Kritik Sastra dan Esai

Kompetensi yang harus dicapai    Mengidentifikasi ciri-ciri kritik sastra dan esai Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik sastra dan esai Menulis kritik sastra dan esai .

iptek. atau politik. Masalah yang dibahas dalam esai merupakan masalah yang aktual dari berbagai bidang seperti kesusastraan. kebudayaan. . Esai adalah karangan singkat yang membahas suatu masalah dari sudut pandang pribadi penulisnya.Pengertian Kritik sastra adalah analisis terhadap suatu karya sastra untuk mengamati atau menilai baik-buruknya suatu karya secara objektif.

Ciri-ciri Kritik Sastra    Bersifat objektif. Menjadi bahan acuan untuk meningkatkan kreativitas pencipta karya tersebut. Bertujuan untuk membangun (memperbaiki) karya yang dikritik. .

.Ciri-ciri Esai    Dikembangkan berdasarkan pandangan pribadi penulis esai. Membantu pembaca untuk memahami suatu karya atau masalah. Ditulis dengan bahasa yang santai dan cair (tidak kaku seperti artikel atau karya ilmiah).

Seorang kritikus harus memiliki alasan atau argumentasi yang kuat atas penilaian yang diberikannya terhadap karya yang dikritiknya. Seorang kritikus harus memiliki µalat¶ analisis yang akan digunakannya untuk menilai karya sastra yang dikritiknya. .Prinsip penulisan kritik    Seorang kritikus sastra wajib membaca karya yang akan dikritik berulang kali sampai mendapatkan gambaran yang jelas mengenai isi karya sastra tersebut.

lanjutan   Seorang kritikus dalam menyampaikan kritiknya harus dilandasi niat untuk membantu pencipta karya tersebut agar bisa berkarya lebih baik lagi. . Seorang kritikus harus mampu mengungkapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam karya tersebut agar bisa dipahami oleh pembacanya.