LAOS

A. Keadaan Geografis

Laos adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang terjepit dan tidak punya wilayah laut. Laos berada di sebelah barat Vietnam, batas sebelah utara adalah Cina. Negara tetangga lain adalah Thailand di sebelah selatan dan Myanmar di barat laut. Luas wilayah Laos adalah 236.800 km2. Sekitar 70% wilayah Laos berbentuk pegunungan dan terdapat Gunung Bia setinggi 2.819 meter yang merupakan gunung tertinggi di negara ini. Sekitar 55 persen wilayah ini ditutupi oleh berbagai jenis hutan, yaitu hutan hujan tropis, hutan bambu, dan hutan yang tercampur dengan vegetasi tropis.

B. Iklim
Laos adalah satu-satunya negara yang tak berpantai di Asia Tenggara. Iklim di Laos adalah iklim tropis dengan rata-rata suhu antara 24° C disebelah utara dan 26° C sebelah selatan. Dilaos terdapat 3 musim: 1. Musim hujan dengan udara yang panas, pada waktu daerah ini berada dibawah pengaruh angin musim barat daya dari Juni - Oktober 2. Musim kemarau yang sejuk, apabila angin musim datang dari arah barat bulan November - Februari 3. Musim kemarau yang panas dari Maret sampai Mei.

C. Kenampakan Alam
Laos adalah negara yang terhimpit oleh daratan di Asia Tenggara dan diselimuti hutan lebat yang kebanyakan bergunung-gunung, di mana salah satunya yang tertinggi adalah Phou Bia dengan ketinggian 2.817 m dari permukaan laut. Laos juga memiliki beberapa dataran rendah dan dataran tinggi. Sungai Mekong membentuk sebagian besar dari perbatasannya dengan Thailand, sementara rangkaian pegunungan dari Rantai Annam membentuk sebagian besar perbatasan timurnya dengan Vietnam. Pada 1993, pemerintah mencanangkan 21% dari wilayah negara sebagai Area Konservasi Keanekaragaman Hayati Nasional (National Biodiversity Conservation Area/NBCA), yang mungkin akan dikembangkan menjadi sebuah taman nasional. Bila telah selesai, maka ia diperkirakan akan menjadi taman nasional terbaik dan terluas di Asia Tenggara. Sejumlah spesies binatang baru telah ditemukan atau ditemukan kembali di Laos beberapa tahun terakhir. Termasuk di dalamnya kelinci Annam, saola, dan yang terbaru adalah tikus batu Laos atau kha-nyou.

Luas tanah garapan sekitar 747 ribu hektar. perbankan. Laos dikenal sebagai negara yang damai dan ramah. masalah sosial. Bahasa Thailand dan bahasa Laos pun memiliki kemiripan. Kamboja dengan Laos Delegasi Kamboja dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Hor Namhong. perusahaan industri terutama terdiri dari pembangkitan tenaga listrik. yakni kementerian pertahanan dan kementerian keamanan umum. tembakau. dan 15 % nya adalah orang-orang Thai dengan 10 % sisanya merupakan suku-suku daerah perbukitan. ubi-ubian. terutama yang ada di wilayah selatan.1 juta penduduknya). industri. Tanaman pertanian utama antara lain padi. Sebagian besar penduduk di Laos. penambangan. Populasi agraria tercatat 90%. Sumber Daya Alam Negara Laos memiliki berbagai sumber daya tambang. kesehatan umum. Sebagian besar penduduk di negara ini adalah orang Laos yang secara etnis. olah raga.D. atas undangan timpalannya dari Laos. dan pertukaran pejabat dari dua kementerian. penyelundupan obat di sepanjang perbatasan kedua negara. kata KPL. makanan serta bengkel reparasi kecil dan ayanman bambu dan kayu. kehutanan. Thongloun Sisoulith. walaupun laos pernah terlibat dalam perang Vietnam dan perang saudara selama beberapa tahun. mirip dengan bangsa Thai. seperti suku Mon-Khmer. kopi. Laos merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang jarang terjadi konflik antar suku. E. kilang besi. Dr. Luas hutan 9 juta hektar dan tingkat vegetasi hutan mencapai sekitar 42%. pertambangan. Wakil PM Kamboja juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Choummaly Sayasone dan PM Laos Bouasone Bouphavanh. Kerjasama dengan Negara Lain 1. . pendidikan. Kedua negara juga menyepakati kerja sama di beberapa bidang yang berkaitan dengan perikanan. Banyak menghasilkan kayu jati dan cendana.000 dan Singapura dengan 3. penggergajian kayu. Di samping pertemuan. investasi dan perburuhan. energi. keuangan. perdagangan. pariwisata. busana. F. kacang tanah dan kapas. Topik-topik lain yang juga dibahas mencakup bidang kebudayaa. didiami oleh suku-suku bangsa yang sama dengan di Kamboja. memiliki orang tua yang berdarah Vietnam dan Laos. mantan Perdana Menteri Kaysone Phomvihan. Dasar industri Laos lemah. Dalam pertemuan itu dibahas masalah-masalah yang berkaitan dengan garis perbatasam. terutama Pembangunan Proyek Kawasan Segitiga. yang menjadikan jumlah penduduk Laos termasuk negara berpenduduk ke tiga terkecil di Asia Tenggara (setelah Brunei dengan 300. Pemimpin pergerakan komunis terdahulu di Laos. Laos sangat kaya dengan sumber tenaga air. dan ekonomi regional. jagung. Penduduk Jumlah penduduk di Laos pada saat ini terhitung sekitar 5 juta jiwa. Pertanian adalah sokoguru ekonomi Laos.

Prasith Sayashit serta beberapa deputi menteri Laos. tukar menukar pendapat mengenai urusan olahraga internasional guna memberikan konstribusi bagi penyebaran pemeliharaan semangat olimpiade demi perdamaian dunia. spesialisasi.disepahami juga adanya saling tukar menukar undangan untuk para ahli menghadiri seminar. Phouthong Seng Akhorn. mengatakan. mengatakan. 3. Kerjasama ini ditandatangani Menpora Andi Mallarangeng dan Menteri Olahraga dan Pendidikan Jasmani Laos. serta beberapa pejabat Menpora antara lain Joko Pekik. bahwa pihak Laos menghargai dukungan jangka panjang pihak Cina dan bantuan yang telah memberi kontribusi pada pembangunan sosial ekonomi dan pertahanan nasional Laos. pemerintah. Douangchay. di ibu kota Vietnam. dan Wakil Kepala Staf Umum Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLA). pelatih. dan terus-menerus memperkuat persatuan dan persahabatan dari dua pihak. Para pejabat pemerintahan dan pertahanan Laos tersebut. MoU yang ditandatangi tersebut memuat 6 butir kesepahaman. pada Senin. Diantaranya adalah. James Tangkudung. Cina dengan Laos Hal itu mengemuka dari pertemuan antara Wakil Perdana Menteri Laos. Douangchay Phichith.2. berpartisipasi dalam pertemuan berbagai event di kedua negara berdasarkan permintaan federasi olah raga masingmasing. konferensi yang digelar di kedua negara. Persahabatan tradisional yang erat antara rakyat kedua negara dan militernya tidak akan berubah. dan bersedia melakukan upaya bersama dengan pihak Cina untuk lebih mempromosikan dua negara dan hubungan militernya ke tingkat yang baru. mempererat kerja sama dalam memerangi doping. Sanyahak. Selain itu. Vientiane. Pertukaran delegasi. Indonesia dengan Laos Bidang Olahraga Penandatanganan perjanjian kerjasam dibidang olahraga. Sanyahak Phomvihane. olahraga dan saintifik. mendorong asosiasi olahraga nasional untuk menjalin hubungan guna tukar menukar informasi dan pengalaman. Cai Yingting. Wakil Menteri Pertahanan Nasional. dan militer memandang penting mengembangkan hubungan dengan Cina. penandatanganan di lakukan di hotel Nusa Dua Beach. 5 Desember 2011. Lalu Wildan dan Faisal Abdullah. Gubernur Riau Rusli Zaenal. memperdalam komunikasi dan kerjasama antara militer kedua negara. para ahli pendidikan jasmani. menerima kunjungan delegasi PLA Cina yang dipimpin oleh Cai Yingting. . Penandatangan MoU disaksikan Dubes Laos untuk Indonesia. Partai Lao. PLA datang ke Laos atas undangan Departemen Pertahanan Nasional salah satu negara sosialis di Asia Tenggara itu. Menteri Pertahanan Nasional. Laos bersedia bekerja sama secara erat dengan Cina. Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin. tidak peduli bagaimana perubahan-perubahan dalam situasi internasional dan regional terjadi. Ketua KONI/KOI Rita Subowo.

Vietnam dan Thailand bertemu baru-baru ini di Laos untuk membicarakan langkah-langkah meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata. Cai menambahkan. dalam rangka memberikan kontribusi terhadap hubungan bilateral. stabilitas dan perdamaian. Dalam beberapa tahun terakhir. Laos. yang menghubungkan tiga negara. propinsi Boli Kamxai dan Khammouane Laos serta tiga propinsi di Thailand yakni Nakhon Phanom. dan kemakmuran regional. Rakyat kedua negara telah menjalin persahabatan yang mendalam sejak zaman kuno. Selama pertemuan tersebut. Vietnam dan Thailand Dalam Bidang Pariwisata Vientiane. mengatakan. 29 Maret 2005 10:40 Utusan dari enam propinsi di Laos. Nongkhai dan Sakon menandatangani nota kesepahaman (MoU).Kepala Staf Umum PLA. Cai Yingting. para pejabat dari propinsi Ha Tinh Viet Nam. menyepakati agenda dan regulasi untuk kerja sama dalam pengembangan sektor pariwisata. bahwa pihak Cina akan terus mempertahankan kedekatan tingkat tinggi dengan Laos. Mereka akan meminta para penguasa di masing-masing negara untuk mengurangi persyaratan prosedur bagi wisatawan dua negara lainnya. bahwa Cina dan Laos adalah tetangga yang bersahabat. terutama setelah kedua negara membentuk kemitraan strategis dan kerjasama yang komprehensif. . dan memperkuat koordinasi penuh persahabatan. 4. Mereka juga menjanjikan untuk mempertinggi pertukaran informasi dan memperbaiki jalan nomor 8. meningkatkan kerjasama substansial. hubungan bilateral terus berkembang sehat dan stabil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful