P. 1
Cara Menyetel Klep

Cara Menyetel Klep

|Views: 154|Likes:
Published by wiryana_md

More info:

Published by: wiryana_md on Jan 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2015

pdf

text

original

Cara Menyetel Klep (Valve

)

Untuk tetap mendapatkan kondisi mesin dengan performa yang prima tentunya tidak lepas dari cara perawatan / maintenance yang berkala sesuai spesifikasi masing2 mobil dengan kata lain tune up rutin, tentunya akan lebih cepat melakukan perbaikan pada mobil oldtech/jadul yang sudah barang tentu masa penggunaan sudah melampaui time limit menurut pabriknya. Tune up terdiri dari beberapa penyetelan serta service yang salah satunya merupakan penyetelan klep/valve. Dari sistem kerja memang valve/klep merupakan mekanisme yang memiliki proses gesekan besar selama mesin berputar, serta tumbukan yang juga menyebabkan perubahan pada bahan lebih2 apabila part bukan kualitas bagus seminggu aja sudah terasa perubahannya. Bagaimanakah Cara menyetel valve/klep yang ideal? sebenarnya penyetelan kelep tidah susah amir, cuma kita di tuntut untuk telaten serta teliti dalam proses penyetelan klep. Salah setel tentunya bisa beresiko fatal dan menyebabkan overhaul pada mesin. Cara penyetelan Valve bisa di lakukan dengan 2 cara, yakni secara rombongan/multy serta penyetelan valve secara sendiri2 /tiap silinder. Cara menyetel Valve secara Rombongan (pada mesin sebaris 4 silinder) yakni bisa di awali dengan: 1. Memposisikan TOP Silinder 1. Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 1 # Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center) 2. Valve/klep yang dapat di stel:
y y y y

Silinder 1 klep Hisap & Buang. Silinder 2 Klep Hisap. Silinder 3 klep Buang. Silinder 4 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

3. Memposisikan Top Silinder 4. Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 4. # Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center) 4. Valve/klep yang dapat di stel:
y y y y

Silinder 4 klep Hisap & Buang. Silinder 3Klep Hisap. Silinder 2 klep Buang. Silinder 1 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

# Untuk Celah klep/valve sesuaikan denganspeesifikasi standar pabrik, karena tiap mobil memiliki celah klep yang bervariasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->