Budidaya Tikus Putih.

Berkembang-biak Cepat Untung Berlipat.
Satwa pengerat berbulu putih ini sanggup menjanjikan laba sebesar Rp.4 juta tiap bulan kepada Anda. Tertarik? Simak tips sukses budidaya tikus putih berikut ini.

Cara pemeliharaan tikus putih tidaklah susah, berkembang-biak pesat, serta butuh modal dan lahan tidak terlalu besar. Cukup satu kali periode panen, titik break even point alias balik modal sudah dapat dicapai.Tingkat permintaan pasar terhadap tikus putih sangat besar. Sayang, budidaya tikus putih masih belum banyak diminati banyak orang. Banyak yang tidak tahan akan bau kotorannya, padahal hal itu bisa diatasi dengan substrat yang baik, atau lebih banyak lagi orang yang jijik dikarenakan citra hewan pengerat ini buruk dimata masyarakat karena bibit penyakit dan perusak, sekali lagi hal ini juga dapat diatasi dengan kerajinan kita dalam memelihara dan membudidayakannya dengan baik dan benar. Kondisi seperti itu mengisyaratkan bahwa pintu sukses budidaya tikus putih terbuka lebar untuk Anda.

Peta pangsa pasar.
Menurut penuturan Prof. Sihombing, staf ahli Fakultas Peternakan, Institut Bogor, permintaan pasar bagi pengusaha tikus putih sangat banyak. Semisal laboratorium perusahaan farmasi, jamu dan berbagai Universitas.Saat ini Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor selalu melakukan suplai tikus putih untuk keperluan percobaan para siswa, dosen dan sebagian lainnya diekspor ke Jepang. Sihombing mengaku pernah menyuplai tikus putih sebanyak 100.000 ekor setiap 2 minggu kepada seorang eksportir yang bermukim di Jakarta. Umumnya tikus putih diekspor pada usia 1 hari dalam bentuk sudah dibekukan. Selain sebagai binatang percobaan, tikus putih juga banyak diminati sebagai bahan pakan reptil. Merebaknya hobi satwa ternyata turut mendongkrak permintaan tikus putih. Satwa mungil ini digunakan sebagai pakan binatang peliharaan. Semisal ular, kura-kura, kodok amerika, dan elang, burung hantu dan burung pemakan daging lainnya. Ada ratusan bahkan ribuan pet shop yang membutuhkan pasokan rutin tikus putih sebagai salah satu barang daganggannya. Menurut pengakuan Dodi pedagang binatang di Pasar Barito, setiap bulannya ia bisa melepas tikus putih sebanyak 500 ekor setiap hari. Tikus putih dewasa dijual seharga Rp 10.000, anak tikus putih seukuran ibu jari kaki seharga Rp 4.500. Sedangkan mencit dijual seharga Rp 3.000. peluang pasar lain yang bisa ditembus yaitu kebun binatang. Mereka sangat butuh pasokan tikus putih sebagai bahan pakan satwa. Kebun binatang cenderung memilih tikus putih sebagai bahan pakan sebab relatif lebih murah bila dibanding dengan daging yang berasal dari binatang lain. Pasar yang sekarang mash terbuka lebar yaitu penghobi reptil. Untuk mengisi peluang pasar ini, Anda harus dekat dengan komunitas pecinta reptil. Tepung daging tikus juga banyak dibutuhkan untuk meramu ransum pakan ternak. Tujuannya untuk menambah kandungan protein. Dengan demikian produktifitas ternak bisa menjadi lebih baik. Hasil persilangan antara tikus putih dengan tikus liar banyak di cari oleh oran Manado, Irian, Flores dan Tapanuli. Di sana tikus merupakan makanan khas. Sehingga tak heran jika binatang pengerat ini banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional.

Rebut pangsa pasar.
Tikus putih termasuk golongan hama, tak perlu repot, menu pakannya pun cukup sederhana. Jagung, kacang atau pur ayam sudah bisa membuat si tikus puas dan sehat, bahkan nasi dan lauk sisa dapur dapat dijadikan pakan tikus. ³Daripada di buang aja?! Kan sayang?, mending untuk pakan tikus aja sisa sarapan sama sisa dapur itu, buat jaga-jaga kalo gak ada sisa dapur, pur ayam bisa dipilih yang paling murah harganya«,´ terang Sihombing sambil memegang seekor mencit putih hasil tangkarannya. Sihombing membudidayakan tikus putih dalam wadah yang berupa nampan plastik. Ukurannya, panjang 40 cm, lebar 30 cm dan tinggi 18 cm. Nampan tersebut ditata secara berjajar dalam sebuah rak susun. Biar tikus tidak kabur, bagian atasnya ditutup kawat strimin (kawat 5mm). Setiap wadah kawin diisi 1 set tikus dewasa berjumlah 7 ekor yang terdiri dari 6 induk betina dan 1 pejantan (tidak boleh ada lebih 1 ekor pejantan dalam satu kandang kawin, kecuali kandang pembesaran anakan). Idealnya 1:5 namun sengaja dimasukkan 6 betina untuk menjaga jumlah betina tetap 5 jika salah satu induk betina mati saat proses kawin, Induk siap kawin berumur 70 hari. Sekitar 2 minggu kemudian tikus-tikus betina mulai hamil. Bayi lahir setelah 3 minggu berada dalam kandungan sang Induk. Seekor induk mampu melahirkan anak sebanyak 6 ± 12 ekor, namun beberapa indukan terbaik mampu melahirkan anak rata-rata sebanyak 14 ekor tiap kehamilan semasa hidupnya, dan pada umumnya antara 4-8 ekor pada kehamilan pertama, setelah anak tikus remaja(bisa makan sendiri) sang induk dapat dikawinkan kembali (kehamilan ke dua) dengan perkiraan jumlah anak 5-10, selanjutnya kehamilan ke tiga antara 6-11 ekor, kehamilan ke empat antara 7-14 ekor, dan menurun produksi anak pada kehamilan kelima, enam, sampai habis umur antara 1-6ekor. Produktifitas maksimal bisa dicapai jika didukung kondisi lingkungan dan menu pakan berkualitas. Suhu udara yang baik berkisar antara 27ºC ± 28ºC.Seusai menyusui, induk bisa langsung dikawinkan lagi. Tikus muda siap disapih pada usia 1 bulan. Saat itu pula mereka siap dipasarkan. Tikus dewasa dijual seharga Rp 5.000 per ekor. Namun sebaiknya Anda jangan terlalu berambisi mengeruk keuntungan terlalu besar dengan harga yang tinggi.Supaya menang di pasar, aturlah siasat bersaing secara cermat. Semisal dengan membuat harga bersaing. Patoklah harga sedikit di bawah harga pasar. Semisal Rp 3500 atau Rp 3000 per ekor. Jangan takut! Harga lebih rendah tersebut tidak akan membuat Anda rugi. Justru sebaliknya, melalui strategi tersebut Anda dapat merebut jumlah pelanggan lebih banyak. Sehingga Anda bisa lebih cepat mengembangkan usaha. Kian besar usaha yang Anda miliki, berarti Anda bisa semakin berani mematok harga bersaing serendah mungkin tanpa takut merugi.Siasat lain yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian pasar yaitu dengan jalan memberi fasilitas pelayanan extra kepada pelanggan. Semisal mengantar tikus sampai rumah pembeli, potongan harga, bonus tambahan sejumlah tikus, atau kandang dalam setiap pembelian tikus putih dalam jumlah banyak.

Anda juga harus aktif menawarakan tikus putih hasil budidaya Anda sendiri. Tembuslah pasar melalui berbagai media. Semisal internet, iklan koran, atau yang paling gratis dari informasi mulut ke mulut.Melalui metode pelayanan seperti itu, diharapkan Anda mampu merajai pasar. Selain itu Anda akan menjadi terhindar dari ancaman anjloknya harga akibat over produksi. Sebab, walau terdapat banyak jumlah tikus yang berdar di pasar, konsumen cenderung memilih membeli tikus putih dari peternakan Anda.

Harga jual tikus 1. Jenis Rat (besar ) pingkies 3.000, fuzzy 3.500, jumper 5.000, baby 8.000, adult 10.000-15.000, afkir 18.000 2. Jenis Mice/mencit (kecil ) pingkies 2.500, fuzzy 3.000, jumper 3.500, baby 4.000, adult 5.000, afkir 6.000.

Resiko Usaha.
Sebagus apapun sebuah peluang usaha, bukan berarti tak mengandung resiko. Sihombing menegaskan, kondisi kandang budidaya harus benar-benar diperhatikan. Kandang kotor bisa memicu terjangkitnya aneka penyakit. Semisal borok kulit yang diakibatkan jamur dan bakteri. Ketika dijual, tikus harus benarbenar dalam kondisi ekstra bersih dan sehat. Apalagi tikus yang hendak dijual sebagai bahan penelitian, dan harus di perhitungkan seperti regenerasi calon indukan, pakan, jumlah kandang, jumlah tikus sebaiknya di data pengeluaran apapun dan pemasukan apapun agar anda mengetahui keuntungan anda perbulannya, anda tentu tidak menginginkan hal-hal seperti pakan habis mendadak, tak dapat berternak calon induk habis terjual, kandang rusak, tikus mati mendadak dll, kendala berikutnya yaitu aroma tak sedap yang timbul dari kotoran maupun pipis tikus. Hal itu bisa diatasi dengan jalan rutin membersihkan kandang minimal seminggu sekali (kecuali kandang induk yang sedang menyusui anak) atau dengan ramuan minuman yang sudah dicampur kunyit, dengan dosis kunyit 2,5%, dari sekian masalah yang ada, kanibalisme (saling memangsa) merupakan resiko terbesar, berikut ini penyebab terjadinya kanibal,

sejak lahir anak tikus (pingkies) dapat di jual. Lebih baik menggunakan sarung tangan/penjepit untuk memindahkan atau mengambil tikus. dan tidak mau makan Stress juga bisa mengakibatkan kanibalisme. di sekitar kandang terlalu banyak suara bising kendaraan. letak kandang terlalu dekat alat elektronik aktiv semisal televisi. biasakan menggunakan alat dalam proses memasukkannya. tikus yang memiliki anak sangat sensitif dengan sentuhan (bau manusia). buta sesaat sampai buta permanen). karena dapat menyebabkan tikus stress. makanan ada tapi minum habis bisa kanibal. radio. dan jika minuman tetap ada sedangkan makanan habis kanibalisme tidak akan terjadi. kandang terlalu kotor. sekitar kandang terlalu berangin.y kanibalisme dapat terjadi karena tidak tersedianya minum. minuman mengandung kaporit/kotor. terutama pada tikus yang memiliki anak. anda harus menggunakan sendok jika ingin mengambil anak tikus dalam jumlah tertentu (tidak semua anak) jika ingin anak-anak tikus yang lainnya tetap disusui oleh induknya. banyak orang berlalu lalang di dekat kandang. ya«! Sentuhan tangan anda dapat menyebabkan kanibal. pelet atau pur lebih baik yang nabati. letak kandang terlalu dekat alat-alat/benda bergetar. karena adaptasi kandang dan jumlah koloni tikus dalam kandang mempengaruhi sifat akur y y y y . atau alas kandang tidak nyaman (tajam/berlubang) Pakan amis/berbau daging/darah sebaiknya di hindarkan. pilihlah pakan yang tidak berbau tajam Pemasukan tikus dalam suatu kandang sebaiknya sekaligus dan jangan ada penambahan tikus tiba-tiba. sakit. bagaimanapun Tikus sebaiknya jangan terlalu sering dipegangpegang jika tidak perlu. kandang pengap. rasa haus menyebabkan stress berat yang membuat tikus saling membunuh sentuhan tangan. karena jika terbiasa dengan pelet amis untuk ikan. kandang terlalu panas (tikus putih adalah tikus albino. biasanya untuk pakan ular jenis kecil atau anak ular. stress dapat terjadi karena makanan kurang cocok (kadaluarsa atau kotor). sama halnya dengan penambahan substrat maupun pemasukan media substrat di dalam kandang atau pemberian pakan. gunanya untuk menghindari perkelahian. tanpa disusui dipastikan pingkies dalam 2 hari akan mati. sinar matahari berlebih menyebabkan tidak dapat melihat. hal ini tidak berlaku dengan tikus yang tidak sedang memiliki anak dan sedang menyusui. memungkinkan tikus terbiasa dengan rasa dan bau seperti daging. pengambilan yang salah (mengambil beberapa anak tikus dengan tangan) dapat menyebabkan sang induk membunuh dan memakan semua sisa anaknya serta enggan menyusui beberapa anak yang masih hidup. yang menyebabkan tikus memangsa tikus lain yang lebih kecil atau lemah. mata albino yang merah sangat tidak tahan terhadap sinar matahari berlebih. kandang terlalu lembap/dingin.

Tikus jantan tidak memiliki puting susu. meski di dekat nya ada tikus betina maupun tidak. pejantan tersebut menunjukkan sifat aggresifnya dalam proses kawin. calon pejantan sebaiknya di pisah sendiri-sendiri agar tidak saling berkelahi dan menghindari sifat akur dengan pejantan lain maupun tikus-tikus lainnya. DI BAWAH INI GAMBAR TIKUS PUTIH JANTAN. sifat pejantan yang dominan dan teritorial akan berkelahi. untuk membedakannya lihat gambar di bawah ini: DIBAWAH INI GAMBAR TIKUS PUTIH BETINA. jika calon pejantan dikarantina selama proses pendewasaan. yang mencolok dalam identifikasi yaitu: Tikus jantan ditandai dengan adanya testis (buah zakar). pada tikus usia muda agak sulit menemukan 8 puting susu ini. nanti setelah di kawinkan dengan beberapa tikus betina. bahkan membunuh pejantan lain. Tikus betina memiliki puting susu (kelenjar susu).y Dalam satu kandang kawin sebaiknya hanya ada satu pejantan saja. namun ada saatnya testis tidak terlihat jelas sedang membesar. cara lain dengan memastikan tikus tidak bertestis. hanya dapat dilihat minimal usia satu setengah bulan. pertama harus tahu jenis kelaminnya dulu dan bisa membedakan jenis kelamin. biasanya hanya dalam keadaan birahi . sehingga kehamilan tikus betina cepat terjadi Sebetulnya membudidayakan tikus sangat sederhana. maka pastilah tikus itu betina.

atau dalam suatukandang koloni yang terdapat tikus betina. Setelah itu harus menyiapkan kandang terlebih dahulu tapi di sarankan jangan terbuat dari kayu karena tikus adalah binatang pengerat Kita bisa menggunakan bahan dari kawat. besi lubang. aquarium atau bak plastik lihat di bawah ini adalah terbuat dari bak plastik ditutup kawat kasa ukuran kecil tampak dari dekat model kandang dari bak plastik .

bambu atau kayu fungsinya untuk menghemat tempat lihat gambar di bawah model yang selanjutnya adalah dengan umbaran buatlah kotak persegi panjang dengan besi lubang dan kawat kasa lihat gambar di bawah ini .Untuk tutup berilah kawat untuk pengait lihat gambar di bawah ini jadi gampang untuk buka tutup kemudian sediakan rak yang bisa kita buat dari besi lubang.

sekam padi.untuk ukuran bisa di sesuaikan (jangan terlalu tinggi karena fungsinya kurang tingginya kira kira 25 cm sudah cukup) lihat gambar di bawah ini kandang sap tiga Setelah itu berilah paralon. talang air. Sebelum memulai berternak usahakan cari bibitan saja (calon induk) jangan langsung indukan karena lebih bisa beradaptasi dengan kandang baru Untuk kandang dari bak plastik isilah dengan gerajen (ampas kayu). Bila tidak ada aral melintang bibitan tadi kira-kira 1-1. gerajen. Setelah itu masukkan 6 tikus betina dan 1 jantan tambahkan juga potongan kertas untuk sarang tikus bila perlu. 3. zeolit dan potongan kertas masukan kira kira 13 ekor betina dan 1 jantan. zeolit no. dengan perbandingan 1:2:3. Untuk Kandang Umbaran isikan sekam.sekam atau zeolit. kayu atau apa saja yang fungsinya untuk tempat beranak dan rumah-rumahan untuk sembunyi.5 bulan akan mulai hamil setelah proses hamil kira kira 21 hari tikus akan melahirkan untuk pertama kali . serbuk kayu.

akan menyebabkan makanan bersisa dan cepat membusuk.ketela dan lain lain ini untuk pengganti minum untuk makanan utamanya kasih nasi di campur dedak di kasih air sedikit dicampur jadi satu . idealnya pada tikus usia muda 3x sehari (pagi ± siang. dengan perbandingan 1 sendok makan penuh pelet cukup untuk 4 ekor tikus. pada dasarnya setiap hewan bersifat rakus jika di beri makan maka akan dimakannya habis maupun bersisa. dan kematian mendadak. usahakan malam hari lebih banyak.melahirkan biasanya 6 paling banyak akan tetapi untuk kehamilan yang berikut bisa sampa 10 ekor. jadwalkanlah secara tepat pemberian makan pada tikus. pemberian pakan sebaiknya menggunakan sendok makan agar dapat di takar dan menghindari bau tangan pada makanan tikus. botol minum untuk mencegah kanibalisme pada indukan yang memiliki anak. lebih baik sedikit habis termakan namun sering (2x-3x) dari pada memberi makan dalam jumlah banyak namun jarang habis. angkat yang sudah hamil besar.karena aktivitas tikus lebih banyak pada malam hari (nocturnal) intinya pemberian pakan 3 kali sehari. sulit bernafas. namun hal ini membuat cepat obersitas (kegemukan) yang bisa berdampak tikus malas kawin..malam) agar proses pertumbuhan sempurna dan cepat. bersihkan kandang. Pemberian pakan dengan sendok di sesuaikan takarannya dengan jumlah tikus tiap kandang. ingatlah selalu agar membiasakan steril dari sentuhan tangan baik makanan. MODAL BESAR 100 ekor tikus betina 20 ekor tikus jantan 1:20 (2minggu sekali ganti pejantan. masukkan pejantan baru) 20 kandang menyusui . Setelah tikus lahir tempo 20 hari lagi sudah bisa di pisahkan dari induknya Untuk pakan berilah makan apa saja karena tikus pemakan segala tapi harus kombinasi ( wortel. Usahakan dalam pemberian pakan tidak ada sisa makanan yang terinjak-injak. jika sudah dewasa dan siap menjadi indukan cukup 2x sehari (pagi ± malam) dengan catatan setiap malam pemberian pakan 2x lebih banyak. sawi jagung muda. kandang.

000 Rak besi warna P1MxL0.000/ekor) = 600.6MxT2M = 1.000 .200.000) = 250.000x20) = 1.000 Kandang kaca untuk melahirkan sampai menyusui 20 buah (P75xL15xT15 menggunakan 4 sekat perkotak 15x15x15 tebal kaca 5mm. tiap1 buah kandang 60.000 Kawat strimin/kawat 5mm (1 roll @ 250.000x10) = 800. 5 untuk proses kawin P60xL60xT30 @80.10 kandang pembesaran & kawin 1 rak besi warna 1 roll kawat 5mm 17 pack botol you-c 1.000 Kandang kaca untuk proses pembesaran anak tikus & proses kawin 10 buah (5 untuk proses pembesaran.000 5 karung zeolit 5 karung serbuk kayu 5 karung sekam padi 2 karung pelet 1 karung jagung 5kg millet Tikus 120 ekor (100 betina & 20 jantan x @5.025.

1pack 23.000x5) = 200.000 + bulatkan 5.000 Pakan pelet 1 karung @ 250.000 Pakan jagung 1 karung @ 200. 17x6=102 botol.000x17) = 391.000 == BALIK MODAL!!! UNTUNG PADA 4X BULAN KEHAMILAN BERIKUTNYA« DENGAN CATATAN REGENERASI KETURUNAN KE 1 y MODAL KECIL 20 ekor tikus betina 5 ekor tikus jantan 1:5 .000 Zeolit 5 karung (1 karung 35kg.000 @ 50.000= yang 370.000 Serbuk kayu 5 karung (1 karung 8kg.Botol you-c 1. 1.000.000 x 5.000 untuk 24 ekor tikus betina. 1 karung 28. sisanya 120. 1 karung 40.000 untuk pelet 1 karung lagi.000 = 5.000 TOTAL = 5.130.000 (17 pack.500. 1 karung 5. Dalam kurun waktu ± 4 bulan akan menghasilkan ± 1.000x5) = 140.000 ekor anak tikus.000x5) = 25.000 Pakan millet 5kg 1kg=10.000 Sekam padi 5 karung (1 karung @5kg. 1 pack isi 6 botol.

yang 18. 4x23.000 10kg pelet 10x5.000 1 karung zeolit 1 karung serbuk kayu 1 karung sekam padi 10kg pelet Tikus 25x5.000 Kawat 5mm 2m = 22.000 Kandang kaca 4x60.000=92.000 1 karung zeolit 40.(2minggu sekali ganti pejantan.000 Kandang kaca pembesaran & kawin 80.000. masukkan pejantan baru) 4 kandang kaca menyusui 1 kandang pembesaran & kawin 2m kawat 5mm 4 pack botol you-c 1.000 1 karung serbuk kayu 28.000 + bulatkan jadi 700. 4pack.000=125.000=240.000 TOTAL= 682.000 untuk 4 ekor tikus betina . bersihkan kandang.000=50.000 Botol you-c 1. angkat yang sudah hamil besar.000 1 karung sekam padi 5.000.

000 1 pack botol you-c 1.000 Kandang kaca 60.000/ekor = 800.000 == BALIK MODAL!! UNTUNG PADA 4X BULAN KEHAMILAN BERIKUTNYA« DENGAN CATATAN REGENERASI KETURUNAN KE 1 MODAL SUPER KECIL 5 ekor tikus betina 1 ekor tikus jantan 1:5 1 kandang kaca 1 kandang pembesaran & kawin 1m kawat 5mm 1 pack botol you-c 1.000 1kg zeolit 1kg serbuk kayu 1kg sekam padi 2kg pelet Tikus 6x5.000 Kandang pembesaran & kawin 80.000=30.000 .000 = 23.y Dalam kurun waktu ± 3 bulan akan menghasilkan ± 160 ekor anak tikus x 5.000 Kawat 5mm 1m = 11.

SELANJUTNYA LO ATUR AJA. INGET NIHHHH« PETERNAK SEJATI TIDAK PERNAH MENJUAL BETINA SEBELUM AFKIR« .000 = 600. TUH TIKUS UDAH HAMIL BERAPA KALI. 6 ANAK ITU DI BESARKAN KEMBALI DAN DI JADIKAN INDUKAN LAGI.000 + Bulatkan jadi 300. JANGAN LUPA BELI MAKAN. BISA MENJADI BERMODAL BESAR DENGAN MENGAKUMULASIKAN CALON INDUKAN MINIMAL PENJUALAN BARU DILAKUKAN SETELAH SEPERTI MODAL KECIL 1:1 2 EKOR TIKUS PUTIH = 10. INTINYA TERNAK TIKUS KAYAK TANEM SAHAM. MAKANNYA CATET PAKE ARENG DI BASKOM. ?? JADIKAN INDUKAN LAGI LAHHH. SEMAKIN BANYAK CALON INDUKAN SEMAKIN DEKAT JALAN MENUJU KEKAYAAN.000 untuk tikus betina 14 ekor y Dalam kurun waktu ± 3 bulan akan menghasilkan ± 120 ekor anak x 5.000 MULUNG/MINTA SUBSTRAT PAKAI KERTAS BEKAS?? YA MULUNG LAHHH« PAKAN? ANDA HARUS RAJIN MENJELAJAHI PASAR MENCARI SISA SAYUR/NASI DALAM 3 BULAN (KALO BETINANYA MASI IDUP) AKAN MENGHASILKAN MINIMAL 6 ANAK TIKUS. LALU DARI 6 KIRA-KIRA AKAN MENGHASILKAN 48 EKOR TIKUS(ITU JUGA KALO 5 BETINA SATU JANTAN).000 TOTAL = 230.000 JANGAN BELI ROKOK WOI!!! WAH NGEHE DAPET DUIT LANGSUNG BAKAR DUIT! MASIH MULUNG AJA LOE!! OKELAH NGEROKOK BUAT MERAYAKAN KESUKSESSAN LO. NANTI GAK NYAMPE JADI ORANG KAYA KALO KAGAK BELI MAKAN.000 == BALIK MODAL! + UNTUNG MODAL RAJA GEMBEL SEBENARNYA INI HAPIR TIDAK BERMODAL HANYA DENGAN 1 EKOR TIKUS PUTIH BETINA 1 EKOR TIKUS PUTIH JANTAN TAPI ORANG SE-GEMBEL ANDAPUN. TENTUNYA KANDANG DLL NYA MULUNG LAGI. TENTUNYA INDUK PERTAMA HAMIL LAGI DAN KIRA-KIRA BERANAK 11-14?? JADIIN INDUKAN LAGI!!! SAMPAI KIRA-KIRA SEMUA TOTAL TIKUS 50AN DIJUALIN SETENGAHNYA YANG UMUR PALING AFKIR DAN KIRA-KIRA PERNAH HAMIL 4X.000 1kg serbuk kayu = 5. UANGNYA BUAT BELI PELET DULU!!!! 20X5.000 1kg sekam padi = 1.000 UANG BISA DIDAPAT DENGAN CARA 3N YAITU NGAMEN/NGEMIS/NGUTANG BISA JUGA MINTA 1 BUAH BASKOM/EMBER BEKAS/BOCOR DICARI DENGAN MULUNG/MINTA 1 LEMBAR KAWAT BEKAS/KARATAN DICARI DENGAN MULUNG/MINTA BOTOL YOU-C 1.1kg zeolit = 10. yang 70.000=100.000 2kg pelet = 10.000.

000 nya harus baru? Karena yang baru itu sterill. Mau pake bekas silahkan. abc dll.000? karena dengan you-c 1. tp tenang. baskom plastik ringan. namun kekurangan dari kandang plastik yaitu. kalo kandang kaca terbuat dari kaca« tapi perbedaan dalam segi kualitas tetap ada. Terus kenapa botol you-c 1. yang bekaspun tadinya baru kan?? Memang yang bekas lebih murah harganya. sekalipun merek yang bagus dan . penambahan pelampung dari sandal karet bekas lebih baik. botolnya buat tempat minum tikus. Apa bedanya kandang plastik dengan kandang kaca/aquarium? Ya beda lah« kalo kandang plastik terbuat dari plastik. tikus tahan banting! Botol apa aja boleh lah dengan catatan usahakan menggunakan botol bening. tikus pun senang. jatuh dari gedung tinggipun kira-kira dari 100 baskom plastik yang dilemparkan hanya 5 yang belah. tapi harus di pertimbangkan jika air tidak diganti jangka pendek air tersebut tetap keruh karena air liur tikus menyatu dengan air minum. membuat benda ini tahan banting (bukan di banting-banting). mengakibatkan air berbibit penyakit. intinya anda sehat. hanya baret-baret dikit aja. kandang plastik tidak mudah pecah jika terjatuh. sifat plastik yang elastis namun tidak seperti karet. kandang plastik tidak tahan panas. kandang plastik tidak ada sambungan jadi lebih kuat (sambungan lem seperti pada aquarium). jadi lebih aman. agar anda tahu jika air telah habis.Q&A QUESTIONS & ANSWER Kenapa harus pake botol you-c 1. retak pun tidak. kalo mau praktis dengan istilah liternya besar bisa pake botol sirup marjan. memudahkan anda untuk memindahkan kandang dan membersihkan kandang dengan cepat. dapat di beli di pengumpul barang rongsokan/pemulung.000 anda bisa sehat!!! Minum isinya. karena mudah bagi anda untuk mengisi air minum dengan ditandakan turunnya pelampung mendekati mulut botol.

aquarium bekas kandang hewan pengerat biasanya tidak dapat dipakai lagi untuk aquarium ikan. plastik juga menjadi media gigitan tikus yang paling nyaman. jalan-jalan dan sedikit waktu untuk menyusui. selanjutnya aquarium kaca. dengan ukuran 15x15x15cm dapat pas 1 induk tikus betina dan anak-anaknya. plastik juga bersifat menyimpan zat. jika lama digunakan sebagai kandang maka lambat laun akan berbau pipis tikus walau sudah dicuci bersih masih tercium sedikit baunya.tahan panas. maka dari itu sebaiknya di sediakan potongan balok kotak kayu kecil khusus untuk dia menggigit. tikus kerap menggerogoti lem kaca sehingga aquarium bocor dan kemungkinan dalam jangka waktu lama akan habis lem kaca tersebut. bukan tidak mungkin suatu saat plastik tersebut berlubang dan tikus kabur. jika untuk 1 ekor indukan mencit betina rasanya boros. plastik tidak transparan dari berbagai sisi tidak seperti kandang kaca.. belum lagi luasnya kandang plastic membuat induk bermain-main. aquarium kaca paling kuat karena dari segi matrial kaca lebih keras dari plastik. jika tidak menggigit benda maka gigi hewan ini akan terus tumbuh menusuk bibir dan bisa menyebabkan kematian(mulut busuk). ada yang mati atau tidak. tergores). namun aquarium tidak tahan banting (mudah pecah. selain itu kandang . tapi lemah dalam hal sambungan (lem kaca). anda sulit melihat keseluruhan secara langsung. standar ukuran bak/baskom plastik kotak lebih besar dari ukuran aquarium yang dapat kita pesan dan tentukan ukurannya. pengerat memang suka menggigit benda karena gigi mereka yang terus tumbuh jika tidak menggigit benda yang cukup keras dan dapat tetap di gigit. dan kandang plastik lebih boros tempat. jika terkena sinar matahari langsung lama kelamaan akan belah. atau menghitung jumlah anak. jika anda ingin melihat tikus putih maka anda hanya mendapati view dari sisi bagian atas saja. retak. dari segi visual aquarium kaca lebih ok« aquarium kaca lebih hemat tempat. apakah induk tersebut sudah melahirkan.

tikus yang sakit sering dijumpai tidur dipojokan/sudut kandang secara terus menerus. dalam siklus hidupnya terlihat tikus sakit selalu lebih kurus. sebisa mungkin menjauhkan dari lingkungan kandang tikus anda yang sehat. ekor tikus yang sakit biasanya berwarna ungu. tingkah laku tikus putih sehat sangat berbeda dengan tikus yang sakit. habis tak bersisa«atau bagaimanapun cara anda menanganinya. dll. siap-siap untuk membuangnya dalam artian berbagai cara diantaranya melepaskannya. tikus sehat terlihat aktifitas mencari makan. membunuh dan menguburnya. kura-kura. minum (mau makan & minum) dan sering berjalan kesana-kemari. sayang kalo mati) masih banyak hewan yang septictank untuk tikus sakit. kecuali kalo lagi tidur yah« sebaliknya tikus sakit akan terlihat diam tidak menghampiri makanan walau diberikan makanan pada jam pemberian pakan. disinilah pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengurus kandang-kandang tikus anda. dan kebanyakan tikus sakit berbadan kurus. menjadikannya pakan hewan karnivora/reptil (jangan reptil mahal yah. jika diperhatikan baik-baik. burung predator. paling ampuh sih piranha. makan sedikit. lalu . dan coba perhatikan ekor tikus yang sakit. membakarnya. tikus sakit biasanya memejamkan mata dengan waktu lama. bisa piranha. anda cukup sulit dalam mengangkat maupun membersihkannya karena harus hati-hati. tidak secerah tikus sehat yang berwarna pink/merah muda.kaca berat. karena berkemungkinan tikus yang sakit akan menularkan penyakitnya. serta jika disentuh agak dingin ekornya. Bagaimana ciri-ciri tikus putih yang sehat dan berkualitas? Ciri-ciri tikus putih yang sehat dan berkualitas dapat dilihat dari tingkah laku dan postur tubuh. berbeda dengan kurus afkir atau sehabis melahirkan. dan juga menjauhkan dari lingkungan tempat tinggal anda. kadang terlihat seperti ada kotoran mata diantara mata yang tertutup. jika anda mendapati tikus dalam keadaan sakit.

teratur tidak berrongga/sasak. dan juga memiliki warna putih bersih tidak kekuningan yang menandakan sehat (rajin membersihkan bulunya) Memelihara dan budidaya tikus putih.Dalam hal apapun jika Anda akan berkembang biak tikus dalam jumlah untuk memberi makan ular koleksi Anda akan membutuhkan beberapa kandang. banyak peternak yang mengabaikan suhu sekitar. Oleh karena itu yang terbaik untuk memiliki tikus di tempat berventilasi baik.Tikus jantan memiliki bau khas tersendiri. budidaya tikus sendiri dapat menjadi bisnis yang memakan waktu dan tidak boleh dilakukan tanpa pertimbangan serius. Jika suhu di atas 40oC tikus bisa mati. . Untuk kemudahan ini banyak pemilik ular juga berternak/mengembangbiakkan tikus mereka sendiri. tikus putih berkualitas. Jika Anda memiliki koleksi ular besar atau kecil. sepanjang tahun. kipas dapat menurunkan suhu jika suhu sekitar rumah panas. Mereka menandai aroma wilayah mereka dan jika Anda memiliki lebih dari satu jantan dalam satu kandang baunya dapat mengakibatkan pertengkaran serius antar pejantan. dan harus mendapatkan makanan berkualitas baik. Selanjutnya Anda perlu menemukan sebuah "wadah" untuk rumah tikus. Kebanyakan orang memulai peternakan tikus dalam kandang yang mereka beli dari toko hewan . dengan ketentuan layak dan tikus putih tidak dapat kabur. jangan ada pembuatan kandang sementara. memiliki bulu padat. namun tidak ada salahnya untuk memasang kipas demi memanjakan saham pemuliaan anda. Berikut ini hal-hal yang perlu anda pertimbangkan untuk memulai budidaya tikus putih: Kandang Pemberian makanan Pembiakan Regenerasi/siklus KANDANG Pertama Anda perlu mencari tempat untuk kandang tikus. Iklim bisa sangat penting.bagaimana ciri-ciri tikus yang berkualitas? Tikus yang berkualitas dapat dilihat dengan postur tubuh (fisik) dan warna tubuh. Terlalu panas atau terlalu dingin dan tikus akan berhenti berkembang biak. garasi atau bangunan luar lainnya. Dengan mengendalikan lingkungan mereka anda akan mendapatkan produksi terus menerus sepanjang tahun. Suhu ideal untuk untuk tikus antara 22 dan 30oC. halus. bisa menjadi masalah. dan heater/pemanas dapat meningkatkan suhu jika sekitar rumah anda dingin.

PEMBIAKAN Tikus dapat mulai berkembang biak pada usia dini. Ini adalah ideal asalkan Anda memastikan Anda membeli kandang mouse dan tidak dirancang untuk hamster. di kandang. sehat. pelet/pur babi cukup baik. sisa penyerutan kayu pada tukang kayu/matrial kayu.. Yaitu HANYA SATU JANTAN UNTUK SETIAP KANDANG KAWIN. Ada beberapa keturunan tikus laboratorium yang memproduksi anak hingga 25 ekor setiap 28 hari. Serutan kayu membuat substrat yang sangat baik dan berfungsi sebagai bahan tempat tidur. PEMBERIAN MAKANAN Untuk memulai kemungkinan besar Anda mendapatkan makanan tikus Anda dari sebuah toko hewan peliharaan. sebaiknya anda membeli pelet tikus dari pemasok spesialis.Air minum harus tersedia setiap saat.Kebanyakan "hewan peliharaan toko" (mamalia lain selain tikus) menghasilkan jumlah kecil sekitar 3 sampai 12 ekor anak. Botol-botol yang disediakan oleh tokotoko hewan peliharaan untuk kelinci kecil. Breeding tikus adalah bisnis yang mudah selama Anda ingat satu aturan sederhana. kelahiran pertama pada seekor tikus putih betina sering menghasilkan sejumlah kecil bayi. Namun tikus-tikus laboratorium sangat sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu. khusus diproduksi untuk mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan hewan Anda. jika Anda memilih salah kandang Anda akan mendapatkan tikus muda kabur melalui jeruji. pejantan dan betina yang baik. Kedua jenis kelamin dapat mulai berkembang biak pada usia 6 minggu dan berlanjut sampai mereka berusia sekitar 12 bulan. Beberapa pejantan akan berkelahi dan dapat membunuh pejantan lain. gerbil atau tikus kecil lainnya. Hal ini dimungkinkan untuk sistem penyediaan air minum otomatis sepenuhnya. tikus tersebut akan menghasilkan anak setiap 18 . atau pemasok bahan bangunan dan peralatan rumah tangga dari kayu. Berapa banyak anak tikus yang mereka hasilkan tergantung pada lingkungan mereka dan berkembang biak tikus. Memproduksi sejumlah besar tikus yang terbaik adalah dilakukan dengan metode perbandingan. Jika Anda memiliki satu pejantan dan satu betina(sepasang). Ini jauh lebih murah daripada membeli serbuk kayu dalam dengan harga mahal dan berjumlah kecil yang diberikan oleh toko-toko hewan peliharaan. serutan kayu dapat diperoleh dari toko-toko hewan peliharaan. kandang memiliki ruang yang lebih kecil antara bar dari kandang dan dirancang untuk binatang pengerat lainnya. sehingga tidak ada yang lain "jenis makanan" perlu diberikan.peliharaan. 1:5 ± 1:10. walaupun kebanyakan dari kita masih memberikan beberapa tambahan jenis makanan untuk melengkapi nutrisinya. hamster cukup ideal.28 hari. (Satu jantan untuk beberapa betina). seperti halnya betina lebih dari 9 bulan usia (afkir). Setelah Anda memiliki beberapa kandang lebih banyak. Anda hanya mengisi air kembali jika botol kosong. terawatt juga dapat memperbanyak produksi tikus Anda. . Beberapa pejantan juga dapat membunuh/memakan tikus yang lemah dan lebih kecil/muda dan sering membunuh anak tikus yang diproduksi oleh betina. Namun dalam perbandingan ini sebaiknya tidak terlalu banyak.

serta dengan sebuah semangat. Kesimpulan Sebagai kesimpulan.Jika Anda mendirikan sebuah kandang baru setiap 4 minggu Anda akan membutuhkan 9 kandang dan memiliki hasil sebagai berikut. kotor dan sakit-sakitan. kandang ini menjadi kandang 1 lagi). . asal ada kemauan untuk berusaha. atau kelompok kandang. Anda dapat membudidayakan tikus dengan jumlah sedikit. Jika Anda mengabaikan dalam pemberian makanan. angkat tikusnya lalu masukkan ke kandang yang bersih (dipindahkan) hal ini membuat praktis dalam kegiatan membersihkan kandang. rajin. jumlah dan kuantitas anak tikus yang dihasilkan. (Sekitar 3 sampai 9 bulan usia). Kandang 1 diatur dengan anak tikus lebas sapih (berhenti menyusui) dari kandang 5. sebaliknya jika anda memulai dengan ilmu yang cukup. dan menggunakan tikus-tikus ini saat membuat kandang baru. kandang yang kotor.6 atau 7. Kelompok yang didirikan akan menyerang dan dapat membunuh "penyusup" baru. bagaimanapun dalam berusaha ditentukan kepada Anda sebagai pengusahanya. tekun dan terus mempelajari cara budidaya tikus putih. Anda dapat sukses berternak tikus putih. Semakin baik Anda merawat dan menjaga kebersihan kandang tikus. Anda dapat mengatur kandang baru. pastilah anda puas akan hasil kerja keras yang Anda peroleh. minuman. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah untuk mencatat kelahiran setiap kandang yang Anda tetapkan. (Setiap kandang hanya harus berisi hewan pada usia yang sama) Seperti tikus disapih pada 5 atau 6 minggu usia. Kandang usia 1 perkiraan tikus 6 minggu Kandang 2 perkiraan usia tikus 10 minggu (jumlah kecil kelahiran pertama telah lahir) Kandang usia 3 perkiraan tikus 14 minggu (mulai jadi produksi terbaik) Kandang usia 4 perkiraan tikus 16 minggu (produksi yang baik pada saat ini) Kandang usia 5 perkiraan tikus 20 minggu (produksi yang baik pada saat ini) Kandang usia 6 perkiraan tikus 24 minggu (produksi yang baik pada saat ini) Kandang usia 7 perkiraan tikus 28 minggu (produksi yang baik pada saat ini) Kandang usia 8 perkiraan tikus 32 minggu (produksi yang baik pada saat ini) Kandang 9 rata-rata umur 36 minggu (produksi anak tikus mulai drop) Kandang 10 rata-rata umur 40 minggu (jual/jadikan pakan ular/buang semua tikus dari kandang ini dan menggunakan kandang untuk memulai kelompok koloni baru. Setelah kandang didirikan jangan pernah memperkenalkan tikus baru untuk dimasukkan kedalam koloni kandang yang lama. (tidak teratur) pastilah mendapatkan tikus yang kurus. Sediakan juga kandang cadangan bersih untuk memudahkan anda membersihkan kandang.REGENERASI/SIKLUS Untuk mendapatkan produksi konstan yang terbaik untuk memiliki beberapa kandang tikus pada usia berkembang biak.Dengan cara ini Anda harus menyiapkan kandang baru untuk anak tikus yang diproduksi oleh tikus dewasa yang ada. kebersihan kandang. setiap bulan. semakin baik kualitas.

Negara yang berbeda memiliki tikus negeri lebih lama daripada yang lain. Umum Tikus Rumah Umum Fakta Lingkungan Suhu Kelembaban Kesehatan & Anatomi Fisiologi Tekanan darah Denyut jantung Pernapasan Tingkat Suhu tubuh Gigi Siklus hidup Spesies Kehidupan span Kematangan Perempuan estrus (panas) siklus Ovulasi Kematangan Fisik Lengkap Optimal Pembibitan Usia Kehamilan Postpartum Birahinya Serasah ukuran Buka Telinga Buka Mata Menyapih Akhir Kesuburan Membedakan antara spesies tikus. bahkan jika mereka adalah spesies yang sama. Mengapa ke karantina.Harap dicatat bahwa bagian ini ditulis untuk tikus di AS. Apa yang harus karantina: . Sementara semua tikus diciptakan sama. Tikus di bagian lain dunia bisa sangat berbeda dari tikus AS. beberapa tikus di bagian lain dunia membutuhkan lebih banyak protein sedangkan tikus di AS umumnya tidak harus lebih dari 13%. tikus di berbagai belahan dunia membutuhkan perawatan yang berbeda. Pentingnya silsilah. Sebelum mendapatkan mouse Persiapan Transportasi Operator Selama transportasi Tiba di rumah Penanganan Tikus Cara yang tepat untuk mengambil mouse. berkontribusi terhadap perbedaan di antara spesies secara keseluruhan. Banyak orang yang mencari hewan peliharaan hanya tikus tidak berpikir silsilah adalah penting. silsilah adalah sangat penting bagi peternak dan hewan peliharaan-satunya pengasuh! Membawa pulang mouse baru Anda Detil tips untuk membantu membuat perjalanan aman dan tidak stres mungkin. Tikus berkaki Putih. referensi Adopter. Sebagai contoh. Bahkan tikus di negara yang sama sering memerlukan perawatan yang berbeda. Tidak semua tikus adalah sama.. fokus pada tikus di Amerika Serikat. Kesehatan Karantina Tikus Karantina definisi. Rusa Tikus. dan Tikus Rumah dibahas. Namun. Bagaimana menjinakkan mouse. Informasi di sini adalah titik awal untuk perawatan tikus umum.

Orang. Metode 2.Setiap tikus baru. Tikus Darurat Kit Baik tips tentang apa yang harus ada di tangan dalam kasus darurat! Tips mengobati tikus hewan peliharaan Anda 2 video klip yang menunjukkan 2 cara yang berbeda untuk memberikan obat oral efektif dan efisien. dll Setiap tikus Anda yang meninggalkan rumah dan kembali. Menggaruk kronis Alergi Makanan Bedding Alergi Barbering Tungau Kutu Transmisi parasit dan mengurangi risiko. Tikus Diet Umum tikus diet Bahan dan nilai-nilai Pra-campuran makanan Blok Lab Rumah dibuat campuran Memperlakukan dan nutrisi ditambahkan Neutering Tikus Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum neutering. In-House Karantina. Apakah neutering diperlukan dalam kasus Anda? Apakah mouse Anda kandidat yang baik untuk neutering? Apakah Anda akan bersedia membayar untuk itu? Bagaimana jika sesuatu yang tidak beres? Pro dan Con dari neutering Pro Con Intinya Prosedur: sebelum. penyakit. Off-Situs Karantina. selama. ~ Bagian ini belum lengkap. Apa yang harus mengamati selama karantina. Produk. gatal. Setiap orang yang telah melakukan kontak terakhir dengan tikus atau di mana tikus berada. Kutu / Kutu Pengobatan Mouse Waltzing / Mengelilingi Waltzing Pendahuluan Video Clip Penyebab Gangguan neurologis Tumor Otak Infeksi telinga Suara frekuensi tinggi Cedera Pukulan Pengobatan Lingkungan Perumahan yang tepat untuk Tikus Lingkungan Perumahan tikus dengan hewan lain. dan kulit Peringatan masalah: gambar grafis. Pra-ada tikus di mousery Anda yang telah ditampilkan tanda-tanda parasit. Cara karantina: Tikus: Umum karantina pengenalan. dan setelah Sebelum neutering Selama prosedur Setelah neutering Spaying wanita Rambut rontok. Setiap produk untuk tikus Anda. Metode 1. Apa jenis perumahan yang terbaik? Akuarium / tangki Reptil Kritter Keepers .

Bagaimana membuat Jahit Fleece Tidak Cube Bagian ini menunjukkan bagaimana untuk membuat Cube Fleece dengan petunjuk langkah demi langkah dan gambar. Bedding. dan ekonomis! Selain itu. Pengenalan Waktu Hewan perawatan Uang Mengadopsi keluar Stabilitas Tujuan pemuliaan Pemuliaan tikus Pet Shop . Ini adalah harus dibaca. dan Smells! Pembersihan Apa jenis tempat tidur / litter harus saya gunakan? Carefresh Shredded kertas Tanah Soft-sorben Jerami Rami Maple Diobati Pine Aspen Cat Serasah Kapas Pohon cedar Bagaimana cara menurunkan bau? Pria bau Roda Apa jenis roda yang harus saya dapatkan? Plastik "bar" roda Kawat Bar roda Saucer roda Mesh roda Selat lintang Makhluk Trail / kandang roda SAM Comfort roda Diam Pemintal Orbit roda Roda / Bola combo Jalankan Tentang Balls Cara membuat Kotak Shelf Bagian menjelaskan. tentang bagaimana membuat tingkat kedua ke habitat kotak. SEBELUM Anda mempertimbangkan penangkaran. langkah demi langkah dengan gambar.Plastik Bins Kawat Cages Plastik Trails Struktur Kayu Rentang Gratis Kotak kardus Menjaga Tikus Bersama Bisa tikus betina hidup bersama? Bisa tikus jantan hidup bersama? Apakah mungkin untuk menjaga laki-laki dan perempuan bersama-sama tanpa bayi? Cage Kalkulator Cari tahu berapa banyak tikus Anda dapat rumah di habitat Anda. Memperkenalkan Tikus Pengenalan Netral Wilayah Kecil Introduksi Cinta teman sekamar Anda Kasihilah sesamamu Baunya manis Taman Bermain Introduksi Memerangi dan Berdebat Membersihkan. Ini menyenangkan. mudah. bulu knotting lebih aman daripada batu dijahit seperti Anda menghilangkan benang! Pembiakan Pemuliaan Etika.

5. Nanny Melahirkan Menggunakan pengasuh Nanny Seleksi Perumahan untuk ibu dengan bayi. Kotak sarang. . Ternyata apa yang gw baca di internet tentang caresheet dan cara breeding tikus GA SEMUANYA BENER. Tangan Budidaya Hari Pictures Tikus Hari Bayi Termasuk gambar harian bayi mouse dari beberapa jam lama sampai penyapihan umur (4 minggu).. gw cek untuk 100 ekor tikus indukan butuh hampir 1 liter air per hari. (pestisida) 4. 1. yang pasti sehari setelah gw kasih sayuran (timun. hiks. Memilih tangki pembibitan. kawin untuk melahirkan. Pindah ke tangki yang lebih besar. Tikus juga butuh minum banyak.. Sexing How-to. Sexing Juvenile tikus menggunakan metode Puting (usia dini). Tikus betina ga available dikawinin tiap hari. Menunjukkan perkembangan dibandingkan dengan ukuran seperempat. bisa juga karena stress.. ada yang namanya estrus. Sexing Tikus Lebih baik aman daripada menyesal. Merawat bayi. Perkawinan & Konsepsi Kehamilan Diet untuk ibu hamil dan menyusui. dan masih banyak hal yang kurang (ga dibahas). Entah karena sayuran atau apa. Makanan dan air.Pendidikan Breeding Tikus.. toge. Sexing Juvenile tikus menggunakan metode Genital. awal kelahirannya Apakah mereka di sini belum? Estrus postpartum Komplikasi persalinan Runts Kacang tanah Kanibalisme Penanganan Bayi Membersihkan Pembibitan Penjinakan Popcorn Tahap (Tahap Flea) Mount Perilaku Penyapihan / Pemisahan Merawat tikus yatim piatu Catatan penting Membina dengan ibu lain. lahir melalui penyapihan. Pembibitan melengkapi contoh. Pinkies gw banyak yang dimakan emaknya gara2 kandang tikus gw sering digonggongin anjing satpam. Kanibal tuh ga cuma disebabkan karena lapar. Materi bersarang. Perumahan hamil perempuan bersama-sama. Mainan (termasuk roda).. 2.. Pendahuluan Penting Akhir kehamilan. Pemuliaan optimal usia dan jumlah liter. termasuk gambar. Sexing tikus dewasa menggunakan metode Genital. Sexing Juvenile tikus menggunakan metode Puting (usia Standar). selada sisa makanan gw) banyak mencit yang mati. 3.

Begitulah kira2 hasil pengamatan gw di lapangan. Itupun biasanya ga langsung berhasil.6.. mouse yang kecil (max size sekitar 10cm an) Rats and mice: what's the difference? y y y y y y y What do the terms rat and mouse mean? Differences between Norway rats and house mice How can I tell rats and mice apart? Quiz: rat or mouse? History and evolution of the Norway rat and the house mouse o Common ancestry of the Norway rat and house mouse o Brief history of the house mouse o Brief history of the Norway rat and black rat Are rat-mouse hybrids possible? Mouse-killing behavior in rats: muricide What do the terms rat and mouse mean? Rat and mouse are actually not scientific classifications. kalo mice bisa lebih dari 10 detik.. bentuk jamak rat == pengerat dari genus rattus >> kalo mouse genusnya mus kesimpulan == kalo rat yang gede (max size bisa sekitar 30cm an). jadi kalo mau nyoba ternak apalagi awal2 butuh waktu banyak tiap harinya. tiput == tikus putih. selamat mencoba. Ternyata Mice lebih "tahan lama" daripada Rats. berarti mencakup mouse dan rat mencit == sebutan buat mouse mice == mouse. harus beberapa kali "naik".. . These words are common names for rodents that look alike to the casual eye.... Tikus butuh perhatian dan dedikasi kita TIAP HARI. Gw itung rat kawin cuma 1-3 detik. 7.

A species is a group of related individuals or populations which are potentially capable of interbreeding and producing fertile offspring. black rats (Rattus rattus). smoky mice. and dormice are all called mice. and house mice (Mus musculus). The descendants of that common ancestor diverged into different species. As with rats.9). morphological and anatomical differences. among which are Norway rats and house mice.75 million base pairs while mice have 2. Norway rats have 2. ‡ Anatomical differences: Norway rats have 6 pairs of nipples. and many others. field mice. Norway rats lactate for about 3 weeks. Polynesian rats. developmental. 1999 for more. sparrow-sized rodents with long thin tails.kangaroo rats. they are fully furred at 15 days. Norway rats develop more slowly than house mice. Humans and orangutangs. and Watanabe et al. people are referring to the domestic or pest rats and mice. . but Norway rats open their eyes at 6 days. They descend from a common ancestor that lived millions of years ago -. reproductive. deer mice. That estimate will probably become more precise over time. with estimates ranging from 8 to 41 million years ago. house mice have 5 pairs. there are many species of rodents called mice which may or may not be closely related to each other: house mice. Both species are born naked and blind. 1999. however. Grutzner et al. wood rats. have fur at 10 days (etc. There are many species of rodent that are called rats -. About 90% of rat genes have counterparts in the mouse and human genomes (Rat Genome Sequencing Consortium 2004). but for those with a casual interest it should get you started: ‡ Genetic differnces: Norway rats have 22 chromosome pairs. naked mole rats. The list below is not exhaustive.). House mice open their eyes at 3 days. black rats. Differences between Norway rats and house mice Norway rats and house mice belong to different species. ‡ Growth differences: In general. spiny mice. 1999. cotton rats. African pouched rats. chipmunks and red squirrels. Norway rats and house mice are related. So. For example. pack rats. bottlenosed dolphins and killer whales. See Burt et al. These different rodent species may not be closely related to each other at all! Mouse is used to describe tiny. which rats and mice are you talking about? Generally. Norway rats. all belong to different species. which means Norway rats (Rattus norvegicus).Rat is used to describe medium-sized rodents with long thin tails. Norway rat gestation is slightly longer (21-24 days) than house mouse gestation (19-20 days).6 million (humans have 2.how long ago is currently under debate. Norway rats and house mice now have many genetic. house mice for 2 weeks. So Norway rats and house mice belong to different species and cannot interbreed. house mice have 20 (see Levan 1991).

rats have larger ears. . and fancy mice tip the scales at about 50 grams. however. feet etc. house mouse heads are small and sharply triangular with pointed muzzles. How can I tell Norway rats and house mice apart? Adult rats and mice Adult mice are much smaller than adult rats (Fig. heavier and longer than house mice (Norway rat: 350-650 grams.‡ Morphological differences: Norway rats are larger. Correlated with this larger size. averaging 350-450 grams for females and 450-650 for males (with an overall range of 200-800 grams). Norway rat body parts are larger than those of the house mouse -. Adult rats are far heavier and longer: they can weigh ten times as much. Note. Adult mice have bodies that are 3-4 inches long with 3-4 inch tails. They have 9-11 inch long bodies and 7-9 inch tails (ref). Adult mice weigh about 30 grams. Life-size drawing of mouse and rat feces. rat feces are larger than mouse feces (also see differences in rat and mouse sign from a pest management perspective). house mice: 30-90 grams. 3-4 inch bodies and 3-4 inch tails). 9-11 inch bodies and 7-9 inch tails. 1). ‡ Sign differences: Due to their larger body size. that Norway rats have smaller ears relative to their heads than house mice. blunt and chunky. The heads of Norway rats are heavy.

Their heads and feet will be large relative to their bodies. However. 200 grams at 8 weeks 30-50 grams . Adult mice. mouse ears are very large relative to their heads. adult mice Young. Here's what to look for: baby rats will have more juvenile proportions than adult rodents. Rats also have thicker tails than mice. In addition. Feature Head Muzzle Ears Tail Tail/body ratio Feet Weight Baby Rat Adult Mouse short. to the casual observer. rat ears are smaller relative to their heads.Figure 1. weaned rats are still larger than adult mice. large relative to small. broad. stubby. triangular. their faces will be stubby and blunt with wide noses. on the other hand. will have adult proportions: a small. weighing around 100 grams at six weeks. small relative to body body large and blunt with wide muzzle ears are small relative to the head thick Tail shorter than body narrow with sharp muzzle ears are large relative to the head thin Tail same length/longer than body Large relative to body. especially the Small relative to body hind feet around 100 grams at 6 weeks. very young rats and adult mice can be difficult to tell apart. triangular head with a small nose and little delicate feet as compared to the body. Drawing showing the relative size of rats and mice Young rats vs.

Geneticists. 1980). and gerbils. at the end of the last ice age. How long ago that common ancestor lived is a matter of debate. The Norway rat and the house mouse had a common murine rodent ancestor. Ten thousand years ago. Murids (Muridae). house mice. see Introduction to the Rodentia). Modern murids had evolved by the Miocene (23. or rabbit group. which also gave rise to the Lagomorpha. They are widely considered to have originated in Asia (Meng et al. however. however. These original rodents were themselves descended from rodent-like ancestors called anagalids. The fossil record indicates that the most recent common ancestor of Norway rats and house mice lived about 8-14 million years ago (Jacobs and Pilbeam.3-1. History and evolution of the Norway rat and the house mouse Common ancestry of the Norway rat and house mouse True rodents first appear in the fossil record at the end of the Paleocene and earliest Eocene in Asia and North America. 1994).8-5 mya) and radiated during the Pliocene (5. hamsters. 1998). estimated that their most recent common ancestor lived about 41 million years ago (Kumar and Hedges. neolithic farmers moved from the Fertile . about 54 million years ago. first appeared during the late Eocene (around 34 million years ago).6 week old rat Adult mouse Quiz: Rat or Mouse? Take this quiz to test your ability to tell photos of rats and mice apart. the family that gave rise to present-day Norway rats.8 mya) (for more. Brief history of house mice The ancestors of the house mouse (Mus musculus) lived in the steppes of present-day Pakistan. voles.

domestic mice do not represent one of the single subspecies. mice went along as stowaways in the humans' carts and later. musculus bactrianus are the descendants of the original. They live in India. M. History of the Norway rat. musculus castaneus lives in Southeast Asia. Galef (1970) found that 67% to 77% of captive born wild rats kill mice. Fancy mice are primarily descended from M. Mice went everywhere with humans. Are rat-mouse hybrids possible? See separate articles. and M. kill mice. 1995). a behavior known as muricide. arriving with explorers and colonists. Today. Male and female rats are equally likely to kill mice. Similarly. (Silver. commensal house mice are divided into four subspecies: M. Brief history of Norway and black rats See separate article. kill and eat mice. Muricide is a form of predatory behavior: rats hunt. and do. are rat-mouse hybrids possible? and the hybridization page. Pakistan and Afghanistan. living in and around their houses. musculus domesticus. How common is muricide? Karli (1956) found that about 70% of wild rats and 12% of domestic laboratory rats kill mice. commensal house mice live in and around human dwellings on every continent. As such. from whence it traveled to the Americas. ancestral house mice first encountered by our neolithic ancestors. House mice arrived in the new world in the 16th century. but are a mixture of all four. Mouse-killing behavior in rats: muricide Rats can. and Africa with the colonists. and were developed into laboratory mouse strains. Australia. a human-dependent association called commensalism. their ships. and these small rodents found a delightful new source of food and shelter. musculus musculus lives in Russia and western China. These fancy mice were found in pet shops in the 20th century. Japan and Europe and developed into fancy mice. New Zealand. . Today. in every climate. Domestication: Domestic mice originated from stocks captured in China. M. musculus domesticus lives in Europe. When humans migrated away from the steppes to colonize other areas. with a little admixture of the other three subspecies.Crescent into the steppes of Pakistan.

too: rats kill mice more when they are hungry (Malik 1975) and at times when they are normally inclined to eat food (Russel et al. Yamamoto et al. 1981. but stop when they are given plenty of food (Karli 1956). performed in much the same way each time: the rat chases the mouse around the cage and bites it using its sharp front incisors. Exogenous and endogenous influences Mouse-killing is a complex behavior involving several neurotransmitter systems (Miachon et al. They gradually opened the thorax and consumed the thoracic viscera. usually aiming for the mouse's head. environmental conditions (Garbanti et al. Wild rats tended to start eating at the spot where they had bitten the mouse. 2002. no matter what killing method had been used (Karli 1956). However. Do rats eat the mice they kill? Karli (1956) found that all mouse-killing rats (wild or domestic) consumed part of the mice they killed. Mouse-killing behavior is very rapid. 1982). Giammanco et al. Only 7% were bitten on the belly and 4% were bitten on the head (Karli 1956). neural systems (Hull and Homan 1975. Galef (1970) found that 67-77% of captive born wild rats kill mice. Vergnes and Kempf 1982. 1997. Mouse-killing is also affected by by rearing (Garbanati et al. 1999. Onodera et al. out of 683 mice killed by rats. the rat delivers a fatal bite. after 7 hours 25% of the mice had been entirely eviscerated (brain. 1981). When presented with an unfamiliar mouse. only 7% of the mousereared rats killed it. The preferred area to bite is the back: out of 671 mice killed by rats. diet (Bac et al. 1990). Spector et al. 2002). 89% were bitten on the spinal cord (specifically: 65% neck. or upper back. Rats are more likely to kill mice at night than during the day (Russel and Singer 1983). The first bite is frequently fatal. social conditions (Eisenstein and Terwilliger 1984). none of them kill the mice they're familiar with. Tadano et al. 1972) and hormonal systems (Miachon et al. but the mouse may delay the rat's attacks by defending itself (by rearing up and boxing with its front paws or laying on its back). Specifically. 1983). . 67% had been partially eviscerated. 11% lumbar). then proceeded to the liver. which is usually the neck. Specifically. Eventually. Ueda et al. Mouse-killing is affected by hunger. lasting only a few seconds (Hsuchou et al. In contrast. 1997. however. Rats may start killing mice when they are starving. 1983. 1993). Onodera et al. thoracic and abdominal viscera). neck. 13% thoracic. learning (Tingstrom and Thorne 1978). 1985). if captive born wild rats are raised with a mouse from weaning to age 3 months. Rastegar et al. 1995. opening the skull and consuming all or part of the brain. Familiarity with mice also plays a role: rats reared with mice tend not to kill mice as adults. domestic rats went right to the brain. and only 8% had not been eaten.Description of muricide Muricide is a stereotyped behavior.

Pengalaman saya yang aneh lagi tentang tikus ini. gunakan kata lain. Macam-macam Tikus Tikus. karena tikus akan dengan mudah mengingatnya. kaca rias. Untuk membasmi hewan ini tidak bisa menggunakan cara yang sama. belum lagi kotorannya yang menjadi sumber penyakit. karet rambut. tetapi kalau sering digunakan menjadi tidak ampuh. Tikus ini memang binatang yang cerdas. saya singkirkan dari sekitar jalur tikus ini melintas. Si tikus ini menaruh kain di atas lem. Tikus yang menyenangkan hanya ada di kartun Tom&Jerry. besar kemungkinan barang kita dibawa si tikus. Mice who can smell rat urine take ten times longer to start eating a treat than mice who cannot (Merali et al 2003). Specifically. even up to two days after the rat urine exposure (Hebb et al. Jadi untuk menangkap/ menjerat binatang ini perlu memakai bermacam cara dan digunakan bervariasi. bahkan sampai uang kertas) yang dia temui dan kemudian disimpan di dalam sarangnya.Response of mice to rats Rat odor is stressful to mice and has an effect on their behavior and reproduction. Tikus juga sering digunakan sebagai simbol "koruptor" karena memang mamalia pengerat yang gemar mencuri dan sangat cerdas. batu itu digulingkan ke atas lem penjerat itu. jangan sampai kata tikus terucap. Jadi terkadang ada barang-barang kita yang terjatuh di kolong dan hilang. biasa menggunakan lem tikus cap gaj**. Pregnant mice exposed to rat urine produce fewer litters than mice who were not exposed (de Catanzaro 1988). sehingga saat lewat di atas lem tidak akan terjerat. Mice housed in the same room as rats tend to be more stressed than mice housed without rats (Calvo-Torrent et al. jangan sekali-kali bilang/ terucap kata kalau kita mau menangkap "tikus". Di rumah saya. untuk seekor binatang pengerat. Saya mencoba menjeratnya dengan lem juga di jalur yang biasa dilewati. In fact. Hewan ini sangat cerdas. Blanchard et al. nah untuk beberapa kali pemakaian cara ini berhasil. mamalia yang satu ini benar-benar sangat menyebalkan. dan sampai sekarang tikus ini belum . jepit rambut. Jadi apabila sudah sering terkena dengan cara lem tadi. and if prevented from fleeing. Tikus juga gemar mengumpulkan barang-barang (bisa berupa sisir. karena dijamin jebakan yang dipasang akan percuma. 2003). they show defensive or attack behavior (Griebel et al. Mice who were exposed to rat urine for just a few minutes startle more afterwards. domestic and wild-stock mice who are exposed to a conscious or anesthetized rat tend to flee. rat odor is sometimes used as a predator odor to study anxiety and antipredator behavior in mice. Entah bagimana caranya. Itu yang terjadi di rumah saya. tapi di sekitarnya ada batu untuk mengganjal pintu. Jadi bukan tikus yang kena malah batu yang ada di atas lem. selebihnya menyebalkan. si tikus ini tidak akan melewati tempat itu lagi. Terkadang barang-barang kita di rumah menjadi rusak karena sifat pengeratnya. Kemudian saya mempunyai pengalaman dengan tikus besar (wirok). Misal. Kemudian saya coba buang kain itu. Huh. benar-benar menjengkelkan. Saya punya banyak pengalaman dengan hewan ini. lem tikus yang digunakan untuk menjerat jadi tidak berarti. sangat mengganggu. dan tidak akan terjebak untuk kesekian kalinya. 1998). 1995. coba kurangi intensitas pemakaiannya. apa karena kecerdasan atau instingnya. Tapi apa daya. kalau kita ingin menjerat tikus ini. 1999). tikus ini juga lebih pintar. kita menaruh lem di sudut suatu tempat dan sudah sering terjerat di sana.

pandai dalam memanjat dan melompat bahkan berani terbang . Tikus rumah pada saat sekarang ini cenderung tersebar di daerah yang lebih hangat karena di daerah dingin kalah bersaing dengan tikus got. Mencit Mencit ini mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu. Namun sangat gesit. barang kecil lainnya. Cukup cerita pengalamannya. India. Mencit sangat mudah menyesuaikan dengan perubahan yang dibuat manusia. melainkan hewan pemangsa serangga. Spesies tikus yang sering kita kenal mencit (Muss sp). dengan anak 3-10 ekor /kelahiran. di sini saya tidak ingin berbagi informasi tentang bagaimana menangkap tikus. tikus got (Rattus norvegicus). kita sering dengan jenis tikus dengan sebutan curut/ celurut (Shrew) sesungguhnya adalah bukan termasuk golongan hewan pengerat. serta melompat. dan sering bersembunyi di sudut-sudut lemari. Hewan ini termasuk hewan nokturnal (beraktivitas pada malam hari). Mencit ini sekarang ada yang menjadi bintang peliharaan. dan Eropa barat. Warnanya biasanya hitam atau coklat terang. Betinanya mampu beranak kapan saja. dan sering digunakan untuk percobaan ilmiah. tikus sawah (Rattus argentiventer). wirok (Bandicota sp). Umurnya mencapai 2-3 tahun dan hidupnya berkelompok. tapi hanya ingin tau sebenarnya tikus itu ada berapa jenis sih? Untuk mencari informasi itu saya kembali mencari melalui google. tikus rumah (Rattus rattus). Ada catatan. pemakan segala (menyukai bulir-bulir). Tikus rumah merupakan perenang yang buruk berbeda dengan tikus got. Mencit ini merupakan binatang asli Asia. Mencit ini memakan makanan manusia dan barang-barang kecil lainnya. . Tikus rumah Tikus rumah adalah binatang pengerat yang sering kita jumpai di rumah-rumah dengan ekor yang panjang dan pandai memanjat. Ukurannya 15-20cm dengan ekor ± 20cm. Curut/ celurut ini mempunyai mata yang sangat kecil.bisa saya tangani. Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Karena kebiasaannya menggigiti barang-barang meubel.

atau di dalam sisa-sisa kayu. Wirok belum dapat info lengkapnya . Ekornya berwarna coklat. di bawah batu. jagung atau rumput. Makann kesukaannya bulir padi. Hewan ini adalah jenis hama pengganggu pertanian tanaman utama dan sulit dikendalikan karena ia mampu 'belajar' dari tindakan-tindakan yang telah dilakukan sebelumnya. lebih kecil daripada tikus got. Hewan ini mempunyai habitat di persawahan. Tikus ini membuat sarang di tanah dengan membuat lubang. Perutnya berambut kelabu dengan tepi berambut putih. Dengan panjang 30-40 cm (termasuk ekor). ladang dan padang rumput.Tikus Got belum dapat info lengkapnya Tikus Sawah Tikus ini berukuran sedang. Bewarna coklat kekuning-kuningan.

If you don't know the line really well. kecuali Papua. weak babies. Penyebaran celurut ini hampir ke seluruh dunia. Complete Physical Maturity: Mice are not done growing until they are between 3 and 5 months of age. *Sometimes estrus will stop in all female colonies and pick up again roughly 3 days after a male is introduced (this is called the Whitten Effect). Ovulation: Some sources (from Labs) claim 2-3 hours. serta moncongnya..8 weeks of age. **see below. depending on the line. Sebutan lainnya cecurut. Some mice are not fully developed until 5 months of age! Breeding too young can cause a weak mother. However. around 5 years in captivity. and even death of all of them! . Hewan ini kerap kali dianggap sebagai tikus karena ukuran.Curut/ Celurut Celurut adalah hewan pemakan serangga. celurut sangat jauh kekerabatannya dari tikus. Pada kenyataannya. Celurut ini juga menjadi hewan vektor penyakit yang serupa dengan tikus dan mecit. if not longer. note that a female can die if she conceives that young. Celurut ini mudah beradaptasi dengan perkembangan kebudayaan manusia. bahkan berbeda ordo. Australia dan Selandia Baru serta Antarktika. sehingga sering dinamakan tikus kesturi. This is the time that males and females can become fertile. Maturity: 4 . warna rambut. varying from line to line and mouse to mouse. 2 years being the average. though only around 6 months in the wild due to predators and environmental factors). wait until at least 12 weeks. Females estrus (heat) cycle: Every 4 to 5 days all year round until becoming pregnant. some claim 12 hours. Mice should NEVER be bred until they are at least 12 weeks age. Sometimes females will also have odd cycles in the winter. shorter life spans. General Facts Spoiler for General facts: Life span: 1-1/2 to 3 years. cencurut dan munggis. (wild mice live longer.

Gestation: 19-24 days. Also note that males often need to be separated from each other at that time. Pregnancy in females can and will occur late in life. Once the males are 4 weeks of age. give or take a few days depending on the litter. if given the chance. NEVER assume that either sex is too old to produce offspring. but some don't open until days later.Optimal Breeding Age: Unless the line is extremely well known. though it can be detrimental to the mother as well as the offspring (often resulting in death). . to the day. It is of no health risk to the male or his offspring to breed him at any age as long as he is healthy. Fist litters should be done before the mouse is 6-7 months of age. End of Fertility: Most mice are fertile any time after 4 weeks of age until death. when their caregiver(s) are not around to separate them. but this is a general rule for safe breeding. The average is 20 days. Fighting usually happens without ANY notice what so ever and at night. Keep in mind however. it might take them longer to actually produce a litter (due to lower sperm count or irregular estrus cycles) or conception could happen in a matter of less than a second. It is best not to take the babies from their mother until they are 4 weeks of age. Eyes open: Babies open their eyes around day 14. they need to be taken away from the group to prevent unwanted breeding (to the mom and the sisters). These time frames can vary from line to line. Even siblings will fight 99% of the time. It risks the health of the mother as well as the babies. It can even result in death of some or all of them (including the mother)! Litter size: 1-24 pups. Ears open: Ears can open as early as day 3. Male mice. will fight to the death. especially those from pet shop mice and lines that haven't been *thoroughly* tracked. Weaning: 4 weeks of age. The average is between 9 and 12 pups. Fighting to the death is quick and usually completely unpredictable/unpreventable without separating them all at 4 weeks. A first time mom often has fewer pups. As a mouse ages. Postpartum Estrus: A female can come back into heat 14-28 hours after giving birth! This means that she can become pregnant after having her litter! Females should NEVER have back to back litters. the best breeding age for a female mouse is between the ages of 3 months (though it's best to wait until 4 months) and 8 months. that a male might be fully fertile at 4 weeks or as late as 8 weeks.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful