PERBEDAAN SEL HIDUP DAN SEL MATI

Setiap makhluk hidup memiliki bagian-bagian anggota tubuh yang tersusuan dari jutaan sel, dari sel-sel tersebut dapat di bedakan menjadi sel hidup dan sel yang sudah tidak aktif lagi (sel mati). Perbedaan sel hidup dengan sel mati adalah pada struktur dan aktifitas dari masing-masing sel tersebut. Sel hidup adalah sel yang masih memiliki peranan penting dalam metabolisme kehidupan dari mkhluk hidu, hal itu di tandai dengan adanya bagian-bagian protoplas dalam sel atau dengan adanya hasil metabolisme yang berupa bahan ergastik. Sedangkan sel mati adalah sel yang sudah tidak memiliki peranan dalam proses kelangsungan kehidupan dan hanya berupa dinding sel. KESIMPULAN - Sel hidup adalah sel yang masih menunjukkan aktivitas kehidupan yang ditunjukkan dengan adanya bagian-bagian protoplas dalam sel atau dengan adanya hasil metabolisme yang berupa bahan ergastik. Sedangkan sel mati hanya berpa ruang kosong yang dibatasi oleh dinding sel. - Sel hidup antara lain pada tangkai tanaman jarak, umbi bawang merah, daun hydrilla, dan kentang sedangkan sel mati terdapat pada serat kapuk, kapas, dan empulur ubi kayu. - Benda-benda ergastik pada sel antara lain amilum pada kentang yang berfungsi sebagai cadangan makanan, dan Kristal ca-oksalat. Perbedaan Benda Hidup dan Benda Mati
Threaded 0

Perbedaan Benda Hidup dan Benda Mati

Dengan pengamatan sederhana, pada umumnya kita dapat membedakan benda hidup da menerima rangsangan. Tumbuh dan bergerak bukan kriteria ilmiah untuk membedakan dari hewan yang bertelur bukan benda mati. Mereka merupakan benda hidup dalam kea serasi, mereka akan merupakan benda hidup. Mungkin benda yang terletak di perbatasa dapat berkembang biak dan beberapa virus dapat dibuat kristal.

misalnya. Benda mati seperti batu dan mineral tidak dapat me mati seperti batu dan mineral tidak dapat menyusun unsur-unsur kimia seperti yang dike menonjol pada benda mati seperti kristal dan batu tergantung dari cara pembentukan. Perbedaan Benda Hidup dan Benda Perbedaan Benda Hidup dan Benda Mati Dengan pengamatan sederhana.H. Contoh: jika logam dipanasi akan berkembang. bentuk. berarti kehidupan ada di dalam protoplasma. Reproduksi: Tiap jenis organisme hidup mempunyai kemampuan untuk menduplikasika duplikat jenisnya. Benda mati juga mengalami perubahan jika ada pengaruh dari reaksi. Tumbuh dan bergerak bukan kriteria ilmiah untuk mem . tetap akan berupa sebutir batu. Benda hidup tersusun dari substansi hidup yang terdiri dari molekul-m (lebih dari 2000). pada umumnya kita dapat membedakan benda hid biak dan menerima rangsangan. dan sebagainya. dan N dalam jumlah ya yang jumlahnya berbeda-beda. d diperhitungkan berdasarkan jenis dan ukuran logam. Secara bersama-sama molekul-molekul tersebut membe mempunyai protoplasma yang hidup. dan metabolisme destruktif disebut ju Iritabilitas: Benda hidup (sebagai keseluruhan yang utuh dan bagian-bagiannya) bereaks Aksi terhadap rangsangan-rangsangan dari sekitarnya itu disebut tanggapan (respon). dan jug sebagai senyawa kimia mati atau substansi mati. Ayam dapat menghasilka bukan anak anjing. cahaya. tiap jenis benda hidup umumnya be tergolong satu jenis umumnya memiliki rupa. Dalam pelaksanaan pro kimia sesuai dengan kebutuhannya.Benda hidup dapat dibedakan dari benda mati berdasarkan kriteria sederhana sebagai be Bentuk dan ukurannya: Dalam batas-batas tertentu. je Metabolisme: Benda hidup dibedakan dari benda mati berdasarkan proses-proses vital y jumlah semua proses fisik dan kimia yang menghasilkan substansi hidup (metabolisme (metabolisme konstruktif) serta menghasilkan energi (metabolisme energi) dengan jalan Metabolisme konstruktif disebut juga anabolisme. yaitu pohon jeruk dan bukan pohon pisang. Ja panas.O. Benda hidup berlipat ganda dengan menggunakan material yang ada batu yang ada di halaman kita. dan ciri-ciri yang sama. Bend unsur-unsur kimia yang sama seperti unsur-unsur yang menyusun benda hidup. baik melalui kontak eksternal ataupun rangsangan tersebut dimanfiestasikan sebagai perubahan-perubahan sementara atau mun diukur secara kuantitatif. Benda m bervariasi. serta besarnya pengaruh. Molekul-molekul itu terdiri dari unsur C. tekanan. dapat diukur secara kuantitatif. dengan berat molekul kurang dari 2000 Organisasi: Tiap bagian organisme hidup tersusun dari sel-sel mikroskopik dan majemu satu dengan lain untuk terselenggaranya berbagai proses hidup. contoh: sebutir pasir granit (diameter 1-3 mm) dan sebongkah batu granit ya Komposisi kimia. lembab.

Contoh: jika loga diukur. Mereka merupakan benda hidup d tempat yang serasi. Benda hidup tersusun dari substansi hidup yang terdiri dari molekul besar (lebih dari 2000). Reproduksi: Tiap jenis organisme hidup mempunyai kemampuan untuk mendu menghasilkan duplikat jenisnya. Molekul-molekul itu terdiri dari unsur C.. tekanan. Sebutir batu yang ada di halaman kita. cahaya. Komposisi kimia. Benda hidup berlipat ganda dengan menggunakan m ganda. bentuk. Metabolisme: Benda hidup dibedakan dari benda mati berdasarkan proses-pro adalah jumlah semua proses fisik dan kimia yang menghasilkan substansi hidup (metab (metabolisme konstruktif) serta menghasilkan energi (metabolisme energi) dengan jalan Metabolisme konstruktif disebut juga anabolisme.. Perbedaan Benda Hidup dan Benda . Perubahan kuantitatif dapat diperhitungkan berdasarkan jenis dan ukuran logam 6. Benda mati juga mengalami perubah yang disebut juga sebagai hasil reaksi. Benda mati seperti batu dan mineral tidak dapat menyusun unsur-unsur k dan pola struktural yang menonjol pada benda mati seperti kristal dan batu tergantung d menyusunnya. Benda mati seperti batu dan mineral tid kebutuhannya. mereka akan merupakan benda hidup.dan telur dari hewan yang bertelur bukan benda mati.O.H.. dan N da unsur kimia lain yang jumlahnya berbeda-beda. berarti kehidupan ada di dalam p sama seperti unsur-unsur kimia yang sama seperti unsur-unsur yang menyusun benda hi tersusun sebagai senyawa kimia mati atau substansi mati. Aksi terhadap rangsangan-rangsangan dari sekitarnya itu disebut tanggapan rangsangan seperti: panas. misalnya. Iritabilitas: Benda hidup (sebagai keseluruhan yang utuh dan bagian-bagianny sekitarnya. 2. Benda hidup dapat dibedakan dari benda mati berdasarkan kriteria sederhana sebag 1. dapat diukur secara kuantitatif. yaitu pohon jeruk dan bukan pohon pisang. 4. dan metabolisme destruktif disebut ju 5. contoh: sebutir pasir granit (diameter 1-3 mm) dan sebongkah batu lautan. Secara bersama-sama molekul-molekul Jadi benda hidup mempunyai protoplasma yang hidup. Bentuk dan ukurannya: Dalam batas-batas tertentu. Ayam dapa anak ayam dan bukan anak anjing.. lembab. tiap jenis benda hidup umu yang tergolong satu jenis umumnya memiliki rupa. tetap akan berupa sebutir batu. dan sebagainya. Dalam pel unsur-unsur kimia sesuai dengan kebutuhannya.. dengan berat molekul kurang 3. dan ciri-ciri yang sama. Organisasi: Tiap bagian organisme hidup tersusun dari sel-sel mikroskopik da berhubungan satu dengan lain untuk terselenggaranya berbagai proses hidup.. Mungkin benda yang terletak sebab virus dapat berkembang biak dan beberapa virus dapat dibuat kristal. Ben besarnya bervariasi. baik melalui konta benda hidup terhadap rangsangan tersebut dimanfiestasikan sebagai perubahan-perubah perubahan itu tidak dapat diukur secara kuantitatif.

Benda hidup atau organisme berkembang biak dan menerima rangsangan. Tumbuh dan bergerak bukan kriteria ilmiah untuk membedakan benda hidup dari benda mati. Mereka merupakan benda hidup dalam keadaan tidur.O. bentuk dan ukuran besarnya bervariasi. sebab virus dapat berkembang biak dan beberapa virus dapat dibuat kristal. tiap jenis benda hidup umumnya berbentuk dan berukuran tertentu. contoh: sebutir pasir granit (diameter 1-3 mm) dan sebongkah batu granit yang beratnya beratus-ratus ton atau setetes air dan lautan. Benda mati juga terdiri dari unsur-unsur kimia yang sama seperti unsur-unsur kimia yang sama seperti unsur-unsur yang menyusun benda hidup. Benda mati. Benda mati seperti batu dan mineral tidak dapat menyusun unsur-unsur kimia sesuai dengan kebutuhannya. Secara bersama-sama molekul-molekul tersebut membentuk substansi hidup yang disebut protoplasma.H. karena apabila mereka ditempatkan di tempat yang serasi. Biji dari tumbuhan berbiji dan telur dari hewan yang bertelur bukan benda mati. berarti kehidupan ada di dalam protoplasma. Benda hidup tersusun dari substansi hidup yang terdiri dari molekul-molekul organik yang majemuk.Dengan pengamatan sederhana. >Â > Benda hidup dapat dibedakan dari benda mati berdasarkan kriteria sederhana sebagai berikut: > > Bentuk dan ukurannya: Dalam batas-batas tertentu. pada umumnya kita dapat membedakan benda hidup dari benda mati. Jadi benda hidup mempunyai protoplasma yang hidup. mereka akan merupakan benda hidup. dan unsur kimia lain yang jumlahnya berbeda-beda. dan ciri-ciri yang sama. > Organisasi: Tiap bagian organisme hidup tersusun dari sel-sel mikroskopik dan majemuk. dan juga terdiri dari unsur-unsur lain. dengan berat molekul kurang dari 2000. Jadi semua benda hidup yang tergolong satu jenis umumnya memiliki rupa. Benda mati seperti batu dan mineral tidak dapat menyusun unsur-unsur kimia seperti yang dikerjakan oleh tumbuhan dan hewan. tetapi unsur-unsur itu tersusun sebagai senyawa kimia mati atau substansi mati. Sifat . > Komposisi kimia. Mungkin benda yang terletak di perbatasan antara benda hidup dan benda mati adalah virus. sering dengan berat molekul besar (lebih dari 2000). walaupun tergolong satu jenis. bentuk. Molekul-molekul itu terdiri dari unsur C. tumbuhan dan hewan menyusun kembali unsur-unsur kimia sesuai dengan kebutuhannya. Sel-sel itu terhimpun menjadi sistem-sistem yang berhubungan satu dengan lain untuk terselenggaranya berbagai proses hidup. Dalam pelaksanaan proses hidup. dan N dalam jumlah yang bervariasi tetapi dengan proporsi tertentu.

Perubahan kuantitatif dapat diperhitungkan berdasarkan jenis dan ukuran logam. cahaya. dan sebagainya. Benda hidup berlipat ganda dengan menggunakan material yang ada dalam tubuhnya. lembab. Perubahan-perubahan itu tidak dapat diukur secara kuantitatif. tekanan. dapat diukur secara kuantitatif. Contoh: jika logam dipanasi akan berkembang. jenis. Derajat tanggapan benda hidup terhadap rangsangan tersebut dimanfiestasikan sebagai perubahan-perubahan sementara atau mungkin perubahan permanen. Benda mati tidak dapat berlipat ganda. dan metabolisme destruktif disebut juga katabolisme. tetap akan berupa sebutir batu. Metabolisme adalah jumlah semua proses fisik dan kimia yang menghasilkan substansi hidup (metabolisme substansi) dengan jalan membanguns secara konstruktif (metabolisme konstruktif) serta menghasilkan energi (metabolisme energi) dengan jalan destruksi substansi hidup itu (metabolisme destruktif). . > Reproduksi: Tiap jenis organisme hidup mempunyai kemampuan untuk menduplikasikan dirinya sendiri. Aksi terhadap rangsangan-rangsangan dari sekitarnya itu disebut tanggapan (respon). yaitu dari telur ayam akan timbul anak ayam dan bukan anak anjing. dan perkembangannya dapat diukur. baik melalui kontak eksternal ataupun melalui kontak internal.dan pola struktural yang menonjol pada benda mati seperti kristal dan batu tergantung dari cara pembentukan. "Perbedaan Sel Hidup Dan Sel Mati"Makalah perbedaan sel tumbuhan dan pada awalnya struktur dinding sel yang ada pada tumbuhan merupakan sebagai sel mati hdalam jenis reproduksi ual dikenal sebagai anisogamy dan oogamy ada perbedaan dan hanya akan bertahan hidup dan dapa dan mati fasa g 1 sel perbedaan pertumbuhan dan perkembangan sel di dalam sel terjadi fungsi fungsi vital demi kelangsualat kelamin luar mulai membuat perbedaan mendasar apakah pola ini bisa digunakan untuk pengidentifikasian seumur hidup"Perbedaan Sel Hidup Dan Sel Mati". Contoh: pohon jeruk mampu menghasilkan duplikat jenisnya. Jadi benda hidup yang menanggapi rangsangan-rangsangan seperti: panas. dan banyaknya unsur kimia yang menyusunnya. > Iritabilitas: Benda hidup (sebagai keseluruhan yang utuh dan bagian-bagiannya) bereaksi terhadap perubahan-perubahan dalam lingkungan sekitarnya. serta besarnya pengaruh. Benda mati juga mengalami perubahan jika ada pengaruh dari luar. yaitu pohon jeruk dan bukan pohon pisang. dan perubahan-perubahan itu yang disebut juga sebagai hasil reaksi. Ayam dapat menghasilkan duplikasinya. Sebutir batu yang ada di halaman kita. > Metabolisme: Benda hidup dibedakan dari benda mati berdasarkan proses-proses vital yang secara kolektif disebut metabolisme. misalnya. Metabolisme konstruktif disebut juga anabolisme.

Gambar Perbedaan Sel Hidup Dan Sel Mati 2012 "Perbedaan Sel Hidup Dan Sel Mati"We will use your email address to send you updates if you request them about questions you ask answer or track and to hejawaban terbaik ciri umum sel hidup yaitu masih ada aktivias seperti oksidasi tampak fisik dari sel itu jika hidup masihjudul praktikum sel hidup dan sel mati tujuan praktikum mengetahui perbedaan sel hidup dan sel mati melihat benda benda praktikum ii topik perbedaan sel hewan dan tumbuhan tujuan 1 untuk mengamati bentuk bentuk sel mati dan bagian bagian selaporan praktikum perbedaan sel tumbuhan dan pada awalnya struktur dinding sel yang ada pada tumbuhan dianggap Gambar Sel Hewan .

5. 2. banyak Gambar Sel Tumbuhan .wk Sel Tumbuhan 1. memiliki dinding sel dan membran sel umumnya memiliki plastida tidak memiliki lisosom tidak memiliki sentrosom timbunan zat berupa pati bentuk tetap memiliki vakuola ukuran besar. 7. 6. 3. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful