Metabolisme karbohidrat

otot) 3) Sintesis : a) Bahan struktur sel : glikoprotein. glikolipid. 2 .mukopolisakharida. galaktosa. dan fruktosa) di saluran cerna diserap dari usus masuk ke dalam darah ke jaringan tempat zat-zat tersebut di metabolisme. sukrosa.Fungsi Karbohidrat: 1) Sumber Energi 2) Cadangan energi : dalam bentuk glikogen ( hati. dan laktosa) diubah menjadi monosakarida (glukosa. ‡ Karbohidrat makanan (kanji.

‡ Otak serta eritrosit sangat tergantung pada glukosa sebagai bahan bakar ‡ Bentuk karbohidrat transport (yg bersirkulasi dlm darah) ‡ Disimpan dlm betuk glikogen sbg granula di sitoplasma (otot.Glukosa : ‡ Merupakan bahan bakar universal / utk semua sel. Biokimia Kedokteran Dasar . otot) dikontrol oleh insulin. hati) ‡ Pemasukan glukosa ke dalam sel : memerlukan protein transport difusi berkemudahan (facilitated diffusion) menggunakan GLUT GLUT 4 (adiposa. ‡ Pada keadaan puasa kadarnya dipertahankan oleh hati mula mula dg pemecahan glikogen (glikogenolisis). kemudian dengan sintesis glukosa dari prekursor nonkarbohidrat (glukoneogenesis) 3 Dawn. B Mark.

Glukoneogenesis . B Mark. Biokimia Kedokteran Dasar 4 . Oksidasi piruvat ( agar piruvat dapat dioksidasi lebih lanjut di SAS ) V.Jalan lain untuk oksidasi glukosa VI.Oksidasi glukosa / glikogen piruvat & laktat II. Glikolisis Embden Meyerhof : . Glikogenesis : sintesis glikogen dari glukosa III. Hexose Monophospate Shunt (HMP Shunt) .Jalur Utama Metabolisme Karbohidrat I. Glikogenolisis : pemecahan glikogen menjadi glukosa ( di otot dihasilkan piruvat ) asetil KoA IV.Sintesis glukosa / glikogen dari prekursor nonKH Dawn.

METABOLISME LIPID .

Metabolisme lipid terutama menyangkut ‡ Asam lemak ‡ Kolesterol Sumber asam lemak ‡ Lemak dalam makanan ‡ Sintesis de novo dari asetil KoA berasal dari KH / asam amino Dawn. Biokimia Kedokteran Dasar . B Mark.

Asetil KoA yang terbentuk melalui oksidasi-F : ‡ Di oksidasi menjadi CO2 + H2O melalui siklus asam sitrat ‡ Menjadi prekursor untuk sintesis kolesterol & steroid ‡ Membentuk senyawa keton di hati penting untuk bahan bakar pada kelaparan lanjut Dawn. Biokimia Kedokteran Dasar . B Mark.

Biokimia Kedokteran Dasar . AA Asetil KoA Kolesterol TCA Senyawa keton Overview metabolisme lipid CO2 Dawn.Triasilgliserol esterifikasi Steroid lipolisis Diet lipogeenesis Asam lemak oksidasi-F KH. B Mark.

METABOLISME LIPID ‡ Transport lipid ‡ Metabolisme asam lemak (asam lemak jenuh & tidak jenuh) . Biokimia Kedokteran Dasar .sintesis de novo . B Mark.oksidasi-F ‡ Ketogenesis ‡ Metabolisme kolesterol Dawn.

TRANSPORT LIPID DALAM DARAH ‡ Lipid ditransport sebagai lipoprotein (setelah berikatan dengan protein) .triasilgliserol apoprotein .fosfolipid .kolesterol Dawn. Biokimia Kedokteran Dasar . B Mark.agar lebih larut dalam air (darah) karena protein mengandung asam amino yang mengandung gugus-COOH and -NH2 group ‡ Lipoprotein = Lipid + Protein .

LIPID DALAM DARAH (Lipoprotein) ‡ Kilomikron ‡ VLDL (very low / light density lipoprotein ) ‡ LDL (low / light density lipoprotein ) ‡ HDL ( high density lipoprotein Dawn. Biokimia Kedokteran Dasar . B Mark.

terutama banyak mengandung triasilgliserol.terdapat lipoprotein lipase .g) t gliserol + asam lemak Dawn.di. B Mark. mengubah triasilgliserol (t.kilomikron ‡ Mulai dari usus sebagai nascent chylomicron.Transport lipid dari usus ( lipid eksogen ) . apoB48 dan apoA .a.transport di dalam darah ‡ Di dalam sel endotel pembuluh darah . Biokimia Kedokteran Dasar .

a.mengalami resintesis menjadi t.‡ Asam lemak skelet ) atau ditangkap oleh sel .g dalam jaringan adiposa Dawn.g dan disimpan sebagai lemak di jaringan adiposa ‡ Gliserol ditangkap oleh sel diubah menjadi gliserol 3P untuk resintesis t.a. otot . B Mark.dioksidasi menjadi energi ( misal otot jantung. Biokimia Kedokteran Dasar .

kemudian .Transport lipid dari hati ( lipid endogen ) VLDL ‡ Dari hati .g. B Mark. Biokimia Kedokteran Dasar .g di jaringan in adiposa Dawn.a.dioksidasi sebagai energi.a. apo B100 ‡ Di dalam sel endotel pembuluh darah terdapat lipoprotein lipase.ditransport dalam darah sebagai very light density lipoprotein (VLDL) terutama banyak mengandung t.g t asam lemak + gliserol ‡ Asam lemak ditangkap oleh sel. menghidrolisis t.a.a.g. atau . disimpan sebagai cadangan lemak di jaringan adipose ‡ Gliserol ditangkap oleh sel untuk resintesis t.mengalami resintesis menjdi t.

B Mark.‡ Setelah melepaskan t. Biokimia Kedokteran Dasar .a.g . terutama mengandung banyak kolesterol ‡ Sebagian IDL ditangkap oleh sel hati di metabolime di dalam sel hati ‡ Sebagian IDL yang lain berubah menjadi LDL (low density lipoprotein) ditangkap oleh sel yang memerlukan kolesterol diperlukan untuk struktur membran.VLDL berubah menjadi IDL (intermediate density lipoprotein). atau prekursor untuk sintesis hormon steroid ‡ enzim LCAT (Lecithine-Cholesterol Acyl Transferase) berperan dalam pengangkutan kelebihan kolesterol dari jaringan di transport sebagai HDL (high density lipoprotein) di transport kembali ke hati ‡ Kolesterol dari hati di ekskresi dari hati sebagai empedu atau di resekresi sebagai VLDL garam Dawn.

B Mark. menghasilkan 8 asetil KoA Dawn.pada atom-F-karbon dari asam lemak Berlangsung di dalam mitokondria ‡ Lipid dari dalam darah masuk sel di sitosol mengalami aktivasi menjadi asill KoA memerlukan ATP. asil KoA mengalami oksidasi-F membentuk asetil KoA ‡ Pada setiap tahap oksidasi-F akan dihasilkan asetil KoA + asil KoA ( minus 2 atom karbon ) ‡ Asam palmitat ( 16 C ) mengalami 7 X oksidasi-F. Biokimia Kedokteran Dasar .OKSIDASI-F ASAM LEMAK ‡ Oksidasi / pemecahan asam lemak . koenzim A ‡ Untuk masuk ke dalam mitokondria asill KoA memerlukan karnitin ‡ Dalam matriks mitokondria.

B Mark.cadangan energi di jaringan adiposa Asam lemak dapat disintesis dari glukosa t asam piruvat t asetil KoA intake karbohidrat u .sintesis asam lemak u Berlangsung di sitosol Memerlukan .asetil KoA .asetil KoA u . Biokimia Kedokteran Dasar .SINTESIS ASAM LEMAK (LIPOGENESIS) Asam lemak .NADPH Dawn.energi untuk otot jantung .

B Mark. Biokimia Kedokteran Dasar .Glukosa SINTESIS ASAM LEMAK DARI KARBOHIDRAT NADP+ HMP shunt Malate DH Isositrat DH NADPH + H+ Palmitat Malonil KoA Piruvat Sitrat CO2 Asetil KoA Piruvat Asetil KoA Mitokondria oksaloasetat Sitrat SITOSOL Dawn.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful