P. 1
Binomial Newton

Binomial Newton

|Views: 518|Likes:
Published by Siti Rahmadani

More info:

Published by: Siti Rahmadani on Jan 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2013

pdf

text

original

`

susunan bilangan-bilangan yang dinamakan segitiga Pascal,

`

dapat ditulis dalam koefisien binomial atau suku dua sebagai berikut,misalkan x dan y.

` metode lain yaitu dengan menggunakan nCr ` Teorema binomial Newton dapat dirumuskan .

.

Titik-titik sampel atau anggota ruang sampel: angka-angka yang mungkin terpilih dalam percobaan diatas.` ` ` ` Percobaan dalam ilmu hitung peluang adalah suatu tindakan atau kegiatan yang dapat memberikan beberapa kemungkinan hasil Ruang sampel (S) : Himpunan semua hasil yang mungkin dari percobaan. Kejadian /event (E): Sembarang himpunan bagian dalam ruang sampel. .

GAG. .Tiga keping uang logam ditos bersamaan. AGG. AGA. GGG}. Perhatikan diagram pohon ` Dari diagram ter sebut. jika tiga keping uang logam ditos bersamaan. ruang sampelnya adalah {AAA. GGA. GAA. AGG. AAG.

sehingga masing-masing mempunyai peluang yang sama dan E adalah kejadian yang di harapkan terjadi.` ` Teorema 1 Jika ruang sample S terdiri dari titik-titik sampel yang serupa. maka ` P(E) n(E) n(S) : peluang terjadinya kejadian E : banyak anggota E : banyak anggota ruang sample .

kelereng merah. . d. tentukan peluang terambil: a. c. 3 merah dan 1 putih. Jika diambil 4 kelereng sekaligus secara acak. kelereng putih.` ` ` ` ` Dalam kantong ada 6 kelereng merah dan 5 kelereng putih. b. 2 merah dan 2 putih.

.

.

.

` ` Frekuensi harapan suatu kejadian pada percobaan yang dilakukan N kali adalah hasil kali peluang kejadian tersebut dengan banyaknya percobaan dirumuskan dengan .

.

.

maka peluang kejadian A B ditentukan dengan aturan: .` ` Peluang gabungan dua kejadian (kejadian A atau kejadian B) dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut. Misal A dan B adalah dua kejadian yang berbeda S.

jika A adalah kejadian munculnya bilangan ganjil dan B adalah kejadian munculnya bilangan prima. b. .` ` ` Dalam melambungkan sebuah dadu. Tentukan peluan kejadian A atau B. Selidiki apakah kejadian A dan B saling asing. Tentukan peluang kejadian munculnya bilangan ganjil atau prima! a.

.

` Jika kejadian A tidak memengaruhi terjadinya kejadian B dan sebaliknya atau terjadi atau tidaknya kejadian A tidak tergantung pada terjadi atau tidaknya kejadian B. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->