PROSEDUR MUTU

Divisi Proses No. Dokumen : : : Koperasi Pembukaan dan Penutupan Brankas Koperasi Tanggal No. Revisi Halaman : : : 0.0 1 dari 4

1. TUJUAN Standarisasi pelaksanaan proses pembukaan dan penutupan brankas 2. RUANG LINGKUP Proses mengeluarkan uang dari brankas oleh pengurus ke manajer sampai dengan penguncian brankas oleh pengurus diakhir hari 3. REFERENSI UU Koperasi No. 12 tahun 1992 PP No. 9 tahun 1995 Standar mutu Kosindo Standar operasional Koperasi 4. DEFINISI/TERMINOLOGI Pengurus : Pengurus bertugas membuka dan menutup brankas Manajer : Manajer bertanggung jawab atas pengelolaan, monitoring dan pengembangan kegiatan dibidang pendanaan dan pelayanan front office sesuai dengan pedoman sistem syariah yang berlaku di Koperasi Teller : Staff Koperasi yang bertugas memproses transaksi kas dan non kas serta tugas front office. Teller juga bertugas untuk membuat buku mutasi harian kas berikut rekapitulasi kas harian Administrasi & keuangan : Staff Koperasi yang bertugas meakukan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan Koperasi 5. PENANGGUNG JAWAB Pengurus Manajer Teller Administrasi & keuangan

PROSEDUR MUTU
Divisi Proses No. Dokumen
6. LAMPIRAN Mutasi vault Cash in vault Teller exchange

: : :

Koperasi Pembukaan dan Penutupan Brankas Koperasi

Tanggal No. Revisi Halaman

: : :

0.0 2 dari 4

Disiapkan oleh Nama Tanggal Tanda tangan : : : Nama Tanggal Tanda tangan

Direview oleh : : : Nama Tanggal Tanda tangan

Disetujui oleh : : :

Teller menerima dan memeriksa uang tunai sesuai dengan permintan modal diawal. 2. -Teller exchange -Mutasi voult -Cash in voult Manajer & administrasi & keuangan . Pada awal hari pengurus membuka dan mengeluarkan uang dari brankas sesuai dengan permintaan manajer. Manajer menyerahkan uang tunai kepada teller. dan kunci dipegang pengurus. Pengurus manajer Manajer Pengurus. disaksikan oleh administrasi & keuangan. Pada akhir hari teller menyetorkan uang sesuai laporan kas harian yang telah diperiksa manajer dan dalam keadaan rapih. Pengurus menyerahkan uang tunai kepada manajer sesuai dengan kebutuhan Koperasi. Manajer menerima dan memeriksa uang tunai dari pengurus sesuai dengan permintaan untuk modal awal. 4. Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0.0 3 dari 4 Dokumen/Catatan 1.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. manajer & adminstrasi keuangan Manajer Teller 5. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Pembukaan dan Penutupan Brankas Koperasi PIC Pengurus Tanggal No. 7. Brankas dikunci kembali oleh pengurus disaksikan oleh manajer administrasi & keuangan. 3. 6.

0 4 dari 4 Dokumen/Catatan 8. Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0. Pengurus mengunci kembali brankas disaksikan manajer dan administrasi & keuangan. 10. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Pembukaan dan Penutupan Brankas Koperasi PIC Manajer Tanggal No. Brankas dibuka dan uang tunai disimpan kembali oleh pengurus pada brankas.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. 9. Manajer menyerahkan uang tunai kepada pengurus disaksikan oleh Administrasi & keuangan. Pengurus Pengurus .

LAMPIRAN Form permintaan uang dan penyetoran uang (teller exchange) Disiapkan oleh Nama Tanggal Tanda tangan : : : Nama Tanggal Tanda tangan Direview oleh : : : Nama Tanggal Tanda tangan Disetujui oleh : : : . RUANG LINGKUP Proses teller mengajukan analisa kebutuhan dana sampai dengan teller siap melayani anggota 3.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No.0 1 dari 2 1. TUJUAN Standarisasi pelaksanaan proses pembukaan sesi kerja harian 2. REFERENSI UU Koperasi No. TANGGUNG JAWAB Teller Manajer 6. Teller juga bertugas untuk membuat buku mutasi harian kas berikut rekapitulasi kas harian 5. Revisi Halaman : : : 0. 12 tahun 1992 PP No. Dokumen : : : Koperasi Pembukaan Sesi Kerja Harian Koperasi Tanggal No. 9 tahun 1995 Standar mutu Kosindo Standar operasional Koperasi 4. monitoring dan pengembangan kegiatan di bidang pendanaan dan pelayanan front office sesuai dengan pedoman system syariah yang berlaku di Koperasi Teller : Staff Koperasi yang bertugas memproses transaksi kas dan non kas serta tugas front office. DEFINISI/TERMINOLOGI Manajer : Manajer bertanggung jawab atas pengelolaan.

3. Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0. antara lain : Teller exchange (permintaan uang). Teller siap melayani anggota. Teller menghitung jumlah uang tunai yang diberikan manajer di depan cash vault (disaksikan oleh kedua belah pihak) 6. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Pembukaan Sesi Kerja Harian Koperasi PIC Teller Tanggal No. Teller memasukkan nominal setoran awal pada Koperasi online setoran awal sistem. Teller Teller Teller Teller . 5. membuat limit kas teller dan menentukan sesi kerja. Kotak uang. Manajer melakukan setoran awal dan teller menghitung jumlah fisik uang. Teller membuat laporan persiapan teller. Teller mengajukan dana yang diperlukan untuk Form permintaan uang dan modal awal. berdasarkan kebutuhan uang tunai penyetoran uang = teller awal sesi dan dilakukan pada sore hari exchange sebelumnya.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. Aplikasi Koperasi online manajer A: Buka sesi kerja B: Informasi sesi harian C: Petugas operasional Manajer Manajer Teller 4. Teller mempersiapkan peralatan transaksi seperti.0 2 dari 2 Dokumen/Catatan 1. cash in vault. 8. : Stempel teller dan tanggal pengesahan. Manajer membuka sesi kerja : Mencatat teller pada counternya. 7. 2.

4. Nasabah : Adalah individu nasabah dan non nasabah dari Koperasi yang mendapat pelayanan transaksi keuangan dari Koperasi 4. Revisi Halaman : : : 0. TUJUAN Standarisasi proses transaksi pembayaran non tabungan 2. Standar operasional Koperasi 4.1. DEFINISI/TERMINOLOGI 4. REFERENSI UU Koperasi No. RUANG LINGKUP Proses penyetoran biaya administrasi atau transaksi keuangan di luar transaksi simpanan hingga nasabah menerima copy slip kuitansi penyetoran 3. 9 tahun 1995 Standar mutu Kosindo 3. Dokumen : : : Koperasi Prosedur Pembayaran Non Tabungan Koperasi Tanggal No.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No.0 1 dari 2 1. PENANGGUNG JAWAB Manajer Teller 6. 12 tahun 1992 PP No. LAMPIRAN Kuitansi penyetoran / bukti pemasukan kas Buku kas harian (rekapitulasi transaksi harian non tabungan) Disiapkan oleh Nama Tanggal Tanda tangan : : : Nama Tanggal Tanda tangan Direview oleh : : : Nama Tanggal Tanda tangan Disetujui oleh : : : .2. Teller : Adalah staff Koperasi yang bertugas melakukan pelayanan transaksi uang tunai di Koperasi 5.

Nasabah dapat membayar secara tunai dan debet -Kuitansi penyetoran/bukti rekening dengan menyerahkan langsung kuitansi penerimaan kas penyetoran kepada teller. Nasabah diwajibkan membayar biaya administrasi untuk permohonan tertentu yang diajukan kepada manajer. Nasabah mengisi slip kuitansi penyetoran/bukti penerimaan kas (4 rangkap) dan melakukan pembayaran biaya administrasi • Pengajuan pembukaan dan penutupan rekening tabungan • Pengajuan pembukaan dan penutupan rekening deposito Mudharobah • Kehilangan buku tabungan dan bilyet • Biaya materai • Cetak rekening koran Nasabah 2. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Prosedur Pembayaran Non Tabungan Koperasi PIC Nasabah Tanggal No. Nasabah menerima copy kuitansi penyetoran -Copy kuitansi penetoran Nasabah . Teller memverifikasi dan memvalidasi transaksi -Kuitansi penyetoran/bukti penerimaan kas Teller Teller 4.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0.0 2 dari 2 Dokumen/Catatan -Form permohonan pembukaan tabungan -Form permohonan pembukaan deposito mudharobah -Form permohonan penutupan tabungan -Form permohonan penutupan deposito mudharobah -Form permohonan penutupan rekening Unbook 1. Teller melakukan pencatatan transaksi pada buku -Buku kas kas 5. 3.

TANGGUNG JAWAB Manajer Teller 6. Teller : Adalah staff Koperasi yang bertugas melakukan pelayanan transaksi uang tunai di Koperas 4. DEFINISI/TERMINOLOGI 4.1. 9 tahun 1995 Standar mutu Kosindo Standar operasional Koperasi 4. Nasabah : Adalah individu nasabah dan non nasabah dari Koperasi yang mendapat pelayanan transaksi keuangan dari Koperasi 4. Revisi Halaman : : : 0.2. Dokumen : : : Koperasi Selisih Kas Koperasi Tanggal No.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. 12 tahun 1992 PP No. monitoring dan pengembangan kegiatan di bidang pendanaan dan pelayanan front office sesuai dengan pedoman system syariah yang berlaku di Koperasi 5.3. RUANG LINGKUP Proses penginformasian adanya selisih kas oleh teller sampai dengan membukukan nominal pada rekening selisih teller 3. REFERENSI UU Koperasi No. TUJUAN Standarisasi pelaksanaan penanganan selisih kas di teller 2.0 1 dari 2 1. LAMPIRAN Slip transaksi Berita acara selisih Disiapkan oleh Nama Tanggal Tanda tangan : : : Nama Tanggal Tanda tangan Direview oleh : : : Nama Tanggal Tanda tangan Disetujui oleh : : : . Manajer : Manajer bertanggung jawab atas pengelolaan.

dan membukukannya pada buku kas. Teller membuatkan slip untuk membubuhkan selisih ini kedalam perkiraan selisih atas nama kode teller yang bersangkutan. Administrasi & keuangan membukukan selisih sesuai dengan saldo teller. (Apabila selisih tidak ditemukan). Teller memberitahukan manajer tentang adanya selisih antara catatan dengan uang tunai/kas di dalam kotaknya 2.Untuk selisih kas yang jumlahnya tidak material (selisih pembulatan). Teller memberikan slip selisih kas kepada -Slip selisih administrasi & keuangan 8. Teller membuatkan berita acara perihal terjadinya selisih yang kemudian ditandatangani oleh teller yang bersangkutan dengan manajer 6. Teller bersama manajer memeriksa semua catatan dan bukti-bukti transaksi dan menghitung uang/kas teller yang bersangkutan untuk kebenaran pencatatan dan penghitungannya. 4.0 2 dari 2 Dokumen/Catatan -Lisan Teller dan manajer Teller Manajer Teller Teller 1. Manajer membubuhkan paraf pada tiap slip ini sebagai bukti pemeriksaan dan mengetahuinya.Untuk tertib administrasi atas kerugian selisih kas yang tidak dapat ditemukan dan disebabkan oleh kelalaian teller maka manajer dapat membuat ketentuan khusus yang mengatur sangsi-sangsi administrasi dan penalty atas kerugian tersebut.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. 3. maka pembukuannya langsung dibukukan ke dalam perkiraan . Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0.Selanjutnya teller ybs dan dibawah pengawasan manajer harus tetap mengupayakan untuk pencairan dan penyelesaian selisihnya. 5. Teller harus membukukan nominal selisih pada rekening selisih teller. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Selisih Kas Koperasi PIC Teller Tanggal No. . . -Catatan atau laporan kas -Slip transaksi -Buku kas -Slip transaksi -Slip transaksi -Berita acara Pada program excel Teller Administrasi & keuangan 7. pada rekening selisih kas .

REFERENSI UU Koperasi No.1. LAMPIRAN Buku kas harian Mutasi vault Cash in vault Teller exchange Rekapitulasi transaksi pembiayaan Laporan jurnal detail harian teller Disiapkan oleh Nama Tanggal Tanda tangan : : : Nama Tanggal Tanda tangan Direview oleh : : : Nama Tanggal Tanda tangan Disetujui oleh : : : .PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. Revisi Halaman : : : 0. 12 tahun 1992 PP No. TANGGUNG JAWAB Teller Manajer 6. 9 tahun 1995 Standar mutu Kosindo Standar operasional Koperasi 4. monitoring dan pengembangan kegiatan di bidang pendanaan dan pelayanan front office sesuai dengan pedoman system syariah yang berlaku di Koperasi 5. TUJUAN Standarisasi pelaksanaan proses penutupan sesi kerja teller 2. Manajer : Manajer bertanggung jawab atas pengelolaan.0 1 dari 2 1. Teller : Adalah staff Koperasi yang bertugas melakukan pelayanan transaksi uang tunai di Koperas 4.2.. RUANG LINGKUP Proses perhitungan uang oleh teller sampai dengan penyetoran uang kas ke manajer pada akhir hari 3. Dokumen : : : Koperasi Penutupan Kas Koperasi Tanggal No. DEFINISI/TERMINOLOGI 4.

Teller menghitung uang tunai dan dicocokkan dengan laporan mutasi vault. Membuat laporan akhir harian teller. Penarikan akhir 7. 3. cash vault dan teller melakukan otorisasi dengan memasukkan password masing-masing. Manajer menyerahkan uang tunai kepada pengurus untuk dimasukkan pada brankas. Manajer Koperasi online Penarikan akhir Manajer . 4. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Penutupan Kas Koperasi PIC Teller Tanggal No. Teller memeriksa area kerja untuk memastikan tidak ada kertas berharga yang tertinggal 2. yang dilampirkan dengan buku kas.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No.0 2 dari 2 Dokumen/Catatan -Teller exchange -Cash in vault -Mutasi vault -Buku kas -Jurnal harian teller -Rekapitulasi pembiayaan 1. Manajer memberhentikn sesi kerja teller dengan mengubah status teller pada sistem menjadi selesai. 6. Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0. Manajer melakukan otorisasi : Jumlah fisik uang Koperasi online dan kas pada system harus sama. Teller Teller Manajer Manajer pakai Koperasi online : Aplikasi manajer Lihat sesi kerja Manajer Manajer 5. jurnal harian teller. mutasi vault dan rekapitulasi pembiayaan dari sistem. Manajer menerima dan menyetujui laporan mutasi -Mutasi vault vault dar teller dengan menandatanganinya. 8. Manajer melakukan penarikan akhir menggunakan sistem.

Manajer : Manajer bertanggung jawab atas pengelolaan.1. TANGGUNG JAWAB Manajer Teller 6. 9 tahun 1995 Standar mutu Kosindo Standar operasional Koperasi 4. 12 tahun 1992 PP No.. TUJUAN Standarisasi pelaksanan proses penutupan operasi harian teller 2.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. DEFINISI/TERMINOLOGI 4.2. REFERENSI UU Koperasi No. LAMPIRAN Form permintaan uang Buku kas harian Mutasi voult Cash in voult Teller exchange Rekapitulasi pembiayan Jurnal harian teller Disiapkan oleh Nama Tanggal Tanda tangan : : : Nama Tanggal Tanda tangan Direview oleh : : : Nama Tanggal Tanda tangan Disetujui oleh : : : .0 1 dari 3 1. Dokumen : : : Koperasi Penutupan Operasi Harian Teller Koperasi Tanggal No. Teller : Adalah staff Koperasi yang bertugas melakukan pelayanan transaksi uang tunai di Koperasi 4. monitoring dan pengembangan kegiatan di bidang pendanaan dan pelayanan front office sesuai dengan pedoman sistem syariah yang berlaku di Koperasi 5. Revisi Halaman : : : 0. RUANG LINGKUP Proses pemeriksaan buku kas harian sampai dengan proses perhitungan untuk kebutuhan operasional besok hari 3.

PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. . Teller membuat buku kas harian dan mutasi voult -Mutasi voult -Cash in voult -Teller exchange 5. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Penutupan Operasi Harian Teller Koperasi PIC Manajer Tanggal No. Manajer melakukan proses back office harian : -Memproses deposito yang akan jatuh tempo -Memproses pindah buku otomatis 2. Teller menyerahkan fisik uang dan mutasi voult dan buku kas kepada manajer untuk diperiksa dan disetujui 6.0 2 dari 3 Dokumen/Catatan Koperasi online 1. Koperasi online Manajer Lihat sesi Koperasi online Report harian Report teller Koperasi online Penarikan akhir Manajer Manajer 7. Manajer membuat rekapitulasi jurnal harian untuk seluruh teller dan detail juran teller harian. Teller menghitung fisik uang pada kotak uang dan Format teller exchange mencatat pada teller exchange -Buku kas harian 4. Manajer melakukan penarikan akhir dalam sistem. Teller melakukan print jurnal harian teller dan rekap jurnal harian teller serta menerima rekapitulasi pembiayaan Teller Transaksi teller A: Detail jurnal harian B: Sub menu detail C: Sub menu rekap Teller Teller Teller 3. Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0.

Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0.0 3 dari 3 Dokumen/Catatan -Buku mutasi kas harian -Jurnal harian teller -Rekapitulasi pembiayaan 8. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Penutupan Operasi Harian Teller Koperasi PIC Manajer Tanggal No.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. cash in voult) -Jurnal harian teller -Buku kas -Rekapitulasi pembiayaan harian -Mutasi voult -Jurnal harian teller -Buku kas -Rekapitulasi pembiayaan Teller . Manajer melakukan back up data pada program excel terhadap normative tabungan yang disimpan 9. Teller memberikan buku kas harian teller dan rekapitulasi teller beserta slip transaksi ke bagian akunting untuk dilakukan proses pembukaan dan verifikasi Teller Teller 10. Teller mengarsipkan semua laporan berupa: -Mutasi voult (exchange. Teller menghitung kebutuhan dana untuk sesi -Form permintaan uang awal besok dengan mempertimbangkan : -Jumlah nominal pada form permintaan uang -Jumlah nominal bilyet yang jatuh tempo dari CS -Pencairan pembiayaan (dropping) dari adm pembiayaan 11.

REFERENSI UU Koperasi No. 9 tahun 1995 Standar mutu Kosindo Standar operasional Koperasi 4. Teller : Adalah staff Koperasi yang bertugas melakukan pelayanan transaksi uang tunai di Koperasi 5. Dokumen : : : Koperasi Informasi Cetak Saldo dan Rekening Koran Koperasi Tanggal No. 12 tahun 1992 PP No. RUANG LINGKUP Proses permintaan pencetakan rekening Koran sampai dengan pencetakan dan pengiriman rekening koran ke nasabah 3. Revisi Halaman : : : 0.1. LAMPIRAN Buku tabungan Lembar speciment Kuitansi penyetoran Form permohonan pembukaan tabungan Buku kas harian Disiapkan oleh Nama Tanggal Tanda tangan : : : Nama Tanggal Tanda tangan Direview oleh : : : Nama Tanggal Tanda tangan Disetujui oleh : : : . DEFINISI/TERMINOLOGI 4.2.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No.0 1 dari 2 1. TANGGUNG JAWAB Teller 6. Nasabah : Adalah individu nasabah dan non nasabah dari Koperasi yang mendapat pelayanan transaksi keuangan dari Koperasi 4. TUJUAN Standarisasi pelaksanaan proses pencetakan rekening koran tabungan atas permintaan nasabah 2.

Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Informasi Cetak Saldo dan Rekening Koran Koperasi PIC Nasabah Tanggal No.0 2 dari 2 Dokumen/Catatan Teller Nasabah 1. permintan pencetakan RK sudah menjadi pilihan pada saat -Permohonan tertulis pengisian form permohonan pembukaan -Buku tabungan tabungan -Lembar speciment -Untuk pencetakan rekening Koran secara otomatis setiap bulan. nasabah harus membawa dan menunjukkan buku tabungan Koperasi online 2. Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0. catat pada buku kas. Teller memverifikasi tersebut dan validasi transaksi Kuitansi Setoran Buku kas Teller Teller 5. sedangkan jika biaya administrasi di debet dari rekening lakukan pada sistem . Nasabah diharuskan membayar biaya administrasi pencetakan rekening Koran : untuk pencetakan otomatis.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. Jika biaya administrasi tunai. Nasabah mengajukan permintan pencetakan -Form permohonan rekening Koran kepada teller pembukaan tabungan -Untuk nasabah penabung baru. nasabah harus mengajukan -Buku tabungan permohonan tertulis kepada manajer dan -Lembar speciment menunjukkan buku tabungan dan lembar speciment -Untuk mencetak rekening Koran secara adhoc. Teller mencetak rekening Koran dari system Manajemen rekening dan bilyet 3. slip setoran dibuat oleh teller sedangkan adhoc harus diisi oleh nasabah 4.

Dokumen : : : Koperasi Jasa Pembayaran (Payroll) Koperasi Tanggal No. LAMPIRAN Form standing instruction Laporan hasil penggajian Disiapkan oleh Nama Tanggal Tanda tangan : : : Nama Tanggal Tanda tangan Direview oleh : : : Nama Tanggal Tanda tangan Disetujui oleh : : : .3. DEFINISI/TERMINOLOGI 4. TUJUAN Standarisasi proses pelaksanaan jasa penggajian (payroll) 2.1. monitoring dan pengembangan kegiatan di bidang pendanaan dan pelayanan front office sesuai dengan pedoman system syariah yang berlaku di Koperasi 5. RUANG LINGKUP Proses pengajuan standing instriktion oleh perusahaan/unit kerja sampai dengan manajer memberikan laporan penggajian 3. 12 tahun 1992 PP No. Nasabah : Adalah individu nasabah dan non nasabah dari Koperasi yang mendapat pelayanan transaksi keuangan dari Koperasi 4. 9 tahun 1995 Standar mutu Kosindo Standar operasional Koperasi 4.0 1 dari 2 1. Teller : Adalah staff Koperasi yang bertugas melakukan pelayanan transaksi uang tunai di Koperas 4. Revisi Halaman : : : 0.2.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. Manajer : Manajer bertanggung jawab atas pengelolaan. TANGGUNG JAWAB Manajer Teller 6. REFERENSI UU Koperasi No.

CS memberikan standing instruction kepada manajer operasional untuk pemeriksaan dana yang tersedia di rekening pengirim dan kelengkapan administrasi 3. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Jasa Pembayaran (Payroll) Koperasi PIC Nasabah Tanggal No. Teller menghitung total biaya administrasi untuk Program payroll excel pentransferan gaji dan mendebet nominalnya dari rekening perusahan 6. sedangkan jika tidak cukup maka diklarifikasi dengan pemilik rekening pengirim penggajian 4.0 2 dari 2 Dokumen/Catatan 1.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. Jika dana cukup maka standing instruction dilanjutkan. Buat standing instructions [berisi daftar dari Form standing instruction rekening (penerima) dan nominal gaji yang akan dikreditkan dan rekening perusahaan (pengirim)] 2. Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0. Jalankan sistem maka program akan mengkredit Program payroll excel nominal gaji dari rekening perusahaan (pengirim) ke rekening masing-masing pegawai (Penerima) sesuai dengan standing instructions 5. Manajer memberikan laporan hasil debet rekening Laporan hasil penggajian ke perusahaan (lampiran bisa di cetak dari aplikasi payroll/unit kerja) Teller Teller/manajer Teller Teller Manajer .

DEFINISI/TERMINOLOGI 4.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. monitoring dan pengembangan kegiatan di bidang pendanaan dan pelayanan front office sesuai dengan pedoman sistem syariah yang berlaku di Koperasi 5.2. Teller : Adalah staff Koperasi yang bertugas melakukan pelayanan transaksi uang tunai di Koperasi 4. TUJUAN Standarisasi pelaksanaan proses transaksi penambahan atau penyetor kas kepada manajer pada sise berjalan 2. Dokumen : : : Koperasi Transaksi Internal Saat Sesi Berjalan Koperasi Tanggal No. LAMPIRAN Form permintaan uang (teller exchange) Disiapkan oleh Nama Tanggal Tanda tangan : : : Nama Tanggal Tanda tangan Direview oleh : : : Nama Tanggal Tanda tangan Disetujui oleh : : : . RUANG LINGKUP Proses teller mengajukan permintaan tambahan atau penyetoran kas teller sampai dengan teller siap melayani nasabah kembali 3. REFERENSI UU Koperasi No. 12 tahun 1992 PP No. Revisi Halaman : : : 0.. 9 tahun 1995 Standar mutu Kosindo Standar operasional Koperasi 4. Manajer : Manajer bertanggung jawab atas pengelolaan.1. TANGGUNG JAWAB Manajer Teller 6.0 1 dari 2 1.

0 2 dari 2 Dokumen/Catatan 1. Manajer melakukan setoran atau penerikan kas dengan persetujuan teller 4. Teller menghitung jumlah uang tunai yang disetor manajer 5. Dengan menggunakan form permintaan uang (teller exchange) 2.PROSEDUR MUTU Divisi Proses No. dengan mengubah status system teller Lihat sesi kerja menjadi berjalan 6. Manajer mengaktifkan kembali proses transaksi Koperasi online teller. Dokumen : : : Aktifitas Koperasi Transaksi Internal Saat Sesi Berjalan Koperasi PIC Teller Tanggal No. Manajer memberhentikan proses transaksi di teller. Teller meminta tambahan dana apabila kebutuhan Form permintaan uang uang tunai melewati limit dana atau akan menyetorkan dana tunai kepada cash voult. Teller sisp melayani transaksi nasbah Aplikasi manajer Lihat sesi kerja Manajer Manajer Koperasi online Setoran sesi berjalan Penarikan sesi berjalan Teller Manajer Teller . Revisi Halaman Uraian Aktifitas : : : 0. dengan mengubah status teller pada system menjadi STOP sementara 3.