Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri

BAB I PENDAHULUAN

Microsoft Excel (MS Excel) suatu software Speed sheet seperti Lotus 123 yang digunakan sebagai pengolah angka adalah produk dari Microsoft yang menjadi satu kesatuan dengan Microsoft Word (MS Word), Microsoft PowerPoint (MS PowerPoint), Microsoft Access (MS Access), Microsoft Outlook (MS Outlook), Microsoft FrontPage (MS FrontPage). Untuk membuka program Microsoft Excel (MS Excel) ini ada 3 cara, yaitu : 1. Dari Menu Start pilih Program kemudian pilih Office dan terakhir pilih item Microsoft Excel atau jika tidak terkumpul menjadi satu dengan Office, dari Menu Start pilih Program kemudian pilih icon Microsoft Excel

2. Klik dua kali shortcut Microsoft Excel yang sudah terbuat di Desktop.

1

Title Bar. digunakan untuk menuliskan rumus atau mengedit/menyunting data 2 . 4.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri 3. di bawah ini : Main Menu Cell Pointer Title Bar Tool Bar Lembar Kerja Formula Bar Head Column Status Bar S Head Row Gambar 1 Keterangan : 1. Formula Bar. Kemudian tunggu beberapa saat sampai ada tampilan seperti gambar 1. 2. Main Menu. Klik icon Microsoft Excel di Toolbar Desktop yang telah diaktifkan. menampilkan judul buku yang dibuat. menu utama berisikan : File Edit View Insert Format Tool Data Window Help 3. Tool Bar. menampilkan icon-icon untuk mempermudah dalam pengoperasian dengan cara meng-KLIK pakai mouse.

: menggeser lebar row secara manual dengan cara klik + drag. Demikian juga menampilkan keyboard bagian Num Lock sedang aktif atau tidak. Head Row. : meletakkan cell pointer ke sembarang tempat dengan cara klik kiri. : menggeser lebar colomn secara manual dengan cara klik + drag. 2. baik colomn maupun row dengan cara klik + drag. yaitu : Klik : menekan tombol mouse kiri 1 kali Double Klik : menekan tombol mouse kiri 2 kali dengan irama yang pas Klik + Drag : menekan tombol mouse kiri 1 kali dan ditahan sambil digeser sesuai yang kita inginkan. : menambah jumlah cell. lembar kerja atau sheet berjumlah 16 sheet 9. dalam MS Excel penggunaan mouse dan tanda panah kanan kiri dan atas bawah pada keyboard juga berperan sangat penting untuk memindahkan atau menggerakkan krusor pada lembar kerja. Sedangkan jenis pointer yang tampil dilembar kerja karena perubahan gerakan ada : 1. 4. Head Column. tempat untuk menulis atau memasukkan data serta rumus 8. kepala kolom yang berjumlah 256 kolom dengan ditandai huruf A – IV 6. Penggunaan mouse seperti pada pemakaian office yang lain. 3 . Cell Pointer. menampilkan apakah lembar kerja sedang dipakai dengan ditandai tulisan Enter. 3. jika dalam keadaan diam ditandai dengan Ready. kepala baris yang berjumlah 65536 baris 7. Lembar Kerja. Seperti halnya MS Word.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri 5. Status Bar.

2. Formula/rumus biasa Rumus biasa ini cellalu diawali dengan tanda “=” (sama dengan) yang ditulis langsung pada cell pointer dilembar kerja Contoh : =A1+V22 =L9*Y4 artinya artinya cell A1 ditambah cell V22 cell L9 dikalikan cell Y4 Operasi yang dituliskan pada cell pointer atau di “Formula Bar” ada : 1. Formula 1.1.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri BAB II DATA DAN JENISNYA Penggunaan MS Excel sangat luas sekali cellain digunakan sebagai penulisan teks biasa. tetapi fungsi pokoknya adalah sebagai pengolah data operasi aritmatika sampai operasi logika dengan rumus yang dibuat sendiri atau rumus yang sudah tersedia.3. 4 .1. Data yang dapat ditulis pada MS Excel dapat dibedakan menjadi : 1. 1.1.1. Operasi Teks Operator teks yaitu menggunakan tanda “&”. Operasi Aritmatika + / * % ^ untuk untuk untuk untuk untuk untuk penjumlahan pengurangan pembagian perkalian persen perpangkatan =200+8 =200-8 =200/8 =200*8 =200% =200^8 Setelah melakukan penulisan baru ditekan enter dan hasilnya dapat dilihat secara langsung. Operasi Logika = > < <= >= <> untuk untuk untuk untuk untuk untuk sama dengan lebih besar dari lebih kecil dari lebih kecil atau sama dengan lebih besar atau sama dengan tidak sama dengan =200=8 =200>8 =200<8 =200<=8 =200>=8 =200<>8 Setelah melakukan penulisan baru ditekan enter dan hasilnya dapat dilihat secara langsung yaitu False atau True pada cell pointer yang ditempat rumus/formula. 1.1.

tanda % atau $ yang letak penulisan salah dianggap suatu karakter atau teks. 3. Teks Seperti pengetikan biasa. Tanggal Penulisan tanggal menganut format MM/DD/YY MMM/YY contoh contoh 06/28/69 Jun/69 5 .Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri Contoh: Rumus diletakkan pada cell pointer AD dengan rumus : =AB…. Gambar 2 2.2. 1.&AC…. Untuk lebih lanjut akan dibahas pada bab tersendiri berikutnya. tanda koma. Penulisan angka.1. Tanggal & Waktu 1. Sorot bagian Function name yang akan dibuat kemudian klik OK. Sampai tampak form seperti gambar di bawah ini. Formula/rumus fungsi Untuk mengaktifkan formula ini dengan jalan klik Insert kemudian sorot Function atau klik icon fx. penulisan bulan.

Waktu contoh contoh 28 Jun 69 28 Jun Penulisan waktu menganut format HH:MM HH:MM:SS HH:MM AM/PM HH:MM:SS AM/PM 4.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri DD-MMM-YY DD-MMM 1.2. Angka Tanda koma sebagai pemisah angaka ribuan Tanda titik sebagai tanda desimal Tanda kurung ( ) Tanda persen letak dibelakang angka tanpa spasi Simbol mata uang letaknya di depan angka boleh spasi atau tanda titik contoh contoh contoh contoh 07:30 07:30:45 07:30 AM 07:30:45 AM 6 .

Pilih dan klik menu File lalu pilih dan klik Open atau 2. ikuti langkah sebagai berikut : 1. Tekan Ctrl + S pada keyboard atau 3. Klik icon tombol toolbar 7 . Pada kotak File Name.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri BAB III MENYIMPAN. Tekan tombol Save atau tekan tombol enter pada keyboard. Menyimpan Lembar Kerja Workbook pada excel jika belum ada nama file secara defoult nama filenya adalah book1. Pada kotak bar di Save in cari lokasi folder yang akan digunakan untuk menyimpan file. 3. jika belum ada nama filenya dengan cara : 1. 4.1. Membuka Lembar Kerja Untuk menyimpan buku kerja yang pernah disimpan menggunakan dengan nama file yang sama cukup dengan cara : 1. ketik nama file yang diinginkan. MEMBUKA DAN MENGAKHIRI LEMBAR KERJA 3. 3.2. Tekan menu File lalu pilih dan klik Save As Gambar 3 2. Klik icon tombol toolbar Untuk membuka kembali file workbook yang ada. Untuk menyimpan lembar kerja (workbook) dengan celluruh lembar kerja. Tekan menu File lalu pilih dan klik Save atau 2.

pilih dan klik driver dan folder tempat file tersimpan. Pada tombol daftar Look in. 4. Pada kotak isin File name. Mengakhiri Lembar Kerja Setelah cellesai bekerja dengan Microsoft Excel untuk mengakhirinya dengan langkah sebagai berikut : 1. 8 . 3. 2. ketik nama file workbook yang diinginkan atau double klik atau klik satu kali kemudian tekan enter. Pilih dan klik menu File lalu pilih dan klik Exit atau 3.3. Tunggu sampai Microsoft Excel tertutup. 4. Klik tombol close ( ) pada kanan atas.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri Gambar 4 3. Simpan semua lembar kerja sesuai dengan prosedur di atas.

2.1.1. digunakan untuk menghapus datanya saja Comments. Dengan Keyboard Pada contoh diatas tempat cell pointer pada cell B5 kemudian sambil menekan tombol Shift pada keyboard tekan tombol anak pada di keyboard sampai G10. Mengatur Lembar Kerja 4. Format. Lihat gambar 5 Gambar 5 Untuk menyorot range ada dua cara untuk contoh di atas. Misal cell B5 sampai G10. Jika ada range yang datanya dihapus sorotlah terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol delete. digunakan untuk menghapus format tampilan datanya. All. digunakan untuk menghapus komentar saja. Mehapus Data di Suatu Cell atau Range Menghapus cell atau range tertentu dapat diikuti langkah sebagai berikut : 1. Tempat penunjuk cell ( ) di cell yang akan dihapus. Jika ingin menyorot range kolom dan range baris secara kecelluruhan cukup klik pada head colomn dan head row. dinyatakan dengan range B5:G10. Dapat juga dinyatakan dengan G10:B5.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri BAB IV MENGATUR DAN MEMFORMAT LEMBAR KERJA 4. Dengan Mouse Klik pada cell B5 sebagai posisi awal cell kemudian klik kiri dan drag sampai akhir cell G10 lalu lepas tombol mouse.2. Klik menu Edit dan pilih serta klik Clear. yaitu : 1. Contents Del. 9 .2. Mengenal Range Sekumpulan cell yang berdekatan disebut range.2. 4. Atau 2. Kemudian pilih salah satu perintahnya. digunakan untuk menghapus data berikut formatnya.

Pada kotak isian ketik lebar baris (Row height) yang dinginkan kemudian tekan tombol OK. Untuk mengatur lebar baris (row) dengan format form yaitu: 1. Klik menu Format sorot Colomn sorot dan klik Width sampai muncul kotak dialog Gambar 6 3. Pada kotak isian ketik lebar kolom (Colomn Width) yang dinginkan kemudian tekan tombol OK. Klik dan drag kekiri atau kekanan seseuai yang dinginkan. Jika yang dilebarkan berupa range sorot lebih dulu range tersebut. Arahkan penunjuk mouse di head colomn pada garis batas antara huruf yang akan dilebarkan. 2. 2. Tempatkan cell pointer pada cell yang akan dilebarkan.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri 4. Sedangkan untuk mengatur lebar kolom (colomn) dengan mouse yaitu: 1.3. 10 .2. Tempatkan cell pointer pada cell yang akan dilebarkan. 2. Klik menu Format sorot Row sorot dan klik Height sampai muncul kotak dialog Gambar 7 3. Untuk mengatur lebar kolom (colomn) dengan format form yaitu: 1. Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Mengatur lebar kolom dan tinggi baris ada dua cara yaitu dengan format form yang ada pada speedsheet sendiri dan dengan mouse. Jika yang dilebarkan berupa range sorot lebih dulu range tersebut.

Pada kotak isian Symbol adalah lambang uang yang akan ditampilkan. klik tab Number. Gambar 8 3. 5.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri Sedangkan untuk mengatur lebar baris (row) dengan mouse yaitu: 3. Lihat tampilan kotak dialog pada gambar 8 di bawah ini. Sorot cell atau range yang akan diformat. 7. Format Tampilan Angka Jika diperlukan pengaturan format angka yang akan dimasukkan kecell dengan menggunakan Format Cell.2. Pada kotak daftar Category. yaitu : 1. 6. 4. Klik dan drag keatas atau kebawah seseuai yang dinginkan. 4. 11 . Klik menu Format sorot dan klik Cell. Pilih pada kotak dialog. 2. Memformat Lembar Kerja 4.1. isi berapa jumlah angka decimal yang ingin ditampilkan. pilih dan klik format yang dinginkan Pada kotak isian Decimal places. Arahkan penunjuk mouse di head row pada garis batas antara angka yang akan dilebarkan. Pada kotak daftar Negative number pilih dan klik format angka negatif yang diinginkan. 4.2.

menit dan detik. Pada daftar pilihan Type pilih salah satu format yang diinginkan.) Untuk menentukan apakah perlu ada tanda pemisah ribuan atau tidak. untuk menampilkan angka dengan tampilan persen. Format Tampilan Tanggal dan Waktu Untuk memformat tampilan tanggal dan waktu dengan langkah sebagai berikut : 1. 9. Gambar 9 4. untuk menampilkan angka dengan tanda pemisah ribuan dengan menggunakan koma atau titik. 5.2. 2. Jika semua telah diset sesuai yang diinginkan tekan tombol OK. 3. pada isian daftar pilih Date untuk format tanggal. Sorot cell atau range yang akan diformat.2. Selain itu untuk merubah format dapat menggunakan icon formating di toolbar. bulan dan tahun atau Time untuk format jam. Setelah selesai memformat tekan tombol OK. Toolbar Toolbar untuk menambah jumlah angka desimal untuk mengurangi jumlah angka desimal 4. menggunakan kotak cek Use 1000 Separator(. 12 .Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri 8. yaitu : Toolbar Toolbar Toolbar untuk menampilkan angka dengan tampilan lambang uang. Klik menu Format dan pilih serta klik Cell Pilih tab Number. Jika memilih Category dan memilih Number.

1. 3. Sorot cell atau range yang akan diformat.2. Format Bingkai dan Garis Pembatas Untuk membuat bingkai dan garis pembatas pada cell atau range dengan jalan seperti di bawah ini. Klik menu Format dan pilih serta klik Cell Pada kotak dialog pilih tab Font.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri 4. Sorot cell atau range yang akan diformat. Format Tampilan Huruf Untuk memformat huruf dengan langkah sebagai berikut : 1. 4.4. Gambar 10 4. 13 . 2. 2.3. Klik menu Format dan pilih serta klik Cell Pada kotak dialog pilih tab Border.2. Atur format yang diinginkan lalu tekan tombol OK. 3.

Sorot cell atau range yang akan diformat.5. None digunakan jika tanpa garis pembatas semuanya. 3. 7. bila lembar kerja sangat lebar range-nya. 4. Pada pilihan Presets pilih salah satu. Meratakan Tampilan Data Merapikan tampilan data dengan menu Format Cell digunakan bila data yang diformat adalah secara keseluruhan meliputi range dan bukan cell.2. Outline digunakan jika diinginkan garis batas bagian luar saja. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Ini dimaksud menghemat waktu kerja. Inside digunakan jika diinginkan garis batas dalam saja. Setelah selesai melakukan pilihan tekan tombol OK. 2. 5.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri Gambar 11 4. 6. Pada pilihan Border jika diinginkan garis pembatas sendiri-sendiri. 14 . Pada pilihan Line Style pilih jenis garis pembatas yang diinginkan. Klik menu Format dan pilih serta klik Cell Pada kotak dialog pilih tab Alignment.

Center. Center. jika lebar kolomnya tidak cukup akan ditampilkan dengan ukuran yang lebih kecil. Left. untuk pengaturan agar data yang ditempatkan pada suatu cell. jika diperlukan dengan cara dengan melakukan pemilihan pada kotak cek : Wrap text. dengan pilihan General.Center Across Selection. Bottom. Justify. 15 . digunakan untuk menggabungkan beberapa cell agar menjadi satu kesatuan yang berdiri sendiri. jika lebar kolomnya tidak cukup akan ditampilkan dengan pelipatan ke bawah pada posisi cell yang sama. Text Control. Fill. Justify. Shrink to fit. untuk pengaturan agar data yang ditempatkan pada suatu cell. Merge cell. Orientation : Untuk pengaturan orientasi data pada derajat posisi kemiringannya. Vertical : digunakan untuk meratakan tampilan secara vertika dengan pilihan Top. Right.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri Gambar 12 4. Pada Text aligment yang digunakan untuk meratakan tampilan secara : Horizontal : digunakan untuk meratakan tampilan secara horizontal.

untuk menampilkan dengan posisi rata kiri. 5. Align Right. Setelah semua dilakukan sesuai dengan pilihan tekan tombol OK atau pada keyboard tekan enter. pilihan dan klik warna yang dikehendaki. digunakan untuk menggabungkan cell agar menjadi satu kesatuan yang berdiri sendiri 4. Pada kotak pilihan Color. Jika menginginkan latar belakang dengan corak tertentu dengan tombol pilihan Pattern. untuk menampilkan dengan posisi rata kanan. Gambar 13 4. dengan langkah berikut : 1. Klik menu Format dan pilih serta klik Cell Pada kotak dialog pilih tab Patterns. Selain itu bisa dilakukan melalui icon yang ada pada toolbar : Toolbar Toolbar Toolbar Toolbar Align Left.2. 3. 16 .6. Sorot cell atau range yang akan diformat. untuk menampilkan dengan posisi rata tengah di cell.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri 5. Kemudian klik OK. Center. Menambah Warna dan Corak Latar Belakang Range Untuk memberi warna dan corak latar belakang cell atau range. Merge and Center. 2.

Border.Pengetahuan EXCEL untuk kalangan sendiri 4. 2. dengan langkah berikut : 1. Gambar 14 17 . Klik menu Format dan pilih serta klik AutoFormat Pada tampilan yang ada lalu tekan OK.2. Alignment. Width/Height dengan cara klik terlebih dahulu Option dan pilih salah satunya. Menggunakan AutoFormat Untuk memberi memodelkan macam-macam bentuk tampilan tabel yang dibuat. Sorot cell atau range yang akan diformat. Font. Dalam AutoFormat ini bisa sekaligus menghilangkan atau menampilkan Number. 3. Petterns.7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful