CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN

OLEH : 1. 2. 3. 4. Abdul Hakim Nur M. Ersha Miftakhul Ady Mutiara Nur Hafidiyah Wilda Safira (01) (11) (20) (31)

SMA NEGERI 1 BOJONEGORO 1/1/2011

CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN Cara belajar yang efektif dan efisien relatif pada setiap orang sangat tergantung dari pribadinya masing-masing. Syaratsyarat atau cara agar belajar menjdi efektif dan efisien adalah : 1. buat belajar menjadi hal yang menyenangkan. Pikiran yang stress atau tegang akan mengakibatkan daya serap otak tidak berfungsi maksimal. yang mengakibatkan belajar menjadi lebih efektif dan efisien. ada yang mampu belajar dengan keadaan sepi dan tenang. setiap memori yang berusaha dimasukkan dalam otak menjadi terhambat dan akhirnya berapapun kuantitas waktu belajar kita. Berpikirlah bahwa target anda sudah . permasalahan yang terjadi pada anda. walau dengan cara yang berbeda-beda sekalipun. bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan. karena rileks akan menstimulasi otak anda dan mengoptimalkan daya serap memori anda. serta tidak dalam kondisi yang tegang. Berikan sugesti pada otak anda. Seperti : jika anda hobi bermain gitar dan itu membuat anda rileks. Ingat. Pikir target yang akan anda inginkan. Setelah itu. lupakan sejenak semua kecemasan. Akibatnya. Namun. sebaiknya mainkanlah gitar anda beberapa saat. Syarat-syarat ini membantu dalam pengoptimalan daya serap otak terhadap memori. Pastikan bahwa pikiran anda dalam keadaan rileks dan santai. bukan kuantitas yang kita hasilkan. sebelum belajar buatlah pikiran anda menjadi lebih rileks dengan melakukan hal-hal yang anda sukai. Semua orang mempunyai gaya dan cara masing-masing dalam belajar.manusia pada dasarnya memiliki kepribadian yang berabeda-beda dan itu sangat mempengaruhi cara manusia dalam melakukan kegiatan. Penemuan jati diri dalam belajar sangat penting. 2. ada juga yang belajar dengan gaya unik lainnya. Pikirkanlah tujuan awal mengapa anda belajar. karena setiap . Ada yang mampu belajar dengan mendengarkan musik. karena efektifitas dalam belajar patokannya sangat relatif. bahwa belajar lebih terfokus pada kualitas. Jadi. Fokuslah pada apa yang akan anda lakukan. Temukan jati dirimu. Temukan jati diri dan gayamu dalam belajar. Dan itu juga berarti dalam belajar. berusaha hilangkan beban-beban di otak anda. pastinya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika memulai pembelajaran. akan menjadi sia-sia.

3. anda bisa melakukan belajar kelompok yang efektif. Pilih teman-teman yang membuat anda terpacu dan nyaman untuk belajar. sekaligus membuat belajar menjadi menyenangkan karena bersama teman-teman membuat anda menjadi rileks. Ruang belajar yang menyenangkan membuat kita terpacu dan tercipta rasa senang dalam diri kita. dengan demikian anda akan semangat dalam belajar. Misal : catatan warna-warni dengan bentuk yang lucu. Selain menentukan target dan mengubah mainset.didepan mata dan anda tinggal selangkah lagi untuk mencapainya. Buat catatan kecil mengenai hal-hal yang belum anda mengerti. Ciptakan ruang belajar yang menyenangkan. sehingga anda bisa berbagi ilmu dan itu jauh lebih cepat dibanding anda harus memahami sendirian. Jangan sesekali belajar sambil mendengarkan musik rock. sesekali cobalah belajar di alam terbuka dengan sejuk angin. atau musik yang keras karena justru akan merusak daya konsentrasi anda terhadap belajar. 2. . mudah dimengerti dan membuat mata anda menjadi selalu tertarik untuk membacanya lagi. Jika anda seseorang yang kreatif dan suka inovasi baru. hal itu akan menimbulkan rasa senang dan nyaman. Dengan demikian. kita juga perlu mengubah suasana belajar. tanpa ada teman diskusi atau teman yang bisa ditanya mengenai hal-hal yang anda belum mengerti. Jika anda tipe orang yang suka berdiskusi dan bersosialisasi. Contoh : 1. 4. metal. Dengarlah musik klasik atau musik yang lembut. Ubah suasana belajar menjadi sangat menyenangkan. atau buat catatan anda menjadi sistematis. bolehlah anda memutar musik untuk merilekskan otak anda yang sudah mulai terlalu tegang. buatlah catatan belajar sesuai dengann kreatifitas anda. yang menurut penelitian terbukti menstimulasi memori otak. anda dapat memperpendek waktu pemahaman. dan berdampak sangat positif pada penyerapan otak kita. Jika anda suka pepohonan. sesekali jika anda membutuhkannya. 5. Jika anda suka musik.

belajar tak hanya lewat buku dan guru. tapi apa gunanya kita belajar dengan waktu yang sangat lama. Hendaknya setelah pulang sekolah kita membaca lagi materi yang kita pelajari di sekolah hari itu. Misalnya saja kita membuat catatan kecil ketika akan ulangan. kita bisa mengisinya dengan ringkasan materi pelajaran tersebut. Kuantitas dalam belajar perlu. anda justru akan sangat mengingat kesalahan anda itu dengan sangat. tapi belajar juga bisa didapatkan dari bersosialisasi. 6. karena bisa dibawa kemanapun anda berada dan bisa dibaca saat santai. Sikap yang takuut salah dalam belajar akan sangat menghambat perkembangan diri. dan kita akan belajar bagaimana caranya agar kesalahan itu tidak diulangi untuk kesekian kalinya 4. kemudian melafalkannya. Belajarlah dengan waktu yang teratur. Namun sebisa mungkin catatan kecil tersebut di buat semenarik mungkin agar kita tertarik untuk membacanya.Catatan kecil sangat efektif. sangatlah wajar jika anda pernah salah. Contoh : anda membaca sebuah buku. tapi utamakan kualitas. Kuantitas perlu. yang justru kesalahan lah yang akan memperbaiki diri anda. 5. mendengar dan berbicara. kita akan mencari akar permasalahan. karena masih teringat dalam memori. jika kita tak kunjung mengerti dan paham? Lebih baik gunakan waktumu. Dalam belajar. bersosialisasi. bermain. Ketika anda menghafal. Ingat. 3. bagi waktu untuk belajar. Mengulang pembelajaran yang telah kita dapatkan akan semakin melekatkan memori kita pada hal tersebut. Maka kita tak akan jadi mudah lupa terhadap pelajaran yang baru kita dapatkan. Menggunakan 3 indra sekaligus bisa menanamkan memori dengan lebih cepat dibanding dengan menggunakan 1 indra saja. dan ulangi terus agar mencapai hasil maksimal. karena anda akan menjadi seseorang yang penakut dan tak mau mencoba cara-cara baru. Karena jika terlalu berat sebelah. Jangan pernah takut salah dalam belajar. menghafallah dengan membaca. kita justru tak akan bisa mendapat kualitas belajar yang benar-benar baik. Dengan kesalahan. justru ketika anda pernah salah dan melakukannya semakin fatal. . dan juga kita bisa mempelajarinya dimana saja karena bentuk dan ukurannya yang efisien.

Belajar boleh saja sepaneng. Semakin banyak kita mengerjakan lama-kelamaan kita hafal semua materi pada pelajaran tersebut dan semakin terbiasa mengerjakan soal-soal yang benyak dan susah. Karena jika pikiran sudah suntuk. biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita harus di rumah selalu selingi dengan istirahat. setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Mungkin ada sebagian orang yang masih mampu belajar walau pikirannya sudah suntuk. Sempatkanlah membaca pelajaran 10-30 menit dipagi hari karena materi yang dipelajari lebih cepat tertanam dan lebih lama tersimpan dalam memori. 6. . agar badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru 100%.bermain atau mengamati alam. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru. namun materi yang bisa diserappun hanya sedikit mungkin hanya 25%. Sebenarnya belajar yang paling efektif yaitu ketika dipagi hari saat bangun tidur. Waktu yang cukup untuk istirahat. cobalah tanya ke guru. Jangan terpaku pada ideologi konvensional. tapi jangan lupa untuk istirahat. Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Akan lebih baik jika merasa suntuk sebaiknya kita istirahat atau tidur sebentar. coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. yang mengatakan bahwa belajar itu harus formal dan sangat bergantung pada buku saja. Belajar dipagi hari. percuma saja memaksakan diri belajar karena materi yang kita pelajari tidak akan bisa masuk ke otak. 8. Kalau di kelas. 7. Latihan sendiri sesuai kemampuan kita. Karena otak kita dalam keadaan segar maka semua materi yang di pelajari akan di serap dengan cepat. Kalau materi jawaban tidak ada di buku. Pada setiap akhir bab pelajaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful