DAFTAR ISI

Kata pengantar…………………………………………………… .........i Pendahuluan………………………………………………………….. ii Pokok Bahasan……………………………………………………….. iii Masyarakat multikultural…………………………… Jenis-jenis masyarakat multicultural Faktor-faktor timbulnya masyarakt cultural Kesimpulan …………………………………………………………. iv

Kritik dan Saran…………………………………………………………v Daftar Pustaka…………………………………………………………..vi

TUGAS MAKALAH SOSIOLOGI MASYARAKAT KULTURAL D I S U S U N OLEH : BINTANG SIJABAT XI IS 1 KELAS : SMA BRIGJEND KATAMSO .

kebijakan. Pada dasarnya. cara pandang. oleh masyarakat suatu negara. Dalam konsep multikulturalisme. Indonesia memiliki banyak pulau dimana setiap pulau tersebut dihuni oleh sekelompok manusia yang membentuk suatu masyarakat. . agama dan sebagainya. terdapat kaitan yang erat bagi pembentukan masyarakat yang berlandaskan bhineka tunggal ika serta mewujudkan suatu kebudayaan nasional yang menjadi pemersatu bagi bangsa Indonesia. Multikulturalisme dapat juga dipahami sebagai pandangan dunia yang kemudian diwujudkan dalam kesadaran politik. Menurut kondisi geografis. Dalam hal ini. “Multikulturalisme” pada dasarnya adalah pandangan dunia yang kemudian dapat diterjemahkan dalam berbagai kebijakan kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan terhadap realitas keagamaan. Saya akan memberikan sebuah pengertian multikulturalisme. Namun. dan multikultural yang terdapat dalam kehidupan masyarakat. Dari masyarakat tersebut terbentuklah sebuah kebudayaan mengenai masyarakat itu sendiri. dalam pelaksanaannya masih terdapat berbagai hambatan yang menghalangi terbentuknya multikulturalisme di masyarakat.BAB I PENDAHULUAN Sebelum kita jauh membahas tentang sebuah multikulturalisme. budaya. yang majemuk dari segi etnis. Tentu saja hal ini berimbas pada keberadaan kebudayaan yang sangat banyak dan beraneka ragam. namun mempunyai cita-cita untuk mengembangkan semangat kebangsaan yang sama dan mempunyai kebanggan untuk mempertahankan kemajemukan. multikulturalisme yang terbentuk di Indonesia merupakan akibat dari kondisi sosial-kultural maupun geografis yang begitu beragam dan luas. penyikapan dan tindakan. pluralitas. multikulturalisme mencakup gagasan.

Va den Berghe • Terjadi segmentasi ke dalam kelompok sub budaya yang saling berbeda • Memiliki struktur yang terbagi ke dalam lembaga non komplementer • Kurang mengembangkan konsensus di antara anggota terhadap nilai yang bersifat dasar • Secara relatif integrasi sosial tumbuh di atas paksaan dan saling tergantung secara ekonomi • Adanya dominasi politik suatu kelompok atas kelompok lain MASYARAKAT INDONESIA YANG MULTIKULTURAL SECARA HORISONTAL (DIFERENSIASI) • Perbedaan Fisik atau ras • Perbedaan suku bangsa • Perbedaan agama • Perbedaan jenis kelamin SECARA VERTIKAL (STRATIFIKASI) • Perbedaan individu/ kelompok secara hirakhis dalam kelas-kelas yang berbda tingkatan dalam suatu sistem sosial .BAB II DAFTAR ISI MASYARAKAT MULTIKULTURAL Masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih komunitas (kelompok) yang secara kultural dan ekonomiterpisah-pisah serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu sama lain. Berdasarkan konfigurasi dan komunitas etnik dibedakan : Masyarakat majemuk dengan kompetisi seimbang Masyarakat majenuk dengan mayoritas dominan Masyarakat mejmuk dengan minoritas majemuk Masyarakat majemuk dengan fragmentasi Masyarakat majemuk merupakan suatu masyarakat yangν menganut yang menganut berbagai sistem nilaiyang dianut oleh berbagai kesatuan sosial yang menjadi bagianbagiannya Karakteristik Masyarakat menurut Pierre L.

FAKTOR PENYEBAB MASYARAKAT MULTIKULTURAL Latar belakang historisν Kondisiν geografis Keterbukaan terhadap kebudayaan luarν MASALAH YANG TIMBUL AKIBAT ADANYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL KONFLIK BERDASARKAN TINGKATANNYA Tingkat ideologi atau gagasanλ Tingkat politikλ BERDASARKAN JENISNYA Rasialλ Antar suku bangsaλ Antar agamaλ INTEGRASI λ Berasal dari kata “integration” yang berarti kesempurnaan. RMS. Misal : Kasus GAM. atau keseluruhan Maurice Duverger mendefinisikan sebagai dibangunnyaλ interdependensi (kesalingtergantungan) yang lebih rapat antara anggota-anggota dalam masyarakat. pertentangan. DISINTEGRASI Disebut juga disorganisasi yaitu suatu keadaan di mana tidak ada keserasian pada bagianbagian dari suatu kesatuan. Papua dll Gejala awal disintegrasi Tidak ada persamaan persepsi Norma tidak berfungsi dengan baik Terjadi pertentangan antar norma Pemberian sanksi tidak konsekuen Tindakan masyarakat tidak sesuai dengan norma Terjadinya proses disosiatif : persaingan. kontravensi REINTEGRASI Atau “reorganisasi” yaitu suatu proses pembentukan norma-norma dan nilai-nilai baru agar serasi dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan .

dibutuhkan sikap yang kritis. bahkan kebudayaan kelompok-kelompok tersebut memiliki pengaruh terhadap kebudayaan masyarakat secara keseluruhan SIKAP KRITIS. DAN EMPATI SOSIAL TERHADAP HUBUNGAN KEANEKARAGAMAN DAN PERUBAHAN BUDAYA Dalam menghadapi hubungan keanekaragaman dan perubahan kebudayaan di masyarakat.ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH YANG DITIMBULKAN OLEH MASYARAKAT MULTIKULTURAL ASIMILASIυ υ SELF REGREGATION υ INTEGRASI υ PLURALISME ASIMILASI Proses di mana seseorang meninggalkan tradisi budaya mereka sendiri untuk menjadi dari bagian dari budaya yang berbeda. tetapi dengan tetap mempertahankan kebudayaan mereka sendiri SELF REGREGATION Suatu kelompok etnis mengasingkan diri dari dari kebudayaan mayoritas. terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat. Dengan demikian kelompok etnis yang berbeda secara bertahap dapat mengadopsi budaya dan nilai-nilai yang ada dalam kelompok besar. atau tidak terjadi. . sehingga interaksi antar kelompok sedikit sekali. TOLERANSI. Sehingga potensi konflik menjadi kecil PLURALiSME Suatu masyarakat di mana kelompok-kelompok sub ordinat tidak harus mengorbankan gaya hidup dan tradisi mereka. disertai toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan-perbedaan tersebut. sehingga setelah beberapa generasi akan menjadi bagian dari masyarakat tersebut INTEGRASI Merupakan keadaan ketika kelompok-kelompok etnik beradaptasi dan bersikap konformistis.

dan memberikan kebebasan kepada kaum minoritas untuk mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan meraka.Fenis. tetapi lebih membentuk penciptaan kolektif yang mencerminkan dan menegaskan perspektif-perspektif distingtif mereka. Multikulturalisme otonomis. Begitupun sebaliknya. hukum. Multikulturalisme akomodatif. dan ketentuan-ketentuan yang sensitif secara kultural. Masyarakat ini merumuskan dan menerapkan undangundang. Multikulturalisme kosmopolitan. kaum minoritas tidak menantang kultur dominan. sebaliknya. masyarakat plural dimana kelompok-kelompok kutural utama berusaha mewujudkan kesetaraan (equality) dengan budaya dominan dan menginginkan kehidupan otonom dalam kerangka politik yang secara kolektif bisa diterima. Multikulturalisme ini diterapkan di beberapa negara Eropa. 2. 4. 3. yang memiliki hak yang sama dengan kelompok dominan. mengacu pada masyarakat dimana berbagai kelompok kultural menjalankan hidup secara otonom dan terlibat dalam interaksi yang hanya minimal satu sama lain. . berusaha menghapus batas-batas kultural sama sekali untuk menciptakan sebuah masyarakat di mana setiap individu tidak lagi terikat kepada budaya tertentu dan. meringkas uraian Parekh): 1. 2007.jenis multikulturalisme Berbagai macam pengertian dan kecenderungan perkembangan konsep serta praktek multikulturalisme yang diungkapkan oleh para ahli. membuat seorang tokoh bernama Parekh (1997:183-185) membedakan lima macam multikulturalisme (Azra. secara bebas terlibat dalam percobaan-percobaan interkultural dan sekaligus mengembangkan kehidupan kultural masing-masing. yaitu masyarakat yang memiliki kultur dominan yang membuat penyesuaian dan akomodasi-akomodasi tertentu bagi kebutuhan kultur kaum minoritas. yakni masyarakat plural dimana kelompok-kelompok kultural tidak terlalu terfokus (concern) dengan kehidupan kultural otonom. 5. Perhatian pokok-pokok kultural ini adalah untuk mempertahankan cara hidup mereka. mereka menantang kelompok dominan dan berusaha menciptakan suatu masyarakat dimana semua kelompok bisa eksis sebagai mitra sejajar. Multikulturalisme isolasionis. Multikulturalisme kritikal atau interaktif.

gaya hidupϑ Bangsa kita juga telah dipengaruhi Bangsa Barat. Seperti adanya supermarket. 2. Ada komunitas yang mengandalkan pada laut.S O S I O L O G I-masyarakat multikultural S O S I O L O G I Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Masyarakat Multikultural 1. Pengaruh Budaya Asing Letak Indonesia yang strategis antara Samudera Hindia danϑ Pasifik sangat memengaruhi proses multikultural. PETA KONSEP Keadaan Geografis Kondisi iklim yang berbeda Pengaruh budaya asing Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Masyarakat Multikultural Integrasi Suku Bangsa 2. o Paraϑ pendatang di Indonesia terdiri dari berbagai macam ras yang kemudian disebut Bangsa Indonesia dalam bentuk keanekaragaman suku bangsa setelah melalui proses amalgamasi dan isolasi. Masyarakat memilih berbelanja di supermarket daripada pasar tradisional. Selain agama dan budaya. o Kondisiϑ geografis yang telah mengisolir penduduk yang menempati pulau dan daerah menumbuhkan kesatuan suku bangsa yang berbeda-beda dan dipersatukan oleh ikatan-ikatan emosional. budaya. Mereka juga mengembangkan bahasa. Keadaan Geografis o Keadaan geografis wilayah Indonesia yangϑ terdiri lebih dari 17 ribu pulau dan tersebar di suatu daerah equator merupakan faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap terciptanya multikultural suku bangsa di Indonesia. Seperti adanya supermarket. pertanian atau peternakan sebagai sumber kehidupannya. seperti unsur kebudayaan dan o o o agama yang masuk melalui para pedagang asing yang datang ke Indonesia. 4. Kondisi Iklim yang Berbeda ϑ Wilayah lingkungan hidup suku-suku bangsa memperlihatkan variasiyang berbeda. Selain agama dan budaya. 3. 3. 1. gaya hidupϑ Bangsa kita juga telah dipengaruhi Bangsa Barat. kepercayaan dan mitos-mitos. o . Masyarakat memilih berbelanja di supermarket daripada pasar tradisional.

Kerajaan Sriwijaya mempersatukan suku-suku bangsa Indonesia dalam kesatuan politis. . antara lain : . . ekonomis dan sosial. komunitas peralihan dari pertanian ke industri. .kekuasaan kolonialisme Belanda telah menyatukan suku-suku bangsa di Indonesia dalam 1 kesatuan nasib dan cita.o o Terdapat juga komunitas-komunitas pedalaman seperti dayak dan gayo alas. dsb masih mencirikan komunitas yang tribal communities 4. ataupun kelompok berdasarkan stratifikasi sosialnya. o . maka kelompok-kelompok sosial yang tumbuh pun beraneka ragam.cita.lahirnya sumpah pemuda. agama. ϑ Ditambah lagi dengan perbedaan tipe masyarakatnya terlihat pada komunitas kosmopolitan perkotaan.Proklamasi kemerdekaan RI. Integrasi Suku Bangsa o o o o o o Integrasi suku bangsa dalamϑ kesatuan nasional menjadi bangsa Indonesia dalam kesatuan wilayah negara Indonesia dipicu oleh 4 peristiwa. Berdasar timbulnya masyarakat multikultural di Indonesia. Seperti kelompok etnis.

TUGAS MAKALAH GEOGRAFI Pengelolaan Sumber Daya Alam Berdasarkan Prinsip Mengurangi D I S U S U N OLEH : KELOMPOK IV BINTANG SIJABAT FADLI ARIYAWAN PRISKA SALIM SMA BRIGJEND KATAMSO .

misalnya . bila pengelolaannya tidak tepat. sumber daya alam diklasifikasikan seperti berikut ini . Makin besar kenaikan jumlah penduduk. yaitu bila barang yang dimanfaatkan manusia adalah energi yang terkandung dalam sumber daya alam tersebut. Sumber daya alam tersebut dapat diklasifikasikan menurut beberapa hal. Akibatnya. Sumber daya alam materi. sumber daya alam hayati dapat punah. Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan. Ruang. Pembaruan bisa terjadi dengan dua jalan. Sebagai sumber daya alam. c. Seringkali aktivitas manusia yang kurang bertanggung jawab bisa menyebabkan sumber daya alam hayati menurun kualitas dan keanekaragamannya. Pembaruan ini terjadi pada sumber daya alam hayati. sulit dibayangkan bahwa waktu merupakan sumber daya alam. Sumberdaya alam ruang. sumber daya alam ruang makin sulit diperoleh. Sumber daya alam energi. sumber daya alam ini tidak dapat habis. yaitu ruang atau tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya. tempat tinggal. mengganggu tanaman pertanian. karena alam mampu mengadakan pembentukan baru dalam waktu yang relative cepat.1. dengan penerapan prinsip-prinsip genetika. Bila kita telusuri lebih jauh. Sebaliknya. Sekalipun demikian. ialah sumber daya alam yang berbentuk makhluk hidup. Sekali spesies hewan dan tumbuhan punah. dalam hal ini. karena hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak sehingga jumlahnya selalu bertambah. Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui (renewable resources) Disebut sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. waktu tidak berdiri sendiri maliankan terikat dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya. maka alam tidak dapat memperbarui atau membentuk lagi. karena pengaruh pencemaran. e. yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. perikanan). seperti Jakarta.dan sebaginya. Dengan demikian. Contoh : air sulit didapat pada musim kemarau. sumber daya alam ruang maskin sulit didapat. yaitu secara reproduksi atau dengan adanya siklus. tersebut. sumber daya alam hayati dapat digolongkan sebagai sumber daya alam materi maupun energi. 1) Pembaruan dengan reproduksi. dapat berarti ruang untuk mata pencaharian (pertanian. misalnya. arena bermain anak-anak. sumber daya alam dapat diklasifikasikan sebagai berikut : a. Sumber daya alam tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam nabati. 2. d. Pengertian Sumber Daya Alam Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. sedangkan sumber daya alam hewan disebut sumber daya alam hewani. Sumber daya alam hayati. Di kota-kota besar. Sumber daya alam waktu. Berdasarkan pembentukannya. yaitu bila yang dimanfaatkan adalah materi sumber daya alam b. Penggolongan Sumber Daya alam Ada beberapa macam sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. a.

hibridisasi dan rekayasa genetika. sumber daya ala mini dapat ditingkatkan kualitas dan keanekaragamannya. selalu terjadi pembaruan. b. batu permata. Manusia menggunakan dalam jumlah yang banyak. Di samping itu daur ulangnya sukar dilakukan. sumber daya alam ini dibedakan menjadi dua golongan berikut. Contoh : bensin. 2) Pembaruan dengan adanya siklus. Manusia tidak dapat memanfaatkannya selama 2 -3 generasi. . batu bara. Tidak cepat habis karena nilai konsumtif terhadap barang itu relative kecil. Berdasarkan daya pakai dan nilai konsumtifnya. misalnya air dan udara terjadi dalam proses yang melingkar memnbentuk siklus. dan bahan baker lainnya. Cepat habis karena nilai konsumtif akan barang relatif tinggi. 1)Sumber daya alam yang tidak cepat habis. serta logam mulia (emas) 2)Sumber daya alam yang cepat habis. Sumber daya alam ini dapat habis. gas alam dan sumber daya alam fosil lainnya. Di samping itu. Pencemaran udara akan menurunkan kualitas atmosfer bumi. gas alam. Dengan demikian. Contoh : Bahan mineral. Pembentukannya memerlukan waktu ratusan tahun bahkan jutaan tahun. Contoh : intan. serta Penebangan hutan dapat menurunkan kualitas air tanah dan menimbulkan banjir. sumber daya ala mini dapat dipakai secara berulang-ulang hingga tidak cepat habis. sehingga sumber daya ala mini akan cepat habis. Manusia hanya memanfaatkannya dalam jumlah sedikit. Beberapa sumber daya alam. Sumber Daya Alam yang tidak Dapat Diperbarui (unrnewable resource) Sumber daya ala mini terdapat dalam jumlahyang relative statis karena tidak ada penambahan atau pembentukannya sangat lambat bila dibandingkan dengan umur manusia. Aktivitas manusia seperti berikut dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sumber daya alam.

Pengambilan yang dihabiskan akan merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem lingkungan. b. pengangkutan. aluminium. manusia memerlukan berbagai sumber daya alam. yaitu sistem pengelolaan formal dan informal. Baik sumber alam yang bersifat hasil tambang. Ada dua sistem pengelolaan sampah. Sumber daya alam mempunyai sifat saling bergantung satu sama lain. menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi. Rusaknya hutan akan mempengaruhi ekosistem. efeknya akan terasa pada sumber daya alam yang lain. Sampah yang bersumber dari bahan organik berupa sayuran. sehingga memerlukan dana dan tenaga yang besar. Setelah tanaman mati. kekeringan. Dalam mengambil sumber daya alam jangan diambil semuanya (dihabiskan). kertas. suatu tindakan terhadap suatu sumber daya alam. dan sebagainya. seng. Bahan-bahan bekas tersebut. Walaupun ada Program Adipura. plastic. pertanian. dan pembuangan yang dilakukan oleh aparat pemerintah setempat. Dengan demikian. banjir. Tanah sebagai sumber daya alam kemudian ditanami tanaman produksi. a. dan peternakan digolongkan sebagai sampah basah (sampah organic) yang dapat diproses secara alamiah. Pengelolaan Sumber Daya Alam Berdasarkan Prinsip Daur Ulang Dengan teknologi maju. Sampah-sampah yang berasal dari organic dapat diproses menjadi pupuk organic dan digunakan untuk memupuk tanah. Sistem pengelolaan formal Pengelolaan formal yakni pengumpulan. manusia dapat memanfaatkan sampah untuk dijadikan kerta ataupun pupuk organis.3. Hal ini merupakan salah satu model pengelolaan sampah (waste management). potongan kain. karton. kaca dan kulit. 4. Sistem pengelolaan informal . logam. Sampah tersebut biasanya digolongkan sebagai sampah anorganik yang tidak dapat diproses secara alamiah. Bahkan. perkebunan. kardus. energi maupun hayati. kaleng. sisa makanan. Misalnya dijadikan bahan baku untuk pembuatan kompos. misalnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan. namun kenyataannya masalah sampah tidak pernah terselesaikan secara sempurna. Bahan baku daur ulang yang berupa sampah. sehingga dapat menyebabkan terjadinya erosi. Proses daur ulang adalah pengolahan kembali suatu massa atau bahan-bahan dalam bentuk sampah kering yang tidak mempunyai nilai ekonomi menjadi suatu barang yang berharga dan berguna bagi kehidupan manusia. besi. tetapi berrprinsip mengurangi saja. antara lain. Hal ini disebabkan oleh rendahnya partisipasi masyarakat dalam penanganan sampah. dapat digunakan kembali sebagaimana layaknya semula. Pengelolaan Sumber Daya Alam Berdasarkan Prinsip Mengurangi Guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Sampah tersebut harus diolah melalui suatu proses. daun-daunnya dapat diolah kembali menjadi pupuk setelah melalui proses daur ulang. pada umumnya dianggap tidak berguna dan tidak mempunyai nilai ekonomi. serbuk gergaji. Sistem ini memandang samaph sebagai beban lingkungan.

plastik. Mereka memandang sampah sebagai sumber daya ekonomi. ekonomis. dan lain-lain. . misalnya industri daur ulang kaleng. Hal ini harus dilakukan dengan skala industri. kaca. pada daur ulang kertas. Selin menghemat dan menyelamatkan hutan. Proses daur ulang sebenarnya juga merupakan salah satu cara menghemat sumber daya alam. tidak sama perlakuannya untuk semua jenis sampah. seng. Mereka ini sebenarnya juga merupakan pendekar lingkungan. botol. Jika kita mendaur ulang kertas. Pengelolaan yang dapat dilakukan secara individu atau kelompok kecil dan investasinya relative murah adalah mendaur ulang besi. kaleng. kardus. dengan mendaur ulang kertas. dan lain-lain. kertas. baik jenis kertas. karena investasinya cukup besar. plastik. Bahan bakunya berlimpah. logam. Daur ulang dapat diakukan secara individu atau kelompok. maka berarti kita telah menghemat dan mengurangi terjadinya penebangan hutan. aluminium. dan cara pembuatannya sederhana. juga berarti mengurangi penumpukan sampah. Sebagai contoh. Secara tidak sadar mereka berperan serta dalam kebersihan kota.Pengelolaan informal yakni aktivitas yang dilakukan oleh dorongan kebutuhan untuk hidup dari sebagian masyarakat. seperti pemulung dan insdutri daur ulang. Dalam usaha mengurangi samapah melalui teknik daur ulang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful