Metabolisme karbohidrat

dan laktosa) diubah menjadi monosakarida (glukosa. 2 . dan fruktosa) di saluran cerna diserap dari usus masuk ke dalam darah ke jaringan tempat zat-zat tersebut di metabolisme. sukrosa. glikolipid.Fungsi Karbohidrat: 1) Sumber Energi 2) Cadangan energi : dalam bentuk glikogen ( hati. galaktosa.mukopolisakharida. otot) 3) Sintesis : a) Bahan struktur sel : glikoprotein. ‡ Karbohidrat makanan (kanji.

otot) dikontrol oleh insulin. kemudian dengan sintesis glukosa dari prekursor nonkarbohidrat (glukoneogenesis) 3 Dawn. Biokimia Kedokteran Dasar . ‡ Pada keadaan puasa kadarnya dipertahankan oleh hati mula mula dg pemecahan glikogen (glikogenolisis). hati) ‡ Pemasukan glukosa ke dalam sel : memerlukan protein transport difusi berkemudahan (facilitated diffusion) menggunakan GLUT GLUT 4 (adiposa. B Mark.Glukosa : ‡ Merupakan bahan bakar universal / utk semua sel. ‡ Otak serta eritrosit sangat tergantung pada glukosa sebagai bahan bakar ‡ Bentuk karbohidrat transport (yg bersirkulasi dlm darah) ‡ Disimpan dlm betuk glikogen sbg granula di sitoplasma (otot.

Jalan lain untuk oksidasi glukosa VI. B Mark. Biokimia Kedokteran Dasar 4 . Glukoneogenesis .Jalur Utama Metabolisme Karbohidrat I. Glikogenolisis : pemecahan glikogen menjadi glukosa ( di otot dihasilkan piruvat ) asetil KoA IV.Oksidasi glukosa / glikogen piruvat & laktat II. Glikolisis Embden Meyerhof : .Sintesis glukosa / glikogen dari prekursor nonKH Dawn. Glikogenesis : sintesis glikogen dari glukosa III. Oksidasi piruvat ( agar piruvat dapat dioksidasi lebih lanjut di SAS ) V. Hexose Monophospate Shunt (HMP Shunt) .

METABOLISME LIPID .

Biokimia Kedokteran Dasar .Metabolisme lipid terutama menyangkut ‡ Asam lemak ‡ Kolesterol Sumber asam lemak ‡ Lemak dalam makanan ‡ Sintesis de novo dari asetil KoA berasal dari KH / asam amino Dawn. B Mark.

Asetil KoA yang terbentuk melalui oksidasi-F : ‡ Di oksidasi menjadi CO2 + H2O melalui siklus asam sitrat ‡ Menjadi prekursor untuk sintesis kolesterol & steroid ‡ Membentuk senyawa keton di hati penting untuk bahan bakar pada kelaparan lanjut Dawn. Biokimia Kedokteran Dasar . B Mark.

Biokimia Kedokteran Dasar .Triasilgliserol esterifikasi Steroid lipolisis Diet lipogeenesis Asam lemak oksidasi-F KH. B Mark. AA Asetil KoA Kolesterol TCA Senyawa keton Overview metabolisme lipid CO2 Dawn.

METABOLISME LIPID ‡ Transport lipid ‡ Metabolisme asam lemak (asam lemak jenuh & tidak jenuh) .oksidasi-F ‡ Ketogenesis ‡ Metabolisme kolesterol Dawn.sintesis de novo . Biokimia Kedokteran Dasar . B Mark.

fosfolipid .kolesterol Dawn.TRANSPORT LIPID DALAM DARAH ‡ Lipid ditransport sebagai lipoprotein (setelah berikatan dengan protein) .triasilgliserol apoprotein .agar lebih larut dalam air (darah) karena protein mengandung asam amino yang mengandung gugus-COOH and -NH2 group ‡ Lipoprotein = Lipid + Protein . B Mark. Biokimia Kedokteran Dasar .

B Mark.LIPID DALAM DARAH (Lipoprotein) ‡ Kilomikron ‡ VLDL (very low / light density lipoprotein ) ‡ LDL (low / light density lipoprotein ) ‡ HDL ( high density lipoprotein Dawn. Biokimia Kedokteran Dasar .

Biokimia Kedokteran Dasar .transport di dalam darah ‡ Di dalam sel endotel pembuluh darah . terutama banyak mengandung triasilgliserol.a.kilomikron ‡ Mulai dari usus sebagai nascent chylomicron.g) t gliserol + asam lemak Dawn.di. B Mark.terdapat lipoprotein lipase . apoB48 dan apoA . mengubah triasilgliserol (t.Transport lipid dari usus ( lipid eksogen ) .

mengalami resintesis menjadi t. B Mark. Biokimia Kedokteran Dasar .dioksidasi menjadi energi ( misal otot jantung.g dalam jaringan adiposa Dawn.a.g dan disimpan sebagai lemak di jaringan adiposa ‡ Gliserol ditangkap oleh sel diubah menjadi gliserol 3P untuk resintesis t.‡ Asam lemak skelet ) atau ditangkap oleh sel . otot .a.

B Mark.g.mengalami resintesis menjdi t. menghidrolisis t. kemudian .Transport lipid dari hati ( lipid endogen ) VLDL ‡ Dari hati .a.a. atau .g.a.g di jaringan in adiposa Dawn. apo B100 ‡ Di dalam sel endotel pembuluh darah terdapat lipoprotein lipase.a.g t asam lemak + gliserol ‡ Asam lemak ditangkap oleh sel. disimpan sebagai cadangan lemak di jaringan adipose ‡ Gliserol ditangkap oleh sel untuk resintesis t.ditransport dalam darah sebagai very light density lipoprotein (VLDL) terutama banyak mengandung t. Biokimia Kedokteran Dasar .dioksidasi sebagai energi.

a. terutama mengandung banyak kolesterol ‡ Sebagian IDL ditangkap oleh sel hati di metabolime di dalam sel hati ‡ Sebagian IDL yang lain berubah menjadi LDL (low density lipoprotein) ditangkap oleh sel yang memerlukan kolesterol diperlukan untuk struktur membran. atau prekursor untuk sintesis hormon steroid ‡ enzim LCAT (Lecithine-Cholesterol Acyl Transferase) berperan dalam pengangkutan kelebihan kolesterol dari jaringan di transport sebagai HDL (high density lipoprotein) di transport kembali ke hati ‡ Kolesterol dari hati di ekskresi dari hati sebagai empedu atau di resekresi sebagai VLDL garam Dawn. B Mark. Biokimia Kedokteran Dasar .g .VLDL berubah menjadi IDL (intermediate density lipoprotein).‡ Setelah melepaskan t.

asil KoA mengalami oksidasi-F membentuk asetil KoA ‡ Pada setiap tahap oksidasi-F akan dihasilkan asetil KoA + asil KoA ( minus 2 atom karbon ) ‡ Asam palmitat ( 16 C ) mengalami 7 X oksidasi-F. B Mark. koenzim A ‡ Untuk masuk ke dalam mitokondria asill KoA memerlukan karnitin ‡ Dalam matriks mitokondria.OKSIDASI-F ASAM LEMAK ‡ Oksidasi / pemecahan asam lemak . menghasilkan 8 asetil KoA Dawn. Biokimia Kedokteran Dasar .pada atom-F-karbon dari asam lemak Berlangsung di dalam mitokondria ‡ Lipid dari dalam darah masuk sel di sitosol mengalami aktivasi menjadi asill KoA memerlukan ATP.

sintesis asam lemak u Berlangsung di sitosol Memerlukan .asetil KoA u .energi untuk otot jantung . Biokimia Kedokteran Dasar .SINTESIS ASAM LEMAK (LIPOGENESIS) Asam lemak .asetil KoA .cadangan energi di jaringan adiposa Asam lemak dapat disintesis dari glukosa t asam piruvat t asetil KoA intake karbohidrat u .NADPH Dawn. B Mark.

Biokimia Kedokteran Dasar . B Mark.Glukosa SINTESIS ASAM LEMAK DARI KARBOHIDRAT NADP+ HMP shunt Malate DH Isositrat DH NADPH + H+ Palmitat Malonil KoA Piruvat Sitrat CO2 Asetil KoA Piruvat Asetil KoA Mitokondria oksaloasetat Sitrat SITOSOL Dawn.