P. 1
Referensi Soal Uas Etika Profesi

Referensi Soal Uas Etika Profesi

|Views: 282|Likes:
Published by Raden Zainuri

More info:

Published by: Raden Zainuri on Jan 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2014

pdf

text

original

REFERENSI SOAL UNTUK UAS 1. Sebutkan 4 rangking teratas negara yang membahagiakan penduduknya.

Bagaimana ukurannya dan beri contoh masing-masing negara dua ciri khas? Jawab: TV-One jum’at 9 Desember 2011, memberikan 5 negara yang membahagiakan rakyatnya(artinya yang memberi banyak peran rakyatnya mendapat keuntungan tanpa pilih kasih)

Sebagai ukuran adalah index kebahagiaan, yaitu: a. Selandia baru dengan contoh, • • Pengelolaan dan hasil peternakan diserahkan penduduk (sapi dan wol domba) Pemimpin dalam pemerintahan wajib setiap hari sidak

b. Denmark dengan contoh, • • Anggota parlemen ditunjuk (harus mau) dan tidak digaji Kaum miskin dan pemalas diisolasi dan diberi makan sekenyangnya (semua orang miskin dewasa waktu kerja harus kerja, bagi yang tak mau ditraining)

c. Finlandia dengan contoh, • • Tanah finlandia (=kalimantan), penuh batubara,pengelolaannya murni penambangan rakyat, dan ditambang sesuai kebutuhan, tak ada keinginan untuk orientasi eksport Finlandia merupakan negara dengan sejuta pemandangan, dan pengelolaan wisata diserahkan pada penduduk setempat

d. Bhutan dengan contoh, • • Seminggu sekali PM, menteri, dan jajaran terkait, mengadakan “coffe morning” Semua limbah tinggal disebut dimana, diangkut kepusat pengelolaan limbah gratis (kalau tela beri informasi limbah sehingga mencemari lingkungan, dihukum berat) (keunikan ini merupakan tambahan selain : tindakan “pasang purifier” atau penjernih atmosfir di singapura dan malaysia) 2. Sebutkan 5 contoh perumpamaan/peribahasa, menggambarkan hubungan anak dengan orang tuanya, jelaskan maksudnya masing-masing. Jawab:

a. Anak seperi panah dan orang tua membidik anak pada sasaran tertentu, dan panah dilepas, b. Kacang panjang merambat tidak lepas dari lanjarannya c. Setinggi-tinggi anak tupai melompat, akan jatuh di pelepahan juga d. Ajari anak tiga hal yaiu: berenang, berkuda dan memanah e. Sorga ditelapak kaki ibu. (beri komentar singkat untuk setiap item sendiri)

3. Sebutkan “contoh dan jelaskan” perumpamaan atau peribahasan sebelumnya konotasi negatif kini konotasi positif, dan kesimpulan apa yang dapat diambil dari pelajaran ini? Jawab: a. Bagai pungguk merindukan bulan, menjadi punggukpun bisa mendapat bulan apabila melakukan persiapan dan tidak menyiakan kesempatan b. Seperi katak dalam tempurung, menjadi katak pun harus tetap vokal meskipun dalam tempurung karena sarana komunikasi sudah hampir tak terbatas c. Guru kencing berdiri murid kencing berlari, untuk sekarang hal ini harus menjadi tidak benar. Konyol kalau korupsi (dan sebangsanya) dari pejabat lama diikuti pejabat baru d. “ambilkan bulan bu” (judul lagu ibu kasur), sekarang bukan tidak mungkin ibu dapat memberikan “bulan” (sesuatu yang luar biasa bermanfaat) sesuai permintaan anaknya e. Gajah dipelupuk mata tak tampak kuman diseberang lautan tampak, sekarang sudah tidak ada lagi hal yang tak tampak akibat perkembangan budaya, teknologi dan IT (kesimpulan apa terhadap lima contoh ini, anda nyatakan sendiri) 4. Siapakah yang berniat menjadi “pembunuh” untuk anda, dan bagaimana anda mewaspadai? Jawab: Pembunuh disini tidak hanya yang menjadikan kita meninggal, tapi juga kerugian besar, yaitu: a. Perampok jalanan (kisah mahasiswa singapur tewas dirampok setelah turun busway) b. Orang baru kenal Seorang janda didesa di suplay uang anaknya dari kota, janda tersebut membagi uang dengan tetangga sekitar dan sering membantu untuk amal, dua bulan kemudian kedapatan meninggal kesan dirampok, menurut berita tak banyak simpanan janda tersebut.

c. Teman lama d. Orang dengki e. Pembunuh dengan perhitungan Orang yang sengaja membuat target “perdata” untuk kita tetapi tidak takut dipenjara karena sudah “dihitung” akan memberikan hukuman ringan dengan korupsi “seambreg” (contoh riil cari sendiri, atau anda punya cerita lain?)

5. Sebutkan kisah riil beberapa tindakan terpuji dan dilakukan siapa? Jawab : (sorry mas, contoh dari saya hanya di UK, mau bukti? Datang saja kesana) a. Sopan santun Kisah persidangan parlemen UK yang terkenal dengan penghargaan terhadap sopan santun dan raja pers UK (robert Murdoc) disidangkan akibat phk yang dilakukan dengan tanya jawab dalam prosesi persidangan penuh sopan santun b. Baik hati • Sebuah pesan untuk masyarakat UK, “simpanlah semua bon pembelian yang ada” Seorang mahasiswa belanja se-ambreg dibanyak toko, sudah sebulan barang itu ditata dikamarnya, temannya mengingatkan kalau semua pembelian ini mendapat diskon karena dia mahasiswa, dicobanya untuk mendapat diskon dari semua toko yang pernah disinggahi. Semua toko memberi diskon 10-35 persen • Saya nikmati lebar bangetnya pedestarian dan ramai, didepan saya, gadis UK asyik bicara dengan temannya tanpa terasa tas genggamnya jatuh, istri saya hanya teriak, dan saya mencoba ambil tas tapi ragu apa mungkin dapat saya kembalikan mengingat ramainya. Tiba-tiba datang seorang pemuda meraih tas itu dan mengejar si empunya sampai jauh. Setelah tas dikembalikan saya amati raut mukanya berseri dan kembali gabung dengan cs-nya

c. Tanpa tendensi Seorang pekerja kesulitan dalam mengisi form perpanjangan visa yang berlembar-lembar. Sering tidak menepati janji bertemu dengan petugas imigrasi lantaran pekerjaannya. Dari pembicaraan dengan petugas dengan penuh sopan santun, petugas mau mengisikan semua form tanpa upah

d. Member perhatian lebih • Dalam suatu seminar, terjadi Tanya jawab dan pembicara menyampaikan kalau pertanyaan atau bahan diskusi dapat disampaikan dengan hp-email-telp kapan saja. Dua hari setelah seminar, penanya tidak menyampaikan pertanyaannya. Mantan pembicara memberi email dan menghubungi penanya untuk memastikan benar tidak ada pertanyaan. Seorang wanita bertanya pada “the man on the street” dimana tempat mendapatkan kaos MU dan sejenisnya. Saat itu UK lagi resesi. Orang itu menyampaikan bahwa sebenarnya banyak tokonya, tetapi sekarang enggak tahu masih jual apa tidak. Meskipun demikian orang tersebut mau mengantarkan untuk mendapatkan kaos sampai menemui lebih dari satu took dengan berjalan bahkan naik bus sampai hampir satu jam

6. Kesan pertama turis, menentukan seberapa kerasan turis di Negara tersebut, beri contoh. Jawab: a. “Parkir agak sana pak, saya mau lewat”, kata cewek ABG terhadap pengendara tua seorang turis. Begitu keluar dari mobil setelah memarkirkan kendaraannya dan begitu mobil turis tersebut digeser, ABG tidak melakukan apa-apa b. Untuk mencapai pesawat akan take off, penumpang harus diantar bis bandara dan bus menunggu cukup lama. Setiap ada penumpang naik, sementara penumpang yang sudah didalam bus teriak: “sudah pak sopir, ayo jalan nunggu apa lagi?, tinggal saja sudah bosan saya berdiri, dll” c. Seorang turis wanita ABG dari kanada, jalan-jalan ke mall galaksi dicopet tapi dia tahu harus mengejar copetnya minta kembali tas hitamnya. Dia diancam mau dibunuh, kontan nyalinya ciut ketakutan. Meskipun demikian nekat lapor yang kebetulan ada polisi. Oleh petugas diminta mengisi form dll. ABG tersebut langsung lari dan berjanji untuk tidak kembali ke Indonesia lagi. d. Turis pesan taxi bilang mau ke airport juanda, pendengaran sopir bukan. Hal ini mengakibatkan turis dikelilingkan sampai lama, dan turis marah-marah karena pesawatnya sudah take off.

7. Etika yang baikd ari penduduk bangsa kita dapat menunjukkan cirri, beri lima contoh Jawab: a. Tanya lokasi “notosuman”, pada the man on the street, dianter dengan mengikuti “Honda”nya dari belakang sampai tujuan, gratis.

b. Peristiwa “1998” lengsernya Suharto, semua kota terjadi penjarahan, bahkan di solo dengan korban penduduk penjarahan meninggal terbesar. Penjarahan tidak terjadi sekecil apapun (misalnya malak PKL) di Surabaya c. Tata karma adat jawa (juga : minang, Palembang, batak, dll), lingkup keberlakuannya meskipun semakin sempit dengan bertambahnya waktu, namun masih ada dan berlaku d. Tutur kata manis dalam menyapa atau “bercengkrama” bebas prasangkan dari beberapa suku, misalnya: sunda, dan banjar e. Semakin semarak tumbuh kantin dan swalayan kejujuran (anda mau berpartisipasi disini?) Semoga semua ini menjadi budaya, sehingga peristiwa penunjuk mutu etika masyarakat bermunculan.

8. Budaya bertanggung jawab menjaga citra, apalagi jelas melakukan. Bagaimana contoh hal ini, Jawab: a. Walaupun Birmingham- inggris ditegur oleh perlemen karena dedapatan “KPK-UK” keuangan kurang sejumlah anggaran arisan istri walikota. Walikota menyatakan kalau hal ini benar-benar lupa dan mengembalikan anggaran tersebut tapi ditolak, walikota mengundurkan diri, b. Menteri PU Scotland mengundurkan diri karena sebelumnya sudah disarankan untuk serius mengatasi hujan salju terutama untuk jalan Glasgow-edinburg. Hasilnya terjadi pembersihan salju melebihi waktu semalam bahkan sampai sehari di daerah Cumbernault. c. Dalam situs Edinburgh, terdapat foto dan ingin didownload, begitu “command” download dioperasikan, terdapat peringatan” kalau anda download melanggar hak cipta anda dan harus siap didenda”. Kalau kita tetap mau download dalam sehari sudah ada tagihan minimum 10 juta rp. Tidak murah untuk download foto dan dokumen penting, resminya minim perlembar 10 pound. Jika anda download dan tidak ada peringatan itu, monggo gratis. d. Catering Glasgow mensuplay minuman satu sekolah (300 anak), ternyata sebagian besar anak mengalami diare. Langsung jaksa wilayah mengeluarkan surat bahwa pemilik perusahaan makanan ini harus bertanggung jawab terhadap semua, dengan member ganti rugi. Spontan catering tersebut bangkrut 9. Bagaimana system dikatakan baik dan berjalan, jelaskan dan sertakan contoh Jawab: a. System global baik harus didukung dengan system skala dibawahnya yang harus baik, dan system dibawahnya ini harus didukung system dibawanya lagi yang juga baik

b. System baik apaabila reward dan punishment berjalan baik c. System baik didukung oleh pelaku dalam system yang punya niat baik d. System baik apabila punya rentang kendali manajemen sehingga setiap pelaku jelas jenjang karir yang sudah dan akan dicapai e. System yang baik member ruang untuk dilakukan dialog dengan tujuan perbaika system

10. Perbaikan system umumnya dilakukan dari permunculan UU dan member efek domino ampuh untuk kemajuan etika bangsa, ubah UU gini aja kok susah. Beri contoh di Indonesia Jawab: a. PP yang memunculkan gaji pegawai negeri naik 400 persen, jaman presiden Gus Dur b. Tap MPR tentang otonomi daerah bergulir (1999) yang menelorkan pemilihan langung c. Perubahan UUD (th 2000) dengan menetapkan 20 persen anggaran untuk pendidikan d. Keharusan BUMN dan BUMD menyisihkan 10 persen dari laba kotor untu kCondef. e. Pembiyaan pendidikan gratis sampai SLTA (kepmen Diknas 2004) dan masih ada lagi, sebelum peraturan iini dikeluarkan, rasanya system yang terkait amburadul

11. Menghilangkan budaya tidak baik, tidak serta merta mudah dilakukan, bahkan yang terjadi, pelaku perubahan tampak terasing dan dilenyapkan, beri contoh: Jawab: (wahai generasi muda, apakah kalau anda di system ini akan melakukan yang sama?) a. Masih terjadi pungli untuk level RT dan RW, bagi ketua RT/RW baru, mau terapkan tanpa pungli, terancam dicutat. b. Sering memulas keinginan minta pungli dengan tidak memberskan kewajibam tetapi menunda dengan alas an sibuk dan bilang “nanti” kepada sasaran pungli. Kapan ini dapat dihentikan? c. Sudah jarang melakukan 3S( senyum-salam-sapa) terhadap yang ditemui, terutama yang dikenal. Bukan berarti setelah senyum terus sapanya bilang,”mau pulang ya pak?” Apalagi salamnya nanti jadi kuis open book kan?”, jelas kuisnya tutup buku. (yang lain gitu lho)

d. Pelaksanaan etika yang baik harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Contohnya, hampir tak ada tempat sampah cenderung orang membuang sampah sembarangan, (apakah anda memasukkan sampah atau kertas dulu ke saku, sebelum dibuang ke tempat sampah?” 12. Salah satu sasaran kuliah etika adalah agar berikutnya dengan peningkatan etika, beri contoh. Jawab: a. Dapat menahan diri. Menemukan barang yang bukan miliknya, berusaha dikembalikan atau minimal “dibiarkan” b. Apabila tidak dapat berkata baik dan bermutu, lebih baik diam c. Nilailah etika anda sehari-hari, harus ada perbaikan kemarin disbanding dua hari sebelumnya, demikian seterusnya d. Melihat sesuatu dengan indikasi akan tidak baik, apabila dapat diperbaiki dengan perbuatann anda adalah yang paling baik dilakukan, apabila dengan perbuatan merasa belum mampu, dapat dilakukan dengna menegur, menasehati, atau berkata baik. Apabila dengan perkataan usaha tersebut terus dilakukan, berniatkan dalam hati semoga masih member manfaat. e. Jadilah insane kamil dengan 3S, apabila berjumpa dengan orang apalagi teman, senyumsalam-sapa

13. Perhatikan system umumnya dilakukan dari pemunculan UU dan member efek domino ampuh untuk kemajuan etika bangsa, ubah UU gini aja kok susah. Beri contoh di UK a. Orang tua bertanggung-jawab kepada kelakuan anaknya terhadap orang lain dan lingkungan yang belum dewasa. Kerusuhan London (2011) oleh ABG member derita denda pada orang tua masing-masing b. Kelakuan pada tempat umum hanya diperbolehkan untuk yang sudah dewasa, apabila kedapatan dilakukan ABG maka ornag tua didenda dengan denda yang tinggi, misalnya berjudi, merokok, dan masuk tempat hiburan malam. c. Setiap anak diupayakan oleh pemerintah mempunyai orang tua dan tercatat dalam catatan sipil d. Demo sejuta di London pasca perang irak, menerbitkan UU bahwa UK tidak akan lagi terlibat perang pada wilayah dilura UK

14. Mahasiswa ITATS unik, sebagian tidak bekerja, sebagian lagi sambil bekerja,. Jika anda termasuk yang sambil bekerja, prinsip apa yang harus dijalankan. Yang tidak bekerjapun anggap anda bekerja Jawab: a. Kencang minta rizki yang halal kepada Alloh. b. Kalau kerja selalu mempertanyakan apakah haislnya halal atau haram c. Yakin semuanya pemberian Alloh d. Hindari komentar yang melemahkan semangat, misalkan: cari yang halal aja susah apalagi haram e. Jaga perkataan untuk tidak menyakiti orang lain f. Rencanakan dan lakukan untuk setiap hari member (walaupun hanya senyum) kepada orang yang tidak meminta tetapi kita tahu dia membutuhkan

15. Peristiwa berikut ini berhubungan etika, jelaskan hubungan tersebuta dari dua sisi untuk: a. Bakar diri atau menjahit mulut sendiri didepan istana merdeka b. Pelanggaran ham di Mesuji Lampung c. Bentrok massa dua kubu ormas di Monas soal Kekerasan (2007) (kubu mendukung tindakan basmi maksiat karena polisi mendiamkanm dan kubu menentang kekerasan karena tindakan main hakim sendiri) d. Pembantaian etnis Madura di Sampit dan sekitarnya oleh suku Dayak, tahun 2000 akibat orang dayak yang merasa terhina 16. Beri contoh lima kejadian sebagai pendidikan etika untuk masyarakat dari Negara lain Jawab; a. Parlemen Scotlandia-UK (desember 2010) bersidang dan disarankan menteri PU untuk mengundurkan diri karena gagal membuat jalan Glasgow-Edinburgh lancer setelah hujan salju semalaman. Menteri ybs mengundurkan diri dan disidangkan b. Parlemen Denmark dan Swiss dipilih dari tokoh masyarakat jelas sudah kaya dan ditunjuk (harus mau) karena tidak mendapat gaji atau tunjangan lain(maklum, negaranya kecil sekali) c. Seorang pemilik pabrik roti, kedapatan rotinya membuat murus hampir 1000 siswa di Belanda (September 2009), langsung pengadilan memutuskan semua siswa dan orang tuanya mendapat ganti rugi, pemilik pabrik roti seketika jatuh miskin.

d. Perdana menteri China dan Singapura membuka “pertemuan” untuk warga pada hari tertentu secara berkala e. Polisi mendapati siswa merokok pada saat diasrama dari deteksi alarm dalam yang dipasang kamar, oleh polisi dipertemukan dengan orang tuanya dan langsung orang tuanya (London 2011) didenda sangat berat (sekitar 20 juta rp). Sesuai UU bahwa kelakuan anak merupakan tanggung jawab ornag tuanya.

17. Beri contoh masing-masing dua, etika yang bagaimana yang mempengaruhi pola kehidupan Jawab: a. Etika yang didukung undang-undang • di UK diberlakukan UU bahwa semua anak harus mempunya orang tua(meskipun sifatnya anak asuh), dan tindakan anak yang merugikan orang lain merupakan tanggung jawab orang tua. Dan UK mendapat anak asuh terbaik pendiri Apple Komputer semua tempat di UK merupakan kawasan dilarang merokok, kecuali beberapa tempat yang disebutkan, misalnya jalanan umum. Merokok merupakan tindakan orang dewasa

b. Etika dalam kehidupan rumah tangga, tempat kerja, dan pergaulan (contoh cari sendiri) c. Etika warisan budaya dari suku bangsa (contoh cari sendiri) d. Etika berkendara di jalan umum (contoh cari sendiri) e. Etika profesi, misalnya tata cara presentasi, rapat, dll

18. Jadilah perjalanan hidup anda menjadi contoh dalam semangat beretika, beri contoh. Jawab: a. Suka bertobat Dalam kehidupan dunia, golongan munafik dan yang tidak munafik tidak dapat dipisahkan, golongan munafik pasti ditempatkan Alloh pada neraka paling bawah. Golongan munafikpun tidak sedikit yang beragama. Semoga kita tidak termasuk golongan munafik, dengan selalu bertobat dengan tobat yang sebenarnya. Setelah bertobat tidak mengulangi kesalahan. b. Selalu memperbaiki sifat baik, dan mengurangi bahkan akhirnya menghilangkan sifat jelek yang biasa dilakukan pada dirinya c. Teguh menjalankan ibadah

Dalam pertemuan atau rapat akbar atau rapat urgent, tiba waktu ibadah, langsung mohon ijin keluar rapat, dan banyak contoh lainnya. d. Orang yang iklas menjalankan ibadah Bukan ancaman tapi kemauan sendiri

19. Menerapkan etika seperti hakim, dua masuk neraka dan satu masuk surga, jelaskan artinya, Jawab: a. Hakim yang ilmu kehakiman dan dia memutuskan dengan keputusan yang benar. Hakim seperti ini yang masuk surge b. Hakim yang bodoh, tak punya ilmu, memutuskan berdasar kebodohannya. Hakim yang seperti ini masuk neraka c. Hakim yang tahu kebenaran, punya ilmu, dia selewengkan dengan keputusan. Hakim ini pasti masuk neraka d. Kata bijak adalah: Bermusyawarahlah kalian, kalau musyawarah buntu, kembali ke hukum Islam

20. Bagaimana kita dalam beretika menilai kehidupan dunia Jawab: a. Dijadikan yang ada didunia adalah ibadah b. Cinta terhadap wanita, anak, harta, kuda pilihan, hewan ternak, sawah, dan lading, tidak boleh mengurangi keinginan apalagi melakukan pertimbangan sebagai penentu untuk berbuat baik c. Semua kenikmatan duniawi sebentar d. Dunia itu Cuma mampir minum, contohlah petani, petani membangun rumah disawah hanya tempat berteduh ya cukup gubug.

21. Sebutkan tiga cara menyikapi penggunaan harta, Jawab: a. Pergunakan untuk kenikmatan dunia itu dengan halal

b. Kalau sudah mendapatkan yang kamu dapatkan, amalkan harta itu sebaik-baiknya c. Kalau sudah merasa menggunakan harta dengan baik, jangan pernah melupakan Alloh yang memberikan dunia 22. Penerapan etika harus disertai doa, sebutkan 4(empat) hal yang disampaikan dalam doa Jawab: Ya Alloh aku berlindung kepadaMU dari : a. Ilmu yang tak manfaat b. Jiwa yang tak pernah puas c. Hati yang tidak pernah bersyukur d. Doa yang tidak pernah engkau kabulkan Minta syurga tapi makan dengan makanan haram atau hasil korupsi Minta kekayaan dll, tapi tidak pernah santun dan tidak pernah melakukankebaikan

23. Sebutkan 6(enam) contoh etika tercela Jawab: a. Menghalalkan segal cara Memberitakan kejelekan dengan tujuan agar proyeknya ke-dia Tidak menjaga aib orang lain. b. Mengutuk c. Berbuat keji d. Menghina orang lain e. Merampas hak orang lain f. Suka berkata jorok atau menyakitkan telinga orang lain

24. Tutur kata merupakan langkah bijak untuk ber-etika, jelaskan Jawab: a. Tutur kata merupakan kesepakatan diawali dari pembicaraan

b. Keselamatan orang lain tergantung lidah (tutur kata) orang lain lagi c. Seringlah berkumur, agar menghilangkan dosa dari lidah d. Haruslah satu kata dengan perbuatan, atau tutur kata diikuti perbuatan e. Tutur kata ibarat ikan (kita) dilaut, air laut asin tapi ikan tetap tawar

25. Penerapan etika antar sahabat bermakna untuk 5 (lima) hal berikut, sebutkan Jawab: a. Saling nasehat menasehati b. Sahabat dapat member dan menerima dalam suka dan duka c. Sahabat yang baik yang dapat memukul sahabatnya dengan “kata-kata” d. Sebagai pendengar untuk permasalahan dan didiskusikan solusinya e. Hendaknya bersahabat karena dipertemukan Alloh dan berpisah karena kehendak Alloh

26.Ada 4 (empat) perkara, maka akan selalu diberi keuntungan, sebutkan dan jelaskan Jawab: a. Senantiasa jujur dalam ucapan Yang tidak jujur dan kaya ya cepet tidak kaya. Harta tidak barokah, anak menjadi berandal, anaknya pintar tapi tidak qurrotaayyun (penyejuk hati) Ucapkan kejujuran walaupun berat, balasannya tidak didunia. Kepercayaan merupakan modal untuk sukse. Orang jujur gak ada beban, enggak stress,,,stress terus gagal ginjal dll b. Orang yang menjaga amanah Semua yang dimiliki amanah dari Alloh, wajah, kesehatan, suara, istri-anak, orang kaya zakat jalan terus maka Aloh menambah kekayaannya. Setiap amanah sekecil apapun yang harus disampaikan, misalnya :titip salam c. Orang yang akhlaknya baik Sopan santun, enggak sombong, rendah hati, ramah, bijak, sebagai cahaya bagi sekitar. Ketemu siapapun menyampaikan bahasa yang halus.

“hayo anak-anak dahar rumiyin” membahasakan anak kecil. Semakin banyak saudara. Ahlak baik dengan siapa saja d. Orang serakah tidak memperdulikan halal-haram. Makan halal-haram dimakan terus maka cara mencari makan jalan terus dengan ngawur. Kamu punya harta dari mana? Kamu punya harta digunakan untuk apa?

27. Beri contoh etika yang terpuji dalam keluarga Jawab: a. Anggota keluarga mengerti dan mengamalkan agama b. Yang muda menghormati yang tua c. Pergaulan lemah lembut d. Senantiasa sederhana e. Harus berani interospeksi (menyalahkan diri sendiri) terus taubat

28. Kegiatan etika dalam pertemuan bagaimanakah yang harus dihindari Jawab: a. Merencanakan membungkus kejelekan dengan kemewahan dan sejenisnya b. Membicarakan untuk membuka aib orang lain c. Membicarakan bagaimana menjatuhkan badan atau orang lain d. Acara syukuran dilaksanakan hingar-bingar mengganggu sekitar, ibarat masuk tong dan tongnya masuk neraka

29. Membiasakan perbuatan tidak baik, dihindari dalam aplikasi etika, sebutkan dan akibatnya. Jawab: a. Membiasakan diri ingkar janji, maka Alloh akan mendatangkan musuh dan memenangkan musuh tersebut. b. Melanggar hukum, maka akan menerima kefakiran terus

c. Membiasakan perbuatan keji dan dilakukan terang-terangan, maka akan banyak terjadi kematian yang mengerikan d. Membiasakan mengurangi timbangan, Alloh akan menurunkan kondisi paceklik dimanamana e. Menahan peruntukan pajak dan zakat, maka Alloh menahan hujan dan sumber mata air f. Sesuatu yang dimurkai dan berani dilakukan kaum berjamahan, maka Alloh akan melakukan balasan langsung

30. Apa yang anda ketahui tentang bersyukur,, dan kapan kita melakukannya Jawab: a. Mendapat musibah • • Mendapati orang tua,saudara, keponakan tidak baik, lakukan sebagai ladang ibadah Seganteng seseorang pasti ada kekurangannya dan sejelek apapun pasti punya kelebihan

b. Apabila mendapat anugerah, bersyukur mendapatkan yand dicari, karena kebahagiaan tidak datang, tetapi harus dicari c. Tidak menunda begitu mendapat nikmat, syukur diwujudkan dengan tindakan nyata d. Syukur harus dilakukan dengan bentuk perbuatan tidak hanya sekedar berdoa dan tafakur e. Syukur dapat dilakukan dengan perayaan yang intinya bersedekah (ada makanan dan hadiah)

31. Apa yang anda ketahui tentang sabar, dan bagaimana kita melatih kedua hal ini Jawab: a. Cari kebaikan dari diri kita, dan jadikanlah contoh untuk yang “membutuhkan” Contoh: jika bapak dan ibu bertengkar jangan sampai diketahui orang lain terutama anak. b. Buat kebiasaan baik untuk melatih diri Contoh: masuk ruangan, salam dulu, kalau belum salam “adegan” diulang c. “sabar” bukan berarti menyerah diperlakukan apa saja. Sabar tidak berarti mengenal lelah mendudukan permasalahan dan solusi dengan benar. Dalam hal ini, sesungguhnya sabar itu tak ada batasnya

d. Bersabar dari masalah berarti menumbuhkan keihlasan menerima takdir akibat masalah ini e. Posisi hilang kesabaran kita berarti “mungkin” sedang didholimi, menghindarlah sementara

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->