.

... . Jama¶ah Jum¶ah rahimakumullah, marilah kita bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta¶ala yang telah memberikan aneka keni¶matan bahkan hidayah kepada kita. Shalawat dan salam semoga Allah tetapkan untuk Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya yang setia dengan baik sampai akhir zaman. Jama¶ah Jum¶ah rahimakumullah, mari kita bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa, menjalani perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-laranganNya. Dalam rangkaian taqwa itu, perlu kita sadari, Islam mendudukkan akhlaq sebagai satu hal yang penting. Apabila aqidah (keyakinan) itu dalam bentuk batin manusia maka akhlaq adalah bentuk lahir. Tidak ada pemisahan antara aqidah dan akhlaq, maka dalam hadits: -« ».

Paling sempurnanya iman orang mukmin adalah yang paling bagus akhlaq mereka, dan yang paling terpilih di antara kamu sekalian adalah yang paling terpilih akhlaqnya terhadap isteriisteri mereka. (HR. At-Tirmidzi, ia berkata hadits hasan shahih, dan Ibnu Hibban, Al-Baihaqi, dari Abi Hurairah). -« » Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu µalaihi wa sallam bersabda: ³Barangsiapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka janganlah ia menyakiti tetangganya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau diam.´ (HR Al-Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud)

Jama¶ah Jum¶at rahimakumullah, di antara pengarahan Al-Qur¶an dalam mengagungkan urusan akhlaq adalah firman Allah Ta¶ala: ) (.

Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. (QS. Al-Furqon [25] : 63) Juga ayat: ) (. *

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai. (QS. Luqman [31] : 18, 19) Juga ayat: ) (.

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (QS. An-Nahl [16] : 90) Jama¶ah Jum¶at rahimakumullah, Nabi shallallahu µalaihi wa sallam juga mengarahkan pentingnya akhlaq: ». «

Dari Aisyah rahimahallah, ia berkata, aku mendengar Rasulullah shallallahu µalaihi wa sallam bersabda: ³Sesungguhnya mukmin itu dengan kebagusan akhlaqnya pasti mencapai derajat orang yang puasa (siang hari) dan orang yang berdiri (shalat malam hari).´ (HR. Abu Dawud Shahih No. 4798). Di hadits lain diriwayatkan: ». Dari Abu Dzar , ia berkata, Rasulullah ²shallallahu µalaihi wa sallam² bersabda kepadaku: ³Taqwalah kamu kepada Allah di mana saja kamu berada, dan ikutilah kejelekan itu dengan -«

kebaikan yang menghapusnya, dan berakhlaqlah kepada manusia dengan akhlaq yang baik.´ (HR At-Tirmidzi, ia berkata hasan shahih, Ahmad, Ad-Darimi, Al-Hakim, dan Al-Baihaqi dalam Syu¶abul Iman). « ». « ».

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah ²shallallahu µalaihi wa sallam² ditanya tentang apa yang paling banyak memasukkan manusia ke surga, maka beliau bersabda: ³Taqwa kepada Allah dan bagusnya akhlaq.´ Dan beliau ditanya tentang apa yang paling banyak memasukkan manusia ke neraka, maka beliau bersabda: ³mulut dan farji (kemaluan)´ (HR At-Tirmidzi, ia berkata hadits Shahih Gharib, dan Ibnu Majah). ) ). : )) - : (( )) : ))

Dari Ibnu Mas¶ud radhiyallahu µanhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu µalaihi wa sallam bersabda: Maukah aku khabarkan kepada kamu sekalian siapakah yang haram atas neraka? Atau siapakah yang neraka haram atasnya? Neraka haram atas setiap orang yang (akhlaqnya) dekat (kepada manusia), rendah hati, lembut, dan mudah (baik perangainya). (HR. At-Tirmidzi, ia berkata Hasan Gharib) Al-Mawardi berkata, dengan hadits ini dijelaskan bahwa bagusnya akhlaq itu memasukkan pelakunya ke surga dan mengharamkannya atas neraka, karena bagusnya akhlaq itu adalah ungkapan (ekspresi) dari keadaan manusia yang mudah perangainya, lemah lembut, wajah berseri-seri, tidak membuat orang lari, bagus ucapannya; tetapi sifat-sifat ini terbatas seukurannya pada tempat-tempat yang berhak untuk disikapi demikian. Karena apabila melebihi batas yang baik maka menjadi merunduk-runduk, dan bila diselewengkan dari fungsinya maka menjadi pura-pura (kamuflase). Merendah-rendah adalah hina, sedang pura-pura (kamuflase) adalah tercela. (Al-Munawi, Faidhul Qadir juz 3/hal. 136). )) : . - : ((

Dari Abu Dzar radhiyallahu µanhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu µalaihi wa sallam bersabda kepadaku: ³Jangan sampai kamu meremehkan kebajikan sedikitpun, walaupun (hanya) untuk menjumpai saudaramu dengan wajah yang berseri-seri.¶ (HR Muslim). Jama¶ah Jum¶at rahimakumullah, Nabi shallallahu µalaihi wa sallam mengumumkan tingginya kedudukan akhlaq. ) : ) -« ».( (

(QS Al-Ahzab [33] : 21) Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. kamu tidak banyak memberi kami.´ (HR. Al-A¶raf [7] : 199). . dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahihul Jami¶ No. Al-Qalam [68] : 4) Jama¶ah Jum¶at rahimakumullah. Umar bin Khatthab radhiyallahu µanhu didatangi Uyainah bin Hishn yang berkata: .( ) Dari Al-Hasan ia berkata: Aisyah ditanya tentang akhlaq Rasulullah shallallahu µalaihi wa sallam. 2349). Ahmad. tabi¶in dan lainnya berada pada manhaj (jalan) Rasulullah shallallahu µalaihi wa sallam dalam meneladani akhlaq dan beramal dengannya. serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh. Artinya mengikuti dan terikat dengan pengarahan Al-Qur¶an. (HR Ahmad. maka dia menjawab: Akhlaqnya adalah al-Qur¶an. dan kamu tidak memerintah di antara kami dengan adil´. wallohi. ³Hei anak Al-Khatthab.Dari Abu Hurairah. Shahih menurut Syu¶aib Al-Arnauth). sesungguhnya Allah Ta¶ala berfirman kepada Nabi-Nya shallallahu µalaihi wa sallam: ) « (. Beliau sebagaimana perkataan Aisyah radhiyallahu µanha: : : . ia berkata. Sungguh telah terjadi dalam kehidupan Nabi Muhammad shallallahu µalaihi wa sallam bentuk sempurna yang agung yaitu penerapan nyata akhlaq Qur¶ani dan Nabawi. [ 1 99 : ] Jadilah engkau pema'af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf. maka Al-Hurr berkata: ³Wahai Amirul Mukminin. (QS. sungguh orang salafus shalih dari para sahabat.( ) ) . (QS. Rasulullah shallallahu µalaihi wa sallam bersabda: ³Sesungguhnya aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan baiknya akhlaq. maka Umar marah sehingga ingin memukulnya. Benarlah Allah yang berfirman: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. -( .

²Khutbah Kedua² . (HR Al-Bukhari) . .Dan sesungguhnya orang ini termasuk orang-orang yang bodoh. dan dia senantiasa berdiri di sisi kitab Allah (mengamalkannya dan tidak melanggarnya). Maka demi Allah. . . . . . . . . . . Umar tidak melanggarnya ketika telah dibacakan ayat itu atasnya.

Bahkan banyak pula yang bersumpah atas nama Allah untuk kufur pada-Nya dan menyingkirkan hukum Allah dari lapangan kehidupan serta menerapkan hukum jahiliyah sebagai gantinya.. Akibatnya. sebagai akibat jauhnya mereka dari Hidayah (petunjuk) Allah. Hanya dengan cara itulah ketakqawaan kita mengalami peningkatan dan perbaikan . mereka masih saja mengklaim sebagai Muslim. terjadi kekacauan hidup dan kezaliman di mana-mana dan di semua lini kehidupan. Carut marut itu terlihat dalam semua level kehidupan. . marilah kita tingkatkan kualitas taqwa kita pada Allah dengan berupaya maksimal melaksanakan apa saja perintah-Nya yang termaktub dalam Al-Qur¶an dan juga Sunnah Rasul saw. apakah jalan iman (keyakinan dan ketaatan) kepada-Nya. : Kaum muslimin rahimakumullah . Wahai orangorang beriman. Pada waktu yang sama kita dituntut pula untuk meninggalkan apa saja larangan Allah yang termaktub dalam Al-Qur¶an dan juga Sunnah Rasul Saw. . Pertanyaan yang sering muncul ialah : Mengapa manusia ada yang beriman kepada Allah dan hukum Allah dan ada pula yang kafir (mengingkari) Allah dan hukum-Nya dan atau beriman kepada Allah tetapi kafir pada hukum Allah? Kenapa tidak Allah ciptakan saja semua manusia itu beriman kepada-Nya dan kepada hukum-Nya. masyarakat sampai Negara. Sebagai Tuhan Pencipta manusia mempersilahkan manusia itu sendiri yang memilih jalan hidup yang akan mereka jadikan aturan dan standar kehidupan di dunia ini. Tuhan Pencipta mereka sendiri. shalawat dan salam mari kita bacakan untuk nabi Muhammad Saw sebagaimana perintah Allah dalam Al-Qur¶an : Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas Nabi (Muhammad Saw). rumah tangga. Bukankah Allah itu Maha Kuasa? Allah. ucapkan shalawat dan salam atas Nabi (Muhammad) Saw. ( Al-Ahzab : 56) Kaum Muslimin rahimakumullah Carut marut kehidupan umat manusia hari ini. Yang paling menyedihkan dan mengerikan lagi. . Pertama-tama. . sejak dari kehidupan individu. atau jalan kufur (pengingkaran dan maksiat) kepada-Nya. tak terkecuali di Indonesia yang mayoritas Muslim. Anehnya. Selanjutnya. manusia hari ini berlomba-lomba membangkang kepada Allah. (1 : 02 ) .

Kitab Petunjuk Hidup yang terjamin keasliannya sampai hari Kiamat itu didukung pula oleh tanda-tanda Kebesaran dan Keagungan-Nya yang tesirat dalam jagad raya dan dalam diri manusia yang setiap saat dan waktu Allah munculkan. otak dan hati. yang gejolaknya mengepung mereka. apalagi menuduh-Nya diskriminatif atau zalim dalam memutuskan perkara manusia di Akhirat kelak berkaitan dengan apa yang telah mereka pilih dan kerjakan semasa mereka mendapat jatah hidup di dunia. mana yang menyelamatkan dan mana yang menyesatkan manusia serta dibantu pula penjelasannya oleh seorang Rasul bernama Muhammad Saw. mata.hukum dan sistem-Nya. dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir. Allah menjelaskan : (29) (31) Dan katakanlah: "Kebenaran (Al-Qur¶an) itu datangnya dari Tuhanmu. maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman. menentang Allah Tuhan Pencipta. baik melalui kerja keras manusia dalam melakukan eksperimen-eksperimen ilmiah. (31) (QS. Itulah pahala yang sebaik-baiknya. mengapa masih banyak manusia yang ingkar. sehingga menjadi makhluk yang sangat sempurna. Allah telah menciptakan mereka dengan sebaik-baik bentuk dibandingkan dengan makhluk lain. dan juga sebagai bukti Maha Adilnya Allah Tuhan Pencipta dan tidak diktator.(30) Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka syurga 'Adn. diturunkan pula bagi mereka Kitab Petunjuk Hidup (Al-Qur¶an) yang haq (benar). Namun setiap pilihan itu akan mengandung konsekuensi akhirat yang berbeda. Namun demikian. (29) Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal shaleh. atau Dia munculkan begitu saja di hadapan mereka. sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Dan jika mereka meminta minum. tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan(nya) dengan yang baik. dan bahkan ada yang menolak keberadaan-Nya sedangkan mereka sendiri tinggal di atas bumi yang diciptakan-Nya? (30) ." Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka. mengalir sungai-sungai di bawahnya. Kesempurnaan manusia itu dilengkapi dengan fasilitas fisik yang super canggih. untuk menjelaskan mana haq (kebenaran) dan mana pula yang bathil. niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. dan tempat istirahat yang indah. Alkhafi : 29 ± 31) Kaum Muslimin rahimakumullah Agar manusia tidak mempunyai peluang untuk berprasangka buruk pada Allah. dalam syurga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. yakni telinga. kendati terhadap hamba-Nya sekalipun. Di samping itu. dibekali pula dengan empat alat super moderen.

pahala. khususnya yang diambil dari Al-Qur¶an seperti yang ditulis oleh Al-Balkhi dalam bukunya ³AlAsybah wa An-Nazho-ir´.S. hidyatan. Sedangkan pengertian Hidayah / Hudan dalam Al-Qur¶an dan Hadits terdapat sekitar 27 makna. Pengertian seperti ini dapat kita pahami melalui firman Allah surat Al-Baqarah berikut : ( (5 ³Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan Pencipta mereka. rasul /kitab. menegakkan argumentasi. S car a ist ilah (ter m n o ). Al-Qur¶an. pengertian Hidayah. As-Suyuthi dalam bukunya ³Al-Itqon´ dan Ibnul Qoyyim Al-Jawzi dalam bukunya ³Nuzhatu Al-A¶yun AnNawazhir´. Hidayah secara bahasa berarti petunjuk. agama Islam.´ (Q. 1. hidaayatan). sesungguhnya Hidayah. karunia. Akar katanya ialah : ± ± ± ± (hadaa. Pertama. yahdii. Kaum Muslimin Rahimakumullah Untuk merasakan betapa mahalnya nilai sebuah Hidayah. Macam-Macam Hidayah. terbagi menjadi empat bagian utama : 1. taufiq/ketepatan. kata ( ) kalau wakaf (berhenti) di baca : Hidayah. paling tidak ada dua hal yang perlu diketahui. Di antaranya bermakna : penjelasan. Khusus yang terakhir. mengingatkan. benar dan kokoh/konsisten. hadyan. lurus/cerdas. Lawan katanya adalah : (D ol al ah) y h ang b ar ti ³kesesat an´. Karena dengan Hidayah itulah manusia bisa hidup mulia dan selamat di dunia dan di akhirat.Pengertian Hidayah (Petunjuk) Kata Hidayah adalah dari bahasa Arab atau bahasa Al-Qur¶an yang telah menjadi bahasa Indonesia. er e i ol gi Hidayah ialah penjelasan dan petunjuk jalan yang akan menyampaikan kepada tujuan sehingga meraih kemenangan di sisi Allah. seruan. perbaikan. maka nilai Hidayah terasa sangat mahal. Hidayah/Hudan Dalam Al-Qur¶an tercantum sekitar 171 ayat dan terdapat pula dalam 52 Hadits. ilham/insting. hudan. nyaris seperti ucapan bahasa Indonesia. mati dalam Islam.Macam-Macam Hidayah Para Ulama besar Islam telah menjelaskan dengan rinci dan mendalam perihal Hidayah/Hudan. kemampuan menilai. mendorong.Hidayah I¶tiqodiyah (Petunjuk Terkait Keyakinan Hidup).Dalam kondisi umat manusia hari ini yang sedang kehilangan pegangan dan petunjuk hidup. perintah. Al-Baqarah: 5) 2. Kedua. Yahya Ibnu Salam dalam bukunya ³At-Tashoriif´. Tauhid/ mengesakan Allah. Dari 27 pengertian tersebut di atas. seperti firman Allah dalam surat An-Nahl berikut : . dan (sebab itu) merekalah orang-orang yang sukses. secara umum. pengajaran. Iman (keyakinan). pengetahuan. Taurat. Sunnah/Jalan.

AlHajj: 67) Atau seperti firman Allah di bawah ini : (23) ³Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu dan bapak-bapak kamu mengada-adakannya. Al-Mu¶min: 28) 2. (Q. An-Nahl : 37) Atau seperti firman Allah berikut ini : (28) Dan seorang laki-laki yang beriman di antara pengikut-pengikut Firaun yang menyembunyikan imannya berkata: "Apakah kamu akan membunuh seorang laki-laki karena dia menyatakan: "Tuhan Penciptaku ialah Allah. dan sekali-kali mereka tiada mempunyai penolong´. Sesungguhnya kamu benar-benar berada pada jalan yang lurus (Islam)´. Sesungguhnya Allah tidak memberikan petunjuk (hidayah) kepada orang-orang yang melampaui batas lagi pendusta (penolak kebenaran yang datang dari-Nya). Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun untuk (menyembah) nya. dan (tetapi) jika ia seorang yang benar niscaya sebagian (bencana) yang diancamkannya kepadamu akan menimpamu".S.S. maka sesungguhnya Allah tiada memberi petunjuk kepada orang yang disesatkan-Nya. Dan jika ia seorang pendusta maka dialah yang menanggung (dosa) dustanya itu.Hidayah µAmaliyah (Petunjuk Terkait Aktivitas Hidup).S. (Q. (Q. seperti firman Allah dalam surat AlAnkabut berikut : (69) . Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan. seperti Firman Allah dalam surat Al-Hajj berikut ini : (67) ³Bagi tiap-tiap umat telah Kami tetapkan syariat tertentu yang mereka lakukan. maka janganlah sekali-kali mereka membantah kamu dalam urusan (syariat) ini dan serulah kepada (agama) Tuhanmu.S. yakni Islam yang didasari Al-Qur¶an dan Sunnah Rasul Saw. dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka.(37) ³Jika kamu sangat mengharapkan agar mereka dapat petunjuk (keyakinan hidup). Annajm: 23) 3.Hidayah Thoriqiyah (Petunjuk Terkait Jalan Hidup. padahal dia telah datang kepadamu dengan membawa keterangan-keterangan dari Tuhan Penciptamu. (Q. dan sesungguhnya telah datang petunjuk (Islam/ Al-Qur¶an) kepada mereka dari Tuhan mereka´.

. Sumbernya adalah Qalb (hati nurani) dan akal fikiran yang masih bersih (fithriyah) sebagaimana yang dialami oleh Nabi Ibrahim. Al-An¶am: 77) Kaum Muslimin rahimakumullah .´ (Q.. Demikianlah khutbah ini. Hidayah Fithriyah ini terkait dengan kecenderungan alami yang Allah tanamkan dalam diri manusia untuk meyakini Tuhan Pencipta. pastilah aku termasuk orang-orang yang sesat". para shiddiqin.. Tanpa Hidayah mustahil kita bisa selamat di dunia dan akhirat.. (Q. Allahumma amin . semoga Allah membantu dan menolong kita dalam memahami betapa mahalnya nilai Hidayah dan mensyukuri Hidayah yang telah Allah anugerahkan kepada kita. Al-Ankabut: 69) 4..S.Hidayah Fithriyah (Fitrah). syuhada¶. dan shalihin sebagaimana Allah himpunkan kita di tempat yang mulia ini. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. Tetapi setelah bulan itu terbenam dia berkata: "Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku.. benar-benar akan Kami tunjukkan Kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan semoga Allah berkenan menghimpunkan kita di syurga Firdaus yang paling tinggi bersama Rasul Saw.Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami. mentauhidkan-Nya dan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk diri mereka.S. Realisasinya tergantung atas pilihan dan keinginan mereka sendiri. Allah menjelaskan dalam firma-Nnya: (77) Kemudian tatkala dia melihat bulan terbit dia berkata: "Inilah Tuhanku".

(1 : 02 ) . bulan dan tahun yang kita habiskan mustahil dapat diulangi lagi. . Sebab itu. jam. ( Al-Ahzab : 56) Kaum Muslimin rahimakumullah . . Namun sebaliknya. Pada waktu yang sama kita dituntut pula untuk meninggalkan apa saja larangan Allah yang termaktub dalam Al-Qur¶an dan juga Sunnah Rasul Saw. Celakalah orang-orang yang kualitas iman dan amal shalehnya mereka pada hari ini lebih rendah dan lebih sedikit dari hari kemarin. tidak akan pernah dapat diganti dan diulangi. . jika ia gagal memanfaatkan waktu yang ia lewati untuk memperkuat keimanan. memperbanyak ilmu. Kita baru saja melewati tahun 1430 H dan memasuki tahun 1431 H. Kaum muslimin rahimakumullah Pertama-tama. ilmu. Itulah sunnatullah (sistem/hukum Allah) dalam kehidupan dunia ini. Jika ia mampu menggunakan waktu yang Allah berikan kepadanya untuk selalu meningkatkan keimanan. hidup dan dakwah di jalan Allah. Setiap detik waktu yang sudah kita lewati mustahil dapat diganti. Kemampuan kita tak lebih dari sekedar menghitung detik. Wahai orangorang beriman.. Hanya dengan cara itulah ketakqawaan kita mengalami peningkatan dan perbaikan . amal shaleh dan aktivas dakwah. Rugilah orang-orang yang kualitas iman dan amal shaleh mereka pada hari ini sama dengan hari kemarin. . beruntunglah orangorang yang kualitas keimanan dan amal shaleh mereka pada hari ini lebih baik dari kemarin. shalawat dan salam mari kita bacakan untuk nabi Muhammad Saw sebagaimana perintah llah dalam Al-Qur¶an : Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas Nabi (Muhammad Saw). marilah kita tingkatkan kualitas taqwa kita pada Allah dengan berupaya maksimal melaksanakan apa saja perintah-Nya yang termaktub dalam Al-Qur¶an dan juga Sunnah Rasul saw. maka ia akan menjadi orang yang beruntung. Selanjutnya. ucapkan shalawat dan salam atas Nabi (Muhammad) Saw. bulan dan tahun. Manusia sukses dan manusia gagal. Sesungguhnya manusia itu hanya terbagi dua. hari. : . Setiap waktu yang sudah berlalu. maka ia dipastikan akan menjadi orang yang merugi di dunia dan terlebih lagi di akhirat. Setiap pekan. menit. Setiap menit dan jam yang sedang kita lewati mustahil dapat diperpanjang. Kesuksesan dan kegagalan seseorang erat sekali kaitannya dengan kemampuan memenej waktu. amal shaleh.

. meningkatkan amal shaleh. Oleh sebab itu. Kaum Muslimin rahimakumullah .Sebab itu. kecuali mereka yang beriman dan beramal shaleh dan mereka saling bertaushiyah (saling menasehati) dengan kebenaran dan saling bertaushiyah dengan kesabaran (3). Allah ciptakan waktu itu dengan ukuran dan standar perhitungan yang amat mudah. mustahil kita dapat hidup di dunia ini. yakni berdasarkan siang dan malam. sebagaimana Dia jelaskan dalam surat Al-Qashash /28 : 71 ± 73 : (71) (73) (72) Katakan (wahai Muhammad)! Bagaimana pendapat kalian jika Allah menjadikan bagi kalian malam terus menerus sampai hari kiamat. Dengan adanya siang dan malam itulah kita bisa menjalankan berbagai aktivitas kehidupan dan sekaligus beristirahat. isnya Allah akan berhasil pula dalam kehidupan di dunia yang singkat ini dan juga kehidupan akhirat yang abadi. istirahat. berhasil memenej waktu dengan baik. Demi Malam dan Demi Siang. menuntut ilmu. sesungguhnya manusia itu pasti dalam keadaan merugi(2). dan bahkan lebih mahal dari dunia dan seisinya. Waktu bagi orang beriman adalah anugerah Allah yang tak ternilai harganya. Tanpa pergantian siang dan malam. Siapakah tuhan selain Allah yang dapat mendatangkan cahaya pada kalian? Mengapa kalian tidak mendengar (ayat-ayat Allah)?(71) Katakan (wahai Muhammad)! Jika Allah jadikan bagi kalian siang terus menerus sampai hari kiamat? Siapakah tuhan yang dapat mendatangkan malam bagi kalian untuk beristirahat padanya? Mengapa kalian tidak memperhatikan (ayat-ayat Allah). Sebaliknya. silaturahmi dan sebagainya. Allah menjelaskan dalam surat ALµAshr/ 103 : (1) (2) (3) Dan demi masa(1). menjalankan kehidupan secara Islami dan berbagai aktivitas dakwah lainnya. Semua ini mengisyaratkan betapa mahalnya nilai waktu itu. kita akan sangat sulit menata dan memenej berbagai aktivitas kehidupan kita di dunia termasuk kapan kita harus tidur. mencari rezki. seperti: Demi Masa. Allah ciptakan siang dan malam sebagai wujud kasih sayang-Nya kepada kita. Tanpa waktu. Dengan adanya siang dan malam itulah kita bisa memenej kehidupan ini dengan mudah. Salah dalam memenej waktu bisa berakibat kerugian besar di dunia dan akhirat. Namun. Allah sering bersumpah atas nama waktu. waktu itu sangat mahal harganya. Demi Waktu Dhuha. mencari ilmu. Kaum Muslimin rahimakumullah . Yang lebih mengagumkan lagi.(72) dan di antara rahmatNya bahwa Dia menjadikan bagi kalian malam dan siang agar kalian dapat beristirahat (pada malam hari) dan mencari karunia (rezki)-Nya (pada siang hari) dan agar kalian bersyukur (73). waktu juga bisa jadi sebab malapetaka jika disia-siakan begitu saja dan tidak dapat dimanfaatkan untuk membina keimanan.

Agar kita berhasil memenej waktu dengan baik dan maksimal. menuntut ilmu. kita akan tidak bisa berbuat apa-apa. melakukan berbagai amal shaleh. kita termasuk orang-orang yang gagal dan merugi. menjalani kehidupan ini sesuai sistem Allah dan Rasul-Nya serta berdakwah di jalan-Nya. bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja). tidak ada Tuhan selain Dia. Namun demikian. mencari rezki yang halal. Raja Yang Sebenarnya. Kita harus benar-benar maksimal menggunakan waktu yang masih ada. Gagal memenej waktu saat kita hidup di dunia ini. Sebab itu kita harus ekstra ketat dalam memenej waktu yang masih tersisa ini. ia bisa melukai diri kita sendiri. saat berada di padang mahsyar menunggu keputusan dan ketetapan Allah yang Maha Adil. Menyadari betul betapa mahalnya nilai waktu itu. kita juga akan gagal sepanjang perjalanan kita menuju akhirat. Kalau kita salah menggunakannya. wal iµyazu billah. Kita sesungguhnya sedang dalam suatu perjalanan yang amat panjang (rihlatul khulud) menuju kehidupan yang abadi. Kita tidak mau ketika ajal tiba. Akhirnya akan terjerumus ke dalam neraka Allah. yakni orang yang mampu menggunakan waktu yang diberikan Allah untuk membina keimanan. yaitu kegagalan akhirat. Waktu adalah modal utama kita dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupan ini. Kita harus menyadari bahwa waktu kita di dunia ini sangatlah singkat dan terbatas. Kita harus pelit dengan waktu dan lebih pelit dari orang yang paling pelit terhadap hartanya. khususnya ilmu tentang Islam. agar kehidupan kita sukses di dunia ini dan dalam perjalanan panjang kita menuju Allah dan menuju syurga Allah serta bertemu dengan Allah. Waktu kita di dunia ini akan berakhir saat ajal menjemput kita. Kegagalan demi kegagalan itu akan diteruskan dengan kekagagalan yang maha dahsyat berikutnya." Kaum Muslimin rahimakumullah .(117) Dan katakanlah: "Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat. Tanpa waktu. Sedangkan kesuksesan di akhirat kelak sangat ditentukan oleh kesukesan kita di dunia dalam memenej waktu. waktu juga ibarat pisau bermata dua. ada enam (6) kunci sukses yang perlu kita lakukan : 1. maka sesungguhnya perhitungannya di sisi Tuhannya. saat menghadapi peristiwa kiamat yang sangat dahsyat itu.(116) Dan barangsiapa menyembah tuhan yang lain di samping Allah. dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik. Tuhan (Yang mempunyai) 'Arsy yang mulia. yakni kehidupan akhirat. Karena kita tidak tau berapa lama lagi jatah waktu kita di dunia ini. saat di alam barzakh. kita harus sangat berhitung dengan waktu. dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?(115) Maka Maha Tinggi Allah.Oleh sebab itu. Allah menjelaskan dalam Al-Qur¶an surat Al-Mukminun /23 : 115 ± 118: Maka apakah kamu mengira. padahal tidak ada suatu dalilpun baginya tentang itu. yaitu saat sakratul maut tiba. Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung. kita termasuk orang-orang yang sukses. . Kita ingin saat kematian datang. Waktu adalah anugerah Allah yang termahal setelah iman dan kehidupan. kegagalan masuk syurga Allah dan bertemu dengan Allah. sesuai dengan misi (ibadah kepada Allah) dan visi hidup kita (menjadi khalifah Allah di muka bumi) yang telah dietapkan Allah.

Maka. kenapa kita masih saja lupa hakikat dunia yang sementara dan akhirat yang abadi? Sebab itu. Rasul Saw. maka sungguh ia telah sukses besar. Kehidupan dunia ini hanya jembatan kita menuju kehdupan akhirat. Allah berfirman dalam surat AlBaqarah/2 : 28 : Mengapa kamu kafir kepada Allah. Kehidupan yang abadi dan yang sesungguhnya yang kita dambakan itu adalah di akhirat kelak. Lalu. khususnya sejak kita dilahirkan Allah ke muka bumi ini sampai ke akhirat kelak. kemudian Dia akan hidupkan kamu (kembali) dan kemudian kepada-Nyalah kamu akan dikembalikan. kesuksesan tanpa batas di akhirat nanti sebabagai mana firman-Nya dalam surat Ali Imran ayat 185 : Setiap yang bernyawa pasti merasakan kematian. padahal kamu tadinya mati (tidak ada). tak ada seorang manusiapun yang mampu tinggal dan hidup di atas bumi ini beriburibu tahun. kita akan gagal total sepanjang perjalanan hidup kita baik di dunia maupun di akhirat kelak. Waktu kehidupan dunia ini akan terasa sangat lebih pendek dan sedikit lagi jika dibandingkan dengan kehidupan akhirat nanti. Paling tidak ada lima perkara yang menjadi batas dan hambatan yang bisa menyebabkan kita gagal dalam memenej waktu dengan baik dan maksimal. Dunia ini hanya tempat kita menumpuk bekal akhirat. yaitu masa tua. Hidup di dunia ini hanya ladang amal shaleh kita sebagai investasi yang akan kita petik keuntungannya besar-besaran di akhirat kelak. kalau kita tertipu oleh rayuan dan tawaran gemerlap kehidupan dunia yang tidak seberapa ini. Dan tidak adalah kehidupan dunia ini kecuali (sedikit) kenikmatan yang menipu. Jangan sampai tergoda oleh syahwat duniawi berupa harta. mengingatkan kita agar kelima batas dan hambatan tersebut dapat kita atasi dengan baik sebagaimana sabdanya yang diriwayatkan Imam Al-Hakim dalam al-mustadraknya : . Bahkan untuk mencapai seratus tahun saja sulit kita temukan hari ini. Kita harus berorientasi akhirat. Menyadari bahwa kesempatan hidup di dunia yang sementara ini ada batas dan hambatan yang harus kita lewati. apalagi selamanya. Waktu kita di dunia ini sangatlah terbatas dan sangatlah pendek jika dibanding dengan keseluruhan perjalanan kita menuju Allah. Dan sesungguhnya pada hari kiamatlah akan disempurnakan balasan (amal) kalian. kesibukan dan kematian. maka Allah hidupkan kamu.2. sakit. kemudian Dia akan matikan kamu. 4. tahta dan wanita yang akan memalingkan kita dari kehidupan akhirat dan membangun visi hidup akhirat. 3. Allah mengingatkan kita agar tidak gagal dan dapat meraih kesukesesan yang abadi. siapa yang (hari itu) dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga. Karena itu. kefakiran. Faktanya.

Bagaimanapun lurus dan kuatnya keimanan kita. sebesar apapun semangat amal shaleh kita. maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri. tidak . janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat (taat kepada) Allah. dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia) (99) agar aku berbuat amal yang tidak aku lakukan (ketika di dunia). Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orangorang yang merugi. dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat (tubuh dan muka). Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan. sedalam apapun ilmu keislaman kita. lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku. mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat. maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. (11) 5. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. penyesalan tidak berguna lagi sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam surat Al-Mukminun / 23 ayat 99 ± 104 : (99) (102) (100) (101) (103) (104) Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka. Sekali-kali tidak. Dan di hadapan mereka ada (alam) barzakh sampal hari mereka dibangkitkan (100) Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu dan tidak ada pula mereka saling bertanya. Karena bila kematian tiba. masa sehatmu sebelum datang sakitmu. (9) Dan infakkanlah (belanjakanlah di jalan Allah) sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu. Membuat planning hidup dan manajemen waktu harian berdasarkan shalat fardhu lima kali sehari. ayat 9 sampai 11 Allah menjelaskan : (9) (10) (11) Hai orang-orang beriman. yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh?"(10) Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya.(103) Muka mereka dibakar api neraka. Karena kalau sudah dijemput kematian. mereka kekal di dalam neraka Jahannam.Gunakan peluang yang lima itu sebelum datang yang lima : masa mudamu sebelum datang masa tuamu. batas dan hambatan yang paling terbesar dalam kehidupan kita di dunia ialah kematian. Sebab itu Rasul Saw.(101) Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya. tak ada lagi kesempatan sedikitpun untuk beramal atau memperbaiki diri. mengingatkan kita untuk selalu mengingat kematian. hidup secara islami dan aktivitas dakwah kita. atau bertaubat sekalipun. Dalam surat Al-Munafiqun / 63.(104). kecukupanmu sebelum datang kefakiranmu. Namun. Kelima hal tersebut di atas adalah batas dan hambatan yang akan menyebabkan kita gagal dalam memenej waktu dan kehidupan di dunia yang akan mengakibatkan kegagalan kita sepanjang masa.(102) Dan barangsiapa yang ringan timbangannya. masa luangmu sebelum datang masa sibukmu (mengurusi dunia) dan hidupmu sebelum datang kematianmu.

Dan sungguh berzikir kepada Alllah (shalat) itu adalah yang lebih besar (keutamaannya dari ibadatibadat yang lain) dan Allah mengetahui apa saja yang kamu kerjakan. pola hidup islami. dosa dan penyimpangan lainnya. Bayangkan betapa dahsyatnya hidup kita jika kita bisa memenej waktu harian berdasarkan shalat fardhu yang lima. Manajamen waktu seperti itulah yang mampu meningkatkan prodiktifitas hidup kita baik yang terkait dengan keimanan. dan bahkan mundur ke belakang akibat ketiadaan memiliki planning hidup. maka berzikirlah kepada Allah dalam keadaan berdiri. Maka apabila kamu merasa tenang. amal shaleh. kemudian diteruskan dengan shalat ashar ketika bayang-bayang sudah sepanjang dirinya. ilmu. kemudian berzikir. dilanjutkan makan siang. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar. atau mengalami kehidupan yang stagnan. berangkat kerja. bekerja. tidak berkembang. apalagi kosong dan digunakan untuk melakukan kemungkaran. Sebab itulah. Itulah patokan waktu yang amat teliti dan sesuai dengan kapasitas dan beban diri kita yang Allah ciptakan. Sebaliknya. meneruskan . orang sehat. Allah menjelaskan dalam surat Al-Ankabut / 29 : 45 : (45) Bacalah apa yang diwahyukan kepadamu (Muhammad) dari Al-Kitab (Al-Qur¶an) itu. Kita mulai hari-hari kita dengan shalat subuh berjamaah di masjid di lingkungan kita. Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman Manajemen waktu berdasarkan shalat itulah yang mampu meningkatkan kualitas hidup kita. Allah mewajibkan kita shalat fardhu lima kali dalam sehari semalam. sarapan pagi.. manajemen hidup harian berdasarkan shalat fardhu itulah yang mampu mengendalikan diri kita dan mencegahnya dari perbuatan keji dan mungkar. dan duduk dan berbaring. karena satu detikpun waktu tidak ada yang tebuang percuma. Dimulai dari shalat subuh saat fajar menyingsing. maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). shalat zhuhur berjamaah di masjid tempat kita bekerja. Manajemen hidup seperti itulah yang menjamin kesuksesan hidup di dunia dan akhirat.. kita melihat betapa banyak anak muda. kemudain shalat ashar berjamaah. dilanjutkan dengan shalat maghrib saat mata hari tenggelam dan ditutup dengan shalat isya saat warna merah (syafaq) muncul di sebelah barat. Allah berfirman dalam surat Annisa¶/4 : 103 : Maka apabila kamu selesai shalat.akan mengalami peningkatan dan perbaikan jika hidup ini kita lewati dan dibiarkan begitu saja tanpa ada palnning hidup yang kita susun. dilanjutkan dengan shalat zhuhur saat mata hari melewati sedkit dari atas kepala kita. Sedangkan planning hidup yang terbaik adalah yang didasari oleh manajemen waktu harian berdasarkan shalat fardhu lima kali sehari. membaca Al-Qur¶an atau hadits Rasul saw. dakwah dan jihad kita di jalan Allah. orang kaya dan orang berilmu jatuh ke dalam kubangan kehidupan sia-sia. setelah itu melanjutkan pekerjaan. Di samping itu semua. dan tegakkanlah shalat. Urutan dan jarak antara satu shalat dan shalat berikutnya sangat mengagumkan.

sabar dan shalat itu sangat mahal harganya. membaca buku.pekerjaan. berdagang. ada satu hal yang harus kita yakini dan lakukan. dunia maupun akhirat kita. Sabar dalam menjalankan planning hidup dan manajemen waktu yang kita buat. masih adakah waktu yang terbuang siasia? Masih adakah kesempatan berbuat dosa dan kemungkaran. kemudian makan malam bersama keluarga. Namun menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari cukup sulit. sabar adalah kunci meraih kebaikan dan ganjaran tanpa batas dari Allah. sebagaimana firman-Nya dalam surat Azzumar/39 : 10 : (10) . Semuanya tumbuh dan berkembang sesuai porsinya masing-masing. dan sebagainya yang utama. Untuk meraih itu semua. diperlukan semangat baja. Ini hanyalah contoh manajemen waktu harian berdasarkan shalat lima waktu. Namu demikian. mintalah pertolongan (kepada Allah) melalui sabar dan shalat. kemudian membaca buku-buku yang bermanfaat. Semua aktivitas kita harus tunduk kepada aturan waktu shalat fardhu dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. shalat sunat fajar dan bersiap-siap menuju masjid untuk shalat subuh berikutnya. kemudian tidur dan istirahat paling telah jam 22. sebagaimana firman Alllah dalam surat Al-baqarah / 2 . shalat isya berjamaah di masjid. tekad yang kuat yang tak kenal menyerah dan putus asa.00 / 03. seperti korupsi dan sebagainya? Terbayang saja tidak. Ternyata sabar dalam ketaatan jauh lebih berat dari kesabaran untuk tidak melakukan maksiat.000 dan kemudian bangun malam sekitar jam 03. Di samping itu. Sabar dan shalat adalah syarat mendapatkan pertolongan Allah. Lebih sulit lagi menjaganya terus menerus sehingga menjadi habit (kebiasaan hidup) sehari-hari. Menyusun planning hidup dan manajemen waktu berdasarkan shalat fardhu amatlah mudah. nonton berita. pendidikan. erat kaitannya dan tidak bisa dipisahkan. diteruskan dengan diskusi keluarga / monitoring kondisi ibadah. pasti kehidupan kita penuh berkah. bukan bekerja. Sedangkan kesabaran salah satu syarat kesediaan Alllah untuk mau bersama kita. Sebab itu. mencangkul. Jika kita terapkan manajemen waktu harian ini. kemudian shalat maghrib berjamaah di masjid. Jika manaejemen waktu berdasarkan shalat waktu ini kita amalkan. yaitu SHALAT FARDHU adalah aktivitas kita yang utama. Apalagi melakukannya. pulang ke rumah. berbisnis. dan setelah masuk waktu subuh dan azan berkumandang. pergaulan & kesehatan anak-anak atau anggota keluarga. sabar adalah kata kuncinya. Beginilah kehidupan para Nabi dan orang-orang shaleh sebelum kita. untuk suksesnya manajemen waktu berdasarkan shalat. 6. Untuk itu. 153 : Wahai orang-orang beriman.30 untuk shalat malam (Tahajjud & Witir) bersama keluarga. setelah waktu kerja selesai. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. efektif dan produktif baik terkait agama. Kita bisa kembangakn dan mengisinya dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat lainnya sesuai ajaran Islam.

Demikianlah khutbah ini. yaitu jalan para nabi. syuhadak dan sholihin. bertakwalah kepada Tuhan Penciptamu.Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. Allahumma amin . Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. semoga bermanfaat bagi kita dalam memenej kehidupan dunia yang sementara ini." Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Kaum Muslimin rahimakumullah . shiddiqin. Dan semoga Allah berkenan membimbing kita ke jalan-Nya yang lurus. Semoga Allah selalu menjaga niat dan orientasi hidup kita dalam melaksanakan semua amal ibadah kita. Dan bumi Allah itu adalah luas.

. monopoli dan berbagai tindakan menyimpang lainnya sudah menjadi budaya dan kebiasaan. Risywah (sogok-menyogok). spekulasi. Di Indonesia dan Negara miskin dan berkembang. Wahai orangorang beriman. teman dan bahkan pejabat pemerintahan. : . khususnya sejak 10 tahun belakangan. Selanjutnya. Pada waktu yang sama kita dituntut pula untuk meninggalkan apa saja larangan Allah yang termaktub dalam Al-Qur¶an dan juga Sunnah Rasul Saw. tak heran jika istilah markus (makelar kasus) hukum akhir-akhir ini semarak dibicarakan masyarakat. Hanya dengan cara itulah ketaqwaan kita mengalami peningkatan dan perbaikan . banyak dari kalangan kaum Muslimin sendiri yang tidak lagi peduli dengan halal atau haram. Setiap manusia memiliki kecenderungan untuk berusaha atau berbisnis. Inilah kenyataan yang amat pahit yang sedang dihadapi oleh umat Islam Indonesia. Kaum Muslimin rahimakumullah. sunat menyunat. Karena berbisnis bukan hanya cara untuk mendapatkan uang atau harta melimpah. (1 : 02 ) . Seorang pebisnis atau pedagang yang suskses biasanya dihormati dan disegani oleh banyak orang. sejak dari keluarga. Pertama-tama. marilah kita tingkatkan kualitas taqwa kita pada Allah dengan berupaya maksimal melaksanakan apa saja perintah-Nya yang termaktub dalam Al-Qur¶an dan juga Sunnah Rasul saw.. bisnis juga di sebagian kalangan masyarakat adalah status sosial yang dibanggakan. Saking nikmatnya berbisnis itu. termasuk politik. nyaris semua aktivitas dan profesi. data-data fiktif.. aktivitas keagamaan (dakwah). Sebab itu." (Al-Ahzab : 56) Kaum Muslimin rahimakumullah.. karyawan. shalawat dan salam mari kita bacakan untuk nabi Muhammad Saw sebagaimana perintah Allah dalam Al-Qur¶an : "Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas Nabi (Muhammad Saw). ucapkan shalawat dan salam atas Nabi (Muhammad) Saw. pelayanan sosial dan sebagainya sudah pula dijadikan sebagai lahan bisnis yang paling cepat melahirkan keuntungan harta yang berlipat ganda. . Akan tetapi. Lebih sedih lagi. . baik eksekutif maupun legislatif. pengusaha bisa mengatur keputusan hukum dan atau lahirnya perundang-undangan yang menguntungkan mereka dengan membayar para pejabat terkait. riba. Tidak ingat lagi kematian dan pertanggung jawaban akhirat bagi semua harta yang dihasilkan. .

Atau dengan kata lain. Sebab itu. Karena ia meyakini dan memahami bahwa hidup ini adalah berbisnis dengan Allah. harta itu adalah milik Allah. darah. seperti tidak boleh dengan sistem riba. Akan tetapi. spekulasi dan sebagainya. kendati dengan jalan yang dibolehkan. bekerja. harta bukan untuk ditumpuk di dunia. monopoli. baik yang diperoleh melalui bisnis. nepotisme. sosial kemasyarakatan. khamar. maupun sedekah (infak). baik yang terkait dengan ibadah individu. judi dan sebagainya serta harus yang dihalalkan Allah dan Rasul-Nya. baik yang terkait harta. Di dalam harta yang diamanahkan Allah itu terdapat jatah kaum fakir. pada hakikatnya. dari mana dan bagaimana cara memperoleh harta tersebut? Dari jalan yang halalkah atau yang haram? 2.Kaum Muslimin rahimakumullah Islam sama sekali tidak melarang umatnya berbisnis. orang beriman akan memenej hidup ini secara total untuk berbisnis dengan Allah. tidak melakukan risywah. Semua potensi harta dan dirinya dikerahkan di jalan Allah. pada prinsipnya dapat disimpulkan dengan dua pertanyaan mendasar berikut : 1. harta adalah jalan terbaik untuk berjihad di jalan Allah. 3. warisan. Islam juga memberikan persyaratan atau peraturan agar berbisnis itu tidak keluar dari format ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Sebab itu. Orang yang beriman kepada Allah dengan keimanan yang kuat dan demikian pula iman pada akhirat. Paling tidak ada lima (5) syarat yang harus dipenuhi jika kita ingin menjadikan bisnis sebagai profesi untuk meraih harta dan kekayaan dunia : 1. maka manajemen harta. tidak akan menghabiskan hidupnya untuk berbisnis dengan pola dan cara yang diharamkan Allah dan Rasul-Nya. hibah dan jalan halal lainnya. akan tetapi untuk dibelanjakan di jalan Allah. atau apa saja yang terkat dengan kategori dakwah dan jihad. status sosial.. baik melalui zakat (wajib). keuntungannya dan kelebihannya tidak mungkin dapat dibandingkan dengan apa yang dirasakan dan dialami oleh para pebisnis yang hanya mengejar dunia. Di mata manusia bisa saja dinilai rugi. Berdasarkan lima (5) syarat tersebut. Sedangkan harta yang diperoleh adalah amanah dari Allah. 5. Kemana harta yang diperoleh dengan jalan yang halal itu dibelanjakan? Untuk kepentingan duniakah atau kepentingan akhirat? Kaum Muslimin rahimakumullah. Untuk apa lagi ia berbisnis dengan pola hanya mengumpulkan kenikmatan dunia seperti yang dijelaskan sebelumnya? Karena berbisnis dengan Allah kenikmatannya. miskin dan kebutuhan lain di jalan Allah. berat dan bahkan berbahaya serta nyawanya terancam dan sebagainya. Barang dan jasa yang dibisniskan tidak boleh yang diharamkan Allah seperti babi. kolusi. sulit. Berbisnis itu harus dengan niat mencari ridha Allah. Berbisnis harus sesuai dengan sistem Allah dan Rasul-Nya Muhammad Saw. Apa jenisnya. dan bahkan menganjurkannya. pangkat. yakni melaksanakannya dengan tujuan mendapatkan keuntungan dunia. tidak boleh atau haram hukumnya dibisniskan. Oleh sebab itu. 4. kedudukan. . 2. pujian dari manusia atau apapun bentuknya. Semua aktivitas yang terkait dengan ibadah dan pengabdian kepada Allah.

Mereka. menarik dan menantang. Siapa saja yang berminat.Namun di mata Allah. Pebisnis yang menjadikan harta dan jwanya sebagai modal untuk meraih keridhaan dan syurga Allah Subhanahu Wata¶ala. semasa hidup di dunia. anak-anak. apa saja suku. Satu hal yang harus diingat oleh para agen ialah bahwa dalam menawarkan produk sistem hidup di dunia tersebut harus berdasarkan skala prioritas. biaya ditanggung oleh Owner (Tuhan Pencipta) yang ditransfer melalui para agen. Menariknya. apakah mereka hidup di negara maju. bahasa dan warna kulitnya berhak menjadi agen pemasaran software tersebut. organisasi. Demikian pula dengan jumlah agen tidak pernah dibatasi. khususnya setelah Tuhan Pencipta mengutus agen tunggal dan terakhir bernama Muhammad bin Abdullah sejak 1443 tahun yang lalu. yakni Allah Ta¶ala dan belum pernah ada dan tidak akan ada kompetitor-Nya. yakni Allah Ta¶ala. Sebaliknya. teman-teman dekat dan orang-orang yang berada di bawah kepemimpinan formalnya.5 % sampai 30 % dari total yang . Bisnis tersebut sangat unik. di mana para peminat produk tidak dibebankan biaya apapun. jumlah dana yang harus digunakan untuk biaya marketing software tersebut hanya berkisar antara 2. Target pemasaran para agen tidak terkait dengan berapa besarnya jumlah manusia yang mau menerima produk tersebut dan tidak pula terikat dengan batas-batas teritorial wilayah sehingga luas pasarnya mencakup lima benua. Sistem bisnis yang diterapkan adalah sistem keagenan atau disebut dengan sistem khilafah (representative/perwakilan). Bisnis tersebut terkait dengan proyek promosi dan pemasaran Misi Ibadah dan Visi Khilafah yang Allah percayakan kepada mereka. itulah pebisnis sejati. karib kerabat. Bagi para peminat produk tersebut dan mau mengaplikasikannya dalam kehidupan dunia akan dijamin kesuksesannya di dunia dan pasti juga di Akhirat. khususnya bagi mereka yang memahaminya dan menyukai tantangan. menarik dan menantang itu ialah : y y y y y y y y y y Produk yang dipromosikan dan yang ditawarkan adalah sitem (software) kehidupan di dunia berkualitas super canggih yang 100 % menjamin kesuksesan para pemakainya. instansi. pemerintahan dan lainnya. Produk ditawarkan dengan cuma-cuma (secara gratis). dengan syarat dan kompensasi yang sama dengan para agen senior sebelumnya. berkembang atau negara-negara miskin ekonomi. Setelah itu baru wilayah pemasarannya meluas ke wilayah lain sampai tanpa batas. berhak mendapatkan keagenan secara otomatis. Owner (Pemilik) dan Pencipta produk tersebut adalah Tuhan Pencipat alam semesta. Semua daratan dan lautan ciptaan Tuhan Pencipta yang dihuni oleh manusia adalah menjadi wilayah pemasaran mereka. Kaum Muslimin rahimakumullah . jika mereka sedang menduduki suatu lembaga. Di antara faktor yang menyebabkanya unik. Bagi para agen harus siap membiayai promosi dan pemasaran produk tersebut dengan harta dan jiwa mereka yang telah ditransfer oleh Pemilik produk software kehidupan tersebut. Para peminat produk dan mau menerapkannya dalam kehidupan. Para pebisnis dengan Allah semasa hidup di dunia tidak akan pernah berharap lain kecuali mendapatkan ridha dan syurga Allah. berbisnis dengan Allah melalui sebuah transaksi istimewa dan sangat spesial. yakni ditawarkan dan dipasarkan terlebih dahulu kepada istri-istri.

sukakah kamu Aku tunjukkan suatu bisnis (perniagaan) yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?(10) (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam Syurga Adn.. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya. high return.S.(12)´ (Q. Dengan modal tersebut insya Allah mereka mampu meraih ampunan dan Syurga Allah yang merupakan THE GREAT SUCCESS (Kesuksesan Tanpa Batas) dan tidak akan ada lagi kesuksesan yang menyamainya.y y diterima dari Pemiliknya. keikhlasan adalah mutlak adanya. Berarti para agen itu berbisnis dengan Allah tanpa modal atau bermodalkan ³ZERO´. Allah menjelaskan dalam firman-Nya : (10) (12) (11) ³Hai orang-orang yang beriman. KEMAUAN dan KEIKHLASAN adalah modal utama yang dimiliki orang-orang beriman yang mejalankan transaksi bisnis dengan Allah ketika menjalani kehidupan di dunia. yakni Syurga µAdn. Pembeli sesungguhnya juga Allah Tuhan Pencipta Harga dan kompensasinya sangat besar dan tak terbatas yakni Syurga. Kendati semua biaya pemasaran (marketing cost) ditanggung oleh Pemilik produk software beserta seluruh biaya hidup para agen. yakni KEIMANAN. Kalupun dibutuhkan modal. tidak lebih dari tiga K. Keunikan transaksi tersebut sesungguhnya terletak pada : y y y y y Pemilik produk adalah Allah Tuhan Pencipta. Itulah kesuksesan yang amat besar (The Great Success). selama digunakan untuk hal-hal yang sesuai dengan petunjuk Pemiliknya. As-shof (61) : 10 ± 12) Kaum Muslimin rahimakumullah. apalagi melebihinya. juga anugerah dari Tuhan Pencipta. namun imbalan. . Agar aktivitas bisnis keagenan tersebut berjalan dengan baik dan maksimal. KEMAUAN dan KEIKHLASAN. juga dari Allah Tuhan Pencipta. Sebab itu. Tuhan Pencipta. Sisanya boleh digunakan untuk kepentingan pribadi para agen sebagai commitioning fee. kompensasi dan bonus yang akan diperoleh para agen amatlah besar dan dahsyat. yakni kesuksesan di dunia dan meraih The Great Success di Akhirat. Itulah sebuah transaksi unik. Sesungguhnya KEIMANAN. atau no risk. Pemilik Produk merumuskan sebuah Visi Khilafah (perwakilan atau keagenan) dan Misi Ibadah (komitmen terhadap aturan main) yang sudah ditetapkan-Nya.(11) niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam Syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. sangat menarik dan menantang yang berhasil dijalankan oleh para penghuni Syurga ketika mereka hidup di dunia. saat menymbangkan harta dan jiwa di jalan Allah. Biaya (cost) yang dikeluarkan oleh para agen berupa harta dan jiwa mereka.

yakni berjuang sekeras tenaga. para shiddiqin. Semoga Allah pilih kita menjadi orang-orang yang sukses di sisi-Nya. semoga Allah membantu dan menolong kita untuk bisa berbisnis dengan-Nya. dengan harta dan jiwa di jalan-Nya. .. kendati di mata manusia dianggap gagal... syuhada¶. Allahumma amin .Demikianlah khutbah hari ini. dan shalihin sebagaimana Allah himpunkan kita di tempat yang mulia ini. Dan semoga Allah berkenan menghimpunkan kita di syurga Firdaus yang paling tinggi bersama Rasul Saw...

ucapkan shalawat dan salam atas Nabi (Muhammad) Saw. tak sedikit pula dari kalangan Islam itu sendiri dan yang mengaku memperjuangkan Islam berupaya menarik dan menyimpangkan perjuangan umat Islam demi meraih kepentingan politik dan dunia yang amat sedikit itu jika dibandingkan dengan apa yang . Kita mendengar dan melihat upaya kaum sekuler yang berpendidikan Barat atau yang terpengaruh oleh Barat agar Islam itu dipahami dan diyakini hanya dalam masalah ubudiyah individual dan tidak ada ajarannya yang terkait dengan masyarakat. belum tentu seperti yang mereka lakukan. . ( Al-Ahzab : 56) Kaum Muslimin rahimakumullah. shalawat dan salam mari kita bacakan untuk nabi Muhammad Saw sebagaimana perintah Allah dalam Al-Qur¶an : Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas Nabi (Muhammad Saw). Negara dan pemerintahan. kendati dalam batas-batas hukum yang berlaku yang mereka ciptakan sendiri. . Karena banyak usaha yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam untuk tasykik (membuat ragu) kaum Muslimin pada agama mereka. Pada waktu yang sama kita dituntut pula untuk meninggalkan apa saja larangan Allah yang termaktub dalam Al-Qur¶an dan juga Sunnah Rasul Saw.. Mengapa kita memilih Islam sebagai agama dan sistem hidup? Inilah pertanyaan besar saat ini yang perlu kita jawab. Ada lagi yang mencoba untuk menggiring umat Islam untuk takut kepada Islamnya dengan mengangkat dan mengembangkan agenda terorisme terus menerus seperti yang dilakukan Amerika dan sekutunya di seluruh dunia Islam. Apa yang dituduhkan terhadap mereka. marilah kita tingkatkan kualitas taqwa kita pada Allah dengan berupaya maksimal melaksanakan apa saja perintah-Nya yang termaktub dalam Al-Qur¶an dan juga Sunnah Rasul saw. : (1 : 02 Kaum muslimin rahimakumullah. Yang lebih menyedihkan lagi... Padahal sampai saat ini. Selanjutnya. . ) . Hanya dengan cara itulah ketaqwaan kita mengalami peningkatan dan perbaikan.. Karena penanganannya sangat represif dan jauh dari proses yang adil. . defenisi teroris yang mereka rumuskan adalah menjurus kepada para aktivis Islam yang menginginkan Islam tegak di negerinya dan berusaha untuk membebaskan negeri-negeri Islam dari berbagai pengaruh asing yang bertentangan dengan Islam. Wahai orangorang beriman. Pertama-tama..

Misi ibadah yang Allah tetapkan untuk manusia hanya dapat diimplementasikan melalui ajaran Islam. bukan untuk makhluk yang lainnya. Islam itu berupa sistem (software) yang diciptakan Allah spesial untuk manusia. bukan dengan ajaran lainnya. karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Tak jarang pula di antara mereka yang menjadi jauh dari Islam dan dakwah Islam serta takut pada Islam. Ali Imran : 19) Sebab itu. kita harus bertanya kepada diri kita : Mengapa kita memilih Islam sebagai agama yang kita yakini kebenarannya dan kecanggihannya dalam mengatur kehidupan kita dan juga umat manusia dalam mewujudkan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan terlebih lagi di akhirat kelak. mereka anjurkan keluar saja dan mencari jamaah atau kelompok lain saja.(56) Aku tidak menghendaki rezki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya (57) . Barangsiapa yang kafir terhadap ayatayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat perhitungan-Nya. Akhirnya. dengan mudahnya mereka mengobral kunci tersebut kepada kaum Muslimin yang masih awam terhadap Islam dan memerlukan pengajaran dan bimbingan tentang hakikat ajaran Islam. Allah berfirman : (56) (58) Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. Ditambah lagi ta¶ash-shub (fanatik buta) jamaah dan kelompok-kelompok umat Islam sehingga seakan kebenaran itu mutlak milik mereka. Kaum Muslimin rahimakumullah. Apalagi ada pula jamaah atau kelompok yang seakan kunci syurga atau neraka ada di tangan mereka. Paling tidak ada lima (5) alasan mengapa kita memilih Islam itu sebagai agama atau sistem yang mengatur kehidupan kita di dunia : 1.. Islam itu datang dari Allah untuk kepentingan manusia yang diciptakan-Nya. Allah menjelaskan dalam firman-Nya : Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Sekali lagi. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab (Yahudi dan Nasrani) kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka. mengamalkan ajaran Islam dengan benar dan menyeluruh adalah bukti otentik ubudiyah kepada Allah dan bukti tidak syirik (menyekutukan) kepada Allah dengan sesuatu apapun. melainkan yang diuntungkan adalah umat lain yang benci dan selalu memerangi Islam dan umatnya. syurga dan keridhaan-Nya. Kondisi seperti ini tentunya tidak menguntungkan umat Islam. banyak umat Islam menjadi bingung dan ragu terhadap agama mereka sendiri. Bagi yang berbeda pendapat.dijanjikan Allah bagi mereka di akhirat kelak berupa ampunan. (QS. Sebab itu.

komunisme. (QS. Kita memilih Islam itu bukan karena ikut-ikutan atau taklid buta. astronomi dan sebagainya serta berbagai ilmu sosial dan humaniora lainnya. Akan tetapi. Keunggulan tersebut terbukti sejak ia diturunkan sampai sekarang dan sampai hari kiamat nanti. ajaran Islam itu pasti unggul dan tidak akan ada sistem ciptaan manusia lain mampu mengunggulinya. kapitalisme. Namun demikian. Kita menerima Islam itu sebagai agama dan sistem hidup bukan karena tidak enak kepada manusia. Sistem apapun yang ada sekarang. maka dijamin tidak akan mampu meberikan keselamatan kepada umat manusia di dunia apalagi di akhirat kelak. niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia. Kita menerima Islam sebagai the way of life bukan karena kita tinggal di negeri yang mayoritas penduduknya Muslim. Yang menciptakan dan menguasai dunia dan akhirat itu adalah Allah Ta¶ala. Yang menentukan mereka berjalan dari dunia sampai ke akhirat nanti adalah Allah. (89). yakni Allah Ta¶ala. seperti ilmu embryology. apalagi yang berbau tanah berupa ciptaan dan karangan manusia seperti sosialisme. Karena tafsiran manusia. diturunkan Allah untuk menyelamatkan kehidupan manusia di dunia dan akhirat. Allah menjelaskannya : (89) (88) Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini. melainkan Tuhan Pencipta mereka. melalui apa yang termaktub dalam Al-Qur¶an dan Sunnah Rasul Saw. Al-Qur¶an dan Sunnah Rasul Saw. Kita mengimani kebenaran Islam itu bukan supaya kita menjadi teroris atau berkuasa di atas muka bumi ini. yakni Allah Subhanahu Wata¶ala. Islam yang unggul itu ialah yang bersumberkan AlQur¶an dan Sunnah Rasul Saw. kita terima Islam dan kita pilih Islam sebagai sistem hidup karena hanya Islamlah yang mampu menyelamatkan kehidupan kita di dunia dan di akhirat. sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain. bisa benar dan bisa juga salah.(88) Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulang kepada manusia dalam Al Quran ini tiap-tiap macam perumpamaan. Rabbul µAlamin. nasionalisme dan seterusnya. Al-Isro¶ : 88 ± 89) Salah satu bukti keunggulan Al-Qur¶an dan ajaran Islam ialah. 3. seperti Yahudiyyah dan Nashraniyyah.mereka memberi-Ku makan.(57) Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh. Karena yang menentukan manusia itu selamat atau tidak bukanlah manusia itu sendiri. bukan manusia. bukan Islam tafsiran manusia. bukan manusia. dalam surat Al-µAlaq adalah dasar ilmu embryology yang baru diketahui manusia hakikat dan detailnya sekitar satu abad belakangan. Islam itu. bahwa apa yang ditemukan manusia dalam dunia sains dan teknologi saat ini. antariksa.(58) (QS. baik yang berbau-bau langit. Adz-Dzariyat : 56 ± 58). tapi kebanyakan manusia tidak menyukai kecuali mengingkari (nya). setinggi apapun . sesuai namanya ³ Al-Islam´. Sebab itu. siapapun dia. 2. sudah menjelaskannya sejak lebih dari 14 abad yang lalu. Islam itu adalah sistem ciptaan Pencipta Manusia. Kita meyakini Islam itu bukan karena nenek moyang kita adalah Muslim. Islam dengan segala ajarannya adalah yang terunggul dibandingkan sistem dan ideology apa saja yang ada di dunia ini. Bahkan lima ayat pertama yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Kita menerima Islam itu bukan karena rayuan kehidupan dunia.

dan yang demikian itulah agama yang lurus(5). hukum. bertamu dan seterusnya. Hal tersebut sangat logis karena datang dari Dzat yang Maha Pencipta dan Maha Sempurna. mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. adab berjalan. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya. beristinjak (masuk toilet dan bagaimana cara bersuci). hubungan internasional dan seterusnya. (6) Sesungguhnya orangorang yang beriman dan mengerjakan amal saleh. Sebab itu. sistem politik. membersihkan rumah dari sampah dan kotoran. minum. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk. kita menerima Islam karena kesempurnaannya. Selama itu pulalah bangunan ajaran Islam itu tegak kokoh berdiri mengungguli bangunan ajaran agama apapun di seluruh dunia. (7) Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungaisungai. kemudian diteruskan oleh Khulafaurrasyidin Al-Mahdiyyin sepeninggalan beliau sampai runtuhnya Khilafah Usmaniyah di tangan Mustafa Kemal Atatruk yang berpusat di Turkey tahun 1924. mebersihkan tubuh dari hadats dan najis. Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam. Tidak ada satu perkara kecilpun dalam kehidupan manusia yang tidak dijelaskan Islam. Al-Bayyinah : 6 ± 8) 4. perundang-undangan. sudah .pangkatnya ketika hidup di dunia. berpakaian. Ali Imran : 85) Allah menjelaskan dalam ayat yang lain : (5) (7) (8) (6) Dan mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat. sistem pemilihan kepala Negara. persisnya sejak berdirinya Negara Madinah yang dipimpin langsung oleh Rasul Saw. Semua syarat keselamatan di dunia dan diakhirat itu sudah Allah jelaskan dalam Al-Qur¶an sebagaimana firman-NYa : Dan siapa yang mencari selain Islam sebagai dien (sistem hidup). sebanyak apapun hartanya saat ia diberi Allah jatah hidup di dunia. mereka kekal di dalamnya. Sejak dari hal-hal yang dianggap manusia kecil seperti. bukan manusia. (8) (QS. mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Islam adalah sistem hidup yang sempurna. sistem ekonomi. Penjelasannya sangat mudah. militer. apalagi wacana. sampai kepada masalah besar seperti sistem pemerintahan. Kesempurnaan tersebut bukan hanya dalam batas teori. maka tidak akan diterima darinya dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi (QS. Memang. bagaimana cara makan. yakni Allah Ta¶ala. Yang menentukan syarat keselamatan atau celaka di dunia dan akhirat itu adalah Allah Subhanahu Wata¶ala. praktis dan indah. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. dalam perjalanannya yang begitu panjang dan berganti-ganti pusat pemerintahan Islam tersebut. melainkan sudah diterapkan hampir 13 abad lamanya.

Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah). hukum dan perundang-undangannya paling efektif dibanding dengan hukum dan perundang-undangan ciptaan manusia sepanjang masa. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka. dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.pasti mengalami pasang surut. apa alasan umat Islam tidak pede dengan ajaran Islamnya dan masih saja mencari-cari ajaran lain ciptaan manusia baik yang dilahirkan di zaman yunani kuno seperti demokrasi maupun yang dilahirkan di zaman moderen sekarang. dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ? (50) (QS. kecuali yang sempat kamu menyembelihnya. sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku.(49) Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki. Hal tersebut sangat logis dan juga terbukti sepanjang sejarah Islam.Al-Maidah : 3) 5. Maha Mengetahui dan terlepas dari interest pribadi serta hawa nafsu. sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah. AlMaidah . dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu. daging babi. Allah mengajak manusia. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu. Sebab itu. yang ditanduk. (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. yang terpukul. khususnya kaum Muslim untuk memikirkan hal ini dengan baik dan hati-hati sebagaimana firman-Nya : (49) (50) Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah. dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Tuhan yang Maha Adil. yang tercekik. (QS. Namun sebuah fakta yang tak terbantahkan. Disamping ajaran Islam itu unggul dalam segala hal. Kesempurnaan ajaran Islam itu juga adalah hal yang logis. 49 ± 50) . Allah menjelaskan : (3) Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. sepanjang sejaran hidup umat manusia sejak nabi Adam alaihissalam. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa. maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah. karena yang membuat hukum dan perundang-undangan Islam itu adalah Allah. bahwa pemerintahan yang didirikan Nabi Muhammad itu adalah pemerintahan yang terbesar dan terpanjang umurnya. darah. Karena yang menurunkannya adalah Allah Ta¶ala yang Maha Kuasa dan telah menjadikan Islam yang dibawa Nabi Muhammad itu adalah agama dan sistem yang valid sampai akhir zaman. Maha Bijaksana. dan diterkam binatang buas. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik. Jika demikian halnya. yang jatuh.

maka mereka tidak akan pernah bisa lolos dari jeratan hukum akhirat yang sangat teliti. Al-Qari¶ah : 6 ± 11) Kaum Muslimin rahimakumullah. lalu memohon ampun kepada Allah. Annisa¶ : 64 ± 65). (8) maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. begitu (juga) kejahatan yang telah dikerjakannya.(65). berat dan sangat menakutkan. (6) maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. ia ingin kalau kiranya antara ia dengan hari itu ada masa yang jauh. orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat adalah orang-orang yang mampu mengendalikan dirinya dari berbagai pelanggaran hukum. detil. Sebab itu.(11) (QS. mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan. menerapkan hukum dan perundangan yang datang dari Allah dan Rasulnya adalah bukti adanya iman dalam diri kaum Muslimin sebagai mana firman Allah : (64) (65) Dan Kami tidak mengutus seseorang rasul melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya[313] datang kepadamu. Ali Imran : 30) Alllah berfirman dalam ayat lain : (11) (6) (7) (8) (9) (10) Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya.(7) Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya. dan Allah memperingatkan kamu terhadap siksa-Nya.(9) Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (10) (Yaitu) api yang sangat panas.(64) Maka demi Tuhan Penciptamu. (QS. semoga Allah selalu menjaga nikmat Islam ini dalam hati. Salah satu sebab efektifnya hukum dan perundang-undangan Islam ialah bahwa hukum dan perundang-undangannya memiliki konsekuensi hukum dunia dan sekaligus akhirat. karena jikapun mereka mampu lolos dari jeratan hukum di dunia karena berkuasa atau karena bisa membeli hukum dan hakim. tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. Semoga Allah berikan hidayah-Nya kepada saudara-saudara kita yang belum .. kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan.Di samping itu. Allah menjelaskan : (30) Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan dihadapkan (dimukanya). pikiran dan perasaan kita. dan mereka menerima dengan sepenuhnya. Dan Allah sangat Penyayang kepada hamba-hamba-Nya (QS. dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka. Demikianlah khutbah ini.. adil.

Allahumma amin. yakni dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam Syurga... syuhada¶.. dan shalihin sebagaimana Allah himpunkan kita di tempat yang mulia ini... . Semoga Allah pilih kita menjadi orang-orang yang sukses di akhirat kelak.. kebesaran dan keunggulan Islam serta belum menyadari hanya Islamlah yang mampu menyelamatkan mereka di dunia dan juga akhirat kelak.memahami dan meyakini kelebihan. para shiddiqin. . Semoga Allah berkenan menghimpunkan kita di syurga Firdaus yang paling tinggi bersama Rasul Saw.

{ } [1 : 02 ] }[ * } [7 70 : 1 : ]. Kita saat ini tengah berada di penghujung bulan Dzulqa¶dah. seraya memimpin anggota bada kita untuk tunduk dan taat dalam menjalankan ibadah semata-mata kepada-Nya. Ayyuhal muslimuun hafidzakumullah. Dengan demikian kita telah 2 bulan keluar dari madrasah Ramadhan. kita telah siap dengan amal-amal di bulan ini sekaligus mengambil nilai-nilai tarbiyah yang ada di dalamnya. Lalu hati kita juga khusyu¶ mensyukuri nikmat-nikmat itu. Di samping ada pula ibadah sunnah muakkad bagi yang tidak menunaikan haji yakni puasa arafah. Ayyuhal muslimuun rahimakumullah. Hanya dengan integrasi ketiga bentuk amal itulah syukur kita menemukan hakikatnya. { . haji. Jama¶ah Jum¶at yang dirahmati Allah SWT. Segala puji hanyalah milik Allah.KHUTBAH PERTAMA . shalat idul adha dan qurban. . yakni madrasah Dzulhijjah. Sehingga saat ia datang menjumpai kita. Karenanya. { 1] . Kurang dari sepekan kita akan memasuki bulan Dzulhijjah 1430 H. dan kini bersiap dengan tarbiyah Allah SWT yang lain. Mengapa disebut madrasah Dzulhijjah? Karena pada bulan ini ada tiga ibadah besar yang sarat dengan nilai-nilai tarbiyah. Maka tiada hal lain yang lebih pantas untuk kita ucapkan setalah menyadari nikmat-nikmatNya. kecuali memuji-Nya dengan segala pujian yang diajarkanNya kepada kita. melalui mimbar Jum¶at ini khatib mengajak diri sendiri dan kita semua untuk mempersiapkan diri menyongsong bulan Dzulhijjah ini.

Inilah rangkaian ibadah yang mengandung muatan tarbiyah historis yang luar biasa. tak ada bedanya antara presiden dan rakyat biasa. Islam bukanlah agama yang mempertahankan atau mendukung diskriminasi atas dasar warna kulit dan suku bangsa. Agar manusia mengambil pelajaran yang tak ternilai dari sana. yang tidak berada di Masjidil Haram. Selain nilai tarbiyah di atas. tetapi juga bagi kita yang belum berkesempatan menjalankan rukun Islam yang kelima. popularitas. maupun jabatan dan kekuasaannya. Bukan hanya bagi mereka yang sudah dipanggil Allah dalam menunaikannya. mereka setara! Semuanya berbaur menjadi satu sebagai hamba Allah. Sementara banyak orang yang mengumpulkan bekal untuk kehidupan dunianya. 260 ribu diantaranya dari Indonesia. (QS. yakni taqwa. Karenanya berkumpullah jutaan orang di Masjidil Haram. Hajar. Ia simbol ketauhidan. Al-Hujurat : 13) Hakikat ini seharusnya tertanam kuat dalam jiwa kita dan menjadi pemicu bagi kita untuk terus meningkatkan ketaqwaannya. [1 / 97 ] Dan berbekallah kalian. seharusnya sadar akan hakikat nilai manusia di hadapan Allah SWT. Kita pun. tak ada bedanya antara direktur dan petani-petani desa. syaitan adalah musuh yang nyata bagi orang yang beriman. Melontar jumrah juga merupakan simbol perlawanan kepada syaitan. . dalam upaya regenerasi ahli tauhid. (QS. Sai mengingatkan ikhtiar serius istri Nabi Ibrahim. dan ke arahnya umat Islam berkiblat dalam shalat. yang telah dicontohkan Nabi Ibrahim. [1 3/ ] Sesungguhnya manusia yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa. mereka semua sama hanya berbalut kain ihram yang tidak berjahit. Ka¶bah merupakan tempat ibadah yang dibangun pertama kali oleh Nabi Ibrahim. Yang membedakan dan membuat seseorang lebih mulia daripada lainnya adalah ketaqwaannya. Allah tidak membedakan manusia dari segi hartanya. Al-Baqarah : 197) Jama¶ah Jum¶at yang dirahmati Allah SWT. Sesungguhnya bekal yang terbaik adalah taqwa. Bahkan saat ihram. haji juga sarat dengan napak tilas sejarah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Mereka semua sama. Diantara pelajaran yang begitu tampak dari ibadah haji adalah deklarasi persamaan derajat manusia di dalam Islam. dan hingga kiamat nanti statusnya memang tidak pernah berubah. Allah menunjukkan pula kepada kita untuk mempersiapkan sebaik-baik bekal.Haji Saat ini sebagian saudara-saudara kita yang menunaikan ibadah haji telah berada di tanah suci. sekaya dan setinggi apapun jabatan seseorang.

perbanyaklah pada hari-hari itu bacaan tahlil. Bagaimana petunjuk Allah dalam beribadah. kemudian tidak satu pun diantara keduanya itu yang kembali (mati syahid). (HR. Dengan demikian ibadah haji menjadi ibadah yang sangat berat. sebanding dengan beratnya kombinasi dari ibadah qalbiyah. berdzikir.´ (HR. Ahmad) Tidak ada hari-hari yang lebih disukai Allah untuk digunakan beribadah sebagaimana halnya . kondisi ruhiyah juga harus terjaga selama ibadah ini ditunaikan. Bukhari dan Muslim) Lalu bagaimana dengan kita yang di bulan Dzulhijjah 1430 H ini belum mampu menunaikan haji? Masih ada banyak kesempatan amal untuk kita kerjakan. begitulah ia harus sami¶na wa atha¶na. tilawah. (HR. Selain menyediakan biaya yang sangat besar dan membutuhkan fisik yang prima. dan amal shalih lainnya. ³Ya Rasulullah. Jamaah kecuali Muslim dan Nasai) Dalam hadits yang lain Rasulullah SAW bersabda: Tidak ada hari-ahri yang dianggap lebih agung oleh Allah SWT dan lebih disukai untuk digunakan sebagai tempat beramal sebagaimana hari pertama hingga kesepuluh Dzulhijjah ini. Bagaimana perintah Allah kepada orang beriman. Rasulullah SAW bersabda: : : :« ³Tidak ada hari-hari di mana amal shalih lebih disukai oleh Allah Azza wa Jalla dari pada harihari ini. begitulah kita harus mengerjakannya. Ibadah itu bisa berupa memperbanyak shadaqah. sebab banyak hadits yang menjelaskan keutamaannya. takbir. ³Memang. dan ibadah maliyah ini. meskipun dibandingkan dengan berjihad fi sabilillah. Maka. yakni hari pertama hingga kesepuluh Dzulhijjah. Memperbanyak ibadah dan amal shalih di sepuluh hari pertama Dzulhijjah Bagi kita yang tidak berhaji pun. Allah telah menyediakan balasan yang luar biasa pula: Haji yang mabrur. Memperbanyak ibadah pada tanggal 1 Dzulhijjah sampai dengan 10 Dzulhijjah merupakan pilihan yang cerdas. Karenanya.´ Para shahabat pun bertanya. tidak ada balasannya kecuali surga. kesempatan emas terbuka untuk meraih banyak keutamaan di bulan Dzulhijjah. dan tahmid. ibadah badaniyah. kecuali seorang yang pergi membawa nyawa dan hartanya. meskipun dibandingkan dengan berjihad fi sabilillah?´ Beliau menjawab.Lebih dari itu. semua ibadah haji merupakan kepatuhan dan ketundukan total kepada Allah sebagai pembuat syariat.

luar biasa. Tidak ada satu hari yang pada hari itu Allah membebaskan para hamba dari api neraka yang lebih banyak dibandingkan hari Arafah. Puasa ini disunnahkan bagi kita yang tidak sedang mengerjakan haji.a. mereka tidak diperbolehkan berpuasa. (HR. Amal khusus di bulan Dzulhijjah berikutnya adalah Shalat Idul Adha. (HR. tetapi menyembelih kambing. ketaatan. serta proses taurits di dalam keluarga muslim. dan Baihaqi) Puasa Arafah Ayyuhal muslimuun hafidzakumullah. Ibadah qurban ini juga sarat dengan nilai tarbiyah. keutamaan hari Arafah bisa dinikmati oleh orang yang sedang berhaji maupun yang tidak sedang berhaji. Berpuasa pada siang harinya sama dengan berpuasa selama satu tahun dan shalat pada malam harinya sama nilainya dengan mengerjakan shalat pada malam lailatul qadar. Keutamaan puasa Arafah ini diriwayatkan oleh Abu Qatadah r. ³Puasa itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya. Bahkan sejarah disyariatkannya qurban pada masa Nabi Ibrahim adalah sejarah pengorbanan. Jumhur ulama¶ menjelaskan bahwa hukumnya sunnah muakkad. atau unta sebagai bentuk ketaatan dan pengorbanan kita kepada Allah SWT. Muslim) Shalat Idul Adha Ikhwatal iman yahdikumullah. : « » Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah. Ibnu Majah. Kita sekarang tidak diperintahkan untuk menyembelih Ismail-ismail kita. Jika pada shalat idul fitri disunnahkan makan terlebih dahulu sebelum berangkat shalat.hari-hari sepuluh Dzulhijjah. Mendengar keutamaan puasa Arafah ini. Amal lainnya yang sangat istimewa dan khusus di bulan Dzulhijjah ini adalah qurban. domba. dan ada beberapa ulama¶ yang berpendapat hukumnya wajib. sapi. Adapun bagi mereka para jamaah haji. pantaslah bila pada hari Arafah itu banyak orang yang dibebaskan Allah SWT dari siksa neraka. Dengan demikian. Saat itu mereka harus wukuf di Arafah. beliau menjawab. .´ (HR. Berqurban Ayyuhal muslimuun rahimakumullah. maka shalat idul adha adalah kebalikannya: disunnahkan makan setelah shalat id. Muslim) Subhaanallah. Tirmidzi.

Tirmidzi) Demikianlah amal-amal khusus selama bulan Dzulhijjah. Dengan demikian. . Maka tenangkanlah jiwa dengan berkurban.Keutamaan qurban sebagaimana yang disebutkan dalam hadits: Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Kurban yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan. . KHUTBAH KEDUA { { } [7 70 : 1 ]. } [1 : 02 * ] . Semoga Dzulhijjah 1432 ini semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT sehingga kita memperoleh ridha. dan ampuan-Nya. . . . bulu-bulu. rahmat. . kita bisa berharap bertemu Allah kelak di surga. dan kuku kukunya. Sesungguhnya sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah. pahalanya telah diterima Allah. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya. . (HR. .

.. . : . . .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful