PETUNJUK PEMAKAIAN KOMPOR GASTRIK

Sekretariat Kompor Gastrik Jalan Pamekar Barat XI No.id Manual Pemasangan dan Pengoperasian Kompor Gastrik   .342 BANDUNG 40613 Telp. 087859659255 r 081321654296 bra_handoko@yahoo.co.

3. 2. 4. Setelah dudukan berdiri. . Susun kaki-kaki dudukan kompor dengan cara mempertemukan setiap sisi yang mempunyai nomor yang sama (mis : hubungkan kaki bernomor 1 dengan no 1 yang lain. Pastikan menyatu dengan benar (tekan sampai benar-benar rapat bila perlu) hingga konstruksi kompor tegak sempurna . .) sampai dudukan berdiri kokoh Catatan Tambahan : 1.y Cara Pemasangan 1. angkat kompor Gastrik dan pasang ke atas dudukan dengan menyatukan keempat kaki kompor dengan kaki dudukan. 2 dengan 2 dst. . . 2.

4. Bila kompor telah digunakan untuk waktu yang cukup lama. Ambil regulator berikut selangnya. Bila perlu gunakan korek api apabila pematik sulit mengeluarkan percikan. 7. SELAMA API TIDAK PADAM. API KOMPOR TIDAK DAPAT LANGSUNG MATI ketika prosedur mematikan kompor dilakukan. pasangkan selang pada lubang fitting yang ada di bagian bawah kompor dengan cara menekan bagian yang berwarna biru sambil memasukkan selang hingga cukup dalam. 9. Demi kenyamanan. kompor dapat terus digunakan tanpa kekhawatiran. Hal ini disebabkan karena lubang pengeluaran mengalami penyumbatan Buka semawar kompor dan tusuk lubang pengeluaran gas dengan jarum/peniti untuk membersihkan. kadangkala api mengecil dan berwarna kuning/merah. Hal ini disebabkan masih tersisanya bahan bakar pada burner sehingga membutuhkan waktu sekitar 10-15 detik hingga api benar-benar padam. Pastikan terdengar bunyi klik saat dipasang yang artinya soket terhubung dengan sempurna. Periksa burner kompor ketika kompor dalam keadaan mati. Bila pematik tidak menyala ketika tombol IGNITION ditekan sekali. tekan berulang-ulang dengan kecepatan sedang (tidak perlu cepat-cepat) hingga percikan api muncul. Tidak seperti Gas Elpiji yang berbahaya apabila gas nya tercium. .3. 10. Lepaskan bagian yang berwarna biru kemudian pastikan selang terpasang dengan sempurna. Hubungkan socket yang menyatu dengan selang ke bagian lubang socket yang ada di bagian bawah kompor. Hal tersebut dikarenakan kompor beradaptasi pada kondisi ketika lampu indikator merah dan hijau bergantian menyala. kompor Gastrik tidak akan membahayakan meski tercium bau alkohol karena bahan bakarnya bukan gas kompresibel sehingga tak akan terbakar meski bertemu dengan api di udara bebas. pasang regulator dari sisi sebelah kiri kita (bagian kanan kompor) adalah hal wajar. 8. TIDAK PERLU KHAWATIR apabila pada saat-saat tertentu nyala api kompor mendadak mengecil dan membesar.

PASTIKAN pula soket yang menyatu dengan regulator terhubung dengan SEMPURNA dengan soket yang ada di bagian bawah kompor hingga terdengar bunyi klik . 5. Bunyi Klik di bagian bawah kompor 3. Ambil tabung bahan bakar. TIDAK PERLU KHAWATIR dan PANIK DENGAN BAU ALKOHOL YANG TERCIUM. . KEBOCORAN akan membuat kompor tidak menyala dan hambur bahan bakar. Pasangkan regulator pada tabung dengan cara menghubungkan keduanya. Masukkan tabung pada sela-sela dudukan melintang dari bagian kanan ke bagian kiri kita. PASTIKAN kipas di bagian belakang kompor beserta regulator menyala dengan baik ketika tombol merah pada posisi ON. tekan dahulu coupler yang ada pada tabung ke arah dalam kemudian hubungkan dengan regulator sambil dilepas kembali coupler tabung yang tadi ditekan. PASTIKAN selang dari regulator TERHUBUNG DENGAN SEMPURNA PADA FITTING DI BAGIAN BAWAH KOMPOR. 4. Kekurangsempurnaan posisi akan berpengaruh pada performa dan safety. PASTIKAN saat menyambung regulator dan tabung bahan bakar tersambung SEMPURNA dan TIDAK ADA KEBOCORAN. Karena pada dasarnya kompor bekerja dengan pengkonversian bahan bakar cair menjadi gas sehingga apabila tercium bau alkohol 2. Pada saat pemasangan kompor dan kakinya. 6. Pastikan terhubung dengan sempurna dan TIDAK ADA KEBOCORAN. 6. KETIDAKSEMPURNAAN pada proses penyambungan akan menyebabkan regulator tidak bisa bekerja meski tombol ON telah ditekan. 5. Hal yang harus diperhatikan adalah ketika akan menghubunkan keduanya. Kipas yang mati akan membuat api tak menyala dengan sempurna dan membahayakan pengguna sedangkan regulator yang mati akan membuat bahan bakar tidak akan naik ke atas kompor. Hal yang harus diperhatikan adalah kedua lubang yang ada di bagian bawah tabung HARUS menyatu dengan benar pada dua pengait yang ada di dudukan kompor. PASTIKAN keempat sudut rata dan konstruksi kompor TEGAK SEMPURNA dan TIDAK MIRING.Tips dan Penanggulan Trouble pada Kompor Gastrik Gastrik Stove s Troubleshooting 1. Ketidaksempurnaan pada saat penghubungan akan menyebabkan KEBOCORAN DAN KOMPOR TIDAK AKAN MENYALA.