(KK 5

)
D I S U S U N Oleh :
NIRMALA AMIRUDDIN (10) ZULFIKAR KURNIAWAN BASIR (17) XI TRANSMISI 2

SMK TELKOM SP 2 MAKASSAR

semakin besar diameter antena maka akan diperoleh gain yang besar. Antena tidak boleh obstacle terhadap apapun. disamping itu akan diperoleh juga beamwidth yang sempit/runcing. DASAR TEORI Menentukan Sudut Azimuth dan Elevasi Antena Dalam sistem VSAT instalasi antena harus diperhitungkan secara matang. tanda (-) untuk arah berlawanan jarum jam. Untuk memaksimalkan pointing antena ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu menentukan sudut elevasi dan sudut azimuth. Dalam setiap intalasi antena pointing ke satelit harus benar-benar peak agar daya yang diterima maupun yang dipancarkan maksimal. Untuk mendapatkan nilai Eb/No yang maksimal maka pointing antena ini menjadi hal yang sangat vital. Utara dipakai sebagai referensi sudut nol. Sudut elevasi adalah sudut yang dibentuk oleh bidang horizontal dengan arah vertikal antena. . tanda (+) berarti arah putaran searah jarum jam. Sedangkan sudut azimuth adalah sudut putar pada arah horozontal.A. Parameter yang penting adalah diameter antena.

MELAKUKAN POINTING 1. Sediakan alat dan bahan untuk melakukan pointing Seperti : y y y y y y y Tiang Besi bentuk H Water pass Angel meter Kunci-kunci Kompas bahan pengganjal tiang besibentuk H tiang Water pass .B.

com/ 3. Tentukan sudut azimuth dan elevasi.dishpointer. Gunakan dish pointing calculator/satellite finder untuk mengetahui sudut azimuth dan elevasi atau tempat pemasangan antena biasa di akses melalui http://. apabila tiang masi goyang. Selanjutnya.Kompas Angel meter 2. . gunakan bahan yang dapat menganjal tiang supaya dapat lurus . luruskan posisi tiang (horizontal & vertkal tiang ) gunakan water pass untuk mengetahui apakah tiang sudah dalam posisi yang lurus .

Gelembung berada pada posisi tengah Gelembung berada pada posisi tengah Untuk mengetahui apakah tiang sudah lurus. . 5. 4. Setelah sudut azimuth telah didapatkan denagn kompas arahkan besi H pada sudut azimuth 6. Setelah besi H di arahkan ke sudut azimuth.lihat gelembung yang terdapat di water pass apabila gelembung berada di tengah berarti posisi tiang sudah lurus . Cari sudut azimuth dengan menggunakan kompas. gunakan angel meter untuk menetapkan sudut elevsi.

......untuk mengetahui apakah besi H sudah tepat................................................................................................................................. 7..... *selesai* C.... . ..buat gelembung berada pada posisi tengah ................................................................. Rapatkan baut yang ada ditiang agar tiang kuat atau posisi sudut azimuth dan elevasi tidak goyang.......... ..... KESIMPULAN C....................Gelembung berada pada posisi tengah Arahkan garis yang terdapat pada angel meter pada sudut elevasi kemudian arahkan ke atas atau kebawah besi H untuk mendapatkan sudut elevasi............................... KRITIK DAN SARAN ..............................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful