DUMPTRUCK Dump truck istilah lain adalah truk jungkit.

Dump Truck dipakai untuk menangani/ mengangkut tanah, seperti bongkahan (aggregat), batuan (rock), bijih (ore), batubara (coal) dan material lainnya. Keuntungan dump truck antara lain : - capasity yang cukup besar - Kecepatan yang cukup tinggi - Ongkos angkut rendah - high degree of flexibiliity Ada beberapa jenis truck dengan ukuran besar yang tidak boleh berjalan pada jalan raya besar, yaitu :  Mengangkut material tanahpenutup dengan tonase yang besar.  Pada proyek pemindahan tanah mekanis yang sangat besar  Kapasitas angkutnya melebihi 25 250 ton Macam-macam truck dan spesifikasinya : 1. Ukuran dan tipe mesinnya : gasoline, diesel, butane dan propane. 2. Jumlah gear yang dimiliki 3. Jumlah roda yang langsung digerakkan mesin (kind of drive) : two wheel, four wheel, six wheel. 4. Jumlah susunan sumbu penggerakya : single axle dual wheel 5. Metode penunpahan muatan : rear dump, side dump 6. Macam material yang diangkut : earth, rock, coal, ore dsb. 7. Kapasitas truck (ton/cu yd) 8. Sumber tenaga gerak (macam mekanisme) untuk penumpahan muatan pada rear dump : hidraulic, cable. Kapasitas truck ´ Kapasitas truck dinyatakan dalam : 1. tonage

brake dan Clutches akan lebih sering dan akan memperbesar biaya perawatan Pemilihan kapasitas alat angkut disesuaikan dengan ukuran alat gali ´ Apabila alat gali yang dipakai sebagai loading unitnya adalah Power Shovel. Keadaan jalan lintasnya harus lurus dan licin (tidak rusak) akan memungkinkan memperbesar heaped capasity daripada jalan lintas yang banyak tikungan dan jalan rusak. 4. akan sangat menguntungkan pada jarak angkut yg pendek . Memperpendek umur ban 4. Kemunjungannya tergantung pada jenis material yang dimuat ´ Untuk bisa menentukan berapa heaped capasity yg biasa dimuat pada truk maka terlebih dahulu harus diketahui : 1. ´ Perbandingan truck kapasitas kecil dengan truck kapasitas besar yaitu : keuntungan : a. dragline.2. Heaped Volume dalam cu yd adalah kapasitas volume truk yang akan diangkur dengan dimuatkan secara munjung. Ukuran panjang dan lebar bak truck 3. atau belt loader maka sangat perlu untuk memilih alat angkut dengan kapasitas yang seimbang dengan out put dari excavatornya. Untuk muatan yang diisikan pada truk dipenuhi secara maksimum akan menyebabkan : 1. Mempertinggi biaya operasi per jam 2. Memperbesar komsumsi kebutuhan bahan bakar 3. dan tidak ada material yang munjung. Struck Volume dalam cu yd Struck Capasity adalah kapasitas volume truck yang diisikan peres dengan bagian teratas dari bak. gear . Kemungkinan kerusakan onderdil pada axle . Apabila tidak seimbang maka kombinasi biaya excavating atau hauling material akan lebih tinggi. Sudut kemiringan dimana material tetap akan stabil sewaktu truck tersebut berjalan. 3. struck capasity truck tersebut 2. Truck dengan kapasitas kecil lebih flexibel dalam manuver.

Waktu penempatan (spotting) truck untuk dimuati akan banyak yang hilang karena jumlah truk yang digunakan lebih banyak. Jumlah truk yang digunakan dalam armada angkut akan lebih kecil dengan demikian akan memperkecil investasi total pada unit pengangkutan dan akan mengurangi biaya perawatan dan reparasi.b. Dibutuhkan lebih banyak operator (driver truk) d. Selain itu kemungkinan tabrakan akan semakin besar. Truk ukuran besar memperkecil frekuensi spotting. c. Karena julah truck banyak. d. Truck kapasitas besar akan memperbesar target pemuatan excavator e. b. Karena jumlah truk sedikit maka akan memudahkan untuk mensin-kronkan dengan excavating equipment . Akan mempersulit alat gali (excavator) untuk memuatkan material pada truck b. selain itu resiko tabrakan akan semakin kecil khusunya pada long haul d. Biaya mesin menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit Kerugian : a. f. Dengan mengggunakan truck kapasitas kecil akan lebih mudah menyeimbangkan banyaknya truk dengan out put excavator . akan mengakibatkan cepat rusaknya jalan disekitar pit atau sepanjang jalan angkut. c. ´ Perbandingan truck kapasitas besar dengan truck kapasitas kecil yaitu : Keuntungan: a. Mempunyai kecepatan yang tinggi c. Kerugian : a. Dibutuhkan driver yang lebih sedikit. sehingga akan mengurangi waktu tunggu (time lost) dari truk yang lain. Pengaruh turunnya produksi yang diangkut sangat kecil apa-bila ada kerusakan pada salah satu truck. Waktu yang dibutuhkan oleh excavator untuk memuatkan material pada truck akan lebih lama .

Memperbesar ongkos pemeliharaan jalan angkut yang disebabkan oleh muatan yang besar. Akan lebih sulit membawa truck ini ke jalan raya karena harus ada ijin dari instansi terkait. Suku cadang lebih sukar didapatkan dipasaran e. d.b. Lebih sukar dalam penyeimbangan antara jumlah truck dengan out put dari excavator. c. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful