P. 1
Studi Sejarah Peradaban Islam

Studi Sejarah Peradaban Islam

|Views: 231|Likes:
Published by masipunk

More info:

Published by: masipunk on Jan 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2015

pdf

text

original

Studi Sejarah Peradaban Islam

Pengertian Sejarah Secara etimologis pengertian sejarah dapat ditelusuri dari asal kata sejarah yang sering dikatakan berasal dari kata arab “syajarah”, artinya “pohon kehidupan”. Yang mana dalam bahasa Inggris disebut “history”, sebuah kata yang lebih popular untuk menyebut sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Sejarah memiliki dua konsep. Konsep pertama, sejarah dengan pengertiannya (serangkaian peristiwa masa lampau) yang dapat memberikan pemahaman akan arti obyektif tentang masa lampau, adapun konsep kedua, (keseluruhan pengalaman manusia), yaitu sejarah menunjukkan maknanya yang subyektif, sebab masa lampau itu telah menjadi sebuah kisah atau cerita, Adapun Karakteristik sejarah dapat dilihat dalam tiga orientasi yang saling berhubungan. pertama, sejarah merupakan pengetahuan mengetahui kejadian-kejadian, peristiwaperistiwa dan keadaan-keadaan manusia di masa lampau dengan kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini. Kedua, sejarah merupakan pengetahuan tentang hukumhukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau, yang diperoleh melalui penyelidikan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau itu. Ketiga, sejarah sebagai falsafah yang didasarkan kepada pengetahuan tentang perubahan-perubahan masyarakat, dengan kata lain sejarah seperti ini merupakan ilmu tentang proses suatu masyarakat. Sejarah yang memiliki karakteristik dan sebagai ilmu pengetahuan pasti mempunyai kegunaan. diantara kegunaannya antara lain: pertama, untuk kelestarian identitas kelompok dan memperkuat daya kelompok itu. Kedua, sejarah berguna sebagai pengambilan pelajaran dan tauladan dari contoh-contoh di masa lampau. Ketiga, sejarah berfungsi sebagi sarana pemahaman mengenai hidup dan mati. Pengertian Sejarah Peradaban Islam Dalam bahasa indonesia, kata peradaban seringkali dipahami sama artinya dengan kebudayaan. Akan tetapi dalam Bahasa Inggris terdapat perbedaan pengertian antara kedua istilah tersebut, yakni istilah civilization untuk peradaban dan culture untuk kebudayaan. Demikian pula dalam Bahasa Arab, berbeda pula antara kata tsaqafah (kebudayaan), dan hadlarah (kemajuan), dan kata tamaddun (peradaban), bahkan dalam bahasa Melayu istilah tamaddun dimaksudkan untuk menyebut keduanya. Hal seperti ini tidaklah menunjukkan perbedaan dari segi makna, Seperti yang dikatakan oleh Yusuf Qardhawi bahwa peradaban adalah “sekumpulan dari bentuk-bentuk kemajuan, baik yang berupa kemajuan bendawi, ilmu pengetahuan, seni, sastra, maupun sosial, yang terdapat pada suatu masyarakat atau pada masyarakat yang serupa” Islam merupakan system keyakinan dan kepercayaan serta aturan yang mengatur manusia dengan tuhannya dan manusia dengan manusia serta manusia dengan lingkungannya,

Zaman Abbasiyah terakhir (1055-1258 M) 7. ilmu pengetahuan. Dasar-dasar yang telah diletakkan oleh Rosulullah SAW. Timur tengah setelah baghdad jatuh (1258-1520 M) 8. Timur tengah pada abad -19 dan ke-20 sampai perang dunia 1 (1798-1914 M) 10. Periode Nabi Muhammad dan kebangkitan islam (571-632 M) 2. dan kesenian. Sejarah peradaban islam terbagi menjadi sepuluh periodisasi antara lain: 1. Dunia islam sejak perang dunia 1 (1914-1968 M) Peran Dan Fungsi Manusia Dalam perspektif islam manusia memiliki peran sebagai pelaku sekaligus pembuat peradaban memiliki kedudukan dan peran inti. Kedua. pada . Bagi setiap muslim. Zaman Abbasiyah I (750-847 M) 5. Dasar Kemasyarakan Yang Diletakkan Rosulullah SAW. manusia adalah ciptaan allah yang paling sempurna dan paling utama. Ketiga.maka makna peradaban islam dibagi dalam tiga pengertiannya. Ketiga. pertama. Timur tengah sampai abad -18 (1520-1800 M) 9. manusia dengan segala kelemahannya dan kekurangannya telah dtunjuk menjadi khalifah allah dimuka bumi untuk memimpin. itulah sebabnya kedudukan dan posisi manusia secara panjang lebar dikisahkan baik didalam Al-Qur’an maupun Al-Hadits. memahami dan mempelajari kehidupan Rosulullah SAW adalah merupakan kewajiban. Zaman Abbasiyah II (847-1055 M) 6. Zaman Bani Ummayyah (661-749 M) 4. kemajuan dan tingkat kecerdasan akal yang dihasilkan dalam suatu periode kekuasaan islam. guna mengemban tugasnya sebagai makhluk yang dimuliakan dan dapat menggunakan akal yang dimilikinya dalam hal-hal yang positif sesuai dengan fitrahnya. sebagai puncak. hasil-hasil yang dicapai oleh umat islam dalam lapangan kesustraan. mulai dari periode nabi Muhammad SAW sampai perkembangan kekuasaan islam sekarang. Pertama. Periode Khulafa al-Rosyidin (632-661 M) 3. mengendalikan dan menentukan arah dan juga untuk memakmurkan bumi. kemajuan islam atau kekuasaan islam berperan melindungi pandangan hidup islam. Kedua.

al-tasammuh. dan politik yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Ahl al Badwi yaitu penduduk yg tidak memiliki tempat tinggal tetap. Sebagaimana yang telah beliau ajarkan yaitu persaudaraan yang paling hakiki adalah persaudaraan seiman dan seagama. hdp berdagang. 20 April 571 M • Kakeknya Abdul Muthalib meninggal saat Muhammad usia 8 th • Pada usia 5 bl sdh bisa berjalan • Pada usia 9 bl sdh bisa berbicara • Ayahnya Abdullah. beliau wafat saat usia muhammad 3 bl dlm kandungan • Ibunya Siti Aminah meninggal saat Pada usia 12 th Muhammad ikut berdagang .umumnya merupakan sejumlah nilai dan norma yang mengatur manusia dalam hal peribadatan. Al-adalah (keadilan) berkaitan erat dengan hak dan kewajiban setiap indivuidu dalam kehidupan masyarakat yang sesuai dengan posisi masing-masing dari satu sisi seseorang hendaknya memperoleh haknya. Antara lain: al-ikho’. sementar disisi lain ia berkewajiban memberikan hak orang lain kepada yang berhak menerimanya. Kabilah Quraisy terkenal sebagai pedagang yg menguasai jalur niaga Yaman-Hijazz Syria • Lahir Senin 12 Robiulawal pada waktu Fajar. ekonomi. industri. hdp scr nomaden. almusawah. Akan tetapi toleransi umat islam direspon dengan bentuk pengkhianatan terhadap Piagam Madinah tersebut. dan berpeluang membangun peradaban. Rosulullah dengan tegas mengajarkan bahwa seluruh manusia adalah keturunan Adam as yang diciptakan dari tanah. al-ta’awun. • • Struktur Masyarakat Arab terdapat Kabilah-kabilah atau suku-suku Masa sebelum lahir Islam disebut masa jahiliyah Muhammad sebelum kenabian • Lahir dari kalangan Quraisy. Tolong menolong sesama muslim yang mana telah ditunjukkan dalam bentuk persaudaraan antara kaum Muhajirin dan Anshor. sosial. bertanam. al-ta’awun (tolong-menolong) dalam berbuat kebajikan merupakan kewajiban setiap muslim sebagaimana tertulis dala surat Al-Maidah Ayat 2. Al-musawah (persamaan). Periode Muhammad dan Kebangkitan Islam (571-632) Arab sebelum Islam • Dibedakan dari segi pemukiman: a. At-tasamuh (toleransi) Bentuk dari perwujudan adanya toleransi dalam zaman Rosulullah adalah pembuatan ”Piagam Madinah” yang mana orang islam siap berdampingan dengan umat Yahudi secara baik. al-tasyawur. dan al-adalah. Ada beberapa asas yang telah diletakkan oleh Rosulullah SAW. penghidupanya berternak. Al-ikho’ (persaudaraan) salah satu asas penting masyarakat islam yang diletakkan oleh Rosulullah. Ahl al Hadlar yaitu penduduk yg sdh bertempat tinggal tetap disuatu kota-kota atau daerah pemukiman subur. dan tidak memberi peluang membangun peradaban b.

tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup para nabi. Perniagaan patung Pembinaan Masyarakat dan Peletakan Dasar-Dasar Kebudayaan Islam • Lembaga utama yg dibangun rasul dlm rangka pembinaan masyarkat adalah masjid (masjid pertama yg dibangun adalah Masjid Quba) • Asas penting pertama dilakukan oleh rasul adalah: al ikha. suku bani abdil manaf. al tasyawur. lalu Dia melindungimu. lalu Dia memberimu petunjuk” Risalah Nabi Muhammad • Wahyu pertama turun QS al Alaq 1-5 malam 17 ramadhan • Asabiqul awalun. sebagaimana kedudukan Harun dg Musa. Ali. QS al Ahzab 40 • ‫ماكان محمد أبا أحد من رجالكم ولكن رسول ال وخاتم النبين وكان ال بكل شئ عليما‬ ً ّ ّّ َ ٍ ٌ • Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu. suka bekerja keras • Pada usia 35 th Muhammad dg kebijaksanaannya telah mendamaikan beberapa suku yg berselisih dlm peletakan hajar aswad. Abu Bakar.• Pada usia 15 th Muhammad berdagang sendiri. Ummu Aiman • Ajaran yg disampaikan. Tauhid (meninggalkan berhala. Zaid bin Harist (budak khadijah). makhzum usia 6 th • QS 93 “Bukankah Allah mendapatimu sebagai anak yatim. amanah. bani zuhrah. hanya tidak ada Nabi sesudah Aku” Mendakwahkan Islam dan Reaksi kaum Quraisy • Menurut Syalabi ada 5 faktor yg menyebabkan orang Quraisy menentang dakwah Rasul 1. “tidakkah engkau suka bahwa engkau ada di sampingku. harta. Khadijah. Persamaan derajat 3. Takut dibangkitkan setelah mati 4. al musawah. dg mengutus Utbah bin Rabiah ahli retorika membujuk nabi dg menawarkan tahta. beriman kpd Rasul). Akhlaq • Perlawanan dakwah dari kaum qurays. Persaingan pengaruh dan kekuasaan 2. wanita yg diduga diinginkan nabi. al adalah dan al ta`awun . al tasamuh. Dan Allah mendapatimu sebagai orang yg bingung. Taklid kepada nenek moyang 5. dg modal jujur. asal mau berhenti berdakwah Khotaman Nabi • Nabi Muhammad Penutup Nabi. • Sabda Nabi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->