P. 1
Seni Kerajinan Batik

Seni Kerajinan Batik

|Views: 666|Likes:
Published by irmameliani

More info:

Published by: irmameliani on Jan 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/22/2013

pdf

text

original

menggunakan canting atau cap . gaun dan lain-lain.SENI KERAJINAN BATIK Seni kerajinan batik. Contohnya: baju. yaitu seni membuat pola hias di atas kain dengan proses teknik tulis (casting) atau teknik cetak (printing). Batik berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "nitik". . Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corakMotif Batik . sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing.dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna Motif Batik pada Baju Batik "malam" (wax) yang diaplikasikan di atas kain.

pada proses pembuatan batik cap alat yang digunakan yaitu cap (semacam stempel besar yang terbuat dari tembaga) yang sudah didesain dengan motif tertentu dengan dimensi 20cm X 20cm. Pada proses ini. Kemudian kain mori di cap dengan tekanan yang cukup supaya rapih. cairan malam akan meresap ke dalam pori-pori kain mori. Malam direbus hingga suhu 60 70 derajat Celsius. Penjemuran kemudian disetrika supaya rapih. Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana proses pembuatan batik cap. Bandingkan dengan batik tulis yang menggunakan guratan-guratan canting. Setelah itu. Tidak seperti batik tulis yang proses pembuatannya menggunakan canting. Baca juga ciri-ciri batik cap. Walaupun begitu. proses pembersihan dan pencerahan warna dengan menggunakan soda. Berikut adalah proses pembuatan batik cap: Kain mori diletakkan di atas meja dengan alas dibawahnya menggunakan bahan yang empuk. . Kain mori direbus supaya cairan malam yang menempel hilang dari kain. Selanjutnya adalah proses pewarnaan dengan cara mencelupkan kain mori yang sudah di cap tadi ke dalam tangki yang berisi cairan pewarna. Proses pembuatan batik cap ini lebih cepat dibandingkan dengan proses pembuatan batik tulis karena pembuatan motifnya dengan menggunakan cap (stempel) yang lebar. Cap dicelupkan ke malam yang telah mencair tadi tetapi hanya 2cm saja dari bagian bawah cap. batik cap dan batik printing/sablon. kedua jenis batik ini mempunyai keunikan tersendiri.Langkah-langkah Pembuatan Batik Cap y y y y y y y y y y y y y Seperti yang kita ketahui bahwa batik ada beberapa jenis diantaranya yaitu batik tulis. Proses pengecapan>pewarnaan>penggodogan diulangi kembali jika ingin diberikan kombinasi beberapa warna.

Contoh Seni Kerajinan Batik Cap .

.

Gambar-gambar pembuatan batik cap .

Video proses pembuatan batik cap .

Alhamdulillah wassalamu·alaikum wr.wb .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->