Jenis Kegiatan Lomba

TINGKAT PENGGALANG SMP/MTS
A. TEKNIK PRAMUKA - Lomba Administrasi - Lomba Pioneering - Lomba Keterampilan Baris-berbaris - Lomba Yelling Contest - Lomba Morse & Semaphore - Lomba Maket Perkemahan - Lomba Senam Pramuka (Exibhition) B. NON TEKNIK PRAMUKA - Lomba Vocal Group Kreasi - Lomba Kaligrafi Tempel - Lomba Lempar Busur - Lomba Parade jimbe - Lomba Karikatur

MEKANISME PENILAIAN
Penilaian menggunakan sistem poin pada tiap mata lomba yaitu: Juara 1 : 6 Poin Juara 2 : 4 Poin Juara 3 : 2 Poin UNTUK MENENTUKAN JUARA UMUM PENGGALANG SMP/MTs POINT PUTERA DAN PUTERI AKAN DIBAGI DUA.

PETUNJUK TEKNIS
LOMBA ADMINISTRASI PRAMUKA
Lomba ini diikuti oleh Pramuka Penggalang tingkat SD/MI & SMP/MTs Setiap pangkalan menyetor administrasi regu, format administrasi sesuai dengan format Yos Sudarso Scout Competition 2012 yang tediri dari : - Pernyataan kesediaan Mandat dari Mabigus - Biodata Peserta & Biodata Pembina Pendamping - Foto Copy Kartu Tanda Anggota Pramuka/Kartu Pelajar - Foto copy Bukti Pembayaran YSC 2012 - Foto terbaru peserta dan Pembina pendamping ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar dan 4x6 sebanyak 1 lembar (Latar Merah) menggunakan seragam pramuka. - Teks Lagu Vocal Group - Sketsa Tiang Bendera Multi Fungsi dan sketsa Pionering Kreatif masing-masing 4 rangkap (dijilid terpisah) Administrasi dijilid menggunakan sampul warna orange untuk tingkat Penggalang SD, warna merah untuk tingkat penggalang SMP. Administrasi dikumpul paling lambat pada tgl 8 Februari 2012 pukul 18.00 WITA. ASPEK PENILAIAN Kebenaran Administrasi Kelengkapan Administrasi,Teknik Penyusunan,Kreativitas,Kerapian

Sempritan.Waktu yang diberikan maksimal 7 menit .Pengiring Maksimal 4 orang dan boleh dari bina damping .Gaya.Waktu yang diberikan maksimal 5 menit . Pinru dan Wapinru tidak di undi.Peserta akan berlomba dalam kapling 8 x 6 M .Menggunakan seragam pramuka .Waktu yang diberikan maksimal 7 menit .Setiap Regu Mengutus 6 orang PA & 6 orang PI (gabungan) .Untuk Penggalang SMP : Pemberi aba ² aba. . Tangan & Formasi barisan . waktu dihentikan pada saat pemberi aba-aba melapor atau pada saat waktu yang ditentukan habis.Isi yel-yel menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung SARA . .Setiap Regu Mengutus 4 orang Putera dan 4 orang Puteri (gabungan) . . .Peserta akan berlomba dalam kapling dengan luas 8 x 6 M .Setiap regu Mengutus 8 orang / Regu (Putra & Putri). .Tidak diperkenankan menggunakan aba-aba tambahan .aba.Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai .Waktu dimulai pada saat peserta sudah siap .Isi yel-yel menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung SARA .Menggunakan Seragam Pramuka .Waktu dimulai pada saat peserta sudah siap .Waktu dimulai pada saat soal diberikan kepada Pemberi aba . perintah.Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Kebenaran aba-aba. Pinru dan Wapinru di undi .Menggunakan Aba.Untuk Penggalang SD : Pemberi aba ² aba.aba Lisan . & Gerakan Posisi pemberi aba-aba .Semangat LOMBA YEL PRAMUKA Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SD . .Peserta yang mengikuti lomba ini tidak diperkenankan mengikuti lomba lempar busur dan kaligrafi.Pemeriksaan keseragaman uniform dilakukan sebelum peserta tampil . Pinru .Menggunakan seragam bebas sesuai dengan kreatifitas tiap pangkalan.LOMBA KETERAMPILAN BARIS BERBARIS (LKBB) Lomba ini diikuti oleh Pramuka Penggalang tingkat SD/MI & SMP/MTs. & wapinru Keseragaman Kekompakan Waktu LOMBA YELLING CONTEST Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs. .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Kreatifitas .Peserta akan dikarantina .Kekompakan.Peserta akan berlomba dalam kapling 8 x 6 M .

5 mtr dan lemparan ketiga 2 mtr.Alama sea²sea .Tiap Pangkalan mengutus 5 ² 8 Orang PI .Alat disediakan oleh panitia .Untuk penggalang SD dengan jarak : lemparan pertama 1 mtr . .Selamat Jalan (Tipe-x) .Kreatifitas.Peserta memakai seragam pramuka.Berita yang dikiirim berbentuk pertanyaan umum & pramuka .Setiap regu mengutus 1 orang PA & PI . .ASPEK PENILAIAN Kekompakan.Menggunakan seragam pramuka . . Dengan tinggi papan 160 cm. .Waktu (Pembanding) LOMBA LEMPAR BUSUR Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SD & SMP/MTs.Marendeng marampa . .Peserta membawakan 1 Lagu wajib dari 8 lagu wajib yang telah ditentukan oleh panitia.Untuk penggalang SMP dengan jarak : lemparan pertama 1 mtr.Peserta akan mengirim berita secara morse & semaphore.Heal the world (Michael Jackson) . lemparan kedua 2 mtr. .Waktu pelaksanaan 20 menit . .Penentuan pelaksana tugas morse & semaphore diundi . .We will not go down (Michael Heart) .Serenada (Steven coconut treez) .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Point Tertinggi LOMBA VOKAL GROUP Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs.Semangat LOMBA MORSE & SEMAPHORE Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs. Morse & semaphore dikirim melalui media bendera. .Tenggang²tenggang lopi . lemparan ke dua 1. dan lemparan ketiga 3 mtr.Di wattu tallo bena .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Ketepatan menjawab soal. .Peserta yang mengikuti lomba ini tidak diperkenankan mengikuti lomba yel pramuka dan kaligrafi.Peserta akan melakukan 3x lemparan . dengan tinggi papan 125 cm .Setiap regu mengutus 2 orang PA dan PI dengan menggunakan seragam pramuka.

Lomba Maket Perkemahan disetor paling lambat tanggal 8 Februari 2012 pukul 18.Menggunakan tiang utama dari bahan dasar bambu atau tongkat yang berbentuk silinder dengan tinggi maksimal 2 meter .Waktu maksimal 7 menit .Menggunakan ikatan Silang dan Palang .Peserta tampil dengan 4 0rang PI (hasil Undian) .Menggunakan seragam pramuka .Waktu yang diberikan maksimal 7 menit ..Alat pengiring Non Elektrik .Kebenaran Kekuatan Kerapian LOMBA MENARA KAKI 4 Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs. . .Menggunakan 4 buah lantai . ASPEK PENILAIAN Kreatifitas .Waktu pelaksanaan maksimal 15 menit .Menggunakan pakaian lapangan .Menggunakan seragam bebas .Bahan dasar bebas dengan menggunakan ikatan . 5 buah tangga .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Harmonisasi.Penguasaan lagu. .Performance LOMBA PARADE JIMBE Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs.Ukuran bangunan tinggi maksimal 30 cm .Pengiring maksimal 3 orang dan bisa dari peserta atau bina damping yang dimandatkan .Penyesuaian nada .Mencantumkan nama pangkalan. .Penguasaan Nada LOMBA MAKET PERKEMAHAN Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs. .Tiap Pangkalan menyetor Maket Perkemahan gabungan PA&PI.Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN .00 WITA bersamaan dengan administrasi regu.Ukuran papan maksimal 1 mtr x 1 mtr .Tiap Pangkalan mengutus Minimal 3 Orang PA . .Alat yang digunakan Harus Berupa Jimbe dan disediakan oleh panitia bagi Pangkalan yang tidak mempunyai jimbe.Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Harmonisasi vocal.Bahan tambahan dapat menggunakan perekat .

Menggunakan pakaian lapangan .Bangunan boleh tidak mempunyai fungsi .Menggunakan 4 buah lantai.Menggunakan ikatan Silang dan Palang .Menggunakan Seragam Pramuka .Panjang tali untuk menyambung tongkat 10 M .Menggunakan ikatan Silang dan Palang .Kekuatan. .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Kebenaran simpul dan ikatan.Peserta tampil dengan 4 0rang PI (hasil Undian) . .Menggunakan Bahan dasar Bambu atau tongkat berbentuk silinder dengan tinggi Tiang utama 2 meter Sebanyak 6 Buah .Menggunakan pakaian lapangan .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Kebenaran simpul dan ikatan. .Kekuatan. .Tiap pangkalan wajib menyetor sketsa Pionering Kreatif (lampiran administrasi) .Kekuatan.Waktu pelaksanaan maksimal 15 menit .Kebenaran simpul dan ikatan.Kerapian LOMBA KARIKATUR Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs.Waktu pelaksanaan 45 menit .Waktu (Pembanding) LOMBA TIANG BENDERA MULTI FUNGSI Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs. .Menggunakan bahan dasar tongkat 160 cm untuk menyambung tongkatnya .Waktu pelaksanaan maksimal 45 menit .Kekuatan.Tiap Pangkalan mengutus 1 Orang PA.Kerapian Waktu (Pembanding) LOMBA PIONERING KREATIF Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs. 5 buah tangga .Peserta tampil dengan 4 0rang PA (hasil Undian) .Kerapian LOMBA MENARA KAKI 3 PIRAMID Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs.Kreatifitas.Bentuk.Peserta tampil dengan 4 0rang PA (hasil Undian) .Kerapian.Bentuk.Menggunakan ikatan susut tali .Menggunakan pakaian lapangan .Kreatifitas.Menggunakan Bahan dasar Bambu atau tongkat berbentuk silinder .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Kebenaran simpul dan ikatan.Menggunakan ikatan Silang dan Palang .Tiap pangkalan wajib menyetor sketsa tiang bendera multi fungsi (lampiran adminsitrasi) .

Peserta wajib memperagakan Senam Pramuka sesuai dengan gerakan aslinya.Peserta yang mengikuti lomba ini tidak diperkenankan mengikuti lomba yel pramuka dan lempar busur.Menggunakan ikatan Silang dan Palang . .Mengenakan pakaian olahraga. . . .Kreatifitas.Setip peserta memilih tema kaligrafinya dari 99 asmaul husna .Tidak memperbolehkan menggunakan alat tulis berwarna .Media kaligrafi berbahan bebas berukuran 30 X 30 cm.Penampilan peserta berdasarkan hasil undian .Semangat & Ekspresi .Formasi barisan hasil kreatifitas masing-masing pangkalan..Menggunakan Seragam Pramuka .Kerapian LOMBA EXIBHITION (SENAM PRAMUKA) Lomba ini diikuti oleh pramuka penggalang tingkat SMP/MTs.Peserta membuat karikatur dengan tema ditentukan pada saat lomba dimulai .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Kesesuaian tema.Setiap pangkalan mengutus 10 orang gabungan 5 PA & 5 PI .Alat dan bahan disediakan oleh masing-masing peserta .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai.Kreatifitas.Membawa Alat Gambar Sendiri .Ukuran kertas A4 disediakan Oleh panitia .Waktu yang disediakan 60 menit .Waktu yang disediakan maksimal 45 menit . ASPEK PENILAIAN Kebenaran Gerakan . .Pola dibuat dilokasi pada saat lomba dimulai dengan menggunaakan alat tulis bebas . .Hadir 10 menit sebelum lomba dimulai ASPEK PENILAIAN Kebenaran .Kreatifitas LOMBA KALIGRAFI (TEMPEL) Lomba ini diikuti Oleh Pramuka Penggalang SMP/MTs. .Tiap Pangkalan mengutus 1 Orang PA & PI Untuk penggalang SD dan 1 Orang PI Untuk penggalang SMP. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful