P. 1
SENAM LANTAI

SENAM LANTAI

|Views: 45|Likes:

More info:

Published by: Dikry Feisal Rachman on Jan 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/26/2012

pdf

text

original

senam lantai dibagi menjadi dua kategori. y y Senam pagi merupakan Olahraga yang bisa dikatakan mudah dan tidak terlalu memerlukan yang sangat mahal dan susah untuk dicari di toko-toko olahraga.y Senam Lantai sangat populer terutama bagi penyelenggaraan secara massal yang dapat diikuti oleh ribuan perserta dan dilakukan secara bersama-sama. gerakan-gerakannya dapat dikerjakan secara seragam dan membentuk formasi-formasi yang menarik dan mengesankan. kembali ketopik senam. y . yaitu senam lantai yang menggunakan alat dan tanpa menggunakan alat. sehingga tersebutlah Senam Pagi Indonesia.hal yang menarik saat ini adalah pemerintah pun sedang menggalakkan SENAM. kalian bisa mengunduh disini. buat kalian yang ingin melakukan gerakan senam dengan musik dari Senam Pagi Indonesia.

karena pada waktu melakukan gerakan tidak membawa atau menggunakan alat. selain itu senam lantai juga disebut dengan istilah bebas. melompat berputar di udaram menumpu dengan dua tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang pada waktu melompat kedepan atau kebelakang.unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguing. sesuai istilahnya gerakan-gerakan senam dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani. y .y senam lantai (flour exercise) adalah satu bagian dari rumpun senam.

y a. luruskan kedua kaki sampai punggung condong ke depan. lutut di bengkokkan hingga ujung kaki yang mendarat kelantai. bagian tengkuk.Metode y Berguling kedepan dilanjutkan meletakkan kedua tangan. angkar kedua kaki lurus . keatas secepat mungkin kemudian jatuhkan kaki kembali. bersamaan itu. Guling depan diatas peti lompat y . ankat panggul hingga seolah-olah sikap akan melenting y Sikap tidur diatas matras.

.

kemudian mendarat dengan dua kaki pada matras. .Teknik y Ambil awalan lari secepatnya y Menjelangpeti lompat menolak dengan kedua ujung kaki yang dibantu oleh ayunan kedua lengan arahnya keatas dengan menuju permukaan peti lompat y Arahkan kedua tangan ke permukaan peti lompat dengan kedua tangan lurus. lakukan gerakan guling kedepan seperti pada teknik guling depan pada matras.y . setelah kedua telapak tangan menempel pada peti lompat.

y .Metode y Lakukan tolakan dengan kedua kaki dengan benar y Melompat diatas peti lompat dengan bertumpu pada kedua tangan dan memindahkan kedua kaki dari arah depan ke belakang peti lompat .

setelah itu badan pada posisi tegak.Teknik y Ambil awalan secukupnya kemudian lari secepatnya y Menolak dengan kedua kaki kearah depan yang dibantu dengan ayunan kedua lengan y Angkat tungkai kearas dada hingga membuat sikap jongkok.y . kedua kaki tersebut melewati lengan yang terbuka antara celah tangankanan dan kiri selagi menahan berat badan y Apabila kaki sudah melewati celah lengan siap mendarat melewati peti lompat dengan posisi badan jatuh agak condong kedepan . . dengan kedua kaki ngeper.

.

y bengkokkan kedua tangan. ketika punggung menyentuh matras. kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40cm. . jongkok kedua kaki rapat letakkan lutut didepan dada. dagu sampai ke dada y lanjutkan dengan melakukan gerakkan guling kedepan. Latihan Guling Depan berikut cara melakukannya : y sikap permulaan. peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.y a. letakkan pundak pada matras dengan menundukkan kepala.

.

jongkok kedua kaki rapat. kesikap jongkok . dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat diatas matras.y berikut cara melakukannya : y sikap permulaan. pada saat panggul mengenai matras telinga. kedua tangan diangkat setinggi bahu telapak tangan menghadap keatas y kepala ditundukkan kemudian kaki menolak ke belakang. y segera ayunkan kaki kebelakang melewati kepala. dengan dibantu oleh kedua tangan menolak kuat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->