P. 1
Akibat Terlalu Banyak Istirahat

Akibat Terlalu Banyak Istirahat

|Views: 55|Likes:
Published by sopansule

More info:

Published by: sopansule on Jan 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/31/2012

pdf

text

original

AKIBAT TERLALU BANYAK ISTIRAHAT

DI SUSUN OLEH : ARLENA AGU SHEILA MANDOLANG ERNESTO WUYSANG PURNAMA LAOH FARNITA

Istirahat dan tidur merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh semua orang. orang. Untuk dapat berfungsi secara optimal, maka setiap orang memerlukan istirahat dan tidur yang cukup. Tidak terkecuali cukup. juga pada orang yang sedang menderita sakit, mereka juga memerlukan istirahat dan tidur yang memadai. memadai.

keadaan fisiologi dari istirahat untuk tubuh dan pikiran.PENGERTIAN Istirahat merupakan keadaan yang tenang. yang dapat dibangunkan kembali dengan indra atau rangsangan yang cukup (Guyton 19) . relaks tanpa tekanan emosional dan bebas dari kegelisahan (ansietas).Tidur merupakan keadaan hilangnya kesadaran secara normal dan periodik (Lanywati. 2001)Tidur merupakan suatu keadaan tidak sadar yang di alami seseorang. Sedangkan pengertian tidur antara lain :Tidur berasal dari kata bahasa latin "somnus" yang berarti saat alami periode pemulihan.

 Percobaan penting telah mengubah pandangan ini ke teori yang lebih baru bahwa tidur disebabkan oleh proses penghambatan aktif. . ada beberapa pusat yang terletak dibawah ketinggian midpontil pada batang otak.Teori Dasar Tidur  Bahwa area eksitatori pada batang otak bagian atas. Keadaan ini disebut teori pasif dari tidur. diperlukan untuk menyebabkan tidur dengan cara menghambat bagianbagianbagian otak lainnya. Dengan kata lain. dan berdasarkan perekaman listrik ternyata otak tak pernah tidur. mengalami kelelahan setelah seharian terjaga dan karena itu. yang disebut ³sistem aktivasi retikular´. menjadi inaktif. Hal ini terbukti dari suatu percobaan dengan cara melakukan pemotongan batang otak setinggi regio midpontil.

memproses dan menggunakan untuk masa depan.TUJUAN TIDUR :  Tidur diperlukan untuk menjaga keseimbangan mental emosional dan kesehatan. Selama tidur seseorang akan mengulang (review) kembali kejadian-kejadian seharikejadianseharihari. .

TANDA TIDUR SECARA UMUM  Secara umum tidur ditandai dengan aktivitas fisik minimal. perubahanperubahanperubahan proses fisiologis tubuh dan penurunan respon terhadap rangsangan dari luar. . Secara detail tanda-tanda tidur tandaini akan dibahas pada macam / pola tidur. tingkatan kesadaran yang bervariasi.

maupun kegiatan-kegiatan kortikal yang kegiatanbertalian dengan keadaan waspada. . Formasi retikular itu memungkinkan terjadinya gerakan-gerakan refleks serta yang disengaja gerakandengan mudah. Di waktu tidur.Pons Otak bagian Otak_tengah HIPOTHALAMUS (formasinya disusun banyak sel saraf dan serat saraf Hipotalamus mempunyai pusat-pusat pengendalian untuk pusatbeberapa jenis kegiatan tak-sadar dari badan. yang salah taksatu diantaranya menyangkut tidur dan bangun. sistem retikular mendapat hanya sedikit rangsangan dari korteks serebral (kulit otak) serta permukaan luar tubuh. Cedera pada hipotalamus dapat mengakibatkan seseorang tidur dalam jangka waktu yang luar biasa panjang atau lama.Medulla . SeratSerat-seratnya mempunyai hubungan-hubungan yang hubunganmeneruskan impuls-impuls ke kulit otak dan ke tali sumsum impulstulang belakang.PROSES FISIOLOGIS TIDUR Pangkal Otak_.

maka aktivitasaktivitasaktivitas di dalam otak dapat direkam dalam suatu garafik . yaitu : .MACAM / POLA / TIDUR Sejak adanya alat EEG (Elektro Encephalo Graph). Alat ini juga dapat memperlihatkan fluktuasi energi (gelombang otak) pada kertas grafik. Penelitian mengenai mekanisme tidur mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam 10 tahun terakhir. dan bahkan sekarang para ahli telah berhasil menemukan adanya 2 (dua) pola/macam/tahapan tidur.

TandaTanda-tanda tidur NREM adalah : Mimpi berkurang Keadaan istirahat (otot mulai berelaksasi) Tekanan darah turun Kecepatan pernafasan turun Metabolisme turun Gerakan mata lambat . Pola tidur NREM merupakan tidur yang nyaman dan dalam tidur gelombang pendek karena gelombang otak selama NREM lebih lambat daripada gelombang alpha dan beta pada orang yang sadar atau tidak dalam keadaan tidur (lihat gambar). Pola tidur biasa atau NREM Pola / tipe tidur biasa ini juga disebut NREM (Non Rapid Eye Movement = Gerakan mata tidak cepat).1.

Seseorang dalam keadaan rileks. bergeraksuhu tubuh dan metabolisme menurun. Kecepatan jantung dan pernafasan turun. Tahap IV  Tahap ini merupakan tahap tidur dalam yang ditandai dengan predominasi gelombang delta yang melambat. kecepatan jantung dan pernafasan turun dengan jelas. Tahap II  Tahap ini merupakan tahap tidur ringan. Siklus tidur sebagian besar merupakan tidur NREM dan berakhir dengan tidur REM. . dan proses tubuh terus menurun. jarang bergerak dan sulit dibangunkan. Gelombang alpha sewaktu seseorang masih sadar diganti dengan gelombang betha yang lebih lambat. Tahap II berlangsung pendek dan berakhir dalam waktu 10 sampai dengan 15 menit. Gelombang otak ditandai dengan "sleep spindles" dan gelombang K komplek. (mengenai gambar grafik gelombang dapat dilihat dalam gambar). Gelombang otak menjadi lebih teratur dan terdapat penambahan gelombang delta yang lambat. Seseorang menjadi lebih sulit dibangunkan. mata bergerak ke kanan dan ke kiri. kecepatan jantung dan pernafasan turun secara jelas. pernafasan serta proses tubuh berlanjut mengalami penurunan akibat dominasi sistem syaraf parasimpatik. Seseorang yang tidur pada tahap I dapat di bangunkan dengan mudah. berlangsung selama 5 menit yang mana seseorang beralih dari sadar menjadi tidur. Tahap III  Pada tahap ini kecepatan jantung. Mata masih bergerak-gerak. Tahap I  Tahap ini merupakan tahap transisi.Tidur NREM ini mempunyai 4 (empat) tahap yang masing-masing-masing tahap di masing-masingtandai dengan pola gelombang otak. Seseorang merasa kabur dan relaks.

Tidur tipe ini disebut ³Paradoksikal´ karena hal ini bersifat ³Paradoks´.            Pola Tidur Paradoksikal atau REM Pola / tipe tidur paradoksikal ini disebut juga (Rapid Eye Movement = Gerakan mata cepat). ditandai dengan : Mimpi yang bermacam-macam bermacamPerbedaan antara mimpi-mimpi yang timbul sewaktu tahap tidur NREM dan mimpitahap tidur REM adalah bahwa mimpi yang timbul pada tahap tidur REM dapat diingat kembali. Ringkasnya. yaitu seseorang dapat tetap tertidur walaupun aktivitas otaknya nyata. tidur REM / Paradoks ini merupakan pola/tipe tidur dimana otak benarbenar-benar dalam keadaan aktif. Pola / tipe tidur ini. aktivitas otak tidak disalurkan ke arah yang sesuai agar orang itu tanggap penuh terhadap keadaan sekelilingnya kemudian terbangun. Namun. Jadi selama tidur NREM tidak terjadi konsolidasi mimpi dalam ingatan. sedangkan mimpi selama tahap tidur NREM biasanya tak dapat diingat. sering lebih cepat Perubahan tekanan darah Gerakan otot tidak teratur Gerakan mata cepat Pembebasan steroid Sekresi lambung meningkat Ereksi penis pada pria . Mengigau atau bahkan mendengkur (Jw. : ngorok) OtotOtot-otot kendor (relaksasi total) Kecepatan jantung dan pernafasan tidak teratur.

Tubuh tidak memerlukan lebih dari yang ia perlukan. tubuh akan memberitahu kita berapa banyak jam yang ia perlukan untuk beristirahat. "Tak ada alasan untuk menambah jam tidur. terlalu banyak tidur hanya akan membuat organ tubuh melemah. Sebaiknya setiap orang mempunyai kebiasaan tidur 5.AKIBAT TERLALU BANYAK ISTIRAHAT (TIDUR)  Terlalu banyak tidur atau tidur lebih dari delapan jam sehari tak hanya akan membuat seseorang menjadi pemalas tapi juga membuat Anda cepat mati.  Profesor Daniel F. Kripke. " . tapi harus tidur yang berkualiti. salah seorang peneliti mengatakan bahwa terlalu banyak tidur sama seperti terlalu banyak makan.6 jam sehari.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tubuh paling merasa nyaman jika hanya tidur selama tujuh jam. Kondisi ini menyebabkan seseorang menderita akibat rasa kantuk yang berat atau berlebihan sepanjang hari. Tak masalah juga jika tidur kurang dari tujuh jam sehari. Pada mereka yang menderita hipersomnia atau Over sleeping.atau tidur yang berlebihan adalah suatu gangguan atau kelainan medis. enam atau lima jam sehari.Merujuk pada penelitian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa tidur tujuh jam sehari adalah yang terbaik. . yang biasanya tidak dapat diatasi dengan tidur siang. Misalnya.

. Ini karena asupan makanan tetap tinggi. sementara aktifitas fisik sangat rendah karena waktu habis untuk mendengkur. Bahkan untuk yang bukan penggemar tidur menahun. gangguan ingatan sebagai akibat dari dorongan yang hampir konstan untuk tidur. Efek Jasmani pada seorang yang HIPERSOMNIA Orang banyak tidur cenderung gemuk. GejalaGejala-gejala Hipersomnia Cemas lemas tidak bertenaga.    Hipersomnia juga menyebabkan mereka tertidur untuk jangka waktu yang lama pada malam hari. Orang banyak tidur pun lebih mudah terkena sakit kepala.

 Penelitian yang dilakukan oleh Institusi American Cancer Society ini melibatkan 1000 orang relawan dari beberapa negara bagian di Amerika. sekitar 38% berpeluang lebih banyak mengalami gangguan jantung koroner. Sebuah studi yang dilakukan asosiasi perawat dunia menunjukkan bahwa perempuan yang tidur lebih dari 10 jam sehari. dan berhasil mengungkapkan bahwa orang yang tidur delapan jam sehari ternyata berisiko 12% meninggal lebih cepat. . Risiko ini meningkat menjadi 17% pada orang-orang orangyang tidur sembilan jam sehari.

Ternyata mereka yang dalam sehari memiliki waktu tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 9 jam berisiko meninggal karena penyakit kardiovaskular dalam beberapa tahun ke depan dibandingkan orang-orang yang tidur 7 orangjam sehari. yaitu mencapai 34%. Risiko kematian yang paling besar terjadi pada seseorang yang tidurnya mencapai sepuluh jam sehari.044 pria dan wanita berusia rata-rata 45 tahun ratayang tidak punya riwayat penyakit jantung. .  Penelitian baru yang dilakukan oleh tim dari Singapura dan Amerika mengumpulkan 58.

Peneliti mengindikasikan oversleeping dapat menjadi kondisi yang meningkatkan risiko diabetes. Orang yang tidur lebih dari sembilan jam setiap malam berisiko 50 persen lebih besar mengidap diabetes ketimbang mereka yang tidur tujuh jam setiap malam. . Peningkatan risiko ini juga tampak pada mereka yang tidur kurang dari lima jam. Riset di AS melibatkan ribuan partisipan menunjukkan adanya hubungan antara tidur dan risiko diabetes.Kondisi medis  Diabetes.

Ada kalanya dokter menyarankan Anda untuk lebih rebahan di tempat tidur bila ada keluhan sakit punggung . Untuk mereka yang rentan sakit kepala. Namun para dokter sekarang telah menyadari pentingnya mempertahankan level aktivitas bagi kesehatan. Mereka bahkan merekomendasi untuk menghindari tidur lebih lama dari biasanya jika memungkinkan .  Sakit punggung. termasuk serotonin. Tidur terlalu lama juga dapat membuat berat badan Anda berlebihan. Para ahli percaya bahwa oversleeping berpengaruh pada neurotransmitter tertentu dalam otak. Anda juga perlu membatasi program latihan ketika mengalami sakit punggung sehingga saran ini tentu membuat waktu tidur menjadi bertambah.  Sakit kepala. Orang yang tidur lama di siang hari dan mengacaukan pola tidur malamnya juga terbukti sering mengalami sakit kepala pada pagi hari. tidur lebih lama dari biasanya pada saat weekend atau liburan dapat menimbulkan rasa sakit pada kepala. Sebuah riset menunjukan mereka yang tidur selama sembilan hingga 10 jam setiap malam 21 persen berisiko lebih besar mengalami obesitas dalam kurun waktu enam tahun ketimbang mereka yang tidur selama tujuh hingga delapan jam. Obesitas.

Banyak riset mengungkapkan bahwa mereka yang tidur sembilan jam atau lebih di malam hari secara signifikan memiliki rata-rata ratakematian lebih tinggi ketimbang mereka yang tidur selama tujuh hingga delapan jam. namun peneliti menemukan bahwa depresi dan rendahnya status sosialekonomi berkaitan dengan tidur yang lebih lama. .000 wanita menunjukkan wanita yang tidur 9 hingga 11 jam setiap malam 38 persen berisiko lebih besar mengalami penyakit jantung koroner ketimbang mereka yang tidur delapan jam. Penelitian ini tidak mengungkap alasan akan hubungan antara oversleeping dengan sakit jantung. sekitar 15 persen penderita depresi mengalami tidur yang berlebihan.  Kematian. Depresi. Meskipun insomnia (sulit Tidur)lebih sering dikaitkan dengan depresi ketimbang oversleeping.  Penyakit jantung Riset Nurses' Health yang melibatkan 72. Tidak ada alasan spesifik dari hubungan ini. Inilah yang diduga membuat depresi semakin buruk karena kebiasan tidur yang teratur sangat penting dalam proses pemulihan. Mereka berspekulasi faktor-faktor ini berkaitan dengan peningkatan angka faktormortalitas pada orang yang tidur terlalu lama.

pengobatan yang tepat akan membantu Anda kembali ke siklus tidur yang normal. Hal sama juga berlaku. ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.  Jika Anda tidur setiap malam melebihi rata-rata ratatujuh atau delapan jam sehari. . Jika oversleeping disebabkan penggunaan alkohol atau obat-obatan. apabila oversleeping disebabkan kondisi atau gangguan penyakit. Pemeriksaan akan membantu Anda menemukan penyebab mengapa Anda tidur berlebihan. Penyebab lain yang mungkin dari oversleeping juga bisa berasal dari konsumi sejenis zat tertentu seperti alkohol dan sejumlah obatobatobatan. keputusan untuk obatmengurangi atau meningggalkan konsumsi zatzat-zat ini mungkin dapat membantu.

 Ajak pasien untuk Berolahragalah secara teratur  Bantu pasien untuk membuat tempat tidur selalu nyaman dan kondusif  Hindari makan yang berlabihan  Ajak serta peran keluarga dan lingkungan dalam membantu pemulihan agar pasien dapat tidir dengan normal Secara Pikiran:  Bantu pasdien agar Merasa bahwa segala sesuatu dapat diatasi  Yakinkan pasien bahwa dia diterima dimanapun  Bantu pasien untuk merasa Tenang  Bebaskan pasien dari gangguan dan ketidaknyamanan  Bantu pasien untuk mengatur dan menyusun Mempunyai rencanarencanarencana kegiatan yang akan dilakukan  Bantu pasien saat memerlukan teman bicara dan lain sewaktu diperlukan .PELAYANAN KESEHATAN YANG DAPAT KITA BERIKAN Secara Jasmani  Bantu pasien merubah gaya hidup dengan melatih kebiasaan tidur yang sehat antara tujuh hingga delapan jam setiap malam. dan selalu menjaga dan mempertahankan jadwal waktu tidur dan bangun pagi setiap hari .  Ajak pasien dan keluarga untuk mencatat berapa jam pasien Tidur  Ajak pasien untuk mengHidari penggunaan kafein dan alkohol sebelum waktu tidur.

aku berpesan dengan sungguhsungguhsungguh kepadamu demi pernyataan Nya demi kerajaan Nya: Beritalanlah firman siap sedialah baik atau tidal baik waktunya nyatakanlah apa yang salah tegorlah dan nasehatilah dengan kesabaran dan pengajaran Pesan yang khidmat ini adalah suatu kesaksian yang kuat demi kepentingan dan tanggung jawab pekerjaaan pelayanan. Segala bentuk gaya hidup[ seseorang dipengaruhi oleh Sebuah Rumah Tangga yang baik.kurang tujuan hidup. . Pengaruh kemalasan.pergaulan yang jahat dan segala bentuk kehidupan yang sifatnya tidak bertarak sebagai seorang pelayanan kesehatan kita harus masuk lebih jauh dan mengenal seoeang pasien yang bermasalah dengan kebanyakan istiraht lebih dekat dan mengenalkan pada kuasa Ilahi yang penuh Kasih Sebagai Duta Kristus untuk memberitakan keselamatan Nya adalah tugas Kita Kemalasan. Secara Rohani Seperti Surat yang dituliskan Rasul Paulus kepada Timotius µ¶Dihadapah Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang Hidupo dan yang mati.terlalu banyak istirahatbisa menjadi penyebab yang sangat menular.

YESUS berpesan jangan sampai kita tertidur supaya tidak masuk dalam pencobaan. dan kelopak matamu mengantuk. mengerti. seperti burung dari pada tangan pemikat.AMSAL 6 : 4 ± 5 Janganlah membiarkan matamu tidur. tidak hidup dalam tuntunan Firman dan kuasa ROH KUDUS. Waktu Petrus. setan dengan secepat kilat akan menguasai hati kita dan membawa kita masuk dalam perangkapnya. pada saat kita lengah. Setan paling suka dengan anak-anak anakTUHAN yang rapuh. 5 lepaskanlah dirimu seperti kijang dari pada tangkapan. Artinya. Setan tidak pernah berhenti mengawasi setiap gerak-gerik kita. yang mudah dibujuk dan hatinya dikuasai oleh pikiran-pikiran di luar kebenaran TUHAN. Yohanes dan Yakobus dibawa TUHAN YESUS ke Taman Getsemani. kita akan sangat mudah untuk jatuh dalam pencobaan. merenungkan Firman serta berdoa kepada ALLAH. gerakMaka pada saat hati kita lengah dan tidak berpaut pada ROH KUDUS. Jika kita 'tertidur' maka setan akan dengan cepat sekali menjerat dan menangkap kita. Dengan hidup selalu dekat dengan TUHAN yaitu membaca. . mereka ternyata tidak berdoa seperti apa yang dipesan YESUS tetapi justru tidur. maka kita akan memiliki kekuatan dari DIA dan tidak mudah masuk dalam perangkap setan. Bahkan dia tahu hati kita. Karena itu kita pikirantidak boleh lengah atau harus selalu 'terjaga'.

TERIMA KASIH .SEKIAN«.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->