ENZIM KATALASE

Kerja Enzim Katalase DISUSUN O L E H Ria Aprianti dibantu oleh teman-teman Kelas : XII IPA 1 Guru Pengajar : Dra. Anie Suryanti SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 BANJARMASIN 2008/2009

Makalah ini dibuat untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran kimia. baik moril maupun materiil. Semoga makalah ini berguna bagi kita semua. . Saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan rahmatNya jualah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Kerja Enzim Katalase”. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan.

DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Tujuan Penelitian BAB II METODELOGI PENELITIAN Alat dan Bahan Penelitian Waktu Penelitian Cara Keja BAB III ISI Hasil Pengamatan Analisa Data BAB IV PENUTUP Kesimpulan Penutup BAB I .

Enzim adalah senyawa yang dibentuk oleh organisme hidup. Zat ini terus menerus terbentuk dalam sel hidup sebagai hasil samping reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam sel. Tujuan Penelitian Mengetahui pengaruh enzim katalase terhadap H2O2 . Jika tidak segera dibuang atau diuraikan oleh sel.PENDAHULUAN Latar Belakang Protoplasma aktif melakukan reaksi kimia dengan bantuan enzim sebagai katalisator. zat yang besifat racun ini akan merusak sel itu sendiri. Hidrogen peroksida merupakan zat kimia yang aktif. Adanya enzim katalase yang terdapat dalam sel menguraikan hidrogen peroksida menjadi zat-zat yang tidak merugikan.

BAB II METEDOLOGI PENELITIAN Alat dan Bahan Penelitian Alat : Lumpang porselen (mortar) 1 set Rak tabung reaksi 1 buah Tabung reaksi 6 buah Pipet tetes Pembakar spiritus Corong kaca Lidi dan korek api Kain kasa/kapas Gelas kimia 50 ml 2 buah Bahan : Ekstrak hati Ekstrak jantung atau jenis umbi-umbian H2O2 10% HCl 5% NaOH 5% Air suling Waktu Penelitian 2 jam Cara Kerja .

Membuka tabung reaksi dan memasukkan lidi yang membara. Menuang H2O2 ke tabung reaksi E.C. Mengujinya dengan lidi membara. Membagi ekstrak hati menjadi 4 bagian dan memasukannya ke dalam tabung A. dan D. BAB III ISI .dan E pada tabung reaksi.B. Meneteskan 1 cc HCl ke dalam tabung reaksi B. Menuangkan H2O2 ke tabung C.1.C. sedangkan ekstrak jantung dimasukkan ke dalam tabung reaksi E. Memanaskan tabung D (dengan air mendidih). Menuangkan H2O2 dari tabung 1 ke tabung A. lalu menuangkan H2O2 ke dalam tabung D dan mengujinya dengan bara api. Mengisi tabung reaksi 1 sampai dengan 5 dengan 1 cc H2O. Menuangkan H2O2 ke tabung B dan mengujinya dengan lidi membara. Membuat ekstrak jantung seperti cara membuat ekstrak hati. Memberi label A.B.D. Meneteskan 1 cc NaOH ke dalam tabung reaksi C. Lalu menutup mulut tabung A dengan ibu jari. Menyaringnya dengan corong yang telah dilapisi kapas atau membiarkannya sampai mengendap. Membuat ekstrak hati dengan cara : Melumatkan hati dengan lumpang porselen sambil menetesi air suling sedikit demi sedikit sebanyak 10 ml.

tidak dapat menyalakan api dan terdapat gelembung namun tidak banyak. tidak dapat menyalakan api dan terdapat gelembung namun tidak banyak. dapat diketahui bahwa : Ekstrak hati ditambah H2O2. Ekstrak hati ditambah HCl. jantung Ekstrak jantung + H202 Gelembung Nyala api Gelembung + + + + + + ++ A B C D E Analisa Data Berdasarkan hasil analisa data. dapat menyalakan api namun tidak banyak dan terdapat gelembung namun tidak banyak. hati + + NaOH Eks. tidak dapat menyalakan api dan terdapat gelembung. hati + HCl Eks. hati ++ Eks. dapat menyalakan api dan terdapat gelembung namun tidak banyak. hati + dipanaskan Eks. Ekstrak hati dipanaskan ditambah H2O2. Ekstrak singkong ditambahkan H2O2. Ekstrak jantung ditambah H2O2. Ekstrak hati ditambah NaOH.Hasil Pengamatan Tabel Hasil Pengamatan Tabun g Ekstrak hati + H2O2 Nyala api Eks. BAB IV PENUTUP Kesimpulan . namun tidak banyak. dapat menyalakan api namun tidak banyak dan terdapat banyak gelembung.

Tetapi jika suhu terlalu tinggi. . reaksi kimia yang dipengaruhi enzim semakin cepat. Maryati. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. enzim akan mengalami denaturasi. S. Konsentrasi enzim Pada umumnya konsentrasi enzim berbanding lurus dengan kecepata reaksi. S.Kerja enzim dapat dipengaruhi oleh 2 faktor. mudah-mudahan laporan ini berguna untuk siapa saja yang membacanya. Jakarta : Erlangga. 2002. yaitu : Suhu (temperatur) Semakin tinggi suhu. Penutup Demikianlah laporan pratikum ini kami buat berdasarkan hasil pratikum yang telah kami lakukan dan diperkuat oleh beberapa buku-buku biologi pendamping kami. 2006. Biologi SMA kelas XII. Sekian laporan pratikum dari kami. DAFTAR PUSTAKA Arikunto.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful