MENJAUHI SIKAP TERCELA DAN KEWAJIBAN BERTATA KRAMA 1. Israf 2. Gibah 3. Namimah dan Fitnah 4. Murtad 5.

Tasamuh Dalam kehidupan sehari-hari manusia akan selalu berhubungan dengan manusioa lainnya. Hal itu disebabkan kedudukan manusia sebagai makluk social tyang saling membutuhkan. Dalam pergaulan, terdapat etika yang harus dipenuhi supaya pergaulan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya permasalahan. Agama Islam mengajarkan pada manusia untuk bertata karma dan menjahui sikap-sikap yang tercela. Apabila manusia dapat menjalankan tuntunan itu, kehidupan bermasyarakat akan berjalan dengan baik. Kompetensi Dasar 1. Siswa mampu membiasakan diri untuk menghindari sifat tercela dalam kehidupan sehari-hari 2. Siswa mampu membiasakan diri untuk bertata karma dalam kehidupan sehari-hari Standar Kompetensi Siswa mampu menerapakan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari Indikator Setelah proses pembelajaran siswa mampu. 1. Mengidentifikasi akibat buruk dari israf, gibah, fitnah, dan murtad; 2. menghindari perbuatan israf, gibah, fitnah, dan murtad; 3. mengidentifikasi hikmah dari tasamuh; 4. menunjukkan sikap toleran terhadap sesame TADARUS 1. Surat Al- Isra¶ Ayat 27-29 2. Surat Al-Baqarah Ayat 217 3. Surat Al-Hujarat Ayat 11-12 MUKADIMAH

Ia memiliki kekayaan yang banyak sekali sehingga kuncikunci tempat perbendaharaan hartannya hanya bias diangkat oleh orang orang yang kuat. Contoh itu terdapat dalam kisah Qorun yang hidup pada zaman Nabi Musa a. Artinya Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: ³Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Karun. akan dibahas beberapa contoh akhlak tercela. Oleh karena itu. telah memberikan pelajaran kepada manusia akibat dari sikap hidup yang bermegahmegahan dengan harta benda. Perilaku beliau adalah perilaku yang terpuji. Allah swt menceritakan itu dalam Al-Qur¶an Surat Al-Qasas Ayat 79 berikut ini. akhlak manusia dihubungkan dengan nafsu. Syariat Islam memandang akhlak yang mulia sebagai tiang agung dari tegaknya bangunan masyarakat.S Al-Qasa: 79) Qarun adalah orang yang kaya raya. serta contoh akhlak terpuji. ilmu sosiologi menyatakan bahwa watak manusia merupakan salah satu faktor yang diamati dalam hubungannya dengan akhlak. bahkan Allah swt. Padahal. akhlak berusaha mencegah keburukan yang menimbulkan perbuatan yang mendatangkan bahaya bagi umat manusia. Orang membeli suatu barang hanya untuk bergaya. Dalam bab ini. Ilmu akhlak tidak bias dipisahkan dengan ilmu-ilmu yang menyangkut kehidupan manusia. harta benda yang dibelanjakan dengan cara seperti itu tidak akan membawa berkah. fitnah. Misalnya. A. Israf Israf adalah berlebih-lebihan. gibah.Pokok dari ajaran tentang akhlak yang baik adalah berperilaku yang sesuai dengan perilaku Nabi Muhammad saw. Akan . baik secara individu maupun social. ilmu psikologi dan ilmu sosiologi. Dengan demikian. Sebaliknya.s. bermegah-megah. Contoh israf yang tampak nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah budaya konsumerisme yang melanda masyarakat Indonesia dewasa ini. sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar´(Q. Memuji akhlak Nabi Muhammad saw Akhlak merupakan sistim niali yang dikembangkan berdasarkan kebaikan. baik yang bersifat individu maupun yang bersifat soialo. dan murtad . dan dipamerkan kepada orang lain. yaitu dari israf. yaitu tasamuh yang meliputi usaha untuk memlihara kerukunan dan menjaga persatuan. Dalam ilmu psikologi. bahkan akan mendatangkan musibah dan mala petakla. Allah swt. syariat Islam selalu berusaha untuk memlihara akhlak tersebut.

dan sebagainya. ³Bagaimana pendapatmu ya rasulullah. ³ Nabi Muhammad saw bersabda ³Engkau menyebut tentang saudaramu sesuatu yang tidak disenanginya. Allah swt.R. keluarlah Qarun dalam suatu iring-iringan yang lengkap dengan pengawal dan hamba sahaya. Sikap hidup yang sederhana dan tidak berlaku boros telah dicontohkan Rasulullah saw. Orang yang kikir dicela orang lain. Melarang manusia berlaku boros. minum. Gibah Gibah adalah membicarakan kejelekan orang lain dibelakangnya. Allah swt. orang yang terlalu pemurah akan menyesal karena hartannya habis sehingga ia tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. qarun telah membangga-banggakan hartannya. Ia menjadi takabur dan menyombongkan diri bahwa ia memperoleh semuannya itu dengan kepandaiannya. ³ tahukah kamu apakah gibah itu?´ Mereka (para sahabat) menjawab. Sikap hidup sederhana itu meliputi berbagai aspek kehidupan. Kemudian.´ (H. Karena kesombongannya itu. berarti kamu telah membuat suatu kebohongan yang keji terhadap dirinya. Kejelekan itu meliputi keadaan dirinya. Sikap boros adalah sikap setan yang mengingkari nikmat Allah swt.mengajarkan kita agar bersikap tasawut. yang maksudnya tidak terlalu kikir. Peristiwa itu menyadarkan kaumnya. ³ Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Mereka berangan-angan agar suatu saat nanti bias memiliki harta dan kekayaan seperti yang dimiliki Qarun. atau akhlaknya. keluargannya. ia akan merasa tidak senang.´ (Para Sahabat bertanya).tetapi. Menurunkan siksanya kepada Qarun. jika memang terhadap pada diri saudaraku itu apa yang saya katakana?´Rasulullah menjawab. Tasawut berarti tengah-tengah. B. budi pekertinya. makan. Allah swt. Apabila orang yang dibicarakan itu mendengarnya. jika tidak ada. Artinya: Rasululah bertanya. Memerintahkan kepada manusia agar menggunakan rezeki tersebut untuk beribadah. Sebaliknya. Oleh karena itu. seperti cara berpakaian. ³Jika apa yang kamu katakana itu ada. Allah swt. tetapi juga tidak terlalu pemurah. Mereka sadar bahwa banyak sedikitnya rezeki yang diperoleh manusia merupakan ketentuan Allah swt. Pengertian gibah termuat dalam hadis yang diriwayatkan Muslim berikut ini. Qarun bermaksud memperlihatkan kemegahannya kepada kaumnya. Kaumnya banyak merasa iri melihat kekayaan Qarun. Muslim) . Ia terkubur hiduphidup bersama seluruh harta bendanya. Pada suatu hari. berarti engkau telah menghibahnya. Sebagai jalan keluarnya. yaitu menggunakan harta benda pada hal-hal yang tidak diridai Allah swt.

(Q. Allah swt. C. Dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 191. Orang yang sering melakukan namimah dan fitnah akan terbiasa dengan hal itu. baik imannya pernah didahului oleh bentuk kekafiran. maupuin iman yang belum pernah didahului oleh bentuk kekafiran sebelumnya. Al-Qalam: 10-11) Seorang muslim harus berusaha keras menghindari perilaku namimah dan fitnah. Mengingatkan orang yang menghibah akan mendapatkan keutamaan. orang yang berdiam diri ketika mendengar orang yang menghibah. Memperingatkan kita agar menjahui hal itu dalam Al-Quran Surat AlQalam Ayat 10-11 berikut ini. akan menutupi wajahnya dari api neraka pada hari kiamat. murtad berarti keluar dari iman. Adapun fitnah adalah perkara bohong tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan untuk menjelekkan orang lain. Gibah diperbolehkan dalam hal-hal. Kita wajib mengingatkannya. dan mencegah perbuatan jelek. seperti orang kafir yang beriman dan kemudian kembali kafir. Allah berfirman bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Namimah adalah mengadukan perkataan seseorang kepada orang lain dengan tujuan mengadu domba antara keduanya.Gibah akan merusak kehormatan seseorang. Dengan melakukanh perbuatan itu. kita tidak boleh ikut di dalamnya. Namimah dan Fitnah Namimah dan fitnah adalah dua hal yang sangat berkait erat. Murtad Riddah atau irtidad adalah asal kata murtad yang secara harfiah berarti kembali. yang banyak mencela. Islam melarang keras perbuatan gibah. ia mengharap akan mendapat keuntungan dari perselisihan dua pihak yang diadu doma. Artinya : Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina. Hal itu dapat dipahami karena fitnah merupakan perbuatan yang keji dan sangat berbahaya. yang kian ke mari menghambur fitnah. Oleh karena itu.S. D. Bahkan. sudah dianggap dosa. yaitu Allah swt. gibah diperbolehkan dalam keadaan tertentu yang sifatnya darurat serta memiliki tujuan baik. seperti mencegah penganiayaan. Walaupun demikian. meminta pertolongan. . Namimah dan fitnah diancam dengan hukuman yang berat diakhirat kelak. Menurut istilah. Apabila kita menjumpai atau mendengar oranf yang menghibah.

I¶tiqah 2. mereka kekal di dalamnya«. dan haknya untuk masuk surga. Pembahasan tentang tasamuh dalam bab ini meliputi cara-cara menjaga kerukunan dan persatuan.. Qauliyyah Orang yang murtad akan kehilangan haknya sebagai orang iman. Kembali kepada kekafiran setelah beriman berarti terputusnya hubungan dengan Allah swt. Demikian pula dengan orang yang dipaksa murtad. Orang yang murtad kehilangan hak perlindungan atas jiwanya. antara muslim yang satu dengan yang lainnya tetap merupakan saudara. Menggambarkan persaudaraan umat Islam tersebut dalam hadis berikut ini. lalu dia mati dalam kekafiran. kepemilikannya. dan teloransi. Orang yang gila tidak dianggap murtad walaupun ia mengucapakn kata-kata bahwa ia telah murtad. berikut ini. umat Islam harus menjaga kerukunan dengan sesama umat Islam. E. Rasulullah saw. Berlakunya kemurtadan apabila mukalaf tersebut berakal serta memiliki kemerdekaan unutk bertindak. Artinya : «.Seorang dianggap murtad jika ia telah mukalaf dan menyatakan kemurtadannya secara terangterangan. Munculnya paham dan aliran yang berbeda-beda tersebut merupakan akibat dari adanya perbedaan interprestasi atau penafsiran. ikatan pernikahannya. yaitu I¶tiqad. dan pemerintah. Sebagai gantinya. fi¶liyyah. dan qauliyyah. umat Islam tetap harus menjunjung tinggi persaudaraan karena yang mengikat persaudaraan di antara mereka adalah agama Islam. ia kan dimasukkan ke dalam neraka. 1.. . Akan tetapi. Barang siapa yang murtad di antara kamu dari agamanya. sebagaimana firman Allah swt. Kemurtadan berarti batalnya nilai relegius perbuatan orang yang bersangkutan. Kerukunan Intern Umat Islam Saat ini. dan mereka itulah penghuni neraka. 1. a. Ia dianggap tidak murtad selama hatinya masih dalam keadaan beriman. hak warisnya. Tasamuh Tasamuh berarti kelapangan dada. Menjaga kerukunan Dalam pergaulan sehari-hari. dalam agama Islam berkembang berbagai macam paham dan aliran. maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat. Murtad disebabkan oleh tiga hal. umat beragala lain. Walaupun demikian. keluasan pikiran. fi¶liyyah 3.

Untuk orang yang beragama lain walaupun orang itu adalah orang tua atau anak-anak kita sendiri. Muslim) Salah satu wujud kerukunan adalah adanya kemauan untuk saling membantu dan saling menolong.bekerja sama dalam bidang social. ekonomi. Al-Baqarah:256) Dalam hal bekerjasama dengan orang yang beragama lain.a. maka Allah akan menutup rahasianya pada Hari Kiamat b. Islam melarang bekerja sama.w bersabda: Seorang muslim itu adalah saudara bagi muslim lain. Apabila diantra umat islam ada yang mengalami kesulitan. sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan masalah akidah dan ibadah. budaya. sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. maka Allah akan melapangkan salah satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan Hari Kiamat nanti. Beliau tidak boleh menzalimi dan menyusahkannya. (H.Artinya : Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal berkasih sayang dan saling cinta-mencintai adalah bagaikan satu tubuh yang pabila salah satu anggotan tubuh yang sakit. tetapi harus dengan cara yang damai dan bijaksana. dan politik. Hal itu difirmankan Allah swt. Barangsiapa yang menutup rahasia seseorang muslim. maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Artinya : Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam).dalam Al-Qur¶an Surat Al-Baqarah Ayat 1256 berikut ini .S. Dakwah Islam tidak boleh dilaksanakan dengan kekerasan dan paksaan.a katanya: Sesungguhnya Rasulullah s. umat Islam yang lain hendaknya membantu. . Kerukunan Umat Islam dengan Umat beragama Lain Islam merupakan agama yang mempunyai teloransi tiggi terhadap golongan yang beragama lain. maka Allah pun akan berkenan memenuhi hajatnya. anggota tubuh yang lain akan ikut merasakannya. Dalam hadis berikut ini.(Q. kita dilarang mendoakan dan memintakan ampun kepada Allah swt. Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan kepada seorang muslim. Barangsiapa yang mahu memenuhi hajat saudaranya.R. Dalam pergaulan sehari-hari. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Hal itu disabdakan Rasululah saw. Islam membatasi pada hal-hal yang berkaitan dengan masalah keduniaan/ contohnya. yaitu tidak bias tidur dan merasa demam. Artinya : Diriwayatkan daripada Ibnu Umar r.

59) Menaati pemerintah berarti ikut segala keputusan yang telah dikeluarkan atau diundangkan oleh pemerintah untuk kepentingan bersama demi mencapai kesejahteraan masyarakat.. Akan tetapi. yaitu pemerintah. dan ulil-amri. tidak ada kewajiban untuk menaatinya. 1. apabila ada seorang diantara mereka yang memberi salam kepada kita. kita wajib menaati Allah swt.Orang Islam tidak mendahului memberikan salam kepada orang yang beragama lain. Menjaga Persatuan Islam mengajarkan kepada umatnya untuk mempunyai rasa setia kawan. Namun. Kita diciptakan dalam keadaan berbeda-beda. Apabila peraturan pemerintah bertentangan dengan prinsip syariat Islam. pendapat. atau kebiasaan.R. Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah saw. Menurut Al-Qur¶an Surat An-Nisa Ayat 95. Dalam hadis berikut ini. penguasa. dan pemimpin lainnya. perbedaan itu haruslah disyukuri karena pada hakikatnya perbedaan itu menjadi rahmat manakala kita bias mengambil hikmah di balik perbedan itu. Kerukunan Umat Islam dengan Pemerintah Menurut para ahli tafsir. Rasulullah. Akan tetapi. dalam Al-Quran Surat An-Nisa AYat 59 berikut ini. perbedaan itu akan berubah menjadi laknat atau bencana. Perbedaan itu meliputi perbedaan watak.An-Nisaa . Artinya: Apabila ahli kitab mengucapkan salam kepadamu maka jawablah dengan wa¶alaikum (H. Kita wajib taat kepada ulil amri (pemerintah) selama peraturan pemerintah itu tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariat Islam. yaitu keteguhan hati dalam memelihara nilai-nilai persahabatan dan persaudaraan. Artinya Hai orang-orang yang beriman. dan ulil amri di antara kamu«« (Q. apabila kita mempermasalahkan perbedaan terus-menerus. perbedaan menjadi pemicu munculnya . seperti mazhab atau pendapat. keinginan. dalam pergaulan dengan orang lain.S. Ukhuwah mempunyai makna solidaritas dalam kebaikan dan sikap toleran dalam segala perbedaan. kita cukup menjawabnya dengan jawaban wa¶alaikum. Hal itu disebabkan. ulul-amri adalah orang-orang yang memegang kekuasaan diantra umat manusia. Dalam istilah agama. ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya). Peraturan seperti itu harus ditolak dan pemrintah harus diingatkan. Hal itu berdasarkan firman Alah swt. Bukhari Muslim) c. kata setia kawan dikenal dengan istilah ukhuwah.

dan toleransi. Israf adalah berlebih-lebihan. dan permusuhan. tetapi kita harus bersama dan bersatu dalam keanekaragaman. pribadi-pribadi yang peka terhadap lingkungan sekitarnya. dan permusuhan. 3. 5. ia akan merasa tidak senang. keluasan pikiran. dan janganlah kamu bercerai berai««. Ali Imaran 102) Oleh karena itu. percekcokan. perselisihan. seperti orang kafir yang beriman dan kemudian kembali kafir. Budaya boros yang menyebabkan seseorang kurang berhati-hati dalam menggunakan uang dan membeli barang-barang yang tidak ada manfaatnya. . Hal itu tentu lebih baik dari pada mempersoalkan masalah khilafiah yang hanya akan meregangkan persatuan dan membawa kepada kehancuran. Hal itu menunjukkan bahwa Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu bersatu dan tidak bercerai-berai. Allah swt. pribadi-pribadi yang lebih mendahulukan kepentngan umum dari pada kepentingan pribadi. Kita memang berbeda. Gibah adalah membicarakan kejelekan orang lain dibelakangnya. keluarga dan golongan. 3. sikap kegotongroyongan dan kekompakan dalam menghadapi berbagai persoalan 4. sikap seimbang yang akan menipiskan kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Rasa kebersamaan tersebut akan melahirkan 1.pertentangan.seyogyanya umat islam lebih memperhatikan persatuan dan kesatuan. 2. maupuin iman yang belum pernah didahului oleh bentuk kekafiran sebelumnya. dan saling menghormati. Contoh israf yang tampak nyata dalam kehidupsn seharihari adalah budaya konsumerisme. Ikhtisar 1. Apabila orang yang dibicarakan itu mendengarnya. (Q. 2. baik akidah maupun ekonominya. tidak layak apabila di antara sesame muslim terjadi perselisihan. Murtad adalah berasal dari kata Riddah atau irtidad berarti keluar dari iman.S. Artinya : Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah. saling menolong. baik imannya pernah didahului oleh bentuk kekafiran. perpecahan.. Tasamuh berarti kelapangan dada. 4. Salah satu wujud kerukunan adalah adanya kemauan untuk saling membantu dan saling menolong. 1. Adapun fitnah adalah perkara bohong tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan untuk menjelekkan orang lain. Salah satu cara untuk menjaga persatuandan kesatuan adalah kebersamaan. berfirman dalam Al-Qur¶an Surat Ali Imaran Ayat 102 berikut ini. Namimah adalah mengadukan perkataan seseorang kepada orang lain dengan tujuan mengadu domba antara keduanya. peduli kepada yang lemah.

Tuan Putri ! Saya mendengar kabar bahwa tuan akan menikah lagi dengan seorang wanita dari daerah anu. ³Tentu saja! Mana berani saya berbohong tuan putrid! Budak itu menegaskan. Dan akhirnya.´ Benarkah itu? Tanya istri majikannya. Dirampasnya pisau cukur itu.´lalu bagaimana caranya? ³Istri majikannya bertanya lagi. pada zaman dulu. Benarlah sang suami kemudian berpura-pura tidur. Ketika ia memegang leher suaminya. Tuan bias membuktikannya nanti malam. budak itu berbicara pada suami majikannya. Majikannya terperanjat.´ Apa iu! Tanya majikannya´Tuan Putri akan membunuh tuan dengan pisau yang tajam pada waktu tuan tidur. lalu ditusukkan ketubuh istrinya. setelah beberapa lam tampaklah keburujan si budak. Benarkah itu?´ Budak itu mejawab.´Lalu apa yang harus saya lakukan? Tanya majikannya. ia ditawari seorang budak. Sesampainya di pasar. Ambillah dengan pisau tajam pada waktu tidur supaya tidak tau. Karena aib itu dianggap ringan. Budak itu menjawab´Tuan putrid harus mengguna-gunai tuan untuk menggagalkan pernikahan itu. kabar meninggalnya sang istri sampai kepada keluarganya. kecuali ia gemar mengadu domba.Integrasi Budi Pekerti Konon. budak itu rajin bekerja. Semuanya hanya disebabkan oleh ucapan lidah siburuk. Tidak ada satu pun pekerjaan di rumah yang terlewatkan olehnya. Mereka tidak menerima kematian saudarinya itu dan menuntut balas. Jakarta.´ jawab budak itu meyakinkan.´ Pada hari lain.Bumi Aksara. Akan tetapi. Budak itu berkata kepada istri majikannya. ada seorang laki-laki pergi ke pasar ubtuk membeli budak. budak itu tidak mempunyai aib sama sekali. dibelinya budak itu. (Dikutip dengan perubahan dari Bahaya Lidah. Tiba-tiba. ³Tuan Putri! Ambillah beberapa helai bulu leher suamimu. terjadilah bunuh-membunuh antara famili itu. sang suami segera saja bangun.´Tuan! Saya mendapat kabar mengejutkan. 1994) . sang istri dating membawa pisau cukur lalu memegang leher suaminya. Menururt pedagang yang menjualnya. Benarlah kata pedagang tersebut.

dipenjarakan kemudian dibimbing sehingga sifat tercela tersebut dapat hilang. ancaman dan bahkan pembunuhan emrupakan perilaku yang sangat menggelisahkan dan mengerikan. membunuh. (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah dan Allah maha perkasa dan maha bijaksana. Jiwanya akan merasa dikejar-kejar oleh bayangan dosa. tetap sekali penegasan Allah SWT dan rasulnya. (QS Al Maidah : 33)lihat al-Qur an online di Goole. dan pelanggaran hak asasi manusia merupakan tindakan yang melecehkan eksistensi manusia yang sesungguhnya telah dimuliakan oleh Allah. Nah. Itu termasuk perbuatan haram dam merupakan dosa besar yang wajib dijauhi oleh setiap individu. warga masyarakat yang ada di lingkungan tersebut akan mengalami keresahan. Perilaku tercela seperti merampok. Apabila dalam suatu masyarakat banyak terjadi perampasan dan perampokan.MENGHINDARI PRILAKU TERCELA (AKHLAQ MADZMUMAH) Sifat-sifat tercela perbuatan dosa dan dosa besar Islam sangat mengutamakan dan menghargai eksistensi manusia. A. Terhadap dirinya sendiri dapat berakibat antara lain kehidupan si pelaku pasti tidak akan merasa tenang. baik terhadap diri sendiri maupun terhadapa orang lain atau masyarakat. Mereka dianggap perang terhadap Allah dan rasulnya karena yang mereka lakukan merupakan perbuatan melawan hukum Allah SWT dan mengganggu masyarakat yang dilindungi oleh hukum. marilah kita bersama-sama menganalisisnya dalam pembahasan kali ini. asusila. Rasulullah SAW pernah bersabda. potonglah tangan keduanya. Merampok Merampas atau merampok harta orang lain yang kadang disertai dengan kekerasan. (HR Bukhari) . Artinya : sesungguhyna pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan rasulnya dan membuat kerusakan di bumi. Orang-orang yang memerangi Allah dan rasul Nya disebutkan dalam firman Allah SWT sebagai berikut. (QS Al Maidah : 38) lihat al-Qur an online di Goole. Allah sangat murka apabila manusia bersikap menghancurkan manusia lain tanpa dasar aturan Nya. bahkan sedikit demi sedikit keimanan dan keislamannya akan terlepas dari dirinya. merampok dan merampas jelas sangat berbahaya.yamg artinya : Tidaklah seorang pencuri ketika mencuri itu ia beriman. Oleh karena itu. hanyalah mereka dibunuh atau disalib atau dipotong tangan dan mereka dengan bertimbal balik atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya) dengan demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia dan diakhirat mereka beroleh siksaan yang besar. Pengertian hukum potong tangan dapat beraneka macam pendapat. Selain pengertian tangannya yang dipotong. Oleh karena itu. untuk mengenali hal tersebut sehingga kita mampu membentengi diri. Artinya : Laki-laki dan perempuan yang mencuri. Perbuatan mencuri. Firman Allah yang lain perihal pencurian yang dapat dihukum dengan potong tangan adalah sebagai berikut.

Hadis nabi Muhammad SAW. Islam memberikan perhatian terhadap perlindungan jiwa dan Allah mengancam orang yang merampas hal tersebut dengan hukuman berat.B. Artinya : Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya). 1.artinya : Barang siapa membunuh dirinya dengan sesuatu maka kelak ia akan disiksa di hari kiamat nanti dengan barang tersebut. dendam. hak persamaan. maka balasannya adalah jahanam. pembunuhan karena kesalahan atau kekhilafan semata-mata tanpa direncanakan dan tidak ada maksud sama sekali. Hal ini merupakan akibat tipu daya setan agar manusia senantiasa bertikai dan saling membunuh. Hukumannya adalah penjara atau denda yang cukup berat 3. hak yang paling penting dan mendapat perhatian adalah hak hidup. khusunya perbuatan membunuh. Diantara hak-hak tersebut. Pembunuhan semacam ini dapat dihukum qisas artinya dihukum mati. kecuali dimaafkan oleh pihak keluarga korban dan kepadanya dituntut denda. dengki. hak pemeliharaan kehormatan. baik terhadap diri pribadi maupun terhadap lingkuang atau masyarakat. Pembunuhan yang terjadi tanpa disengaja dengan alat yang tidak mematikan. pembunuhan yang dilakukan dengan sengaja yaitu merencanakan pembunuhan dalam keadaan jiwa sehat dan penuh kesadaran. hak pemilikan. Allah SWT berfirman. hak kemerdekaan. (QS An Nisa : 93) lihat al-Qur an online di Goole. (HR Muslim) Pembunuhan dapat terjadi akibat berselisih pendapat. iri hati atau cemburu. kita selalu memupuk perilaku terpuji. 2. (QS Al Isra : 33) lihat al-Qur an online di Goole. dan hak menuntut ilmu pengetahuan. melainkan dengan suatu alasan yang benar. Firman Allah SWT. Artinya : Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja. Jenis-jenis pembunuhan dan hukumannya berdasarkan Al Qur an dan hadis dijelaskan sebagai berikut. Hukuman tersangka penjara atau denda ringan Untuk memperkecil peluang terjadinya ha-hal buruk tersebut. Membiasakan bersilaturahmi . Ia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya dan mengutuknyaserta menyediakan azab yang pedih baginya. misalnya kecelakaan. Hal-hal di bawah ini dapat melatih diri kita untuk membentengi diri dari perilaku tercela. Membunuh Hak-hak yang paling utama bagi setiap manusia yang dijamin pula oleh Islam adalah hak hidup.

tinggi dan rendahnya spiritualitas (rohani) pada sebuah masyarakat berkaitan erat dengan segala perilakunya. Sebab kalian telah mengambil mereka dengan dasar amanah Allah dan telah kalian halalkan kemaluan mereka dengan kalimah Allah. Asusila Asusila adalah perbuatan atau tingkah laku yang menyimpang dari norma-norma atau kaidah kesopanan yang saat ini cenderung banyak terjadi di kalangan masyarakat. Menurut pandangan Islam. bukan saja tata perilaku yang bersifat ibadah mahdah (khusus) seperti salat dan puasa. (HR Muslim) Ada beberapa hal yang menjadi faktor pemicu munculnya perilaku asusila di dalam suatu masyarakat tersebut. Hadis Nabi Muhammad SAW menyatakan sebagai berikut. namun juga yang bersifat perilaku ibadah ghairu mahadah (umum) seperti hal-hal yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Islam dengan Al Qur an dan sunah telah memasang bingkai bagi kehidupan manusia agar menjadi kehidupan yang indah an bersih dari kerusakan moral.Mampu menahan amarah Mampu memaafkan kesalahan Berbuat adil Memperbanyak berbuat kebajikan Suka menolong Bersikap lemah lembut Meninggalkan hal-hal yang menyangkut riba Meneguhkan hati untuk mengikuti jalan yang lurus Memakan makanan yang halal dan thayyib Senantiasa berdoa kepada Allah SWT Berlaku lurus terhadap manusia Tidak pelit atau kikir C. terutama remaja. Sesungguhyna Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat. hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya.yang artinya : Maka bertakwalah kepada Allah dalam hal wanita. (QS An Nur : 30) lihat al-Qur an online di Goole. . Firman Allah SWT Artinya : katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman. Didalam Al Qur an terdapat bebeapa ayat yang memuat informasi dan pengetahuan tentang hubungan antara laki-laki dan perempuan.

Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Masalah hak asasi manusia menjadi salah satu pusat perhatian manusia sedunia sejak pertengahan abad lalu. orang lapar harus diberi makan. Kurangnya keteladanan yang diberikan oleh pihak yang seharusnya memberi atau menjadi teladan. diantaranya larangan menindas wanita. khusunya oleh remaja karena contoh atau teladan memberikan kemudahan untuk proses pembiasaan perilaku pada kehidupan sehari-hari mereka. serta pembeda antara kebenaran dan kesalahan (lihat QS Al Baqarah : 185) Berikut ini adalah isi yang terkandung dalam hak asasi manusia yang disepakati hampir di seluruh dunia . Ada beberapa pengertian dari hak asasi manusia antara lain : hak-hak dasar atau pokok bagi manusia sejak dilahirkan yang merupakan anugerah dari Allah yang Mahakuasa hak yang melekat pada martabat manusia sebagai insan ciptaan Allah yang tidak bisa dilanggar oleh siapapun juga. bahkan musuh sekalipun (lihat QS Al Maidah) Islam pada dasarnya adalah ajaran yang komprehensif karena Al Qur an adalah kitab yang berfungsi memberi petunjuk. D. 2. khususnya remaja yang kondisinya berada pada masa puberitas dan pencarian jati diri sehingga mereka rentan terhadap pengaruh tersebut. Kurangnya sikap konsisten dari pihak yang seharusnya memiliki tugas tersebut. kehormatan dan kesucian. bahkan umat manusia di seluruh di dunia. orang tua. orang-orang sakit atau orang cidera. Islam selalu mendorong umatnya untuk mendorong umatnya untuk menemukan hal-hal yang baru dan mencari pemecahan-pemecahan baru demi kemajuan umat Islam. Darah manusia tidak boleh ditumpahkan tanpa alasan yang benar. Hukum Islam pun telah memberikan penjelasan mengenai hal tersebut. Faktor lingkungan atau masyarakat yang cukup besar memberikan pengaruh terhadap tingkah laku sesorang. penjelasanatas petunjuk. Keteladanan ini mutlak diperlukan. orang telanjang diberi pakaian dan orang-orang sakit atau terluka di tolong tanpa memperdulikan apakah ia seorang muslim atau bukan. 3. baik laki-laki maupun perempuan harus dihormati dalam segala keadaan. Sikap tidak konsisten terkadang membuat seseorang tidak memiliki patokan yang jelas mengenai hal-hal mana yang boleh dan mana yang tidak. Kaum muslim di seluruh dunia juga mempunyai perhatian yang sungguh-sungguh terhadap isu global ini. anak-anak.1. atau hak dan kewajiban dasar manusia.

Menganiaya Mengkhianati amanah dan menipu Menipu dan merusak hakim Membela pengkhianat Berkata-kata palsu dan memberi kesaksian palsu. mengambil sesuatu yang bukan hak milik tidak halal Memakan harta anak yatim yang bukan hak menyuruh atau mendukung kemungkaran dan melarang atau mencegah kebaikan. Kebebasan berpendapat. Hak memiliki. beragama. Ikut serta dalam pemerintahan. Membunuh manusia Membunuh anak-anak meskipun karena takut miskin Mencuri Berzina Menipu atau berlaku curang Melakukan riba Melakukan judi atau maasyir. Perilaku yang harus di jauhi tersebut adalah sebagai berikut. Perlakuan sama dalam hukum dan pemerintahan (Right of legal Equality) d. Menyembunyikan kebenaran Berkata buruk . Perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (Prosedur Right) Bangsa Indonesia.a. dan bergerak (Personal Right) b. hak pilih dan dipilih (Political Right) e. khususnya kaum muslimmempunyai tugas dan kewajiban untuk membuktikan bahwa Islam cinta damai dan menghormati hak asasi manusia. menjual dan memanfaatkan sesuatu (Properti Right) c. memberi. Hak untuk memilih pendidikan dan pengembangan kebudayaan (Social Culture Right) f. Ajaran Islam membimbing pemeluknya menjadi umat yang mampu meberikan kedamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia di dunia Ada beberapa contoh perilaku yang merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

Menyisihkan harta atau rezeki yang digunakan untuk membantu orang-orang yang memerlukan bantuan atau terkena musibah Selalu mendukung. fakir miskin dan lain sebagainya agar mereka turut merasakan kegembiraan dan perhatian dari saudaranya sesama muslim. Mereka telah bersumpah untuk menyesatkan manusia sepanjang masa. Oleh karena itu. mengingat Allah dan sifat-sifatnya setiap saat. Memperlakukan anak yatim dan orang miskin dengan buruk Menganggap rendah orang lain atau sombong Bermaksud jahat atau menuduh wanita yang baik berzina. Iblis atau setan senantiasa berusaha menggoda manusia untuk melakukan perbuatan tercela. Kikir atau bakhil Merugikan atau mengambil hak orang lain Membenci Merusak Menghina Memaksakan kehendak. turut serta membantu. Beberapa sikap yang menjadi perwujudan kita membenci sifat-sifat tercela tersebut antara lain sebagai berikut. atau aktif mengikuti kegiatan yanng bersifat syiar atau dakwah Menggembirakan kaum dhuafa seperti anak yatim piatu. kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT dari segala godaan setan yang terkutuk. . selalu mengembalikan sesuatu baik ide atau niat apapun juga didalam hati kepada Allah sebelum berbuat atau melakukan niat tersebut. sedangkan semua makhluk Nya derada didalm kekuasaan Nya. orang yang sedang sakit. Oleh karena itu. dan gemar melakukan amal saleh seperti aksi bakti sosial. kita harus berusaha semaksimal mungkin agar tidak terjebak atau tergoda rayuan iblis atau setan. melaksanakan segala perintah Allah.Mengumpat Mengejek atau mengolok-olok Mematai-matai orang atau mencari kesalahan orang lain. Kita meyakini bahwa Allah SWT adalah tuhan semesta alam yang Mahakuasa serta maha berkehendak. terutama yang berkaitan dengan ibadah rukun Islam secara konsisten.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful