sulap bersama Mr. Eh. b. Kebetulan Mr.ketujuh dari ayah. Robin sebagai kado ulang tahun dari ayahnya. Narasumber dipaksa mamanya intuk ikut Pop Idol d. Kesempatan belajar sulap sebagai kado ulang tahun Kak Alford. Narasumber senang nonton Pop Idol. Ceritanya. Narasumbermenggemari cerita-cerita di TV c. cara menjadi orang terkenal b. terutama terhadap para tahanan. tidak enaknya … waktu buat keluarga menjadi berkurang. Robin sewaktu ia kelas 5 SD c. Perlakuan mereka di luar batas perikemanusiaan. Kesimpulan yangdapat diambil dari wawancara di atas adalah… a. Akhirnya aku langsung bicara sama mama bahwa aku ingin ikut audisi. Kak Alford seorang pesulap cilik. b. Wartawan : mengikuti Pop Idol memang keinginan kamu sendiri atau dorongan orang tua? Gareth : Dari aku sendiri. suka duka menjadi orang terkenal 18. Pernyataan yang benar tentang isi Tanya jawab di atas adalah … a. Akan tetapi. waktu itu aku menonton iklan di TV dan mama juga ikut menonton. ini semua kan memang sudak risiko yang harus aku tanggung lah. Wartawan : Bagaimana perasaanmu menang di Pop Idol dan menjadi populer seperti sekarang? Gareth : aku sangat senang bisa menang di Pop Idol. Dari ajang inilah aku bisa jadi populer dan di kenal di mana-mana. Kak Alford belajar sulapdari Mr. 17. mama dan keluarga aku malah dapat dukungan. . Pewawancara : contohnya bagaimana? Narasumber : seorang tentara Amerika menggiring tahanan Irak dengan tali. d. Para tawanan itu diperlakukan sepertikambing saja yang diseret-seret. Tapi. Robin itu teman baik ayah.

Thanks ya! . William. 3 dan 4 22. Kesimpulan yang kita ambil dari pernyataan narasumber adalah … a. Niken : masak sih? Ini bicara dengan siapa? Benar kan ini nomor 773203? Ayo dong.19. ini dengan rumah Pak Ahmad. Hubungan dua bangsa yang berkonflik. Selamat pagi…mau bicara dengan siapa? Ada apa sih? c. 2. Maka. Pada suatu pagi kamu mendengar dering bunyi telepon di rumahmu. kamu punya PS 2 kan? Aku boleh pinjam ga? Orang tuaku pada pergi dan aku sendirian di rimah. 2 dan 3 c. Selamat pagi. 1 dan 2 b. kalimat yang tidak santun dalam percakapan telepon di atas ditandai oleh nomor … a.” …………………… 21. jangan bercanda. Tante : “ iya benar. Mau bicara dengan siapa? Perhatikan pesan-pesan singkat di bawah ini! 1. Kamu tidak tahu siapa yangsedang menelepon. hal-hal yang dilakukan tentara Amerika di Irak. 20. d. ini dari kantor ayah ya? Mau cari ayah?mau ngapain ya? d. Hallo. Penderitaan seseorang di penjara Irak. Pewawancara di atas mau mengangkat topik tentang … a. ada Romeo ga?” Tante : “Selamat pagi. Percakapan melalui telpon Niken : “Hallo. Bob. Nomor telepon rumahmu 667054. d.pulang sekolah tolong beliin sekalian makanan buat kucingmu ya! Uangnya sama Pak Ahmad.ini siapa ya?dari mana? b. Tentara Amerika bi9adab dan tidak berperikemanusiaan. Romeo … Romeo siapa ya? Di sini tidak ada yang bernama Romeo”. pengiriman pasukan Amerika b. Hasil dari pengiriman pasukan Amerika di Irak. c. kekerasan tentara Irak di Amerika c. Tentara Amerika sudah menjalankan tugas dengan baik. 1 dan 3 d. Hallo. kalimat pembukaan dalam telepon yangbaik adalah … a. b. tapi di rumah ini memang tidak ada yang bernama Romeo.

1 b. Pesan singkat atau memo di atas yang berupa permohonan adalah. 4. gmn ya? c. Pesan singkat di atas. Dia mau suruh supir keluargamu untuk jemput di bandara jam 14. nomor 1 b. yang bersifat formal /resmi terdapat pada nomor … a. Pak Ahmad. b. Itu aku lagi download sesuatu. nomor 4 24. De. 3 d. Di bawah ini. d. Vi. Hari ini Floren bertemu dengan Budi di depan Gading XXI. Yth. besok saya ga ke sekolah. Bud. 4 25. tolong ikut rapat di sanggar siang ini. 2 c. acara kita batal.mudah-mudahan hari ini juga bisa ketemu. Namun.00. Nanti hati-hati kalau ngantar anak-anak. Maaf. Nontonya kapan-kapan aja ya! d. Apa kamu tidak keberatan acara nontonya kita undur saja? 27. maaf. Aku di ajak ibu ke suatu tempat. Maaf ya. Saya sedang ke luar kota. kita ga jadi nonton bareng. 23. Pesan Floren kepada Budi adalah … a. Lusa kita ketemuan di Gading aja ya.ini tigas BI dari Pak Lawrence. Bud. Tapi supirnya belum datang. Floren secara mendadak diajakmenemani ibunya berbelanja ke Senayan untuk keperluan Ibunya yang mau ke Singapura. Ini buat bahan UU dan dikumpulkan hari Selasa. nomor 3 d. Ini masih di RS. 26. rem mobil agak kendor. kecuali… a.pesan singkat yangberisi penjelasan adalah … a. janji kita batal. jam 5 sore. Yani. Bud.3. Jika tidak keberatan. Stefani. Mami ngajak belanja di Senayan. . Trus. Katanya dia mau pulang hari ini. Sebelum berangkat ke sekolah Ayah melepon dari luar kota. tolong nanti matiin komputerku. bahan itu belum kutemukan. Besok aja ya! b. nomor 2 c. c. aku diajak mami belanja ke senayan. Trus jangan lupa beli makanan buat si blecky dan si meong. Pak Denny. dari kemarin tunda terus.

744. c.Memo(pesan singkat) yang kamu tulis untuk supirmu yang tepat adalah … a. saya yang terima pesan Papa. Tolong nanti jemput Papa di bandara jam 14. Pontianak c. Eh.347.240 36 22.820 4. Tadi Papa telepon suruh jemput di bandara jem 14. Pohon jeruk di Kebumen tahun 2000 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Papa mau balik dari luar kota.065 122 13. Tidak pake telat.191. b. 8. Terima kasih.125 7.165 8. penanaman pohon dan produksi jeruk yang sangat mencolok peningkatannya adalah di daerah . a. Nanti jemput Papa di bandara jam 14.00. d.019 Medan 84. Kebumen d.. Produksi jeruk di Pontianak tahun 2000 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. jam 14. Malang b.00. c.429 4.Pernyataan yang tepat sesuai dengan tabel di atas adalah … a.001 3.. Lampung 29. Produksi jeruk di Malang tahun 2000 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. 28.900 Malang 2.Perhatikan tabel berikut dengan cermat ! No Kecamatan Indonesia ton 1 20 2.156 Jumlah dan produksi jeruk di 1999 pohon ton 2000 pohon . d. Produksi jeruk di Lampung tahun 2000 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.980 4 5. Karena tadi kamu ga ada. 66 Berdasarkan data di atas. Tadi Papa telepon dari luar kota. 10 4.00..743. nanti jemput Papa di bandara ya.810 5.005 Pontianak 2. b. Bacalah tabel berikut dengan saksama ! Penjualan Mobil Tahun 2007 Jenis Jan Feb Mar (dalam unit) Apr Mei Jun Lampung 21.00. 16.083 Kebumen 9.

332 12.739 1.754 1.00 28-03 12. Penjualan mobil tahun 2007 dimonopoli oleh kelompok Astra.00 14.097 2.00 28-03 16.200 1.415 5.350 1.305 498 3.410 4.317 1.00 28-03 08.00 28-03 06.829 3.300 3.578 ‘07 4.545 13. Penjualan mobil tahun 2007 menghasilkan devisa yang tinggi.313 1. Mobil Mazda merupakan mobil yang paling tidak favorit di Indonesia.625 3.11 6 2.00 12.570 5. Masyarakat lebih suka menggunakan mobil merk Mitsubishi daripada Suzuki d.837 9.122 ‘07 4. Penjualan mobil Daihatsu mengalami penurunan pada April 2007 dari bulan sebelumnya 32.00 28-03 10.089 1.658 426 3.Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi tabel tersebut di atas adalah … a.Berdasarkan jadwal tersebut.400 1.512 89 5.057 1.504 8.883 ‘07 4.00 28-03 18.00 Nomor GIA GIA7718 GIA7817 GIA7917 GIA7119 GIA7219 GIA7319 GIA7518 33.182 2. Penjualan mobil Toyota tidak pernah mengalami penurunan dalam setiap bulannya.255 75 3. 31.997 3. c. Penjualan mobil Isuzu jumlahnya sama pada bulan Maret dan Juni 2007. Mobil Mazda terjual 400 unit pada semester pertama tahun 2007 d.00 10. Penjualan mobil Suzuki paling tinggi terjadi di bulan Juni 2007.083 1.945 13.270 3.890 2.00 09. Jumlah mobil yang terjual pada Juni 2007 sebanyak 36.078 478 4. EMBARKASI HALIM PERDANA KUSUMA KLOTER 164 165 166 167 168 169 170 Masuk tgl 27-03 27-03 27-03 27-03 27-03 27-03 27-03 Asrama Berangkat pukul tgl pukul 08.311 50 2. b.423 unit. c.501 47 5. Masyarakat lebih suka menggunakan mobil merk Toyota dibanding merk lainnya.00 17.00 28-03 14. Penjualan mobil Suzuki paling diminati pada tahun 2007 b.430 30. c.124 ‘07 4.528 12.Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah … a. b. d.512 92 5.860 3.Simpulan isi tabel tersebut adalah … a.00 16.530 1.641 ‘07 2.521 50 5.Mobil Daihatsu Honda Isuzu Mazda Mitsubishi Nissan Suzuki Toyota Lainnya ‘07 4. calon jamaah haji yang paling lama menunggu pemberangkatannya yaitu jamaah kloter … .

Jenis 2000 2001 2002 2003 hasil Ikan 2.17 1.37 2. Produksi ikan di Indonesia dari tahun ke tahun terus berkembang.a. Jenis 2000 2001 2002 2003 hasil Ikan 2.27 772 272 darat 0 2 493 307 Ikan laut 711 56 5 Jumlah 2.50 .03 3. jemaah yang menunggu selama 24 jam adalah. d. Jenis 2000 2001 2002 2003 hasil Ikan 2.88 3.83 1.37 2. c. 165 b.17 1.17 1. ditujukan untuk meningkatkan kebutuhan protein hewani bagi penduduk.27 2.81 1 7 3 2 d.27 2.17 1.17 darat 0 2 0 0 Ikan laut 711 56 793 711 5 Jumlah 2.16 2. khususnya ikan laut dan ikan darat.Kegiatan penduduk dalam bidang perikanan dan peternakan.88 1. Jenis 2000 2001 2002 2003 hasil Ikan 2. b. Tabel yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah … a.26 579 1 7 3 c.76 79 80 5 3 7 Jumlah 2. 165 166 167 170 34. Berdasarkan jadwal di atas. 169 35.27 2.26 579 1 7 3 b. 167 d.88 1.00 darat 0 2 0 5 Ikan laut 711 1. kecuali … a. Perkembangan produksi ikan dilihat pada tabel berikut.83 1.17 1. 166 c.

memohon kepada Tuhan agar menginggal dunia 38. d. a. Citraan yang terdapat pada cuplikan bait puisi di atas adalah … citraan gerak citraan penciuman citraan penglihatan citraan pendengaran Menyesal Pagiku hilang telah melayang Masa mudaku telah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi .766 64. akan selalu taat kepada Tuhan sampai mati d.darat Ikan laut Jumlah 0 711 2. 37. Peserta tahun 1998 jumlahnya dua kali lipat dari peserta tahun 2000 d.538 Jumlah diterima 67.20 5 36. angin lenyap untuk menjadi embun pagi c. Tatengkeng Pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang dalam bait puisi di atas bahwa pengarang … a. c. Tuhanku Biarlah aku menjadi embunmu Memancarkan terangmu Sampai aku hilang lenyap olehnya J. b.709 436. O. Jumlah pendaftar setiap tahunnya berkurang c. 39. Jumlah calon mahasiswa yang diterima di UI untuk tahun 200 paling banyak.76 5 3.967 72.E. akan menjadi embun yang akan hilang b. Jumlah pendaftar tahun 1998 adalah paling banyak b.000 Pernyataan di bawah ini yang salah adalah … a.Tabel peserta ujian masuk Universitas Indonesia (UI) Tahu n 1998 1999 2000 Jumlah pendaftar 479.88 1 2 1.16 3 5 70 0 3.03 7 0 79 3 3.517 408.

memberikan penghargaan c.Maksud dari puisi di atas adalah … a.Pesan Malam Udara malam itu terasa wangi uap wewangian dari kuburan membawa pesan darimu “aku sudah bahagia… di samping Sang Pencipta” Puisi di atas menonjolkan imaji (citraan) … a.Pada baris “ ini dari kami bertiga / pita hitam pada karangan bunga” kata kias itu bermakna a. c. kecewa b. memberikan sebuah karangan bunga b. Perhatikan puisi berikut ! Karangan Bunga Tiga anak kecil Dalam langkah malu-malu Datang ke Salemba Sore itu Ini dari kami bertiga Pita hitam pada karangan bunga Sebab kami ikut berduka bagi kakak yang ditembak mati Siang tadi 40. Masa mudapengarang yang tidak pernah digunakan secxara baik.sehingga di masa tuannya menderita. duka c. d. citraan pencecapan . b. ingin berkabung 42. Penyesalan yang berkepanjangan karena tidak memanfaatkan suasana pagi yang indah. Pengarang mengharapkan para pemudanya memanfaatkan masamudanya sebaik mungkin.Suasana yang terkandung dalam penggalan puisi di atas adalah …. a. menyesal d. citraan gerak b. perjuangan 41. seseorang yang tidak pernah bangun pagi hari akan menyesal karena tidak kebagian rezeki. turut berbelasungkawa d.

Di daerah pegunungan. Kita duduk seperti ini juga. Di daerah pegunungan. setting penokohan tema alur 46. Untung aku seorang lelaki. Di atas gunung.. Tapi kini aku ingat lagi.. c. Akan tetapi. b. Di daerah pegunungan. sudah lama aku tak pernah mau mengingatnya. Kedua tanganku ini. Dan dalam tekanan genggamanmu. setelah perang kemerdekaan dalam suasana bahagia 44. kau lihat ? Buntung karena perang. citraan penciuman 43.A. Delapan tahun yang lalu keadaan desa ini lebih menyerupai hutan daripada tempat permukiman. setelah perang kemerdekaan dalam suasana bahagia d. d. Sekolah hanya memiliki beberapa puluh murid saja. pada masa perang kemerdekaan dalam suasana yang tidak aman b. Tapi tempatnya bukan di sini. Bulu tangan berdiri. setelah perang kemerdekaan dalam suasana yang mengharukan c. pasti sudah menangis meraung-raung. Seorang yang periang meski ia kehilangan jari-jarinya b. Seorang yang putus asa dan tidak bahagia akibat perang yang dialaminya d. penggambaran watak tokoh ‘aku’ adalah . ( dikutip dari cerpen “Angin dari Gunung” . Aku biarkan dia tergenggam. Dan aku tak lagi merasa bahagia seperti dulu ……. Aku masih ingat. Udara malam terasa lebih dingin masuk ke dalam pori-pori kulit. Ketika itu seperti macam sekarang.. sangat sepi.. katanya dengan suara tak acuh. Seorang yang putus asa karena kemalangannya 45. Dia diam lagi. a. A. aku menekan kekecewaan diri menerima kenyataan yang kuhadapi. Navis ) Pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan latar peristiwa di atas adalah .Dari kutipan cerpen di atas. ketika delapan tahun yang lalu setelah tamat pendidikan guru. tengkuk sesekali menggigil”.Aku pun pernah mengalami hal seperti itu. a. intrinsik yang dijelaskan pada penggalan cerita di atas adalah …. Seorang yang tegas meski didera pencobaan c. kalau perempuan seperti Afri.Ya. aku tahu kau mau bicara. Jari-jariku sudah tak ada lagi kini. . Dan memandang jauh ke arah gunung itu. Dengan sepenuh hati aku mengabdi demi kepentingan pendidikan.. citraan pendengaran d. Sekali kau menggenggam jariku erat sekali.c. Unsur a. Ya.. aku dilempar ke desa ini.“Hujan turun disebar langit merata di seluruh kota.

tiga hari ini. Orang yang merupakan sumber berita ketika seseorang diwawancarai disebut … a. tabah 47. Dan jika selama tiga hari ini selalu mujur seperti hari ini. tempat dalam cuplikan novel di atas … bangunan jembatan kota ruang pencukuran Latar a. bertanggung jawab. 50. Lydia melihat tampaknya bangunan-bangunan itu begitu padat. pukul sembilan malam. suka menolong. mungkin lebih 49. wartawan b. cukuplah sudah dan membeli kaos rider kira-kira. pewawancara d. bangunan itu tidak lembut dan mengembik seperti domba. rendah hati. teliti. Mereka menyeberangi jembatan dan memasuki kota menjelang malam. tulisan tentang riwayat hidup seseorang d. Darwin sudah dapat mengantongi uang sepuluh ribu rupiah lebih. penanya c. cukuplah sudah uang Darwin untuk membeli kaos. d. Bahkan mungkin lebih …. a. tidak sombong b. Latar a. malam pagi. waktu yang terdapat dalam cuplikan cerita di atas adalah …. b. Arti dari kata yang di garis miring di atas adalah …. dan selama tiga hari sejak. film. selalu jujur.Watak tokoh “aku” dalam penggalan novel tersebut adalah … a. selama. pandai bergaul. yang mempunyai paham/aliran yang berbeda beramai-ramai membuat autobiografi. d. sabar. tulisan tentang hidup b. c. c. Kota itu benar-benar ada. tulisan yang dipublikasikan dalam bentuk buku. seperti domba-domba di ruang pencukuran. kreatif d. narasumber . c. teliti. teliti c. b. atau program TV. mau bekerja keras. Bangunan itu mengeluarkan asap dari cerobong-cerobongnnya.Dari pagi hingga kira-kira pukul sembilan. Namun. riwayat kehidupan yang dtulis sendiri. 48. Sekarang ini banyak politikus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful