P. 1
sejarah angklung 2

sejarah angklung 2

|Views: 34|Likes:
Published by Andi Hermawan

More info:

Published by: Andi Hermawan on Jan 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/25/2012

pdf

text

original

Andi Hermawan

TUGAS SEJARAH MUSIK
Berikut ini beberapa alat music tradisional yang menggunakan bambu. 1. Sasando adalah sebuah alat musik petik. Alat musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Bentuk sasando mirip dengan alat musik petik lainnya seperti gitar, biola dan kecapi. Bagian utama sasando berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu.

2. Calung adalah alat musik Sunda yang sejenis dengan angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang dari ruasruas yang tersusun menurut tangga nada pentatonik.

. tapi lebih sederhana pembuatannya. Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau. terbuat dari bambu. Alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang. yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar. Panjang saluang kira-kira 40-60 cm. Sumatra Barat. cukup dengan melubangi talang dengan empat lubang. dengan diameter 3-4 cm. Alat ini termasuk dari golongan alat musik suling.3. 4.

Yang mirip dengan gamelan namun terbuat dari bambu. terdapat bambu yang utuh namun dilubangi bagian atasnya sebagai lubang resonansi. . Bentuk fisiknya berupa bilahan setengah bambu yang ditata berjajar. Jegog adalah alat musik khas Jembrana.5. Bali. Dibawahnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->