P. 1
Holcim - Langkah Membangun Rumah

Holcim - Langkah Membangun Rumah

|Views: 1,758|Likes:
Published by Andrei Ramani
Originally from www.membangunbersama.com
Originally from www.membangunbersama.com

More info:

Published by: Andrei Ramani on Jan 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

TAHAP PRA-PERENCANAAN
Financing 101 Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki tanah dan membangun rumah secara kredit, kini ada banyak institusi perbankan yang menawarkan kredit pemilikan tanah dan kredit pembangunan rumah dengan masa kredit hingga 20 tahun dengan ketentuan dan persyaratan yang beragam sesuai dengan institusi yang menawarkannya. Untuk kredit pembangunan rumah, sebagian besar produk lokasi pembangunan di lahan yang strategis menurut penilaian pihak bank dan tanah yang akan dibangun harus minimal bersertifikat Hak Guna Bangunan atas nama pemohon kredit. Di samping syarat status kepemilikan atas tanah, ada berbagai persyaratan lain yang harus dipenuhi yang beragam sesuai dengan institusi yang memberikan seperti penghasilan tetap, lama kerja/usaha, status dan latar belakang keuangan dan kredit, dokumen-dukumen

kewarganegaraan, pajak, dan usaha. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih institusi penyedia kredit antara lain: 1. Kredibilitas Karena kredit pemilikan tanah biasanya berjangka panjang, pastikan kredibilitas penyedia kredit yang Anda pilih benar-benar baik tidak timbul masalah di tengah jalan. 2. Suku Bunga Sekarang ini berbagai institusi berlomba-lomba menawarkan kredit. Cermati dan bandingkan penawaran tingkat suku bunga dan perhitungan bunga dari berbagai institusi sebelum Anda memilih. 3. Persyaratan dan Birokrasi Perhatikan persyaratan dan birokrasi dari institusi penyedia kredit apakah dapat Anda penuhi dan apakah terstruktur dengan baik. Pastikan Anda benar-benar memahami sistem birokrasinya agar Anda tidak melakukan kelalaian administratif yang dapat dihindari. 4. Pelunasan Kredit Sebelum Jatuh Tempo Perhatikan juga ketentuan pelunasan kredit sebelum jatuh tempo dari berbagai institusi penyedia kredit tersebut, manakah yang paling sedikit membebani Anda. Terlepas dari berbagai persyaratan kredit dari bank, pengajuan kredit untuk kepemilikan tanah akan memberikan dampak panjang bagi keuangan Anda dan keluarga. Anda juga harus ingat bahwa tidak hanya biaya cicilan bulanan yang harus dibayarkan, tetapi juga biaya Pajak Bumi dan Bangunan serta biaya pemeliharaan rumah.

1

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Buying The Land Setelah menemukan kavling yang benar-benar tepat, tiba waktunya Anda membeli tanah tersebut. Bila dalam pemilihan lahan Anda mencermati kebutuhan dan aktivitas, maka dalam proses pembelian hal utama yang harus dicermati adalah masalah legalitas. Beberapa hal yang perlu dicermati menyangkut legalitas adalah: - Status kepemilikan tanah Di Indonesia berlaku berbagai tingkat status kepemilikan tanah yaitu Hak Milik, Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan, dan Hak Pakai. Semua status kepemilikan ini legal dan dapat digunakan untuk membangun rumah, hanya saja rentang waktu kepemilikannya beragam. Status kepemilikan Hak Milik adalah status yang paling tinggi karena tanah dapat dimiliki selamanya dan dapat diwariskan, sedangkan Hak Guna Bangunan hanya dapat “dimiliki” hingga maksimum 30 tahun dan Hak Guna Usaha dan Hak Pakai hanya berlaku hingga 25 tahun. - Status sengketa Sebelum membeli, pastikan tanah memiliki sertifikat kepemilikan dan tidak dalam status sengketa. Untuk mengecek status tanah yang diinginkan, Anda dapat bertanya ke BPN. - Akta Jual Beli Tanah Setelah Anda membuat kesepakatan jual beli dengan pemilik tanah, maka Anda harus mengurus Akta Jual Beli Tanah di kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) agar Anda dapat mengurus balik nama sertifikat dan menjadi pemilik tanah secara legal. Dalam pengurusan jual beli tanah sebaiknya Anda didampingi oleh notaris dari awal sebelum Anda membuat kesepakatan hingga selesai pengurusan balik nama agar Anda dapat mengkonsultasikan berbagai hak dan kewajiban yang berkaitan dengan kepemilikan tanah tersebut dan agar proses jual beli dapat berlangsung lancar tanpa masalah di kemudian hari.

The Perfect Lot Setelah menemukan kawasan dan menentukan kebutuhan lahan yang Anda inginkan, kini saatnya untuk menemukan kavling yang paling tepat. Cara yang paling cepat untuk menemukan kavling yang tepat adalah dengan menggunakan jasa makelar tanah. Dengan menggunakan jasa makelar tanah yang biasanya dibayar dengan sistem komisi ini, Anda tinggal menyebutkan wilayah, ukuran, dan kriteria yang diinginkan, makelar kemudian akan mencarikan pilihan lahan yang sesuai dan mengantarkan Anda untuk melihat-lihat lokasi. Tetapi tanpa makelar pun, bila Anda memiliki cukup waktu dan tenaga, Anda dapat mencari kavling sendiri. Baik dengan ataupun tanpa jasa makelar, Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kavling, seperti:

2

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

- Kavling sebaiknya berada di daerah yang memiliki akses PAM dan PLN, dan berakses langsung ke jalan raya. - Sebaiknya pilih kavling yang berorientasi timur-barat agar bangunan Anda nanti mendapatkan cukup pencahayaan alami. - Periksa kelayakan kondisi saluran air dan drainase di lingkungan sekitar agar terhindar dari banjir. - Jangan sampai ada jalur pipa gas atau aliran listrik tegangan tinggi di dekat kavling Anda. - Bila kavling yang Anda inginkan bukan merupakan bagian dari suatu kompleks perumahan maka perhatikan juga kondisi tanah apakah cukup stabil untuk mencegah bahaya longsor dan hindari memilih kavling yang jauh lebih rendah dari bangunan-bangunan sekitarnya agar tidak terkena banjir dan longsor. Selain pertimbangan kondisi-kondisi fisik di atas, Anda juga harus memastikan keamanan lingkungan sekitar. Bila Anda akan tinggal bersama-sama dengan anak-anak dalam usia pertumbuhan perhatikan juga ketersediaan ruang terbuka hijau dan lingkungan pergaulan di sekitarnya. Ada baiknya bila sebelum memutuskan membeli kavling tersebut, Anda menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan penghuni sekitar.

Kebutuhan Ruang untuk Gaya Hidup Seiring dengan pencarian lokasi yang tepat, Anda juga harus mulai menentukan kira-kira berapa besar kavling yang Anda butuhkan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ruang Anda. Untuk menentukan kebutuhan ruang, Anda tentu harus tahu aktivitas apa saja yang akan dilakukan di rumah sesuai dengan gaya hidup Anda. Secara umum standar kebutuhan minimal ruang untuk 1 orang di Indonesia adalah 9 m2, tapi tentu saja standar itu hanya cukup untuk kebutuhan yang paling mendasar saja. Selain kebutuhan ruang dalam, Anda juga tentu perlu ruang terbuka seperti teras, kebun, atau halaman. Menurut standar yang dikeluarkan oleh Departeman Pekerjaan Umum*, luasan minimum bangunan untuk 4 orang adalah 36 m2, dan idealnya berdiri di lahan 200 m2. Tapi kebutuhan ruangan juga harus mempertimbangkan faktor gaya hidup seperti: - Apakah Anda akan sering menerima tamu di rumah yang mengharuskan Anda memiliki ruang berkumpul? - Apakah Anda bekerja di rumah sehingga membutuhkan ruang kerja, ruang kantor, dan ruang penerimaan? - Apakah akan ada tamu atau keluarga yang sering menginap sehingga Anda membutuhkan kamar tidur tamu? - Apakah ada pembantu yang akan tinggal di rumah? 3

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

- Apakah Anda membutuhkan ruang khusus untuk hobi? - Berapakah jumlah kendaraan yang Anda miliki? Bila Anda berencana untuk tinggal untuk jangka waktu yang panjang pertimbangkan juga ukuran lahan untuk pengembangan rumah saat ada penambahan anggota keluarga.

4

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Lokasi, Lokasi, Lokasi !!! Keputusan untuk memiliki suatu properti selalu terkait dengan lokasi, apalagi untuk rumah yang akan ditinggali sendiri. Selain faktor investasi seperti persentase kenaikan harga tanah setiap tahunnya, faktor terpenting dalam pemilihan lokasi untuk rumah tinggal adalah pola aktivitas dan kebutuhan Anda yang tinggal di dalamnya. Bila Anda akan membeli tanah untuk membangun rumah tinggal keluarga, pertimbangkanlah kebutuhan setiap anggota keluarga untuk mendapatkan kawasan yang dapat menunjang kegiatan semua anggota keluarga. Beberapa kegiatan anggota keluarga yang harus menjadi pertimbangan lokasi adalah: 1. Kerja Dimanakah Anda dan anggota keluarga lainnya bekerja? Apakah Anda membutuhkan rumah yang dekat dengan lokasi kerja? Seberapa jauh dan seberapa lama waktu yang mampu Anda tempuh untuk mencapai tempat kerja setiap harinya? 2. Sekolah Apakah ada anggota keluarga yang bersekolah? Di manakah lokasi sekolahnya? Apakah ada kegiatan penunjang sekolah lain seperti kegiatan ekstra kulikuler atau kursus? Di mana sajakah lokasi sekolah dan kegiatan ekstra kulikuler tersebut? Seberapa dekatkah Anda ingin tinggal dari titik-titik kegiatan tersebut? 3. Mobilisasi Seberapa tinggi tingkat mobilitas Anda? Apakah Anda menggunakan kendaraan sendiri atau kendaraan umum? Apakah lokasi yang Anda pilih dapat menunjang mobilitas Anda? Kalau Anda menggunakan kendaraan sendiri, bagaimana keadaan lalu lintas di jam-jam kerja? Kalau Anda menggunakan kendaraan umum, apakah tersedia pilihan kendaraaan umum yang bisa digunakan? 4. Sosialisasi dan rekreasi Apa saja kebutuhan sosialisasi dan rekreasi Anda dan keluarga? Apakah Anda butuh berada di lingkungan dengan banyak anak-anak? Apakah Anda butuh lingkungan yang menunjang sosialisasi manula? Apakah Anda butuh berdekatan dengan fasilitas olah raga, pusat perbelanjaan, atau ruang terbuka? Kalau Anda dan keluarga termasuk berhubungan erat dengan sanak saudara, pertimbangkan pula jarak lokasi rumah Anda dengan sanak saudara terdekat. Lokasi yang ideal haruslah dapat mengakomodasi aktivitas semua anggota keluarga, atau setidaknya berada di kawasan yang dekat dan mudah diakses dari semua titik-titik aktivitas masing-masing anggota keluarga Anda. Untuk memudahkan pencarian awal, Anda dapat mendatangi Dinas Tata Kota untuk melihat peta peruntukan dan proyeksi kawasan perumahan di kota Anda selama 10 tahun ke depan. Selain dengan melihat peta, Anda juga sebaiknya mendatangi kawasan-kawasan yang Anda inginkan, 5

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

kunjungi dan periksa fasilitas-fasilitas umumnya (rumah sakit, tempat ibadah, pasar/pusat perbelanjaan). Perhatikan orang-orang di lingkungan tersebut, karena setiap kawasan pasti punya keunikan pola sosialisasi tersendiri.

Tahap Pra-Perencanaan Tahap pra-perencanaan adalah tahap dimana Anda mengumpulkan berbagai informasi yang menyangkut lokasi, kebutuhan lahan yang sesuai dengan pola dan gaya hidup Anda, faktor-faktor lingkungan yang sesuai dan dapat menunjang kehidupan Anda dan keluarga, perkiraan pendanaan, pengetahuan seputar legalitas kepemilikan tanah, dan tentu saja sumber-sumber pendanaan pembangunan rumah. Pada tahap ini tentunya yang paling banyak dilakukan adalah survei ke berbagai lokasi, konsultasi dengan berbagai pihak seperti makelar tanah, “berbelanja” kredit di berbagai bank, dan yang terpenting dialog antar anggota keluarga untuk menggali kebutuhan dan keinginan setiap anggota keluarga yang akan ikut tinggal di dalam rumah Anda nanti.

6

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

TAHAP PERENCANAAN
Menyiasati kekurangan hunian yang menghadap Barat Di Indonesia, hunian yang menghadap selatan telah seringkali dianggap pakem bagi pakar arsitektur karena beberapa hal mendasar, seperti pencahayaan yang teduh serta aliran angin yang memadai. Dengan menghadap ke arah selatan, sinar matahari sebagai pencahayaan alami dapat tetap masuk namun panasnya tidak masuk langsung. Hal ini berbeda dengan hunian menghadap barat yang seringkali dihindari dengan alasan masuknya hawa panas bersamaan dengan sinar matahari di sore hari. Namun masalahnya sebuah pemilihan arah hadap rumah tidak bisa selamanya ideal. Terlebih lagi apabila rumah tersebut telah jadi dan siap dihuni (atau bahkan itu adalah rumah tercinta yang Anda tempati sekarang). Pertanyaannya, bagaimana jika rumah Anda 'terpaksa' menghadap ke arah selain selatan, bahkan menghadap barat? Mungkinkah permasalahan tersebut dapat dihindari? Mari kita simak kiat-kiat yang disampaikan oleh seorang arsitek studio berbasis arsitektur hijau, Denny Setiawan, dalam menjawab permasalahan Catur Wicaksono, salah seorang pemilik rumah tinggal yang menghadap barat. Permasalahan utama rumah yang menghadap barat adalah masuknya sinar matahari langsung ke dalam rumah, yaitu pada siang hari, sekitar pukul 14.00 hingga sore hari 16.30 WIB. Keadaan ini akan menyebabkan meningkatnya panas di dalam rumah, bahkan taman rumput di depan rumah pun akan terasa sangat panas. Tentu saja hal seperti ini sangat mengganggu dan dapat berdampak bagi kenyamanan para penghuninya. Menurut Denny Setiawan, banyak hal bisa dilakukan untuk mengusir panas pada lingkungan rumah tinggal, baik saat proses desain atau bahkan ketika rumah sudah telanjur berdiri. Hal tersebut dapat dimulai dari memasang kisi-kisi sampai membuat bukaan serong.

Kisi-kisi dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengurangi intensitas panas matahari yang masuk ke dalam rumah. Fungsinya adalah sebagai secondary skin. Ia akan menghalangi panas matahari menerobos masuk ke ruang privat yang tentu saja lebih diharapkan teduh daripada gerah. Selain dari segi fungsinya, peletakan kisi-kisi yang tepat dapat menambah estetika hunian dan awet. Bahkan apabila pemilihan material kayu dan besi cukup berkualitas, kisi-kisi dapat bertahan lebih dari 10 tahun. Selain kisi-kisi, ketinggian plafon juga dapat mendatangkan kesan lapang dan menjadikan hawa yang lebih adem. Alasannya adalah karena hawa panas selalu naik ke atas. ''Ketika tempat berkumpulnya hawa panas jauh dari permukaan lantai, otomatis hawa panas tidak mengganggu 7

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

aktivitas penghuni rumah,'' jelas Denny Setiawan. Meski demikian, bukan berarti Anda disarankan untuk membangun plafon setinggi mungkin. Anda cuma perlu membangunnya dengan ketinggian proporsional. Kiat berikutnya yang dapat diusahakan untuk menciptakan hunian yang lebih adem, dapat dicapai dengan ventilasi silang. Caranya adalah dengan memberikan bukaan (contohnya jendela) pada dua dinding yang berbeda. Dengan ventilasi silang, udara dapat mengalir lebih lancar. ''Tiap ruang mesti punya jendela. Sayangnya, kini banyak rumah dibangun penuh tanpa menyisakan taman belakang. Itulah yang membuat rumah makin gerah. Intinya, tiap ruang harus bersentuhan langsung dengan udara luar. Tanpa adanya cross ventilation, plafon tinggi tak ada gunanya,'' kata sang arsitek menegaskan.

AC bukanlah jawaban yang terbaik Menggunakan mesin penyejuk udara (AC) memang solusi singkat yang dipilih banyak orang. Tetapi, pilihan itu mendatangkan masalah baru: tagihan listrik yang membengkak. Di samping itu, adanya kompresor AC di luar ruang justru akan membuat udara sekelilingnya menjadi lebih panas. Padahal hunian di iklim tropis semestinya dapat dibangun dengan tidak mengandalkan AC sebagai pengusir hawa panas. Untuk mendukung fungsinya, kisi-kisi dapat dikombinasikan dengan menambahkan tanaman rambat sebagai tirai di muka rumah sehingga semakin efektif untuk dapat mengusir hawa panas. Dana yang dibutuhkan pun masih cukup wajar dan terjangkau, hanya perlu disiram tentunya.

8

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Anda dapat mewujudkan taman vertikal yang memanjakan mata serta menyejukkan atmosfer sekitar rumah. Selain cantik, tanaman pun lebih fungsional karena dapat meredam panas di area sekitar hunian. Jadi, jangan remehkan fungsi vegetasi di halaman rumah, karena ternyata halaman juga dapat berupa dinding itu sendiri. Denny pun menambahkan, bahwa dengan memanfaatkan vegetasi sebagai dinding, penghuni rumah akan mendapatkan pasokan oksigen plus peredam panas yang baik. Pembagian ruang di hunian Anda juga dapat menjadi salah satu kunci untuk menyiasati hawa panas Usahakan agar ruang utama alias ruang yang dijadikan tempat beraktivitas, tidak diposisikan di area yang lama terkena sinar matahari supaya Anda tidak terlalu merasa gerah saat beraktivitas di ruang keluarga atau kamar tidur. Nah, sebagai gantinya, posisikan area servis di bagian depan. Panas yang menyengat dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian atau menerangi dapur serta area mencuci. Agar tampak depan rumah tidak terlihat berantakan, diperlukan kamuflase, misalkan dengan sebuah dinding taman vertikal. Selain cara-cara tersebut, pastikan Anda meminimalkan jendela yang menghadap barat dan menambahkan jendela yang menghadap ke arah utara atau selatan. Namun apabila tidak 9

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

memungkinkan mengurangi jendela yang menghadap barat, bukaan yang menyerong 30 derajat hingga 45 derajat dapat menjadi trik jitu yang menghasilkan keteduhan dalam rumah. Dengan begitu, panas matahari tidak secara langsung menyeruak ke ruang-ruang pribadi Anda. ''Prinsipnya, cahaya matahari memang diperlukan, tetapi panasnya harus kita buang'', ujar Denny menyimpulkan. (AA)

Mengamankan Bangunan dengan IMB Sebelum mulai mendirikan rumah, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dengan berbekal IMB Anda akan dapat dengan tenang mendirikan rumah tanpa takut dirobohkan ataupun digusur. Pengurusan IMB dapat Anda lakukan di tingkat kecamatan baik diurus sendiri ataupun melalui kontraktor dan biro pengurusan IMB dengan mengajukan: - surat tanah atau akte tanah - tanda pengenal pemilik (KTP) - bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) - gambar kerja oleh arsitek - perhitungan struktur bangunan Dalam proses pengurusan IMB, Anda harus membayar retribusi IMB yang dihitung berdasarkan luasan lantai bangunan dan harga dasar bangunan. Selain biaya retribusi, ada juga biaya pengawasan, pendaftaran, dan pengukuran & pemetaan senilai 15 persen dari biaya retribusi. Dalam pemrosesan permohonan IMB terkadang akan ada petugas dari kantor tata kota yang memeriksa lokasi bangunan Anda untuk memastikan kesesuaian izin dengan keadaan lokasi.

Biaya dan Jadwal Konstruksi Agar pengaturan keuangan selama proses keuangan berjalan secara tertib tanpa terlalu banyak pembengkakan, Anda harus menjabarkan seluruh komponen budgeting secara terperinci dari awal. Secara keseluruhan biaya yang Anda keluarkan selama proses pembangunan hingga siap huni adalah: - Biaya Perancangan Biaya perancangan adalah biaya yang dikeluarkan untuk jasa arsitek untuk merancang rumah Anda. Biaya yang dikeluarkan untuk jasa arsitek biasanya juga termasuk jasa pengawasan oleh arsitek. - Biaya Produksi Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah, termasuk di dalamnya adalah biaya tukang, bahan bangunan, transportasi, listrik, dan air yang dipakai hingga ke detail 10

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

terkecil seperti harga rumput untuk halaman Anda. Biaya produksi ini biasanya dirinci oleh kontraktor dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dalam bentuk tabel satuan pekerjaan. - Biaya kontraktor Dari perhitungan biaya kontruksi, tambahkan sekitar 6-15 % untuk jas kontraktor. - Biaya Perizinan Dalam proses pembangunan juga terjadi proses perizinan, untuk IMB misalnya, ada biaya retribusi IMB. - Biaya Instalasi Di luar biaya instalasi yang terinci dalam RAB, Anda harus membayar biaya penyambungan listrik dan air dari PLN dan PAM - Furniture dan Perangkat Rumah Sebelum siap huni tentu ada furniture dan berbagai perangkat rumah yang dipasang. Biaya furniture dan perangkat ini di luar biaya RAB dan beragam sesuai dengan gaya hidup Anda. Terkait dengan biaya kontruksi adalah jadwal konstruksi, semakin lama masa konstruksi, semakin besar juga biaya yang akan dikeluarkan. Jadwal konstruksi biasanya direncanakan oleh kontraktor. Selain faktor ketersediaan dana dan jumlah pekerja, jadwal konstruksi juga dapat dipengaruhi oleh keadaan cuaca, ada beberapa pekerjaan tertentu seperti pengecoran yang tidak dapat dilakukan pada saat hujan, oleh karena itu ada baiknya waktu pelaksanaan konstruksi disesuaikan dengan musim di daerah Anda.

Memilih dan Bekerja Sama dengan Kontraktor Setelah design rumah selesai, kini saatnya design tersebut diwujudkan ke dalam bentuk bangunan melalui proses konstruksi. Dalam proses konstruksi ada ratusan jenis bahan dan jenis pekerjaan. Agar proses kontruksi dapat berjalan dengan baik, perlu perencanaan konstruksi, perhitungan budget, pengalokasian waktu, pengadaan material, pengaturan lalu lintas pekerja dan pekerjaan, dan pengawasan yang sangat mendetail. Untuk melakukan itu semua, Anda dapat dibantu oleh kontraktor. Kontraktor adalah pelaksana konstruksi yang menerjemahkan gambar kerja yang dibuat oleh arsitek menjadi bangunan. Seorang kontraktor menghitung dan merinci bahan bangunan dan jenis pekerjaan yang dibutuhkan, membuat detail anggaran biaya bangunan, merekrut dan mengurus pekerja konstruksi, dan mengawasi proses konstruksi sesuai dengan budget dan spesifikasi yang telah Anda dan arsitek tentukan. Seorang kontraktor juga bisa membantu menyediakan bahan bangunan yang diperlukan. Saat Anda menggunakan jasa seorang arsitek, biasanya arsitek juga mengajukan pelaksana konstruksi yang biasa bekerja sama dengannya. Karena lingkup pekerjaan kontraktor 11

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

berhubungan dengan budget, material, dan pekerjaan lapangan yang terkait erat dengan mutu bangunan, maka dalam memilih kontraktor faktor yang paling penting adalah reputasi dan kejujuran. Sebaiknya pilih kontraktor yang direkomendasikan oleh arsitek, teman, atau kerabat Anda. Perhatikan proyek-proyeknya yang terdahulu dan sempatkan untuk menanyakan pengalaman pemilik terdahulu dalam bekerja sama dengan kontraktor tersebut. Selain faktor kredibilitas, ada baiknya bila Anda memilih kontraktor yang memiliki banyak jaringan kerja sama dengan suplier material bangunan untuk mendapatkan harga material yang lebih murah, dan kerja sama dengan petugas pertanahan dan dinas tata kota untuk memperlancar pengurusan berbagai izin yang menyangkut pembangunan. Jasa kontraktor biasanya benilai sekitar 10%* dari biaya konstruksi tergantung dari kontrak lingkup pekerjaan kontraktor yang telah disepakati sebelumnya. Lingkup pekerjaan seorang kontraktor bisa bersifat borongan atau pelaksanaan beberapa item pekerjaan dalam keseluruhan proses pembangunan saja. Apapun lingkup pekerjaan kontraktor Anda, pastikan semuanya jelas tercantum dalam kontrak pekerjaannya, beserta spesifikasi mutu bahan dan pekejaan, uraian pekerjaan, rincian budget, waktu pengerjaan, dan metode pembayaran.

Memilih dan Bekerja Sama dengan Arsitek Saat memilih arsitek, Anda tentu melihat bahwa sekarang ada banyak sekali jenis jasa “arsitek” yang ditawarkan dengan beragam pilihan harga dan sistem pembayaran. Ada yang sekedar menawarkan jasa desain, gambar desain dan gambar kerja, dan ada juga yang menawarkan jasa konsultan. Untuk dapat memanfaatkan jasa arsitek dengan benar, Anda perlu tahu apa sebenarnya peranan seorang arsitek dan seberapa jauhkah keterlibatannya dalam proses desain dan pembangunan rumah Anda. Idealnya dalam proses desain rumah, Anda dengan arsitek akan saling berkomunikasi dan bertukar pikiran untuk mendapatkan desain yang terbaik. Anda sebagai pemilik rumah mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhan Anda dan sebagai timbal baliknya, seorang arsitek memberikan konsultasi mewujudkan keinginan dan kebutuhan Anda kedalam desain bangunan yang baik dengan organisasi ruang, pola sirkulasi udara, sistem pencahyaan, pemilihan material, pilihan struktur dan tampilan sesuai dengan ilmu dan keahliannya dengan memperhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Layanan utama jasa arsitek adalah perancanangan arsitektur dan pengelolaan proses pembangunan yang mencakup konspe perancangan, schematic design, pengembangan rancangan, pembuatan gambar kerja, pengadaan pelaksanan konstruksi, dan pengawasan berkala.

12

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Walaupun bagi umumnya masyarakat Indonesia tarif konsultan arsitek yang biasanya berkisar antara 1,5-8 %* dari keseluruhan biaya pembangunan rumah untuk desain dan pengawasan itu dianggap mahal, tapi seorang arsitek yang baik sebenarnya justru dapat membantu Anda mengoptimalkan budget yang ada. Seorang arsitek yang baik dapat membantu Anda mewujudkan bangunan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, menerjemahkan keinginan Anda ke dalam desain bangunan yang sehat, aman, dan nyaman, juga menciptakan desain yang dapat dikonstruksi dengan hemat, efisien, dan berwawasan lingkungan. Untuk mendapatkan arsitek yang baik, Anda dapat meminta rekomendasi teman atau kerabat Anda yang pernah menggunakan jasa arsitek atau mendatangi kantor-kantor konsultan arsitek. Sebelum memutuskan salah satu konsultan arsitek, pastikan Anda meminta dan memeriksa portfolio arsitek tersebut. Perhatikan proyek-proyek apa saja yang sudah pernah dibuat sebelumnya dan lihat apakah sesuai dengan selera Anda. Minta izin dan sempatkan untuk mendatangi dan memeriksa proyek-proyek tersebut apakah sudah selesai dan berfungsi dengan baik, tanyakan kepada pemilik bangunan-bangunan tersebut apakah mereka puas dengan hasil pekerjaannya, dan tentu pastikan juga kesesuaian tarif jasa sang arsitek dengan budget Anda. *) Menurut tabel perhitungan imbalan jasa yang diterbitkan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dalam buku Pedoman Hubungan Kerja antara Arsitek dengan Pengguna Jasa, imbalan jasa untuk rumah tinggal pribadi berkisar antara 1,5 persen untuk biaya bangunan di atas 500 milyar rupiah hingga 8% untuk biaya bangunan di bawah 200 juta rupiah untuk jasa yang mencakup konsep schematic design, pengembangan rancangan, gambar kerja, pengadaan jasa konstruksi, dan pengawasan berkala.

Desain Rumah Impian Rumah dua lantai dengan gaya arsitektur modern, kamar tidur dengan jendela besar menghadap ke taman, ruang baca dengan teras yang terbuka ke kolam, ataupun ruang keluarga dengan piano? Inilah saatnya untuk mengeluarkan apa yang Anda inginkan dan butuhkan dan menuangkannya ke dalam design rumah. Tapi lebih dari sekadar kebutuhan dan keinginan Anda ruangan, bentuk, dan keindahannnya, perlu diingat bahwa rumah sebagai tempat berlindung dan tempat tinggal juga harus mengakomodasi Anda melakukan aktivitas dengan nyaman dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan dan keamanan. Rumah tinggal yang ideal adalah rumah tinggal yang selain indah, juga nyaman dan sehat. Bersama arsitek Anda, perhatikan dan cermati berbagai faktor-faktor penting menyangkut kesehatan dan kenyamanan rumah seperti organisasi ruang, sirkulasi udara, pencahayaan alami, bahan-bahan bangunan yang sehat, sistem air bersih dan pembuangan yang sehat, juga efisiensi lahan dan konstrusi, serta design ruangan yang menunjang penghematan energi dengan 13

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

memperhatikan kondisi iklim, cuaca, lingkungan, dan kebutuhan dan aktivitas Anda dan keluarga yang akan tinggal di dalamnya. Jangan lupa, selain ruang dalam, Anda juga harus merancang ruang luar rumah mulai dari tampak rumah, taman, hingga pagar agar indah dan serasi dengan lingkungan sekitarnya. Selain faktor kesehatan dan kenyamanan, ada baiknya bila Anda juga berkonsultasi dengan arsitek Anda untuk mempertimbangkan kemungkinan untuk mendesain bangunan ramah lingkungan yang sering disebut Green Building. Desain bangunan ramah lingkungan selain baik untuk lingkungan karena memperhatikan faktor bahan-bahan bangunan dan pengurangan limbah pada saat pengkonstruksiannya, juga baik untuk Anda karena selain sehat juga sangat membantu Anda menghemat penggunaan energi dan air. Agar sesuai dengan ketentuan bangunan yang berlaku di daerah Anda, pastikan Anda mengurus dan mendapatkan Advice planning sebelum mulai merancang. Advice planning merupakan surat dari Dinas Tata Kota (DTK) berisi situasi, peruntukan, ukuran tanah, dan peraturan sempadan bangunan seperti Koefisien Dasar Bangunan (KDB) dan Koefisien Lantai Bangunan (KLB) yang mengatur maksimal luasan lahan dan tinggi lantai yang boleh dibangun. Advice planning didapat setelah petugas dari DTK mengukur batas-batas tanah lahan yang Anda ajukan.

Apakah Green Building itu? Green building secara umum adalah metode perancangan bangunan yang berusaha meminimalisasi dampak negatif bangunan terhadap lingkungan dengan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan, lahan, maupun energi dalam proses pembangunan maupun

pengoperasiannya. Suatu green building adalah bangunan yang dapat menghemat energi, meminimalkan limbah, dan meningkatkan produktifitas orang yang tinggal di dalamnya. Secara sederhana konsep green building dapat diterapkan ke dalam desain rumah tinggal Anda dengan hal-hal kecil seperti: -Dalam proses konstruksi, gunakan berbagai material yang tidak perlu banyak pekerjaan tambahan, dan tidak menimbulkan banyak sampah dalam proses pembuatannya, atau material lokal yang tidak perlu ditransportasikan terlalu jauh. -Desain bangunan dengan memperhatikan dan memasukkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami untuk mengurangi penggunaan pendingin ruangan dan lampu untuk menghemat energi. -Rancang sistem pembuangan yang ramah lingkungan dimana grey water dan storm water (air bekas cuci dan air hujan) akan disalurkan dan ditampung untuk dipakai kembali untuk menyiram tanaman ataupun fungsi lainnya. -Gunakan solar panel untuk memanfaatkan energi panas matahari.

14

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Disamping beberapa contoh penerapan di atas, masih banyak elemen rumah lain yang dapat didesain dengan prinsip green building. Diskusikan kemungkinan pengaplikasian konsep green building lainnya dengan arsitek Anda, dan konsultasikan juga cara-cara pemakaian dan perawatan rumah tinggal Anda ke depannya untuk menunjang konsep green building ini.

Sustainable Construction dari Holcim Untuk mendukung implementasi dan perkembangan sustainable construction di Indonesia, Holcim mengembangkan program Solusi Rumah; suatu program menyeluruh yang menyediakan desain dan konsultasi pembangunan hingga pilihan bahan berkualitas dan akses pendanaan. Sebagai salah satu alternatif untuk membangun rumah yang berkualitas, dan ekonomis, juga sebagai referensi rumah idaman, Anda dapat mempelajari program solusi rumah di (link) untuk mengetahui apa saja detail program Solusi Rumah, dan bagaimana Solusi Rumah dapat menjawab masalah pembangunan rumah Anda dan membantu Anda mendapatkan nilai tambah dari bangunan Anda dengan metode pembangunan yang sustainable.

Tahap 2: Perencanaan Selamat! Anda telah menemukan dan memiliki kavling di lingkungan yang diinginkan dan memutuskan untuk membangun rumah idaman Anda sendiri. Kini saatnya merancang dan menuangkan semua keinginan dan impian Anda ke dalam design rumah secara mendetail; memasukkan setiap ruangan dan kamar yang Anda inginkan dan butuhkan, menentukan gaya arsitektur, bentuk, warna, dan tekstur ruangan hingga ke detail terkecil, dan memilih material yang cocok. Selain merancang bentuk dan isi rumah, dalam tahap perencanaan ini Anda juga harus merencanakan strategi dan tahapan pembangunan rumah secara mendetail. Anda harus merencanakan budget, waktu, dan tahapan pengkonstruksian, serta mengurus berbagai izin terkait untuk memastikan agar design dan pembangunan rumah Anda memenuhi syarat-syarat kesehatan dan keamanan pengkonstruksian yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.

15

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

TAHAP LAHAN
Sumber Air dan Listrik Sementara Selama masa konstruksi, akan dibutuhkan tenaga listrik untuk menjalankan alat-alat dan banyak air untuk kebutuhan pembangunan dan pekerja, untuk itu perlu sumber listrik dan air sementara. Penyediaan listrik untuk penggunaan selama konstruksi bisa didapat dengan izin dari koordinasi dari PLN untuk menyambung dari sumber listrik di sekitar lokasi konstruksi. Usahakan untuk mendapatkan listrik dari sumber terdekat agak biaya instalasinya lebih murah. Pasokan air sementara bisa didapat dengan membangun sumur di dalam lahan konstruksi. Sebelum membangun sumur, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan kontraktor dan arsitek untuk menentukan apakah sumur ini nanti akan dipakai lagi untuk kebutuhan air Anda setelah tinggal di rumah tersebut. Bila sumur tersebut akan dipakai lagi diskusikan juga posisi, jenis, dan kedalamannya agar sumur ini dapat diintergrasikan dengan baik ke dalam design instalasi Anda, memenuhi syarat-syarat kesehatan sumber air bersih, dan ketentuan sumur yang berlaku di lingkungan menurut peraturan pemerintah.

Bedeng dan Gudang Pelindung Material Selama berlangsungnya pembangunan, akan terjadi lalu lintas barang dan orang dalam lahan konstruksi Anda. Untuk itu perlu ada bedeng yang akan berfungsi sebagai pos sementara untuk kegiatan kontrol, administrasi, penjagaan ataupun tempat berisitrahat bagi para pekerja, dan gudang untuk menyimpan dan melindungi bahan-bahan bangunan yang berharga dan tidak tahan cuaca seperti semen, baut-baut, ataupun fitting pipa. Bedeng dan gudang ini bersifat sementara, dan nantinya akan dibongkar lagi, oleh karena itu bahan-bahan yang dipakai untuk membangunnya pun yang bersifat sementara seperti triplek, papan, dan asbes. Walaupun bersifat sementara, tapi perhatikan agar bangunan ini tidak bocor dan dialas dengan baik agar benda-benda yang tersimpan di dalamnya tidak rusak atau lembab. Untuk dapat menampung pekerja dan bahan bahan bangunan, ukuran bedeng yang diperlukan 3 x 4 m dan gudang 2 x 3 m. Perhatikan posisi bedeng dan gudang ini di lahan Anda agak optimal sebagai pos penjagaan, aman dari pencurian, dan juga tidak mengganggu jalannya konstruksi dan lalu lintas material dan pekerja.

16

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Membatas Lahan Pekerjaan dengan Bowplank

Setelah dibersihkan dan diratakan, lahan konstruksi dapat langsung dibatasi dengan bowplank. Tujuan pembuatan bowplank adalah untuk menentukan wilayah pekerjaan dan untuk memastikan agar perletakan dan ukuran-ukuran bangunan Anda, terutama pondasi serasi, sejajar, dan tepat dengan denah rencana. Bowplank dibangun dengan tiang pancang dari kayu balok, papan, dan benang berdasarkan tata letak dan ukuran yang tercantum di denah pondasi. Bowplank di bangun dengan jarak satu meter di luar tempat rencana penggalian pondasi dan akan dipakai selanjutnya untuk menentukan posisi pondasi, kolom, dan dinding bangunan. Agar dapat menjadi patokan yang jelas, sebaiknya papan bowplank diberi warna yang terang dan mencolok.

Pembersihan Lahan: Ramah dan Aman Lingkungan Agar siap dibangun, lahan konstruksi harus terlebih dahulu dibersihkan. Pembersihan lahan konstruksi bertujuan untuk membebaskan tanah dari rumput-rumput, pohon-pohon, sampah, dan unsur-unsur lain yang bisa membusuk. Unsur-unsur yang dapat membusuk seperti tumbuhtumbuhan dan sampah dapat mengganggu kestabilan tanah, karena sewaktu-waktu unsur itu dapat berubah ataupun menghilang karena pembusukan hingga menyebabkan kepadatan tanah berkurang.Pembersihan lahan konstruksi biasanya dilakukan menyeluruh sesuai lahan yang akan dipakai untuk pembangunan rumah, tetapi Anda bisa melakukan pembersihan lahan secara selektif agar lebih ramah lingkungan. Perhatikanlah lahan konstruksi Anda. Seringkali ada tumbuhan atau pepohonan yang masih kuat dan cukup rindang sehingga sayang untuk dihilangkan. Adakah dari tumbuhan itu yang dapat dipertahankan tanpa mengganggu design dan proses konstruksi rumah Anda? Bila ada, mungkin tumbuhan dan pepohonan itu dapat diintergrasikan dalam design rumah atau landsekap Anda. Dengan melakukan pembersihan lahan selektif, Anda dapat sedikit mengurangi “limbah” yang dihasilkan oleh lahan konstruksi sekaligus mendapat tumbuhan peneduh untuk taman tanpa 17

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

harus menanam dari awal. Untuk melakukan pembersihan lahan selektif ini Anda harus berkonsultasi dengan arsitek dan kontraktor Anda apakah pepohonan yang ingin dipertahankan dapat menunjang design rumah dan tidak mengganggu jalannya konstruksi ataupun lalu lintas material ke dalam lahan Anda. Periksalah juga akar-akar pepohonan tersebut apakah akan mengganggu pondasi rumah Anda, karena bagaimanapun kekuatan dan keamanan bangunan tetaplah hal yang utama.

Menjadi “Tetangga Baru” yang Baik Sebelum pekerjaan persiapan lahan dimulai, ada satu lagi kegiatan perencanaan dan koodinasi yang harus Anda lakukan. Tetapi koordinasi ini bukan dengan arsitek maupun kontraktor, melainkan dengan lingkungan dan calon tetangga baru Anda. Sebelum melakukan persiapan lahan, beberapa pihak yang harus Anda hubungi antara lain:

1. Ketua RT atau ketua lingkungan dan ketua keamanan di lingkungan lahan konstruksi Anda untuk melapor dan meminta izin untuk memulai pembangunan di lahan Anda.

Selain meminta izin, Anda juga harus mencari tahu persyaratan lahan konstruksi di lingkungan tersebut untuk hal-hal seperti batas hari jam kerja konstruksi (di beberapa lingkungan pekerjaan konstruksi hanya boleh dilakukan pada hari kerja), jalur masuk ke lahan konstruksi, pembuangan sampah konstruksi dan sampah pekerja, dan lalu lintas pekerja.

2. Kantor manajemen perusahaan pengembang bila kavling Anda berada pada lingkungan perusahaan pengembang tertentu.

Di beberapa wilayah tertentu sering ada kuli angkut liar yang “menyerbu” kavling Anda setiap material bangunan diturunkan, untuk mengatasi hal ini Anda juga harus berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat atau mungkin membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan kuli-kuli liar tersebut. Ada baiknya bila sebelum pembangunan dimulai Anda mendatangi penghuni sekitar untuk berkenalan agar warga sekitar turut menjaga lahan konstruksi Anda.

Tahap 3: Persiapan Lahan Setelah tahap perencanaan selesai dan semua izin terkait Anda dapatkan, kini Anda dapat “turun lapangan” dan memulai pembangunan rumah Anda. Pada permulaan tentu saja konstruksi tidak dapat langsung dilakukan. Lahan pembangunan harus terlebih dahulu dipersiapkan. Tahap persiapan lahan mungkin merupakan tahap yang paling dramatis dari seluruh proses pembangunan rumah karena pada tahap ini terjadi perubahan yang sangat drastis dari lahan kosong menjadi lahan konstruksi. Anda akan melihat pohon ditebang, tanah diratakan dan dibersihkan, satu persatu material bangunan dimasukkan ke lahan konstruksi Anda, dan tiangtiang dan papan-papan bowplank berdiri mensimulasikan denah rumah Anda. 18

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

19

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

TAHAP PONDASI
Trasraam

Karena kondisi Indonesia yang beriklim tropis dengan curah hujan dan kelembaban yang tinggi maka bangunan-bangunan di Indonesia rawan bocor dan rembes pada lantai, dinding, dan plafon. Untuk mencegah bocor dan rembes pada lantai maka pada bagian sub-structure (bagian struktur yang terletak di bawah permukaan tanah seperti pondasi dan sloof) perlu di-waterproofing dengan trasraam. * Trasraam adalah adukan semen dengan campuran 1 bagian semen dan 2 bagian pasir yang digunakan sebagai lapisan anti bocor pada pondasi, sloof, dan juga dinding kamar mandi. Setelah pondasi selesai di-waterproofing, galian pondasi dapat ditutup kembali (diurug) dan tanah sekitarnya dapat diratakan untuk persiapan tahap pembangunan selanjutnya.

Septic Tank

20

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Air limbah berupa black water yang berisi kotoran akan berakhir di septic tank. Walaupun jarang kita sadari, peran septic tank sangat penting dalam keberlangsungan aktivitas di rumah. Beberapa masalah yang cukup mengganggu seputar kamar mandi dan WC yang akan Anda gunakan setiap harinya sering timbul dari septic tank. Untuk itu septic tank haruslah dipilih dengan cermat sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Beberapa jenis septic tank dan cara kerjanya yang dapat menjadi pertimbangan Anda adalah: 1. Septic tank konvensional Septic tank model ini menampung dan mengendapkan limbah dan membiarkannya terurai oleh bakteri, cairan hasil akhir dari tanki ini akan diendapkan ke tanah melalui resapan khusus. Secara berkala septic tank ini akan penuh dan harus disedot.

2. Septic tank biologis Pada septic tank biologis, limbah akan terurai sampai aman untuk dimanfaatkan kembali, hingga tidak perlu disedot lagi. Saat ini ada beberapa jenis septic tank biologis yang telah beredar di pasaran, diantaranya: a. Septic tank berbahan fiberglass Septic tank jenis ini terdiri dari 3 bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Air limbah yang masuk ke septic tank ini akan masuk di bagian pertama, kemudian disaring dan dialirkan ke bagian ke dua, pada bagian kedua limbah diurai oleh bakteri dan dialirkan ke kotak ke tiga untuk diurai lebih lanjut. Sisa penguraian dari bagian ke tiga akan dialirkan ke luar menuju saluran drainase umum setelah melalui tabung disinfektan yang mensucihamakan limbah hingga aman. b. Septic tank berbahan beton Septic tank jenis ini terbuat dari beton yang juga terdiri 3 bagian, tapi dengan proses yang sedikit berbeda dengan septic tank berbahan fiber glass. Pada septic tank jenis ini, limbah yang masuk di bagian pertama akan disaring untuk memisahkan kotoran dengan tissue. Limbah dari bagian pertama lalu dialirkan ke bagian ke dua untuk diproses oleh mikroorganisme yang memakan limbah tersebut dan mengolahnya menjadi cairan. Limbah yang sudah berubah menjadi cairan di bagian ke dua akan dialirkan ke bagian ke tiga untuk diendapkan kemudian diresapkan ke dalam tanah dan dialirkan ke sistem drainase kota. Diskusikan dan pilihlah jenis septic tank yang paling sesuai dengan kebutuhan, sistem saluran air, dan peraturan yang di lingkungan rumah dengan kontraktor Anda.

21

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Jalur Pipa Air Bersih dan Air Limbah

Seiring dengan pengerjaan pondasi, beberapa pekerjaan utilitas juga harus dimulai. Pada tahap ini pekerjaan utilitas yang dilakukan adalah pembuatan atau penggalian jalur air bersih dan jalur air limbah karena posisi keduanya yang di bawah permukaan tanah. Apakah jalur air bersih dan air limbah itu?

Jalur Air Bersih Jalur air bersih adalah saluran pipa yang menghubungkan sumber air bersih Anda (dapat berupa sumur , PAM ataupun keduanya) dengan sistem distribusi air bersih (semua titik-titik keran yang ada) yang ada di dalam rumah maupun halaman. Pengerjaan galian dan pemasangan jalur pipa air bersih yang dikerjakan pada tahap ini mencakup: - Galian dan pemasangan ground tank Ground tank adalah bak penampungan air dari PAM yang akan didistribusikan ke dalam rumah melalui pompa air. - Galian dan pemasangan jalur pipa dari pipa PAM ke ground tank - Galian dan pemasangan jalur pipa dari sumur ke ground tank

Jalur Air Limbah Saluran air limbah adalah saluran air kotor dari rumah yang dapat dibedakan menjadi 2, yaitu black water berupa limbah kotoran dari WC, dan gray water berupa limbah air bekas mencuci dan mandi. Kedua jenis air limbah ini akan dialirkan dan berakhir pada tempat yang berbeda. 1). Black Water Black Water dari rumah harus disalurkan ke septic tank untuk diendapkan dan diurai oleh bakteri. Pekerjaan galian dan pemasang jalur untuk black water pada tahap ini mencakup: 22

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

-galian dan pemasangan septic tank -galian dan pemasangan jalur pipa dari pipa black water di dalam rumah ke septic tank 2). Gray Water Grey water dari dalam rumah dialirkan ke selokan di lingkungan rumah dan akhirnya akan berakhir di sistem air limbah kota. Pekerjaan galian dan pemasangan jalur untuk grey water pada tahap ini mencakup: - galian dan pemasangan jalur pipa dari pipa grey water di dalam rumah ke saluran drainase umum Perlu diingat pada tahap ini pipa-pipa yang dipasang adalah pipa horizontal yang harus dipasang dengan sudut kemiringan 2% untuk air bersih dan 3% untuk air limbah agar air dapat mengalir dengan lancar. Pipa air limbah dibuat lebih miring agak kotoran cepat keluar dari saluran dan tidak menimbulkan penyumbatan.

Penggalian dan Pemasangan Pondasi Agar kuat dan stabil pondasi harus dibangun di tanah keras, oleh karena itu sebelum dibangun, lahan pondasi harus digali hingga mencapai bagian tanah yang keras terlebih dahulu. Ukuran, posisi dan bentuk galian pondasi tentu saja beragam sesuai dengan jenis pondasi yang digunakan. Biaya pengerjaan penggalian tanah pondasi dihitung per m3. Posisi dan ukuran galian pondasi beragam sesuai dengan jenis pondasi yang digunakan. Untuk pondasi menerus, galian dibuat menyerupai parit sepanjang denah bangunan dan dilebihkan 10 cm pada masing-masing sisi pondasi agar para pekerja mendapat cukup ruang gerak, sedangkan untuk pondasi setempat, galian pondasi dibuat hanya pada sudut-sudut rumah dan titik-titik kolom dengan ukuran yang sama dengan pondasinya. Setelah selesai penggalian, pondasi pun dapat langsung dibangun sesuai dengan spesifikasi pembangunan masing-masing jenis pondasi. Untuk pondasi batu kali dan pelat beton, pembangunannya dilakukan langsung di tempat, sedangkan pondasi bor mini dibeli dalam bentuk jadi dari pabrik dan dipasang dengan cara dibor ke dalam tanah tanpa proses penggalian.

23

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Pilah Pilih Pondasi

Pemilihan jenis pondasi sangat tergantung dengan kondisi tanah. Sebelum memilih jenis pondasi yang akan digunakan, kondisi tanah harus terlebih dahulu ditentukan. Penentuan kondisi tanah melalui soil test yang dapat dilakukan oleh kontraktor atau konsultan ahlinya. Setelah jenis tanah berhasil ditentukan barulah jenis pondasi dipilih dengan juga mempertimbangkan jenis bangunan (1 lantai atau 2 lantai). Beberapa jenis pondasi yang paling umum digunakan di Indonesia saat ini adalah: 1). Pondasi Batu Kali Pondasi batu kali adalah pondasi yang menggunakan batu kali sebagai bahan utamanya. Pondasi ini biasanya dibangun menerus mengelilingi denah bangunan yang berfungsi mendistribusikan beban dinding dan kolom supaya beban bangunan tersebar merata. Pondasi batu populer digunakan di Indonesia untuk bangunan sederhana karena ketersediaan batu kali cukup banyak dan relatif murah. Pondasi batu kali pada umumnya berbentuk trapesium dengan ukuran tinggi 60-80 cm, lebar sisi bawah 60-80 cm dan lebar atas 25-30 cm. 2). Pondasi Pelat Beton Setempat Pondasi pelat beton adalah pondasi yang terbuat dari beton bertulang. Pondasi ini biasanya penggunaannya dikombinasikan dengan pondasi batu kali dengan fungsi untuk menopang bangunan pada titik-titik kolom (biasanya pada sudut-sudut pertemuan dinding-dinding struktur bangunan). 3). Pondasi Pelat Beton Menerus

24

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Sama halnya dengan pondasi pelat beton setempat, pondasi pelat beton menerus terbuat dari beton bertulang. Pondasi ini kuat untuk menopang bangunan 2 lantai. Karena fungsi pondasi untuk menggantikan pondasi batu kali, maka pondasi ini juga dibuat mengelilingi denah bangunan dengan ukuran penampang bawah 45-60 cm dan tinggi 60 cm. 4). Pondasi Pancang Mini (Strauss Pile) Pondasi jenis ini digunakan pada kondisi tanah yang kurang baik (tanah bekas rawa) yang posisi tanah kerasnya jauh di bawah permukaan tanah mencapai 2-5 meter. Pondasi ini bisa digunakan untuk rumah berlantai 1 maupun 2. Berbeda halnya dengan ketiga pondasi di atas yang dibuat di tempat, pondasi ini merupakan produk fabrikasi yang di beli satuan dan dipasang dengan menggunakan mesin pancang.

Tahap 4: Pengerjaan Pondasi Setelah pekerjaan persiapan lahan selesai, kini pekerjaan konstruksi yang “sebenarnya” dapat dimulai. Tahap pengerjaan konstruksi awal adalah tahap pengerjaan pondasi. Walaupun disebut tahap pengerjaan pondasi, dalam tahap ini tidak hanya pondasi saja yang dikerjakan, tetapi juga beberapa pekerjaan lain seperti penggalian dan pemasangan jalur pipa air bersih dan air kotor, serta septic tank yang sebenarnya juga merupakan “pondasi” bagai sistem utilitas yang akan menjamin keberlangsungan aktivitas di rumah Anda nanti. Tahap pengerjaan pondasi ini harus mendapat perhatian khusus karena pada tahap inilah semua bagian-bagian dasar yang merupakan tempat keseluruhan konstruksi rumah Anda bertumpu. Pada tahap ini, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang baik dengan ukuran yang tepat karena pondasi yang kuat adalah syarat rumah yang kuat.

25

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

TAHAP FRAMING
Pekerjaan Pemipaan pada Tahap Framing Seiring dengan pengerjaan kolom dan dinding, persiapkan juga pekerjaan pemipaan vertikal jika Anda memilih untuk menggunakan sistem pemipaan yang ditanam di dalam dinding. Pengerjaan pipa horizontal dapat dilakukan setelah tahap framing selesai karena pipa horizontal biasanya akan tertutup oleh plafon dan penutup lantai. Pipa-pipa vertikal yang mendistribusikan air bersih ke titik-titik keran ataupun menyalurkan air kotor ke septic tank dan sistem drainase biasanya dicor ke dalam kolom. Pipa-pipa yang ditanam pada kolom ini perlu perlindungan khusus untuk mencegah bocor ataupun kerusakan lain karena pengembangan dan penyusutan akibat perubahan suhu. Perlidungan pada pipa dilakukan dengan pemasangan selubung pipa baja. GREEN INFO Solusi Pencegahan Banjir dan Pemanfaatan Air Hujan Sumur Serapan

Sumur resapan adalah sarana untuk penampungan air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah. Sumur serapan berfungsi untuk membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah dan kembali ke siklus air yang semestinya sehingga tidak menggenang di permukaan dan menyebabkan banjir.

26

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) SNI No. 02-2453-1991 tentang Tata Cara Perencanaan Sumur Resapan Air Hujan untuk Lahan Pekarangan, persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah:

- Sumur resapan harus berada pada lahan yang datar, tidak pada tanah berlereng, curam, atau labil.

- Sumur resapan jauh dari tempat penimbunan sampah, jauh dari septic tank (minimum lima meter diukur dari tepi), dan berjarak minimum satu meter dari fondasi bangunan.

- Penggalian sumur resapan bisa sampai tanah berpasir atau maksimal dua meter di bawah permukaan air tanah.

 

- Kedalaman air tanah minimum 1,50 meter pada musim hujan. - Struktur tanah harus mempunyai permeabilitas tanah lebih besar atau sama dengan 2,0 cm/jam,

Sumur resapan dapat dibuat oleh tukang pembuat sumur gali berpengalaman. Dengan adanya sumur resapan, air hujan tidak terbuang percuma ke selokan lalu mengalir ke sungai. Air hujan yang jatuh di atap rumah sekalipun dapat dialirkan ke sumur resapan melalui talang.

Penampungan dan Pendaurulangan Air Hujan: Panen Hujan Panen hujan merupakan suatu cara menampung air pada musim hujan untuk dapat dipergunakan pada saat musim kemarau. Secara sederhana panen hujan dapat dilakukan dengan cara: memanen atau menampung air hujan dari atap rumah melalui talang ke dalam tempat penampungan yang dapat berupa: 1). Tank penampung air di atas permukaan, biasanya dipergunakan untuk menampung air dari atap bangunan 2). Tank penampung di bawah permukaan 3). Dam Air hujan yang ditampung dengan pemasangan pompa dapat dialirkan ke rumah dan halaman dan dipakai untuk keperluan menyiram tanaman, mencuci kendaraan dan toilet flushing. Karena air hujan biasanya berwarna agak kecoklatan, ada baiknya bila dipasang sistem penyaringan agar tidak menimbulkan noda pada perangkat saniter ataupun kendaraan

Framing Mudah dan Cepat dengan Bataton Sebagai alternatif pembangunan rumah beton dengan cara konvensional, Holcim menawarkan bataton; beton pre-cast yang dapat digunakan untuk membangun rumah dari rangka, dinding, pelat beton, hingga penutup atap secara lengkap dengan sistem pasang yang mudah dan cepat.Pembangunan rumah dengan bataton lebih cepat dari pembangunan dengan cara 27

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

konvensional karena semua material siapa pasang tanpa harus melalui proses pengecoran yang memakan waktu untuk proses pengeringan. Selain cepat, penggunaan bataton lebih murah karena proses konstruksi yang cepat mengurangi biaya konstruksi. Pembangunan dengan bataton juga ramah lingkungan karena tidak ada sampah konstruksi seperti bekisting. Terbuat dari bahan beton bermutu tinggi, rangkaian komponen konstruksi bataton terdiri dari: 1. Sistem rangka dan dinding Material yang digunakan adalah balok beton yang disebut bataton. Komponennya terdiri dari: - Bataton U Sebagai material sloof dan ringbalk, bataton U tersedia dalam ukuran 290 mm x 140 mm x 140 mm atau 140 m x 140 mm x 140 mm. Saat pembuatan sloof atau ringbalk, ceruk di dalam bataton diberi besi tulangan, kemudian dituangkan adukan beton, seperti pembuatan sloof pada umumnya. - Bataton kolom Sebagai material kolom, bataton kolom berukuran 290 mm x 290 mm x 140 mm. Material ini dipasang di sudut-sudut pertemua dinding sebagai tiang pemikul beban. Saat dipasang, material ini dijangkarkan ke pondasi dengan besi tulangan berdiameter 12 mm. Selanjutnya disusun bataton kolom ke atas dengan besi tulangan di dalamnya. Kemudian adukan beton dituangkan ke dalam rongga bataton kolom. - Bataton H Sebagai material dinding dan dinding penahan beban, bataton H tersedia dalam ukuran 290 mm x 140 mm x 140 mm dan 140 mm x 140 mm x 140 mm. Material ini sebagai pengganti batubata atau batako tradisional. Bataton H ini tinggal disusun seperti batubata biasa, direkatkan dengan spesi adukan semen, dan dipasang dengan sisi berlubang di bagian bawah. Di mana diperlukan kolom praktis-misalnya pada sudut pertemuan dinding dan setiap jarak 90 cm-rongga pada bataton H diberi besi tulangan, kemudian diisi dengan adukan beton. - Bataton roster Material ini berlubang di tengahnya dan berfungsi sebagai ventilasi udara berukuran 290 mm x 140 mm x 140 mm.

2. Sistem Pelat Lantai Sistem pelat lantai bataton terdiri dari balok beton bertulang dan ubin beton lengkung. Saat pembuatan dak lantai, balok-balok disusun berjajar dengan jarak 60 cm. Kemudian ubin beton lengkung ditempatkan di atas balok beton. Adukan beton lalu dituang untuk menyatukan material beton pracetak yang telah terpasang, setelah sebelumnya ditambahkan besi tulangan ke arah memanjang dan melintang. 28

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

3. Sistem Penutup atap Sistem penutup atap bataton berupa genteng berbahan micro concrete roofing (MCR), penutup atap ini berukuran lebih besar dibandingkan genteng biasa, yaitu 500 mm x 250 mm x 10 mm. Dengan ukuran yang besar ini, struktur rangka atap, baik rangka kayu atau baja ringan, terlebih dulu harus disesuaikan.

4. Sistem Kusen Pintu dan Kendela Terbuat dari beton pracetak dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan permintaan, kusen ini tinggal dipasang ke dinding dengan baut dynabolt. Sementara daun pintu dan daun jendelanya dapat terbuat dari kayu atau PVC. Kusen beton ini cocok diletakkan di daerah lembab karena tidak akan lapuk.

Kusen Kukuh Bingkai Pintu dan Jendela Selain sebagai bingkai tempat memasang pintu dan jendela, kusen juga berfungsi sebagai penahan dinding-dinding pada bagian atas dan sampingnya. Berdasarkan jenis bahannya, kusen dapat dibedakan menjadi: 1. Kusen kayu Kusen kayu dipasang bersamaan dengan pengerjaan dinding bata dan batako. Kusen kayu bisa dibuat di lokasi atau dibeli dalam bentuk siap pasang dari toko kusen. Kusen kayu dapat dibuat dengan berbagai model sesuai dengan kebutuhan dan dikombinasikan dengan jalusi di atasnya. 2. Kusen aluminium Kusen aluminium dipasang setelah bidang dinding terbentuk dan diplester agar kusen tidak rusak ataupun kotor karena kusen aluminium bersifat lebih rentan daripada kusen kayu. Berbeda dengan kusen kayu, kusen aluminium tidak perlu pengerjaan finishing seperti pendempulan dan penghalusan. 3. Kusen plastik dan fiber Kusen plastik dan fiber hanya digunakan di kamar mandi atau wc karena sifatnya yang tidak kuat namun tahan air. Seperti halnya kusen alumnium kusen plastik dan fiber dipasang setelah pekerjaan dinding selesai. 4. Kusen Beton Seperti halnya kusen aluminium dan plastik, kusen beton dibeli dalam bentuk siap pasang. Kusen ini cukup dipasangkan ke dinding dengan dynabolt. Karena terbuat dari beton, kusen ini cocok untuk daerah lembab karena tidak mudah lapuk.

29

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Selesai memasang kusen maka pintu, jendela, dan kunci beserta gagangnya pun dapat dipasang untuk mengamankan bangunan Anda.

Struktur Atap Ringan dan Kuat Atap sebagai puncak dan penutup atas rumah dapat dibuat dengan bermacam-macam bentuk, mulai dari bentuk pelana, perisai, ataupun bentuk kerucut sesuai dengan desain arsitektur rumah Anda. Apapun bentuk Atap rumah Anda, ada 3 bagian utama struktur atap yaitu kuda-kuda, rangka atap, dan penutup atap. Karena posisinya yang di atas, atap haruslah ringan agar tidak ambruk tapi juga kuat agar tidak mudah diterbangkan angin.

Kuda-kuda Langkah pertama membangun atap adalah pembangunan kuda-kuda dan rangka atap. Untuk bangunan rumah tinggal, jenis kuda-kuda dan rangka atap yang umumnya digunakan adalah: 1. Kuda-kuda kayu Kuda-kuda kayu terbuat dari balok-balok kayu tropis seperti kayu borneo, kayu jati, atau kayu ulin. Kuda-kuda yang terbuat dari kayu ringan, kuat, dan indah karena pada kayu dapat dibuat ukiran sehingga dapat diekspos untuk menambah ornamen pada rumah Anda. Tetapi karena harga kayu mahal dan sifat kayu yang bisa keropos bila terkena air dan rentan terhadap ancaman rayap, maka penggunaan kayu sebagai kerangka atap kini mulai ditinggalkan. 2. Kuda-kuda baja Kuda-kuda baja terbuat dari baja ringan atau baja lapis aluminium dan seng. Kuda-kuda dari baja sangat banyak digunakan sekarang karena harganya lebih murah dari kuda-kuda kayu, kuat, tidak rentan rayap, dan tahan karat hingga 25 tahun. Pengerjaan kuda-kuda baja lebih susah dari kayu karena memerlukan peralatan las dan bor untuk menyambungnya.

Genteng Setelah kuda-kuda dan rangka atap terpasang, atap dapat ditutup dengan kepingan-kepingan genteng. Genteng tersedia dalam berbagai macam bentuk, ukuran, bahan dan warna yang dapat disesuaikan dengan desain rumah Anda. Umumnya genteng yang digunakan untuk rumah tinggal terbuat dari tanah liat, tapi penggunaan genteng tanah liat dapat dikombinasikan dengan genteng kaca untuk memasukkan cahaya ke dalam rumah.

Rupa-rupa Dinding Walaupun sekilas terlihat sama, di dalam bangunan ada 2 jenis dinding, yang pertama adalah dinding struktur dan yang ke dua adalah dinding interior. Dinding struktur adalah dinding yang 30

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

bersifat permanen dan menjadi bagian dari struktur penopang bangunan, sedangkan dinding interior bisa bersifat permanen, tapi bisa juga bersifat non permanen seperti sekat atau partisi.Baik dinding struktur maupun dinding interior dapat dibangun dari berbagai pilihan bahan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan bahan dinding yang umumnya digunakan untuk rumah tinggal adalah: 1. Bata merah Bata merah terbuat dari tanah liat dan dibakar dengan suhu tinggi. Dinding bata merah dibuat dengan menyusun batu bata yang saling direkatkan dengan adukan semen. Dinding bata merah dapat ditutup dengan plester untuk pengerjaan pengecatan ataupun dapat dibiarkan terbuka untuk mengekspos warna dan tekstur bata tersebut. Dinding bata merah relatif anti bocor dan rembes. Dinding bata merah ini juga kuat dan tahan lama. Tetapi pengerjaan dinding bata merah ini memakan waktu yang cukup lama sehingga biayanya pun jadi relatif mahal. 2. Batako putih Batako putih terbuat dari campuran bahan tras, batu kapur, dan air yang di-press tanpa dibakar menjadi kotak-kotak dengan lubang-lubang pada sisinya. Pengerjaan dinding dengan batako putih relatif cepat, tapi karena terbuat dari bahan kapur yang rapuh dan menyerap air, dinding batako putih cenderung mudah retak dan lembab. 3. Batako semen PC Sama halnya dengan batako putih, batako semen juga di-press tanpa dibakar, hanya saja batako ini terbuat dari bahan semen. Batako semen harganya relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan batako putih, tapi juga lebih kuat dan kedap air. 4. Beton Dinding beton yang sering dipakai untuk dinding rumah tinggal adalah beton pre-cast tersedia dalam bentuk siap pasang seperti batu bata. Beton pre-cast ini pemasangannya mudah dan cepat, permukaannya pun halus dan rapih sehingga tidak perlu di plester.

Selain material dinding di atas, masih ada banyak jenis material dinding yang bersifat semi permanen dan sering digunakan untuk dinding interior. Beberapa di antaranya: 1. Papan fiber semen Papan fiber semen terbuat dari campuran serat fiberglass dan semen yang dicetak berbentuk lembaran-lembaran papan. Papan fiber semen ini ringan, mudah diangkat, dipotong, dan dilem. Berbeda dengan bata merah dan batako, papan fiber semen tidak dipasang dengan adukan semen melainkan dipaku dan disekrup sehingga pengerjaannya praktis dan cepat, terlebih lagi

31

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

dinding yang dibuat dengan papan fiber semen dapat langsung dicat tanpa diplester terlebih dahulu. 2. Gypsum Board Bahan dasar gypsum board adalah kapur. Gypsum board tersedia dalam bentuk lembaran dengan ukuran 120×240cm dan ketebalan 9,10,12, dan 15 mm. Agar dapat berdiri sebagai dinding, gypsum board dipasangkan pada rangka kayu ataupun rangka partisi berbahan dasar metal dan besi ringan. Dinding gypsum board permukaannya halus dan rata sehingga dapat langsung difinishing dengan cat atau wallpaper. 3. Composit Panel Composit panel terbuat dari beberapa lapis plastik pada bagian inti dan lapisan aluminium pada bagian luar. Material dinding ini bersifat fleksibel sehingga dapat dibentuk melengkung ataupun menyiku tanpa pecah. 4. Bambu Dinding anyaman bambu sering dipakai untuk menciptakan kesan tradisional. Jenis bambu yang sering dipakai untuk material dinding adalah bambu hitam atau bambu tali. Walaupun murah, mudah dipasang, dan mempunyai nilai estetis tersendiri, perlu diingat bahwa dinding bambu mudah terbakar dan mudah terserang hama bubuk.

Kerangka Rumah Beton Setelah pondasi berdiri, langkah selanjutnya dalah membangun rangka rumah. Komponen rangka rumah terdiri dari: 1). Sloof Sloof adalah beton bertulang yang berfungsi untuk mengikat struktur rumah dengan pondasi dan meratakan beban rumah di atas pondasi. Sloof terletak secara horizontal di atas pondasi. Panjang sloof sepanjang pondasi. 2). Kolom Kolom adalah tiang-tiang beton yang menjadi struktur utama bangunan. Kolom beserta ring balk saling mengikat menjadi sistem rangka bangunan, mengikat dinding dan menyalurkan beban bangunan ke pondasi. Kolom terletak pada pertemuan dinding dan sudut-sudut bangunan. 3). Ring balk Ring balk adalah beton bertulang yang terletak horizontal di atas dinding. Ring balk akan memikul beban atap rumah dan menyalurkannya ke kolom. 4). Dak Beton

32

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Dak beton adalah pelat beton yang terletak di atas dinding. Pada bangunan berlantai 2, dak beton ini akan berfungsi sebagai lantai 2, sedangkan pada bangunan 1 lantai, pelat beton ini berfungsi sebagai atap. 5). Balok Balok adalah beton bertulang yang menjadi struktur bagian atas dengan fungsi sebagai dudukan dak beton dan pengikat kolom lantai atas. Balok ini akan menjadi tumpuan semua beban yang ada di lantai 2. Semua elemen rangka ini terbuat dari beton bertulang sehingga pengerjaan pembangunan rangka ini disebut pekerjaan beton bertulang. Beton bertulang terdiri rangka besi yang dicor dengan adukan beton. Adukan beton terdiri dari campuran semen, pasir, dan batu. Adukan beton bisa dibuat di lokasi dengan molen atau bisa juga dibuat di pabrik. Adukan beton buatan pabrik yang biasanya disebut ready mix ini lebih baik karena adukan bisa didapat dalam jangka waktu singkat dengan mutu adukan yang terukur dengan baik dan konsisten. Ready mix ditransportasikan dari pabrik ke lokasi dengan truk beton. Truk-truk beton ini seringkali terlalu besar untuk menjangkau lokasi pembangunan rumah tinggal di jalan-jalan kecil. Untuk mengatasi hal ini Holcim menyediakan MiniMix; truk pengaduk dan pengantar beton berukuran kecil yang dapat menjangkau hingga ke gang-gang kecil. MiniMix ideal untuk pembangunan rumah Anda karena adukan betonnya berkualitas tinggi dengan bahan semen Holcim dan dapat dipesan dalam jumlah kecil sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tahap 5: Framing

Tahap framing mungkin merupakan tahap yang paling yang paling menyenangkan. Setelah menyaksikan semua perkerjaan persiapan dan pekerjaan pondasi yang terlihat seperti mengobrak-abrik lahan tanpa hasil, pada tahap ini rumah Anda mulai menampakkan wujudnya. Dalam proses framing, perlahan-lahan rumah Anda tumbuh. Pertama-tama Anda akan melihat kerangka rumah terbentuk, lalu kerangka tersebut akan terisi dinding-dinding, dan dilindungi oleh atap. Pada tahap ini pun Anda dapat masuk ke dalam bangunan, melihat satu per satu ruangan dibangun dan di sekat. Anda dapat berjalan dari satu ruangan ke ruangan lainnya, membayangkan bagaimana Anda akan mengisi dan beraktifitas di dalamnya.

33

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

TAHAP INSTALASI
Jaringan Listrik dan Pencahayaan Loteng Mengatur Kabel Loteng Setelah Renovasi Setelah proses renovasi rumah berakhir, tentunya akan ada kebutuhan listrik baru yang mengikuti perkembangan kebutuhan ruang. Distribusi aliran listrik dari kabel loteng kadang terluput dari daftar pekerjaan renovasi. Hal ini sederhana tetapi akan menjadi cukup vital dan merepotkan apabila tidak segera dibereskan. Prinsip sederhana instalasi listrik. Listrik akan menyala hanya apabila rangkaian yang dipasang termasuk rangkaian tertutup. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam merencanakan jaringan listrik di loteng. 1. Membuat sirkuit yang terpisah antara lantai bawah dan lantai atas. Pemisahan ini bertujuan untuk memudahkan perawatan dan pengecekan, terutama ketika terjadi kerusakan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penambahan jumlah sekering yang dipasang untuk menjaga perabotan elektronik jika terjadi korsleting. Sirkuit juga perlu dipasang paralel agar tidak mati lampu semua secara serentak lantai atas dan bawah. 2. Merencanakan jaringan listrik loteng, terutama dalam penempatannya. Penempatan yang dimaksud adalah dalam hal posisi titik lampu, arah hadap lampu, dan posisi benda-benda elektronik. Sesuaikan dengan kebutuhan ruang Anda. Tandai bagian-bagian mana yang memerlukan stop kontak atau titik lampu, sehingga nantinya tidak diperlukan terlalu banyak penambahan kabel saat aliran listrik sudah beroperasi. Misalnya, di kamar mandi lantai dua, berikan stop kontak yang cukup untuk kebutuhan pemanas air, alat pengering rambut, maupun alat pencukur rambut. 3. Menggunakan kabel yang memiliki lapisan pelindung untuk keamanan, terutama untuk kabel ekspos (tidak ditanam pada bagian dalam dinding). Serba-serbi Pencahayaan Loteng 1. Setelah permasalahan jaringan listrik beres, selanjutnya kita melangkah menuju desain pencahayaan. Pencahayaan harus sesuai dengan kebutuhan ruangan maupun sasaran estetika. Sama halnya dengan di lantai bawah, lampu di loteng juga harus dapat menerangi bagian ruangan secara jelas, terutama pada jalur tangga yang menjadi akses per lantai. Pada bagian ini, selain harus cukup terang untuk alasan keselamatan, juga merupakan elemen interior yang penting dan dapat dieskspos secara estetika. 2. Sebuah lampu dapat dihubungkan dengan dua saklar, yaitu antara saklar di lantai bawah dengan saklar di lantai atas. Hal ini ditujukan sebagai kemudahan dan efisiensi energi, 34

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

supaya ketika Anda berjalan dari lantai bawah ke atas, tidak perlu turun lagi untuk mematikan lampu yang tidak terpakai, maupun sebaliknya. Dengan kecanggihan sistem saat ini, nyala dan matinya lampu pun dapat dikendalikan dengan remote control dalam sebuah sistem integrasi (yang biasanya terhubung pula dengan sistem keamanan). Jenis-jenis Posisi Lampu Seperti yang telah kami singgung bahwa posisi lampu harus diperhatikan, maka berikut ini akan kami bahas mengenai jenis-jenis posisi lampu tersebut. Ada tujuh jenis posisi lampu yang dapat diterapkan dalam desain pencahayaan di loteng Anda yang baru. 1. Lampu langit-langit Jenis lampu ini disebut juga ceiling light yang diletakkan pada plafon rumah. Cahaya yang dihasilkan bersifat ambient atau memberikan nuansa secara merata atay keseluruhan. Untuk mendapatkan cahaya lampu langit-langit yang lembut pilihlah lampu yang dapat mengarah ke atas, supaya dibiaskan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan cahaya lampu langit-langit yang lebih kuat, pilihlah lampu yang menghadap langsung ke arah bawah

2. Lampu gantung Jenis lampu ini merupakan sumber cahaya yang paling baik ke seluruh penjuru ruangan. Apabila loteng baru rumah Anda tidak terlalu luas, Anda dapat menggunakan lampu gantung untuk efisiensi energi. Hal ini juga disebabkan tingkat fleksibilitasnya, yaitu ketinggian yang dapat diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan.

35

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

3. Lampu standing dan lampu meja Jenis lampu ini hanya menerangi sedikit area di sekitar lampu. Lampu standing dan meja pun dapat dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan. Dibandingkan dengan penanaman titik saklar, perangkat lampu ini lebih cocok untuk diposisikan sebagai letak stop kontak. 4. Lampu strip Jenis lampu ini dipakai pada bagian yang membutuhkan cahaya terang secara lebih merata namun tidak terlalu kuat, misalnya pada kamar mandi. Pemasangan posisi lampu tersebut biasanya secara tidak langsung, yaitu di belakang permukaan kaca, yang bersifat sebagai screen atau penghalang. 5. Lampu downlight dan wallwasher Jenis lampu ini merupakan kebutuhan yang masih sama dengan pencahayaan di lantai bawah, yaitu dipasang di plafon dan bagian dinding. Jenis lampu ini bersifat lebih terang daripada lampu langit-langit.

36

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

6. Lampu sorot Jenis lampu ini memiliki penyebaran cahaya yang terbatas. Digunakan untuk aksen sebagai pendukung satu bagian atau elemen interior yang ingin ditonjolkan. Lampu sorot dapat juga diposisikan menjadi jenis downlight maupun uplight. 7. Lampu uplight Jenis lampu ini efektif untuk ditempatkan pada bagian tangga atau dan railing. Lampu jenis ini merupakan sumber lampu aksen yang baik.

Instalasi Sistem Keamanan: Sistem Deteksi Kebakaran dan Security

Untuk mengamankan rumah dari berbagai risiko seperti perampokan, pencurian, ataupun kebakaran, ada beberapa sistem pengamanan yang dapat dipasang di rumah Anda. Beberapa diantaranya: 1). Residential Sprinklers 37

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Seperti sprinklers di sebagian besar bangunan komersial, sprinkles di rumah berguna untuk mendeteksi dan memadamkan kebakaran. Sebagai perangkat keselamatan hidup, perumahan api sprinklers dirancang untuk bereaksi lebih cepat dan memerlukan lebih sedikit air daripada sprinklers di tempat komersial. Setiap alat penyiram beroperasi secara independen, sehingga ruangan di daerah yang terkena dampak yang akan disiram. Persediaan air Sprinklers memerlukan sumber air, baik dari PAM atau tangki dengan pompa dengan kapasitas minimal 100. Desain yang tepat Konsultasikan dengan teknisi dan penyedia sprinkler untuk menyediakan sistem instalasi yang tepat dan sesuai dengan struktur rumah Anda. 2). Sistem Alarm Sistem Alarm yang dipasang di rumah dapat bekerja dengan 2 cara, yang pertama adalah yang mengeluarkan bunyi-bunyian kencang dan ada pula yang langsung mengirimkan pesan ke satuan keamanan yang menyediakan sistem alarm tersebut. Walaupun perangkat alarmnya sendiri baru akan dipasang setelah tahap finishing selesai, tapi biasanya pada tahap instalasi Anda sudah harus mulai menghubungi pihak penyedia alarm ini untuk menyediakan saluran dan instalasi yang diperlukan agar tidak terjadi pembongkaran dan pembobokan pada saat pemasangan.

Instalasi Bersinyal: Telepon, Data, Antena, dan TV Kabel

Selain instalasi dasar seperti titik lampu, daya dan pemipaan, seiring dengan perkembangan teknologi dan aktivitas, makin banyak jenis instalasi yang perlu dipasang di bangunan Anda. Mulai dari instalasi yang menunjang komunikasi seperti instalasi telepon dan internet sampai instalasi untuk keperluan hiburan seperti instalasi Antena dan TV kabel. 38

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Bila tidak direncanakan dengan baik berbagai instalasi ini akan saling tumpang tindih dan saling mengganggu satu sama lain, belum lagi keberadaaan berbagai macam kabel yang berseliweran di dinding akan merusak penampilan rumah Anda. Untuk itu ada baiknya jika dari awal Anda sudah merencanakan dengan baik semua ruangan sehingga instalasi Anda dapat disesuaikan per ruang dan diintgrasikan dengan baik secara keseluruhan.

Instalasi Telepon dan Data Instalasi telepon terbagi menjadi intalasi luar dan instalasi dalam; instalasi luar menjadi tanggung jawab pihak penyedia jasa telekomunikasi sedangkan instalasi dalam menjadi tanggung jawab Anda. Bila Anda sudah menentukan titik-titik di dalam ruangan yang akan dipasang pesawat telepon, instalasi telepon seperti halnya instalasi listrik dapat ditanam di dinding dan plafon. Sama seperti instalasi listrik, sebelum ditanam kabel telepon harus dibungkus dengan pipa PVC. Karena aliran listrik pada instalasi listrik Anda dapat mengganggu sinyal telepon sebaiknya kabel listrik dan kabel telepon dibungkus dalam 2 pipa PVC yang berbeda dan tidak dipasang berdekatan. Dengan sistem penanaman ini jack telepon Anda dapat dijajarkan rapi di dinding seperti sakelar dan stop kontak. Jika Anda menggunakan sistem internet kabel seperti layanan internet fiber optic, instalasinya juga dapat dirapikan seperti halnya kabel telepon hanya saja spesifikasi teknisnya harus disesuaikan dengan ketentuan dan kebutuhan teknologi dari pihak penyedia layanan.

Instalasi Hiburan Sistem hiburan di rumah sudah sangat berkembang, mulai dari TV, DVD, hingga Cable TV serta berbagai sistem tata suara. Semua komponen itu terhubung dengan berbagai kabel satu sama lainnya. Semua instalasi tersebut sudah dapat diintegrasikan dan ditanam panel dinding agar tidak menggangu penampilan rumah Anda, jadi ada baiknya bila Anda merencanakan dan menyiapkan tempat instalasinya bersama teknisi dari awal walaupun semua perangkat tersebut baru akan dipasang setelah tahap finishing selesai.

39

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Instalasi Listrik Aman dan Efisien

Dalam proses pembangunan pemasangan instalasi listrik sering dilakukan pada saat pengerjaan finishing, padahal pengerjaan listrik sebaikya dilakukan sebelum plafon ditutup dan dinding diplester agar semua instalasi tertanam dengan rapi tanpa pembobokan ataupun pembongkaran.

Titik Lampu dan Stop Kontak Pada dasarnya instalasi listrik dapat dibedakan menjadi 2, yaitu: 1. Instalasi titik lampu Instalasi ini adalah instalasi yang memberi daya pada titik-titik penerangan baik didalam maupun di luar rumah. 2. Intalasi daya Instalasi ini digunakan untuk menyalurkan daya pada titik-titik stop kontak yang akan menjadi tempat semua peralatan elektronik di dalam maupun di luar rumah mendapatkan dayanya. Sesuai dengan pola aktifitas Anda di dalam ruangan, biasanya kebutuhan jumlah dan posisi Lampu dan stop kontak berbeda antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Rencanakan dengan baik jumlah dan posisi titik lampu dan stop kontak dengan arsitek Anda.

Panel Sekring Sebagai langkah pengamanan dalam instalasi listrik juga dipasang pemutus aliran listrik (biasa disebut sekring) yang akan secara otomatis memutuskan aliran listrik bila terjadi hubungan pendek (korslet) ataupun kenaikan suhu hingga batas tertentu. Pemasangan pemutus aliran biasanya dikelompokkan per lantai, ataupun sesuai dengan fungsi dan item peralatan elektronik misalnya kelompok lampu, kelompok AC dan pompa air. Pembagian ini dilakukan untuk memudahkan mencari kelompok instalasi yang rusak, dan agar kondisi rumah tidak lumpuh total 40

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

saat ada sebagian instalasi yang rusak. Untuk memudahkan pengecekan dan perbaikan semua sekring biasanya dipasang pada satu panel berbahan plastik atau pelat besi yang sering disebut panel sekring atau MCB.

Pelindung Kabel Agar terlindung dari air dan kelembaban yang dapat menyebabkan hubungan pendek pada kabelkabel listrik, sebaiknya semua kabel-kabel instalasi Anda di bungkus dengan pipa PVC (ukuran 0,5 inci) dan ditanam dengan rapi di dinding atau plafon.

Penyambungan Daya Ke PLN Untuk mendapatkan daya listrik yang akan digunakan di rumah Anda, perlu dilakukan penyambungan daya ke PLN. Dari PLN Anda akan mendapatkan sambungan ke tiang-tiang listrik di lingkungan Anda dan juga meteran listrik yang akan mencatat penggunaan listrik. Sambungan listrik ke rumah tinggal yang disediakan oleh PLN biasanya dalam voltase 220 dengan pilihan daya 400 watt, 900 watt, 1300 watt, atau 2500 watt. Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pemipaan Air Lanjutan Bila Anda memilih untuk menggunakan sistem pemipaan di luar dinding atau sistem pemipaan dengan shaft. Sistem pemipaan dengan shaft sebenarnya sama dengan sistem pemipaan di luar dinding, hanya saja pipa-pipa yang terletak di luar dinding ini dibungkus dengan kotak yang diberi lubang untuk pemeriksaan. Seperti pengerjaan pipa pada tahap pondasi, pengerjaan pipa pada tahap instalasi ini juga mencakup pekerjaan pipa air bersih dan air limbah. Hanya saja bila pada tahap pondasi yang dipasang adalah pipa dari sumber air ke dalam rumah dan pipa dari dalam rumah ke saluran drainase dan septic tank, maka pada tahap ini yang dipasang adalah pipa dari titik-titik keran dan sanitair ke jalur pipa yang dipasang pada tahap pondasi.

Jenis-jenis Pipa Agar air dapat mengalir dengan baik dan kualitasnya terjaga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pipa, seperti: -Permukaan pipa harus halus -Tahan karat dan panas -Tidak mengeluarkan zat yang meracuni air bersih dan tidak bereaksi terhadap air limbah Berdasarkan materialnya jenis-jenis pipa adalah: 41

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

1. Pipa Besi Cor Pipa besi cor digunakan untuk air dingin dan air limbah. Pipa besi cor yang digunakan untuk air limbah dilengkapi cicin karet pada sambungannya. 2. Pipa Baja Pipa baja cocok digunakan untuk air dingin, air panas dan air limbah. Khusus untuk air dingin dan air limbah pipa baja yang digunakan adalah pipa yang di bagian dalamnya dilapisi dengan PVC dan di bagian luarnya dilapisi dengan cat pelindung. 3. Pipa PVC Pipa PVC hanya dapat digunakan untuk air dingin saja. Pipa PVC tersedia dalam warna abu-abu yang lebih tahan terhadap lumut namun mudah bengkok oleh panas matahari, dan warna putih yang lebih tahan terhadap sinar uv tetapi mudah terserang lumut.

Pipa Air Dingin dan Air Panas Sistem pipa air bersih di dalam rumah terdiri dari pipa air dingin dan air panas. Kedua pipa ini bisa dipisah ataupun digabung. Pipa yang digunakan untuk air dingin biasanya adalah pipa PVC, sedangkan untuk air panas ataupun gabungan air dingin dan air panas dapat digunakan pipa berbahan Poly Ethylene.

Sambungan Agar pipa dapat menjangkau berbagai bagian dan sudut-sudut di dalam rumah, pipa dapat disambung dengan berbagai jenis sambungan sesuai dengan kebutuhan. Karena ada berbagai jenis sambungan yang dilakukan, penyambung pipa tersedia dalam bentuk T, L, dan I. Untuk kekuatan sambungan yang maksimal pastikan permukaan pipa yang akan disambung benar-benar kering dan bersih dan gunakan seal tape.

Tahap 6: Instalasi Setelah rumah terbentuk, kini saatnya para ahli dan teknisi datang untuk memasangkan berbagai macam instalasi yang akan menjadi “mesin” penggerak rumah Anda. Pipa-pipa saluran air bersih, air kotor, dan jaringan listrik adalah beberapa pengerjaan instalasi dasar yang akan dipasangkan pada bangunan Anda pada tahap ini. Selain instalasi dasar listrik dan air, pada tahap instalasi ini berbagai saluran untuk perangkat elektronik Anda juga sudah dipersiapkan. Lubang-lubang untuk pemasangan AC, titik-titik lampu, panel-panel kontrol untuk perangkat telepon, internet, ataupun sistem pengamanan dan entertainment pun satu per satu dipersiapkan walaupun perangkatnya sendiri baru akan di pasang kemudian. 42

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Tahap ini terlihat rumit dan memang harus dikerjakan dengan teliti karena akan sangat berpengaruh pada aktifitas Anda nanti. Pastikan semuanya terkoordinasi dengan baik agar tidak tumpang tindih dan terhindar dari terjadinya bongkar-pasang di kemudian hari.

43

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

TAHAP INTERIOR
Optimalisasi Jalusi sebagai Pengganti Exhaust Fan Siapa sih yang tidak menginginkan suasana yang segar dan adem di dalam huniannya? Pastilah tidak seorangpun mau berpanas-panas di siang hari, terutama di dalam rumahnya sendiri. Alasan ini yang menyebabkan pemakaian barang elektronik seperti kipas angin dan AC (baca: air conditioner) terus-menerus dinyalakan terutama di siang hari. Tekan tombol ON, panas pun hilang. Padahal, penghawaan yang baik pada sebuah hunian dapat diusahakan untu memperoleh suasana yang segar dan adem dalam rumah. Secara ventilasi silang, kita dapat memaksimalkan potensi tropis di Indonesia yang banyak angin, untuk menambah kualitas penghawaan di dalam rumah. Dengan memasukkan udara luar yang berhembus lewat banyak bukaan, sebuah rumah dapat terasa adem dan segar karena sirkulasi yang baik.

Jalusi atau bovenlich sebagai fungsi ventilasi Jalusi atau bovenlich adalah salah satu dari contoh bukaan yang memungkinkan masuknya udara ke dalam rumah. Jalusi sering didapati pada bagian atas sebuah pintu atau jendela rumah. Fungsi jalusi yang terutama memang sebagai ventilasi, sehingga tidak jarang ditemui jalusi pada bagian kamar mandi, toilet, dapur, maupun tempat-tempat lain yang membutuhkan pertukaran udara.

44

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Memang benar, apabila sebuah ruangan di dalam rumah tertutup dan tanpa penghawaan, dapat menjadi ruangan yang pengap atau bahkan lembap. Hal ini tentu saja mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan si penghuni rumah. Untuk itu, apabila tidak terdapat jalusi du sebuah ruangan, biasanya dipasang exhausvan untuk membantu pertukaran udara pada bagian rumah tersebut.

45

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Model jalusi yang lama terkesan “kuno” sehingga sudah jarang dipakai lagi Namun sayangnya, di masa sekarang, penerapan jalusi hanya sebagai kebiasaan. Seiring dengan perkembangan arsitektur dan interior di Indonesia, permintaan akan nuansa moderen dan minimalis semakin banyak diminati oleh pengembang maupun pemilik rumah. Pemahaman ini menggeser fungsi pemakaian jalusi yang pada awalnya berupa sirip-sirip kayu, berubah menjadi sebidang kaca datar yang terpatri dan kontan menghilangkan fungsi ventilasinya, hanya demi menghilangkan kesan kuno yang sudah ketinggalan zaman. Kusen kaca di atas pintu, di mana seharusnya dapat dibuka, kini seringkali hanya berupa jendela kaca mati untuk masuknya cahaya. Dengan pertimbangan menghindari nyamuk, istilah jalusi telah bergeser dan hanya berfungsi sebagai ornamen pelengkap daun pintu di sebuah rumah. Hal tersebut membuat pemakaian jalusi yang terkesan monoton menjadi kurang efektif dan mulai banyak ditinggalkan.

Jalusi masa kini tergantikan oleh karawang dan teknik baru penyusunan material bata Dari eksplorasi material yang dilakukan oleh beberapa arsitek tanah air seperti Adi Purnomo dan Andra Matin, didapati bahwa permukaan dinding dapat terintegrasi dengan bukaan dan ventilasi ketika penyusunan materialnya dipikirkan dengan baik. Material-material yang digunakan tetap 46

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

dapat berupa material bata yang disusun secara zigzag atau disusun miring, untuk memungkinkan terjadinya rongga udara. Demikian pula keberadaan karawang sebagai dinding rooster, dapat menjadi contoh integrasi antara dalam dan luar bangunan. Kedua teknik ini dapat menghadirkan sirkulasi dan ventilasi udara karena prinsip penyusunannya memungkinkan ruangan “bernapas”. Dengan pernapasan yang lancar, yaitu dari seluruh bagian dinding rumah, pastilah ruangan menjadi lebih segar dibandingkan hanya menggunakan sistem jalusi setempat. Kelebihan dari teknik penyusunan bata dan pemasangan karawang ini adalah memperlancar sirkulasi udara. Ruangan juga tidak lagi pengap karena permukaan dinding seakan “bernapas” untuk menyalurkan panas dan udara dari luar ke dalam atau sebaliknya. Kedua prinsip baru yang diadaptasi oleh sistem jalusi ini pun masih dapat memungkinkan penghuni melihat view keluar, yaitu dari antara rongga-rongga yang dibentuk di antara tiap bata, maupun rongga pada setiap unit karawang. Sebaliknya, teknik ini memiliki kekurangannya, yaitu membuka kemungkinan keluar masuknya nyamuk dari luar. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan cara seperti pada permasalahan jalusi, yaitu dipasang lapisan kassa nyamuk pada rongga dinding untuk menahan serangan nyamuk. (AA)

Pemanfaatan Barang Lama Adakalanya keterbatasan memberikan ruang bagi lahirnya sebuah kreativitas. Seperti pada penggunaan kembali barang-barang yang telah tak terpakai dalam rumah tinggal, sebuah kreativitas dapat menuntun kita untuk memanfaatkan barang-barang tersebut sebagai fungsi yang baru. Dalam prinsip daur ulang, selain dikenal istilah recycle atau daur ulang, juga dikenal istilah reuse. Prinsip reuse ini berarti menggunakan kembali barang yang sudah pernah dipakai untuk kebutuhan atau fungsi yang lain. Dengan tidak memproduksi barang baru, prinsip reuse ini memberikan kontribusi bagi lingkungan dengan menghemat energi yang diperlukan untuk memproduksi barang-barang. Reuse dalam sebuah hunian dapat berupa pemakaian kembali material konstruksi, seperti pecahan batako, maupun penggunaan komponen arsitektural seperti pintu, kusen, dan sebagainya.

Barang usang, dibuang sayang Keistimewaan dari prinsip reuse terhadap barang-barang lama tersebut adalah dapat menciptakan keunikan yang khas. Selain itu, dengan prinsip reuse, sejumlah barang lama yang

47

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

tadinya menumpuk atau siap untuk diloakkan, dapat dipergunakan kembali sehingga menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Sayangnya, kebanyakan barang yang merupakan hasil pembongkaran dari konstruksi lama, seperti kusen pintu, daun jendela, dan pecahan bata memiliki kerapuhan dan permukaannya sudah tidak sempurna. Kelemahan ini dapat disiasati dengan cara memperbaiki bagian tersebut, dan mengecat ulang dengan warna yang berbeda plus finishing anti-lapuk. Uniknya, justru semakin usang sebuah barang, nilai historis dan memorinya makin terasa seiring dengan makin nyatanya guratan-guratan tekstur pada permukaan material. Contoh yang paling terlihat adalah pada lemari kayu jati reuse, yang justru semakin terasa kokoh dan kental nuansa etniknya apabila dibandingkan dengan lemari kayu jati yang baru saja seminggu lalu dibeli.

Barang antik yang membuat rumah makin apik Dalam hunian, sentuhan gaya yang dihasilkan oleh penggunaan kembali barang bekas tersebut adalah etnik dan vintage. Biasanya bagi mereka yang memiliki hobi untuk menyimpan barangbarang tersebut tidak terpikir cara untuk mengolah kembali barang yang dikoleksinya. Bahwasanya tidak semua orang memiliki kegemaran berburu barang antik, kita tetap masih dapat berkreasi untuk menciptakan nuansa etnik dan vintage di dalam rumah. Tanpa membeli barang baru, kita dapat mulai mengeksplorasi barang-barang tempo doeloe milik kita, maupun peninggalan-peninggalan masa kecil yang masih disimpan, karena belum sempat “diwariskan” atau masih menganggur di gudang penyimpanan karena telanjur out-of date.

Benda apa saja sebenarnya dapat Anda pakai kembali untuk tempat penyimpanan. Pilihlah barang yang memiliki material alam, terutama terbuat dari kayu, rotan, atau bamboo, yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

• Suitcase display box Benda itu bisa saja sebuah suitcase ( tas kopor) coklat berbahan kulit yang semenjak dahulu menjadi benda wajib kakek atau ayah Anda saat berlibur. Bersihkan permukaan luarnya dengan kain dan air hangat. Usap suitcase dengan kain lap bersih dan keringkan dengan cara dianginangin. Tempatkan suitcase pada posisi terbuka, tutupilah bagian dalamnya dengan gumpalan kain halus, misalnya kain serat tile berwarna gelap atau satin. Pajang benda-benda favorit atau pernakpernik koleksi Anda di dalamnya. Letakkan suitcase di meja pada sudut ruang tamu atau pada tempat yang menjadi fokal point, dan Anda telah menghasilkan sebuah fungsi display box dengan sentuhan nuansa vintage.

48

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

• Keranjang rotan yang banyak dijual (modifikasi dengan kain kanvas) Apabila Anda bukanlah orang yang suka bepergian dan traveling tidak mencerminkan ciri khas keluarga Anda, barangkali perabot reuse yang lebih sesuai untuk hunian Anda adalah sebuah keranjang rotan. Pada dasarnya, keranjang rotan memang merupakan tempat penyimpanan, dan bersifat lebih santai/ casual. Keranjang rotan juga mulai banyak dijual di pasaran dengan berbagai modifikasi, yang tentu saja menaikkan harga jualnya. Anda dapat menciptakan keranjang rotan sendiri yang sesuai dengan nuansa hunian. Pilih kain kanvas yang warnanya serasi dengan nuansa ruang keluarga untuk menutup bagian dalam keranjang. Jahit atau beri perekat pada bagian pinggirnya sehingga menyatu seperti sarung bantal yang dapat diganti-ganti untuk dicuci. Cara lain adalah dengan mengaplikasikan warna pada keranjang tersebut, atau memperbaharui warna rotannya dengan cat warna transparan. Kemudian, untuk penyusunannya, keranjang rotan dapat disusun bertumpuk secara vertikal, maupun secara berjajar. Dengan hanya sedikit usaha, keranjang-keranjang rotan tersebut berhasil Anda fungsikan sebagai rak-rak santai penyimpan buku-buku dan mainan koleksi anak Anda, sekaligus penambah estetika ruangan.

• Tangga kayu berbentuk A Jika Anda memiliki sebuah tangga kayu pendek serbaguna di rumah, mungkin itu berarti Anda telah melihat fungsi ganda dalam sebuah barang. Biasanya tangga berbentuk A juga digunakan untuk tempat duduk pada meja dapur atau meja bar di ruang makan, karena ketinggiannya yang tidak melebihi sebatas dada orang dewasa yang sedang berdiri. Kita dapat menambahkan sebuah fungsi lagi untuknya yaitu rak penyimpan benda koleksi, terutama pada saat tangga tidak tepakai. Pasang bidang tipis seluas jarak kosong antar anak tangga, dapat berupa tripleks atau karton tebal 3mm yang dilapisi dengan wallpaper. Rekatkan dengan lem temporer. Jadilah rak pajangan unik untuk pengisi kekosongan di ruang tengah maupun ruang makan Anda. Jadi, jangan segan atau bahkan menggerutu apabila barang-barang jadul (baca: jaman dulu) masih banyak ditemui di dalam rumah Anda saat ini. Berbanggalah, karena siapa tahu itu yang menjadi modal utama bagi Anda ketika ingin merenovasi atau menata ulang hunian Anda. (AA)

Jendela sebagai Bukaan Rumah Dewasa ini, kita semakin sering menjumpai produk-produk modern yang dipakai seiring dengan kebutuhan untuk serba cepat dan serba praktis. Hal tersebut pun dijumpai pada bangunan rumah tinggal di Indonesia, tempat kita berada. Berlangsungnya semua proses, baik itu pembangunan hingga pemasangan material seakan menuntut kecepatan maksimalnya. Proses pemilihan

49

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

material pun seringkali terkesan grasa-grusu agar segera dapat mencapai target waktu dan biaya tanpa memperhatikan dampaknya lebih lanjut. Apalagi dengan mengusung konsep minimalis di sana-sini, yang dianggap paling penting adalah fokus terhadap gaya dan suasana hunian persis seperti yang diinginkan. Material-material yang cepat pasang (quick-fix) menjadi semakin diminati konsumen di tanah air, tak terkecuali kita sebagai pihak pemilik rumah. Pemilihan material didasarkan pada segi kemudahannya saja, misalnya kaca bentang lebar maupun material-material baja.

“Quick-fix” is quick but not so fixed Namun tidak semua material yang siap pakai tersebut telah ramah lingkungan. Kaca, misalnya, ternyata kurang tepat digunakan di daerah tropis seperti di Indonesia. Hal ini dikarenakan permukaan bidang material tersebut dapat menyerap hingga 80% dari panas matahari. Tentu saja keadaan yang demikian menyebabkan efek yang negatif terhadap lingkungan, termasuk efeknya terhadap penghuni. Sirkulasi hawa di dalam rumah bisa jadi terasa panas akibat pemakaian kaca yang berlebihan. Kalau sudah demikian, solusi yang diambil adalah yang tercepat, dan seringkali bukan yang terbaik. Contohnya, apabila udara panas di dalam rumah. Alih-alih membenahi sistem sirkulasi, bukaan, dan tata ruang dalam hunian, pendingin ruangan atau AC (baca: air conditioner) selalu terpilih menjadi solusi karena dianggap menjawab persoalan lebih cepat dan tepat sasaran. Sudah benarkah pilihan kita? Untuk mengupas hal tersebut lebih lanjut, kami mencoba memperkenalkan beberapa prinsip yang dapat membuka wawasan Anda.

Mengenal prinsip ”transparan” Seringkali yang terbersit dalam pikiran adalah sesuatu bidang permukaan yang tembus pandang. Ketika dikaitkan dengan bangunan, material yang terlintas adalah kaca. Gambaran selanjutnya yang terpikirkan adalah bentuk jendela. Namun apakah sesempit itukah prinsip transparan? Transparan dalam istilah arsitektur adalah tingkatan kualitas material atau materiality yang masih dapat dilewati cahaya masuk dan memungkinkan kebebasan visual (David Hutama, 2010). Cahaya dapat berupa sinar matahari maupun lampu. Sedangkan kebebasan visual artinya keleluasaan sejauh pandangan untuk dapat melihat apa yang ada di balik bidang transparan tersebut. Sebenarnya prinsip transparan dapat bersanding dengan prinsip void atau lubang penghawaan. Memang, kaca dapat difungsikan sebagai bukaan sumber cahaya. Teknik pemasangan kaca yaitu dengan daun jendela berfungsi sebagai rangka pemegang kaca, yang sering disebut dengan kusen.

50

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Hanya saja pemasangan kaca yang juga kerap ditemui berupa kaca mati (fixed), yang tidak dapat dibuka sehingga tidak memungkinkan adanya pertukaran cahaya.

Perkembangan kaca dengan teknologi baru: sistem double glass Untuk mencapai transparasi ruang hunian yang langsung bersentuhan dengan udara luar, ada baiknya kita menganut sistem double glass atau kaca berganda. Perkembangan kaca dengan teknologi baru ini mampu membuat panas atau heat yang masuk melalui permukaan kaca diteruskan pada ruang hampa yang berada antara kedua kaca. Pemasangan sistem double-glass ini telah tersedia dalam bentuk terintegrasi dengan kusen (biasanya aluminium) tetapi relatif agak mahal. Untuk menyiasatinya, kita dapat memasang dua jenis kaca berjajar. Kaca yang lebih tebal diletakkan bagian yang bersentuhan dengan panas dari luar rumah, sementara kaca yang lebih tipis pada bagian sebelah dalam. Beri jarak antara kedua permukaan kaca tersebut sekitar 6-8 cm. Selain sebagai penyimpan pansa, sistem double glass ini juga memiliki tingkat akustik yang tinggi karena menjadikan rongga di antara kedua permukaan kaca tersebut hampa udara sehingga kedap suara.

Optimalisasi modul-modul kaca dengan luasan bidang yang lebih kecil Teknik lain yang dapat diaplikasikan pada hunian untuk mendapatkan efek transparan adalah dengan optimalisasi modul-modul kaca tersebut ke dalam luasan bidang yang lebih kecil. Nakas merupakan salah satu contoh penerapan modul-modul kaca tersebut. Dibandingkan jendela, nakas memiliki luasan yang lebih kecil untuk menyimpan panas sehingga efek panasnya terbagi-bagi pada tiap modul, dan bukan seluas permukaan kaca. Ini membuat akumulasi panas yang disimpan pada permukaan nakas lebih kecil dibandingkan kaca jendela dengan bentangan yang lebih lebar. Kerapatan dan kerenggangan nakas juga dapat lebih disesuaikan sehingga memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menyalurkan udara masuk ke dalam ruangan sesuai kebutuhan.

Material lain selain kaca untuk jendela rumah Alih-alih menggunakan kaca sebagai material transparasi, Anda juga. dapat menggantikannya dengan PVC, akrilik, atau material transparan lain yang meredam hantaran panas. Namun perlu diingat bahwa pemakaian material-material tersebut harus diimbangi dengan penanaman vegetasi yang memberikan kesejukan, juga dipadukan dengan material-material natural seperti batu-batuan gunung atau batu alam. Apabila menginginkan keterbukaan pada nuansa rumah, mengapa hanya jendela kaca yang menjadi pilihan? Masih ada cara lain yang dapat diterapkan supaya hunian menjadi lebih 51

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

transparan. Cobalah untuk menjadikan void pada bagian yang sudah semestinya terbuka. Bagian yang masih terasa panas dan terkena hujan dapat dipasangi shading atau peneduh di bagian luar ruangan.

Penggunaan Teksture sebagai Keseluruhan Ornamen dalam Hunian Anda Dalam sebuah hunian, kenyamanan dan keindahan adalah dambaan setiap anggota keluarga. Beragam upaya dilakukan untuk mendapatkan kedua hal tersebut. Mulai dari membaca artikelartikel yang membahas penataan ruangan, mengunjungi showroom dan rumah contoh pada perumahan tertentu, hingga menggunakan jasa desainer interior untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dari berbagai media yang telah kita lihat tersebut, terbukti bahwa untuk mendapatkan kenyamanan dan keindahan ruangan tidak hanya ditentukan dari bentuknya maupun mahalnya perabotan yang dipakai. Kenyamanan dan keindahan dapat tercipta apabila adanya suatu harmoni atau keselarasan di antara elemen-elemen ruangan secara menyeluruh. Keselarasan tersebut disebut dengan istilah komposisi ruang. Sebuah rumah yang kecil dengan perabotan sederhana pun dapat terlihat apik dengan komposisi yang tepat. Begitu pula sebaliknya, rumah yang besar dan mahal justru dapat terlihat kosong maupun terlalu ”ramai” sehingga kurang nyaman untuk ditinggali, apabila tidak memiliki komposisi ruang yang baik.

Tekstur Sebagai Elemen Pembentuk Komposisi Ruang Salah satu elemen pembentuk komposisi ruang adalah tekstur. Tekstur adalah sesuatu yang dapat kita lihat dan rasakan (dengan jari) pada sesuatu permukaan. Terdapat dua macam tekstur, yaitu optikal yang hanya dapat terlihat secara visual sebagai tekstur, dan taktikal yang dapat kita sentuh dan rasakan. Tekstur pada interior dan eksterior ruangan dapat diperoleh dari pembedaan pilihan material. Contohnya adalah material tekstur keramik, material batu alam, dan finishing semen. Tekstur dapat dipergunakan sebagai keindahan pajangan di seluruh area ruangan. Misalnya pada bagian dinding, partisi, maupun pada bagian lantai. Dengan adanya tekstur, permukaan dinding, partisi, maupun lantai Anda dapat menangkap dan memantulkan cahaya yang ada. Pantulan cahaya tersebut akan menghasilkan “lukisan” alami dari perpaduan terang dan gelap yang didapat dari permainan cahaya dan bayangan yang mengenai dinding tersebut. Hasilnya ruangan akan tampak lebih dramatis dengan gradasi warna cat yang dihighlight dengan cahaya dan bayangan alami.

52

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Pembedaan Kebutuhan Antara Tekstur Dinding Dan Tekstur Lantai Material interior dengan tekstur taktikal dapat diterapkan sesuai dengan perbedaan kebutuhannya. Maksudnya adalah tekstur tersebut sekaligus dipergunakan karena dapat mendukung fungsinya. Sebut saja pada lantai kamar mandi, kita perlu menggunakan material lantai yang bertekstur agak kasar, supaya kesat (tidak licin) sehingga tidak membahayakan keselamatan penghuni. Berbeda dengan tekstur pada ruang kerja atau ruang keluarga, dapat dipilih lantai dengan tekstur yang halus dan lebih licin untuk mendapatkan kesan sleek dan mengkilap. Demikian pula pada bagian teras atau halaman rumah, tekstur yang taktikal lebih sering dipergunakan. Contohnya adalah dengan material batu kali, material kerikil, dan material batu alam. Selain memberikan keamanan dan keselamatan (menghindari terpeleset), tekstur taktikal pada material dapat memperkuat kesan natural atau alami.

Tips-Tips Kreatif Untuk Pemasangan Dan Olahan Tekstur Perlu diingat bahwa meskipun secara penampilan dinding Anda terlihat indah, ketahanan dan keamanannya tetap yang utama. Karenanya, sebelum mulai berkreasi dengan tekstur, pastikan dinding Anda terhindar dari dinding bergelombang dan retak dengan pembuatan yang lebih

53

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

terencana. (Tips tentang pengecatan dan perlakuan terhadap dinding dapat Anda lihat pada artikel sebelumnya pada SBS Interior) Permukaan yang bertekstur akan menjadi elemen yang menarik perhatian dalam sebuah komposisi. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menentukan permukaan mana yang menjadi elemen fokal untuk ditempatkan dinding bertekstur. Misalnya, ditempatkan pada bagian yang berhadapan dengan bukaan dan sumber cahaya, dengan tujuan memberikan efek ruangan yang dramatis. Sebaiknya tidak menempatkan segala jenis tekstur yang berbeda-beda secara campuran pada seluruh bagian dinding, karena dapat membingungkan maksud yang ingin Anda sampaikan dalam ruangan.

Terdapat beberapa cara yang diperoleh untuk menghasilkan tekstur sebagai ornamen dalam ruangan Anda. Cara pertama, adalah secara langsung mengaplikasikan material bertekstur pada ruangan Anda. Misalnya dengan aplikasi batu alam, keramik, dan juga guratan pada acian semen dinding. Hanya saja Anda perlu menyisakan sedikit tenaga ekstra untuk membersihkan permukaan secara berkala, karena permukaan yang bertekstur dalam lebih berpotensi menyimpan debu.

54

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Cara lainnya adalah dengan mengaplikasikan wallpaper bertekstur pada bagian ruangan. Cara ini cenderung lebih praktis dalam pengerjaan dan perawatannya, karena permukaan yang rata tidak menyimpan debu sebanyak permukaan yang bertekstur. Namun kekurangan pada cara ini adalah tekstur yang dipakai lebih mengarah pada tekstur optikal, yang lebih bersifat visual sehingga tidak terasa ketika diraba. Tekstur juga dapat dihadirkan dengan prinsip pajangan yang dapat dimodifikasi menurut keinginan. Komposisi tekstur sebagai pajangan dapat bersifat lebih fleksibel, karena sifatnya yang tidak terlalu permanen. Pajangan tekstur dapat berupa material kanvas, maupun permukaan kayu atau rotan, yang juga mudah didapatkan dengan teknik fotografi makro dari berbagai sudut. Selanjutnya, foto tersebut dicetak dalam modul-modul dalam dimensi yang diinginkan. Komposisi tekstur pajangan dapat berupa dimensi pajangan memanjang (landscape atau portrait), maupun dimensi foto yang tersegmentasi (dibelah-belah). Dengan pengambilan dari berbagai sudut dari sebuah objek foto, dapat dihasilkan kesan yang menarik dalam sebuah tekstur. Misalnya, pada ruang kosong di bagian atas sofa ruang keluarga Anda masih terkesan putih dan hampa. Kita dapat memberikan foto tekstur daun hijau muda segar yang berembun dari jarak dekat. Kini ruang keluarga Anda mendapatkan sentuhan tekstur sekaligus kesegaran secara visual. (AA)

Railing Tangga yang Nyaman dan Aman

55

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Kehadiran tangga sebagai penghubung lantai satu dengan lantai di atasnya merupakan sesuatu yang mutlak diperlukan. Selain bersifat fungsional, keberadaan tangga di rumah Anda juga dapat menjadi elemen pelengkap dekorasi. Sebelum mengenal lebih jauh fungsi dan kegunaan railing, ada baiknya kita mengenal struktur tangga terlebih dahulu. Struktur tangga terdiri atas bagian-bagian yang saling menopang satu sama lain. Kehadiran elemen yang satu dengan elemen lainnya saling berhubungan. Sistem struktur tangga sendiri terdiri atas anak tangga vertikal (riser) untuk pijakan tangga horizontal (tread), ibu tangga yang memegang anak tangga (string), tiang utama (newel), pegangan tangga/ railing (handrail), dan pagar tangga (baluster).

Apakah railing itu? Railing merupakan salah satu bagian dari struktur tangga yang berfungsi pengaman bagi penghuni. Ternyata ketika diposisikan sebagai elemen interior, pemilihan railing yang tepat dapat memperkuat komposisi ruangan. Hal ini disebabkan oleh pemasangan railing yang berupa repetisi (perulangan) elemen garis yang teratur sesuai jumlah anak tangga. Dibandingkan dengan tembok masif yang mengelilingi dan mengamankan sebuah tangga, railing merupakan pilihan yang lebih baik karena dapat memungkinkan sirkulasi udara yang lebih lancar. Pemasangan railing juga masih dapat memungkinkan komunikasi antara ruang atas dan bawah pada sela-sela antara rongga railing.

56

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Selaraskan Railing dengan Gaya Hunian Anda Sesuai dengan gaya hunian yang paling umum diadaptasikan pada rumah Anda, railing dapat dibedakan menjadi 2, yaitu railing bergaya modern atau minimalis dan railing bergaya klasik atau etnik. Material yang digunakan pun sangat beragam, yaitu mulai dari logam, kayu, beton sampai kaca. Penggunaan material sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya desain ruangan.

1. Railing Rumah Bergaya Minimalis Secara konsep, kunci dari rumah minimalis adalah minimalisasi penggunaan profil atau ornamen yang justru bisa menghilangkan kesan minimalisnya. Desain yang digunakan bisa memakai garisgaris tegas. Misalnya pemakaian material logam.

Profil atau Bentuk

Profil railing tangga sebaiknya tidak dibuat terlalu ramai agar ruang lebih sedap dipandang. Untuk penyusunan elemen garis, pilihan railing dapat berupa garis vertikal dan horizontal yang sederhana. Selain profil yang sedikit, kuantitas kerapatan besi penyangganya juga harus dipikirkan. Sebaiknya tidak terlalu renggang maupun terlalu rapat. Apabila terlalu rapat akan memiliki kesan seperti

57

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

”jeruji” besi, sedangkan besi penyangga yang terlalu renggang dapat membahayakan anak kecil. Ukuran yang ideal adalah lebih kecil dari ukuran badan anak kecil. Bagi keluarga yang memilik anak kecil, sebaiknya tidak menggunakan railing dengan profil garis melintang yang dapat dipanjat. Hal ini ditujukan demi menjaga keselamatan sang anak, terutama karena rasa keingintahuannya.

Warna Warna yang tepat untuk digunakan adalah warna dasar seperti hitam dan turunannya (warna kelabu). Namun untuk mendapatkan sentuhan yang lebih modern, railing dapat menggunakan warna silver. Warna tersebut dapat diperoleh dari aplikasi material logam, seperti stainless steel, krom atau jenis logam lainnya.

Material

Material railing yang disarankan untuk rumah minimalis adalah logam, beton, atau kaca. "Tapi bukan berarti unsur tersebut tidak bisa dipakai pada konsep desain interior lain, tapi untuk rumah minimalis umumnya material tersebut yang dipakai," ujar arsitek Ir Bambang Sudiatmojo. Untuk railing yang bersifat transparan, sebaiknya digunakan bahan fiberglass karena lebih aman dari resiko pecah. Namun sayangnya fiberglass ini tidak 100% memberikan kesan transparan (lebih cenderung translusen). Untuk itu, material lain yang dapat digunakan adalah kaca tempered yang tidak akan berkeping-keping jika pecah. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang masih anak-anak, kami anjurkan penggunaan material akrilik yang jauh lebih aman. Hanya saja material ini lebih mahal dibandingkan kaca biasa dan terdapat penurunan daya kilapnya. Unsur beton juga dapat dipakai dalam ruangan. Tetapi yang harus diperhatikan adalah jumlah rongga yang lebih banyak agar tak terlalu menekan penghuni dan membatasi pemandangan, misalnya hanya sebagai konstruksi penyangga. Hal ini juga dilakukan agar sirkulasi udara pada tiap lantai tetap dapat mengalir dengan lancar.

58

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

2. Railing Rumah Bergaya Klasik atau Etnik Sebenarnya kedua jenis gaya ini agak berbeda, tetapi kami satukan karena mengacu pada gaya hunian yang lebih old daripada gaya hunian minimalis yang telah dibahas sebelumnya. Kedua gaya ini memiliki kesamaan dalam hal ornamen. Memang jika dibandingkan dengan rumah bergaya minimalis yang minim ornamen, gaya etnik dan gaya klasik lebih mengedepankan ornamen untuk memperkuat nuansa rumah.

59

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Perbedaan mendasar railing gaya etnik dan klasik lebih terlihat pada pemilihan jenis material dan bentuk ornamen yang dipilih. Pada tangga bergaya etnik, pemilihan jenis material cenderung kepada bahan kayu, misalnya kayu jati. Kayu ini dapat berupa kayu asli yang bahkan masih merupakan bentuk aslinya, dan hanya difinishing dengan vernis atau pelitur untuk mempertahankan keawetannya. Profil railing tangga bergaya etnik semakin diperkuat dengan bentuk ornamen ukiran. Profil tangga yang berornamen juga banyak digunakan pada konsep klasik, hanya saja material yang digunakan adalah logam. Material yang biasa digunakan adalah besi tempa yang berwarna tembaga. Untuk besi penyangga railing itu sendiri sering digunakan besi ulir, yang dapat menambah kesan ornamented.

Baik desain etnik maupun klasik, memiliki pilihan ornamen yang beragam. Pilihan tersebut dapat disesuaikan dengan selera Anda, tetapi jangan lupa untuk diselaraskan dengan nuansa rumah secara keseluruhan, misalnya dengan lampu gantung atau gagang pintu yang berada dekat railing tersebut. (AA)

60

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Ruangan yang Kedap Suara, Perlukah ? Pada masa kini, kebutuhan setiap keluarga semakin meningkat, tidak terkecuali dengan kebutuhan akan hiburan dan teknologi. Perangkat audio-visual seperti hometheatre set telah membanjiri pasaran dan memudahkan kredit bagi pembeli sehingga sangat mudah untuk didapatkan. Tanpa pikir panjang, kita berpikir ”Kenapa tidak?”, kita membelinya dengan harapan bahwa dengan anggaran terjangkau kita sudah dapat memiliki fasilitas layaknya bioskop pribadi di rumah – hometheatre.

Home Theatre di Ruang Keluarga Namun ketika hometheatre telah diboyong dari mal kesayangan, persoalan berikutnya muncul saat kita belum memikirkan detail ruangan yang akan dipakai. Masih mungkinkah perangkat hometheatre tersebut akan diletakkan di ruangan keluarga yang mungkin selama ini terbuka saja dan langsung berbatasan dengan dapur? Atau diletakkan pada lemari kayu yang menjadi tempat pajangan? Atau pada akhirnya, kita meletakkannya pada kamar tidur utama? Memang, untuk mendapatkan hiburan menonton yang maksimal untuk keluarga adalah dengan ruangan kedap suara. Hal ini sangat berpengaruh ketika privasi menjadi bagian yang penting bagi anggota keluarga. Terlebih lagi ketika ruang keluarga kita berbatasan langsung dengan rumah tetangga. Kita tidak mau mendapatkan komplain dari tetangga di malam hari ketika sedang asyik menonton bersama anak-anak? Kunci utama dari permasalahan tersebut terletak pada kualitas dinding. Tentu saja, karena dinding adalah permukaan yang langsung membatasi satu ruangan dengan ruangan lainnya. Dibandingkan dengan atap dan lantai, dinding menjadi lebih signifikan dalam peningkatan kualitas

61

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

akustik ruangan karena tidak memiliki lapisan-lapisan pendukung, seperti pada plafon pada bagian atap dan plesteran untuk dinding tidak setebal pada pelat lantai. Berikut ini akan kami bahas mengenai beberapa teknik yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas akustik dinding pada ruangan keluarga Anda sehingga kedap suara.

Cara konvensional

Pada cara konvensional, dinding tembok dilapisi dengan material semacam wol yang berserabut dan kemudian ditutup dengan lapisan karpet. Teknik seperti ini sering dipakai pada studio-studio musik dan rekaman. Sayangnya, lapisan karpet memiliki pori-pori yang kurang rapat dan sangat memungkinkan tersimpannya debu. Karena itu, material seperti ini sering menimbulkan alergi pada pernapasan, dan tentunya dapat merugikan kesehatan bagi anggota keluarga.

Penggunaan material yang hypoallergenic

Spons adalah salah satu material yang lebih dianjurkan untuk pengisi area kedap suara. Dibandingkan dengan material karpet, spons lebih kuat untuk menyerap pemantulan suara yang ditimbulkan oleh loudspeaker pada hometheatre. Material spons juga terbuat dari bahan sintetis yang tidak mudah lapuk sehingga lebih awet dan tahan lama. Dengan karakteristik demikian, spons dapat menjadi material pelapis dinding yang baik untuk meredam suara.

Penggunaan lapisan pengisi atau ruang kosong pada partisi ganda

Apabila memungkinkan untuk menambah ruangan, dinding partisi dapat menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk meningkatkan kualitas akustik ruang di rumah Anda. Ketebalan dan jenis material sebuah dinding partisi merupakan 2 hal yang paling menentukan tingkat kedap suara ruangan tersebut. Semakin tebal dinding partisi, maka makin kedaplah ruangan tersebut. Cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketebalan sekaligus menghemat material yang digunakan, adalah dengan prinsip rongga di antara partisi. Ini berarti memberikan jeda pada dua lapisan partisi, sehingga tercipta ruang kedap udara yang dapat menyimpan pantulan suara secara maksimal. Demikian pula makin renggang pori-pori sebuah material, maka pantulan suara semakin tidak terdengar di ruangan tersebut. Dinding Partisi yang disarankan adalah dinding gypsum atau hardboard. Jenis partisi lain yang juga dapat digunakan adalah partisi kaca. Partisi kaca yang diletakkan di antara ruangan tidak hanya memberikan keleluasaan visual namun juga selalu berhasil untuk mengurangi intensitas suara yang dihasilkan oleh loudspeaker ke ruangan di sebelahnya. Kaca juga termasuk material yang tidak menimbulkan alergi.

Penggunaan beberapa jenis cat yang kedap suara 62

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Apabila cara-cara yang telah dituliskan di atas Anda rasa agak terlalu berlebihan untuk dapat meningkatkan kualitas akustik ruang keluarga Anda, jangan khawatir. Akhirnya ada satu cara yang cukup sederhana dan dapat segera Anda lakukan untuk segera menghadirkan bioskop pribadi bagi hiburan sekeluarga, yaitu dengan mengecat ulang dinding ruangan Anda dengan beberapa jenis cat yang kedap suara. Hanya saja kekurangan dari pengecatan seperti ini lebih dimaksudkan bagi ruangan yang setidaknya tertutup oleh tiga bagian dinding untuk hasil yang paling maksimal. Selamat mencoba! (AA)

Menyiasati Penambahan Ruangan Pada dasarnya, rumah ikut hidup bersama pemiliknya. Rumah yang telah dipertimbangkan dengan matang pun, suatu saat dapat memiliki kebutuhan yang baru. Dan seringkali kebutuhan datang mendadak. Siapakah yang pernah menduga harus memiliki kebutuhan ruang tambahan di rumahnya? Entah itu karena adanya tamu yang menginap, ruangan tambahan sebagai ruang kerja, hingga adanya acara keluarga yang membutuhkan ruangan baru.

Kebutuhan ruangan yang mendadak v.s. efisiensi biaya Sayangnya, tidak semua keluarga memiliki anggaran yang unlimited untuk merenovasi ulang rumahnya, seperti membuat paviliun atau ekstension di sebelah rumahnya. Ketika hanya ada ruang yang terbatas di dalam rumah, mau tidak mau harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan, yaitu penambahan ruangan, tetapi dengan efisiensi biaya.

Untuk kebutuhan penambahan ruangan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat dinding partisi. Material dinding partisi yang sering dijumpai di rumah-rumah terbuat dari partikel atau sering dikenal dengan tripleks. Sayangnya, material tripleks memiliki beberapa kekurangan. Seringkali pemasangan tripleks yang kurang rapi membuatnya terlihat menjadi ruangan yang temporer atau sementara. Tripleks juga lama kelamaan dapat lapuk dan berjamur apabila terkena air karena terbuat dari lapisan serbuk dan serat kayu yang dipadatkan. Tripleks yang memiliki beberapa lapisan juga relatif lebih mahal. Selain itu, karena material dasarnya adalah kayu, tripleks dapat keropos dimakan rayap. Terlebih lagi, tripleks harus difinishing lebih lanjut dengan pengecatan atau dilapisi wallpaper untuk menghilangkan kesan belum jadi, sekaligus menyembunyikan paku-paku dan sambungan yang ada.

Material kalsiboard untuk penambahan ruangan

63

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Material yang lebih diusulkan untuk ruangan kamar untuk daerah Indonesia yang tropis adalah material kalsiboard. Material ini sebenarnya serupa dengan tripleks, namun dengan bahan dasar kapur/ partikel serbuk gipsum. Material ini dijual lembaran dan biasanya berwarna putih seperti dinding. Karena sudah dicat dan langsung dapat dipakai, kalsiboard relatif lebih praktis diaplikasikan, karena tidak memerlukan tahap finishing lebih lanjut. Kalsiboard juga lebih tahan dari pelapukan, dan dapat digunakan di daerah seperti Sukorejo Jawa Tengah, karena lebih tahan dingin dibandingkan tripleks.

Cara dan aturan pemasangan kalsiboard. Untuk pemasangan kalsiboard, hanya ada beberapa tahap utama yang perlu diperhatikan, meliputi pembagian zoning, tahap framing, dan pemasangan. Langkah pertama adalah pembagian zoning. Tentukan bagian manakah yang berpotensi menjadi ruangan tambahan untuk kebutuhan baru hunian Anda. Ruangan tersebut dapat merupakan ruang kosong di sebelah dapur, ruangan keluarga yang dekat dengan ruang tamu, atau ruangan manapun yang telah Anda pertimbangkan dengan matang. Setelah itu, ukurlah dimensi ruangan tersebut dalam dua variabel, yaitu berdasarkan lebar permukaan dinding dan ketinggian dinding partisi yang diukur dari permukaan lantai ke plafon. Setelah mendapatkan dimensi kebutuhan ruangan, kita dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Untuk tahap framing, biasanya dipasang balok penguat setiap 75 cm – 1 meter. Framing di sini berfungsi untuk menahan beban dinding dan menjaga agar permukaan kalsiboard tidak melendut (atau istilahnya letoy) sehingga tidak terkesan seperti dinding. Ketebalan balok framing sendiri juga menentukan ketebalan dinding partisi yang akan dibuat. Karena material kalsiboard tidak terlalu tebal (> 1cm) maka berilah selisih untuk ketebalan dinding yang diperlukan sekitar 2 cm. Misalnya ketebalan dinding partisi yang diperlukan adalah 12 cm, maka 12 dikurangkan 2 cm sehingga digunakan balok dengan ketebalan 10 cm (misalnya kaso ukuran 8/10). Tahap berikutnya adalah pemasangan kalsiboard itu sendiri. Kalsiboard bersifat ringan sehingga dapat dilem dengan lem material khusus, yang bisa diperoleh di toko material terdekat. Yang perlu diperhatikan pada saat penyatuan kalsiboard dengan rangka atau balok framing adalah kerekatannya cukup kuat. Hasilnya akan lebih maksimal jika Anda memastikan sewaktu mulai memasang kalsiboard hingga waktu lem telah kering secara intens dengan cara menekan-nekan permukaan kalsiboard pada bagian dinding partisi yang ditopang langsung oleh balok framing. Sementara untuk finishing, tidak diperlukan lagi pengecatan atau pelapisan dinding partisi. Selain membersihkan sisa-sisa lem putih yang menempel pada bagian pertemuan-pertemuan dinding, pekerjaan dinding partisi ini telah selesai.

64

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Ide lainnya Dinding Berpintu Atau Pintu Berdinding? Alternatif ide lain yang dapat diterapkan untuk penambahan ruangan adalah dengan pemasangan pintu-pintu berjendela yang dapat dilipat. Selama ini kita telah menganggap bahwa pintu adalah sebuah bidang persegi panjang yang dipergunakan untuk menutupi bukaan di dinding, digunakan sebagai jalan bagi seseorang untuk dapat masuk atau keluar dari sebuah ruangan. Ternyata ketika sejumlah daun pintu identik dipasang bersamaan secara sejajar, dapat menjadi serangkaian dinding yang fleksibel. Terlebih bagus lagi ketika ruang bersama berdekatan dengan bagian teras luar. Rangkaian dinding berpintu tersebut dapat menarik masuk ruang yang ada pada teras bagian depan, sehingga dapat menjadi ruang tamu atau ruang kumpul keluarga dengan kapasitas yang lebih luas dari sebelumnya. Dan ketika acara keluarga telah selesai, pintu dapat ditutup untuk mendapatkan kembali ruang keluarga seperti semula. Contoh Rumah Rejosari Semarang. (AA)

Memilih Tempat Duduk yang Tepat Kursi, Sofa, atau Bantal? Seringkali kita terjebak dengan kursi, istilah untuk tempat duduk yang paling kita sering jumpai sehari-harinya. Padahal tempat duduk sangat beragam jenisnya, mulai dari sofa, bangku, kursi lipat, bantal, tatami, hingga tangga yang berundak-undak yang berada di ruang terbuka. Namun tahukah Anda bahwa ternyata tidak semua bentuk tempat duduk sesuai berada di dalam hunian? Untuk itu, sebagai sebuah elemen furnitur, tempat duduk harus dipilih dengan tepat sehingga dapat semakin mempercantik hunian Anda, bahkan dapat meningkatkan waktu berkualitas bagi keluarga Anda. Berikut ini akan kami bahas mengenai pemilihan sofa, kursi, bantal, dan jenis tempat duduk lain atas dasar pengaruh yang ditimbulkan terhadap hunian.

Kursi. Yang membedakan sebuah kursi dari tempat duduk yang lainnya adalah fungsinya yang paling mendasar dan paling sering dianggap sebagai furnitur yang ”sah” untuk duduk. Maksudnya adalah kursi digunakan untuk setiap orang duduk sendiri-sendiri, dan didesain untuk kebutuhan yang lebih formal dan individual. Kursi sangat beragam dari bentuknya, modelnya, hingga material pembuatnya. Kursi dapat ditempatkan baik di dalam maupun di luar rumah. Kursi yang biasa berada di dalam rumah adalah kursi lipat, kursi makan, dan kursi serbaguna, yang biasanya dibuat dari material plastik, kayu, rotan maupun logam. Untuk itu pada ruangan-ruangan yang memiliki kesan formal / serius seperti ruang tamu, ruang belajar, atau ruang kerja, digunakan kursi sebagai tempat duduk. Sebaiknya kursi tidak digunakan 65

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

di ruang keluarga karena memberikan kesan sendiri-sendiri dan kurang ramah terhadap anggota satu sama lain. Kecuali ketika terdapat meja, maka yang menjadi fokus adalah meja, sehingga kesan kebersamaan tetap ada. Sofa. Sesuai dengan namanya, sofa adalah tempat duduk yang terkesan lembut dan empuk. Kelebihan dari sebuah sofa adalah kenyamanan yang ditimbulkan ketika kita mendudukinya. Sofa biasanya ditempatkan di ruang keluarga, karena dapat menciptakan kehangatan dan kesan yang sangat cozy pada sebuah rumah tinggal. Sofa juga seringkali dibuat untuk memungkinkan beberapa orang duduk bersama, sehingga memungkinkan terjadinya interaksi seperti mengobrol dan bercanda dengan santai, sehingga dapat meningkatkan aktivitas di dalam rumah.

Bantal. Dalam sebuah rumah tinggal, yang paling sering ditemui adalah kombinasi antara sofa dengan bantal. Alasannya adalah untuk menambah kenyamanan pada saat duduk dan dapat digunakan untuk meletakkan tangan dengan santai. Selain mempercantik ruangan, bantal pada sofa juga dapat mempercantik sofa itu sendiri. Ternyata bantal itu sendiri dapat pula dijadikan tempat duduk. Bantal-bantal berukuran sekitar 40x40 hingga 60x60 cm dengan kepadatan yang cukup, dapat menahan berat tubuh orang & memberikan kenyamanan ketika seseorang duduk. Bantal besar seperti ini paling cocok digunakan untuk berada di ruang bersantai keluarga atau pada ruang bermain untuk anak. Karena berukuran relatif besar, biasanya penempatan bantal diletakkan di lantai keramik yang diberi alas karpet, tikar, atau lantai parket. Untuk itu, pemilihan material juga sebaiknya yang tahan air dan bebas dari debu, mengingat letaknya akan sering di bawah lantai. Contohnya adalah material kulit sintetik, atau bahan kanvas. Kita dapat juga menggunakan sarung bantal yang dapat diganti-ganti untuk mempermudah pencucian dan perawatannya.

Tatami. Tatami adalah tikar yang juga kerap digunakan sebagai alas bagi orang-orang yang duduk di lantai. Istilah tatami itu sendiri berasal dari bahasa Jepang. Seperti tikar atau karpet, tatami cocok untuk digunakan pada ruangan santai dan istirahat, karena memungkinkan aktivitas berbaring dan leyeh-leyeh, tidak seperti pada kursi. Tatami biasanya terbuat dari semacam serat, biasanya dari tumbuhan, semacam jerami atau serat tanaman bambu seperti tikar. Karena itu, kesan yang dihasilkan pada ruangan dengan tatami adalah kesan yang sederhana dan alami. Apabila ruangan rumah Anda terasa terlalu penuh dan sesak, tatami dapat menjadi alternatif pilihan untuk tempat duduk karena lebih efisien dari segi kebutuhan ruang. Keberadaan tatami juga sekaligus dapat memberikan jeda terhadap ruang yang sudah terlalu penuh furnitur.

66

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Apabila memungkinkan ruangan juga dapat diciptakan khusus untuk menampilkan dan mengekspos keberadaan tatami pada ruang bersama. Dengan peninggian level lantai 1 kaki, dan pembedaan material lantai, secara psikologis akan menuntun kita untuk naik dan melepaskan alas kaki. Perlakuan ini dapat memperkuat kesan bahwa ruangan dengan tatami tersebut adalah ruangan yang spesial.

Menyesuaikan Penataan Bentuk Ruangan dan Posisi Tempat Duduk Sebagai Ruangan untuk Bersantai Ada pula bentuk ruangan yang membentuk tempat untuk duduk, di antaranya cekungan di area sekitar jendela rumah yang menjorok keluar. Hal ini dapat dirancang terlebih dulu pada saat rumah dibangun, agar ketinggian cekungan pas untuk posisi duduk. Setelah pembangunan selesai, biasanya bagian tempat duduk diberi pelapis kayu atau lantai parket sehingga dapat berfungsi sebagai tempat duduk yang nyaman dan lebih hangat. Bentuk ruangan ini sering ditemui di ruangruang keluarga dan berada di dekat jendela, sehingga cocok juga untuk mendapatkan cahaya matahari di saat pagi. (AA)

Perpaduan Dinding dan Cermin dalam Ruangan Ruang Rumah Terasa Lega Rumah adalah tempat yang berfungsi untuk beristirahat. Ini berarti setiap orang menginginkan kelegaan di dalam huniannya. Namun kini, lahan tanah di kota-kota besar di tempat Anda tinggal pada umumnya sudah semakin terbatas sehingga rumah tinggal pun berukuran terbatas pula. Namun ketika berhadapan dengan sebuah rumah yang telah jadi, misalnya rumah yang kita tempati sekarang, terkadang muncul kebingungan. Kualitas ruangan rumah yang kita miliki tidak sebesar yang diharapkan. Lantas kita mulai berpikir, bagaimana menyiasatinya? Untuk mencapai kesan ruangan di dalam rumah yang terlihat lebih luas, kita dapat menerapkan beberapa trik, seperti pemasangan cermin pada salah satu dinding ruangan untuk memberikan kesan luas, misalnya pada bagian yang berkesan seperti lorong yang sempit. Pencahayaan pada titik-titik yang tepat dalam sebuah ruangan juga dapat memberikan kesan ruangan lebih lapang nyaman. Cara lain yang dapat digunakan untuk memberikan keleluasaan ruang adalah dengan meninggikan langit-langit atau plafon rumah Anda. Hal ini mungkin akan membutuhkan sedikit usaha renovasi lebih lanjut, tetapi pada umumnya hasil akhirnya cukup signifikan. Cara lain yang juga dapat ditempuh adalah dengan mengecat dinding ruangan dengan warna lembut yang senada, seperti putih, krem, biru muda. Pengecatan dengan warna ini akan memberikan efek ruangan yang ringan dan tidak ”menekan” seperti efek yang diciptakan oleh warna-warna kuat (biru tua, jingga, coklat). 67

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Selain itu, meminimalkan pemakaian elemen interior dengan cara mengkombinasikan dua fungsi di dalam satu bagian juga dapat memberikan keleluasaan ruang yang lebih. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat ruang yang Anda punyai di rumah. Hal seperti ini sering terlihat pada ruang makan yang disatukan dengan bagian dapur, ataupun ruang kumpul dengan ruang tamu. Contoh lainnya adalah dengan menggabungkan fungsi sebuah ruang ganti di kamar dengan kamar mandi.

Potensi terpendam dari material kaca Cermin Cermin merupakan material yang sangat unik karena dapat memantulkan cahaya dan bayangan secara serupa. Hal ini disebabkan karena sifat permukaannya yang reflektif. Pada umumnya, cermin dipakai untuk berhias dan mematut diri. Namun seiring perkembangan arsitektur dan interior, fungsi cermin sering diadaptasikan menjadi elemen-elemen di dalam ruang sebuah bangunan.

Duet Maut Pencahayaan Lampu & Cermin Pada kesempatan kali ini, cermin terpilih menjadi material yang terpilih untuk dipadu-padankan dengan lampu, si sumber cahaya. Pasangkan mereka berdua pada tempat yang tak terduga dan dapatkan kesan yang membuat hunian Anda makin spesial sekaligus personal. Semoga dapat menginspirasi Anda. ? Ruang tamu ala lobi hotel berbintang Ruang tamu Anda rasanya sempit? jangan berkecil hati. Letakkan lampu secara indirect di belakang permukaan cermin tanpa bingkai. Selain memberikan kesan yang mewah, perlakuan ini juga dapat memberikan kesan visual ruang yang lebih luas terhadap ruang tamu Anda. Catatan: tempatkan cermin pada bagian sisi memanjang ruangan Anda supaya memberikan kesan luas. Penempatan cermin pada bagian yang lebih pendek akan memberikan kesan ruangan yang sempit dan berupa lorong.

? Walk-in-closet ala make-up room selebritis. Ruang di sekitar kamar mandi dalam sebuah kamar tidur biasanya hanya berupa sebagian ruang kamar yang tidak terlalu luas. Gunakanlah ruangan tersebut sebagai tempat persiapan sebelum dan sesudah mandi, tetapi ingatlah untuk meminimalkan jumlah furnitur Anda. Tempatkan kaca berbingkai kotak hitam tebal dengan bola-bola lampu yang mengitarinya. Khususnya untuk seorang wanita karir yang masih single, ide ini tampaknya layak dilirik. Terlebih lagi ketika diletakkan rak baju mobile dengan roda di bawahnya yang dapat digesergeser, semakin menjadikan Anda serasa memiliki kamar rias pribadi sebelum siap tampil ke berbagai acara. (AA) 68

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Serba-serbi Kamar Mandi Kamar Mandi Bersih, Prioritas Utama Rumah Sehat Kamar mandi merupakan.bagian yang mutlak ada dalam sebuah rumah tinggal. Siapapun Anda, tanpa terkecuali pasti menginginkan memiliki kamar mandi yang bersih. Kamar mandi yang bersih juga akan lebih sehat dan nyaman untuk dipakai. Syarat dari sebuah kamar mandi agar dapat dikatakan bersih antara lain adalah memiliki cukup ventilasi, supaya pertukaran udara berjalan lancar. Bagian kamar mandi juga sebaiknya terkena sinar matahari langsung agar tidak lembap dan tidak menjadi sarang kuman penyakit. Keduanya dapat disatukan dalan ventilasi kaca susu atau sandblast yang menghalangi pandangan ke dalam tetapi masih memungkinkan masuknya sinar matahari. Di Indonesia, masih banyak aktivitas mandi yang menggunakan budaya gayung atau shower dibandingkan dengan berendam dalam bathub. Hal ini berakibat penanggulangan rembesan air harus baik sehingga tidak menyebabkan kerusakan dinding yang berarti. Untuk itu, kamar mandi harus terbuat dari bahan kedap air dengan ketinggian minimal 160 cm, yaitu rata-rata setinggi badan orang. Lantai kamar mandi juga sebaiknya terbuat dari bahan yang kedap air, tidak licin, dan mudah dibersihkan. Untuk bagian pintu, material yang sering digunakan adalah yang tahan air, seperti PVC atau aluminium. Namun persoalan kecil yang sering tidak disadari adalah penggunaan gagang (atau handle) yang kurang tepat.

Pemilihan Gagang Pintu yang Sesuai sebagai Aksen Kamar Mandi Ketika gagang pintu tidak terbuat dari material yang tahan air sehingga lama-kelamaan berkarat. Permasalahan terjadi karena tangan siapapun yang hendak masuk atau keluar kamar mandi menjadi kotor, padahal tidak mungkin untuk mengakses kamar mandi tanpa menyentuh gagang pintu. Untuk itu, pilihlah material gagang pintu dengan seksama, bukan hanya dilihat dari keindahan dan warnanya saja. Berikut ini kami berikan beberapa tips dalam memilih dan merawat gagang pintu.

Tips Memilih Gagang Pintu

Sesuaikan dengan desain arsitektur hunian anda. Untuk gaya modern, Anda dapat memilih profil gagang pintu yang simpel dan hanya memiliki sedikit pengolahan bentuk, misalnya plat persegi panjang atau bulat polos.

Untuk gaya klasik atau etnik, Anda dapat memilih gagang pintu yang memiliki aksen dan olahan detil. Contohnya adalah gagang pintu dengan ukir-ukiran roman. 69

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Gagang pintu yang modern lebih minim perawatannya karena bentuk yang lebih simpel. Untuk rumah di daerah dekat laut, perlu diperhatikan kemungkinan korosif terhadap material-material terntentu seperti logam. Sebaiknya material-material yang rentan air dan air asin dihindari.

Semakin banyak penghuni rumah, kualitas gagang pintu pun harus semakin tinggi. Hal ini harus diperhatikan karena ruangan kamar mandi akan semakin sering digunakan ketika semakin banyak penghuninya.

Sesuaikan gagang pintu dengan ruang yang hendak dimasuki. Bedakan antara gagang pintu di ruang utama dengan ruang kamar mandi. Perhatikan dalam hal ukuran dan terutama material bahannya.

Tips Merawat Gagang Pintu

Gunakan kain atau lap yang halus dan bersih untuk membersihkan gagang pintu secara berkala

 

Hindari dan minimalkan gesekan antara gagang pintu dengan benda tajam, seperti obeng. Ketika memperbaiki pintu atau lantai kamar mandi dengan cairan atau bahan yang mengandung zat kimia, jauhkan juga supaya tidak mengenai gagang pintu dan membuatnya cepat rusak. Contohnya melamin, pemoles, dan thiner.

 

Hindari jenis minyak dan perekat, seperti plesteran, oli, dan gemuk (oli bekas pakai) Selalu pasang gagang dan kunci selalu setelah pekerjaan pintu selesai sampai tahap finishing

Jangan memasang gagang pintu ketika kondisi belum bersih, misalnya masih berbau cat atau bahan kimia.

Teknik Mengecat Ruangan Lama dan Baru Sebelum menerapkan warna berdasarkan salah satu gaya yang mencitrakan hunian Anda, alangkah baiknya jika Anda mengetahui media yang dapat membantu menciptakannya. Salah satu media praktis untuk menghadirkan warna adalah dengan cara mengecat. Jenis cat sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Cat Sebagai Media Praktis Menghadirkan Style di Rumah Anda Secara umum, jenis cat terbagi dua, yaitu water-based paints dan solvent-base paint. Karakteristik dari water-based paint antara lain cepat kering, bau yang tidak terlalu menyengat, dan ketajaman warna yang cukup baik. Ketika terdapat sedikit koreksi, warna cat water-based ini dapat diperbaiki dengan menggunakan air. Cat jenis ini juga ramah lingkungan karena hanya 70

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

sedikit mengandung bahan dasar zat kimia. Tampilan dari cat ini tidak mengkilat atau disebut matt. Sayangnya cat water-based tidak tahan akan noda. Jenis cat kedua adalah solvent-base paint yang digunakan untuk ruangan dengan daya tahan lebih lama. Cat jenis ini lebih tahan uap air dan kelembaban. Biasanya cat ini diterapkan pada ruangan yang rentan ternoda, seperti: dapur, kamar mandi, dan ruang utilitas. Kelemahan dari cat ini adalah waktu keringnya lebih lama dibandingkan dengan water-based paint dan harus dicairkan maupun dihapus hanya dengan menggunakan pelarut khusus. Karena bahan dasarnya mengandung zat kimia tertentu, tampilan dari jenis cat solvent-base berkesan mengkilat atau disebut glossy.

Teknik Mengecat Ruangan Baru Banyak orang yang menganggap mengecat rumah sebagai pekerjaan yang mudah. Tidak seperti yang Anda bayangkan, mengecat tembok rumah ternyata ada aturannya. Aturan ini harus dilaksanakan jika Anda menginginkan hasil pengecatan yang maksimal. Berikut kami berikan beberapa tips dalam mengecat ruangan rumah Anda.

Perhatikan jenis cat yang akan anda beli. Eksterior atau Interior. Cat eksterior cenderung lebih mahal karena kadar akrilik yang tinggi sehingga tahan terhadap perubahan cuaca. Demikian juga dengan cat kayu atau cat besi, perhatikan jenisnya. Untuk cat-cat tertentu keringnya cukup lama sehingga sangat beresiko gagal karena tersenggol atau terkena debu.

Pilih jenis cat yang kualitasnya sudah jelas. Beberapa cat yang murah sulit diaplikasikan, berdaya tahan rendah dan tidak mampu menutupi permukaan dengan baik.

Belilah jumlah cat yang cukup agar hasilnya tidak belang, supaya hasilnya tidak kurang dan akhirnya malah menjadi belang.

Simpanlah sisa cat dengan benar, di dalam tempat yang tertutup rapat. Cadangan sisa cat ini dapat digunakan ketika terjadi kerusakan-kerusakan kecil pada warna dinding Anda, misalnya ketika mengelupas.

Selalu ratakan dan bersihkan permukaan dinding sebelum mengecat, agar hasil yang didapatkan maksimal dan lebih halus.

Gunakan kuas atau roller cat berkualitas baik. Selain hasilnya lebih memuaskan, jangka waktu pemakaiannya juga tahan lama.

Bersihkan peralatan cat yang telah anda pakai. Siapa tahu anda akan menggunakannya kembali, jangan ditunda. Jika cat sudah mengering pada alat anda, akan sulit dibersihkan sehingga terkadang anda harus membeli alat yang baru jika ingin mengecat lagi.

71

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Teknik Mengecat Ulang Ruangan Sebagai pemilik rumah yang peduli akan estetika, tentu Anda akan sering pula mengecat ulang rumah pada waktu occassion tertentu, seperti liburan Lebaran maupun liburan di akhir tahun. Apabila belum mengerti tekniknya, maka hasil yang didapatkan dengan mengecat sendiri akan kurang memuaskan. Untuk itu kami memberikan petunjuk mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengecat ulang rumah Anda. 1. Untuk permukaan lama, periksa lapisan plamir atau cat lama masih kuat melekat atau tidak. Untuk mengetahuinya, kuaskan air pada permukaan tersebut, tunggu beberapa saat. Jika permukaan tembok tampak gelembung-gelembung, permukaan tembok harus disekrap. 2. Permukaan yang sudah dicat sebelumnya perlu dibersihkan dulu dengan baik dan hilangkan semua bagian cat yang terkelupas, debu, dan kotoran lainnya sebelum melakukan pengecatan dengan cara diampelas lebih dulu dan lapisi dengan satu lapis cat, biarkan sampai permukaan mengering. 3. Untuk permukaan tembok luar dengan sisa-sisa cat lama yang terkelupas, debu dan kotoran tidak bisa dibersihkan seluruhnya. Berilah sebuah lapisan plamir sebelum permukaan tersebut dicat dengan cat tembok. 4. Hilangkan sisa-sisa jamur/lumut/minyak dengan membuang lapisan tersebut sampai bersih, kemudian lapisi plamir. 5. Jika sebelumnya tembok telah berwarna dan ingin mengganti warna, sebaiknya pilihlah cat tembok yang memiliki daya tutup yang kuat, jika tidak, sebaiknya menggunakan kuas rol atau menutup warna yang lama (terutama warna tua) dengan menggunakan plamir tembok. 6. Untuk mendapatkan hasil akhir terbaik untuk permukaan tembok baru, beton atau permukaan baru lainnya, berikanlah waktu pengeringan secukupnya sebelum proses pengecatan. Waktu pengeringan untuk menghindari tembok dari lembap yang dapat mempengaruhi cat menjadi berjamur dan rontok.Tembok, sebelum dicat atau diplamir, sebaiknya disiram air sebanyak mungkin dalam beberapa hari. 7. Sebelum tembok diplamir, lapisi dulu tembok dengan wall sealer guna menetralisasi PH semen agar sesuai dengan PH cat. Dengan wall sealer, cat tidak mudah mengelupas dan warna cat tidak akan berubah dari warna aslinya.

Kerusakan-kerusakan Kecil Sebuah rumah tinggal sangat dipengaruhi oleh lingkungan luar, seperti iklim atau cuaca. Faktorfaktor yang mempengaruhi kondisi rumah tersebut disebut faktor eksternal, yang meliputi suhu, 72

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

kelembapan, debu dan kotoran, dan binatang pengganggu. Rumah tidak hanya harus memenuhi fungsinya sebagai penahan panas, debu, dan air hujan, tetapi juga harus dirawat dari dalam oleh penghuninya.

Memiliki rumah tinggal yang ideal dan terus terawat akan meminimalisasi kemungkinan akan kerusakan - kerusakan yang muncul seiring dengan berjalannya waktu. Walaupun tidak menghindarkan 100 % dari kerusakan yang mungkin timbul, Anda dapat terus merawat dan memperbaiki rumah supaya terus menjadi home sweet home bagi Anda sekeluarga. Dalam 81 Tips Mengatasi Permasalahan Rumah, dikatakan bahwa permasalahan yang sering muncul jika tidak dilakukan perawatan adalah terjadinya kerusakan-kerusakan yang parah dan memiliki banyak kerugian, antara lain terjadi kerusakan permanent yang menyebabkan harga jual yang turun drastis. Kalaupun ada perbaikan harus dilakukan secara menyeluruh. Umur rumah tampak lebih tua dari umur sebenarnya. Bila kerusakan berlarut-larut maka dapat terjadi kerusakan fatal sehingga rumah memiliki umur yang lebih singkat dapat roboh. Selebihnya, kondisi rumah yang tidak terawat akan berpengaruh terhadap kegiatan di dalam rumah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dipraktekkan dalam memperbaiki permasalahan yang sering dijumpai dalam interior rumah Anda.

Dinding Lembap Karena Resapan Air Resapan air tanah dapat merambat ke dinding, dari pondasi bangunan yang plesterannya tidak kedap air. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghilangkan media tempat air meresap. Berilah tanda pada batas ketinggian yang lembap. Kupas plesteran dari batas lantai samapi ketinggian batas yang sudah ditandai, tambahkan sekitar 20 cm. Setelah plesteran dinding terbuka, lapisi dinding dengan semen yang dicairkan. Plester dinding dengan spesi kedap air beupa adukan semen dan pasir 1:2.

Lepasnya Plesteran Pada Dinding Plesteran pada dinding yang terlepas dapat diakibatkan oleh kualitas spesi pengerjaan penutupan dinding yang kurang baik. Lepas semua bagian plesteran pada dinding dengan kape sampai pada bagian yang masih melekat kuat di dinding. Basahi dinding agar plesteran baru dapat merekat kuat. Lapisi dinding dengan plesteran yang berkualitas, yaitu perbandingan semen dan pasir yang cukup.

73

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Lantai Lembap Lantai rumah yang terbuat dari kayu, keramik, ataupun bahan lainnya dapat menjadi penyebab munculnya berbagai jamur dan bakteri. Lantai lembap disebabkan air yang berasal dari tanah yang merembes ke atas dan tidak dapat terteahan oleh lapisan adukan lantai tidak kedap air. Cara mengatasinya, adalah dengan menutup nat dengan bahan kedap air. Untuk lantai parket, angkat lantai di daerah yang permukaannya lembap sampai ke urugan pasir. Lapisi permukaan pasir tadi dengan lembaran plastik. Beri spesi kedap air dengan perbandingan semen:pasir 1:2 sekitar 3 cm. Setelah kering, pasanglah lantai seperti semula.

Lantai Keramik Berjamur Lantai keramik yang terserang jamur kurang enak dipandang dan menyebabkan timbulnya penyakit. Biasanya keramik yang berjamur berada di tempat lempatp, seperti kamar mandi. Penggunaan bubuk kristal adalah salah satu cara menghilangkan noda jamur pada keramik Anda. Campurkan satu sendok bubuk kristal dengan ¼ gelas air hingga merata dalam wadah plastik.Bersihkan keramik dengan kuas atau busa spons hingga bersih. Gunakan sikat gigi untuk bagian yang agak sulit, yaitu bagian nat di sela-sela keramik. Setelah benar-benar bersih, siram lantai keramik dengan air bersih hingga mengkilat.

Sambungan Plafon Retak Keretakan pada plafon biasanya terjadi pada plafon yang berbahan gipsum. Keretakan yang paling sering muncul disebabkan oleh proses pemasangan yang kurang baik ataupun ketika terjadi masalah kebocoran pada genteng atau atap di atas rumah yang meresap hingga ke langit-langit plafon. Untuk mengatasi masalah keretakan tersebut, tambal plafon dengan kompon. Kompon merupakan bahan pengisi sambungan yang dapat meratakan oermukaan plafon gipsum. Setelah kering, ratakan kembali permukaan plafon dengan mengecat ulang.

Plafon Melengkung Penyebab dari melengkungnya plafon antara lain karena bahan rangka yang tidak menggunakan kayu berkualitas dan pemasangan yang salah, misalnya tidak sesuai dengan jarak antar-rangka. Kayu yang kurang baik juga akan mudah memuai dan dimakan rayap sehingga menyebabkan melengkung. Gunakan penyangga di berbagai titik yang mengalami pelendutan atau penurunan. Material yang biasa digunakan antara lain kayu dengan berbagai ukuran, besi hollow, dan kawat sling yang biasa

74

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

dipakai untuk jemuran. Pemakaian kawat sling dan penyangga lebih fleksibel atau lentur. Kebutuhan akan tinggi rendahnya pun dapat disesuaikan.

Kreasi Pijakan Tangga Tangga, Akses Penting dalam Rumah Bertingkat Tangga merupakan elemen yang dibutuhkan dalam sebuah rumah bertingkat. Tangga menyediakan akses secara vertikal menuju level lantai di atas rumah Anda, dari lantai bawah menuju ke lantai atas. Pada prinsipnya, pijakan anak tangga harus dapat menunjang dengan kemampuan kita berjalan naik dan memudahkan pergerakan. Ketika jarak pijakan tangga terasa amat terjal melelahkan, itu berarti desain sebuah tangga kurang berhasil. Tangga sebaiknya memiliki lebar jalan yang mencukupi, termasuk ketika menempatkan railing atau pegangan tangga. Lebar tangga juga menunjukkan bahwa sebuah area di atas ruangan tersebut termasuk area umum atau lebih pribadi. Pijakan yang lebar dan pendek berkesan mengundang, sedangkan pijakan yang lebih curam dan sempit mengindikasikan area yang lebih pribadi. Secara umum, ada enam jenis bentuk tangga yang sering dipakai dalam sebuah rumah tinggal, yaitu tanggal lurus, tangga U, tangga L, tangga memutar, tangga menyamping, dan tangga menyatu. 1. tangga lurus, yaitu tangga yang langsung mengantarkan orang per lantai secara satu garis lurus. Biasa digunakan pada ruangan yang memiliki permukaan dinding yang masih cukup luas. Bagian bawah tangga ini masih dapat dipergunakan sebagai ruangan. 2. tangga U, yaitu tangga yang biasa digunakan untuk lebih menghemat ruang daripada tangga lurus. Bagian bawah tangga ini masih dapat dipergunakan sebagai ruangan, biasanya kamar mandi atau kabin. 3. tangga L, yaitu tangga yang menyerupai tangga lurus namun tidak memiliki akses pandangan yang langsung dari bawah ke atas (dibelokkan) 4. tangga memutar, yaitu tangga yang berbentuk pembagian lingkaran. Biasa digunakan pada ruangan yang sempit, atau di luar ruangan. Struktur tangga ini berada pada titik pusat lingkaran. 5. tangga menyamping, yaitu tangga yang berbentuk melengkung atau siku-siku. Posisi tangga menyamping tidak lurus tetapi agak dibelokkan. 6. tangga menyatu, yaitu tangga yang merupakan gabungan beberapa jenis cabang tangga yang bertemu pada area bordes.

Berbagai Kreasi Pijakan Tangga Sebagai Unsur Estetika di Dalam Sebuah Rumah 75

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Ternyata tidak hanya lemari, lampu, atau furnitur lain yang dapat menjadi pusat perhatian dalam sebuah rumah bertingkat. Pilihan jenis tangga yang unik juga dapat menjadi daya tarik pada interior rumah Anda. ? hanging foot step

Anak tangga jenis ini berupa balok-balok masif yang ditanam merapat pada bagian dinding dengan diberi jarak ketinggian antar anak tangga. Berbeda dengan tangga konvensional yang memerlukan pondasi sebagai kekuatan pengikatnya, tangga ini mengandalkan dinding sebagai kekuatan utama. Kesan yang ditimbulkan adalah tangga yang melayang atau mengambang. Tangga ini dapat diterapkan untuk memberikan kesan modern. Cahaya dan udara juga dapat masuk melalui sela-sela anak tangga sehingga memberikan penghawaan yang baik untuk bagian ruangan di bawah maupun di atasnya. ? tangga zigzag

Tangga zigzag dapat dibuat dari material logam seperti misalnya baja ringan. Anak tangga zigzag dibuat sebelah menyebelah antara kanan dan kiri (tetapi tidak satu garis lurus) dengan pembatas di bagian tengahnya. Kesan yang ditimbulkan adalah kesan tradisional dan unik. ? blok-blok tangga

Anak tangga jenis ini menggunakan material hardboard atau blok gips bertulang (seperti dadu yang berukuran besar). Setiap blok disusun merapat sehingga membentuk pijakan kaki kanan dan kiri hingga ke lantai berikutnya. Struktur penyangga dapat berupa sistem tangga konvensional ataupun ditanam setengah ke dinding. Kesan yang ditimbulkan oleh tangga ini adalah berat dan penuh. ? tangga kaca

Tangga kaca memiliki daya tarik ruang tersendiri karena material yang digunakannya bersifat transparan. Berjalan di atasnya seakan berjalan di udara. Aplikasi material kaca yang paling sering dijumpai adalah pada bagian anak tangga dengan struktur pendukung baja ringan di bawahnya. Kesan yang ditimbulkan adalah ringan dan melayang.

Desain Kabin Populer Ketika melihat rumah idaman dalam buku-buku interior, seringkali pemikiran pertama Anda adalah bagaimana menghasilkan kebersihan dan kerapian rumah seperti yang tersaji di gambar tersebut. Namun kenyataannya, jumlah barang-barang di rumah seringkali membludak dan membuat kita sangat kesulitan meletakkannya demi hunian rapi yang diidamkan. Kegunaan furnitur-furnitur ini di dalam hunian Anda sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas seharihari dengan membuatnya lebih tertata dan terorganisir.

76

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Kehadiran furnitur meja sangat menunjang kenyamanan ruang duduk karena dapat digunakan untuk meletakkan berbagai benda. Meja di sekitar tempat duduk pun dapat terintegrasi dengan pencahayaan sehingga dapat mengefisiensikan penempatan posisi lampu di dinding. Namun, komposisi permukaan sebuah meja sangat terbatas dan tentunya tidak cukup untuk mewadahi semua barang di rumah Anda. Adakah solusi untuk menyiasati masalah tersebut? Tentu saja. Salah satunya adalah berkreasi dengan bentuk rak dan kabin. Kami ajak Anda untuk menyimak tips-tips berikut.

Fungsi Penyimpanan Rak Rak merupakan tempat penyimpanan yang terbuka, bisa merupakan bagian dari lemari atau terpisah sama sekali. Rak biasanya digunakan untuk memajang benda-benda koleksi. Rak ini bersifat terbuka dan juga didesain tanpa penutup.

Rak sangat praktis untuk memudahkan Anda mengambil benda-benda yang sering digunakan, tetapi seringkali rak tidak dapat menyembunyikan benda-benda yang tercecer sehingga masih dapat mengganggu visual apabila jarang ditata ulang. Untuk fungsi penyimpanan yang lebih maksimal, kita dapat lebih menggunakan kabin.

Fungsi Penyimpanan Kabin

77

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Kabin atau yang sering dikenal dengan lemari, merupakan furnitur wajib bagi setiap penghuni rumah. Kabin memang dibutuhkan terutama dalam fungsinya menyimpan barang-barang dalam jumlah banyak. Perlu diperhatikan bahwa setiap jenis barang memiliki kebutuhan akan perawatan yang berbeda-beda. Kelompokkan barang sesuai jenisnya. Misalnya kabin untuk menyimpan buku sebaiknya bersifat terbuka atau transparan, baik pada satu sisi atau kedua sisi rak dan kabin. Hal ini perlu diperhatikan karena buku cepat rusak jika tempatnya lembab. Posisikan arah hadap rak dan kabin supaya mendapatkan cukup cahaya matahari tetapi terhindar dari serangan air.

Desain-desain kabin yang menyulap ruangan Anda supaya tampak sleek dan rapi

Berbagai barang yang terdapat di ruang tamu dan ruang keluarga sudah pasti membutuhkan tempat penyimpanan, terutama bagi kolektor benda-benda tertentu. Pada umumnya, lemari dan rak biasa digunakan untuk kebutuhan ini. Keduanya dapat dibangun secara menyatu dengan hunian (built in), maupun berdiri terpisah. Pergunakanlah lemari untuk menyimpan koleksi barang-barang yang besar dan berat, sementara baranng yang lebih ringan dan kecil dapat diletakkan di rak. 78

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Jika ingin meletakkan barang agar rapi dan tidak terlihat, gunakan kabin berdaun pintu. Jika ingin menghindarkan benda dari debu dan kotoran namun tetap terlihat dari luar, gunakan kabin berlapis kaca. Untuk menampung benda-benda yang cukup banyak, manfaatkan permukaan dinding menjadi kabin tanam.

Kabin Dwifungsi Bagi Anda yang mempunyai hobi berfoto dan ingin memperlihatkan momen-momen kenangan manis bersama keluarga, Anda dapat menjadikan pigura foto sekaligus menjadi elemen pintu kabin. Desain kabin ini dapat Anda pesan pada pengrajin langganan Anda, maupun dibeli dari toko-toko yang menyediakan furnitur siap pakai.

Posisi-posisi kabin yang sesuai di dalam rumah Anda Jika rumah Anda hanya memiliki sedikit ruang yang tersisa, manfaatkanlah ruang-ruang tersebut dengan maksimal. Misalnya pada daerah di bagian bawah tangga, berpotensi untuk penyimpanan barang. Kabin dapat berfungsi sebagai gudang kecil.

Terkadang ruang yang terlalu besar dan lapang terasa kurang nyaman, apalagi jika hanya diiisi dengan sedikit furnitur. Kesan kosong dan kurang akrab akan menjadi sangat dominan. Untuk itu Anda dapat memberikan beberapa penyekat. Jika rumah Anda memiliki banyak ruang yang tergabung menjadi satu tanpa adanya sekat yang membagi tiap area yang Anda inginkan, kabin yang diletakkan di antara ruang-ruang sebagai pembatas dapat berfungsi sebagai penyekat yang memperjelas pembagian zona dalam interior rumah.

79

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Posisi kabin sebagai penyekat rumah Pada prinsipnya, dengan memasukkan warna agak gelap pada bagian dinding, yaitu pada satu atau dua dinding saja, akan terbentuk ruangan yang lebih nyaman dan menimbulkan kesan akrab. Demikian pula hal ini berdampak pada pemilihan warna material yang menyusun kabin Anda. Pilihlah warna kabin penyekat yang senada dengan warna ruangan Anda, namun dengan tone yang berbeda. Misalnya pada ruangan Anda yang bernuansa krem muda, Anda dapat memberikan kabin penyekat yang berwarna coklat agar selain dapat memenuhi kriteria di atas, juga memungkinkan ruang penyimpanan yang lebih banyak di dalam rumah.

Berbagai Gaya Pribadi yang Khas dalam Hunian Anda Tahukah Anda bahwa ruang-ruang dalam sebuah hunian memiliki ekspresi untuk diungkapkan kepada siapapun yang berada di dalamnya? Dan sebagai pemilik rumah, Anda tentunya juga memiliki kepribadian dengan gaya atau style tersendiri. Melalui nuansa yang dihadirkan dalam ruangan, rumah Anda dapat menceritakan siapa Anda, tentunya dengan gaya Anda sendiri.

Maksimalisasi style Dalam Ruangan = Minimalisasikan Style Dalam Hunian Pada prinsipnya, ketika Anda berfokus terhadap kualitas sebuah ruangan dalam hunian, ciri khas yang sesuai dengan pribadi Anda akan semakin terlihat. Sebaliknya, jika semua ruangan ingin berbicara, jangan-jangan nanti malah tidak nyambung. Sebaiknya kita tidak memilih semua gaya dan hanya pilih satu gaya secara menyeluruh, dibandingkan banyak gaya secara gagap.

80

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Anda tidak perlu mati-matian mengekspos seluruh ruangan dalam hunian supaya masing-masing terlihat keren. Semakin ramai dan serba komplit belum tentu berakibat baik bagi hunian Anda. Jangan sampai nantinya rumah justru lebih menjadi sebuah museum bagi tamu-tamu Anda, dibandingkan menjadi rumah idaman bagi Anda sendiri.

Jadi, Ruangan Mana Saja yang Ideal Untuk Personalisasi Sebuah Style? Pilihlah bagian ruangan rumah yang memiliki arti tersendiri bagi Anda, misalnya dapur Anda. Anda dapat juga memilih ruangan yang paling sering terpakai, seperti kamar mandi utama di lantai bawah. Anda dapat juga memberikan sentuhan gaya pada ruangan yang sebenarnya berkualitas dalam hal fungsi ruangan, tetapi menjadi jarang dipakai karena tampilannya yang kurang menarik, seperti sudut ruangan yang kosong di sebelah ruang makan Anda.

Perpaduan Warna Sebagai Pembeda Style di Dalam Ruangan Setelah Anda mengerti prinsip dasar dalam menerapkan style dalam sebuah hunian, kini Anda dapat mendefinisikan termasuk yang manakah selera Anda: modern, classic, atau vintage. Berikut ini kami sajikan pedoman sederhana perpaduan warna dalam menghadirkan kesan yang Anda inginkan. 81

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

modern. Warna biru terang dan warna putih merupakan ciri khas gaya modern. Warna biru menimbulkan nuansa dingin yang sesuai dengan jiwa modern. Putih memberikan kesan bersih dan sederhana (simpel, tanpa tradisi).

classic. Merah marun, kuning gading, dan coklat adalah warna-warna khas yang sering terlihat dalam gaya klasik. Gaya ini terlihat mewah sekaligus tradisional.

vintage. Warna-warna yang menyala dan terkesan unik adalah ciri khas gaya vintage. Di antara warna-warna tersebut adalah biru toska, hijau lemon, dan warna jingga.

82

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Menghadirkan Kesan Vintage dalam Kamar Mandi Anda Jika dibandingkan dengan gaya klasik dan gaya modern yang lebih dahulu populer, pedomanpedoman praktis yang mengacu pada gaya vintage lebih jarang ditemui. Karenanya, kali ini kami sajikan beberapa pedoman praktis untuk Anda dalam menciptakan gaya vintage dan old fashioned, yang kini mulai banyak digemari para pecinta interior. Terapkan ide-ide berikut untuk tampilan kesan vintage yang kental ke dalam sudut paling vital: kamar mandi Anda.

Dinding atau lantai mozaik. Corak mozaik dapat dibentuk dari pecahan-pecahan keramik dinding yang berwarna cerah dan tidak lagi terpakai. Tingkat kesulitan pembuatannya tinggi dan memakan waktu yang lebih lama, tetapi setara dengan hasil kreatif yang akan Anda dapatkan. Pola yang dihasilkan juga sangat personal dapat menyesuaikan dengan pilihan Anda.

Pola mozaik juga dapat dicetak dalam modul keramik berukuran standar dan dapat langsung dipasang seperti pemasangan keramik dinding biasa. Dinding mozaik seperti ini sudah banyak tersedia di pasaran.

Pilihan pajangan berwarna menyala. Koleksi barang-barang kuno seperti vas antik, sangat cocok diletakkan sebagai focal point dalam kamar mandi Anda. Namun jika tidak memilikinya, pajangan berwarna menyala dapat menjadi alternatif untuk menghadirkan aksen vintage.

Pilihan furnitur & detail kamar mandi. Sebenarnya tidak terlalu banyak barang yang harus dipamerkan dalam sebuah kamar mandi supaya berkesan vintage. Tetapi jika masih menginginkannya, jadilah selektif dalam menentukan model dan tipe furnitur di dalam 83

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

kamar mandi Anda. Anda dapat memilih model keran atau baththub yang terkesan vintage.

Kreatif dalam Mendesain Kamar Anak Ketika berkreasi dalam sebuah kamar anak, Anda dapat menyusun beberapa tema suasana yang mendukung kepribadiannya, misalnya tema langit biru yang luas untuk pribadi periang. Penciptaan suasana dalam sebuah tema tersebut dapat diterapkan tak hanya dengan warna cat saja, tetapi dapat dikombinasikan dengan teknik-teknik melukis. Teknik-teknik mengecat ini hampir serupa dengan teknik melukis ruangan, atap dan dinding, yang telah sejak lama dikembangkan. Selain tema suasana, pola dan tekstur juga dapat dikombinasikan supaya menghasilkan kesankesan visual tertentu. Berikut ini adalah beberapa teknik untuk menghasilkan efek dalam sebuah ruangan dengan kreasi media cat. 1. teknik colourwashing, yang diaplikasikan dengan cara mengulang sapuan lapisan cat tipistipis (secara layering) secara silang-menyilang. 2. teknik sponging, yang diaplikasikan memanfaatkan tekstur spons busa sehingga menimbulkan efek bercak-bercak. 3. teknik ragging, yang serupa dengan teknik sponging tetapi dengan menggunakan kain atau plastik yang dipilin. 4. teknik shading, yaitu dengan mengecat warna secara gradasi dari warna lebih terang ke warna lebih gelap. 5. teknik spattering atau splash, yaitu teknik mengecat dengan mencipratkan cat lewat kuas atau sikat. Teknik ini dapat digantikan dengan metode paintbrush atau cat semprot. 6. teknik stencilling, yaitu teknik mengecat dengan media stensil dengan bentuk pola tertentu. 7. teknik stamping, serupa dengan teknik stencilling dengan menggunakan pola tertentu sebagai cetakan catnya. 8. teknik faux finishes, yaitu teknik cat yang digunakan untuk menyerupai tekstur material tertentu, misalnya bambu, kayu, atau marmer.

Aplikasi wallpaper untuk Kamar Anak Ada lagi sebuah cara yang lebih praktis untuk aplikasi nuansa selain dengan mengecat dinding, yaitu dengan aplikasi wallpaper. Wallpaper adalah media penciptaan nuansa ruangan dengan keunikan dalam hal tekstur dan pola. Dalam waktu pengerjaannya, aplikasi wallpaper akan jauh lebih cepat, terutama dalam hal pengulangan tekstur dan pola. Ketika mengaplikasikan cat, akan 84

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat sebuah pola yang berulang, karena biasanya kita akan melakukannya satu per satu. Hal ini tentunya berbeda dengan aplikasi wallpaper yang telah tersedia dalam berbagai pilihan warna, pola, dan tekstur. Tinggal pasang, rekatkan, beres. Secara umum, wallpaper terbagi menjadi tiga jenis: vinyl wallpaper, pre-pasted wallpaper, dan lining paper. Jenis vinyl wallpaper memiliki lapisan berlapis PVC, cocok digunakan untuk ruang anak, dapur, kamar mandi, dan ruang-ruang lain yang cenderung lembab dan basah. Jenis berikutnya adalah pre-pasted wallpaper yaitu wallpaper yang bersifat kering. Untuk melekatkannya dibutuhkan proses perendaman di dalam air. Jenis terakhir adalah lining paper, yang digunakan di bawah wallpaper untuk memberi tampilan yang lebih halus. Jenis wallpaper dapat dikombinasikan satu sama lain, misalnya vinyl wallpaper dengan lining paper di bagian yang sejajar dengan pandangan mata. Beberapa tips dalam pemasangan wallpaper, di antaranya:

Gunakan wallpaper berkualitas baik yang lembarannya lebih tebal dan kuat, untuk menghindari permukaan yang menggelembung dan gampang terlepas.

Sediakan wallpaper yang mencukupi kebutuhan ruangan, atau lebih, sebab pembelian dalam jumlah sedikit biasanya jatuh lebih mahal. Untuk alternatif lis wallpaper, Anda dapat berkreasi lewat potongan gambar karakter-

karakter kartun yang digemari oleh si anak.

Anda dapat juga melibatkan si anak belajar menggunting sendiri gambar kartun kesukaannya, tentunya dengan penggunaan gunting kecil untuk anak-anak, dan masih berada dalam pengawasan Anda. Di samping lebih hemat, cara ini melatih kreativitas anak sejak dini, sekaligus menambah waktu berkualitas Anda bersamanya. 85

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Tema-tema yang dapat diusung untuk aplikasi wallpaper dalam desain kamar anak antara lain adalah secara Ornamented, Visual favorite, dan Back to Nature. Tema ornamented dapat langsung diaplikasikan dengan pemilihan grafis yang mewakili bentukbentuk dasar kesukaan si anak, misalnya bulat-bulat berwarna warni pastel, kotak-kotak, maupun garis-garis. Bentuk yang simpel membuat kesan ruangan lebih sederhana tetapi tidak terlalu monoton. Si anak juga seringkali mengidolakan atau menyukai karakter tertentu. Kegemarannya dapat diusulkan menjadi tema visual favorite, yang dipasang pada bagian-bagian lis wallpaper dan menceritakan tokoh karakter yang dekat dengannya. Misalnya, karakter dunia Disney maupun karakter yang lebih universal seperti snowman.

Pada kamar anak dapat pula diterapkan tema back to nature yang sesuai dengan karakter anakanak yang suka bermain di luar ruangan. Seperti pada teknik mengecat faux finished, aplikasikan wallpaper yang menyerupai tekstur-tekstur alam seperti kayu, langit, atau rerumputan. Selain lebih terasa bermain kembali ke alam, pemilihan warna pastel yang tepat akan dapat membuat ruang kamar anak terasa lebih lega atau lapang.

Nuansa Lembut untuk Kamar Anak Memiliki anak kecil adalah hal teristimewa bagi setiap orangtua. Namun pernahkah terpikirkan bahwa lingkungan istirahat adalah tempat yang paling strategis untuk mendukung pertumbuhan mereka? Benar, karena di sanalah mereka menghabiskan hampir dua pertiga waktu mereka (dalam istirahat ideal selama + 8 jam).

86

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Sisi Psikologis dalam Aplikasi Warna Cat Dinding Secara psikologis, nuansa kamar tidur yang tepat dapat memberikan pengaruh yang baik bagi kepribadian sang anak. Salah satu penentu nuansa tersebut adalah warna dinding. Mengapa dinding? Karena dinding adalah elemen interior yang mengelilingi seseorang dalam sebuah ruangan, sehingga keberadaannya yang paling mempengaruhi perasaan dan pikiran. Sementara warna-warni ceria lebih sesuai untuk ruang bermain anak, warna yang lembut lebih sesuai dipakai untuk tempat anak beristirahat. Warna-warna lembut disebut juga warna pastel atau warna muda. Supaya menciptakan nuansa yang sesuai untuk buah hati, Anda dapat menghadirkannya dengan tampilan dinding di kamar. Berikut kami hadirkan pedoman praktis dalam menampilkan nuansa lembut untuk kamar anak Anda

Untuk kamar anak Anda, aplikasikan nuansa warna lembut yang cocok untuk anak dan kepribadiannya, misalnya biru untuk anak laki-laki, dan pink untuk anak perempuan. Baik Anda sadari atau tidak, memisahkan perlakuan terhadap anak Anda secara gender dalam hal-hal kecil seperti penentuan warna ini juga memiliki peran terhadap tumbuh kembang si kecil dari masa kanak-kanaknya.

87

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Namun Anda harus berjiwa besar dan tidak memaksakan kehendak ketika mereka memilih untuk menyukai warna lain yang tentu saja netral (kuning, krem, atau hijau). Hanya saja hindari warna hitam, yang menimbulkan kesan suram atau gelap, sehingga dapat berpengaruh terhadap cara pandang mereka kelak ketika beranjak dewasa. Usahakan supaya dalam satu kamar hanya terdapat 1 warna senada. Jika menginginkan warna lain, pilih 1 permukaan dinding saja untuk menjadi titik fokal dalam interior dan menghindari kesan bertabrakan yang membingungkan. Misalnya, 3 sisi dinding berwarna biru muda dan 1 sisi dicat dengan biru yang lebih tua. Pembedaan warna kamar anak dengan ruangan lain sekaligus menanamkan dalam pikiran anak bahwa dirinya spesial, terutama di mata orang tuanya.

Untuk membantu memudahkan Anda mengecat ruangan kamar anak dengan baik dalam waktu yang efisien, berikut kami berikan teknis-teknis praktis dalam mengecat. 1. Isolasi Kertas. Tutup bagian-bagian yang tidak akan anda cat dengan isolasi kertas. Untuk mencegah cat tercecer pada bidang tersebut, dan anda tidak perlu buang-buang waktu membersihkan ceceran cat itu. 2. Ember Cat. Gunakan ember cat yang bersih, mencegah cat dari kontaminasi kotoran dan debu. Penggunaan ember juga membantu anda mengukur banyaknya volume cat yang akan digunakan, sehingga mengurangi sisa cat yang tidak terpakai. 3. Persiapan Cat. Bersihkan permukaan dindingmyang akan dicat dari debu dan kotoran, jika perlu lakukan pengamplasan supaya cat baru dapat kuat melekat. Jika anda perkirakan akan menggunakan 2 kaleng cat dalam satu bidang, ada baiknya anda campurkan 2 kaleng cat tersebut dalam satu wadah besar. Hal ini mencegah cat menjadi belang, jika anda melakukan pengecatan dari 2 wadah terpisah. 4. Teknik Pengecatan. Mulailah pengecatan dari sudut bidang, kemudian lanjutkan kebidang tengah. Yang harus diingat adalah lakukan pengecatan dari area yang kering ke area basah yang telah anda cat (bukan sebaliknya). 5. Arah Pengecatan. Lakukan arah pengecatan dengan arah yang sama, jangan acak. Hal ini membuat hasil cat baik dan rata, juga mengeffisienkan penggunaan cat. 6. Kuas. Gunakanlah paling tidak 2 jenis kuas. Atau jika anda menggunakan roll cat, gunakanlah paling tidak 2 jenis roll cat. Ukuran yang lebih besar untuk bidang yang besar, dan ukuran kecil untuk bidang sudut. 7. Roller Cat. Jika anda menggunakan roller cat, ada beberapa jenis ketebalan roller cat dipasaran. Jika roller cat lebih tebal maka area penutupannya lebih luas. Gunakan pula

88

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

bak cat untuk meratakan volume cat pada roller, agar cat dapat diaplikasikan dengan baik pada bidang. 8. Penyelesaian. Jika anda telah selesai mengecat, segeralah melepaskan isolasi kertas tadi sebelum cat anda kering. Kemudian biarkan cat anda kering dengan sendirinya. 9. CAT ORGANIK Selain memperhatikan cara mengecat, terlebih lagi kita harus peka dalam memilih cat yang dipakai pada ruang kamar anak. Pasalnya, anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang lebih rentan dibandingkan orang dewasa. Kini telah ada jenis cat baru yang sama sekali bebas bahan kimia. Jenis cat tersebut disebut cat organik, yang terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan, aman diaplikasikan, dan tidak membahayakan kesehatan anak Anda.

Kolam di Dalam Ruangan Tak Harus Basah Sebuah kolam atau taman dapat berfungsi sebagai alternatif ruang terbuka dalam rumah Anda. Maksud dari ruang terbuka adalah untuk memberikan penghawaan atau pengudaraan ruangan yang lebih baik. Ruang terbuka juga penting untuk memberikan kenyamanan bagi setiap orang yang tinggal dalam sebuah rumah. Sayangnya kebanyakan orang merasa malas memiliki kolam atau taman di dalam rumah karena perawatan yang cukup repot: proses pembersihan, penggantian rutin air kolam supaya tetap jernih, terlebih ketika memelihara ikan kesayangan di dalamnya.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada jenis kolam yang tidak harus basah. Kolam itu adalah kolam zen. Kolam zen juga dikenal dengan taman zen atau zen garden. Mungkin Anda baru beberapa kali mendengar istilah tersebut, atau bahkan belum pernah. Mari kita mengenal lebih jauh seperti apa itu kolam zen.

Darimanakah istilah kolam zen berasal? Kolam atau taman zen adalah taman atau kolam yang menghadirkan suasana tenang dengan kesederhanaan. Istilah zen sendiri berasal dari filosofi Jepang yang mengutamakan keheningan dan berdiam diri. Pada masa kini, filosofi zen sering dipadukann dengan hal-hal yang bersifat modern dan minimalis, karena memiliki prinsip yang serupa.

Mungkin Anda jadi bertanya-tanya, jika tidak diisi dengan air maupun tanah, lalu apakah isinya? Kolam zen dapat diisi dengan pasir atau bebatuan kecil. Bebatuan yang sering dipakai adalah batu

89

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

yang bulat dan permukaannya halus (yang biasanya dipakai untuk terapi batu panas di salonsalon).

Baiklah. Lantas apa fungsinya jika kolam ini diterapkan di dalam rumah? Kolam zen memberikan ketenangan dan keteduhan. Elemen pasir memang serupa dengan elemen batu, hanya saja pasir berukuran lebih kecil. Kedua elemen tersebut memiliki warna yang lembut sehingga juga dapat memberikan kesan natural. Kolam zen juga dapat meredam suara karena sifat dari material pasir itu sendiri yang menyerap getaran suara.

Berbeda dengan kolam biasa, kolam jenis ini bersifat kering. Karena itu, perawatan kolam zen tergolong lebih mudah dibandingkan kolam biasa.

Bagaimana Kolam zen Mempercantik Interior Rumah?

Pada bagian sebelumnya telah disinggung bahwa kolam Zen merupakan salah satu alternatif ruang terbuka dalam rumah Anda. Berikut ini akan kami hadirkan lima langkah mudah bangun kolam zen dalam hunian Anda.

Lima langkah mudah bangun kolam zen: 1. Tentukan luas & kedalaman kolam zen yang diinginkan. Sesuaikan dengan ukuran & proporsi ruangan rumah Anda. Hal ini menjaga agar ruang yang Anda pakai untuk kolam zen tidak berlebihan atau terlalu kecil. Proporsi yang tepat akan memudahkan Anda pula untuk nantinya berkreasi dengan komposisi kolam zen. 2. Pilihlah material tepian kolam zen. Jika Anda merencanakan kedalaman kolam zen yang berbeda jauh dari ketinggian lantai, pilih material yang membedakan antara lantai dan kolam untuk alasan keselamatan. Misalnya dengan pemilihan warna lain. 3. Perhatikan pemilihan pasir atau bebatuan pengisi kolam zen (ukuran, bentuknya). Isi kolam dengan 1 warna pasir yang sama/ serupa. Elemen pasir serupa dengan elemen batu (hanya saja pasir berukuran lebih kecil) memiliki warna yang lembut sehingga juga dapat memberikan kesan natural. 4. Ratakan terlebih dahulu pasir dalam kolam zen. Dengan garpu ladang atau tongkat, dapat ditambahkan tekstur pada kolam zen. misalnya repetisi garis bergelombang, bentuk

90

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

pelangi,

dsb.

(seperti

ketika

bermain

di

tepi

pantai).

5. Letakkan ornamen Anda untuk menyempurnakan kolam zen. Seperti halnya karang dan batu cadas dapat menjadi ornamen dalam sebuah kolam, demikian berlaku hal yang sama pada kolam zen. Benda seni atau koleksi natural dari pemilik rumah dapat digunakan sebagai titik fokal di dalam kolam zen.

91

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Ketika Kolam Zen Tak Lagi Efektif Bosan ketika terlanjur memiliki kolam zen? Tenang, Anda jangan khawatir. Tidak perlu cepatcepat menguruk lantai/ menutupnya dengan plesteran. Berikut kami hadirkan beberapa tips kreatif yang dapat dipakai untuk menyiasatinya. 1 Sering-seringlah mengganti ornamen utama kolam zen. Jadikan kolam zen semacam

ruang display bergilir untuk barang-barang koleksi Anda dari waktu ke waktu. 2 Ubah saja fungsinya. Tempatkan koral-koral laut, cangkang atau kulit kerang, beberapa

ember plastik warna-warni, dan sekop di dalamnya. Kini kolam zen telah beralih fungsi sebagai ruang berkarya si buah hati, yang menyerupai pantai kecil di dalam rumah. 3 Keluarkan ornamen yang berukuran besar dari kolam zen. Tempatkan sebidang kaca tebal

sesuai ukuran kolam pada bagian atas yang sejajar dengan lantai. Kaca dapat ditahan dengan logam siku atau ditahan pada bidang semen yang ditambahkan di bagian dalam sisi kolam. Kini lantai unik Anda sudah tersedia dan bersiaplah untuk berjalan di atasnya.

Teknik Pewarnaan Dinding selain Cat Memberi warna pada dinding bangunan—biasanya dinding pembatas bangunan hanya difinishing ala kadarnya, ada yang memilih teknik finishing acian semen polos, ada pula yang bahkan 92

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

sengaja tidak meng-aci—lazimnya dilakukan dengan cara mengecat permukaan dinding tersebut. Ya, cara itu memang terlanjur dikenal sebagai cara yang paling mudah dilakukan. Padahal, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat awam akan isu ramah lingkungan serta kian populernya pemakaian dinding polos ekspos semen, maka teknik pengolahan dinding ekspos semen agar tampil lebih menarik dengan wajah natural juga makin beragam. Di antara berbagai teknik yang dilakukan, menutup dinding pembatas bangunan yang dibuat dari ekspos semen dengan tanaman merambat adalah ide yang menarik!

Tanaman Rambat, Solusi Cerdas Menutup Dinding Ekspos Abu-abu, putih atau hitam. Tiga warna itulah yang biasanya jadi warna andalan untuk menutup tembok pembatas lahan bangunan dengan lahan orang lain. Bosan? Wajar kalau Anda merasa bosan dengan tampilan warnanya yang itu-itu saja. Jika tampilan seperti itu sudah tidak menarik untuk dipandang lagi, mari coba pikirkan bersama tampilan seperti apa yang praktis namun dapat membuat tembok pembatas bangunan lebih atraktif. Kenapa tidak memanfaatkan kehadiran tanaman untuk menutup permukaan dinding ekspos? Bukan tanaman berukuran besar seperti pohon akasia atau pohon kamboja, tentunya. Yang kami sarankan di sini adalah menggunakan tanaman rambat yang ditempelkan ke dinding dalam jarak yang berdekatan sehingga menutup dinding secara keseluruhan. Warna hijau dari tanaman seolah memberikan aksen warna yang menarik bagi tampilan dinding. Dinding ekspos semen yang tadinya berkesan dingin dan keras akibat warna abu-abu monokromnya dapat terlihat lebih lembut setelah ditambahi aksen tanaman rambat. Tak salah memang jika keberadaan tanaman rambat disebut sebagai elemen yang dapat memperlunak tampilan ekspos material. Kehadiran tanaman merambat sebagai aksen warna dinding ekspos memang sudah diyakini kebenarannya. Terlebih lagi jika tanaman ini dirawat dengan seksama, pasti akan membuat tampilan dinding kian asri.

Tanaman Apa yang Cocok? Lantas, pertanyaan selanjutnya pasti adalah jenis tanaman merambat mana yang cocok dipakai? Tanaman merambat menurut cara penanamannya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu tanaman benalu dan tanaman yang ditanam. Tanaman benalu cenderung tumbuh dengan menumpang pada tanaman lain sebagai induknya sementara tanaman yang ditanam tergolong tanaman yang harus ditancapkan ke tanah dahulu sebelum bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Dari 2 jenis tanaman ini, sebaiknya pilih jenis tanaman yang ditanam. Proses perawatannya memang lebih ekstra dibanding tanaman benalu namun hasilnya pun akan lebih memuaskan.

93

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Nah, dari jenis tanaman merambat yang ditanam ini, kita mengenal lagi jenis berikutnya yakni tanaman yang hanya berdaun saja dan tanaman yang berdaun dan berbunga. Biasanya, pilihan orang berbeda-beda ketika sampai di tahap ini. Orang yang suka dengan tampilan warna-warni bunga pasti akan memilih tanaman yang ada bunga dan daun sekaligus. Namun, untuk kombinasi dengan tembok ekspos semen, sebaiknya pilih tanaman yang berdaun saja. Apa sebabnya? Tampilan tembok ekspos semen itu kuat mengusung gaya naturalis yang simpel dan apa adanya. Maka, tanaman yang pas dipadukan dengan gaya seperti itu adalah tipikal tanaman sejenis yang memancarkan kesan simpel namun harus punya keunikan yang khas. Cari tanaman yang karakter daunnya kuat—berwarna hijau pekat, berukuran cukup besar dengan susunan tulang yang tampak di permukaan disertai dengan akar tanaman yang menonjol.

Tanaman dolar adalah tanaman yang masuk dalam kriteria di atas. Sepintas lalu, bentuk tanaman ini hampir mirip dengan tanaman-tanaman lainnya yang lazim ditemui di pekarangan, memiliki batang utama dan batang daun. Daunnya bulat berwarna hijau, berukuran mulai dari jempol 94

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

tangan hingga telapak tangan orang dewasa. Yang membuatnya unik dan istimewa adalah kemampuan tanaman ini untuk saling sambung-menyambung ketika ditanam berdekatan. Tanaman ini memang masih kurang populer dibanding jenis tanaman rambat lainnya. Konsumen masih lebih banyak memilih jenis tanaman rambat yang berbunga. Padahal, tanaman ini juga dapat memberikan kesan indah sebagai penutup dinding ekspos material. Tekstur tanaman ini akan tampak makin cantik saat semua batangnya saling menyambung dengan batang lainnya secara alami. Tanaman dolar lebih sering dipakai sebagai tanaman pengisi pekarangan dibanding hiasan di dalam rumah. Hal ini erat kaitannya dengan fungsi daun dolar yang dapat melindungi tembok rumah, Tembok yang ditutup daun dolar akan terlindungi dari cahaya matahari dan hujan—jadi tak perlu khawatir untuk mengecat ulang karena tembok tampak kusam. Selain itu, tanaman ini dipercaya dapat menahan pantulan panas sinar matahari. Efeknya, suasana sekitar jadi lebih sejuk. Tanaman dolar juga dapat dipakai sebagai penyaring debu. Debu merupakan salah satu makanan tanaman ini. Jadi jika Anda ingin menyaring debu dengan cara alami, taruh saja tanaman ini di dalam atau luar ruang. Menutup dinding ekspos dengan tanaman dolar merupakan pekerjaan yang mudah, Akar tanaman ini harus ditancapkan dahulu ke dalam tanah supaya nanti daunnya bisa tumbuh ke atas dan menempel di dinding—tanaman ini punya akar yang kuat sehingga bisa mencengkeram dinding, tak heran sering dipakai untuk menutup permukaan dinding ekspos hingga pagar beton. Lihat juga jenis dolarnya—dolar yang daunnya besar atau kecil—karena jarak yang diperlukan untuk tanaman dolar yang daunnya lebih kecil relatif lebih rapat dibanding tanaman dolar yang daunnya lebih besar, dan sebaliknya. Biasanya, dolar yang ditanam ke dalam tanah paling banyak hanya delapan batang. Dalam pertumbuhannya kemudian, tanaman ini akan merambat serta saling menyambung satu dengan yang lainnya dan menciptakan tekstur serta pola yang alami. Perawatan yang perlu dilakukan tergolong kategori perawatan yang sederhana sebab tanaman ini sudah mendapat makanan dari tanah dan debu di udara serta disirami oleh air hujan. Palingpaling Anda hanya perlu memangkas pertumbuhan daun dan batang yang tidak rapi. Biasanya, untuk tanaman dolar ukuran kecil, pemangkasan bisa dilakukan sebulan sekali.

95

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Tanaman merambat lainnya yang dapat dipakai sebagai aksen warna dinding ekspos adalah sirih gading. Tanaman ini biasanya tumbuh merambat pada tanaman pohon. Warna daunnya merupakan perpaduan antara warna kuning dan hijau, memberi kesan gagah yang amat kuat. Sayangnya, pertumbuhan tanaman ini agak kurang rapih sehingga butuh perawatan yang lebih ekstra dibanding tanaman dolar. Alasan itulah yang membuat tanaman ini kurang populer. Namun demikian, Anda tak perlu ragu untuk memanfaatkan tanaman ini sebagai alternatif. Karena jika dirawat dengan benar, tampilan tanaman ini justru lebih cerah berkat paduan warna daunnya. Satu lagi, tanaman ini cocok dipakai sebagai penutup dinding ekspos jika ada kolam di 96

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

dekat tembok batas bangunan Anda. Akar tanaman ini yang panjang dan menjulur ke mana-mana akan hidup makin subur di dekat tanah yang beriklim lembab. Jadi, tanaman yang mana yang akan Anda pilih untuk memberi aksen warna pada tembok batas bangunan? Tak ada lagi komentar bosan dengan abu-abu, hitam dan putih, ya! Buktikan bahwa tembok batas bangunan yang tadinya cuma warna ekspos semen pun bisa tampil menarik. Plus, ada manfaat lainnya lagi, membawa keasrian dan kesejukan dalam hunian. Selamat terinspirasi!

Rumah Aman dan Manis dengan Teralis Sebagai tindakan pengamanan untuk mencegah pencurian, biasanya pada bagian-bagian rumah yang rentan kebobolan seperti pintu atau jendela kaca dipasang teralis. Teralis hadir dengan beragam jenis material. Yang umum kita tahu adalah teralis metal. Namun, ada teralis yang terbuat dari bahan material lain seperti kayu, vinyl, plastik, atau akrilik. Untuk perlindungan maksimal tentu saja material yang paling sering dipakai adalah teralis metal. Bahan metal yang umumnya digunakan untuk teralis adalah besi tempa, baja, dan aluminium. Teralis besi tempa paling sering digunakan karena lebih murah dari teralis baja dan lebih kuat dari teralis aluminium. Karena fungsi utamanya sebagai pengaman seringkali bentuk teralis yang digunakan menimbulkan kesan seperti penjara. Padahal ada banyak sekali model dan finishing pada teralis yang dapat disesuaikan dengan desain bangunan. Untuk desain rumah klasik atau art deco misalnya, teralis dapat dibuat dengan profil organik yang meliuk-liuk dan disepuh dengan warna rusty atau keemasan. Sedangkan untuk desain rumah minimalis, teralis dapat dibuat dengan profil yang lebih sederhana seperti garis-garis horizontal dan vertikal, ataupun bentuk-bentuk geometris seperti bujur sangkar, persegi panjang, atau bahkan lingkaran dengan finishing cat dop monokromatik.

Furnitur Apik dan Proporsional Setelah finishing pada plafon, dinding, dan lantai, kini saatnya Anda melengkapi ruangan dengan furnitur. Furnitur dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan, tema, desain, dan ukuran ruangan karena selain untuk digunakan, furnitur juga sering menjadi elemen estetik yang menarik perhatian. Untuk menjaga keserasian dengan desain rumah, sekarang ada berbagai bentuk, desain, dan bahan furnitur yang dapat Anda pilih, dari furnitur kayu penuh ukiran untuk kesan tradisional, furnitur dengan berbagai upholstery kain untuk kesan klasik, sampai furnitur kulit dan baja untuk kesan modern.

97

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Selain keserasian, ukuran dan perletakan furnitur juga cukup menentukan kenyamanan dan keindahan ruangan Anda. Pilih furnitur yang berukuran kecil untuk ruangan yang kecil dan furniture yang besar untuk ruangan yang besar agar ruangan terasa proporsional dan tidak sesak ataupun terlalu kosong. Tata perletakan furnitur di dalam ruangan agar tidak menganggu pergerakan Anda dalam ruangan. Walaupun kesesuaian penting, tapi bukan berarti semua furnitur Anda harus serba sewarna, secorak, dan sebentuk. Untuk menciptakan fokus ataupun membangun kesan dramatis, Anda dapat menambahkan warna atau bentuk furniture yang kontras. Terlepas kesesuaian desain, bentuk, ukuran, warna, ataupun penataan, hal utama yang tidak boleh Anda lupakan dan merupakan esensi dari keberadaan furnitur itu sendiri adalah bahwa furnitur itu ada untuk menunjang aktifitas Anda, jadi pilihlah furnitur yang fungsional, nyaman, awet, dan mudah dirawat.

Harmonisasi Warna, Motif, dan Tekstur Dinding

Seperti halnya lantai dan plafon, dinding juga merupakan komponen penting interior yang sangat mempengaruhi pembentukan ruangan-ruangan di dalam rumah. Dinding yang di-finishing dengan memperhatikan harmonisasi warna, motif, dan tekstur dapat menghadirkan keindahan dan kenyamanan ke dalam setiap ruangan di rumah Anda. Finishing dinding dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pengecatan dan pemasangan wallpaper, ataupun kombinasi keduanya.

Cat Interior Ada berbagai nuansa dan tekstur permukaan yang dapat ditimbukan dengan pengecatan. Khusus pengecatan interior ada beragam jenis cat untuk hasil akhir berbeda, diantaranya: 1. Matte Finish

98

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Cat ini digunakan untuk hasil akhir yang halus, mulus, dan tidak mengkilat. Cat jenis ini juga sangat baik untuk menutupi permukaan dinding yang sedikit kasar karena bahannya tidak memantulkan cahaya. Jenis cat ini juga mudah terhapus oleh air sehingga tidak cocok untuk ruangan yang sering terkena air atau harus sering dibersihkan. 2. Matte Enamel Cat jenis ini memberikan hasil akhir yang sama dengan matte finish hanya saja kandungan bahan enamel membuatnya lebih kuat sehingga dapat lebih sering dibersihkan. 3. Eggshell Finish Cat jenis ini memberikan hasil akhir seperti cangkang telur, dimana permukaan yang dihasilkan halus dengan sangat sedikit kilauan. 4. Satin Finish Satin finish ideal untuk diaplikasikan pada dinding kamar mandi, dapur, atau kamar anak-anak karena jenis cat ini tahan air, kotoran dan mudah dibersihkan namun tetap memberi hasil akhir yang sangat halus, lembut, dan sedikit mengkilap seperti beludru. 5. Semi Gloss Cat semi gloss sangat cocok digunakan pada kusen, pintu, dan jendela karena permukaan yang dihasilkannya sedikit mengkilap sehingga mudah dibersihkan, sedikit menonjol tetapi tidak berkilauan.

Wallpaper Bila Anda tertarik ingin dinding yang bercorak dan bertekstur, maka wallpaper mungkin adalah pilihan penutup dinding yang tepat. Wallpaper tersedia dalam berbagai pilihan warna, corak, dan tekstur. Biasanya corak wallpaper dibagi ke dalam berbagai tema seperti bunga-bungaan, classic, country, atau tema anak-anak. Wallpaper dapat digunakan untuk menutup dinding secara keseluruhan ataupun sebagian saja, wallpaper juga dapat digunakan sebagai aksen saja pada dinding yang telah di cat. Dalam memilih corak, pastikan Anda mempertimbangkan corak lantai dan mungkin juga plafon agar tidak saling bertabrakan. Sebelum memasang wallpaper, Anda perlu membersihkan permukaan dinding dari debu dan kotoran. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan dinding dari lapisan cat. Untuk dinding baru, Anda harus memastikan terlebih dahulu, apakah dinding sudah dalam keadaan benar-benar kering. Pengeleman wallpaper juga harus merata. Jika tidak, wallpaper tidak akan rapi dan menggelembung. Jika ingin mengganti wallpaper lama dengan yang baru, jangan menumpuknya. Anda harus terlebih dahulu melepaskan wallpaper lama, kemudian menggantinya dengan yang baru. 99

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Perawatan wallpaper cukup gampang, untuk yang berbahan vinyl cukup dibersihkan dengan lap basah atau dapat disikat jika ada noda membandel, untuk yang berbahan kertas Anda dapat membersihkannya dengan lap kering atau vacuum cleaner. Selain dengan metode yang paling umum seperti pengecatan dan wallpaper, dinding juga dapat ditutup dengan karpet, kayu, kain, dan berbagai macam pilihan bahan lain yang dapat Anda konsultasikan dengan desainer interior Anda. Apapun warna, motif, dan tekstur yang Anda inginkan, pastikan Anda memilih bahan penutup dinding yang sesuai dengan desain dan fungsi ruangnya, serta ketersediaan waktu dan ketelatenan Anda dalam membersihkan dan merawatnya agar keindahan ruangan Anda tidak menjadi beban.

Nyaman dan Bebas Bocor dengan Plafond

Sesuai dengan gaya arsitektur dan interior rumah Anda, langit-langit rumah dapat diekspos untuk memperlihatkan strukturnya ataupun ditutup dengan menggunakan plafon. Namun di luar sifat estetisnya, plafon sebenarnya berfungsi untuk menahan kotoran dan percikan air hujan yang mungkin jatuh dari atap, mengatur ketinggian ruang, dan meredam suara hujan. Bila bahannya dipilih dan dipasang dengan benar, plafon juga dapat mempengaruhi kesejukan ruangan di bawahnya. Beberapa pilihan bahan plafon paling umumnya dipakai pada rumah tinggal adalah: 1. Plafon Triplek Bahan triplek adalah pilihan bahan plafon yang ringan, murah, mudah diperoleh, dan mudah dikerjakan. Tapi bahan triplek ini bila terkena bocor akan langsung ternoda, rusak, dan lapuk. Bahan tripek juga rentan terserang rayap. 2. Plafon Gypsum Plafon gypsum banyak digunakan untuk menggantikan plafon triplek karena sama seperti triplek, gypsum ringan, mudah didapat, dan mudah dikerjakan. Gypsum juga memberikan hasil akhir yang lebih baik karena dengan pengerjaan yang rapih, gypsum bisa menghasilkan plafon yang bebas 100

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

sambungan. Sama halnya dengan triplek, gypsum juga akan berbercak dan bernoda bila terkena bocor. Tetapi bila terkena bocor plafon gypsum cukup diganti pada bagian yang bernoda saja tidak perlu keseluruhan seperti triplek. 3. Plafon GRC Board Plafon GRC board adalah plafon yang terbuat dari bahan fibersemen. Sifatnya yang keras, kuat dan tidak mudah ternoda oleh kebocoran. Teknik pengerjaan plafon GRC board sama dengan plafon gypsum, yaitu menggunakan dempul dan plester kertas. Sebagai pemanis berbagai macam aksesoris seperti list dan profil-profil ornamen dapat dipasangkan pada plafon gypsum. Namun perhatikan aksesoris yang Anda pasang agar sesuai dengan gaya interior rumah dan oranamen-ornamen rumah lainnya seperti furniture dan lampu.

Penutup Lantai Cantik dan Fungsional

Bergantung pada selera Anda, kini banyak tersedia pilihan bahan penutup lantai yang dapat menjadikan lantai Anda cantik. Pemilihan bahan penutup lantai tentunya harus disesuaikan dengan gaya arsitektur rumah Anda. Untuk rumah bergaya tradisional misalnya, penutup lantai yang digunakan dapat berupa kayu atau batu kali tipis dan batu-batu lunak. Tapi lebih dari sekadar keindahannya, pemilihan bahan penutup lantai juga sebaiknya didasarkan pada fungsi ruangnya. Pada kamar mandi misalnya, bahan penutup lantai yang dipilih tentunya yang tidak licin. Pada ruangan yang aktifitasnya tinggi seperti ruang keluarga, sebaiknya menggunakan bahan yang nyaman dan tidak mudah tergores. Beberapa jenis bahan penutup lantai yang saat ini banyak digunakan untuk rumah tinggal adalah: 1. Lantai Keramik Keramik adalah bahan penutup lantai yang paling umum digunakan saat ini karena keramik tersedia dalam berbagai ukuran, warna, corak, dan tekstur sehingga dapat digunakan di berbagai area rumah mulai dari bagian eksterior hingga interior, termasuk kamar mandi. Keramik juga 101

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

tersedia dalam berbagai tingkat kualitas dan ketahanan ketahanan terhadap goresan sesuai dengan harganya. Pemasangan dan perawatan lantai keramik pun cukup mudah. 2. Lantai Marmer dan granit Kedua jenis batu alam ini biasanya digunakan untuk menghadirkan kesan mewah dan elegan dalam ruangan. Warna dan corak marmer sangat beragam tergantung pada jenis mineral yang dikandungnya sedangkan granit tersedia dalam warna hitam pekat dengan bintik-bintik dan corak halus. Walapun terkenal keras dan tidak mudah retak, keduanya membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dan harus dilakukan proses coating secara berkala untuk menjaga keindahannya. 3. Lantai Kayu Kehangatan dan suasana nyaman bisa langsung dirasakan lewat penggunaan lantai kayu. Perawatan sehari-harinya relatif mudah, terlebih kini lantai kayu juga sudah diberi proteksi khusus agar tidak mudah terkena noda. Hanya saja kilapannya juga akan menghilang seiring berjalannya waktu, sehingga perlu di-finishing ulang. 4. Lantai Parket Sama halnya dengan lantai kayu, lantai parket juga umumnya dipakai untuk menimbulkan kesan hangat. Lantai parket tersedia dalam bentuk kepingan-kepingan kecil dengan ketebalan 0,5-1 cm. Untuk rumah tinggal tersedia dalam dua jenis yaitu jenis parket kayu solid dan jenis parket kayu olahan dan dilapisi dengan veneer. Parket kayu solid lebih kuat sedangkan parket kayu olahan pemasangannya mudah dan pilihan motifnya beragam. Selain memasangnya mudah, melepaskannya pun mudah. Jadi, tidak perlu repot jika suatu saat Anda ingin mengganti tampilan lantai Anda lagi. 5. Lantai Batu Alam Lantai batu alam sering digunakan untuk menciptakan kesan alami dan vernakular pada bangunan bergaya tradisional. Jenis batu alam yang digunakan biasanya batu tempel, batu kali tipis, batu andesit ataupun batu-batu lunak semacam batu kapur. Ukuran, warna, dan tekstur batu-batu ini cukup beragam tergantung jenis batu. Pemasangan batu-batu ini bisanya menggunakan adukan semen dan perlu sangat hati-hati karena bila terkena adukan batu-batu ini sulit dibersihkan. 6. Lantai Vinyl Lantai vinyl tersedia dalam dalam bentuk lembaran besar, lembaran kecil, maupun gulungan seperti karpet dalam berbagai macam warna, corak dan tekstur. Pemasangan lantai vinyl dengan cara di lem baik pada permukaan lantai kayu ataupun beton. Bila dulu lantai vinyl identik dengan lantai murah yang mudah robek, mudah terbakar, dan cepat kusam, kini telah tersedia vinyl bermutu tinggi dengan bentuk dan corak yang didesain oleh perancang terkenal untuk kebutuhan interior Anda.

102

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Tahap 7: Interior Setelah semua pekerjaan instalasi selesai, Anda dapat mulai merapikan dinding-dinding interior, melapisi permukaan lantai, memasang plafon, memasang perangkat sanitasi, dan memasukkan perabotan rumah. Tahap pengerjaan interior ini adalah tahap di mana Anda menyiapkan dan mempercantik rumah Anda agar nyaman untuk ditinggali. Walaupun sekilas terlihat sepele dan hanya bersifat dekoratif, tahap ini tidak kalah pentingnya dengan tahap-tahap lain dalam proses pembangunan rumah karena hasil pengerjaan interior baik akan mendukung kenyamanan Anda tinggal dan beraktifitas di dalam rumah. Dengan dibantu desainer interior, Anda dapat menciptakan berbagai nuansa dan menunjukkan kepribadian di setiap ruangan.

103

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

TAHAP RUANG LUAR
Pentingnya Jarak Antar Bangunan Rumah Apakah hubungan kita dengan tetangga juga akan semakin lengket ketika tembok rumah kita juga saling menempel? Jangan-jangan malah sebaliknya, tembok yang menempel ini menjadi runyam dan merusak silaturahmi yang semula telah terjalin. Tanpa adanya jarak antar bangunan, tembok rumah kita akan menempel dengan rumah tetangga, yang akibatnya dapat saling merugikan. Apabila terjadi sesuatu pada tembok tersebut, tidak mengherankan apabila tembok kita pun terkena dampaknya. Sayangnya, ketika hal tersebut terjadi, tidaklah semudah itu protes kepada tetangga untuk menghentikan pembangunan, renovasinya, atau apapun itu. Selain itu, menempelnya tembok rumah kita dengan tembok tetangga ternyata menyembunyikan masalah-masalah lain. Masalah-masalah tersebut adalah masalah air resapan, masalah cahaya matahari, masalah sirkulasi udara, dan resiko ketika terjadi kebakaran. Mari kita simak sharing singkat dari sudut pandang Armila, seorang penulis muda berbasis arsitektur Universitas Pelita Harapan.

104

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Tembok menempel dengan tembok tetangga Pada masa sekarang, rasa-rasanya sudah semakin jarang rumah yang dibangun di bagian tengah lahan, dengan dikelilingi banyak taman dan ruang kosong pada sisi kanan dan kiri bangunan. Tembok rumahlah yang menjadi batas antara hunian kita dengan milik tetangga. Melihat kondisi perumahan-perumahan yang padat, hal ini memang terlihat wajar. Apalagi memaksimalkan penggunaan lahan untuk bangunan seakan-akan dapat mengimbangi tingginya harga tanah maupun bahan bangunan. Memang wajar ketika kita berusaha memaksimalkan lahan yang kita miliki menjadi sebuah ruang dan tempat yang dapat terhuni. Bahkan hal tersebut adalah inti dari arsitektur. Namun ketika kita menghuni rumah yang juga memiliki tetangga di sekeliling kita, rumah kita harus dapat menyesuaikan diri. Untuk itulah, diperlukan sedikit tindakan preventif dari kita untuk

105

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Caranya adalah dengan menyediakan jarak yang cukup di antara satu rumah dengan rumah lainnya.

Pentingnya jarak antar bangunan (antar rumah) yang sering diabaikan ”Ah tidak perlu, lah. Saya sudah berencana tidak akan merenovasi rumah di kemudian hari”, mungkin itulah yang terlintas di benak Anda. Namun siapakah yang menyangka apabila tetangga sebelah rumah tiba-tiba merenovasi dan meningkat rumahnya. Kita mungkin tidak pernah menduganya. Dan ketika tetangga menambah tingkat rumahnya, ujung-ujungnya justru kitalah yang sewot karena menjadi wadah tampiasan dari rumah sebelah. Pernah suatu kali seorang ibu separuh baya yang rumahnya bertetangga dengan pemilik salon mengeluh karena merasa dirugikan. Pasalnya, ibu tersebut merasa si pemilik salon dengan sengaja terus membangun dan meningkat rumahnya yang dijadikan usaha salon. Memang pada saat salonnya itu mulai berkembang pesat dan renovasi pun dilakukan di sana-sini. Sayangnya, renovasi ini tidak seiring dengan keharmonisan si ibu dengan pemilik salon. Hubungan mereka yang semula erat kemudian menjadi perang dingin. Karena merasa dirugikan, sang ibu melarang anak-anaknya untuk memilih salon tersebut untuk merawat diri. Padahal sejak salon itu dibuka, kedua putrinya merupakan pelanggan yang cukup setia dan memiliki hubungan yang dekat dengan orang-orang di dalamnya. Ternyata kesalahpahaman tersebut bermula dari masalah air yang mengucur dan tampias langsung dari lantai atas bangunan ke arah rumah si ibu. Hal ini menyebabkan merembesnya air hujan ke dinding rumah. Sebenarnya, rumah si ibu pun telah mengalami renovasi berulang-ulang, jauh sebelum sang empunya salon membuat rumahnya bertingkat. Dari halaman carport yang terbuka, telah disulap menjadi ruang keluarga yang tertutup, seiring dengan meningkatnya kebutuhan ruang di rumahnya. Satu hal sederhana yang terlupakan, yaitu bahwa kedua rumah itu kini tidak memiliki jarak antar bangunan dengan rumah tetangganya, dan keduanya menjadi full bangunan.

Jarak Antar Bangunan Mengatasi Masalah Air Resapan Masalah semakin bertambah ketika rumah tersebut berbeda level ketinggian, air yang merembes dari satu rumah ke rumah lainnya tidak merata sehingga mengikutsertakan pihak lainnya. Belum lagi ketika tetangga merenovasi dindingnya, kadang-kadang tembok kitapun dapat retak terkena imbasnya. Tembok di bagian dalam ruang keluarga yang semula baik saja, dapat ikut menjadi rusak karena rembesan air dari tembok tetangga. Demikian pula sebaliknya. Dengan adanya jarak antar rumah, air yang meresap di tembok dapat dialirkan lewat ruang antara. Ruang antara dapat berupa dak beton yang diberi floor drain alias lubang air untuk

106

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

menyalurkan pembuangan air. Jangan lupa untuk memberikan beberapa derajat kemiringan agar tidak menimbulkan masalah baru seperti air tergenang. Bagian bawah ruang antar bangunan juga dapat diisi dengan tanah, rerumputan, maupun batuan kerikil besar. Pengisian ini selain dapat menjadi peresap air juga dapat meningkatkan kualitas tanah di area tersebut karena memungkinkan tumbuhnya vegetasi.

Jarak Antar Rumah Mengatasi Masalah Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Terlebih pada hunian yang bertingkat, jarak antar bangunan harus semakin diusahakan demi penghawaan yang baik. Karena tidak menempel dengan tembok tetangga, tentunya bukaan berupa jendela dapat lebih leluasa untuk diaplikasikan. Banyaknya jendela akan semakin memperlancar aliran udara dan angin di dalam rumah. Hawa di dalam pun bebas pengap dan menjadi lebih segar. Ruangan dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik juga dapat mencegah tumbuhnya jamur karena kualitas kelembapan yang baik.

107

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Pada jarak antar bangunan, bagian atasnya dapat diberi tutup sebagai filter kawat nyamuk untuk mencegah masuknya serangga atau binatang-binatang. Hal ini memungkinkan kita membuka jendela sesering mungkin. Penutup jarak antar bangunan juga dapat berupa kaca maupun railing untuk shading.

108

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Tanpa ditutup pun, jarak antar bangunan rumah ini bisa efektif sumber angin dan cahaya. Terutama pada bangunan bertingkat, aliran angin yang dihasilkan diantara 2 bangunan tembok semen bahkan dapat setara dengan menyalakan AC pada waktu siang. Tentunya selain meningkatkan kualitas hunian, hal ini dapat meningkatkan efisiensi pemakaian listrik. Pada rumah yang berderet rapat dan saling menempel dengan rumah di sebelahnya, sangat memungkinkan terjadi resiko rambatan nyala api pada saat kebakaran. Dengan adanya jarak antarbangunan rumah pun dapat mengurangi resiko tersebut, karena celah berupa jarak antar bangunan itu paling tidak dapat memberi waktu jeda untuk kobaran api dan masih memungkinkan para penghuni untuk menyelamatkan dirinya. Jadi, mengapa Anda tidak merelakan sedikit ruang di antara rumah Anda dengan rumah tetangga demi menyelamatkan kenyamanan, kesehatan, dan keselamatan Anda sekeluarga? Juga tentunya untuk menyelamatkan hubungan Anda dengan tetangga Anda. (AA)

Aksen Manis Tembikar pada Lantai dan Dinding Screed

109

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Sisa Material, Dibuang Sayang Berkreasi dengan lantai dan dinding yang diekspos semen memang sah-sah saja. Bahkan, ada banyak cara untuk membuat tampilan tersebut makin atraktif. Di antara banyak cara yang ada, pernah terlintas untuk memadupadakan lantai dan dinding rumah dengan material lain yang menarik, misalnya tembikar? Di lokasi konstruksi, ada banyak sisa-sisa material yang dibuang sayang. Jika di antara sisa-sisa material itu terdapat sisa pecahan penutup lantai seperti keramik, marmer dan teraso serta pecahan genteng, jangan buru-buru dibuang. Cobalah kumpulkan semua sisa pecahan-pecahan material tersebut di tempat terpisah. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, sisa-sisa material yang tadinya hanya akan berakhir menjadi onggokan sampah dapat berubah jadi sebuah aksen manis bagi rumah Anda! Berangkat dari ide sederhana itu, yakni memanfaatkan sisa-sisa material yang ada agar dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat, lahirnya ide untuk mengolah tampilan screed dinding dan lantai dengan menambahi tembikar di dalamnya. Dinding dan lantai yang terbuat dari screed semen/ plesteran pada dasarnya merupakan obyek potensial untuk dibuat lebih bermain dan meriah. Sebabnya, lapisan permukaan screed dinding dan lantai ekspos semen cenderung dibiarkan apa adanya dalam balutan warna abu-abu. Padahal, warna tersebut terkadang berkesan dingin dan serius. Kalau ingin rumah terasa lebih ceria, tambahkan aksen lain dalam warna-warni menawan agar warna abu-abu semennya dapat lebih ‘hidup’. Dan lagi, dari segi struktur, kondisi lapisan screed memungkinkan untuk diberi tambahan material asal tidak terlalu tebal.

Jadi, Ayo Coba Isi Screed dengan Aneka Tembikar!

110

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Bagaimana cara ‘mengisi’ screed dengan aneka pecahan tembikar dan pecahan tembikar apa saja yang dapat dipakai sebagai ‘pengisi’ screed? 2 pertanyaan itu mungkin merupakan pertanyaan yang akan langsung Anda tanyakan. Tembikar yang bisa dipakai sebagai pengisi screed pada dasarnya segala macam tembikar, mulai dari pecahan gerabah, genteng tanah liat, hingga kepingan jenis keramik tertentu yang memang dibuat sebagai pengisi lapisan dalam plesteran. Cara mengisi screed pun tidak sulit, hanya seperti memasukkan kepingan benda ke dalam lapisan plester yang masih basah. Setelah kepingan tembikar itu masuk ke dalam plesteran, ratakan kembali permukaan screed agar kembali rata dan halus. Jika diperlukan, tutupi permukaan screed yang belum kering dengan plastik atau tripleks agar tak terinjak. Ingat, jangan lupa pula cara menyusun pecahan atau kepingan tembikar yang ditanam di dalam lapisan screed. Kalau ingin tampilan berkesan abstrak, gaya berantakan boleh dipilih. Jika lebih suka yang teratur dan terpola, buat saja pola yang Anda inginkan. Bebas berkreasi dan eksplor terus ide Anda agar kreativitas makin terasah!

Kunci utama hasil aksen tembikar yang apik: Pakai cara berpikir khas anak-anak yang menganggap semua adalah kanvas putih yang perlu diwarnai. Dengan cara berpikir seperti ini, niscaya Anda akan lebih berani mengeksplorasi ide-ide yang selama ini terasa mustahil untuk diwujudkan.

Kamprot Berkualitas untuk Mempercantik Dinding Rumah

Kamprot sebagai Alternatif Tampilan Dinding Bosan dengan tampilan dinding rumah yang begitu-begitu saja? Atau mungkin Anda ingin punya tampilan dinding rumah yang unik dan berbeda dari rumah-rumah lainnya? Jika selama ini 111

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

persepsi Anda soal dinding adalah bidang tegak yang permukaannya halus dan cantik berwarna, maka jangan kaget kala Anda melihat tampilan dinding yang satu ini. Ya, dinding yang sepintas tampak seperti dinding belum selesai ini sebenarnya adalah sebuah teknik yang mulai mewabah di kalangan praktisi arsitek dan pemilik bangunan. Apa sebab teknik ini mulai dilirik? Mungkin karena tampilannya yang mengundang rasa ingin tahu lebih untuk menjamahnya dari jarak yang lebih dekat. Atau, mungkin karena teknik ini merupakan ‘turunan’ dari aksi hijau untuk mengurangi pemakaian bahan kimia dalam finishing bangunan? Atau, bisa jadi karena teknik ini sesuai untuk kebutuhan bangunan berbujet terbatas—biaya finishing bangunan dipangkas sehingga mengurangi biaya konstruksi. Mana pun daya tarik yang membuat Anda tergerak merupakan bukti kuat betapa teknik kamprot mulai dilirik sebagai salah satu alternatif tampilan dinding. Daya tarik di atas menjadi sebuah kelebihan yang oleh para pemilik bangunan diartikan sebagai parameter kesuksesan desain bangunan mereka. Sementara itu, bagi para arsitek yang menerapkan teknik ini, mereka juga merasa senang karena merasa teknik ini punya tingkat kesulitan yang cukup rumit sehingga menantang kreativitas mereka dalam hal mengolah material dan mendorong pekerja agar menghasilkan tampilan dinding yang makin baik kualitasnya.

Hasil Kamprot Bergantung Pada Banyak Hal Lantas, bagaimana sebenarnya teknik ini? Apakah sulit untuk dilakukan atau justru cenderung mudah? Pada dasarnya kamprot berarti teknik plesteran dinding dengan paduan semen dan pasir ayak yang tidak diaci/ dihaluskan permukaannya. Hasil akhir permukaan dinding memiliki tampilan bergerigi karena butir-butir pasir menonjol ke permukaan setelah dinding mengering. Nah, itu teori dasarnya. Dalam perjalanannya, teknik ini mengalami banyak improviasi di lapangan—tergantung pada kreativitas sang arsitek atau keinginan sang pemilik bangunan— sehingga hasil akhir permukaannya bisa amat beragam. Kasar atau halusnya dinding kamprot yang tercipta amat ditentukan oleh banyak hal. Faktor perbedaan material yang dipakai—jenis semen dan jenis pasir—serta cara yang digunakan— hanya diayak atau harus dicuci dan dipilah butir pasirnya—akan menyebabkan tampilan dinding kamprot berbeda antara yang satu dengan yang lain. Lalu, ada juga faktor kesan yang ingin ditampilkan oleh bangunan atau dinding itu. Jika memang ingin menonjolkan kesan rustic, maka makin kasar permukaan dinding kamprot, semakin menonjol kesan rustic yang tercipta. Tapi jika belum terlalu berani menggunakan kamprot yang kasar, sebaiknya pakai dulu tampilan kamprot yang agak halus permukaannya.

Tips: 112

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

MEMBUAT DINDING KAMPROT YANG HALUS Nah, ada banyak tanya seputar bagaimana menghasilkan dinding kamprot yang halus. Ini beberapa improvisasi yang dilakukan di lapangan oleh banyak arsitek dan tukang untuk menghasilkan kamprot yang halus. Siapa tahu salah satunya bisa menjadi inspirasi bagi Anda!

Bila biasanya kawat ayak yang dipakai cuma satu, coba pakai dobel. Dengan begitu, butir pasir yang tersaring benar-benar butir pasir yang paling halus dan kecil.

Cara lainnya, pakai bantuan karpet atau rol untuk mengecat dari bahan kain berbulu. Saat kondisi tembok sudah setengah kering, usap-usap permukaan dinding dengan permukaan karpet berbulu atau dengan rol tadi hingga agak mengering. Butir-butir pasirnya pasti akan jadi lebih menonjol namun menghasilkan permukaan yang relatif halus.

Pilih-pilih material yang berkualitas! Pilih pasir yang berbutir bagus, tapi jangan pasir putih (terlalu halus sehingga efek kamprotnya kurang terlihat).

Cuci pasir kemudian saring dengan kawat ayak di dalam air (tukang sering menyebut kegiatan ini sebagai ‘mencuci pasir’). Nah, pasir yang tersaring itu kemudian dipisah di tempat tersendiri. Pasir inilah yang akan dipakai untuk campuran dengan semen.

Pakai semprotan mesin yang bisa diatur bagian ujung semprotannya, kencang atau tidak campuran yang keluar.

Pagar: Pembatas dan Pelindung nan Asri Fungsi pagar yang paling utama adalah untuk membatasi dan melindungi daerah lahan yang menjadi properti Anda. Karena fungsinya yang melindungi, seringkali pagar dibangun sangat tinggi dan tebal membentengi properti, bahkan sengaja dibuat untuk menciptakan kesan keras, kaku, dan memusuhi lingkungannya. Padahal idealnya tinggi dan tebal pagar dirancang proporsional, sebanding dengan panjang dan lebar lahan, tinggi bangunan, dan jarak pagar ke bangunan. Tidak dapat dipungkiri, di beberapa daerah di Indonesia jenis pagar yang tinggi dan membentengi masih menjadi pilihan yang tidak dapat dihindari karena faktor keamanan. Namun sekarang sudah banyak juga daerah yang bisa mengakomodasi pagar rendah dengan keberadaan portal, sistem one gate entry and out, ataupun pos satpam. Bahkan sekarang di perumahan tertentu ada peraturan yang mewajibkan penghuninya untuk menggunakan pagar yang rendah atau tanpa pagar untuk membuka kontak visual ke bangunan dan menciptakan kesan lapang. Untuk menjaga kesatuan desain pagar dengan desain bangunan, pemilihan bahan pagar juga harus disesuaikan dengan bentuk dan bahan fasade bangunan. Pemilihan bahan pagar yang tepat selain mempengaruhi bentuk pagar juga dapat “mengoreksi” proporsi pagar, menciptakan kesan lebih pendek atau lebih tinggi, juga mengatur kontak visual ke bangunan dan lingkungan sekitarnya. Beberapa jenis bahan pagar yang umum digunakan adalah: 113

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

1. Logam Pagar dari berbagai jenis logam seperti stainless steel, besi tempa, atau baja banyak digunakan karena selain kuat, bahan ini juga mudah dibentuk dan diberi finishing mengikuti gaya arsitektur bangunan. Pagar logam dapat berbentuk jalusi untuk memberi kontak visual, masif untuk memberi kesan kokoh, ataupun lembaran-lembaran berlubang untuk kesan minimalis. 2. Kayu Pagar kayu dapat dipakai untuk menciptakan kesan hangat dan ramah. Pagar kayu dapat dibuat dalam bentuk lembaran papan, jalusi, atau bahkan lingkaran sesuai dengan bentuk penampangnya dan semuanya dapat disusun dalam berbagai macam konfigurasi vertikal, horizontal, ataupun seperti mozaic. Karena pagar adalah bagian rumah yang banyak terekspos cuaca, maka bahan kayu yang dipakai untuk pagar pun harus kayu yang kuat seperti kayu jati, atau kayu merbau dan diberi perawatan anti rayap. 3. Beton Pagar beton sangat kokoh dan awet, kesan yang ditimbulkannya pun solid dan tertutup sehingga lebih cocok digunakan pada bangunan berhalaman luas agak tidak berkesan sumpek. Untuk memperlembut tampilannya, pagar beton dapat diberi finishing susunan bebatuan alam seperti batu apung, atau batu candi, juga sentuhan tanaman untuk menambah kesan organik. 4. Bambu Untuk kesan vernakular atau tradisional, bambu dapat digunakan sebagai bahan pagar, baik sebagai material utama ataupun sekadar aksen. Batang bambu dapat digunakan secara utuh atau dipotong menjadi bilah-bilah bambu untuk membentuk bidang pagar. Untuk menjaga kekuatannya gunakan teknik sambungan yang benar dan hindari penggunaan paku untuk mencegah kerusakan serat bambu. 5. Tanaman Pagar tanaman dapat dibentuk masif dan tebal menyerupai pagar tembok dari deretan semak untuk melindungi halaman Anda ataupun lembut dan mengalir dengan deretan tanaman pandanpandanan ataupun bunga-bungaan untuk sekadar memberikan batasan wilayah. Untuk sentuhan akhir yang lebih manis atau bahkan dramatis, berbagai aksesoris seperti lampu, kotak surat, ataupun nomor rumah dapat dipakai untuk melengkapi tampilan pagar Anda.

Kolam Renang: Rekreasi dan Kesehatan di Halaman Sendiri Bila ukuran halaman Anda cukup luas, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk membangun kolam renang pribadi di halaman. Keberadaan kolam renang selain dapat menjadi tempat berolah raga juga dapat menjadi dan tempat berkumpul yang memperkuat sosialisasi antara Anda, keluarga, dan kerabat. 114

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Ukuran dan bentuk Walaupun sekilas terlihat hanya terdiri dari kolam tapi sebenarnya kolam renang juga terdiri dari deck area sebagai daerah transisi, juga filter dan pompa yang mengatur sirkulasi air kolam. Jadi perlu diperhatikan bahwa walaupun kolam renang bisa dibuat dalam ukuran sekecil 7x 3m, perlu lahan yang lebih besar dari ukuran kolam itu sendiri. Selain ukuran kolam, bentuk kolam juga mempengaruh efisiensi lahan. Dengan luasan yang sama, bentuk kolam persegi panjang akan memberikan ruang berenang yang lebih maksimal daripada bentuk kolam berbentuk oval, ginjal, ataupun bentuk-bentuk asimetris lainnya. Konstruksi Sedangkan berdasarkan jenis konstruksinya kolam renang dapat dibedakan menjadi kolam renang di dalam tanah, dan di atas tanah. Kolam renang di dalam tanah bisa dibuat dengan menggali, membangun dinding kolam, dan memasang material finishing seperti keramik, vinyl, ataupun fiberglass di dalam tanah. Sedangkan kolam renang di atas tanah biasanya dapat di beli jadi untuk dipasang di atas permukaan tanah. Dengan kolam di atas tanah, Anda dapat membongkar dan memindahkan kolam renang saat pindah rumah. Pompa dan Filter Selain ukuran, bentuk, dan jenis konstruksi, ada juga faktor sistem pompa dan penyaring air kolam yang harus diperhatikan karena air kolam harus selalu bergerak, dan mempunyai kadar PH 7,2 – 7,6 serta kadar alkaline 100-150 p.p.m. Konsultasi jenis dan pemasangan pompa dan filter yang paling tepat dengan ahli kolam Anda. Aksesoris Untuk melengkapi kolam renang, Anda dapat membangun decking area di sekitar kolam sebagai tempat Anda beristirahat dan bersantai. Decking area dapat dibuat dengan bahan kayu, semen, ataupun bebatuan dan menghiasnya dengan tumbuh-tumbuhan, kursi, dan berbagai aksesorinya sesuai dengan desain lansekap halaman Anda selama material yang digunakan tidak licin dan memudahkan pergerakan Anda di sekeliling kolam.

Teras, Patio, dan Carport Penegas Ruang Luar Selain rumput dan pepohonan di halaman rumah Anda tentu juga ada teras, carport, jalan setapak menuju bangunan, atau kolam. Bagian-bagian tersebut dalam penataan lansekap disebut hardscape. Elemen hardscape seringkali lebih bersifat fungsional, seperti misalnya carport untuk memarkir kendaraan, jalan setapak untuk menghubungkan gerbang dengan bangunan dan jalur sirkulasi perawatan taman, atau teras dan patio sebagai ruang penerimaan dan berkumpul. Walaupun bersifat fungsional, bukan berarti hardscape tidak dapat dibuat indah, bahkan hardscape sebenarnya merupakan bagian dari penataan lansekap dan harus dirancang menjadi 115

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

satu

kesatuan

dengan

elemen

tumbuh-tumbuhan.

Salah

satu

cara

mengolah

dan

mengintegrasikan hardscape ke dalam penataan lansekap adalah dengan memilih bahan yang sesuai dengan konsep taman Anda. Beberapa yang dapat digunakan untuk hardscape adalah: 1. Beton Beton cocok untuk semua gaya lansekap. Selain kuat dan tahan lama, beton juga fleksibel dapat dibuat menjadi berbagai bentuk dan digunakan untuk carport, teras, pijakan setapak, ataupun patio. Beton dapat dibeli dalam bentuk panel-panel dalam berbagai macam ukuran, ataupun dibuat langsung di halaman Anda. Beton juga dapat dikombinasikan dengan kerikil atau batu-batu alam kecil untuk menciptakan tekstur yang berbeda. 2. Keramik Keramik yang digunakan untuk taman adalah kramik khusus outdoor yang permukaannya tidak berglasur. Seperti halnya beton, keramik juga cocok untuk hampir semua elemen hardscape. Keramik dapat disusun untuk membentuk berbagai macam pola lantai pada taman Anda, atau dikombinaskan dengan beton ataupun bebatuan. 3. Batu Alam Batu alam lebih sering digunakan sebagai jalan setapak. Batu-batu alam besar dapat disusun seperti pijakan kaki membentuk pola tertentu di bidang berumput sebagai petunjuk arah langkah. Karena batu alam dijual dalam bentuk tidak beraturan, maka pilihlan ukuran dan bentuk alam yang Anda inginkan, juga potong dan rapikan dahulu sebelum dipasang. 4. Dak kayu Kehadiran dak kayu di halaman dapat menimbulkan kesan yang lebih lembut dan hangat daripada beton ataupun keramik. Dak kayu biasanya digunakan untuk patio dan pool deck sebagai tempat untuk bersantai dan berkumpul. Elemen hardscape juga dapat diperlembut dengan penambahan tanaman dalam pot, atau dengan pemasangan kanopi atau pergola. Apapun bahan hardscape yang dipilih pastikan bahan tersebut tidak licin agar tidak menggangu aktivitas di atasnya.

Segarnya Pekarangan Berumput, Berbunga, dan Berbuah Bangunan tanpa penataan lansekap yang baik akan terlihat kaku, gersang, dan ”terlepas” dari lingkungannya. Tumbuh-tumbuhan adalah salah satu elemen yang dapat melembutkan penampilan, menyegarkan, dan menyatukan bangunan dengan lingkungannya, oleh karena itu tumbuh-tumbuhan seringkali menjadi elemen utama dalam penataan lansekap. Beberapa kelompok tanaman yang menjadi elemen lansekap utama adalah: 1. Rumput

116

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Rumput bagi taman berfungsi seperti karpet pada ruang dalam. Rumput merupakan “alas” tempat Anda memadukan berbagai tanaman lain dalam komposisi landsekap. Rumput juga membawa kesan lembut dan segar pada halaman. Bahkan seringkali tanpa tumbuhan lain pun, halaman yang ditumbuhi rumput hijau dan rapi akan terlihat segar. Dalam memilih rumput untuk taman pertimbangkan aktivitas yang akan dilakukan diatasnya, pilih rumput jenis rumput yang lebih kuat seperti rumput gajah bila akan sering diinjak-injak. 2. Semak Semak, baik yang hanya berdaun seperti adam’s needle dan alpine currant ataupun yang berbunga seperti semak mawar ideal digunakan sebagai pembatas atau pagar dalam desain lansekap. Semak biasanya ditaman berkelompok mengumpul bila ditujukan sebagai penarik perhatian atau berjejer untuk menunjukkan batas ataupun sebagai pengarah di jalan masuk ke bangunan Anda. Semak berbunga seperti semak mawar juga menjadi elemen penambah warna bagi taman Anda. 3. Pohon Pohon pada desain lansekap sering dipakai sebagai peneduh atau sebagai titik fokus penataan taman. Pohon peneduh yang besar seperti pohon angsana dapat memayungi seluruh taman juga sebagian rumah Anda dan menciptakan suatu ruangan tersendiri dibawahnya. Ruang yang tercipta di bawah pohon ini dapat dimanfaatkan untuk meletakkan bangku taman atau tempat bermain anak. Pohon Buah Pohon-pohon buah seperti pohon jambu dan pohon mangga juga sering dipakai sebagai elemen lansekap, karena jenis pohon ini selain dapat berfungsi sebagai peneduh, juga dapat menjadi penanda pergantian musim. Hanya saja pohon ini cenderung meranggas pada musim panas sehingga halaman Anda jadi harus sering dibersihkan dari daun-daun yang berguguran. Anda juga perlu berhati-hati agar tidak kejatuhan buah. Pohon Bunga Pohon berbunga seperti pohon kamboja dan bougainville selain menjadi peneduh juga akan mempercantik taman Anda dengan bunga dan warna yang dihadirkannya. Bahkan pada saat bunga-bunganya berguguran pun dapat menciptakan nuansa dan warna tersendiri pada hamparan rumput Anda. Selain tumbuhan yang langsung ditanam pada pekarangan, Anda juga dapat menambah elemen tumbuhan dalam pot-pot yang sekaligus dapat menjadi elemen aksesoris pada taman itu sendiri. Untuk keserasian lansekap, perhatikan proporsi ketinggian dan fokus komposisi dari semua elemen yang ada. Sesuaikan ketinggian pohon, semak, dan rumput agar terlihat proporsional dan

117

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

sesuaikan juga dengan ketinggian bagunan Anda. Usahakan agar penataan taman Anda mempunyai satu titik fokus dan komposisi warna dan tumbuhan tidak saling bertabrakan.

Lapisan demi Lapis Pelindung Bangunan Kondisi iklim tropis seperti di Indonesia mempunyai ciri-ciri utama banyak cahaya dan panas matahari, curah hujan tinggi, dan kelembaban udara tinggi. Bagi bangunan, paparan cahaya matahari langsung secara terus menerus dapat memudarkan warna cat, curah hujan yang tinggi dapat mengakibatkan kebocoran ataupun rembesan, dan kelembaban udara yang tinggi menyuburkan pertumbuhan jamur dan lumut. Untuk mengantisipasi keadaan ini bangunan Anda, terutama pada bagian eksteriornya harus mendapatkan perlindungan khusus. Perlindungan pada eksterior bangunan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu: 1. Cat Eksterior Berbeda dengan jenis cat yang digunakan di dalam ruangan, cat eksterior terbuat dari bahan khusus yang lebih tahan lama melindungi bangunan dari paparan sinar matahari dan serangan jamur dan lumut. 2. Waterproofing Waterproofing adalah tindakan yang dilakukan untuk melindungi bangunan dari risiko rembes dan bocor. Pada eksterior, waterproofing dapat dilakukan dengan cara melapisi sisi luar bangunan seperti dak beton atau talang dengan cairan pelapis berbahan dasar tripolimer yang bisa dikuas ataupun disemprotkan. 3. Coating Coating dilakukan pada cladding, kolam, ataupun air terjun yang terbuat dari batu alam untuk mencegah tumbuhnya jamur dan lumut. Cairan coating disapukan setelah batu alam terpasang. Lapisan coating berwarna transparan sehingga tidak mengubah penampilan ataupun warna batu alam dan menambah efek kilap. 4. Varnishing Untuk elemen eksterior bangunan yang berbahan kayu, perlindungan dapat dilakukan dengan menyapukan cairan vernis. Elemen eksterior yang memerlukan perlindungan vernis antara lain kusen, pintu, dan kisi-kisi kayu. Lapisan vernis membuat kayu jadi mengkilap dan melindunginya dari kotoran, minyak, dan air. Agar kesemua lapisan pelindung di atas dapat berfungsi dengan baik pastikan bidang pengaplikasiannya bersih dari kotoran, minyak dan air. Perhatikan juga petunjuk pemakaian juga petunjuk penyampuran atau pengenceran yang tertera pada kemasan produk-produk pelindung yang akan Anda gunakan.

118

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Aksentuasi Tampak Bangunan dengan Cladding

Tampak bangunan selain dibentuk oleh ruangan di dalamnya, posisi bukaan, dinding, bentuk atap, bentuk balkon, teras, ataupun kolom, dapat juga diaksentuasi dengan material penutup dinding (cladding). Selain memberikan ekspresi pada tampak bangunan, pemilihan material cladding yang tepat juga dapat melindungi bangunan dan mempengaruhi kenyamanan ruangan di dalamnya. Agar memberikan manfaat baik fungsional maupun estetis pada bangunan Anda, pemilihan material cladding sebaiknya memperhatikan desain bangunan, kondisi iklim, juga kemudahan perawatannya. Beberapa material yang banyak digunakan dan cocok dengan iklim tropis Indonesia adalah: 1. Batu Alam Ada berbagai jenis batu alam yang dapat digunakan sebagai cladding, seperti batu candi, batu andesit, batu poras, batu sala, dan batu karang pilang. Masing-masing batu tersebut mempunyai karakteristik tekstur, pori, dan warnanya tersendiri, ideal untuk menambah kekayaan tekstur, warna, dan “bobot” pada dinding. Batu-batu tersebut juga tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga dapat disusun atau dikombinasikan sesuai dengan konfigurasi tertentu membentuk bermacam-macam pola pada dinding. 2. Tanaman Untuk menahan panas matahari dan menyaring udara kotor yang masuk ke dalam rumah, Anda dapat menutup dinding dengan tumbuhan. Untuk menutup dinding, selain tanaman merambat dapat juga digunakan rak yang ditanam ataupun digantung pada dinding dan diisi dengan pot-pot tanaman kecil. 3. Panel Baja

119

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Untuk kesan industrialis ataupun modern, panel-panel baja dapat dipasang menutupi dinding luar bangunan Anda. Karena panel-panel baja dapat menimbulkan panas maka dalam pemasangannya perlu ditambah lapisan peredam panas, dan rongga sebesar 10-20 cm antara panel dan dinding. 4. Kisi-kisi kayu Kisi-kisi kayu dapat dipasang di dinding ataupun di jendela. Berbeda dengan batu alam ataupun panel baja, kisi-kisi kayu tidak dipasang untuk menutupi dinding dengan rapat melainkan untuk memberikan aksentuasi dengan garis ataupun bayangan yang ditimbulkannya. Kisi-kisi juga dipasang untuk menghalangi dinding terkena cahaya dan panas secara langsung sehingga ruangan di dalamnya lebih sejuk. Penggunaan bahan-bahan cladding di atas tentu dapat saling dikombinasikan satu sama lain juga dengan cat tembok eksterior dan disesuaikan dengan bentuk, tekstur, dan warna jendela, kusen, pintu, ataupun elemen lain yang menjadi bagian desain tampak rumah Anda.

Tahap 8: Menata Ruang Luar Seiring dengan pengerjaan interior, ruang luar rumah Anda juga harus mulai ditata. Ruang luar yang terbangun oleh tampak bangunan sebagai “wajah” rumah dan penataan lansekap sebagai pelatarannya sangatlah penting untuk menyatukan rumah Anda dengan lahannya. Ruang luar yang tertata dengan baik akan memperindah dan menciptakan keserasian antara rumah dengan lingkungan sekitarnya. Ruang luar yang diatur dengan baik juga dapat mempengaruhi kenyamanan ruang dalam Anda. Pengerjaan dan pemilihan bahan eksterior yang tepat seperti pemasangan kisi-kisi ataupun tumbuhan pada dinding eksterior juga dapat membantu menyejukkan ruangan di dalamnya. Pepohonan yang diposisikan dengan baik dapat menciptakan keteduhan dan mengurangi penggunaan pendingin ruangan di dalam rumah Anda. Pemilihan penggunaan beberapa jenis tumbuhan tertentu juga dapat melindungi bangunan Anda dari angin dan badai, dan mengurangi risiko genangan air dan banjir.

120

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

5 Prinsip Rumah Sehat

Cahaya matahari dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai sumber pencahayaan alami pada rumah sehat Anda dengan pedoman: a. Orientasi Bangunan Bangunan sebaiknya menghadap Utara-Selatan untuk menghindari panas dan sinar matahari langsung. b. Ukuran Ruangan dan Bukaan Agar cahaya matahari dapat masuk dan menerangi ruangan secara maksimal, ukuran lebar ruangan sebaiknya 2 kali ukuran tinggi bukaan. 2. Ventilasi Alami Prinsip ventilasi alami adalah menciptakan sirkulasi udara dengan memasukkan udara dingin ke dalam ruangan dan mengalirkan udara panas keluar melalui bukaan-bukaan yang diposisikan secara strategis.

121

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

Posisi bukaan yang baik untuk menciptakan sirkulasi udara adalah bukaan atas dan bukaan bawah. 3. Sistem Manajemen Limbah Sistem manajemen limbah yang baik penting untuk menghindari pencemaran persediaan air bersih di rumah. Manajemen limbah yang baik dapat dicapai dengan mengikuti pola perletakan limbah sebagai berikut:

122

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

123

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

4. Penampungan Air Hujan Air hujan dapat ditampung dan digunakan untuk banyak kebutuhan sehari-hari seperti menyiram toilet, berkebun, atau mencuci mobil. Dengan menampung air hujan dan menggunakannya kembali rumah sehat Anda akan jadi lebih efisien, juga ramah lingkungan.

5. Lapisan Tembus Air Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor dapat dihindari jika kita menyediakan daerah resapan air yang cukup luas. Daerah resapan air yang luas di lahan yang sempit dapat dicapai dengan mengotimalkan penggunaan lapisan/permukaan tembus air seperti rumput dan grass block pada halaman, parkiran mobil (carport), dan jalan agar air dapat mengalir dan meresap secara alami ke dalam tanah.

124

Step By Step – Membangun Rumah

http://www.membangunbersama.com

125

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->