pemanfaatan kaleng bekas

BAB I PENDAHULUAN

I. 1 Latar Belakang Masalah Dalam penyusunan karya ilmiah ini saya mengangkat masalah pemanfaatan kaleng bekas, karena banyak orang yang belum menyadari manfaat dari kaleng bekas apabila diolah dengan baik. Banyak orang beranggapan kalau kaleng bekas hanyalah sampah yang menggangu dan tidak berguna, tapi jika kaleng bekas berada di tangan yang tepat akan menjadi barang yang bernilai tinggi.

I. 2 Perumusan Masalah Masalah yang dibahas dalam karya ilmiah ini adalah utamanya mengenai cara memanfaatkan limbah kaleng menjadi barang yang berguna. Tidak lupa juga cara pembuatan suatu benda dengan bahan utama kaleng bekas.

I. 3 Tujuan Tujuan saya dalam menyusun makalah ini adalah untuk melengkapi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 2. Selain itu juga untuk memberikan informasi kepada pembaca sekalian mengenai berbagai manfaat dari benda yang dipandang tidak bermanfaat.

I. 4 Hipotesa Kaleng adalah salah satu jenis sampah anorganik yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga, perdagangan, industri dan kegiatan manusia yang lainnya. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah membusuk. Selain kaleng yang termasuk sampah anorganik adalah plastik, kertas, botol, kaca, dan masih banyak lagi.

I. 5 Metode Perolehan Data Informasi mengenai pemanfaatan kaleng bekas ini saya dapatkan dengan metode browsing internet, saya membuka beberapa situs yang memberikan informasi mengenai masalah pemanfaatan kaleng bekas.

Cara Pembuatan Antena Wireless BAB III PENUTUP III. Cara Pengolahan Sampah C.1 Kesimpulan III. 5 Metode Perolehan Data I. 1 Latar Belakang Masalah I. . limbah perlu mendapat penanganan semaksimal mungkin sebelum menimbulkan kerugian-kerugian bagi lingkungan dan makhluk hidup. Cara Pembuatan Mainan Anak-anak E. maupun kesehatan kita. kenyamanan. Oleh karena itu. 3 Tujuan I. Limbah dan Pengaruhnya terhadap Lingkungan Kata limbah sering dikaitkan dengan sesuatu yang kotor dan menjijikan. 6 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan makalah ini adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN I. Limbah dan Pengaruhnya terhadap Lingkungan B. Keberadaannya dalam lingkungan dapat mengganggu dalam hal keindahan.3 Daftar Pustaka III. Manfaat dari Kaleng Bekas D.2 Saran III. 4 Hipotesa I.I. 2 Perumusan Masalah I. 6 Sistimatika Penulisan BAB II PEMANFAATAN KALENG BEKAS A.4 Lampiran BAB II PEMANFAATAN KALENG BEKAS A. Limbah menjadi sumber pencemaran lingkungan.

Timbulan sampah dapat menimbulkan penyakit yang terkait dengan tikus. Terhambatnya pembangunan negara .Timbulan sampah dapat menjadi tempat pembiakan lalat yang dapat mendorong penularan infeksi. Cara Pengolahan Sampah Barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi sering kita buang dengan cuma-cuma dan tak jarang kita membuangnya disembarang tempat. b. mengakibatkan pengunjung atau wisatawan enggan untuk mengunjungi daerah wisata tersebut karena merasa tidak nyaman.Timbulan sampah yang bau. Menurunnya estetika lingkungan . Pencegahan dan Pengurangan Sampah dari Sumbernya . dan daerah wisata tersebut menjadi tidak menarik untuk dikunjungi. Akibatnya jumlah kunjungan wisatawan menurun. salah satu penyebab terjadinya bencana alam . Oleh karena itu pengolahan sampah sangat diperlukan untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih.Dengan menurunnya kualitas dan estetika lingkungan.Dampak negatif yang ditimbulkan dari limbah/sampah yang tidak dikelola dengan baik adalah sebagai berikut: a.Tempat yang seharusnya merupakan habitat makhluk hidup penuh dengan sampah sehingga banyak makhluk hidup yang mati. kotor dan berserakan akan menjadikan lingkungan tidak indah untuk dipandang mata. Hal itu sangat berdampak buruk bagi kebersihan lingkungan. Banyak sekali dampak negatif dari sampah sehingga pengolahannya pun sangat diperlukan agar dampak negatif yang ditimbulkan tidak begitu besar. yang berarti devisa negara juga menurun.sampah yang menumpuk di sungai merupakan penyebab utama timbulnya banjir karena aliran air menjadi terhambat oleh sampah sehingga air meluap. e. d. c. B. Tahahapan Pengelolaan sampah yang dapat dilakukan adalah: a. Menurunnya kualitas lingkungan . . Gangguan Kesehatan .

Misalnya : . Pemanfaatan sampah organik. Pemanfaatan Kembali Kegiatan pemanfaatan sampah kembali. botol. Contohnya kaleng bekas. baik secara langsung maupun tidak langsung. Tempat Pembuangan Sampah Akhir Sisa sampah yang tidak dapat dimanfaatkan secara ekonomis baik dari kegiatan composting maupun pemanfaatan sampah anorganik. di . seperti composting (pengomposan). misalnya menjual barang bekas seperti kertas. Kegiatan ini tentu saja akan mengurangi jumlah sampah dan mengurangi berbagai dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah tersebut. Pemanfaatan kembali secara langsung. harus dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA). Dapat dibuat µtawas¶ yang berguna untuk menjernihkan air. jumlahnya mencapai ± 10%. Tawas. Di Indonesia. Manfaat dari Kaleng Bekas Sebenarnya banyak sekali manfaat yang tersimpan dari setiap barang bekas. pengelolaan TPA menjadi tanggung jawab masingmasing Pemda. C. sisa sampah akhir yang benar-benar tidak dapat dimanfaatkan lagi hanya sebesar ± 10%. Berdasarkan hasil. Sedangkan pemanfaatan kembali secara tidak langsung. Pemanfaatan sampah anorganik. 2). akan mempunyai segudang manfaat jika kita mengolahnya dengan sungguh-sungguh. misalnya pembuatan kerajinan yang berbahan baku dari barang bekas. Beberapa cara untuk menjernihkan air salah satunya dengan menambahkan tawas [kalium aluminium sulfat dodekahidrat (KAl(SO4)2.12H2O)] untuk mengatasi kekeruhan air. b. atau kertas daur ulang. kaleng. terdiri atas: 1). Dengan pengelolaan sampah yang baik. c. Sampah yang mudah membusuk dapat diubah menjadi pupuk kompos yang ramah lingkungan untuk melestarikan fungsi kawasan wisata.Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan pemilahan atau pemisahan sampah organik dan anorganik dengan menyediakan tempat sampah organik dan anorganik. penelitian diketahui bahwa dengan melakukan kegiatan composting sampah organik yang komposisinya mencapai 70%. plastik. gelas dan botol air minum dalam kemasan. koran bekas. dapat direduksi hingga mencapai 25%.

Jawa Tengah.laboratorium atau dalam skala besar di pabrik. Kita bisa membuat kaleng bekas menjadi alat-alat rumah tangga misalnya tempat sampah. seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK di daerah Jakarta Utara.500 per kilogram. hingga lampu goyang. Selain dapat mengurangi pencemaran lingkungan jika kita sudah mengumpulkan 30 kaleng. Cara pembuatannya memang cukup rumit dan biaya yang lumayan. Dapat dibuat menjadi antena kaleng.Besi dan kaleng bekas yang sudah dibeli itu kemudian disortir. kerajinan buatan mereka menembus pasar ekspor ke sejumlah negara. mainan. Warga di sana memang sebagian besar berprofesi sebagai pembuat berbagai jenis kerajinan dari kaleng bekas. Dapat dibuat barang kerajinan dan hiasan Di Desa Pasir Kidul. . Dapat digunakan sebagi bahan pembuatan alat-alat rumah tangga. dan lain-lain dari pada membuangnya begitu saja. Mereka menyulap kaleng-kaleng bekas. potongan kaleng bekas dirangkai menjadi berbagai macam bentuk barang kerajinan dan hiasan. Banyumas. Kita bisa memanfaatkan kaleng bekas menjadi pot tanaman. menghiasnya dan membuatnya menjadi pot bunga yang cantik. Barang kerajinan itu dijual seharga antara Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu per buah.wargamendapatkan kaleng dan besi bekas dari pemulung seharga Rp 3. Tak tanggung-tanggung. seperti pohon. Logam alumunium dapat kita temukan pada kaleng bekas. dan alat pemadam api. Dimanfaatkan menjadi pot tanaman. dapat dibuat dengan bahan dasar logam aluminium. Kemudian. Mainan yang harganya murah dan terbuat dari kaleng ternyata mempunyai kualitas yang sama dengan mainan yang dijual di toko dan berharga mahal. . baking powder. kaleng bekas selalu berguna. Tak selamanya mainan yang harganya mahal itu merupakan mainan yang bagus. Tak hanya anak-anak ternyata ada suatu komunitas yang . tempat bumbu-bumbu dapur. . Selanjutnya dipotong menjadi berbagai ukuran sesuai kebutuhan. Dapat dibuat mainan anak-anak. . . Pembuatan tawas tersebut pernah dicoba dan dilakukan oleh salah satu mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Universitas Udayana. Tapi manfaat yang dihasilkan juga tidak sedikit. Kecamatan Karanglewas. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi kita bisa membuat kaleng bekas menjadi antena Wireless LAN. Selain untuk menjernihkan air tawas juga berguna untuk penyamak kulit. itu berarti kita sudah menanam 30 tanaman-tanaman cantik yang nantinya akan mempercantik taman rumah.

. 1000 per kilogram.beranggotakan bapak-bapak yang gemar mengkoleksi mainan yang terbuat dari kaleng. Ia bisa mempekerjakan 30 orang dan omset usahanya sekitar Rp 14 juta per hari. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat mainan anak-anak contohnya mobil-mobilan dari kaleng bekas. ternyata mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain : 5 Bambu belah 5 sandal bekas. D. bisa pula menggunakan bekas spidol gambar 5 kayu/banbu panjang (kira-kira 1 meter) 5 1 kaleng bekas susu utuh (kaleng besar : susu kental manis) 5 1/4 bagian kaleng susu kecil merk Bearbrand 5 2 lembaran kaleng tebal (bisa dari kaleng susu kental manis) berukuran 1 cm x 2 cm. Dan dalam sehari Dedi bisa mengirimkan 7 ton limbah kaleng jika dikalikan maka akan ketemu angka penjualan Rp. Cara Pembuatan Mainan Anak-anak Membuat kaleng menjadi mainan anak-anak bukanlah hal yang sulit tapi membutuhkan ketelitian dan keuletan. dibuat menjadi 4 buah roda 5 2 unit bambu bulat (diameter 1 cm. Untuk tempat pensil dan tempat menyimpan uang. panjang 2 cm). 5 karet gelang secukupnya . Kita bisa menghias tepi kaleng dengan menggunakan cat dan menempelinya dengan berbagai pernak-pernik hingga terbentuklah kaleng yang kita inginkan. . 14 juta per hari. Dedi membeli sampah kaleng dari para pemulung sekitar Rp. Misalnya membuat kaleng bekas menjadi tempat pensil dan tempat menyimpan uang yang sangat lucu dan indah. Dengan kreativitas kita bisa membuat sesuatu yang tak berharga menjadi sangat berharga. Sungguh luar biasa. Menurut mereka mainan yang terbuat dari kaleng buakanlah mainan kuno/jaman dulu melainkan suatu seni dan kreativitas yang indah. Meningkatkan pendapatan Bisnis sampah kaleng yang ditekuni Dedi Yusuf (36) yang menjadi pemasok kaleng bekas. lalu oleh para pekerjanya kaleng tersebut dipotong kecil-kecil kemudian di jualnya ke tujuh pabrik daur ulang kaleng di Indonesia dengan harga Rp. 2000 per kilogram. dan dibengkokkan/ditekuk 90 derajat.

Tambahkan bambu no. dan diikat dengan karet. 1. 2. Bambu belah di potong-potong menjadi gambar berikut Potongan bambu belah 2. Ambil 2 potong bambu no. Bambu no. rangkai seperti gambar.Cara Membuat : 1. Sedangkan bahan yang disiapkan menjadi seperti ini Bahan lain yang disiapkan 3. 1 & 2 4. dan 1 potong bambu no. 3 pada sisi rangkaian di atas .

4 dan bambu bulat pendek 6. .4 pada kira-kira sepertiga bagian paling atas rangkaian. kemudian masukkan kaleng bengkok bertolak belakang. 7). 7 dan belah/iris sedikit bagian tengahnya. 7 ini kemudian dimasukkan dalam bambu bulat. hingga hasilnya seperti ini kaleng susu kecil ditempatkan pada rangkaian 7. dan ikatkan dua bambu bulat seperti pada gambar di bawah ini Tambah bambu no. Pasang roda pada as (no. kemudian pasang tongkat pemukul kaleng (dipilin pada karet ke arah belakang).Tambah bambu no.3 5. Ikat bambu no. membuat as roda 8. 2 lainnya dan diikatkan dengan karet di belakang bambu no 4 di atas. saat roda dijalankan ke depan maka tongkat memukul pantat kaleng. bambu no. Pasang karet diantara roda dan kaleng kecil. Bila benar memilinnya. Tusuk potongan kaleng kecil dengan bambu no. Ambil bambu no.

Buat roda depan dengan menggunakan sisa bulatan sandal bekas. rangkaian atas dan bawah setelah digabungkan rangkaian utuh 10. Berikut roda depan 11. kemudian digabungkan dengan rangkaian bawah. Gabungkan keduanya sehingga menjadi mainan mobil-mobilan. seperti gbr. Kaleng susu utuh diikat di atasnya sebagai aksesories tangki minyak.rangkaian bawah 9. dan tongkat panjang. Buat rangkaian atas dengan memanfaatkan sisa potongan bambu yang ada. .

Salah satunya dengan memanfaatan kaleng kemasan bekas menjadi antenna wireless LAN. Bor dasar kaleng untuk memasang clamp mounting ke . 3.html. kaleng dibersihkan dan diratakan mulutnya agar tidak melukai tangan. Sedangkan loss akibat kabel dihitung berdasar situs www. Panjang kabel jumper adalah kelipatannya hasil yang diperolehdari rumus: berdasarkan rumus (3 x 108 (rambatan sinyal di udara)/frekuensi dalam khz) x 0. Kaleng ini setara dengan kaleng susu instan ukuran 400 gr. Lanjutkan dengan menyambung kabel inner Wave Guide ke konektor N Female Panel Mount. Masukkan ukurannya dalam rumus untuk menentukan titik wave guide dan penguatannya. 2.92 (koefisien kabel).E. Dalam contoh yang digunakan kaleng bekas Quaker Outmeal. Pasang wave guide yang sudah tersolder di ke lubang di kaleng. Eratkan baut konektor ke kaleng. Kemudian. Twister Stick Snack. 4. Kupas inner tembaga kabel CNT/LMR-200 yang memiliki nilai resistansi 50 Ohm untuk wave guide. Rumus bisa dilihat di situs pada akhir artikel ini.swisswireless. Kemudian buat lubang baut dudukan konektor N Female Panel Mount. Siapkan konektor N Female Panel Mount dan membuat wave guide sesuai hasil kalkulasi dimensi kaleng dan frekuensi yang telah diperoleh sebelumnya dari rumus. Pertama. Mulai dari bor. Tahap berikutnya adalah perkabelan. hingga kaleng bekas dengan profil dimensi yang sesuai. Namun selalu saja timbul masalah ketika makanan tersebut telah habis namun kemasanya justru tidak dapat digunakan lagi dan dibuang begitu saja atau ditimbun dalam tanah. Pastikan kaleng sudah bersih dan kering sebelum masuk ke tahap berikutnya.org/wlan_calc_en. Oleh karena itu diperlukan penerapan prinsip recycle untuk menanggulangi masalah tersebut. Dilanjutkan dengan pengukuran diameter dan tinggi kaleng. Jangan lupa untuk segera menutup dengan rubber silicon sebagai pelindung dari kebocoran air dan mencegah terjadinya karat pada konektor. Adapun cara pembuatanya antara lain : 1. Cara Pembuatan Antena Wireless Banyak sekali produk makanan yang menggunakan kaleng sebagai kemasanya. padahal sampah nonorganik seperti kaleng kemasan sangat sulit terurai dan dapat merusak stabilitas dan struktur tanah. atau kaleng buah produk Cina. penggaris. siapkan peralatan dan bahan-bahan. Ukur lokasi dari dasar kaleng dan bor titik wave guide.

Tutup depan ini perlu diperhatikan bahannya. wave guide tidak boleh bergeser atau bergerak ke titik yang lain. Solusi lain. untuk penahan air. Lalu dimulailah pengecatan bodi kaleng sesuai selera. cara pengolahan sampah dan juga cara pemanfaatan sampah yaitu kaleng-kaleng bekas yang sudah tidak berguna menjadi barang yang sangat berguna dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Setelah terpasang kuat. Teknik ini menggunakan software Site Survey seperti Netstumbler. . tidak dari bahan metal. dapat kita ketahui bagaimana pengaruh negatif sampah bagi kehidupan. Perhatikan situs referensi untuk melihat rumus perhitungan cable balancing. maka antena kaleng siap dipasang. Setelah terangkai semua dengan kuat dan enak dilihat.tower atau dudukan antena. BAB III PENUTUP III. Kemudian semua celah diberi silicon gel.5 cm. Ada dua cara pemasangan antena kaleng ini. Setelah terpasang. bisa juga menggunakan besi plat untuk stang kaleng. Lalu lindungi sambungan konektor dengan rubber silicon. Antenna Wireless yang sudah jadi. Kedua cara ini tergantung pada jenis perangkat radio yang digunakan. ada juga yang membutuhkan router. baru masuk tahap finishing. Intinya. Tentu saja. Ada perangkat yang langsung ke komputer. Keduanya tidak jauh berbeda dengan pemasangan antena wave LAN biasa. Pasangkan konektor N Male atau N Female ke jumper. Jadi bisa plastik atau PVC. 1 KESIMPULAN Dari uraian di atas. uji coba antena dengan teknik War Driving. yakni pemasangan tutup depan kaleng. 6. Potong kabel RG-8 9913/CNT/LMR-400 yang memiliki nilai resistansi 50 Ohm untuk jumper dengan panjang kelipatan 11. kaleng bisa ditempelkan kuat ke tower atau tiang tanpa kesulitan. 5.

karena jika sampah dibiarkan begitu saja lama kelamaan sampah tersebut memberikan segudang bencana bagi kita.Sebenarnya masih banyak lagi barang yang bisa dibuat dari kaleng-kaleng bekas apabila kita mau berkreasi untuk mengolahnya.com www.volstate.com www. tapi apabila dimanfaatkan dengan baik akan memberika segudang keuntungan bagi diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu kita jangan menilai sampah dari sisi kotor dan menjijikannya tapi dari segi manfaat dan keuntungan yang bisa kita peroleh. 2 SARAN Bagi seluruh pembaca.htm .org/wlan_calc_en.kuasajaib. bahwa dengan kemauan dan tekad yang kuat kita bisa mengubah sesuatu yang tak berharga menjadi sangat bermakna. III.liputan6. Dan mulailah mengelola sampah dengan baik. tanamkanlah pada diri anda.swisswireless.com www. www.edu/CHEM/1110/Labs/Recycling_Aluminium_Cans. DAFTAR PUSTAKA www.html.koranjakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful