P. 1
Usus Besar

Usus Besar

|Views: 104|Likes:
Published by Tia KawairiIzhuka

More info:

Published by: Tia KawairiIzhuka on Jan 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2013

pdf

text

original

Usus Besar

Usus besar berisi kuman dengan jumlah mencapai triliunan. Mikroba ini berfungsi dalam proses pembusukan. Ada beberapa bakteri yang dapat menghasilkan vitamin B dan K. Kegiatan bakteri-bakteri ini dalam mencerna sisa-sisa protein dapat menghasilkan bau busuk yang keluar dalam bentuk gas dari dubur. Gas yang dihasilkan dapat mencapai 2 liter setiap hari. Proses penyerapan air dan mineral ini ibarat menimba air bersih di dalam saluran got yang airnya sangat kotor karena di dalam usus besar ini hanya terdapat makanan dalam bentuk sisa-sisa yang akan dibusukkan dan dibuang ke luar tubuh. Itulah kerja dari usus besar ini. Hebat bukan? Di dalam usus besar, makanan hanya akan mengalami penyerapan air dan beberapa garam mineral. Di dalam usus ini makanan sudah berwujud dalam bentuk ampas. Adanya bakteri saprofit, yaitu Eschericia coli menyebabkan ampas makanan akan membusuk yang selanjutnya akan dikeluarkan dalam bentuk feses. Jika dalam dinding usus besar seseorang terinfeksi, akibatnya penyerapan air akan terganggu, sehingga wujud feses dalam keadaan cair yang disebut dengan gejala diare. Apabila seseorang menahan buang air besar, maka akan menyebabkan penyerapan air yang berlebihan sehingga feses menjadi keras yang disebut dengan konstipasi (sembelit) yang dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah vena sekitar anus yang gejalanya disebut dengan hemoroid (ambeien). Agar Anda lebih memahami struktur usus besar, perhatikan Gambar 5.11 Perlu diketahui Beberapa makanan dapat merangsang bakteri untuk menghasilkan lebih banyak gas di dalam usus besar, di antaranya kol, ubi, bawang, dan kacang merah.

coli berfungsi untuk membusukkan sisa makanan. Bagaimana penyakit maag bisa terjadi? 5. heparin). fibrinogen. Bagaimana proses terjadinya penyakit diare? 9. . bagaimana E. Jelaskan penyebab dari penyakit amandel? Jika amandelnya dioperasi atau dibuang.K? 8. Di usus besar terdapat bakteri E. Jelaskan bagaimana terjadinya penyakit usus buntu? 7. Mengapa pada orang berpuasa lebih bau mulut dibandingkan orang yg tidak puasa? 2. Di mulut terdapat jaringan periodontal.coli dapat memproduksi vit. albumin. Disamping itu bakteri tsb juga dapat menghasilkan vitamin K. Salah satu Fungsi hati yaitu memproduksi protein plasma (protrombin. jelaskan fungsi tsb 6. Apa itu jaringan periodontal? Jelaskan fungsinya 4.Pertanyaan: 1. adakah efek negatif ke tubuh? 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->