P. 1
Pengertian Dan Cara Kerja Web

Pengertian Dan Cara Kerja Web

|Views: 102|Likes:
Published by Samuel Sampe

More info:

Published by: Samuel Sampe on Jan 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2013

pdf

text

original

I.

Pengertian Dan Cara Kerja Web.
A. Pengertian. Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik. B. Cara Kerja. Secara sederhana gambaran cara kerja web server seperti pada gambar berikut :

1. Komputer klien dapat berupa pc desktop atau laptop yang mempunyai browser dan terkoneksi dengan jaringan internet atau intranet.

Internet Explorer.mamaders. Inktomi. Yahoo! meluncurkan mesin pencarinya sndiri yang didasarkan pada teknologi . Server mendapat pesanan alamat akan mencari informasi sesuai dengan pesanan klien. Hotbot. 4.20.20. dana memberikan hasilnya dalam bentuk halaman website. Klien melakukan request untuk memesan alamat kepada server melalui browser misal http://www. Pada tahun 2002. 3. Segera sesudah itu. banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Mesin pencari lain yang lama.com.10.Server berisi perangkat lunak yang mempunyai spesifikasi teknis minimal terkait dengan kemampuan server dalam melayani banyak klien nantinya. Belakangan direktoridirektori ini menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat. Mesin Pencarian. Untuk keperluan akses dari klien maka server juga harus mempunyai alamat yang biasa disebut dengan Internet Protocol (IP) misal 202. Biasanya server telah diset untuk mengantisipasi hal tersebut dengan jawaban ¶ 404 Page not Found ¶ untuk pesan ketika tidak menemukan alamat yang dicari. Sejarah. Infoseek. III. suatu web crawler dibangun oleh Matthew Gray di MIT pada 1993. Mesin pencari pertama adalah "Wandex". mengakuisisi Overture yang memiliki AlltheWeb dan Altavista. II.2. Server terhubung juga dengan Internet atau Intranet agar dapat diakses oleh klien. Tahun 2004. A. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos. namun juga bisa gagal. dan AltaVista. Mereka bersaing dengan direktori-direktori populer seperti misalnya Yahoo. Aliweb. juga muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. yang sekarang index yang tidak berfungsi dari World Wide Web Wanderer. yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994. Pencarian ini bisa jadi menghasilkan. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler. Excite. Yahoo! mengakuisisi Inktomi dan pada 2003.

seorang mahasiswa universitas McGill asal Barbados. Sebelum munculnya Web. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google. hanya berinternet bila ada teman yang menyarankan link tertentu untuk dikunjungi. Sebagian lagi sama sekali menyingkirkan mesin pencari publiknya. y 1989 Mesin pencari Archie dibuat. Sebelum ada Archie. Pada Desember 2003. membuat program untuk menyimpan informasi dengan asosiasi acak. orang harus mencari informasi satu per satu. Dianggap sebagai nenek moyang dari semua mesin pencari yang ada sekarang. Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Buku Osmar R. y 1991 . Archie dibuat oleh Alan Emtage. mencatat keuntungan besar pada penawaran publik pertamanya. Tim Berners-Lee. Atau. Beberapa perusahaan masuk ke dalam pasar dengan hebat.gabungan dari mesin-mesin yang telah diakuisisinya dan memberikan pelayanan yang mengutamakan mesin pencari Web daripada direktorinya. Program ini digunakan untuk pribadi dan tidak dipublikasikan. Secara kronologis dapat ditampilkan seperti: y 1980 Perkembangan internet bergerak ke Eropa. seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engine untuk Gopher protocol. dan hanya memasarkan edisiedisi Enterprise saja. seperti misalnya Northern Light yang dulunya adalah salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul. ada pula mesin-mesin pencari untuk [protokol]] atau penggunaan lain. seorang ilmuwan yang bekerja di CERN. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan performancenya meningkat sangat hebat. Mesin pencari juga dikenal sebagai bintang-bintang yang paling cemerlang dalam perlombaan investasi Internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an.

Michael Loren Mauldin. y 1994 Lycos dibuat oleh Dr. Dibuat oleh Martijn Koster. Aliweb tidak digunakan secara luas.Dengan bantuan Robert Cailliau. Joe Kraus. Mark Van Haren. Ini merupakan cikal bakal Google yang lahir tahun berikutnya. y 1997 . y 1995 Altavista dibuat oleh Louis Monier dan Michael Burrows. y 1994 Yahoo! dibuat oleh Jerry Wang dan David Fillo di rumah mobil mereka. Ben Lutch. Pertama kali dipublikasikan pada dunia pada musim panas tahun tersebut. Ryan McIntyre. Pemilik situs harus mendaftarkan situs mereka ke Aliweb agar bisa dicari dengan mudah. y 1995 Excite dibuat oleh Graham Spencer. Berners-Lee menulis World Wide Web (www) untuk pertama kalinya. Di tahun yang sama. y 1993 Mesin pencari Aliweb merupakan mesin pencari pertama untuk www. Yahoo! dibuat untuk menandai situs yang telah mereka kunjungi. Awalnya. y 1996 Inktomi dibuat oleh Eric Brewer dan Paul Gauthier. mahasiswa Universitas Stanford. y 1996 Ask Jeeves dibuat oleh Garett Gruener dan David Warthen. Larry Page dan Sergey Brin. mulai membuat BackRub. Martin Reinfreid. Gara-gara itu. Konsep baru pembuatan mesin pencari diperkenalkan.

dengan jumlah pencari makin banyak dan sistem yang makin kompleks. nama itulah yang mendunia sekarang. GoTo. Mesin pencari ini kemudian berganti nama menjadi Windows Live Search pada 2006. Yahoo! masih menggunakan Google untuk melakukan pencarian. Perusahaan itu harus membayar satu dollar kalau ada orang yang mengklik situsnya. y 2004 Yahoo! mulai mengaktifkan mesin pencarinya sendiri. Perusahaan harus membayar jika ingin situsnya berada di urutan teratas. dalam presentasinya. Google Sitemap memperbolehkan sebuah situs memasukkan peta situs agar pencarian lebih relevan. AltaVista. dan AllTheWeb. y 2009 .com. Larry Page dan Sergey Brin mengganti nama BackRub menjadi Googol. y 2000 Terinspirasi GoTo. sebuah situs yang bisa memutar video. Google memperkenalkan AdSense yang memungkinkan pemilik situs memajang iklan. y 1998 GoTo. y 2006 Google mengakuisisi YouTube. Google membuat AdWords. Di tahun yang sama. Google akan membayar pada pemilik situs bila ada yang mengklik iklan yang dipajang. Namun. dan pada 2008 diganti lagi menjadi Bing. sekaligus mesin pencari video yang paling banyak digunakan saat ini. y 1998 MSN diluncurkan pada akhir tahun. Tahun yang sama. y 2003 Yahoo! mengakuisisi Inktomi.com diperkenalkan sebagai mesin pencari berbayar.Pada tahun ini. presenter memperkenalkannya sebagai Google. makin banyak pula informasi yang tidak diinginkan hadir.

Teoma. Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9. Domain Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. A. AlltheWeb. Atau dapat dikatakan. Pendidikan Nama domain untuk kepentingan website pendidikan adalah: .edu B. IV. Wisenut.Google mampu mencari 8 miliar situs dan memproses pencarian sampai 70% di seluruh internet. Akademik Nama domain untuk kepentingan akademik adalah:\ .dan seterusnya) dan angka (1. Gigablast.com. atau alamat website.c. pencarian dimulai saat pencari mengetikkan kata kunci. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web. dan Vivisimo. y 2010 Google Instant mulai diperkenalkan. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server. tanpa perlu menekan enter. Kartoo. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL. Hal itu membuat Google menjadi situs yang paling banyak diakses di dunia.3. selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.b.2.upi.edu Contohnya: www. Ask Jeeves.dan seterusnya) serta simbol (-)untuk menamai alamat url website sebagai pengganti format deretan angka dari alamat IP client server hosting tempat file web diletakkan.e.d. mereka bersaing berbagi pasar. GoHook. Tetapi. seiring diperkenalkannya Bing dari Microsoft. V. Dengan sistem barunya. Nama-nama domain. Clusty. domain adalah suatu nama berformat huruf abjad (a.

id C.whitehouse.greenpeace.com D.or. Pemerintahan Nama domain untuk kepentingan pemerintahan adalah: .gov atau .org E.ac atau . Komersial Nama domain untuk kepentingan komersial adalah .google.com Contohnya: www.org atau .gov VI.id Contohnya: www.id Contohnya: www.itb. Cara Membuat Web Dengan Notepad . Organisasi Nama domain untuk kepentingan organisasi adalah: .ac..ac.go.id Contohnya: www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->