P. 1
laporan wawancara

laporan wawancara

|Views: 478|Likes:
Published by Rangga Mahaswa

More info:

Published by: Rangga Mahaswa on Jan 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

Tugas Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester genap

LAPORAN WAWANCARA

KELISTRIKAN AUTOMOTIVE “ System Penerangan “
Narasumber : Bp Kusriyanto

Disusun oleh : Afif Zukhrofie Arif Pujiantoro Haksan Pradita ( 01 ) ( 07 ) ( 17 )

Kelas 2 TKR 3
PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DINAS PENDIDIKAN , PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PENGASIH
Jalan KRT, Kertodiningrat, Margosari, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta Telpon (0274) 773029,Fax. (0274) 774289,773888, e-mail : smkn2pengasih_kp@yahoo.com homepage : www.smkn2pengasih.sch.id

Tahun ajaran 2010 / 2011

08 juni 2011 Ttd Penyusun . Ibu Titik Suharti A. Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pembelajaran. khususnya pendidikan bahasa Indonesia. yang telah membimbing kami dalam penyelesaian laporan ini.Terima kasih.KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr Wb Kami memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena berkat rahmay dan hidayahnya. 3. akhirnya laporan wawancara kelistrikan tentang “ system penerangan “ dengan narasumber Bapak Kusriyanto. Wassalamualaikum Wr Wb Pengasih. Dalam penyusunan laporan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada : 1. 2. Serta teman teman yang telah member kami dukungan dan motivasi. selaku guru mapel bahasa Indonesia. dapat terselesaikan tanpa halangan suatu apapun. Serta masih banyak ucapan terima kasuh kami kepada berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.Kami juga mohon maaf yang sebesar besarnya atas banyaknya kesalahan dalam penyusunan laporan ini. Orang tua yang telah membantu kami baik secara materiil maupun non materiil.

.........................................................................................................................09 Daftar isi....................................................................................................02 Daftar isi...................04 Pembahasan Hasil wawancara.................09 Pesan dan Kesan............................................................................................10 ..........05 Materi tambahan.........................................................................................................................................DAFTAR ISI Halaman judul ......................................................................................................................................03 Pendahuluan Latar belakang...............................................................................04 Tujuan...................07 Penutup Kesimpulan.............................01 Kata Pengantar .....................

Sehingga semua kompetensi dapat tercapai tanpa memakan banyak waktu.untuk dapat memenuhi itu semua diperlukan cara yang efektif dan tidak hanya sekedar teori dalam pelaksanaanya. Dapat melaporkan hasil suatu wawancara dengan narasumber dan dapat mempresentasikannya dengan baik. Latar belakang Materi pembelajaran bahasa Indonesia kelas 2 semester genap memiliki banyak subkompetensi dan indicator yang perlu dicapai oleh siswa. Tujuan Kegiatan wawancara ini ditujukan agar siswa dapat : a. Dapat menguasai materi bahasa Indonesia semester genap dengan baik. Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dengan sopan dan santun c. b. 2. Menumbuh kembangkan etika siswa dalam berbicara dengan guru / orang tua d. Kegiatan wawancara ini ditujukan untuk mencakup semua materi tersebut.BAB I PEMBUKAAN 1. .

BAB II PEMBAHASAN A. Fungsi system penerangan • Secara umum : Sistem penerangan digunakan untuk menerangi jalan yang Akan dilalui saat kendaraan hidup ( ON ).untuk menghasilkan cahaya sebagai penerangan baik di dalam maupun di luar kendaraan. 2. Pengertian Sistem Penerangan Sistem penerangan adalah system pada kendaraan.Dan biasanya di gunakan saat keadaan gelap. Hasil Wawancara dengan Bapak Kusriyanto 1. • Secara khusus : Sistem penerangan digunakan untuk mengetahui lebar dan tinggi .

Kabel penghubung listrik. Flasher : Memutus dan menyambung sehingga arus yang keluar terputus putus h. 3. b. Lampu kota : Sebagai tanda jika disitu ada kendaraan d. g. Lampu kabut : Tambahan penerangan saat jalanan tertutup kabut. Sekering • : Pemutus dan penghubung arus secara : Pengaman rangkaian. Baterai 12 volt : Sebagai sumber arus dalam system : Sebagai media dalam menyalurkan arus penerangan. Lampu tanda belok : Sebagai tanda apabila kendaraan akan belok. Socket : Penghubung antar sambungan. Lampu hazard : Sebagai tanda bahwa kendaraan dalam iring. Relai : Sebagai saklar otomatis dan juga menjaga komponen agar tetap awet d. Lampu ekor / plat : menerangi plat nomer mobil.iringan. . Saklar manual. Lampu blitz : Memberi tanda pada kendaraan di depannya bahwa kendaraan ini akan menyalip kendaraan lain.Kendaraan . e.selain agar aman juga agar tidak terjadi hambatan e. c. f.mundur ataupun saat dalam iring.serta sebagai penanda apabila kendarra akan belok. b. Lampu kepala : Sebagai penerangan utama saat kendaraan bergerak.iringan dan pangendara lain perlu menyingkir. Komponen –komponen dalam system penerangan • Komponen utama : a. c. f. Komponen Penerangan ( Lampu CS ) : a.

Jenis Eropa Lampu dipasang menjadi satu dengan reflector dan filament filament lainnya.dengan menggunakan perbedaan potensial pada baterai maka akan ada arus yang mengalir dari terminal positif ke terminal negative. . Cara Kerja Sistem penerangan Menggunakan prinsip rangakaian tertutup . dalam aliran arus tersebut. Sehingga apabila lampu putus maka semua komponen harus diganti termasuk filament yang masih baik sekalipun. 5.4. Inovasi dalam penerangan saat ini Kebanyakan lampu yang dipakai kendaraan sat ini adalah jenis halogen.Saat ada beban missal lampu. 6. maka komponen itu akan menyala. Jenis Amerika Lampu tidak dipasang menjadi satu dengan reflector serta dapat dibongkar. Beberapa Jenis Sistem Penerangan a.sehingga apabila filament putus maka hanya perlu mengganti lampu tanpa perlu membongkar semua komponen.Selain lebih modern juga memiliki cahaya lebih terang. b.

Materi tambahan 1. .B. Contoh rangakaian kelistrikan system penerangan pada mobil.

ia berfungsi sebagai sumber kelistrikan utama untuk menyalakan mobil Anda. Aki dan alternator bekerjasama dalam menyuplai listrik pada mobil. menyalakan audio dan fungsi pengamanan mobil. memberikan penerangan.Jadi penting bukan merawat aki mobil agan? Apalagi harga aki yang lumayan menguras isi dompet agan agan yg pake mobil. Perawatan dan Perbaikan komponen Sistem penerangan a.Lampu Kota Lampu kota sekering Relai lampu kepala Saklar lampu tanda Sakelar lampu kota kabel Lampu kota Baterai 12 volt Massa/beban 2. namanya alternator.accumulator Sebagai salah satu komponen penting dalam kendaraan adalah aki. Ada bagian lain pada mobil yang fungsinya mirip dengan aki. Perawatan komponen . .

yaitu aki basah ( konvensional ) dan aki kering ( bebas perawatan ). sekarang ini beberapa produsen mobil mulai menciptakan aki hybrid…. usahakan tidak tumpah di sekitar aki. jika bisa lepas dahulu aki dari tempatnya. 2. matikan pula semua komponen yang membutuhkan tenaga dari aki. sikat dengan sikat kawat.lampu mobil Lampu mobil adalah salah satu bagian penting dari kendaraan roda empat dalam perjalanan baik siang maupun malam apalagi di kala musim hujan. 4. karena dapat menimbulkan sifat korosif besi di sekitarnya. Periksa dan bersihkan jika ada kotoran pada kepala aki. usahakan dalam rentang lower dan higher. Untuk mobil yang jarang dipakai sebaiknya panaskan mobil setiap pagi hari antara 10 – 15 menit. Apalagi untuk bisnis rental mobil jika keadaan mobil Anda tidak sehat atau ada bagian dari mobil yang rusak dan tidak segera di ganti maka bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik. Berikut perawatan lampu mobil yang baik : . Hindari menyalakan kunci kontak dalam posisi Acc ( asesoris ) karena ini memboroskan kinerja aki. . Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menambah umur aki anda. selain mempertahankan umur aki juga menjaga kondisi oli tetap baik. Hal ini juga memungkinkan anda untuk memeriksa seluruh badan aki dari kemungkinan bengkak atau bocor. Pada waktu menambah air aki.sebenarnya aki ini mirip dengan aki konvensional hanya daya kerja dan perawatannya sedikit lebih rendah. lampu dan sebagainya. 3. Cek apa sambungannya tetap terikat dengan kuat… Jika terdapat kotoran yang melekat kuat. Jika tidak dipanaskan dalam waktu lama. Untuk aki basah.Ada 2 jenis aki yang umum dijumpai. cuci dengan air panas dan keringkan lalu pasang kembali. Saat mobil dalam kondisi mati. 1. seperti audio. lepas kepala negatif aki. selalu periksa level air dalam aki.

Peda prinsipnya system ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperbaharui.selain itu kami mengaharapkan masukan dari para pembaca aga sempurnanya laporan ini.Bersihkan lampu setiap seminggu sekali atau setiap habis digunakan Gunakan lampu terbaik dan tidak menghabiskan listrik yang cukup banyak Pilih jenis lampu yang tepat dan cocok untuk mobil Anda Cek keadaan lampu sebulan sekali dan jika memang sudah harus di ganti segeralah ganti dengan cepat karena jika tidak diganti dengan cepat maka bisnis rental Anda akan terganggu. serta menggunakan komponen -komponen yang berbeda -beda. Kesimpulan Jadi system penerangan pada mobil memiliki bebrapa fungsi penting.agar system penerangan pada mobil lebih canggih dan mengikuti perkembangan jaman. Pesan dan Kesan Beragamnya system penerangan pada mobil membuat kita perlu lebih mengerti dengan baik. 2. mulai dari komponen –komponenya hingga cara perawatan dan perbaikannya. . BAB III PENUTUP 1.

.

com/2009/07/05/tips-sederhana-merawat-lampu-buramkendaraan/ .com/2011/04/merawat-lampu-mobil.shvoong.com/ http://kamissore.blogspot.html http://tipsanda.DAFTAR PUSTAKA http://id.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->