TINJAUAN PUSTAKA. ASET DAN MANAJEMEN ASET 1.

1 definisi aset aset adalah suatu fasilitas fisik tangible dan non intangible yang dimiliki organisasi untuk mencapai tujuan sesuai fungsi dari aset yang bersangkutan. Menurut Guritna (1993;17), ³aset adalah segala sesuatu yang bernilai, bisa milik perorangan atau organisasi´. Jadi aset adalah segala sesuatu yang bernilai dan dapat dipertukarkan yang dimiliki oleh perorangan ataupun organisasi.

1.2 Manajemen aset daerah Penerapan konsep manajemen aset dalam rangka pemberdayaan ekonomi daerah terangkum dalam enam langkah manajemen aset daerah sbb (siregar,2004) 1. Identifikasi potensi ekonomi daerah. Langkah ini terdiri atas upaya mempelajari potensi ekonomi wilayah dan pengembangan sistem informasi potensi ekonomi wilayah. 2. Optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) Langkah ini terdiri atas upaya mempelajari optimalisasi PAD dan pengembangan sistem pelayanan satu atap. 3. Optimalisasi aset pemerintah daerah Langkah ini terdiri atas upaya mempelajari optimalisasi aset pemerintah daerah melalui pengembangan database aset pemerintah daerah yang potensial kepada investor. 4. Peningkatan kemampuan manajemen pengelolaan kabupaten/kota. Pemerintah daerah harus mengelola daerah dengan baik dan mandiri sehingga mampu menjadi wirausahawan atas daerahnya. 5. Penilaian harta kekayaan daerah Langkah ini melakukan penilaian atas semua aset pemerintah daerah dan memberikan penilaian atas potensi ekonomi wilayah. 6. Pengembangan strategi pemasaran kota Pemerintah daerah dituntut mampu memasarkan kota kepada berbagai pihak, terutama investor di berbagai sektor ekonomi.

1.3 Kegiatan Restrukturisasi Aset

Identifikasi/inventarisasi dan penilaian aset a). pembentukan team work.Untuk menunjang kinerja organisasi pemerintah daerah atau perusahaan maka sangat diperlukan program restrukturisasi aset. 3. Melakukan pengumpulan data-data regulasi yang berlaku pada lokasi aset dan kondisi disekitarnya. e). Melakukan pemeriksaan aset secara fisik dilapangan. Memberikan hasil dan laporan kegiatan baik dalam bentuk data-data terkini (update) maupun dalam bentuk rekomendasi. Memberikan laporan dan rekomendasi atas pemanfaatan aset. Terhadap aset yang dipandang belum optimal akan dilaksanakan kegiatan highest and best use study (HBU study) untuk menentukan pemanfaatan aset dengan nilai terbaik. persiapan survei. 2. Kegiatan pada tahap ini adalah melakukan evaluasi tentang optimalisasi pemanfaatan aset. langkah kegiatan restrukturisasi aset terdiri dari: 1. . nilai aset serta opini tentang status legal aset. 4. c). Evaluasi optimalisasi pemanfaatan aset. spesifikasi dan kondisi fisik. Studi optimalisasi aset (HBU study) a). b). b). Menurut Siregar (2004). Melakukan pengumpulan dan pemeriksaan data-data legal. d). meliputi ukuran. Melakukan analisis atas data yang diperoleh untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang pemanfaatan aset serta nilai (value) aset. Persiapan proyek Meliputi kegiatan penyiapan administrasi proyek. penunjukan counter-part dan pengumpulan data-data aset awal.