Bupati Dukung Perkebunan di Perbatasan Dikirim : 07 Agustus 2008

"Pembangunan kawasan perbatasan pada sektor perkebunan sangat positif, tetapi yang harus diperhatikan adalah RTRW yang sudah ada. Jadi, semua itu harus dilakukan secara selektif," sebut Marthin Billa menjawab pertanyaan wartawan tentang rencana membuka perkebunan sepanjang 5 lima kilometer dari areal perbatasan. Dikatakan Marthin Billa, rencana pemerintah untuk membangun perkebunan di perbatasan negara sebagai sabuk pengamanan wilayah (green belt) tentunya harus memiliki konsep yang jelas. Selain itu juga harus ada feasibility study terhadap program Tersebut. Kemudian pada kawasan mana rencana lahan perkebunan trsebut akan dibangun supaya tidak ada pandangan bahwa program perkebunan tersebut akan merusak hutan. Kawasan wilayah hutan lindung dan kawasan produksi juga harus dibedakan. "Jadi, harus ada batasan yang jelas. Saya kira kalau perencanaannya baik, tidak akan merusak kawasan hutan yang ada," ungkapnya. Bupati juga mengatakan, dengan adanya perkebunan tersebut berarti Pemkab juga dapat mengamati, mengawasi kondisi hutan yang selama selalu diributkan karena jadi jarahan cukong kayu dari negara tetangga. Itu bisa terjadi dan bisa saja belum tentu terjadi, karena harus diakui di daerah perbatasan terutama daerah perbatasan Malinau tidak ada jalan dan pesawat khusus yang mengawasi daerah itu. "Di daerah perbatasan itu kondisi hutannya masih hutan rimba," sebutnya. Oleh karena itu, lanjut dia, tidak ada jalan lain untuk memajukan perbatasan kecuali dilakukan pembangunan dengan konsep yang benar-benar matang. Baik itu jenis perkebunan karet, sawit, maupun yang lainnya yang cocok dengan kondisi alam dan lahan yang ada di wilayah tersebut juga harus diperhitungkan dengan baik. Karena dengan adanya pola perkebunan tersebut nantinya akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di daerah pedalaman dan perbatasan. "Pertama, jalan dulu yang dibangun. Itu harus, karena

pomade. filled milk. minyak goreng. Usaha perkebunan kelapa sawit merupakan potensi bisnis perkebunan kalimantan yang sangat menguntungkan. krim. instans noodle. sabun dan detergent. dan juga sebagai bahan pemisah dari material cobalt dan tembaga di industri logam juga membutuhkan bahan baku dari hasil kelapa sawit. Produk turunan minyak inti sawit bisa dipasarkan untuk perusahaan yang memproduksi shortening. Industri berat dan ringan. cocoa butter extender. Tetapi tetap harus ada Amdal dan feasibility study dan sesuai tata ruang wilayah baik daerah provinsi maupun pusat. textiles oils dan bio diesel. vanaspati (Vegetable ghee). lubrication. margarine. Produk Utama Kelapa Sawit Produk turunan CPO bisa dipasarkan untuk perusahaan yang memproduksi minyak goreng kelapa sawit. KAMIS. ice cream. shortening. Bahkan minyak sawit dibutuhkan juga untuk industri kimia seperti detergen. ice creams. cocoa butter substitute. lotion. produk obat±obatan dan kosmetik. shortening. chocolate dan coatings.menyangkut segi keamanan dan ekonomi. Industri makanan mentega. vitamin and beta carotene juga memerlukan minyak sawit. industri kulit (untuk membuat kulit halus dan lentur dan tahan terhadap tekanan tinggi atau temperatur tinggi). DIKUTIP DARI KALTIM POST. bahan anggur. dry soap mixes. ice cream. sugar confectionary. dan minyak. Kelapa sawit salah satunya. Sisa-sisa dari industri minyak sawit dapat digunakan sebagai bahan bakar boiler. additive. coffee . shampoo. specialty fats. 7 AGUSTUS 2008 Kelapa Sawit Sebagai Potensi Bisnis Perkebunan Kalimantan Pulau Kalimantan memang dianugerahi berbagai macam sumber daya alamnya dan lahan perkebunan yang luas. specialty fats. sabun. Kelapa sawit sangat bermanfaat mulai dari industri makanan sampai industri kimia. bakery fats. bahan semir furniture. coklat. pakan ternak. cold rolling and fluxing agent pada industri perak. biskuit cream fats." sebutnya.

whitener/cream. Saat ini Indonesia dan Malaysia merupakan produsen utama CPO dunia dengan menguasai lebih dari 80% pangsa pasar. bantalan kursi. sugar confectionary. ampas tandan kelapa sawit merupakan sumber pupuk kalium dan berpotensi untuk diproses menjadi pupuk organik melalui fermentasi (pengomposan) aerob dengan penambahan mikroba alami yang akan memperkaya pupuk yang dihasilkan. sedangkan Indonesia berada pada tingkat kedua dengan 30% penguasaan market dunia. pupuk kompos maupun pupuk kalium. detergent. Ampas tandan/buangan sisa pabrik dapat dijadikan serbuk pengisi kasur. lemari dan sebagainya. Pasar Kelapa Sawit Secara historis pertumbuhan produksi minyak sawit dunia selama dua dasawarsa terakhir ini mengalami kenaikan sekitar 7. biscuit cream fats. imitation cream. dan polipot.3% pertahun. Pelepah pohon dan CPO dapat dijadikan ekstrak untuk Vitamin E. filled mild. Perkembangan minyak sawit dunia ini sangat dipengaruhi oleh produksi minyak sawit dari negara Malaysia dan Indonesia yang memberikan kontribusi sebesar 80% dari produksi dunia. dan sebagainya. kursi. Batang pohon dapat dijadikan ³fiber board´ untuk bahan baku mebel. Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pupuk organik. shampoo dan kosmetik. Ampas Tandan Kelapa Sawit Bisa Dimanfaatkan Selain minyaknya. Aug 12 . Fungsi lain TKKS juga sebagi bahan serat untuk bahan pengisi jok mobil dan matras. Tingkat produksi CPO dunia masih dikuasai oleh Malaysia dengan pengusaan 50% market dunia. Berdasarkan data Oil Word diperkirakan produksi CPO lima tahun ke depan akan meningkat tapi lebih kecil dibandingkan dengan konsumsi masyarakat dunia. sabun. meja.

Selain itu juga terdapat kebun plasma milik petani pekebun di Kecamatan Long Kali (Kabupaten Paser) dan di Kecamatan Marang Kayu (Kabupaten Kutai Kartanegara) yang kedua ± duanya merupakan binaan dari PTPN XIII. Samboja dan Muara Badak (Kecamatan Kutai Kartanegara). Kecamatan Tanjung Selor (Kabupaten Bulungan). Perkebunan Karet milik perkebunan besar swasta terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara milik PT. Namun saat ini seiring dengan semakin membaiknya harga karet di pasaran komoditi karet kembali banyak diusahakan oleh masyarakat dan di beberapa tempat komoditi tersebut merupakan sumber mata pencaharian utama masyarakatnya.Perkebunan Karet kalimantan Timur Posted by Admin on uncategorized Tanaman Karet di Kalimantan Timur merupakan komoditi tradisional yang sudah relatif lama diusahakan sebagai perkebunan rakyat. Produk tersebut pada umumnya dipasarkan ke Banjarmasin untuk kebutuhan pabrik Crumb Rubber.620. Hasfarm Product. Majapahit Agroindustri Corp Ltd dan di Kabupaten Kutai Kartanegara milik PT. Kecamatan Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara (Kota Balikpapan).50 Ha yang terdiri dari areal perkebunan rakyat 68. Marang Kayu. Kecamatan Segah dan Talisayan (Kabupaten Berau). Pusat pertanaman karet terbesar berada di Kabupaten Kutai Barat (Kecamatan Melak dan Barong Tongkok) yang dikembangkan oleh petani pekebun melalui proyek TCSSP bantuan dari Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).634 Ha. perkebunan besar negara sebesar 700 Ha dan perkebunan besar swasta 6. namun karena pengaruh harga yang berfluktuasi sangat tajam usaha perkaretan beberapa waktu yang lalu sempat ditinggalkan oleh petani perkebunan untuk beralih kepada usaha lain yang dianggap lebih menguntungkan. . Kecamatan Kota Bangun.590.924. Luas areal pertanaman karet saat ini (Angka Tetapi tahun 2009) tercatat seluas 75.50 Ha dengan produksi seluruhnya berjumlah 49. Areal penanaman karet lainnya yang cukup luas berada di Kecamatan Palaran dan Samarinda Ilir (Kota Samarinda).50 ton.

Pencapaian kepuasan dan kesejahteraan mereka tercermin dari kemampuan (daya beli) upah yang mereka terima memenuhi berbagai kebutuhan mereka. 02 April 2009 Pengupahan di Perkebunan dalam Perspektif Sejarah Pendahuluan Bagi buruh upah merupakan sumber penghasilan utama dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. namun kurang mendapat dukungan dari pengambil keputusan kebijakan dan pengelolaan managemen perkebunan waktu itu sehingga kandas di tengah jalan. di satu sisi tersedianya tanah dan tenaga kerja yang murah dan di sisi lain adanya penanaman modal asing yang sangat besar serta pemasaran berorientasi pada kebutuhan pasar internasional tentu dengan keuntungan yang sangat besar dibandingkan dengan upah yang mereka berikan pada buruh. Hanya saja perlu dicatat bahwa secara konseptual masa orde Lama telah meletakkan dasar pengupahan berbasis kesejahteraan. Yang muncul adalah wajah perkebunan yaitu dualisme ekonomi sesuai dengan sinyalemen Gertz. Sepanjang sejarah perkebunan di Sumatera Utara yang telah menyulap hutan belantara menjadi lautan gemerlap dollar belum ada perubahan struktural perbaikan nasib buruhnya. Besar kecilnya upah akan sangat menentukan kelangsungan hidup sekaligus ukuran kepuasan dan kesejahteraan mereka. .Kamis.

Luas wilayah terdiri dari hutan belantara: 126. Dari hasil penelitian studi pengembangan perkebunan yang dilakukan oleh IPB.200 km2. cengkeh. . danau dan genangan : 4.356. kelapa.139. kopi.563 Km2 dan Tanah lainya : 4.568 Km² (15. tanaman perkebunan yang direkomendasikan untuk dikembangkan adalah karet. sungai.800 Ha).686 Km2.564 Km2 yang merupakan Propinsi ketiga terbesar di Indonesia setelah Propinsi Irian Jaya dan Propinsi Kalimantan Timur. kelapa sawit. Diproyeksikan lahan yang sesuai untuk pengembangan perkebunan adalah seluas 3.Letak Strategis Kalimantan Tengah Cocok untuk Investasi Bidang Perkebunan Luas Propinsi Kalimantan Tengah 153.500 Ha. Luas Propinsi Kalimantan Tengah mencapai 153. Rawa-rawa : 18.115 km2. lada. kakao dan tebu.

938 Ha/10. namun tidak berkembang sejak tahun 1995. Kebanyakan kopi dari daerah ini diekspor ke luar negeri. dengan karet dan kelapa sebagai tanaman utama perkebunan rakyat (342.Letak Propinsi Kalimantan Tengah sangat strategi yaitu dekat dan berhadapan dengan Pulau Jawa. Propinsi ini mempunyai potensi dan berprospek baik untuk kegiatan pengembangan perekonomian pulau Kalimantan dimasa yang akan datang. hal ini sebagai sarana penghubung interkoneksi antara Propinsi-Propinsi lainnya di Pulau Kalimantan. Daerah di Aceh Tengah dan Bener Meriah dikenal sebagai karena kebun kopinya yang luas dengan jenis kopi Arabica dan Robusta . kakao dan lada. Komoditas perkebunan yang dikembangkan di Kalimantan Tengah tercatat 14 jenis tanaman. Para pengusaha perkebunan juga mengembangkan tanaman karet.2%) dan kelapa sawit sebagai komoditi utama perkebunan besar yang dikelola oleh para pengusaha perkebunan baik sebagai Perkebunan Besar Swasta Nasional/Asing ataupun PIR-Bun KKPA (Kredit Koperasi Primer untuk Anggotanya). Indocafco dan Aceh Coffee Company. terutama pangsa pasar Eropa. (disadur dari berbagai sumber) . 68. Ada 3 perusahaan asing yang mengelola produksi kopi di daerah ini yaitu Holland Coffee Bv dan PT.011 Ha/50%.

2 hektare saja menyerap satu orang tenaga kerja. Kamis (23/6).CO. Di Thailand. dengan 3. Industri karet. Badan Koordinasi Penanaman Modal. Bila ditambah dengan moratorium hutan.ID.´ ungkapnya kepada Republika. ketua Asosiasi Himpunan Tanah Indonesia. Kondisi tersebut dibenarkan Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto. Kamis (23/6).´ kata Hadi saat diwawancarai di ruangannya.2 juta ton karet. . sedangkan karet menghasilkan dua kali lipatnya. Tanaman karet tidak bertentangan dengan moratorium karena masih memiliki fungsi hutan. ³Pasar karet dunia akan tergantung pada Indonesia pada 2015 nanti. ³Produktivitasnya sekarang terus merangkak naik.4 juta hektare lahan yang boleh ditanami hutan tanaman berbagai jenis. Didiek Hadjar Goenadi mengatakan. sudah diprediksi menjadi industri perkebunan nomor satu di Indonesia. JAKARTA ± Thailand masih dikenal sebagai produsen karet nomor satu di dunia. Sedangkan di Indonesia. termasuk karet.2 juta hektare lahan biasa sudah menghasilkan karet di atas angka Thailand. Satu hektare lahan sawit hanya menghasilkan 10 ± 15 juta ton. sejak 2005. Luasan lahan karet sebesar 0.Karet Indonesia Berpotensi Rajai Industri Dunia Kamis. tahun ini kapasitas produksi karet di negara tersebut sudah mentok. 2. Namun.2 juta hektare lahan karet yang dikelola secara intensif menghasilkan 3. Nilai ekonomi karet di Indonesia terus meningkat. ³Masih ada 35. investasi kayu karet akan menjadi andalan.´ lanjut Didiek yang merangkap anggota Komite Penanaman Modal Bidang Agribisnis. 23 Juni 2011 19:14 WIB REPUBLIKA.

. tambah Didiek.´ ungkapnya.Mei 2011 lalu. harga satu kilogram karet kering di Indonesia mencapai 6. ³Ini merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah.6 US Dollar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful